Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 44561 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rendra Bagus Pratama
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang perlindungan kawasan laut yang memiliki kriteria ekologi, sosio ekonomi dan kepentingan ilmiah yang rawan perusakan oleh kapal asing. Pelayaran internasional ternyata memiliki dampak buruk seperti polusi minyak dari aktifitas rutin seperti pencucian tangki, pembuangan kotoran, dan polusi udara. Lebih lanjut, keselamatan bernavigasi secara tidak langsung berpengaruh terhadap lingkungan laut karena kecelakaan kapal dapat mengakibatkan kebocoran minyak dan bila kandas dapat membentur terumbu karang . Konsep Particularly Sensitive Sea Area dipraktekan oleh sejumlah negara antara lain Australia dan Amerika Serikat melindungi kawasan laut sensitif nya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah sustainable development dan teritorial jurisdiction yang merupakan alasan utama negara-negara menerapkan konsep tersebut. Konsep PSSA merupakan pelaksanan kewajiban United Convention Law of The Sea, 1982 UNCLOS , untuk mencapai tujuan United Nations Conventions on Biological Diversity, 1992 CBD dengan tindakan perlindungan berdasarkan hukum dan standar internasional seperti International Convention for the Prevention of Pollution from Ships, 1973/1978 MARPOL , Convention on the International Regulations for Preventing Collisions at Sea, 1972 COLREG dan International Convention for the Safety of Life at Sea, 1974 SOLAS melalui adopsi International Maritime Organization. Tujuan penelitian ini membahas ancaman lingkungan laut akibat pelayaran kapal asing, hukum internasional yang berkaitan dengan perlindungan laut dan upaya perlindungan kawasan laut sensitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini menyarankan Indonesia yang lingkungan laut sensitif nya terancam pelayaran internasional terus berupaya dalam pengajuan PSSA. PSSA merupakan re-adjustment kepentingan negara pantai melindungi lingkungan laut dan negara bendera kapal yang menginginkan terjaminnya freedom of navigation.
ABSTRACT
This thesis discusses the protection of Sensitive Sea areas that have ecological, socio economic and scientific criteria that are vulnerable damage caused by foreign ships. International shipping turns out to have adverse effects such as oil pollution from routine activities such as tank leaching, sewerage, and air pollution. Furthermore, the safety of navigating indirectly affects the marine environment due to ship accidents which can result in oil leakage and when aground can hit coral reefs. Particularly Sensitive Sea Area concept is practiced by a number of countries including Australia and the United States to protect their sensitive sea areas. The theory used in this research are sustainable development and territorial jurisdiction which are the main reason countries apply the concept. The concept is the implementation of United Convention Law of the Sea, 1982 UNCLOS obligation, to achieve the goals of United Nations Conventions on Biological Diversity, 1992 CBD with protection measures under international law and standards such as the International Convention for the Prevention of Pollution from Ships, 1973 1978 MARPOL , Convention on the International Regulations for Preventing Collisions at Sea, 1972 COLREG and International Convention for the Safety of Life at Sea, 1974 SOLAS through International Maritime Organization adoption. The objectives of this study addressed the threats of the marine environment due to international shipping, international law related to marine protection and the protection of sensitive areas. This type of research is normative legal research. The results of this study suggest that Indonesia 39 s sensitive marine environment under threat of international shipping continues to attempt in the submission of PSSA. The PSSA is a re adjustment of the coastal state 39 s interests protecting the marine environment and flag state rsquo s interest that wants guaranteed freedom of navigation."
2017
T48521
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Roberts, Julian
"Summary:
Despite the benefits that PSSA designation can deliver, the practice, both within the IMO and by individual member States, has considerably undermined confidence in this concept. This book focuses on the events within the IMO that have led to this lack of confidence. It offers an examination of coastal State practice with the PSSA concept"
Berlin: Springer, 2007
333.956 ROB m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Imaad Al Hamas
"Kepulauan seribu yang merupakan bagian dari DKI Jakarta, memiliki potensi yang sangat besar. Segala macam usaha harus dilakukan untuk mengembangkan sektor wisata bahari ini. Konsep pengembangan wisata bahari harus dilakukan secara intergrasi dan berkelanjutan demi terciptanya wisata bahari bertaraf internasional yang dapat menjadi icon DKI jakarta di mata nasional maupun internasional. Pada skripsi ini, penulis membuat sebuah konsep pengembangan dimana terdapat pengembangan pokok wisata sebagai atraksi wisatawan, sehingga meningkatnya ketertarikan, dan juga membutuhkan transportasi yang dapat menyeimbangi hal tersebut, dalam skripsi penulis merancang fast ferry catamaran berkapasitas 200 penumpang demi menunjang transportasi wisata bahari Kepulauan Seribu.

