Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 136024 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kezia Alaia
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana jaringan praktik selebgram terbentuk pada konteks ekonomi atensi. Berbeda dengan selebriti pada konteks media massa, praktik selebgram bukan merupakan hasil konstruksi industri. Praktik selebgram membentuk sebuah jaringan pengguna internet yang secara aktif berperan sebagai produsen sekaligus konsumen. Jaringan ini mengampu selebgram dan memberikan ruang bagi komersialisasi kontemporer, yaitu konsumsi narasi-narasi kecil selebgram oleh pengguna internet lainnya, sehingga memberikan pengguna gambaran tentang praktik selebgram dan memampukan pengguna untuk menjadi pelaku. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsikan bagaimana selebgram menampilkan diri secara visual pada kanal Instagram. Penelitian ini menemukan bahwa selebgram mengkonstruksikan cybersituations dalam praktiknya, sehingga praktik selebgram merupakan praktik yang membawa pemberdayaan bagi pelakunya. Kata kunci:Selebgram, jaringan, ekonomi atensi, komersialisasi kontemporer, konsumsi naratif, cybersituations.

ABSTRAK
This research aims to understand how the networked practice of Instagram celebrities is shaped within the context of attention economy. Different from celebrities within the context of mass media, the practice of Instagram celebrities is not constructed by the industry. The practice of Instagram celebrities form a network of internet users who actively play their role as producers as well as consumers. This network props Instagram celebrities and facilitates contemporary commercialization. Contemporary commercialization is the consumption of the small narratives of Instagram celebrities by internet users, giving the users an insight on the practice of Instagram celebrities and enabling them to act as actors. This research also aims to describe how Instagram celebrities present themselves visually on Instagram. This research finds that Instagram celebrities construct cybersituations in their practices, hence the practice of Instagram celebrities becomes empowering for actors involved. Keywords Instagram celebrities, network, attention economy, contemporary commercialization, narrative consumption, cybersituations "
2017
S69456
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riska Adriyani
"ABSTRAK
Dunia E-business dewasa semakin banyak dipilih. oleh masyarakat sebagai sebuah alternatif baru yang cukup menjanjikan. Namun bagaimana pun juga untuk dapat lebih memahai dan mendalami apa arti dari E-business, perlu dilakakun suatu langkah untuk melepas dari kebiasaan dalam memahami bagaimana kebiasaan pelanggan (customer), bagaimana suatu bisnis dapat berjalan, dan bagaimana supplier - supplier saling berinteraksi.
PT Danareksa sebagai salah satu perusahaan sekuritas, mulai menjajaki ebusiness ini. Pada tesis ini akan dilakukan pembahasan mengenai kebutuhan jaringan komunikasi antara PT Danareksa dengan Business Partner-nya. Dan Memberikan rancangan serta strategi implementasi jaringan tersebut.
Dalam tesis ini dilakukan analisa keamanan transaksi yang diperlukan untuk aplikasi remote trading. Secara spesifik metodologi yang digunakan dalam melakukan rancangan infrastruktur tersebut adalah Network pevelopment Life Cycle (NDLC). Hasil analisa menunjukan potensi jaringan infrastruktur berbasis IP dan penggunaan teknologi VPN sebagai metode sistem pengamanan jaringan. Eksplorasi lebih lanjut dalam tesis ini memberikan solusi rancangan untuk jaringan remote trading PT Danareksa.
Teknologi VPN ini akan diterapkan pada seluruh jaringan komunikasi PT Danareksa - Business Partner. Mengingat jumlah dan lokasi Business Partner tersebut, dalam tesis ini akan dilakukan pembahasana manajemen proyek yang mencakup pelaksanaan dari tahapan NDLC, yakni prototipe dan impelementasi.

