Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177201 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aldy Syahrihaddin Hanifa
"Analisis kalkulasi teori dan eksperimen dari sandwich material yang digunakan pada kapal tenaga surya dibutuhkan untuk memenuhi nilai kekuatan kapal. analisis perhitungan global hull girder loads atau panel under global loads laminate buckling, maximum stress in each layer, dan combined stress digunakan untuk menentukan nilai kekuatan kapal. Pada penelitian ini, mechanical properties dari facing laminate dan sandwich material dengan menggunakan metode pembuatan VARTM-Vacuum Infusion akan di investigasi nilainya.
Analisis dari hasil eksperimen akan digunakan sebagai referensi untuk menetukan kekuatan kapal. Hasil eksperimen menunjukkan rata-rata nilai tensile modulus 20,4004 GPa dengan standar deviasi 3,55303 GPa dan analisis perhitungan teori sebesar 54,9905 GPa. Rata-rata nilai dari flexural modulus adalah sebesar 21261,8 N/mm2 dengan standar deviasi 2301,17 N/mm2 dan analisis perhitungan teori sebesar 26833,5 N/mm2. Kekuatan kapal dari kapal tenaga surya telah sesuai dengan peraturan yang telah dikeluarkan oleh badan klasifikasi Bureau Veritas.

Experiment and theories analyses of sandwich materials that used in design of a solar powered boat are required to fully the hull strength of the boat. Rule analysis of global hull girder loads or panel under global loads laminate buckling, maximum stress in each layer, and combined stress will be used for determine the hull strength of the boat. In this research, the mechanical properties of facing laminate and sandwich material of VARTM Vacuum Infusion were investigated. Analysis of the results of the experiment will be used as a reference to perform the hull strength calculations.
From the experiment, obtained an average tensile modulus 20,4004 GPa with standard deviation 3,55303 GPa and analysis calculation for the tensile modulus value is 54,9905 GPa. Average flexural modulus 21261,8 N mm2 with standard deviation 2301,17 N mm2 and analysis calculation for the flexural modulus value is 26833,5 N mm2. The hull strength of a solar powered boat are compile with the Bureau Veritas classification rules."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S67493
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Emerald Amal Furqon
"Indonesia sebagai negara ke-2 di dunia dalam menyumbang sampah plastik ke lautan. Dengan tingkat daur ulang pastik hanya sebesar 11,83% tiap bulannya di pulau dengan populasi terpadatnya. Dalam upaya mengatasi masalah ini, penelitian ini fokus pada pemanfaatan HDPE daur ulang sebagai bahan baku pembuatan kapal. Dengan melakukan pengujian material untuk mendapat nilai mechanical properties dan pengujian menggunakan software, penelitian ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian HDPE daur ulang sebagai material kapal berdasarkan pedoman dari IRClass. HDPE yang digunakan menggunakan metode manufaktur compression moulding. Sebagai hasil, didapatkan nilai Yield Strength sebesar 15.2 MPa, Ultimate Tensile Strength sebesar 20 MPa, Flexural Strength sebesar 27 MPa, dan Modulus elastisitas sebesar 429.60 MPa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengolahan limbah plastik untuk dijadikan kapal kecil di Indonesia.

