Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 127058 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bakti Islam Santoso
"ABSTRAK
Dengan jumlah umat muslim yang dimilikinya, Indonesia memiliki prospek yang potensial bagi perkembangan industri keuangan syariah. Namun, sebagai bagian dari industri keuangan syariah, industri perbankan syariah menghadapi berbagai tantangan, salah satunya yakni rendahnya tingkat literasi dan inklusi perbankan syariah. Oleh karena itu, diperlukan peran berbagai elemen masyarakat untuk mengatasi tantangan tersebut, termasuk di dalamnya masyarakat pesantren yang tengah diberdayakan oleh Bank Indonesia sebagai bentuk tanggung jawabnya dalam mengembangkan ekonomi nasional melalui keuangan syariah. Pondok pesantren berfungsi tidak hanya sebagai lembaga pendidikan agama, namun juga sebagai lembaga dakwah, dan lembaga pengembangan masyarakat. Melihat potensi dari peran pondok pesantren terhadap perkembangan keuangan syariah, dengan menggunakan metode structural equation modeling, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh sikap, norma subjektif, perceived behavioral control, informasi, dan religiusitas masyarakat pesantren terhadap minat mereka untuk menggunakan bank syariah. Responden penelitian ini yakni masyarakat pesantren di 6 enam pondok pesantren di Kabupaten Garut yang tidak memiliki akun bank syariah. Hasil penelitian menemukan bahwa semua variabel yang dihipotesiskan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat pesantren untuk menggunakan bank syariah.

ABSTRACT
With its large number of Muslim population, Indonesia has a potential prospect for the development of Islamic finance industry. However, the Islamic banking industry, as a part of Islamic finance industry, encounters many challenges including low level of literacy and inclusion rate. Therefore, the contribution from various elements of society is required in order to overcome these challenges, including pesantren community which is being empowered by Bank Indonesia as its responsibility in developing the national economy through Islamic finance. Pesantren serves not only as a religious education institution, but also as a propagation institution, and community development agency. Considering the potential of pesantren to the development of Islamic finance, by utilizing Structural Equation Modeling method, this research is aimed to identify the effect of attitude, subjective norm, perceived behavioral control, information, and religiosity of pesantren community towards their intention to use sharia bank. The respondents of this study are pesantren community in six pesantren in Garut who do not have Islamic bank account. The results of this study indicates that all hypothesized variables have a positive and significant impact to the intention of pesantren community to patronize Islamic bank."
2017
S67468
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayhan Muhammad Naufal
"Maraknya femonena hijrah di kalangan para selebriti di Indonesia dewasa ini memberikan pengaruh yang kuat kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman agama Islam, salah satunya transaksi jual beli emas yang sesuai dengan ketentuan syariah. Semakin maraknya fenomena tersebut membuat lembaga jual beli emas berbasis syariah dapat menerapkan strategi pemasaran influencer baru yang menyasar kepada kalangan muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh fenomena hijrah di kalangan para selebriti terhadap niat masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli emas sesuai syariah di lembaga jual beli emas berbasis syariah dengan fokus fisik emas berupa emas batangan. Penelitian ini melibatkan 175 responden dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan model penelitian yang mengadopsi Theory of Planned Behavior (TPB) serta hasil teoretis dari literatur sebelumnya yang berkaitan dengan pemasaran influencer yang mempengaruhi intensi. Hasil penelitian menemukan bahwa trust, perceived expertise, dan perceived congruence dapat memberikan pengaruh terhadap transaction intention secara langsung maupun tidak langsung, yaitu melalui attitude toward the celebrity dan brand attitude.

