Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 161269 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diandra Khalishah
"Local Food Experience merupakan salah satu produk yang ditawarkan dalam industri pariwisata. Makanan dilihat sebagai salah satu refleksi budaya lokal, dan pengalaman tersebut dapat menciptakan tourist satisfaction, terutama bagi wisatawan yang baru pertama kali memakan makanan tersebut dalam sebuah perjalanan wisata.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh local food experience terhadap tourist satisfaction pada wisatawan mancanegara di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif, metode survey, dengan menyebarkan kuesioner ke 100 responden dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara local food experience dengan tourist satisfaction. Penelitian ini menunjukan bahwa pengalaman terkait makanan lokal telah menciptakan kepuasan wisatawan yang baik pada wisatawan mancanegara di Kota Yogyakarta.

Local food experience is a product that is being offered in tourism industry. Local food is seen as a reflection of local culture, and the experience may results in tourist satisfaction, especially for tourist who eat local food for the first time during a tourism purpose trip.
This research was conducted with the aim to explain the influence of local food experience towards tourist satisfaction among international tourists in Yogyakarta City.
This study was conducted using quantitative research approach with explanative type of research, survey method, with the number of survey respondents is 100 to the technique of taking samples of non probability sampling.
The results shows that local food experience had created positive tourist satisfaction among international tourist in Yogyakarta City.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S67911
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marchia Nur Annisa
"Pariwisata merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi pemasukan negara. Sejalan dengan hal tersebut, loyalitas wisatawan dalam kaitannya dengan mengunjungi kembali suatu destinasi wisata menjadi salah satu hal yang penting. Hal tersebut selanjutnya juga dipengaruhi oleh rasa cinta, hormat, dan puas akan pengalaman yang dimiliki. Demikian pula dengan destinasi wisata sejarah dan budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tourism experience, lovemarks, dan brand satisfaction terhadap brand loyalty wisatawan DKI Jakarta yang pernah mengunjungi destinasi wisata berbasis sejarah dan budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini berjenis eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 orang yang diperoleh melalui kuesioner online dengan metode non probabilita. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara tourism experience dan lovemarks, lovemarks dan brand satisfaction, lovemarks dan brand loyalty, serta brand satisfaction dan brand loyalty. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tourism experience, lovemarks, dan brand satisfaction dapat mempengaruhi brand loyalty.

Tourism is one of the most important things for state income. In line with this, tourist loyalty in relation to revisiting a tourist destination is one of the important things. This is then also influenced by a sense of love, respect, and satisfaction with the experience they have. Likewise with historical and cultural tourist destinations in the Special Region of Yogyakarta. Therefore, this research aims to analyze the effect of tourism experience, lovemarks, and brand satisfaction on brand loyalty for DKI Jakarta tourists who visit historical and cultural-based tourist destination in Special Region of Yogyakarta. This research is an explanatory type with a quantitative approach. A total of 120 samples were obtained by using an online questionnaire which was taken using a nonprobability method. The results showed that tourism experience had a direct effect on lovemarks; lovemarks has direct effect on brand satisfaction; lovemarks has direct effect on brand loyalty; and brand satisfaction has effect on brand loyalty. Based on the results of this study, it can be concluded tourism experience, lovemarks, and brand satisfaction on brand loyalty for DKI Jakarta tourists who visit historical and cultural-based tourist destination in Special Region of Yogyakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Humairoh
"Local cuisine has become one of the main attractions for tourists to visit a destination. Local cuisine shifts tourist behavior towards Indonesian local cuisine, to the extent of repurchasing. In order to find out the intention to repurchase, satisfaction, perceived quality, and perception are analyzed. To this date, very few researches examined Indonesian cuisine in relation with the tourist behavior. Currently, cuisine tourism has become a trend, increasing the amount of tourist visiting Indonesia. The aspects of Tourist Satisfaction, Tourist Perception, Repurchase Intention, Perceived Quality, Consumer Behavior Local Cuisine, and Tourist Behavior are among tourists preference for local cuisines. This research had 148 participants taking part on the online survey that was conducted in Indonesia. Data were collected both online and offline in Yogyakarta. The respondents are tourist who have visited Indonesia in the past 12 months and have tried Indonesian food during their visit. The data were then analyzed using structural modeling equation, specifically using Partial Least Square method (Smart PLS 3.2.8). The results showed that Tourist Behavior (willingness to recommend Indonesian food, revisit Indonesia and the impression on Indonesia food) was influenced by Repurchase Intention. Repurchase Intention was influenced directly by Tourist Satisfaction on Local Food and Tourist Perception. While Perceived Quality of Local Food influenced Tourist Repurchase Intention through Tourist Perception.

