Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 93712 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Puguh Siswantoro Sudewo
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai perhitungan karakteristik dinamik pesawat N-245 matra lateral direktional, yang masih dalam tahap perancangan, guna menentukan sikap pesawat udara dalam beberapa kondisi terbang. Perhitungan ini dilakukan dengan tujuan akhir untuk memperkirakan apakah pesawat stabil dalam berbagai kondisi terbang dan juga akan dibandingakan dengan data hasil uji terowongan angin yang akan dilakukan di kemudian hari. Nilai-nilai turunan kestabilan dinamik yang dicari pada penelitian ini antara lain adalah nilai Cyp, Clp, Cnp, Cyr, Clr, Cnr, CydA, CndA, CldA, Cydr, Cndr, Cldr. Nilai-nilai turunan kestabilan dinamik tersebut dicari menggunakan perangkat lunak software Vortex Lattice Aerodynamics VLAERO dan menggunakan data dari pesawat N-230 sebagai pesawat pembandingnya. Vv hasil rekomendasi berdasarkan perhitungan memiliki nilai 0.21 lebih besar dari pada Vv pesawat pembandingnya.

ABSTRACT
This research will discuss about dynamic stability derivative estimation of N 245 aircraft so that we can know how the aircraft behave in various possible flight conditions. The goal of this estimation is to define whether the aircraft is stable or not in various possible flight conditions, and the data will be compared with the data that the company get from testing N 245 in the wind tunnel in the future days. The variables of aircraft dynamic stability derivative calculated in this research are Cyp, Clp, Cnp, Cyr, Clr, Cnr, CydA, CndA, CldA, Cydr, Cndr, Cldr. The variables of aircraft dynamic stability derivative calculated with the help of software named Vortex Lattice Aerodynamics VLAERO , and using N 235 configuration as a comparable units. Recomended Vv that just been calculated on this paper have more 0.21 more value than the comparable Vv from N 235."
2017
S68539
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Mauludin
"ABSTRACT
Skripsi ini membahas tentang pengujian kestabilan pesawat N245 yang dipengaruhi koefisien volume ekor pesawat dengan pusat gravitasinya. Proses dari penelitian ini adalah memprediksi bagaimana data aerodinamika pesawat N245 dengan menggunakan perangkat lunak VLAERO. Kemudian dilakukan proses perhitungan analitik dengan metode kestabilan pada kondisi tertentu sehingga mengetahui seberapa jauh pergeseran pusat gravitasi pada koefisien volume referensi koefisien volume CN-235 sehingga dalam kondisi terbang tertentu pesawat N245 masih mendukung kestabilan longitudinal serta mengetahui apakah koefisien volume ekor pesawat N245 harus dimodifikasi sehingga luas ekor pesawat harus diubah dari luas ekor pesawat referensi. Hasil yang didapatkan yaitu berupa plot grafik VH dengan ukuran ekor minimum mencapai 0,98575436 dengan toleransi 70 dari flap maksimum.

ABSTRACT
This thesis discusses the testing of aircraft stability N245 influenced aircraft with tail volume coefficient of the Centre of gravity. The process of this research is to predict how aircraft aerodynamics N245 data using VLAERO software. Analytic calculation process is done by the method of stability on certain conditions so as to find out how far the shifting Center of gravity on a reference volume coefficient coefficient of volume of CN 235 so that in conditions of certain aircraft flying N245 longitudinal stability still support as well as find out if the plane tail volume coefficient should be modified so that broad N245 tailplanes had to be changed from wide reference aircraft tail. The results are obtained, namely in the form of plot graphs with minimum tail size VH reached 0.98575436 with tolerance of 70 of the maximum flap."
2017
S68540
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amsterdam: North-Holland Publishing, 1976
512.7 LAT
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Vortex methods have emerged as a new class of powerful numerical techniques to analyze and compute vortex motion. This book addresses the theoretical, numerical, computational, and physical aspects of vortex methods and vortex motion. Vortex phenomena in fluid flows and the experimental, theoretical, and numerical methods used to characterize them are discussed in reviews by leading experts. Extensive photographs and sample computer graphics are provided.
The development of large vortex structure in fluid flow is responsible for some of the most fascinating aspects of fluid dynamics, such as mixing, shearing, transport, and instability. Such issues arise in a variety of flow regimes, ranging from fundamental mathematical questions in laminar, transitional, and turbulent flow to sophisticated engineering settings and devices."
Philadelphia: Society for Industrial and Applied Mathematics, 1991
e20448564
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Gratzer, George
New York: Academic Press, 1978
512.7 GRA g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Philadelphia, Pennsylvania: Society for Industrial and Applied Mathematics (SIAM), 1991
532.059 VOR
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sinuraya, Muhammad Ridho Ade Putra
"Sekarang ini kegunaan bahan bakar suplemen meningkat disebabkan oleh meningkatnya harga bahan bakar yang berasal dari fosil (minyak dan gas). Pada mesin diesel, bahan bakar tambahan tidak dapat langsung ditambahkan pada bahan bakar diesel . Vortex Mixer adalah sebuah alat untuk mengatur banyaknya suplai bahan bakar tambahan dan juga mencampurnya secara merata sebelum campuran tersebut masuk ke ruang pembakaran.
Eksperimen ini dilakukan untuk menganalisa karakteristik aliran udara setelah melewati Vortex Mixer dan menganalisa performa pencampuran. Eksperimen ini juga akan membuktikan bahwa Vortex Mixer ini mempercepat jarak yang dibutuhkan untuk mencampur bahan bakar suplemen dengan suplai udara. Untuk mencapai maksud tersebut dilakukan analisa dari profil kecepatan dan temperatur dari aliran setaleh melewati Vortex Mixer. Vortex mixer diuji coba dalam wind tunnel. Semua kondisi, seperti kecepatan wind tunnel dan temperatur dari Heat Gun, diatur untuk mensimulasikan kondisi kerja dari mesin diesel enam liter dan empat tak."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S38078
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Paskal Prasetya
"Manufaktur aditif, melalui perkembangan dan penyebarannya, telah memungkinkan kebebasan yang lebih besar dalam hal desain komponen dan kemudahan untuk menguji desain tersebut. Elemen umum yang digunakan dalam desain untuk manufaktur aditif adalah mengubah geometri padat menjadi bentuk berongga dengan struktur lattice internal untuk mempertahankan kekakuan dan kekuatan bentuk awal. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah metode optimalisasi struktur lattice pada komponen yang dikenai beban, dengan tujuan meminimalisasi volume material yang digunakan serta stres yang dialami oleh komponen tersebut. FEA digunakan untuk menentukan kepadatan dari lattice pada area tertentu, menambahkan material ke area yang mengalami stres tinggi dan menguranginya pada area yang mengalami stres rendah. Kerangka ini diuji pada batang yang mengalami beban lentur. Perbandingan kemudian dilakukan dengan struktur lattice berbentuk seragam.

