Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 197455 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ismarli Muis
"Keputusan untuk menjadi wirausahawan didasari oleh dua alasan, yaitu atas dasar opportunity atau necessity. Umumnya, penelitian menunjukkan bahwa peluang keberhasilan wirausahawan opportunity lebih baik daripada wirausahawan necessity, namun penelitian-penelitian tersebut belum memberikan hasil yang konklusif. Fakta juga menunjukkan bahwa terdapat individu yang memulai berwirausaha atas dasar keterdesakan ekonomi, namun dapat menunjukkan keberhasilan dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Disertasi ini mengajukan argumen bahwa wirausahawan necessity juga memiliki peluang berhasil yang sama dengan wirausahawan opportunity. Dengan menggunakan kuesioner, faktor identitas wirausaha, entrepreneurial passion, pengenalan peluang, dan pengambilan risiko diuji pada kelompok wirausahawan necessity dan opportunity yang telah menunjukkan keberhasilan dalam aktivitas bisnisnya. Ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari keempat faktor tersebut pada wirausahawan necessity dan opportunity. Hasil penelitian mendukung argumen. Kondisi opportunity dan necessity hanya merupakan titik awal dalam memulai berwirausaha, kategorisasi ini seharusnya tidak dijadikan pembeda dalam memprediksi keberhasilan wirausaha individu. Lebih lanjut, cara kedua kelompok wirausahawan untuk mencapai keberhasilan memiliki dinamika sendiri-sendiri. Faktor kunci untuk memiliki kemampuan pengambilan risiko yang baik pada wirausahawan opportunity adalah entrepreneurial passion, sedangkan pada wirausahawan necessity adalah pengenalan peluang secara diciptakan.

The decision to become an entrepreneur is based on two conditions, opportunity or necessity. Most studies support that opportunity entrepreneurs more likely to succeed than necessity entrepreneurs, however conclusive results have not been reached. The fact also shows that there are individuals who are successful in his business despite the forced conditions. This study argues that necessity entrepreneurs have the same chance of success as his counterpart. Using questionnaires, entrepreneurial identity, entrepreneurial passion, opportunity recognition and risk taking allegedly play a significant role in determining entrepreneurial success, tested on both groups that has shown success in business activities. It was found that there is no significant difference of these four factors between both groups. The results support the argument. The condition of opportunity and necessity is only a starting point in start up businesses, this categorization should not be a differentiator in predicting the entrepreneurial success. Further, the ways in which both groups of entrepreneurs achieve success seem to differ according to their own dynamics, with risk taking factor as criterion. The key factor for having a good risk taking ability in opportunity entrepreneurs is entrepreneurial passion, whereas in necessity entrepreneurs is created opportunities recognition."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
D2321
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas
"Tesis ini membahas tentang Pengembangan Karakter Wirausaha pada program pengembangan masyakarat kewirausahaan Prasetiya Mulya Business School berlokasi di Cibeber, Cianjur-Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mitra yang didampingi oleh mahasiswa (tim builder) telah memiliki beberapa karakter wirausaha seperti kerja keras, pantang menyerah dan berani mengambil resiko yang diperoleh dari pengalaman bekerja dan berwirausaha sebelumnya, dan melalui program comdev karakter wirausaha mitra makin dikembangkan dan ditambah sehingga ketika proses kewirausahaan berlangsung mitra dapat tumbuh menjadi wirausahawan yang berhasil.

This thesis discusses the Entrepreneurial Character Development in an entrepreneurial society development programs by Prasetiya Business School located in Cibeber, Cianjur, West Java. This study used a qualitative approach with case study research. While data collection using in-depth interviews. The results of this study indicate that the partner is accompanied by a student (builder team) has had some entrepreneurial character like hard work, driven and willing to take risks derived from the experience of previous work and entrepreneurship, and through program partners comdev entrepreneurial character more developed and added to entrepreneurial process takes place when the partners can grow to be a successful entrepreneur."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paruntung, Abigail Thyca
"UMKM memiliki peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu perlu diperhatikan faktor-faktor yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan bisnis dalam UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skema, efikasi diri, ikatan sosial yang lemah, ikatan sosial yang kuat, mentor, dinamisme pasar, heterogenitas pasar, dukungan pasar terhadap Entrepreneurial Opportunity Recognition UMKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan single cross-sectional. Data primer diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner terstruktur dalam skala Likert yang kemudian dianalisis dengan metode regresi. Hasil analisis membuktikan bahwa skema, mentor, heterogenitas pasar dan akses pasar secara signifikan berpengaruh positf terhadap Entrepreneurial Opportunity Recognition.

