Ditemukan 140777 dokumen yang sesuai dengan query
Arief Wicaksono
"
ABSTRAKTesis ini membahas dimensi relasi berupa relational facilitators dan relational barrier yang dikomunikasikan pemustaka dan pustakawan dalam transaksi referensi di SMS Center Perpustakaan Nasional RI, dan membahas hubungan yang terbangun antara pemustaka dan pustakawan tersebut. Penelitian didasarkan pada teori bahwa suatu pesan mengkomunikasikan isi dan relasi secara simultan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain analisis isi. Sampel yang digunakan sebanyak 47 transaksi dari Mei 2012 - Mei 2016. Temuannya adalah Perpustakaan Nasional RI belum fokus untuk mengembangkan layanan referensi virtual, pustakawan berinteraksi tidak untuk mengembangkan hubungan dengan pemustaka, dan pustakawan mengisyaratkan melakukan praktek relasi kuasa atas pemustaka.
ABSTRACTThis thesis studied relational dimension relational facilitators and relational barrier that communicate by user and librarian in reference transaction at SMS Center National Library of Indonesia, and studied relation that build between them. Research is based on theory that every message is communicating content of information and relational dimension at the same time. This research is qualitative research with qualitative content analysis as research design. Sample in research is 47 of transaction from May 2012 May 2016. Findings of research is National Library of Indonesia was not yet focus to build virtual reference service, librarian was interact without purpose to building relation with user, and librarian was indicated did power practice on user."
2017
T47879
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Evans, G. Edward, 1937-
London : Libraries Unlimited , 2005
025.21 EVA d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rhoni Rodin
"Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pemustaka terhadap layanan rujukan di Perpustakaan STAIN Curup berdasarkan harapan dan persepsi pemustaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah LibQual+TM yaitu suatu metode untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan indicator pengukuran yaitu Affect of service (Sikap dan kemampuan petugas dalam melayani pemustaka), Information Control (Ketersediaan koleksi dan kemudahan akses informasi) dan Library as Place (Perpustakaan sebagai sebuah tempat). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kualitas layanan rujukan di Perpustakaan STAIN Curup belum memuaskan pemustaka. Hal ini ditunjukkan dengan cukup tingginya harapan responden terhadap layanan rujukan di Perpustakaan STAIN Curup yaitu 5,03 untuk minimum dan 6,94 untuk desired. Sedangkan persepsi responden adalah 4,81, yang berarti lebih rendah dari harapan. Kesenjangan (gap) antara harapan dan persepsi adalah -0,22 yang menunjukkan bahwa Adequacy Gap adalah negatif dan berada di bawah wilayah batas toleransi (Zone of telorance)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28957
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Feoni Youmil Karismawati Ws.
"Penelitian ini membahas mengenai kolaborasi antara writing center dan layanan referensi di Perpustakaan Sampoerna University. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan pustakawan dan mendeskripsikan persepsi mahasiswa dan tutor writing center mengenai potensi kolaborasi kedua layanan tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah memanfaatkan layanan di writing center, tutor writing center, dan pustakawan Perpustakaan Sampoerna University. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pustakawan siap dengan kolaborasi tersebut dilihat dari SDM dan koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan. Mahasiswa dan tutor pun menjelaskan bahwa kolaborasi layanan tersebut akan berkesinambungan dan menghasilkan suatu yang positif dalam membantu mahasiswa dalam penulisan karya ilmiahnya, namun harus didukung oleh kebijakan yang jelas dan terstruktur.
This study discusses the collaboration between writing center and reference service in Library of Sampoerna University. This study aims to see the readiness of librarians and to describe the perceptions of students and tutors of writing center about the potential collaboration of both services. The research is conducted using qualitative research method with descriptive studies. Informants in this research are students who have utilized the writing center, tutor of writing center, and librarian in Library of Sampoerna University. Sample selection technique is done by using purposive sampling technique. The results in this study show that librarians are ready for the collaboration, viewed from the human resources and collections owned by the library. Students and tutors explain that the collaboration of these services will be sustainable and it enables students to write paper easier as long as is supported by a clear and structured policy."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S68881
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Cassell, Kay Ann
Chicago: Neal-Schuman, an imprint of the American Library Association, 2013
025.52 CAS r
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Champaign, Illinois University of Illinois Graduate School of Library Science 1968, 1968
020.7 LIB
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rungkat, Thelma
Melbourne: ANCORA Press , 1997
020.709 58 RUN l
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Lailatur Rahmi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan pustakawan terhadap pemanfaatan sumber daya informasi referensi, perkembangan layanan referensi dan konsepnya, pemanfaatan media komunikasi dalam perkembangan layanan referensi serta mengungkapkan mitos dari perubahan paradigma pustakawan dalam perkembangan layanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, menggunakan analisis semiotik dalam analisis hasil wawamcara yang mengacu pada semiologi Roland Bathes signifikasi dua tahap denotasi dan konotasi sehingga dapat mengungkapkan mitos.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan layanan referensi diberikan dengan konsep yang lebih inovatif, melalui berbagai inovasi kegiatan layanan, yaitu Layanan Penelusuran Informasi, Layanan Referensi Elektronik, Layanan Electronic Delivery Services (EDS), Layanan Website Perpustakaan, Layanan Literasi Informasi (IL), Layanan Roadshow Perpustakaan, Layanan Digital Literasi Program (DLP), dan Layanan K-ATM. Pengembangan ini juga turut merubah paradigma pustakawan untuk lebih mendekatkan diri kepada pemustaka, mitos yang terungkap bahwa pustakawan bukan sekedar mengarahkan pengguna dalam telusur informasi (refer) bahkan menyampaikan kepada pemustaka informasi terbaru melalui pengiriman berbagai artikel up-date (deliver).
This research aims to analyze the paradigm of librarians on the development of reference services and to analyze further the use of communications media in the development of reference services at the Library of Indonesia University. This research uses descriptive qualitative method and uses semiotic analysis refers to Semiology of Roland Bathes about the significance of two stages denotation and connotation in analyzing the results of interviews. The results show that the reference librarians strive to be more actively close to the users of library, not only direct them in searching of information (refer), but also deliver the information by sending them various update articles (deliver). The development of library reference services, especially at college, through the transformation of information technology seems to be one of the competitive need to accompany the evelopment of science and library collections in the future."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T49321
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Katz, William A., 1924-
New York: McGraw-Hill, 2002
025.552 KAT i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Cook, Margaret G.
New York: The H.W. Wilson Company, 1963
028.8 COO n
Buku Teks Universitas Indonesia Library