Kepulauan seribu that are part of DKI Jakarta where has a huge potential. All kinds of effort must be done to develop this marine tourism sector. A development concept of marine tourism must be applied in integrated manner and sustainable to make marine tourism as an international tourism and become an icon of DKI Jakarta which is well-known in national and international level. A development concept is written in this final project with main tourism development as tourist attractions in order to increase the interest of tourist which also need supporting means such as transportation. Therefore a design of fast ferry catamaran which has the capacity of 200 passengers to support the transportation of kepulauan Seribu marine tourism is presented.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58577
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Hutapea, Peter Kolbert
"Manajemen operasional merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan dalam suatu industri galangan kapal. Pengembangan dan penyusunan model pada manajemen risiko akan dilakukan agar pembangunan kapal lebih efisien dalam segi waktu dan juga biaya. Langkah yang dilakukan dalam melakukan manajemen risiko tersebut adalah dengan cara melakukan konsep IIAR yaitu: (1) Identification, melakukan identifikasi yaitu identifikasi lokasi, waktu, sebab, dan proses terjadinya peristiwa risiko yang dapat menghalangi, menurunkan, menunda, atau meningkatkan tercapainya pekerjaan di galangan tersebut; (2) Inventory of data,melakukan pengumpulan data yang mendukung dalam pengidentifikasian segala risiko yang ada, mulai pada saat penyerahan dokumen rancangan dari owner hingga pada saat kapal ereksi (erection); (3)
Analyze (assessment) adalah melakukan analisa diantaranya dengan cara schedule risk menggunakan pendekatan model matematis, analisis yang dilakukan dengan pengurangan schedule risk pada management proyek, menggunakan database, menggunakan cost risk dan schedule risk dalam analisis risiko; dan (4) Result atau hasil yang didapat setelah melakukan penilaian risiko, peringkat risiko, identifikasi peringkat risiko, dan pengontrolan risiko yang termasuk mitigasi risiko di dalamnya.

Operational management is very important and should not be ignored in a shipbuilding industry. Development and modeling in risk management should be applied to make the construction of vessel is more efficient in terms of time and costs. the first step in the risk management is concepting IIAR: (1) Identification, is identifying of the location, time, cause, and the process of the happen of risk that may block, degrade, delay, or increase the aim of work in the shipyards; (2) Inventory of the data, perform of collecting data that supports the identification of all the risks that exist, starting at the submission of the draft document from the owner until the ship erection; (3)
Analyze (assessment) is analyzing by schedule risk using a mathematical model approach, the analysis conducted by the reduction of schedule risk on project management, using the databases, using cost risk and schedule risk in the risk analysis; and (4) Result, is the results obtained after conducting a risk assessment, risk ratio, identification of risk rating, and control risks including risk mitigation.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58613
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulinda Faradiba
"Hambatan kapal merupakan faktor yang menentukan kecepatan kapal. Untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi kita harus mengurangi hambatan kapal. Tulisan ini berkaitan dengan studi tentang jenis konfigurasi lambung tetramaran dan hidrodinamika yang berhubungan dengan kapal tetramaran terutama tentang hambatan yang terjadi pada kapal tetramaran.
Tujuan penelitian ini untuk mencari konfigurasi S/L optimum dengan nilai hambatan rendah dari kapal tetramaran. Kapal tetramaran diuji dengan variasi rasio R/L 0,1 dilakukan variasi S/L sebanyak tiga variasi yaitu 0,1; 0,15; dan 0,2. Sedangkan pada konfigurasu R/L 0,2 dilakukan variasi S/L sebanyak dua variasi yaitu 0,15 dn 0,2. Pengujian dilakukan dengan metode eksperimen dengan variasi kecepatan pada Froude Number 0,01-0,7.
Hasil menunjukan bahwa ada Fr < 0,3 nilai koefisien hambatan terbesar dimiliki oleh konfigurasi antarlambung S/L 0,2 R/L 0,2. Pada Fr 0,3-0,5 nilai koefisien hambatan terbesar dimiliki oleh konfigurasi antarlambung S/L 0,15 R/L 0,2. Sedangkan Fr >0,5 nilai koefisien hambatan terbesar dimiliki oleh konfigurasi antarlambung S/L 0,2 R/L 0,2.

