Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 93540 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hidayati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat tes inteligensi berdasarkan teori Cattel-Horn-Caroll CHC yang ditujukan untuk rekomendasi peminatan siswa SMA. Tes yang dikembangkan pada penelitian ini adalah tes yang mengukur kemampuan associative memory tes AM . Pengambilan data dilakukan di Jakarta dengan sampel siswa SMA kelas X N=96. Hasil uji reliabilitas tes AM memiliki nilai cronbach alpha sebesar 0,86. Dari hasil uji validitas konstruk dengan metode correlation with other test menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,45.

The objective of this research is to construct the intelligence test based on Cattel Horn Caroll CHC theory as a tool to student placement in senior high school. The intelligence test that is developed in this research constructs the assosiative memory AM test. The sample of this research is the first grade senior high school students N 96 in Jakarta. The realiability test shows the result coefficient alpha 0,86. The construct validity correlation with other test shows correlation result 0,45."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67464
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Debby Mardianti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu subtes dari tes inteligensi, yaitu tes working memory capacity WM yang akan digunakan sebagai salah satu acuan dalam pertimbangan proses peminatan siswa SMA di Indonesia. Penyusunan tes WM didasarkan pada teori CHC yang merupakan teori yang paling komprehensif dan kontemporer pada saat ini. Pengujian tes WM dilakukan pada siswa SMA kelas X di wilayah Jakarta yang berasal dari peminatan IPA dan IPS. Pengujian reliabilitas terhadap tes WM menggunakan metode Cronbach Alpha menunjukan bahwa tes WM memiliki konsistensi internal yang baik untuk mengukur suatu konstruk.
Pengujian validitas konstruk menggunakan metode correlation with other test, menunjukan bahwa tes WM merupakan tes yang valid untuk mengukur konstruk working memory capacity karena berkorelasi secara signifikan dengan tes IST subtes ME yang juga mengukur memori. Selain itu, berdasarkan hasil analisis aitem, tes WM telah memiliki aitem-aitem dengan derajat kesulitan aitem yang beragam dan daya diskriminasi yang baik. Telah disusun norma tes WM dengan menggunakan normalized standard score, dengan M=10 dan SD=3.

This research was conducted to develop one of the subtests from intelligence test, that is working memory capacity WM test that will be used as a reference to make considerations in the high school student rsquo s specilization in Indonesia. The constructions of WM test was based on CHC theory which is the most comprehensive and contemporary theory of intelligence. The tested of WM test was conducted at the first year of high school students in Jakarta region, including students from sciences and social science major. Reliability testing using Cronbach Alpha method showed that WM test has good internal consistency.
Validity testing using correlation with other test method showed that WM test is a valid test to measure working memory capacity, because the WM test significantly correlated with the ME subtest of IST test which also measure memory. Furthermore, based on the item analyses, WM test has good item with a variant item difficulty and good item discriminant. The norm of WM test was using normalized standard score, M 10 and SD 3.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67312
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khairunisa Damayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur inteligensi yang digunakan untuk peminatan siswa SMA, yang khusus pada kemampuan quantitative reasoning QR. Alat ukur ini terdiri dari dua subtes, yakni subtes yang mengukur penalaran kuantitatif deduktif QR-VA dan subtes yang mengukur penalaran kuantitatif induktif QR-DA. QR-VA terdiri dari 25 soal berbentuk soal cerita dan QR-DA terdiri dari 30 soal berbentuk deret angka. Sebelum dilakukan pengambilan data lapangan, kedua subtes terlebih dahulu diujikan melalui proses expert judgement, uji keterbacaan dan uji coba. Kedua alat ukur QR diujikan pada siswa SMA kelas X di Jakarta, baik QR-VA n = 98 dan QR-DA n = 101. Pengujian reliabilitas dilakukan dengan menggunakan Cronbach Alpha untuk mengetahui konsistensi internal dan diperoleh bahwa QR-VA belum memiliki konsistensi internal yang baik 0,644, sementara QR-DA sudah dapat dikatakan memiliki konsistensi internal yang baik 0,732. Pengujian validitas konstruk dilakukan dengan menggunakan teknik correlation with other test.
Hasil korelasi validitas yang diperoleh untuk QR-VA sebesar 0,388 p < 0,01 menandakan bahwa QR-VA valid untuk mengukur kemampuan quantitative reasoning berdasarkan korelasi dengan TKD 5-R. Hasil korelasi yang diperoleh untuk QR-DA sebesar 0,565 p < 0,01 menandakan bahwa QR-DA valid untuk mengukur kemampuan quantitative reasoning berdasarkan korelasi dengan TKD 6-R. Pengujian analisis item dilakukan dengan menggunakan indeks item difficulty dan item discrimination. Kedua subtes quantitative reasoning memiliki derajat kesulitan yang bervariasi dari mudah hingga sulit dan kemampuan untuk mendiskriminasi siswa SMA dengan kemampuan quantitative reasoning tinggi dan rendah CrIT > 0,2. Dari hasil analisis item integratif maka diperoleh 15 item terpilih untuk QR-VA dan 20 item terpilih untuk QR-DA yang memiliki kemampuan diskriminasi yang baik dan tingkat kesulitan yang sesuai. Norma yang digunakan pada alat ukur QR adalah within group norms dengan standard score M=10, SD=3.