SME play an important role in the growth of the Indonesian economy. Therefore SME industry is needed to be addressed in order to have more understanding about the factors that are contributing towards its business growth. This study investigates the perceived importance of schema, self efficacy, weak ties, strong ties, mentor, market dynamism, market heterogeneity and market munificence to Entrepreneurial Opportunity Recognition in SME under State Minister For Cooperatives Small And Medium Enterprises. An empirical survey was conducted through a structured questionnaire in Likert scale which were analyzed by regression. The results of the analysis prove that schema, mentor, market heterogeneity and market munificence is positively related to Entrepreneurial Opportunity Recognition for SME's. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47774
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dirga Akbar Sumardi
"Pekerja migran adalah salah satu pemberi pendapatan terbesar bagi Indonesia dari hasil remitansi, yang ketika mereka kembali membawa hasil remitansi yang perlu dimaksimalkan. Pekerja migran yang kembali ke Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Untuk memaksimalkannya, salah satunya adalah menjadi wirausaha. Penelitian ini memiliki tujuan dalam melihat bagaimana aspek yang mempengaruhi atribut keputusan individu untuk berwirausaha pada purna PMI. Atribut tersebut adalah locus of control internal dan eksternal, entrepreneurial intention, dan individual entrepreneurial orientation. Hasil dari penelitian ini adalah variabel locus of control internal, individual entrepreneurial orientation, dengan dimediasi oleh entrepreneurial intention mempengaruhi opportunity recognition, dan locus of control eksternal tidak mempengaruhi kemampuan opportunity recognition pada kewirausahaan PMI.

Migrant workers are one of Indonesia's biggest recipients of remittances, which recompiles them to produce remittances that need to be maximized. Migrant workers returning to Indonesia have great potential for development. To maximize it, one of them is to become an entrepreneur. This study aims to look at how the attributes of factors that influence the decision of individuals to become entrepreneurs at PMI. These attributes are internal and external locus of control, entrepreneurial intentions, and individual entrepreneurial orientation. The results of this study are internal locus of control variables, individual entrepreneurial orientation, mediated by entrepreneurial intentions affecting recognition of opportunities, and external locus of control does not affect the ability to recognize opportunities in PMI entrepreneurship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T55095
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arfani Fadlil
"Menjadi seorang wirausahawan memiliki pengaruh yang baik dalam membantu para PMI untuk mengelola uang yang didapatkan dari hasil bekerja di luar negeri, agar uang tersebut berputar dan mereka bisa memiliki peningkatan pendapatan hingga kualitas hidup secara berkelanjutan. Dari hasil penelitian-penelitian terdahulu diketahui bahwa locus of control, entrepreneurial self-efficacy dan entrepreneurial intention dapat berpengaruh terhadap kemampuan opportunity recognition yang dimiliki PMI untuk memulai wirausaha. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survey hingga mendapat 202 orang PMI yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa locus of control positif tidak signifikan dan entrepreneurial self-efficacy berpengaruh signifikan negatif terhadap entrepreneurial intention dan keduanya berpengaruh positif signifikan terhadap opportunity recognition. Entrepreneurial intention berpengaruh positif signifikan terhadap opportunity dan memediasi sempurna pada locus of control dan opportunity recognition serta memediasi secara parsial signifikan terhadap entrepreneurial self-efficacy dan opportunity recognition.