Indonesia, as the world's second-largest contributor of plastic waste to the oceans, faces a recycling rate of only 11.83% per month in its most populous island. To address this issue, this research focuses on the utilization of recycled High-Density Polyethylene (HDPE) as a raw material for small boat construction. By conducting material testing to obtain mechanical property values and using software simulations, this study aims to ensure the suitability of recycled HDPE as a boat material based on the guidelines from IRClass. HDPE is manufactured using the compression molding method. The obtained results include a Yield Strength of 15.2 MPa, Ultimate Tensile Strength of 20 MPa, Flexural Strength of 27 MPa, and Elastic Modulus of 429.60 MPa. The findings of this research are expected to contribute to improving plastic waste management by utilizing recycled HDPE for small boat production in Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusro Fahmi
"Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Dari paling ujung barat yaitu Sabang sampai ujung timur yaitu Marauke. Perkembangan transportasi laut sangat penting untuk Indonesia. Akan tetapi, transportasi laut menjadi salah satu kontribusi terbesar dalam efek gas rumah kaca terutama penggunaan bahan bakar fossil pada kapal. Perancangan kapal bertenaga matahari bisa menjadi solusi hal tersebut. Energi matahari tidak menghasilkan emisi, hal tersebut menjadikan energi matahari sebagai alternatif energi yang ramah lingkungan. Secara geografis, Indonesia berada di garis khatulistiwa dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Dengan kondisi geografis Indonesia yang mendukung dan intensitas matahari yang cukup tinggi, pemanfaatan energi surya ini sangatlah potensial. Salah satu cara pemanfaatan energi surya adalah pengaplikasiannya kepada kapal. Kapal tenaga surya dapat menjadi daya tarik tersendiri bila di desain secara baik. Dengan kapal ini kita juga dapat memberikan pembelajaran kepada masyarakat tentang penggunaan tenaga surya. Kapal ini juga dapat menjadi kapal percontohan untuk terbentuknya proyek-proyek besar kapal tenaga surya lainnya. Dengan memanfaatkan Danau Salam yang berada di komplek Kampus Universitas Indonesia Depok, dan dekat dengan Restoran Gubuk Mang Engking, tim penulis bertujuan untuk menciptakan konsep desain dari kapal restoran bertenaga. Penelitian kali ini difokuskan pada desain kapal, stabilitas, kekuatan bangunan atas dan estimasi biaya lambung kapal.

Indonesia is the largest archipelagic country in the world consisting of 17,504 islands. From the most western tip of Sabang to the eastern tip of Marauke. The development of sea transportation is very important for Indonesia. However, sea transportation is one of the biggest contributions to the greenhouse gas effect, especially the use of fossil fuels on ships. The design of solar powered vessels can be a solution to that. Solar energy does not produce emissions, it makes solar energy as an environmentally friendly alternative energy. Geographically, Indonesia is on the equator with high light intensity. Given Indonesia 39 s favorable geographical conditions and high solar intensity, the utilization of solar energy is very potential. One way of utilizing solar energy is its application to ships. Solar ship can be a special attraction when designed properly. With this ship we can also provide learning to the community about the use of solar power. This ship can also be a pilot vessel for the formation of large projects of other solar powered vessels. By leveraging Lake Salam located in the campus complex of Universitas Indonesia Depok, the writer team aims to create a solar powered restaurant design concept that emphasizes the environmental, functional, safety, and convenience aspects of the tour ship. The current study focused on ship design, stability, superstructure building strength and estimated hull costs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Januar Diniarto
"Penelitian kekuatan material laminasi untuk lambung kapal pinisi adalah sebuah pembahasan ilmiah yang menarik untuk mendapatkan material alternatif yang baru yang dapat diaplikasikan untuk lambung kapal pinisi. Dengan metode laminasi ini sangat memungkinkan sebagai pengganti kayu, karena dengan laminasi, selain memiliki kekuatan yang lebih baik dan mudah didapat juga harga yang lebih murah dibandingkan kayu. Dengan pertimbangan material laminasi ini masih jarang digunakan pada kapal, maka diperlukan pengujian terhadapat material tersebut. Penelitian kali ini dilakukan untuk melihat karakteristik mekanik dan mengevaluasi penggunaan material laminasi.
Adapun uji yang dilakukan meliputi uji tarik dan uji lentur yang di uji di laboratorium untuk melihat kekuatan tarik, modulus tarik, kekuatan lentur dan modulus lenturnya. Hasil Pengujian dari pengujian tarik didapat nilai tensile strength kayu laminasi 7,316 MPa, fiber laminasi 93,9167 MPa dan bambu laminasi 56,583 MPa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa material laminasi yang memiliki nilai terdekat dengan nilai yang ada pada peraturan BKI dan Germanisher Lloyd adalah fiber laminasi.