This study is intended to develop intelligence test used for specialization of high school students, which is specific to quantitative reasoning QR. This test consists of two subtests, which are deductive quantitative reasoning QR VA and inductive quantitative reasoning inductive QR DA. QR VA consists of 25 verbal arithmetic questions and QR DA consists of 30 number series questions. Before field, the two subtests were first tested through the expert judgment process, the legality and trial test. Both QR measurements were tested in high school class X students in Jakarta, both QR VA n 98 and QR DA n 101. Reliability testing performed using Cronbach Alpha to see internal consistency and QR VA does not have good internal consistency 0,644, while QR DA can have good internal consistency 0,732. Validity testing is done by using correlation with other test technique.
The correlation obtained for QR VA is 0.388 p 0.01 which means QR VA is valid for measuring quantitative reasoning abilities based on correlation with TKD 5 R, meanwhile the correlation for QR DA is 0.565 p 0.01 which means QR DA is valid for measuring quantitative reasoning abilities based on correlation with TKD 6 R. Item analysis was done by using item difficulty and item discrimination. Both subtests of quantitative reasoning have varying degrees of difficulty from easy to difficult and the ability to discriminate high school students with high and low quantitative reasoning abilities CrIT 0,2. From the integrative item analysis result, 15 items were selected for QR VA and 20 items were selected for QR DA with a good and appropriate degree of difficulty. The norm used in the QR is in the norm group with the standard score of M 10, SD 3.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S68190
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuuresa Adhe Kautsari
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang alat ukur inteligensi komprehensif berbasis teori CHC. Alat ukur ini berguna untuk membantu siswa SMA memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Pada penelitian ini, subtes yang akan dirancang adalah subtes perceptual speed subtes PS. Subtes ini termasuk ke dalam jenis speed test, terdiri dari 150 item dengan batas waktu pengerjaan maksimal lima menit. Sampel pada penelitian ini berjumlah 97 siswa yang berasal dari tiga sekolah menengah atas negeri Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Teknik pengujian reliabilitas menggunakan teknik split-half. Koefisien Spearman-Brown yang dihasilkan dari pengujian reliabilitas sebesar 0,943 yang berarti subtes ini konsisten dalam mengukur konstruk yang sama.
Pengujian validitas konstruk pada subtes PS dilakukan menggunakan metode correlation with other test, yaitu tes TIKI-M subtes ldquo; Meneliti rdquo; r = 0,785, p < 0,01. Analisis item dilakukan melalui uji item difficulty dengan hasil keseluruhan item sudah termasuk ke dalam derajat kesulitan mudah atau sangat mudah. Norma subtes disusun dengan within-group norms, menggunakan standard scores. Raw scores diubah ke dalam distribusi standard scores dengan nilai mean 10 dan nilai standar deviasi 3. Data raw score terdistribusi secara normal sehingga standard score didapatkan dari transformasi linear.