Kuliner lokal merupakan salah satu daya tarik utama bagi wisatawan untuk mengunjungi suatu tempat wisata. Kuliner lokal mengubah Tourist Behavior terhadap kuliner lokal Indonesia dan melakukan pembelian lagi. Untuk mengetahui keinginan mereka untuk membeli lagi, maka dilakukan analisis terhadap kepuasan, kualitas yang dirasakan, dan persepsinya. Namun, masih sedikit penelitian yang meneliti hubungan makanan Indonesia terhadap perilaku wisatawan. Saat ini, wisata kuliner telah menjadi sebuah tren dan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia semakin meningkat. Aspek Tourist Satisfaction, Tourist Perception, Repurchase Intention, Perceived Quality, Consumer Behavior Local Food, Tourist Behavior menjadi seleksi wisatawan terhadap kuliner lokal. Selanjutnya, penelitian ini memiliki 148 peserta untuk survei online yang dilakukan di Indonesia. Data dikumpulkan secara online dan offline di Yogyakarta. Responden adalah turis yang telah mengujungi Indonesia dalam 12 bulan terakhir dan mencoba makanan Indoesia selama kunjungan mereka. Data kemudian dianalisis menggunakan persamaan pemodelan struktural, khususnya metode partial least square (Smart PLS 3.2.8). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tourist Behaviour (kesediaan untuk merekomendasikan makanan Indonesia, mengunjungi kembali Indonesia dan kesan pada makanan Indonesia) dipengaruhi oleh Tourist Repurchase Intention. Tourist Repurchase Intention dipengaruhi langsung oleh Tourist Satisfaction on Local food dan Tourist Perception. Sedangkan Perceived Quality of Local food Tourist Repurchase Intention melalui Tourist Perception. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Novia Indrianti
"Pesatnya pertumbuhan pariwisata diiringi dengan munculnya pertanyaan mengenai alasan orang-orang melakukan kegiatan wisata. Alasan yang menyebabkan seseorang melakukan perjalanan wisata disebut sebagai motivasi wisata. Yogyakarta menjadi daerah tujuan para wisatawan asing yang jumlahnya selalu meningkat setiap tahun. Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman menjadi dua daerah tujuan wisata favorit dibanding tiga kabupaten lainnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini mengkaji alasan yang mendorong para wisatawan asing melakukan perjalanan ke Yogyakarta sehingga dapat dikaitkan dengan tingginya jumlah wisatawan asing yang datang ke Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan spasial dan analisa deskriptif. Dari hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa motivasi wisatawan asing di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman tidak dipengaruhi oleh jenis wisata yang ada di daerah tujuan.

The rapid growth of tourism followed by the emergence of questions about the reasons people do tourist activities. Reasons that cause a person to travel referred to as tourist motivation. Yogyakarta became the destination of foreign tourists whose number is increasing every year. Yogyakarta city and Sleman district into two favorite tourist destination compared to three other districts in the province of Yogyakarta.