The rise of the hijrah phenomenon among celebrities in Indonesia today gives a strong influence on society to increase understanding of Islam, one of which is gold transactions in accordance with sharia principles. The increase of this phenomenon has made sharia-based gold buying and selling institutions able to implement a new influencer marketing strategy that targeting Muslims. This study aims to analyze how the influence of the hijrah phenomenon among celebrities on consumer intention to carry out sharia-compliant gold transactions at sharia-based gold institutions with gold bullion as the focused form of gold. This study involved 175 respondents and was analyzed using the PLS-SEM method with a research model that adopted the Theory of Planned Behavior (TPB) as well as theoretical results from previous literature related to the influencer marketing that affects intention. The results of the study found that trust, perceived expertise, and perceived congruence can influence transaction intentions directly or indirectly, which is through attitudes toward the celebrity and brand attitude."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tannisha Hanadiani Subagio
"Food waste is a significant global concern, with detrimental environmental, social, and economic consequences. Furthermore, Indonesia was noted to be the lead in total food waste amongst ASEAN countries per year in the year 2021. One of the solutions that were considered to be successful in a study, to combat this food waste issue is food rescue, which is rescuing overproduced meals from major contributing food vendors such as hotels, restaurants, and supermarkets. It is a solution that has been enjoyed by numerous people. Food rescue applications are a promising venture that can counter food waste issues with hopeful prospects from customers and food partners in the future if continuous growth is worked upon. This means that this considerably new application must be developed further to ensure its social, economic, and environmental longevity. Thus, an analysis of the customer's behavioral intention to use food rescue application is conducted to understand the variables that are associated to the customer’s behavioral intention to increase customer retention. The study uses the Theory of Planned Behavior and Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) by conducting a questionnaire. The results are then constructed into a series of strategies by using Importance-Performance Map Analysis (IPMA) and validated using strategy to mission matrix. A prioritized strategy list is recommended for food rescue applications in Indonesia.

Limbah makanan merupakan masalah besar secara global, dengan konsekuensi lingkungan, sosial, dan ekonomi yang merugikan. Lebih lanjut, Indonesia tercatat menjadi negara dengan total limbah makanan terbanyak di antara negara-negara ASEAN per tahun pada tahun 2021. Salah satu solusi yang dinilai berhasil dalam sebuah penelitian, untuk memerangi isu limbah makanan ini adalah food rescue, yaitu penyelamatan. kelebihan produksi makanan dari vendor makanan utama seperti hotel, restoran, dan supermarket. Food rescue adalah solusi yang telah dinikmati oleh banyak orang. Aplikasi food rescue adalah usaha menjanjikan yang dapat mengatasi masalah limbah makanan dengan prospek penuh harapan dari pelanggan dan mitra makanan di masa depan jika pertumbuhan berkelanjutan terus dilakukan. Artinya, aplikasi yang cukup baru ini harus dikembangkan lebih lanjut untuk memastikan keberlangsungannya dalam aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Oleh karena itu, dilakukan analisis terhadap behavioral intention pelanggan dalam menggunakan aplikasi food rescue untuk memahami variabel-variabel yang berhubungan dengan behavioral intention pelanggan untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior dan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan kuesioner. Hasil dari analisis hipotesis kemudian disusun menjadi rangkaian strategi dengan menggunakan Importance-Performance Map Analysis (IPMA) dan divalidasi menggunakan matriks strategy to mission. Daftar strategi yang diprioritaskan kemudian direkomendasikan untuk aplikasi penyelamatan pangan di Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rindradana Rildo
"ABSTRAK
Pendekatan teoritis utama penelitian adalah Theory of Planned Behavior dan Model of Goal Directed Behavior yang mengkaji perilaku individu di komunitas virtual mempengaruhi preferensi konsol video game dengan meneliti faktor-faktor aktivitas individu di komunitas virtual. Penelitian kuantitatif dilakukan melalui survei terhadap 3 komunitas video game (2 non-merk, 1 merk) berjumlah 220 responden. Pengujian hipotesis memakai Structural Equation Modeling dengan menguji bersama-sama model dari variabel independen dan dependen. Hasil penelitian menunjukkan perilaku hedonisme individu di komunitas virtual tidak berpengaruh signifikan dalam membentuk loyalitas dan anteseden pembentuk loyalitas terhadap suatu merk adalah perilaku mencari informasi. Kontribusi manajerial penelitan menunjukkan di komunitas virtual, individu lebih terpengaruh hal-hal rasional melalui proses pencarian informasi. Variabel norma subjektif dan kontrol terhadap perilaku tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap perilaku yang mencerminkan loyalitas.