Becoming an entrepreneurs have a good influence in helping PMIs to manage the money they get from working abroad, so that the money goes round and they can have an increase in income to a sustainable quality of life. From the results of previous studies, it is known that locus of control, entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial intention can affect PMI's ability to have opportunity recognition to start an entrepreneur. Data collection was carried out by conducting a survey to obtain 202 PMI people in East Nusa Tenggara Province and then the data obtained were processed using Structural Equation Modeling. The results showed that positive locus of control was not significant and entrepreneurial self-efficacy had a significant negative effect on entrepreneurial intention and both had a significant positive effect on opportunity recognition. Entrepreneurial intention has a significant positive effect on opportunity and mediates perfectly on locus of control and opportunity recognition as well as partially significant mediation on entrepreneurial self-efficacy and opportunity recognition"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
F.D. Wara Timur Hayuwardhani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang dengan self-efficacy terhadap motivasi berwirausaha pada mahasiswa perguruan tinggi program magister. Penelitian dilakukan pada 211 orang mahasiswa program magister manajemen dengan menggunakan model persamaan struktural. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel self-efficacy terhadap variabel motivasi berwirausaha lebih kecil daripada pengaruh tidak langsug self-efficacy terhadap motivasi berwirausaha melalui variabel persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang. Hasil ini sekaligus memperkuat hasil-hasil penetitian sebelumnya bahwa persepsi terhadap kemampuan mengenali peluang sebagai faktor kognitif berperan positif dalam mempengaruhi minat seseorang untuk berwirausaha. Dengan demikian, persepsi terhadap kemarnpuan mengenali peluang lebih berperan daripada self-efficacy dalarn mendorong seseorang untuk berwirausaha.
Saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya adalah: (1) mengingat besarnya pengaruh persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang terhadap pilihan karir usaha mandiri, perlu diberikan pelatihan-pelatihan atau materi mengenai kewirausthaan di sekotah-sekolah, (2) penelitian dapat dilakukan pada mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lain balk negeri maupun swasta, sehingga dapat diperoleh gambaran yang lebih komprehensif, (3) penelitian mengenai pengaruh kreativitas, pngetahuan sebelurnnya (prior knowledge) dan faktor kognitif seperti peran mental skema terhadap persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang perlu dilakukan mengingat dalam penelitian ini yang diuji hanyalah kewaspadaan (allertness), (4) penelitian lanjutan mengenai hubungan yang sating mempengaruhi antara perspesi rnengenai kernampuan mengenali petuang dan self-eficacy motivasi berwirausaha dan (5) Teknik wawancara mendalarn dan focus group discussion dapat digunakan untuk melengkapi hasil penelitian, karena dalam penelitian ini kedua hal tersebut belum dilakukan.

The purpose of this study is to examine the influence of perception of opportunity recognition ability and self-efficacy to entrepreneurial motivation on university students of magister program. This study administered the measure of structural equation modelling to 211 students of magister management program. Results showed that the direct influence of self-efficacy variable is smaller than the indirect influence of self-efficacy to entrepreneurial motivation through variable of perception of opportunity recognition ability. The result is strengthening the prior result that perception of opportunity recognition ability as cognitive factor had positive role in influencing people's interest to entrepreneurship. Thus, perception of opportunity recognition ability has more important role than self-efficacy in pursuing individual to become an entrepreneur.
Suggestions for future research are: (1) since the important role of perception of opportunity recognition ability to entrepreneurial motivation, it is recommended to have trainings and entrepreneurial material program at schools, (2) study could be conducted on student of the other private and state universities, in order to obtained more comprehensive output, (3) it is needed to study about the role of creativity, prior knowledge and other cognitive factors such as schema mental to opportunity recognition because of the only factor of allertness that has been examined in this study, (4) further research to study mutual-relationship of perception of opportunity recognition and self-efficacy, and (5) depth interview and focus group discussion techniques could be used to add the results of this study.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
T34341
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Eli Tri Subekti
"Saat ini semakin meningkat partisipasi masyarakat Indonesia dalam dunia usaha yang mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Salah satu partisipasi masyarakat adalah membangun usaha yang independen tidak terikat atau berada di bawah organisasi atau perusahaan besar. Usaha yang umum didirikan berawal dari usaha mikro yang mana bisa dibangun dengan modal yang relatif kecil. Peneliti ingin meneliti faktor yang mengarahkan wirausahawan di sektor usaha mikro kepada kesuksesan usaha dan kepuasan hidup. Maka timbul pertannyaan mengenai hubungan antara entrepreneurial attitude, entrepreneurial competencies, entrepreneurial success, dan life satisfaction. Untuk mengetahui hubungan-hubungan itu, peneliti mengumpulkan data dari responden melalui kuesioner. Terhadap kuesioner dilakukan pretest untuk mengetahui reliabilitas dan validitasnya. Pengolahan data valid dilakukan dengan menggunakan Software LISREL 8.51 untuk melakukan analisis Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif antara variabel-variabel yang diuji kecuali pada hubungan entrepreneurial attitude dengan life satisfaction. Hasil tersebut mendukung penelitian sebelumnya yang menyatakan terdapat hubungan positif langsung antara kesuksesan usaha dan kepuasan hidup.