This study examines the reasons that encourage foreign tourists to travel to Yogyakarta so it can be attributed to the high number of foreign tourists come to Yogyakarta. The method of analysis used in this study is the approach of spatial and descriptive analysis. From the research, it was concluded that the motivation of foreign tourists in the city of Yogyakarta and Sleman District was not influenced by the type of tourism in the destination.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S53294
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzul Kabiir Achmad
"Market globalization mempengaruhi pariwisata secara global. Ada penurunan ekonomi, persaingan yang semakin ketat, dan pertumbuhan teknologi baru yang menawarkan peluang dan ancaman. Pariwisata adalah suatu kegiatan dalam masyarakat yang didukung oleh berbagai macam fasilitas dan pelayanan yang tersedia baik oleh masyarakat itu sendiri, pengusaha atau investor, bahkan oleh pemerintah daerah. Di antara metode pemasaran lainnya, penerapan experiential marketing mulai berkembang. Hal ini juga relevan dalam pariwisata karena menciptakan behavioral intention, atraksi menarik untuk menarik aspek afektif, sensorik dan intelektual konsumen. Studi ini menguji dampak experiential marketing pada kepuasan konsumen sambil mengidentifikasi pentingnya dalam industri. Dengan bantuan kuesioner tertutup, dilakukan survei untuk menguji persepsi 224 wisatawan di Bromo Tengger Semeru. Analisis SEM dilakukan untuk menguji pengaruh experiential marketing terhadap behavioral intention melalui tourist satisfaction menggunakan software SPSS AMOS. Di sini experiential marketing diwakili oleh lima komponen yaitu sense, feel, think, act dan relate, sedangkan behavioral intention diwakili oleh tiga komponen yaitu word of mouth, revisit intention, willingness to pay dan tourist satisfaction. Temuan penelitian dimensi feel dan think tidak memiliki pengaruh langsung terhadap tourist satisfaction Selain itu, dimensi sense, act, relate berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction dan tourist satisfaction berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention. Terakhir, experiential marketing, yang diwakili oleh 2 hipotesis, sense dan relate memiliki pengaruh tidak langsung terhadap behavioral intention melalui tourist satisfaction.

Market Globalization affects tourism globally. There is an economic downturn, increasingly intense competition, and the growth of new technologies that offer both opportunities and threats. Tourism is an activity in the community supported by various kinds of facilities and services available either by the community itself, entrepreneurs or investors, even by the local government. Among other marketing methods, the application of experiential marketing began to develop. It is also relevant in tourism as it creates behavioral experiences, engaging attractions to appeal to the affective, sensory and intellectual aspects of consumers. This study examines the impact of experiential marketing on consumer satisfaction while identifying its importance in the industry. With the help of a closed questionnaire, a survey was conducted to test the perceptions of 224 tourists in Bromo Tengger Semeru. SEM analysis was conducted to examine the impact of experiential marketing on consumer satisfaction using SPSS AMOS software. Herein, experiential marketing is represented by five components, namely sense, feel, think, act and relate, while behavioral intention is represented by three components, namely word of mouth, revisit intention, willingness to pay and tourism satisfaction. Research findings feel and think dimensions do not have a direct influence on tourist satisfaction. In addition, sense, act, relate dimensions have a significant effect on tourist satisfaction and tourist satisfaction has a significant effect on behavioral intention. Finally, experiential marketing, which is represented by 2 hypotheses, sense and relate has an indirect influence on behavioral intention through tourist satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natia Humairah
"Studi ini meneliti hubungan antara halal tourism (pariwisata halal), tourist experience (pengalaman wisata), dan constraint (kendala) untuk mengidentifikasi peran khusus dari atribut-atribut dalam membentuk destination image (citra daerah tujuan) dan revisit intention (intensi mengunjungi kembali) ke Lombok. Populasi penelitian terdiri dari 330 tanggapan survei dari wisatawan domestik Lombok. Untuk mencapai tujuan ini, pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menganalisis data menggunakan PLS untuk menguji dampak dimensi dan variabel yang mempengaruhi destination image dan revisit intention. Lima dimensi halal tourism attributes (lingkungan sosial, fasilitas, makanan dan minuman, layanan, dan staf), empat dimensi tourist experience (escapism, entertainment, esthetics, dan education), tiga dimensi constraint (avaibility, structural, dan interpersonal), tiga dimensi destination image (scenery, infrastructure, affective dan water sports), dan tiga atribut revisit intention diidentifikasi. Analisis regresi kuadrat terkecil parsial menunjukkan bahwa tourist experience menentukan peran terbesar dalam destination image. Hasil penelitian menentukan apakah keberadaan faktor pariwisata halal dapat mempengaruhi citra tujuan dan membuat wisatawan untuk mengunjungi kembali Lombok di masa depan, oleh karena itu pemasar dapat menciptakan nilai tambah untuk daerah tujuan wisata yang dikelola dengan mempertimbangkan faktor-faktor pariwisata halal.

