Ditemukan 6036 dokumen yang sesuai dengan query
Mochamad Aditya Supardi Putra
"Bergerak merupakan sebuah kondisi yang harus dilakukan manusia guna menjaga kesehatan tubuhnya. Olahraga dan tarian merupakan dua wadah bagi manusia dalam melatih gerak tubuhnya. Skripsi ini menelusuri macam minus;macam gerak yang terdapat pada permainan olahraga futsal, dan mencari kaitannya dengan ruang. Gerakan yang notabene bersifat acak, dan sulit untuk ditelusuri, ternyata dapat dijelaskan, diklasifikasikan, dan dinyatakan. Melakukan pengamatan dengan cara mengurai komponen gerak, lalu mencari keterhubungan tiap komponen merupakan cara untuk mengetahui kecenderungan gerak seseorang.
Sports and dance are two mediums for human to practice their body movement. This writing is searching any classification of body movements in futsal game, and it relation with body spaces. Movement that has a disordered character could be explained, classified, and notated obviously. Observing a body movement with an analysis of movement components, then finding the linkage of it components is a methods for knowing an inclinations of human body movement. The inclinations of movement is an action that human did for responsing their environment. Futsal game that full of any situation forced every futsal players to response that situation with movement action. Through a deep observation, futsal game that has a disordered character could be notated that spatiality aspects through a composition. At the end, this writing obtained any classification of spatial composition of futsal game.Keywords moving, body movement, body spaces, action, futsal game, spatial composition."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67898
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ibrahim Hanif
"Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Namun, dewasa ini lahan untuk bermain sepak bola makin menyusut dikarenakan pertambahan penduduk sehingga lahan yang ada berubah fungsi menjadi permukiman. Masyarakat pun berinisiatif untuk mencari pengganti dari olahraga sepak bola ini, yaitu futsal. Skripsi ini membahas tentang pola spasial yang terbentuk antara karakteristik lokasi lapangan futsal dan juga karakteristik dari pemain yang bermain di lapangan futsal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei lapangan ke lokasi dengan melakukan observasi dan dokumentasi, serta pembagian kuesioner kepada responden melalui
gform. Hasil penelitian lapangan menunjukkan adanya perbedaan motivasi dengan usia pemain yang bemain. Selain itu temuan di lapangan juga membuktikan bahwa ada beberapa alasan bagi pemain untuk menentukan lapangan futsal yang dipilihnya sebagai contoh adalah harga sewa.
Football is one of the popular sports in Indonesia. However, nowadays, the available space for playing football is decreasing due to population growth, leading to a change in the function of existing areas into settlements. As a result, the community has initiated a search for an alternative to this sport, which is futsal. This thesis discusses the spatial patterns that form between the characteristics of futsal court locations and the characteristics of players who play on those courts. The research utilizes a field survey method by conducting observations and documentation at the locations, as well as distributing questionnaires to respondents through Google Forms (gform). The results of the field research indicate differences in motivation based on the age of the players. Additionally, field findings also prove that there are several reasons for players to choose a specific futsal court, one example being the rental price."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Johanes Halfano Liberti Nusantara
"Artikel ini menjelaskan belum berhasilnya komersialisasi liga profesional Futsal di Indonesia ditengah meningkatnya animo masyarakat terhadap olahraga Futsal. Futsal di Indonesia telah menjadi olahraga populer sejak tahun 2007. Studi-studi sebelumnya telah menjelaskan keterkaitan antara olahraga modern dengan bisnis. Tulisan ini mengkaji beberapa faktor yang menyebabkan belum berhasilnya upaya komersialisasi liga profesional Futsal di Indonesia, antara lain seperti faktor historis, peran televisi yang kurang maksimal, komitmen dan peran federasi yang belum optimal, dan faktor sosial ekonomi masyarakat. Studi ini menggunakan kasus liga profesional Futsal Indonesia untuk menjelaskan belum berhasilnya komersialisasi olahraga di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara mendalam sebagai alat mengumpulkan data yang utama. Temuan penelitian ini adalah upaya komersialisasi liga profesional Futsal belum berhasil karena empat hal, yakni konteks historis perkembangan futsal; peran televisi yang tidak maksimal; komitmen dan peran federasi yang belum optimal ; kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.