ABSTRACT
Nowadays, E-business becomes a new alternative that promises the value to the people. However to be more understand of e-business, we need to released our mind from our traditional behavior in servicing the customer, how the traditional business work, and how suppliers interact with others.
PT. Danareksa as one of well-known securities is looking for running e- business. This thesis will explore about the requirements for network communication between PT Danareksa and its business partners. And Its also covers about strategic plan and design of the network configuration chosen.
This thesis will analyze the security aspect of electronic transaction for remote trading applications. And will explore specifically about the methodology that is used to plan and design the infrastructure, Network Development Life Cycle (NDLC). The result of analysis show the potency of IP based infrastructure and the efficiency of using VPN technology as a security system. Further exploration will give a design solution for remote trading applications in PT. Danareksa.
This VPN Technology will be implemented in the entire network between PT Danareksa and It's Business Partner. But due to the large coverage of the network, this thesis only covers the Management Project of the VPN project and the explanation of NDLC process."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40398
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosi Srinanda Putri
"Artikel ini membahas jaringan sosial dan kelekatan sosial yang ada pada UMKM rendang di Kota Payakumbuh. Studi sebelumnya membahas jaringan sosial menjadi aspek penting dalam promosi sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan UMKM. Tidak hanya dalam aspek promosi, jaringan sosial juga menjadi bagian penting dalam menentukan hasil ekonomi. Artikel ini menggunakan istilah hasil ekonomi dari Granovetter yang meliputi pasar tenaga kerja, harga, produktifitas dan inovasi. Artikel ini menggunakan analisis jaringan sosial untuk melihat banyaknya aktor yang berperan serta posisi aktor tersebut dalam jaringan sosial. Data didapatkan melalui wawancara dan menggunakan perangkat lunak Gephi untuk olah data analisis jaringan sosial.

This article discusses social networks and social attachments that exist in rendang MSMEs in Payakumbuh City. Previous studies found that social networks became an important aspect of promotion as an effort to develop MSMEs. Not only in the aspect of promotion, social networks are also an important part in determining economic results. This article uses the term of economic results from Granovetter which includes the labor market, price, productivity and innovation. This study uses social network analysis to see the number of actors who play the role and position of the actor in social networks. Data was obtained through interviews and analyzed using Gephi on social network analysis."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Fanny Ruth Andira
"Artikel ini membahas mengenai peran jaringan sosial dalam mendorong pengusaha level mikro untuk pengembangan bisnisnya. Studi-studi sebelumnya berargumen bahwa faktor ekonomi (modal uang, teknologi, tenaga kerja), faktor psikologi (skill dan motivasi), dan faktor sosiologi (internalisasi nilai) menjadi faktor utama dalam mendorong pengembangan bisnis bagi pengusaha level mikro. Dengan berpijak pada kasus pengusaha tenun kain ulos di Kecamatan Muara-Kabupaten Tapanuli Utara dan dengan berkaca pada studi-studi sebelumnya, penelitian ini berargumen bahwa jaringan sosial memiliki peran penting bagi pengusaha level mikro sebagai pendorong untuk pengembangan bisnisnya dalam aspek finansial, pemasaran dan produksi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa jaringan sosial memiliki peran penting terhadap ketiga aspek pengembangan bisnis, yang mana setiap aspek memiliki peran yang berbeda-beda. Selain itu, ditemukan pula bahwa jaringan sosial memiliki peran yang dominan terhadap aspek produksi, yang mana pengembangan pada aspek produksi dapat menunjang pengembangan bisnis pada aspek lainnya, yaitu aspek pemasaran dan aspek finansial.