This study examines the relationship between halal tourism, travel experience, and constraint to identify the particular role of the attributes in forming destination image and revisit intention to Lombok. The study population comprises of 330 survey responses from domestic tourists of Lombok. In order to achieve this objective, structural equation modelling was used to analyze the data using PLS to examine the impact of dimensions and variable that influence destination image and revisit intention. Five dimensions of halal tourism (social environment, facilities, food and beverages, service, and staff), four dimensions of travel experience (escapism, entertainment, esthetics, and education), three dimensions of constraints (avaibility, structural, and interpersonal), three dimension of destination image (scenery, infrastructure, affective, and water sports), and three attributes of revisit intention were identified. Partial least squares regression analysis shows that tourism experience defining biggest roles in the destination image. The results determine whether the existence of halal tourism factors can affect the destination image and make a tourist to revisit Lombok in the future, therefore marketers can create added value for managed tourist destination areas by taking into the factors of halal tourism."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilisa Fajriyati
"ABSTRAK
Tourist Satisfaction (kepuasan wisatawan) berperan penting dalam industri
pariwisata. Penting bagi pemasar untuk mengetahui faktor-faktor yang
menyebabkan terjadinya kepuasan wisatawan tersebut dan bagaimana
konsekuensinya dimasa yang akan datang. Penelitian ini mencoba mengungkapkan
faktor-faktor pembentuk kepuasan wisatawan terkait dengan destination image,
tourist expectation, dan perceived value serta bagaimana kepuasan tersebut
berpengaruh pada tourist complaint yang terjadi dan dampaknya terhadap tourist
loyalty.
Fokus penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh faktor-faktor di atas
terhadap wisatawan di Kota Banjarmasin. Sampel penelitian berjumlah 185
responden yang terdiri dari wisatawan domestik dan wisatawan asing.
Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan
teknik judgement / purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah kuesioner dan dianalisis dengan software LISREL 8.8 untuk mengetahui
pengaruh masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh
positif antara destination image terhadap tourist expectation, destination image
terhadap perceived value, tourist expectation terhadap perceived value, perceived
value terhadap tourist satisfaction, serta tourist satisfaction terhadap tourist loyalty.
Sedangkan tourist satisfaction berpengaruh secara negatif terhadap tourist
complaints. Selebihnya, hasil menunjukkan tidak ada pengaruh diantara tourist
expectation terhadap tourist satisfaction serta tourist complaints terhadap tourist
loyalty.

ABSTACT
Tourist Satisfaction plays important roles in tourism industry. It is very
important to clarify the factors affecting tourist satisfaction and what are the
consequences in the future. This research tries to evaluate factors affecting tourist
satisfaction related to destination image, tourist expectation, and perceived value and
how satisfaction affecting tourist complaint and the impact to tourist loyalty.
The focus of this research investigates the effect of those factors for
tourists in Banjarmasin. The samples comprise of 185 respondents, consist of
domestic tourists and also foreign tourists. The samples collected using
nonprobability sampling with judgement/ purposive sampling as its technique.