ABSTRACT

The main theoretical research approach are Theory of Planned Behavior and Model of Goal Directed Behavior that examines the behavior of individuals in virtual communities influencing the preferences of video game consoles by examining the factors of individual activity in the virtual community. Quantitative research was conducted through a survey of 3 video game communities (2 non-brands, 1 brand) with total 220 respondents. Hypothesis testing uses Structural Equation Modeling (SEM) by testing together along models of independent and dependent variables. The research results show that the hedonism behavior of individuals in virtual communities doesnt have significant effect in shaping loyalty and antecedents of forming loyalty to a brand is information seeking behavior. Managerial contributions show that in virtual communities, individuals are more affected by rational things through the information-seeking process. Subjective norm variables and control of behavior do not show a significant effect on behavior that reflects loyalty."
2018
D2746
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faturrachman Ariq
"Fenomena bonus demografi yang sedang terjadi di Indonesia membuat pemerintah diharapkan mampu untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan mendorong pembangunan ekonomi, yang salah satunya dapat dilakukan dengan menyusun kebijakan ekonomi yang mendukung peningkatan akses tabungan dan investasi nasional. Salah satu industri yang perlu menjadi perhatian pemerintah dalam hal tersebut adalah industri perbankan syariah, yang saat ini antara pemerintah dengan industri sedang bersama-sama mengembangkan produk Sharia Restricted Intermediary Account (SRIA). Dalam hal pengembangannya, pemerintah dan industri perlu mengetahui faktor apa saja yang dianggap berpengaruh terhadap minat masyarakat terhadap penggunaan produk SRIA itu sendiri. Berdasarkan theory of planned behaviour, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor psikologis apa saja yang dianggap berpengaruh terhadap attitude, subjective norms, perceived behavioral control, serta intention (minat) seseorang dalam hal penggunaan produk SRIA. Metode non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini dengan sebanyak 280 responden dan dianalisis menggunakan pemodelan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor compatibility dan relative advantage dianggap berpengaruh secara positif terhadap attitude seseorang terhadap produk SRIA, sedangkan uncertainty menunjukkan hubungan yang negatif. Lalu faktor spirituality dan normative belief dianggap berpengaruh secara positif terhadap subjective norms, kemudian faktor selfefficacy dan facilitation condition dianggap berpengaruh secara positif terhadap perceived behavioral control. Kemudian, attitude, subjective norms, dan perceieved behavioral control seseorang menjadi faktor yang dianggap berpengaruh secara positif terhadap intention atau minat seseorang dalam hal penggunaan produk SRIA.

The phenomenon of demographic bonus that is happening in Indonesia makes the government expected to be able to take advantage of these opportunities by encouraging economic development, one of which can be done by developing economic policies that can support the development of savings and national investment. One industry that needs the government attention in this regard is the Islamic banking industry, which is one of the programs between the government and the industry is the development of Sharia Restricted Intermediary Account (SRIA) product. In terms of development, the government and industry need to know what factors are considered influential on public interest in using SRIA. Based on the theory of planned behavior, this study aims to determine what psychological factors are considered to influence the attitude, subjective norms, perceived behavioral control, and intention of a person to use SRIA. Nonprobability sampling method was used in this study with 280 respondents and analyzed using Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) modeling. The results showed that compatibility and relative advantage were considered positively influence one's attitude towards SRIA products, while uncertainty showed a negative relationship. Spirituality and normative belief factors were considered to positively influence subjective norms, also self-efficacy and facilitation condition factors were considered to positively affect perceived behavioral control. Lastly, attitude, subjective norms, and perceived behavioral control shown as the factors that are considered positively influential on one's intention in using SRIA.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Kurniawan
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari faktor-faktor pengaruh yang potensial terhadap behavioral intention untuk mengadopsi layanan internet banking. Penelitian menggunakan self-administered survey dengan sampel non-probabilitas dari 212 nasabah bank di Jakarta sebagai responden. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasilnya menunjukkan bahwa secara keseluruhan faktor yang mempengaruhi intensi nasbah untuk mengadops layan internet banking termasuk diantaranya Users’ Informational-Based Readiness, Attitude, Perceived Behavioural Control. Tetapi, adopsi layanan internet banking masihlah sangat rendah.