This article discusses about the role of social networks in encouraging micro entrepreneurs to develop their business. Previous studies argued that economic factors (money capital, technology, labor), psychological factors (skill and motivation), and sociological factor (internalization of values) were the main factors in encouraging the development business of micro entrepreneurs. Based on the case of ulos weaving entrepreneurs in Muara Sub-District and reflecting on previous studies, this research argues that social networks have an important role for micro entrepreneurs as a driver for business development in financial, marketing and production aspect. This research uses qualitative methods as well as data collection conducted through in-depth interview, observation and document studies. The findings of this study show that social networks have an important role for all three aspects of business development, which each aspect has a different role. In addition, social networks has a dominant role for a production aspect."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Miftah Farid Hanggawan
"[ABSTRAK
Penelitian ini mengeksplorasi tipologi jaringan sosial para pendiri perusahaan rintisan dan kerangka institusional yang membentuk tindakan perusahaan rintisan di inkubator Bandung Digital Valley, Kota Bandung, Jawa Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Institusionalisme Baru yang dirumuskan oleh Victor Nee. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan Extended Case Method. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan dan wawancara mendalam terhadap informan kunci, yaitu manajemen inkubator Bandung Digital Valley dan para pendiri perusahaan-perusahaan rintisan yang diinkubasi di sana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa institusi formal yang membentuk tindakan perusahaan rintisan di Bandung Digital Valley berupa kebijakan pemerintah, birokrasi, hak kekayaan intelektual, dan kontrak. Institusi informal tidak secara jelas mengemuka dalam studi ini, sehingga yang terjadi adalah keselarasan (close-coupling) antara institusi formal dalam bentuk norma organisasi inkubator dan institusi informal yang dihasilkan dari mekanisme sosial antar pendiri perusahaan rintisan. Yang mengemuka justru tipologi jaringan sosial, baik internal maupun eksternal, sebagai strategi dari pendiri perusahaan rintisan dalam merespons target-target dan norma organisasi di Bandung Digital Valley.

ABSTRACT
This study explores the typology of social networks and the institutional frameworks that shape the action of the startup companies in Bandung Digital Valley, a digital business incubator located at Bandung, West Java. The New Institutionalism in Sociology, as formulated by Victor Nee, is employed as the theoretical lens for this study. This is a qualitatitive study that uses the Extended Case Method approach. The collection of data was conducted by observation and in-depth interview with the management of Bandung Digital Valley and the founders of startup companies. The results of this study show that the formal institutions shape the actions of startup companies through government policies, bureaucracy, intellectual property rights, and contracts. The informal institutions are not explicitly emerge in this study, so the result is a close-coupling between formal institution in the form of organizational norms and the informal institution that implicitly emerge from the social mechanisms between the founders. Instead of resulting an informal institution, the actions of founders lead to various types of social networks that are created in responding the goals and the organizational norms in Bandung Digital Valley, This study explores the typology of social networks and the institutional frameworks that shape the action of the startup companies in Bandung Digital Valley, a digital business incubator located at Bandung, West Java. The New Institutionalism in Sociology, as formulated by Victor Nee, is employed as the theoretical lens for this study. This is a qualitatitive study that uses the Extended Case Method approach. The collection of data was conducted by observation and in-depth interview with the management of Bandung Digital Valley and the founders of startup companies. The results of this study show that the formal institutions shape the actions of startup companies through government policies, bureaucracy, intellectual property rights, and contracts. The informal institutions are not explicitly emerge in this study, so the result is a close-coupling between formal institution in the form of organizational norms and the informal institution that implicitly emerge from the social mechanisms between the founders. Instead of resulting an informal institution, the actions of founders lead to various types of social networks that are created in responding the goals and the organizational norms in Bandung Digital Valley]"
2015
T43798
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Asep Yori Mutaqin
"Penelitian ini membahas strategi Community Relations (CR) PT Pertamina Persero dalam membangun hubungan positif dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia. Penelitian ini menyoroti pendekatan utama yang digunakan perusahaan untuk mendukung pertumbuhan UKM dan mengevaluasi dampak strategi tersebut terhadap sektor UKM serta citra perusahaan Pertamina. Hasil penelitian ini mengungkap pentingnya program CR dalam membina kemitraan saling menguntungkan antara perusahaan besar dan UKM di Indonesia. Program UMK Binaan Pertamina telah berhasil membangun hubungan kuat antara Pertamina dan pelaku UKM di Indonesia. Melalui program ini, Pertamina memberikan pendanaan, pelatihan, dan bimbingan kepada UKM di berbagai sektor seperti kerajinan, kuliner, dan fashion. Program ini juga mengikutsertakan UKM dalam berbagai event, termasuk Kebumen International Expo 2023, untuk mempromosikan produk unggulan asal Kebumen. Dengan pendekatan terencana dan berfokus pada hasil yang terukur, program UMK Binaan Pertamina telah membantu UKM meningkatkan kualitas produk, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu, program ini juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan keberlanjutan. Melalui program CSR UMK Binaan Pertamina dan hubungan baik dengan komunitas, hubungan antara perusahaan dan UKM di Indonesia diperkuat, serta citra positif perusahaan Pertamina di mata masyarakat semakin meningkat.