This
reasearch used questionnaire as reaserch instrument and analize by using LISREL
8.8 to determine the effect of each variable. The result of this research showed
positive effects between destination image to tourist expectation, destination image
to perceived value, tourist expectation to perceived value, perceived value to tourist
satisfaction, and tourist satisfaction to tourist loyalty. While tourist satisfaction
negatively affecting tourist complaints. The rest of the result showed there’s no
effect between tourist expectation to tourist satisfaction and between tourist
complaints to tourist loyalty."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lia Estika Sari
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh motivasi wisatawan Muslim terhadap pemilihan destinasi dan pemenuhan akomodasi syariah, pengaruh destinasi dan akomodasi syariah terhadap kepuasan wisatawan Muslim dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas wisatawan Muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan 250 responden wisatawan Muslim di Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pertanyaan tertutup untuk menilai hubungan antara Motivasi, Destinasi Syariah, Akomodasi, Kepuasan dan Loyalitas. Metode analisis menggunakan analisis PLS-SEM Partial Least Square - Structural Equation Modeling dengan menggunakan software smart PLS 3.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi memiliki hubungan atau pengaruh positif terhadap pemilihan destinasi syariah dan pemenuhan akomodasi syariah. Pemilihan destinasi syariah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan Muslim. Pemenuhan akomodasi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan Muslim. Kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan Muslim.

ABSTRACT
The aim of this research is to reveal the influence of Muslim rsquo s tourist motivation toward the selection of their sharia destination and the fulfilment of sharia accommodation, to know the influence of the destination and the sharia accommodation toward Muslim rsquo s tourist satisfaction and also the influence of the satisfaction toward Muslim rsquo s tourist loyalty. This research uses a quantitative approach, 250 respondents of Muslim rsquo s tourist in Indonesia participate in this research. Questionnaires with closed questions has been used as data collection techniques to assess the relationship between motivation, sharia destination, accommodation, satisfaction, and loyalty of Muslim rsquo s tourist. The analytical method PLS SEM Partial Least Square Structural Equation Modeling of software smart PLS 3.0 used to process the analysis. The result of this study indicates that motivation has a positive relationship with the selection of sharia destinations and the fulfillment of the sharia accommodation. The selection of sharia destinations significantly has a positive influence toward the loyalty of Muslim rsquo s tourist. The fulfillment of the accommodation does not have a positive and significant influence toward Muslim rsquo s tourist satisfaction. Satisfaction significantly has a positive influence toward the loyalty of Muslim rsquo s tourist. "
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilisa Fajriyati
"Agar dapat menyediakan pariwisata ramah-Muslim serta menarik wisatawan Muslim sebagai target utama, pemasar destinasi tidak hanya harus mempertimbangkan atribut umum (generik) yang tersedia pada destinasi, namun mereka juga harus memastikan ketersediaan atribut yang dapat mengakomodir kebutuhan wisatawan Muslim, yaitu atribut Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan atribut generik dan Islam kedalam basic, performance dan excitement factors sesuai dengan three-factor theory of customer satisfaction yang disebutkan dapat memiliki dampak yang berbeda terhadap kepuasan wisatawan. Selanjutnya, penelitian ini menguji pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap kepuasan wisatawan dan konsekuensinya pada behavioral dan attitudinal loyalty serta konsekuensi negatif pada complaint dan churn intention. Selain itu, pengujian juga dilakukan terhadap pengaruh moderasi religiusitas Islam pada hubungan antara atribut Islam dan kepuasan wisatawan. Survei dilakukan dengan total sampel 835 wisatawan Muslim yang mengunjungi destinasi mayoritas non-Muslim dan destinasi mayoritas Muslim.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan antara destinasi mayoritas non-Muslim dan destinasi mayoritas Muslim terletak pada anteseden pembentuk kepuasan (dalam penelitian ini atribut-atribut destinasi yang terdiri dari atribut generik dan atribut Islam). Sementara konsekuensi dari kepuasan tersebut ditemukan sama dikedua jenis destinasi. Untuk destinasi mayoritas non- Muslim, semua atribut generik ditemukan berpengaruh pada kepuasan wisatawan, dilain sisi untuk atribut Islam, hanya klasifikasi dari excitement factor yang secara signifikan mempengaruhi kepuasan mereka. Sedangkan untuk destinasi mayoritas Muslim, dari atribut generik ditemukan performance dan excitement factor serta basic factor dari atribut Islam yang berpengaruh pada kepuasan wisatawan. Konsekuensi kepuasan wisatawan pada kedua destinasi ditemukan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada behavioral dan attitudinal loyalty serta secara negatif mempengaruhi complaint dan churn intention. Hasil penelitian juga menemukan bahwa efek moderasi dari religiusitas tidak signifikan di kedua jenis destinasi. 