This research was conducted to construct an intelligence test based on CHC theory. It is necessary to assist senior high school students to choose their major that suits their interests and abilities. In this research, we focus on perceptual speed subtest PS subtest. This subtest is classified as speed test, consists of 150 items with five minutes as the maximum time limit. The sample of this research was 97 students from three senior high schools in Jakarta. The sampling technique used was convenience sampling. The reliability testing technique used was split half technique. The Spearman Brown coefficient obtained from the reliability testing was 0,943 which means this subtest is consistent in measuring the same construct.
Testing of construct validity on PS subtest was carried out using correlation with other test method, one of subtest on TIKI M test which is ldquo Meneliti rdquo was used r 0,785, p 0,01. Item analysis was done through item difficulty test with result indicated that the entire item is included into the degree difficulty easy or very easy. The subtest norm was developed using within group norms, standard scores. The raw scores was converted to a distribution of standard scores with a mean of 10 and an SD of 3. The raw scores is normally distributed so standard scores was obtained by linear transformation.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S66779
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Putri Utami
"Kurikulum 2013 K13 yang sedang berlaku saat ini mengharuskan siswa SMA kelas X yang baru masuk tahun ajaran baru untuk langsung melakukan peminatan sebelum proses pembelajaran dimulai. Salah satu cara menentukan kelompok peminatan ialah dengan menggunakan tes psikologis atau tes peminatan. Selain itu, metode belajar dalam kurikulum 2013 pun secara tidak langsung memaksa siswa SMA untuk lebih aktif membaca materi pelajaran secara mandiri karena guru mengurangi pemberian materi pelajaran dengan metode ceramah. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa kemampuan pemahaman bacaan merupakan hal yang utama bagi siswa SMA saat ini, sehingga diperlukan adanya tes psikologis, khususnya tes inteligensi yang mengukur pemahaman bacaan sebagai alat bantu penetapan kelompok peminatan.
Alat ukur ini dibuat berdasarkan teori inteligensi CHC. Sampel dari uji coba ini ialah 97 siswa SMA kelas X dari berbagai SMA di daerah Jakarta dan Depok. Alat ukur terdiri dari 15 item dan menggunakan multiple-choice dengan 4 pilihan jawaban. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa Tes RC tidak memiliki konsistensi antar item dalam mengukur pemahaman bacaan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,61. Hasil uji validitas konstruk menunjukkan bahwa Tes RC valid dalam mengukur konstruk pemahaman bacaan dengan koefisien korelasi sebesar 0,323 p < 0,01 . Hasil uji analisis item menunjukkan bahwa item-item pada alat ukur belum dapat membedakan individu yang memiliki kemampuan pemahaman bacaan yang tinggi dengan yang rendah. Norma yang digunakan ialah scaled score dengan M=10 dan SD=3.