The research strength of laminated material for hull pinisi is an interesting scientific discussion to get a new alternative materials that can be applied to the hull pinisi. With lamination method is very possible as a substitute for wood, due to the lamination, in addition to having a better strength and easy to obtain also the prices are cheaper than wood. With consideration of these laminate materials are rarely used on ships, the required testing terhadapat material. Research time was carried out to see the mechanical characteristics and evaluate the use of laminated materials.
The test was conducted on the tensile and bending tests in the laboratory test to see tensile strength, tensile modulus, flexural strength and bending modulus. The test results obtained from tensile testing tensile strength values of wood laminate is 7.316 MPa, fiber laminate is 93.9167 MPa and bamboo laminate 56.583 MPa. The test results showed that the laminate material that has a value closest to the existing value in the BKI regulations and Germanisher Lloyd is fiber laminate.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S52166
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ganesha
"Komposit sandwich telah banyak digunakan pada rancang bangun struktur ringan karena memiliki perbandingan strength to weight yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat mekanik komposit sandwich woven S-glass dengan matiks epoxy dan inti honeycomb polypropylene. Bahan komposit dibuat dengan metoda hand lay-up dan dilanjutkan dengan vacuum bagging. Uji tekan serta uji tekuk dilakukan untuk mengetahui kekuatan mekanik,, pengamatan dengan Scanning Electron Microscope dilakukan untuk mengetahui kerusakan material komposit sandwich sesudah uji mekanik.
Hasil penelitian ini menunjukkan komposit sandwich 0/90/PP/0/90 memiliki sifat mekanik yang lebih baik dibandingkan komposit sandwich 45/-45/PP/0/90, yaitu memiliki kekuatan tekan, kekuatan tekuk, kekuatan geser inti, dan flexural stiffness secara berurutan sebesar (2.21 ± 0.33) MPa, (97.90 ± 0.56) MPa, (0.28 ± 0.02) MPa, (9.63 ± 0.47) × 106 Nmm2.

Sandwich composites have been used for light weight structures because the materials have high strength to weight ratio. The purpose of this research was to determine the mechanical properies of woven S-glass with epoxy matrix and honeycomb polypropylene core sandwich composites. The materials were fabricated using a hand lay-up and followed by a vacuum bagging method. Compressive and flexural tests were carried out to study the mechanical properties and the fracture surfaces were observed using Scanning Electron Microscope.
The test results showed that 0/90/PP/0/90 sandwich composites had a better mechanical properties than 45/-45/PP/0/90 sandwich composites, with compressive strength, flexural strength, core shear stress and flexural stiffness were (2.21 ± 0.33) MPa, (97.90 ± 0.56) MPa, (0.28 ± 0.02) MPa, (9.63± 0.47) × 106 Nmm2 respectively.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S55234
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Hadyan Pandyashani
"Komposit sandwich merupakan material yang mempunyai potensi tinggi dalam aplikasi rancang bangun struktur ringan karena memiliki perbandingan strength to weight yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mencari sifat mekanik dari komposit sandwich dengan kulit kombinasi serat woven S-glass dan epoxy dan inti dari polyurethane foam. Material dibuat menjadi dua jenis orientasi S-glass yang berbeda yaitu 0°/90°/PU/0°/90 dan 0°/90°/PU/-45°/+45°. Material dibuat dengan menggunakan metode hand lay up dan vacuum bagging. Uji mekanik yang dilakukan adalah uji tekuk dan uji tekan arah edgewise. Penelitian ini memberikan hasil bahwa komposit sandwich jenis 0°/90°/PU/0°/90 memiliki sifat mekanik yang lebih baik dibandingkan dengan jenis 0°/90°/PU/-45°/+45°, dengan nilai kekuatan geser inti (74,38 ± 3,55) kPa, nilai kekuatan tekuk (1,22 ± 0,02) MPa, dan nilai kekuatan tekan (222,96 ± 8,98) kPa, serta kerusakan patahan pada citra SEM.