To provide Muslim-friendly tourism and attract Muslim tourists as the main target, destination marketers must not only consider the generic attributes commonly available at the destination, they must also ensure the availability of attributes that serve the needs of Muslim tourists: Islamic attributes. This study identifies and classifies generic and Islamic attributes as basic, performance, and excitement factors in accordance with the three-factor theory of customer satisfaction to emphasise that the three factors may have different impacts on tourist satisfaction. This study also examines the influence of the three factors on satisfaction and the consequences of satisfaction on tourist behavioral and attitudinal loyalty, also the negative consequences on complaint and churn intention. The moderation effect of Islamic religiosity on the relationship between Islamic attributes and tourist satisfaction was also considered. A survey was conducted with total 835 Muslim tourists who visited non-Muslim and Muslim majority destinations.
The result of this study showed that the difference between non-Muslim majority destinations and Muslim majority destinations lies in the antecedents that forming satisfaction (in this study the destination attributes that consist of generic and Islamic attributes). While the consequences of satisfaction are found to be the same in both types of destinations. For the non-Muslim majority destinations, the results showed that all generic attributes influenced Muslim tourists satisfaction, whereas for Islamic attributes, only the classification of excitement factors significantly affected their satisfaction. For Muslim majority destinations, the generic performance and excitement factors as well as the Islamic basic factors were found to influence tourist satisfaction. The consequences of tourist satisfaction in both types of destinations have a positive and significant effect on increasing tourists behavioral and attitudinal loyalty and negatively influenced complaint and churn intention. Likewise, the moderation effect of Islamic religiosity was insignificant in both destinations. 
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zarra Isyana
"Bandar udara sudah melakukan transformasi bisnis, dari yang dulunya hanya berfokus pada penyediaan fasilitas publik menjadi multi jasa yang berfokus pada kenyamanan penumpang pesawat udara dengan menghadirkan berbagai aktivitas, layanan, proses, dan teknologi yang pada akhirnya mampu menciptakan airport experience bagi penumpang. Oleh sebab itu, manajemen bandara mulai menerapkan konsep airport experience melalui penciptaan pengalaman yang diinginkan penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor airport experience terhadap kepuasan penumpang dan niat mereka untuk mengunjungi kembali (revisit intention), serta menyebarkan informasi positif dari mulut ke mulut (positive word of mouth). Data penelitian didapatkan dari enam ratus tujuh puluh responden penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta. Data tersebut dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structure Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa security, airport facilities, serviscape, sense of place, finding way, dan check in memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan penumpang. Selain itu, kepuasan penumpang juga mempengaruhi secara positif niat mereka untuk mengunjungi kembali (revisit intention), serta menyebarkan informasi positif dari mulut ke mulut (positive word of mouth).

The airport has undergone a business transformation, from its previous focus solely on providing public facilities to becoming a multi-service provider by offering various activities, services, processes, and technologies that ultimately create an airport experience for passengers. As a result, airport management has begun implementing the concept of airport experience through the creation of desired passenger experience. The objective of study is analyse the factors of airport experience and its influence on passenger satisfaction, revisit intention, and positive word of mouth. A quantitative research approach was employed, and primary data collected from sample of 670 passengers at Yogyakarta International Airport through the use of online questionnaires. The research hypothesis tested using Structural Equation Modeling to determine whether the various factors related to airport experience have a positive influence on passenger satisfaction. The findings of the study indicate that security, airport facilities, serviscape, sense of place, finding way, and check-in have a positive influence on passenger satisfaction. Furthermore, passenger satisfaction also positively influences their intentions to revisit and their likelihood of spreading positive word-of-mouth information."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>