This research discusses the Community Relations (CR) strategy of PT Pertamina Persero in establishing positive relationships with Small and Medium Enterprises (SMEs) in Indonesia. The study highlights the primary approaches employed by the company to support SME growth and evaluates the impact of these strategies on the SME sector and Pertamina's corporate image. The results of this research reveal the importance of CR programs in fostering mutually beneficial partnerships between large companies and SMEs in Indonesia. Pertamina's Supported SME Program has successfully forged strong connections between Pertamina and SME stakeholders in Indonesia. Through this program, Pertamina provides funding, training, and guidance to SMEs in various sectors such as crafts, culinary, and fashion. The program also involves SMEs in various events, including the Kebumen International Expo 2023, to promote outstanding products originating from Kebumen. With a planned and results-oriented approach, Pertamina's Supported SME Program has aided SMEs in enhancing product quality, expanding market reach, and improving operational efficiency. Furthermore, the program has also had a positive impact on the environment and sustainability. Through Pertamina's Supported SME CSR program and its good relations with the community, the relationship between the company and SMEs in Indonesia is strengthened, and Pertamina's positive image in the eyes of the public is further enhanced.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Siagian, Alyssa
"ABSTRACT
Penelitian ini merupakan upaya eksplorasi untuk menyelidiki peran network sebagai faktor penting dalam keberhasilan perusahaan Born Global yang bergerak dibidang IT dalam usahanya untuk masuk ke dunia internasionalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa network bisnis, marketing, keuangan, IT yang dimiliki oleh perusahaan born global selama tiga fase internasionalisasi adalah kunci penting bagi perusahaan born global ntuk melaksanakan bisnis mereka secara global dan menyusun strategi yang baik untuk memasuki negara dan pasar yang baru. Fokus pada tiga kasus bisnis serupa dari perusahaan Born Global di Belanda disediakan untuk dukungan lebih lanjut. Penelitian ini menunjukkan pentingnya network bagi perusahaan born global selama fase awal mereka terbentuk, fase pengembangan untuk masuk ke dunia iternasional, dan fase konsolidasi pertumbuhan internasional.

ABSTRACT
This research is an exploratory attempt to investigate the role of network as a success factor behind the internationalization performance of born global IT firms. The result shows that network business, marketing, financial, IT acquire by the born global firm during the three phases of internationalization does help the born global to implement their business globally as well as compose country strategy and market establishment. A focus on three similar business cases of born global IT firm are provided for further support. This research shows the importance of network acquire by the born global during the pre start up phase, the early international entry development phase, and the international growth consolidation phase."
2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Iqbal
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengadopsian E-Commerce pada UMKM khususnya bisnis keluarga dan pengaruh moderasi family business?s strategic orientations terhadap pengadopsian ECommerce. Teknik analisis data yang digunakan adalah Logistic Regression.
Hasil penelitian menunjukan external pressure dan perceived benefits memiliki pengaruh yang positif terhadap pengadopsian E-Commerce. Sedangkan organizational readiness tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap pengadopsian E-Commerce. Family business?s strategic orientations memiliki pengaruh secara moderasi antara external pressure, organizational readiness dan perceived benefits.