Sandwich composite is a material with high potential in light weight structure because of high strength to weight ratio. Research was done to find the mechanical properties of sandwich composite with S-glass and epoxy combination skin and polyurethane foam core. The sample is divided into two different S-glass orientation, 0°/90°/PU/0°/90 and 0°/90°/PU/-45°/+45°. The sample was made by hand lay up and vacuum bagging method. Flexural test and edgewise compressive test were used to determine the mechanical properties of the sample. From the result of the mechanical test, we know that sandwich composite 0°/90°/PU/0°/90 has a better mechanical properties than 0°/90°/PU/-45°/+45°, with (74,38 ± 3,55) kPa core shear stress, (1,22 ± 0,02) MPa facing bending stress, and (222,96 ± 8,98) kPa facing compressive stress, also with a fracture in SEM image."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015
S60039
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuanita Meilani
"Komposit sandwich merupakan salah satu material yang berpotensi untuk diterapkan sebagai material penyusun rancang bangun struktur ringan. Telah dilakukan penelitian mengenai sifat mekanik pada komposit sandwich woven S-glass/epoxy dengan inti Polyvinyl chloride foam. Komposit sandwich, yang terdiri dari dua jenis yaitu 00/900/PVC/00/900 dan 00/900/PVC/-450/450, dibuat dengan menggunakan metode hand lay-up, diikuti dengan metode vacuum bagging. Pengukuran massa jenis, pengujian mekanik berupa uji tekuk tiga titik dan uji tekan untuk mengetahui sifat mekanik komposit sandwich ini, serta pengamatan kerusakan menggunakan Scanning Electron Microscope dilakukan. Didapatkan massa jenis yang relatif kecil untuk kedua komposit sandwich, yaitu (0.20 ± 0.01) gr/cm3 dan (0.21 ± 0.01) gr/cm3. Sifat mekanik terbaik didapatkan pada komposit sandwich 00/900/PVC/00/900 dengan kekuatan tekuk, kekuatan geser, dan kekuatan tekan sebesar (51.04 ± 2.49) MPa, (0,39 ± 0.02) MPa dan (4.79 ± 0.12) MPa. Moda kegagalan yang terjadi adalah indentation dan buckling dengan kerusakan pada kulit dan inti.

Sandwich composites are materials that have potential to be used in lightweight structure design. A research on the mechanical properties of a woven S-glass/epoxy sandwich with polyvinyl chloride foam core has been done. The sandwich composites were classified into two types, 00/900/PVC/00/900 and 00/900/PVC/-450/450 and were manufactured with hand lay-up method, followed by vacuum bagging method. Density measurement, three-point bending test, edgewise compression test, and failure observation with Scanning Electron Microscope (SEM) were conducted. Relatively small densities were achieved for these two sandwich composites, (0.20 ± 0.01) gr/cm3 and (0.21 ± 0.01) gr/cm3. The best mechanical properties were obtained in sandwich composite 00/900/PVC/00/900 , with flexural strength, core shear strength, and compression failure stress of (51.04 ± 2.49) MPa, (0,39 ± 0.02) MPa, and (4.79 ± 0.12) MPa. Mode of failure that occured is indentation and buckling with damage to the skin and core."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S57079
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mustasyar Perkasa
"Kapal pelat datar merupakan salah satu bentuk kapal alternatif yang dapat memberikan kemudahan dalam proses perakitan. Tetapi, kapal pelat datar memiliki kekurangan pada sambungan lasan yang bertemu pada suatu titik dimana rawan terjadi kebocoran yang diakibatkan tegangan tinggi pada daerah hasil pengelasan. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian mengenai cara penanggulangan terhadap masalah sambungan las yang bertemu pada satu titik. Salah satu ide yang berkembang saat ini yakni penambahan diamond plate dan circular plate dimana untuk mengetahui berapa besar pengaruh penambahan diamond plate dan circular plate maka dilakukan analisa dengan metode finite element analysis (FEA) dan eksperimental.