This article explains the still not succeed commercialization of Futsal professional league in Indonesia when the public interest about Futsal are increased. Futsal has been a popular sport in Indonesia since 2007. Previous studies have explained the link between modern sports and business. This paper examines several factors that have led to the unsucessful commercialization of futsal professional league in Indonesia, such as historical factors, inadequate television roles, unoptimal commitment and the role of the federation, and socio economic factors in the community. This study used the case of Futsal professional league in Indonesia to explain the still not succeed commercialization of sport in Indonesia. This study uses qualitative methods through observation and in depth interviews as a primary data collection tool. The findings of this research are that the commercialization of Futsal Indonesia rsquo s professional league has not been sucessful because four things, which are historical context of futsal development not maximal television roles unoptimal commitment and the role of the federation social and economic conditions of society."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Hilmi Fitriatulamal
"Penulisan ini membahas mengenai pengaruh cakupan pandang terhadap pembacaan ruang dan bagaimana pembacaan ini dapat mengidentifikasi occlusive area. Dengan menggunakan metode isovist dan studi kasus ruang virtual untuk mengetahui bagaimana cakupan pandang membaca ruang. Pembacaan ruang dengan metode isovist dapat mendeskripsikan sifat spasial ruang serta mengidentifikasi bagian mana dari ruang yang terlihat dan tidak terlihat oleh cakupan manusia pada suatu titik di lokasi tertentu. Area yang tidak terlihat karena diluar cakupan pandang, atau disebut juga dengan occlusive area dapat menimbulkan masalah. Sehingga area ini perlu lebih diperhatikan. Hasil analisis ini akan memberikan gambaran area yang terlihat dan batas batas occlusive area pada suatu ruang sehingga dapat mengetahui dan mewaspadai area tersebut saat melakukan eksplorasi.
This thesis discusses the scope of view on space reading and how this reading can identify the occlusive area. By using the isovist method and virtual space case studies to find out how the scope of reading space is. Space reading with the isovist method can describe the spatial properties of space and identify which parts of space are visible and invisible to human coverage at a point in a certain location. Areas that are not visible because they are outside the scope of view also called occlusive areas can cause problems. So this area needs more attention. The results of this analysis will provide an overview of the visible area and the boundaries of the occlusive area in a space so that it can know and be aware of the area when exploring."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fiera Saffana
"Pembagian peran gender di dalam ruang sudah terlihat jelas dari tata letak bangunan tradisional Jawa, yang mencerminkan budaya patriarki di mana laki-laki dianggap berada pada level yang lebih tinggi dibanding perempuan. Batasan dan norma gender ini juga tercermin dalam bentuk tata ruang Bathub Solo. Penelitian ini menggunakan metode arkeologi oleh Deetz yang terdiri dari pengumpulan data, pengolahan data, dan penafsiran data. Menjelaskan dengan menyajikan fakta-fakta berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, kemudian dilakukan pengolahan data dengan melibatkan analisis terhadap data lapangan yang telah dikumpulkan. Tahap terakhir yaitu penafsiran data tata ruang Bathub Solo diinterpretasikan dengan mempertimbangkan tata ruang dan konteks gendernya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pemahaman rekonstruksi aspek gender yang tercermin dalam wujud sistem tata ruang pada Bathub Solo yang dibangun oleh Mangkunegaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gender, meskipun merupakan sebuah konstruksi sosial yang abstrak, ternyata memiliki manifestasi nyata dalam tata ruang bangunan yang dapat diamati melalui berbagai aspek. Ruang yang diperuntukkan bagi laki-laki mengandung nilai-nilai primer dan maskulin serta memiliki karakter yang terbuka, sedangkan ruang bagi perempuan mengandung nilai-nilai sekunder, feminin, dan bersifat tertutup. Penelitian ini juga menemukan bahwa penataan ruangan tidak hanya mencerminkan status sosial tetapi juga hierarki gender.