The purpose of this study was to examine the potential prominent factors relating to the adoption and use of the financial services of Internet banking. The study was carried out using a self-administered survey involving a convenience sample of 212 bank customers as respondents in Jakarta. The data analysis method was using the Structural Equation Model (SEM). The survey revealed that the overall prominent predictors include Users’ Informational-Based Readiness, Attitude, Perceived Behavioral Control. Yet, the adoption of IB financial service is still relatively low."
Depok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Raihan Dwisatria
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor hubungan hotel syariah dengan pengunjungnya yakni attitude, subjective norms, perceived behavioral control, moral reflectiveness, dan conscientiousnessterhadap intensi mengunjungi hotel syariah tersebut dan pengaruh mediasi dari attitudeterhadap pengaruh moral reflectiveness dan conscientiousness terhadap visit intention hotel syariah serta penelitian ini dilakukan pada hotel syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode linear multiple regression menggunakan SPSS 22 dengan data primer yang dikumpulkan peneliti melalui kuesioner yang disebar di internet. Penelitian ini menemukan bahwa attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control memiliki pengaruh positif terhadap intensi mengunjungi hotel syariah. Penelitian ini juga menemukan bahwa moral reflectiveness dan conscientiousness tidak memiliki pengaruh terhadap intensi mengunjungi hotel syariah. Selanjutnya, attitude memediasi pengaruh moral reflectiveness dan conscientiousness terhadap visit intention hotel syariah.

This study aims to determine the effect of relationship between attitude, subjective norms, perceived behavioral control, moral reflectiveness, and conscientiousness towards visit intention of sharia hotel and effect of moral reflectiveness and conscientiousness towards attitude towards sharia hotel. This study used linear multiple regression using SPSS 22 by collecting data with online administered questionnaire. The results of this study show that attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control has positive influence on sharia hotel visit intention. The results of this study also show that moral reflectiveness and conscientiousness has no effect on visit intentions. Moreover, Attitude mediate the influence of moral reflectiveness and conscientiousness on sharia hotel visit intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Robbi Rakhman
"ABSTRACT
Penelitian ini menguji pengaruh intensi perilaku hidup sehat terhadap minat pembelian produk kesehatan bear brand gold white tea di jakarta. Dimensi intensi perilaku yang digunakan yang digunakan adalah sikap, norma subjektif dan perceived control behaviour berdasarkan dari theory of planned behaviour. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan data penelitian dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang mengetahui dan berminat dalam perilaku hidup sehat dan tidak pernah membeli produk kesehatan bear brand gold white tea. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensi perilaku hidup sehat memilik pengaruh yang signifikan dan kuat terhadap minat pembelian produk kesehatan dan dimensi sikap adalah dimensi yang paling dominan mempengaruhi minat pembelian.

ABSTRACT
This study examined the effect of intentions on healthy living behavior on the interest in purchasing health products for bear brand gold white tea in jakarta. The dimensions of behavioral intentions used are attitudes, subjective norms and perceived control behavior based on the theory of planned behavior. This study used a quantitative approach, and research data was collected through surveys by distributing questionnaires to 100 respondents who know and was interested in healthy living behavior and never buy Bear Brand Gold White Tea product. The analysis technique used simple linear regression. The results showed that the intention of healthy living behavior had a significant and strong influence on purchase interest and the attitude dimension was the most dominant dimension influencing purchase interest."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Robby Renaldy
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan perceived behavioral control terhadap intensi individu untuk mengantre dan menyela antrean. Pengukuran dilakukan dengan mengadaptasi kuesioner Theory of Planned Behavior yang dikembangkan oleh Ajzen 2006 . Sebanyak 140 partisipan dengan kriteria ldquo;pernah mengantre rdquo; terlibat dalam penelitian ini. Berdasarkan teknik statistik regresi berganda, diketahui Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control secara bersama-sama mempengaruhi intensi mengantre dan intensi menyela antrean. Walaupun sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control mempengaruhi intensi, namun variabel sikap memberikan pengaruh yang sangat kecil pada intensi mengantre dan variabel norma subjektif yang memberikan pengaruh sangat kecil pada intensi menyela antrean.