Metode yang digunakan yaitu dengan menganalisa kekuatan, kekerasan, pengujian struktur mikro dan makro untuk mengetahui kekuatan dan perubahan struktur dari logam setelah pengelasan. Hasil dari pengujian kemudian dijadikan input pada perangkat lunak FEA untuk kemudian dianalisa dan diverifikasi dengan hasil simulasi pengujian tekuk (bending test) dengan benda uji yang sesuai dengan model simulasi. Dari hasil simulasi dan eksperimental didapatkan bentuk diamond plate yang berukuran 60x60 mm dengan ketebalan 6mm yang ideal untuk diterapkan pada kapal pelat datar.

Flat-plated vessel is one of the alternative vessel shapes that can provide convenience in the assembly process. However, the flat-plated vessel has weakness in the welding joints that meet at a point which is prone to leak caused by maximum stress in the welded areas. Therefore, a study is required to seek the ways to solve the problem of welding joints which meet at one point. One of the recently developing ideas is the addition of diamond and circular plates. In order to find out the effect of the addition of diamond and circular plates, an analysis using finite element analysis (FEA) and experimental methods was conducted.
The methods are analyzing strength, hardness, micro and macro structure testing to determine the strength and changes of structure of the metal after welding. The results of the testing then became input to the FEA software for further analysis and verification with bending test simulation result of the specimen in accordance with the simulation model. The simulation and experiment resulted in the form of diamond plate 60x60 mm with a thickness of 6 mm which is ideal to be applied to flat-plated vessel.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34810
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Azzahra Berlianty
"Prosthesis merupakan alat kesehatan yang memiliki tujuan untuk mengembalikan fungsi dari bagian tubuh yang hilang secara normal. Di indonesia, bahan socket prosthesis yang sering digunakan adalah komposit berpenguat serat sintesis yang memiliki beberapa permasalahan dalam pemanfaatannya seperti harganya yang mahal dan tidak ramah lingkungan. Penggunaan serat rami dapat menjadi alternatif penguat pada komposit socket prosthesis karena mengandung serat selulosa dengan kekuatan mekanis yang baik dan terbarukan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan penyusun komposit. Penambahan carbon nanotube (CNT) pada komposit diketahui melalui banyak penelitian dapat meningkatkan sifat mekanik. Penelitian ini bertujuan memperoleh pengaruh susunan serat terhadap kekuatan dari komposit serat rami-CNT untuk pemanfaatan socket prosthesis. Jumlah CNT pada komposit divariasikan sebesar 0% dan 0,5% dari berat komposit. Bentuk serat yang digunakan adalah bentuk chopped strand, chopped strand mat, woven rovings. Pembuatan komposit dilakukan dengan vacuum infusion process sehingga minim udara yang terjebak. Untuk serat, perlakuan alkaline treatment dilakukan pada serat untuk menghilangkan pengotor yang menutupi selulosa dari permukaan, dan perlakuan silane coupling agent untuk meningkatkan ikatan serat dengan matriks. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini Kekuatan Tarik komposit dipengaruhi oleh susunan seratnya di mana woven rovings mempunyai kekuatan Tarik tertinggi sebesar 3.9 MPa, diikuti Chopped Strand sebesar 2.94 MPa, dan Ramie Mat 1.96 MPa, sedangkan untuk komposit tanpa serat didapat kekuatan Tarik sebesar 10.79 MPa. Untuk kekuatan tekuk peningkatan terjadi seiring penambahan kompleksitas susunan serat, Dimana serat Woven Rovings dan fiber mat relative dengan susunan serat chopped strand sederhana sebesar 13% dan 35%.