Additive manufacturing has, through its development and proliferation, allowed for greater degrees of freedom when it comes to the design of components and ease at which to test said designs. A common element used in designing for additive manufacturing is turning a solid geometry into one that is hollow with an internal lattice structure to maintain stiffness and strength. This study aims to develop a method of optimizing the lattice structure of a component under load, aiming to minimize both volume of material used as well as stress experienced by the component. FEA is used to determine the relative density of the lattice at a given area, adding material to areas of high stress and removing it in areas of low stress. This framework is tested on a beam that is experiencing a bending load. A comparison is then made to a lattice structure of uniform shape."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safrial Dwiky Darmawan
"ABSTRAK
Penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh variasi frekuensi dan
bentuk gelombang pada pembentukan cincin vorteks oleh aktuator jet sintetik.
Variasi frekuensi yang digunakan dalam percobaan yaitu 80 Hz sampai dengan 200
Hz, sedangkan variasi bentuk gelombangnya adalah bentuk gelombang sinusoidal,
square, dan triangle. Bentuk cavity dari aktuator adalah kerucut dengan diameter
orifis 3mm, 5mm, dan 8mm. Kriteria pembentukan cincin vorteks yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kriteria yang dipublikasikan oleh Ryan Holman dkk
untuk jet sintetik 2 dimensi yaitu 1⁄𝑆𝑟 = 𝑅𝑒⁄𝑆2 > 1. Pengambilan data
eksperimen dilakukan pada mulut orifis (𝑥⁄𝐷 = 0 dan 𝑦⁄𝐷 ≈ 0) dengan
menggunakan Constant Temperature Anemometer (CTA) dengan data rate 60,000
data dalam 2 detik. Sedangkan data simulasi diperoleh dengan menggunakan
software Fluent 6.2.36 dengan menggunakan model turbulensi Reynolds Stress
Model. Dari data yang diperoleh kemudian diolah untuk dimasukkan dalam kriteria
pembentukan cincin vorteks. Dari hasil pengolahan data, diddaptkan rentang
frekuensi optimum serta bentuk gelombang yang paling baik untuk aktutor jet
sintetik dalam pembentukan cincin vorteks.

ABSTRACT
This study will discuss the influence of variations in frequency and
waveform on the formation of vortex rings by synthetic jet actuators. Excitation
frequency variation used in the experiment is 20 Hz to 200 Hz, with a variation of
the waveform is sinusoidal, square, and triangle. The shape of the actuator?s cavity
is conical with orifice diameter of 3mm, 5mm and 8mm. Criteria for the formation
of vortex rings used in this study are the criteria published by Ryan Holman et al
for 2 dimensional synthetic jet 1/Sr = Re/S ^ 2> 1. The study was conducted
premises using experimental and computational methods. Experimental data is
capured on the mouth of the orifice (x/D = 0 and y/D≈0) using the Constant
Temperature Anemometer (CTA) with a data rate of 60,000 data in 2 seconds.
While the simulation data obtained using Fluent software 2.6.36 by using Reynolds
Stress Model as the turbulence model. Data which have obtained is then processed
for inclusion in the criteria for the formation of vortex rings. From the data
processing, obtained optimum frequency range and waveform for the synthetic jet
actuator in the formation of vortex rings.;;"
2016
S65426
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
McCormack, Percival
"The subject of this book is the physics of vortices. A detailed analysis of the dynamics of vortices will be presented. The important topics of vorticity and molecular spin will be dealt with, including the electromagnetic analogy and quantization in superfluids. The effect of molecular spin on the dynamics of molecular nano-confined fluids using the extended navier-stokes equations will also be covered, especially important to the theory and applicability of nanofluidics and associated devices. The nanoscale boundary layer and nanoscale vortex core are regions of intense vorticity (molecular spin). It will be shown, based on molecular kinetic theory and thermodynamics, that the macroscopic (solid body) rotation must be accompanied by internal rotation of the molecules. Electric polarization of the internal molecular rotations about the local rotation axis, the Barnett effect, occurs. In such a spin aligned system, major changes in the physical properties of the fluid result.
"
New York: Springer, 2012
e20421030
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>