ABSTRACT
This study aim to examine the influence of attitude, subjective norms, and perceived behavioral control on intention to queueing and intention to intrusions. The measurement of all the variables is made by adapting the Theory of Planned Behavior TPB Questionnaire that was develop by Ajzen 2006 . Have 140 participants with the criteria ldquo had been queue before ldquo . Based on regression statistical technique, the result showed that the null hypothesis is rejected. Based on the results, we can conclude that attitude toward behavior, subjective norms, and perceived behavioral control influence the intention to queueing and intention to intrusions. Although the attitude toward behavior, subjective norms, and perceived behavioral control affect the intention, attitude toward behavior variable have a small impact the intention to queueing, and subjective norms variable have a small impact the intention to intrusions. "
2017
S66071
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Robby Hasan
"COVID-19 selain menghantam perekenomian, juga memberikan dampak yang sangat serius bagi pariwisata khususnya penyelenggaraan event. Berbagai aktivitas sosial termasuk penyelenggaraan event yang mendatangkan kerumunan terpaksa harus dibatalkan karena dapat berpotensi menularkan COVID-19. Ketakutan terinfeksi, kebijakan pembatasan aktivitas sosial, penerapan protokol kesehatan, dan kondisi yang tidak menentu menimbulkan kebiasan baru dan permasalahan kesehatan mental bagi kebanyakan orang. Bagi sebagian orang permasalahan kesehatan mental dapat berpengaruh lebih lama dibanding dari pandemi itu sendiri. Kondisi ini tentunya dapat mempengaruhi pada tingkat kunjungan dan keberlangsungan penyelenggaraan event pariwisata kedapannya. Dengan menggunakan variabel Perceived Knowledge of COVID-19 dan Non- Pharmaceutical Intervention serta Psychological Risk sebagai moderator, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat seseorang dalam mengunjungi event pariwisata setelah pandemi COVID-19. Pengujian 11 hipotesis dilakukan dengan metode Partial Least Square-Structural Equition Model (PLS-SEM) terhadap 395 data responden yang dikumpulkan dengan teknik Non-Probabilty-Judgmental Sampling. Hasilnya ditemukan bahwa faktor Perceived Behavioral Control menjadi faktor yang paling memiliki pengaruh secara langsung dalam memprediksi minat seseorang untuk mengunjungi event pariwisata setelah pandemi COVID-19. Perceived Knowledge of COVID-19 berpengaruh secara tidak langsung dengan mediasi dari Subjective Norm dan Non-Pharmaceutical Intervention. Psychological Risk tidak berperan dalam memoderasi antara pengaruh Attitude Toward Behavior & Subjective Norm terhadap Intention to Visit serta pengaruh Subjective Norm terhadap Attitude Toward Behavior. Social distancing yang merupakan salah satu cara dalam tindakan pencegahan dari faktor dari Non-Pharmaceutical Intervention menjadi pertimbangan bagi seseorang dalam membangun minatnya untuk mengunjungi event pariwisata setelah pandemi COVID-19.

The pandemic COVID-19 spread globally and has been given impact on the tourism industry, especially in tourism events. Various social activities, including organizing events that bring in crowds, had to be canceled due to the potential for transmitting COVID-19. Fear of infection, social restriction policies, implementation of health protocols, and uncertain conditions create mental health problems for most people. For some, these mental health issues can outlast the pandemic itself. This condition can be impacting the number of visitors as well as the sustainability of organizing tourism events in the future. With the variables Perceived Knowledge of COVID-19, Non-Pharmaceutical Intervention, and Psychological Risk as moderators, this study aims to identify factors that can influence the intention to visit tourism events post COVID-19 pandemic. The partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) was used to test the 11 hypotheses on 395 respondents' data which was collected with the Non-Probability Judgmental Sampling. The results of the study found that the Perceived Behavioral Control variable was the most influential factor in predicting the intention to visit tourism events after the COVID-19 pandemic, Psychological risk has no effect as a moderator. Social distancing remains a factor to consider when visiting tourism events after the COVID-19 pandemic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>