Prosthesis is a medical device that has the goal of restoring the function of a lost body part normally. In Indonesia, the material for prosthesis sockets that is often used is synthetic fiber reinforced composites which have several problems in their utilization such as being expensive and not environmentally friendly. The use of hemp fiber can be an alternative reinforcement for composite socket prosthesis because it contains cellulose fiber with good mechanical strength and is renewable so that it can be used as a composite building material. The addition of carbon nanotubes (CNT) to composites is known through many studies to improve mechanical properties. This study aims to obtain the effect of the buckling strength of the hemp-CNT fiber composite for the utilization of socket prosthesis. The amount of CNT in the composite was varied by 0% and 0.5%. The form of fiber used is the form of chopped strand, chopped strand mat, woven rovings. To avoid the occurrence of voids that can affect the mechanical strength of the material, the manufacture of composites is carried out using a vacuum infusion process so that minimal air is trapped. For fiber, an alkaline treatment is carried out on the fiber to remove impurities covering the cellulose from the surface, which is then treated with a silane coupling agent to increase fiber bonding with the matrix. The results obtained from this study, Tensile Strength is influenced by the composition of the fibers where woven rovings have the highest tensile strength of 3.9 MPa, followed by Chopped Strand of 2.94 MPa, and Ramie Mat 1.96 MPa, while for composites without fiber obtained a tensile strength of 10.79 MPa. For the bending strength, the increase occurred with the addition of the complexity of the fiber arrangement, where Woven Rovings and fiber mat relative to the simple strand chopped fiber arrangement of 13% and 35%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edwin Olaf Julian
"Riset tentang material alternatif dalam pembangunan badan kapal merupakan topik yang menarik untuk dikaji. Penggunaan material besi atau baja pada pembangunan badan kapal yang telah umum digunakan dapat mengakibatkan terjadinya korosi dalam jangka waktu tertentu serta memiliki biaya pemeliharaan yang cukup tinggi. Salah satu riset yang telah berkembang yaitu penggunaan komposit dalam pembangunan badan kapal menggunakan serat alam. Dengan ketersediaan di alam yang melimpah,dapat diperbaharui, memiliki ketahanan terhadap korosi, dan memiliki biaya pemeliharaan yang rendah diharapkan komposit berpenguat serat alam dapat menjadi bahan alternatif dalam pembangunan badan kapal.
Penelitian kali ini dilakukan untuk melihat karakteristik mekanik dan mengevaluasi penggunaan komposit berpenguat serat alam dengan beberapa lapis (laminar). Serangkaian pengujian antara lain uji tarik dan uji lentur untuk mengetahui kekuatan tarik, modulus tarik, kekuatan lentur, dan modulus lenturnya pada komposit 4 lapis dengan orientasi [00/900] dan 6 lapis dengan orientasi [-450/450].
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara banyaknya jumlah lapisan dengan modulus young. Hasil dari pengujian juga menunjukkan bahwa komposit abaka dengan beberapa lapisan masih memiliki nilai di bawah standar yang telah ditetapkan oleh peraturan BKI dan Llyod Register.

Research of alternative materials for ship hull construction purposes is an interesting subject to study. Application of steel material for ship hull building which commonly usage has a result corrosions in certain time including high maintenance cost. One of the developed research that is application of natural fibre for ship hull construction. Availability in nature with abundant, renewable, and also have a resistant to corrosion with minimum maintenance cost to be expected as a material alternative for ship hull construction.
These research is carried out to observe mechanical characteristic and also to evaluate an application of Abaca natural fibre reinforced composite with several layers. The series tests including tensile and flexural testing to know tensile strength, modulus tensile of elasticity, flexural strength, and modulus flexural of elasticity with 4 (four) layers composite with fibre orientation [00/900] and 6 (six) layers with fibre orientation [-450/450].
The results showed, that there are relationship between numbers of layer with Young s Modulus. The results also showed that Abaca Natural Fibre composite with several layers still have the value below the standard of rules of BKI and Llyod Register.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S38095
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>