The division of gender roles in space is already evident from the layout of traditional Javanese buildings, which reflects a patriarchal culture where men are considered to be at a higher level than women. These gender boundaries and norms are also reflected in the spatial form of Bathub Solo. This research uses the archaeological method by Deetz which consists of data collection, data processing, and data interpretation. Explaining by presenting facts based on data obtained in the field, then data processing is carried out by involving analysis of the field data that has been collected. The last stage is the interpretation of data on Bathub Solo. The spatial layout is interpreted by considering the spatial and gender context. This research aims to understand how the understanding of the reconstruction of gender aspects is reflected in the form of a spatial system in Bathub Solo built by Mangkunegaran. The results of this study show that gender, although an abstract social construction, has a real manifestation in the spatial layout of the building that can be observed through various aspects. The space designated for men contains primary and masculine values and has an open character, while the space for women contains secondary, feminine and closed values. This research also found that the spatial arrangement reflects not only social status but also gender hierarchy."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muvida
"Studi ini mengeksplorasi bagaimana lukisan dua dimensi (2D) menunjukkan kualitas kedalaman, menciptakan lapisan yang berpotensi menjadi dasar pemrograman ruang tiga dimensi (3D). Berdasarkan teknik menggambar yang ada pada lukisan-lukisan seniman Bauhaus, penelitian ini secara kreatif menghasilkan dua lukisan untuk dikembangkan lebih lanjut untuk membentuk ruang jalur tiga dimensi (3D). Studi ini kemudian mengeksplorasi bagaimana analisis kedalaman yang didorong oleh garis tebal, relativitas ukuran, pemisahan bidang, bidang jarak, dan kuadrat kedalaman memungkinkan produksi urutan berjalan. Studi menghasilkan tampilan atas dan tampilan samping dari urutan berjalan, menentukan jalur spasial secara keseluruhan. Dari kajian ini diketahui bahwa susunan lapisan yang terbentuk dari lukisan dapat direfleksikan dan menjadi dasar produksi ruang 3D.
This study explores how a two-dimensional (2D) painting demonstrate depth qualities, creating layers that potentially become the basis for three-dimensional (3D) space programming. Based on the existing drawing techniques found in the paintings by Bauhaus artists, the study creatively generates two paintings to be developed further to form athree-dimensional (3D) pathways space. The study then explores how the depth analysis driven by bold lines, size relativity, field separation, field of distance, and depth square enable production of the walking sequence. The study generates the top views and side views of the walking sequence, determining the overall spatial pathways. From this study we knew that the arrangement of the layers formed from the painting can be reflected and become the basis of 3D spaces production."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Diva Annisa Az Zahra
"Individu tunanetra tidak memiliki persepsi visual. Karena itu, untuk membentuk sebuah persepsi dalam suatu ruang, ia menggabungkan informasi dari indra pendengaran, penciuman, dan peraba. Untuk mewujudkan ruang yang sesuai bagi kebutuhan individu tunanentra, diperlukan pemahaman mengenai bagaimana tunanetra mempersepsikan sebuah ruang. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengkaji elemen-elemen spasial yang berperan dalam pembentukan persepsi tunanetra di taman. Dalam skripsi ini, penulis melakukan observasi dan menganalisis data dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa elemen – elemen yang berpengaruh dalam pembentukan persepsi tunanetra di taman diantaranya adalah elemen suara, bau, dan elemen taktil seperti suhu, elevasi permukaan, tekstur, tepian dan dinding. Elemen tersebut berpengaruh terhadap kegiatan individu tunanetra saat orientasi dan mobilitas diri di taman. Selain itu, elemen tersebut juga berpengaruh terhadap pembentukan persepsi individu tunanetra dalam menilai kualitas taman.