Ship resistance is one of factor that determine ship speed. To get the high speed we have to reduce ship resistance. This paper is related about study of type of configuration of tetramaran hull and hydrodinamic which related with tetramaran vesel especially about resistance that happened at tetramaran vessel.
The purpose of this research is to find the optimum S/L configuration which less resistance from tetramaran vessel. When model vessel is tested with R/L 0.1 ration, model is tested with 3 S/L variation 0.1;0.15;0.2. meanwhile for R/L 0.2 we use 2 variation of S/L ratio 0.15 and 0.2. tests are done with experimental method with range of Froude Number 0.01-0.7.
Results show that for Fr<0.3,tetramaran configuration S/L 0.2 R/L 0.2 gives highest value of ship resistance. For 0.3-0.5 the highest result of coefficient resistance is in beetween hull?s configuration of S/L 0.15 R/L 0.2. Meanwhile for Fr > 0.5 the highest number of coefficient resistance is in between hull?s configuration of S/L 0.2 R/L 0.2.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58224
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
William Renaldi
"Polimer pH-sensitif merupakan polimer yang dapat mengalami perubahan sifat fisik dan kimia akibat perubahan pH. Polimer pH-sensitif dapat diaplikasikan ke berbagai hal, sehingga menarik untuk dipelajari dan diteliti lebih lanjut. Pada penelitian ini, telah disintesis poli((n-butil akrilat)-blok-(N-metilol akrilamida)) (PnBA-b-PNMA) melalui metode ATRP dengan komposisi unit monomer pada PNMA yang divariasikan dan diuji sensitivitasnya terhadap pH, dimana PnBA50-b-PNMA75 merupakan PnBA-b-PNMA yang paling sensitif terhadap pH dan ukuran partikel PnBA50-b-PNMA75 semakin kecil ketika suasana semakin asam atau basa. Selain itu, telah disintesis juga hidrogel P(nBA-ko-NMA) dengan polimerisasi radikal bebas dengan divariasikan jumlah nBA dan pengikat silang serta diuji sensitivitasnya terhadap pH, dimana hidrogel P(nBA25-ko-NMA75) (MBA 1%) merupakan hidrogel P(nBA-ko-NMA) yang paling sensitif terhadap pH dan kemampuan swelling pada hidrogel P(nBA-ko-NMA) semakin besar ketika suasana semakin asam atau basa. Selain itu, kemampuan swelling hidrogel semakin kecil ketika jumlah nBA bertambah, sedangkan semakin besar ketika konsentrasi MBA meningkat dari 0,25% hingga 1%.

A pH-sensitive polymer is a polymer that can experience changes in physical and chemical properties due to changes in pH. pH-sensitive polymers can be applied to various things and thus, it become an interesting field to study. In this research, poly((n-butyl acrylate)-block-(N-methylol acrylamide)) (PnBA-b-PNMA) were synthesized via ATRP by varying the monomer composition of PNMA and study their sensitivity to pH, where PnBA50-b-PNMA75 was the most pH-sensitive PnBA-b-PNMA and the particle size of PnBA50-b-PNMA75 decreases in acidic or basic condition. Furthermore, P(nBA-co-NMA) hydrogels were synthesized via free radical polymerization by varying the amount of nBA and study their sensitivity to pH, where P(nBA25-co-NMA75) (MBA 1%) hydrogel was the most pH-sensitive P(nBA-co-NMA) hydrogel and the swelling ability of P(nBA-co-NMA) hydrogels increases in acidic or basic condition. Moreover, the swelling ability of hydrogel decreases by increasing the amount of nBA, but increases by increasing of the concentration of MBA from 0.25% to 1%."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Perilaku kupas perekat peka tekanan (PSA) berbasis karet alam yang direkatkan pada substrat stainless steel telah dianalisis berdasarkan gambar samping. Meskipun secara makroskopis kecepatan kupasnya konstan, lapisan perekat PSA mengalami regangan secara vertical dengan kecepatan yang bertambah secara linier sepanjang zona kupas. Proses peregangan tersebut dapat disimulasikan menggunakan uji taarik dengan kecepatan berakselerasi. Kemudian dengan pengintegralan nilai tegangan sepanjang zona kupas, gaya kupasnya dapat dihitung dan ditemukan setara dengan nilai pengukurannya."
MPI 9:1 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fauzan Azhima
"Kapal pelat datar merupakan salah satu solusi dari penerapan teknologi manufaktur kapal yang memungkinkan nelayan untuk memiliki kapal berbahan baja dengan harga yang relatif murah. Akan tetapi, karena bentuk lambung kapal pelat datar tidak streamline hal tersebut menyebabkan tingginya hambatan kapal sehingga dalam operasionalnya kapal pelat datar cenderung lebih boros bahan bakar. Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukannya optimasi bentuk kapal pelat datar tersebut agar memiliki performa yang lebih baik. Dalam penelitian ini, dilakukan optimasi dengan metode Trial and Error dengan memvariasikan ratio panjang dan lebar kapal ikan 5 GT. Simulasi dilakukan dengan menggunakan Ansys Fluent untuk mensimulasikan hambatan kapal pada perairan tenang. Panjang kapal divariasikan dari 10 hingga 12 meter dengan lambung Monohull (Type 1) dan Semitrimaran. Kecepatan 6 hingga 10 knot. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa kapal Monohull 12 meter unggul dari semua jenis yang diujikan pada kecepatan 6, 8, 9, dan 10 knot sehingga dapat disimpulkan merupakan desain paling optimal pada penelitian ini.

Flat plate ships are one of the solutions to the application of ship manufacturing technology that allows fishermen to have ships made of steel at relatively low prices. However, because the shape of the hull is not streamlined, it causes high resistance so that in its operation flat plate ships tend to be more fuel-intensive. Therefore, to overcome this problem, it is necessary to optimize the shape of the flat plate ship in order to have better performance. In this study, optimization was carried out using the Trial and Error method by varying the ratio of the length and width of the 5 GT fishing vessel. Simulations are carried out using Ansys Fluent to simulate ship resistance in calm waters. Vessel length varies from 10 to 12 meters with Monohull (Type 1) and Semitrimaran hulls. Speed 6 to 10 knots. From the results of the study, it was found that the 12 meter Monohull ship was superior to all types tested at speeds of 6, 8, 9, and 10 knots so that it could be concluded that it was the most optimal design in this study.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>