The current curriculum K13 requires new high school students to choose a major when entering the new academic year before the learning process begins. One way to determine the major is to use psychological testing. In addition, the learning method in the current curriculum also indirectly forced high school students to more actively read the subject matter independently. It happens because the teacher reduces the provision of subject matter by lecture method. Based on that, it can be said that reading comprehension is the main ability needed by high school students nowadays, so it takes a psychological testing that measures reading comprehension as a tool for majoring.
This intelligence testing construction is based on CHC theory. The sample of this trial involves 97 high school students of 10th grader from various high schools in Jakarta and Depok area. The intelligence testing consists of 15 items and uses multiple choice with 4 choices. The reliability statistic indicates that RC test does not have inter item consistency in measuring reading comprehension with reliability coefficient equals to 0.61. The result of construct validity shows that RC test is valid for measuring reading comprehension with correlation coefficient equals to 0,323.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S68395
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Anita Dwinata
"Penelitian ini bertujuan untuk menyusun tes Penalaran Induktif Figural PIF sebagai subtes dari battery test inteligensi yang didasarkan oleh teori inteligensi Cattell-Horn-Carroll CHC. Pengambilan data lapangan dilakukan pada siswa kelas X dari tiga SMA di Jakarta N=97. Dari pengujian reliabilitas dengan metode Cronbah rsquo;s Alpha menunjukkan bahwaTes PIF memiliki konsistensi internal yang baik dalam mengukur sebuah konstruk ?=0,727. Pengujian validitas konstruk dengan mengorelasikan Tes PIF dengan Standard Progressive Matrices, diperoleh hasil Tes PIF valid dalam mengukur konstruk penalaran induktif r= 0,67, p=0,000. Hasil analisis derajat kesukaran aitem menunjukkan secara umum aitem-aitem pada tes tergolong mudah p antara 0,14 hingga 0,97.
Dari analisis daya diskriminasi aitem diperoleh hasil sebagian aitem telah mampu membedakan individu yang memiliki kemampuan penalaran yang induktif yang tinggi dan yang rendah crit ge; 0,2= 23 aitem . Hasil analisis distraktor menemukan bahwa sebagian besar aitem belum memiliki distraktor yang berfungsi dengan baik dalam mengecoh peserta. Within-group norm dengan transformasi non-linear standard score M=10, SD=3 dibuat untuk menginterpretasi skor tes. Diperlukan revisi terhadap aitem dan pengujian kembali tes PIF sebelum tes ini dapat digunakan untuk tujuan peminatan siswa SMA.

This research was conducted to develop new figural inductive reasoning test as part of the new intelligence battery test based on Cattell Horn Carroll Theory of Human Inteligence CHC. Field data was collected from X grade students in three different high schools in Jakarta N 97. Cronbach's Alpha test showed that PIF Test has adequate internal consistency in measuring a construct 0,727. Correlation with Standard Progressive Matrices found that PIF Test is valid in measuring inductive reasoning r 0,67, p 0,000. Item difficulty analysis indicates that most items have dissatisfying item difficulty level 0,14 le p le 0.97.
Item discrimination analysis describes that half of items has sufficient item discrimination index crit ge 0,2 23 item . Distractors power analysis explains that most items have distractors that poorly deceive the test taker. Within group norms with normalized transformation M 10, SD 3 is available for interpretation. Revision is required regarding the aitem as well as re examination of the PIF Test before this test is suitable to be used for high school student streaming purposes.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S69312
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dariatus Sa`Diah
"Penelitian ini bertujuan mengkonstruksi alat ukur inteligensi untuk proses peminatan SMA berdasarkan teori Cattell-Horn-Carroll teori CHC. Tes yang dikonstruksi mengukur kemampuan general verbal information, yakni kemampuan terkait luas dan kedalaman pengetahuan individu terhadap hal-hal yang dianggap penting dan berguna menurut konteks budayanya. Dalam konstruksi tes ini dilakukan pengujian reliabilitas, validitas dan analisis butir soal.
Berdasarkan hasil analisis data, tes yang disusun reliabel dan valid dalam mengukur konstruk general verbal information, yang diuji melalui korelasi terhadap subtes 2 TKD-R Information. Analisis terhadap butir soal menunjukkan bahwa tingkat kesukaran bervariasi dari sangat mudah hingga sangat sukar.