Blind individuals do not have visual perception. Therefore, to form a space perception, they combine information from the senses of hearing, smell, and touch. This paper discusses the spatial elements that play a role in shaping the space perception of a blind person in the park. These elements are sound, odor, and tactile elements, such as temperature, surface elevation, texture, edge and walls. From the study, it is concluded that these elements affect the orientation and mobility of a blind person in the park. In addition, these elements also affect the perception of blind individuals when assessing the quality of the park."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Psichylectira Mangifera
"Pusat perbelanjaan merupakan ruang tertutup publik berkepemilikan privat yang memiliki beragam program dan rupa ruang. Tidak hanya itu, keberagaman ini juga dapat dilihat dari segi penggunanya. Dengan terdapatnya keberagaman tersebut, menemukan ruang yang berada di dalam pusat perbelanjaan bukan hal yang mudah. Saat dihadapkan pada situasi yang menuntut kecepatan dalam menemukan ruang, proses ini dapat menjadi menyita waktu. Dalam hal demikian, ingatan akan posisi ruang terhadap pusat perbelanjaan dan juga kognisi spasial yang didapat dari pengalaman masa lampau menjadi penting. Keterkaitan antara ingatan dan kognisi spasial dalam proses menemukan ruang dalam ruang akan dianalisis secara kualitatif dari hasil simulasi. Analisis tersebut dilakukan mengacu kepada teori mengenai ingatan, kognisi spasial, dan juga merujuk pada teori menemukan ruang yang kemudian diolah sesuai dengan lingkup pembahasan. Berdasarkan analisis terhadap simulasi, dalam proses penemuan kembali, peran ingatan dan kognisi spasial didukung oleh beberapa faktor yang terdapat pada lingkungan. Faktor tersebut berupa tipe bangunan, tampilan toko, kualitas distrik, hubungan dengan ruang luar, dan keberadaan pengguna lain.
Shopping center is an indoor public space occupied by private sector that has a diverse spatial programme and form. This diversity can also be viewed in terms of users. With the presence of such diversity, finding space within the shopping center is not easy. When user faced by a situation that demands speed in finding space, this process can be wasting time. In such case, the memory of the certain location towards shopping center space and spatial cognition derived from past experience is important. The link between memory and spatial cognition in the process of finding space within space will be qualitatively analized by doing wayfinding simulation. The analysis is carried out referring to the theory of memory, spatial cognition, as well as the theory of finding space, which will be processed according to the scope of study. Based on the analysis of the simulation, in the process of refinding space within shopping center, the role of memory and spatial cognition is supported by several factors on the environment. These factors are the type of building, store display, the quality of district, the spatial relation between inside and out, and the presence of others."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42649
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Lisa Rahmadhani Utami
"Tugas akhir ini melihat bagaimana sebuah ruang dan pengalamanya dapat dinikmati layaknya manusia membaca sebuah cerita. Bercerita sendiri menjadi sesuatu yang relevan dengan kebutuhan akan arsitektur yang lebih bermakna. Tugas akhir ini juga mencoba melihat peran representasi yang dilakukan dengan memanfaatkan fotografi sebagai media representasi dengan metode montase, yang kemudian mengarahkan kepada spatial cloud yang menjalin ruang untuk dapat dilihat secara kontingen dengan memanfaatkan fragmen-fragmen. Waktu menjadi elemen yang sangat terikat dengan fragmen-fragmen pada spatial cloud. Fragmen hanya bersifat future dan past. Sehingga, dialog antar banyaknya fragmen future yang memberi perlakuan kepada fragmen past, baik itu berupa dark, darker dan darkest, di kawasan Sudirman inilah yang nantinya akan merangkai sebuah narasi arsitektur pada penulisan berbasis desain ini.
This final project is trying to see how space and experience can be enjoyed in the same way as human read a story. Storytelling has become something relevant with the needs of meaningful architecture. The final project is also trying to see the role of representation through photography as a representative medium with montage as a method, which then leads to a spatial cloud which allows the view of the space contingently by exploiting the fragments. Time becomes a highly connected elements with the fragments in spatial cloud. Fragments consist only of the future and the past. Therefore, the dialogue between the quantity of future fragments that treats past fragments, whether it is dark, darker, or darkest, in Sudirman will assemble an architectural narrative in this design based research."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 2014
153.752 SPA
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library