ABSTRACT
This study aims to determine the factors that influence the adoption of E-Commerce on SMEs in particular family business's and moderating influence of family business strategic orientations towards the adoption E-Commerce. The data analysis technique used is the logistic regression.
The results showed the external pressure and perceived benefits have positive influence on the adoption E-Commerce. While organizational readiness has no positive influence on the adoption E-Commerce. Family business's strategic orientations have moderating influence between external pressure,organizational readiness and perceived benefits on the adoption E-Commerce."
2013
S46732
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Lidya Vitasya
"Kenaikan jumlah kelahiran di Indonesia pada era pandemi memberikan peluang bagi usaha perlengkapan Bayi. Bersamaan dengan ini, transaksi pembelian online pun meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi nilai dari setiap segmen pelanggan menggunakan Customer Lifetime Value (CLV) dan menyusun strategi untuk setiap segmentasi pelanggan guna meningkatkan nilai daya saing usaha. Metode K-Means Clustering digunakan untuk mensegmentasi pelanggan menjadi beberapa kluster dan nilai CLV dipakai untuk menentukan nilai dari setiap segmen pelanggan dengan variabel Recency, Frequency, dan Monetary (RFM). Penyebaran kluster menggunakan Customer Value Matrix (CVM) juga dilakukan untuk memastikan karakteristik kluster. Data sekunder didapat dari transaksi penjualan. Analisa penjualan produk dilakukan dengan metode Association Rule yang menghasilkan salah satu strategi dalam Customer Development. Penelitian menghasilkan 5 kluster untuk pelanggan dengan 16 strategi untuk keseluruhan kluster. Strategi cross-selling merupakan strategi yang paling direkomendasikan.

The increase number of births in Indonesia during the pandemic era provided opportunities for baby equipment businesses. At the same time, online purchase transactions have also increased. This study aims to determine the segmentation and value of each customer segment using CLV and develop strategies for each customer segmentation in order to increase the value of business competitiveness. The K-Means Clustering method is used to segment customers into several clusters and the CLV value is used to determine the value of each customer segment with the RFM variable. Cluster deployment using CVM is also carried out to ensure cluster characteristics. Secondary data is obtained from sales transactions. Analysis of product sales is carried out using the Association Rules method which results in one of the strategies in Customer Development. The research resulted in 5 clusters for customers with 16 strategies for the whole cluster. Cross-selling strategy is the most recommended strategy"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novardha Handiantyo
"Pandemi Covid-19 mendorong bisnis untuk berjalan dengan cara baru tentang kemampuan organisasi dalam bertahan dalam situasi apapun. Penelitian ini mengkaji bagaimana jaringan bisnis dan kapabilitas platform digital menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kapasitas ketahanan organisasi dan di saat yang sama tetap menjaga kinerjanya. Menggunakan data yang dikumpulkan dari 241 perusahaan properti di Indonesia yang diolah menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jaringan bisnis memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ketahanan dan kinerja organisasi. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa peran kapabilitas platform digital tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi dalam konteks sektor properti di Indonesia. Penelitian ini memberikan kontribusi empiris yang menunjukkan bahwa jaringan bisnis dapat berpengaruh secara langsung terhadap kinerja organisasi dan memberikan wawasan baru tentang bagaimana jaringan bisnis perusahaan dan kapabilitas platform digital, dalam konteks sektor properti, dapat mempengaruhi pengembangan kapasitas ketahanan organisasinya, yang membantu untuk bertahan dari krisis dan berkinerja baik secara berkelanjutan.

Covid-19 pandemic is driving businesses to grow and run in new ways about an organization's ability to survive in any situation. This study examines how business networks and digital platform capabilities are factors that affect the resilience capacity of organizations and at the same time maintain their performance. Using data collected from 241 property companies in Indonesia processed using Structural Equation Modelling (SEM) analysis, the results of this study show that business networks have a positive and significant influence on the resilience and performance of organization. This study also reveals that role of digital platform capabilities has no significant effect on organizational performance in the context of the property sector in Indonesia. This research provides empirical contributions that business networks can have a direct effect on organizational performance and provides new insights into how a company's business networks and digital platform capabilities, in the context of the property sector, can influence the development of its organizational resilience capacity, which helps it to survive crises and perform well sustainably."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>