The purpose of this research is to construct intelligence test for high school student's academic majoring, based on Cattell Horn Carroll theory of cognitive abilities. K0 test is designed to measure general verbal information abilities, which is an ability of breadth and depth of knowledge that one's culture deems essential. Examination of test's reliability, validity and item analysis are included.
Based on analysis, K0 test is reliable and valid to measure general verbal information ability, which was examined through corellation with subtest 2 of TKD R Information . Item analysis showed that item difficulty index varies, from very easy items to very difficult item.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67565
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariestianto Waskita
"Perubahan kebijakan pemerintah tentang peminatan di SMA membuat siswa maupun pihak sekolah bingung dalam menyikapinya. Penghapusan hasil tes psikologi sebagai salah satu rekomendasi pemilihan Kelompok Peminatan, membuat tidak adanya standar objektif dan terukur. Teori Cattell-Horn-Carroll CHC, sebagai teori inteligensi paling komprehensif saat ini, dapat menjadi kerangka kerja bagi suatu alat ukur acuan pemilihan Kelompok Peminatan di SMA. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengonstruksi alat ukur pengetahuan leksikal, sebagai salah satu kemampuan spesifik yang menjadi bagian dari Teori CHC, yang dapat diadministrasikan secara kelompok dan berfungsi sebagai acuan rekomendasi Kelompok Peminatan di SMA.
Alat ukur diadministrasikan pada 104 siswa nwanita=70. Awalnya, alat ukur memiliki 40 item, kemudian dikurangi menjadi 20 setelah dilakukan analisis item. Lewat pengujian reliabilitas didapatkan ? =.65. Item-item pada alat ukur memiliki tingkat kesulitan bertingkat dan bervariasi. Item mampu membedakan tingkat pengetahuan antar individu. Item juga memiliki pilihan jawaban yang berfungsi baik dan tersebar merata. Alat ukur memiliki korelasi positif signifikan dengan r = .286 dengan alat ukur subtes 3 dari TIKI-M. Skor alat ukur dinterpretasikan dengan metode scaled score M=10, SD=3.

Changes in goverment policy over majoring in senior high school are confusing for both students and the school. Deletion of psychological testing as one of standard reference for senior high school majoring recommendation, left us with no objective and measured references. Cattell Horn Carroll Theory of Intelligence CHC, as the most comprehensive contemporary theory, can be a suitable framework for a new standard reference for senior high school majoring. This study attempts to construct a lexical knowledge measurement, as a part of narrow abilities within The CHC Theory, which can be administered in group and served as a reference for senior high school majoring.
This measurement was administered to 104 students nfemale 70. Initially, this measurement had a set of 40 items, which divided into synonym and antonym parts, then reduced to 20 items through item analysis. From reliability testing, .65 is obtained. Items in this measurement are consisted of varying degree of difficulties and can discriminate level of lexical knowledge between individuals. Distractors in each item are well performed and spread evenly among false choice. This measurement correlates positively significant with TIKI M's subtest 3 with r .286. Score from this measurement can be interpreted using scaled score M 10, SD 3 method.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S69460
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Prakoso
"Kebutuhan pengukuran kemampuan visual-spasial sebagai salah satu penunjang keputusan pemilihan program peminatan siswa kelas 10 Sekolah Menengah Atas menjadi dasar pertimbangan konstruksi alat ukur kemampuan visual-spasial. Teori Cattel-Horn-Carroll sebagai teori inteligensi paling komprehensif untuk menggambarkan struktur kognitif manusia digunakan sebagai dasar pembuatan alat ukur ini. Penelitian bertujuan untuk mengonstruksi alat ukur yang konsisten, valid mengukur kemampuan visual-spasial, memiliki item yang mampu membedakan kemampuan individu dengan pilihan jawaban distraktor yang berfungsi, serta memiliki skor yang bermakna. Penelitian dilakukan kepada siswa kelas 10 SMA, di tiga sekolah di DKI Jakarta n=97; Musia=16,01 tahun; nwanita=64 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat ukur Visual-Spasial memiliki tingkat konsistensi internal baik ?=0,714 , mampu mengukur kemampuan visual-spasial melalui uji validitas konstruk dengan alat ukur TIKI-M subtes 2 Gabungan Bagian r=0,227.

The needs of visual spatial ability measurement as a recommendation for majoring in 10th grade high school students forming the basis for constructing a visual spatial test. Cattell Horn Carroll Theory, currently the most comprehensive theory of intelligence, becomes a structural framework of this test. This research attempts to construct a consistent and valid measure of visual spatial ability. It also attempts to construct visual spatial test that contains items which can discriminate individual ability, has distractors that perform well and spread evenly among false options, and can be meaningfully interpreted. This research administered to 97 10th grade high school students, from three high school in Jakarta Mage 16.01 nwomen 64 . Results from this study shown that Visual Spasial measurement is internally consistent 0,714 , correlated significantly with subtest 2 Gabungan Bagian r 0,227."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67719
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates, 1980
153.12 HUM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>