Currently Indonesia has increased public participation in the entrepreneurship to support the country's economic growth . One of participation is to build an independent business that is not bound or are under great organization. A common set of business originated from micro enterprises which can be constructed with a relatively small capital. Researcher wanted to examine the factors that lead to entrepreneurial success and life satisfaction among entrepreneurs in the micro business sector. Researcher want to know about relationship between entrepreneurial attitude, entrepreneurial competencies, entrepreneurial success, and life satisfaction . To determine the relationships, the researcher collected data from respondents through a questionnaires. To the pretest questionnaires was conducted to determine the reliability and validity. The valid data is processed by using software LISREL 8.51 to analyse Structural Equation Modeling . The results showed a positive relationship between the variables tested except entrepreneurial attitude’s relationship with life satisfaction . These results support previous research that states there is a direct positive relationship between business success and life satisfaction"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khansa Shafira Syarif
"Previous studies found that culture significantly affects innovation in different settings. Nevertheless, the extensive body of literature places greater emphasis on the presumption that a country's culture is unified across the nation. Hence, the examination of this research holds particular significance within the context of Indonesia, a multicultural nation comprises of numerous distinct ethnicities and sub-ethnicities. The aim of this study is to examine the influence of Hofstede’s cultural dimension on the entrepreneurial innovativeness (EI) of East Javanese and Sundanese entrepreneurs. This study applies Hofstede's cultural dimensions: power distance, masculinity, uncertainty avoidance, collectivism, long-term orientation, and indulgence on entrepreneurs. Using the sub-ethnicities East Javanese and Sundanese as cases in point, the data from online survey were analyzed using simple regression technique for partial influence and multiple regression for the simultaneous influence of the six dimensions. To have a more comprehensive outlook of the findings, the Mann-Whitney U test and crosstabs were applied to each sub-ethnicity cultural dimension.

Literatur yang ada telah menunjukkan bahwa budaya memiliki dampak yang signifikan terhadap inovasi pada suatu perusahaan atau negara. Namun, literatur yang ada lebih banyak fokus pada asumsi bahwa sebuah negara tersusun atas satu budaya yang sama. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi menarik untuk diteliti di negara multikultural seperti Indonesia yang memiliki ratusan etnik dan budaya berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komparatif nilai budaya nasional terhadap entrepreneurial innovation (EI) pada pengusaha Jawa Timur dan Sunda. Penelitian ini menggunakan teori Hofstede yang meneliti kebudayaan nasional menggunakan enam dimensi, yaitu: power distance, masculinity, uncertainty avoidance, collectivism, long-term orientation, and indulgence. Dengan melakukan online survey pada para pengusaha Jawa Timur dan Sunda, data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknis analisis regresi sederhana untuk melihat pengaruh aspek budaya secara parsial dan regresi berganda untuk melihat pengaruh aspek budaya secara bersama-sama terhadap EI. Uji beda berdasarkan tes Mann-Whitney dan tabel silang dilakukan terhadap masing-masing kelompok responden untuk memberikan pemahaman terhadap hasil yang lebih baik."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Syaiful Panigoro
"Pentingnya pekerja migran bagi perekonomian Indonesia dapat dilihat dari banyaknya remitansi yang diberikan oleh mereka selama bekerja di luar negeri. Namun, ketika mereka kembali ke Indonesia, sangat sedikit yang menggunakan pendapatan mereka saat bekerja di luar negeri untuk memulai bisnis di kampung halaman mereka. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh yang paling signifikan bagi pekerja migran pasca kerja untuk mulai berwirausaha di kampung halamannya. Untuk mengetahui pengaruh opportunity recognition dan entrepreneurial self-efficacy terhadap intensi berwirausaha para mantan pekerja migran Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji peran moderasi subjective norms dan perceived behavioral control terhadap hubungan antara opportunity recognition, entrepreneurial self-efficacy dan intensi berwirausaha. Data dikumpulkan dari 302 responden para mantan pekerja migran Indonesia yang tinggal di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur pada Juni 2020. Analisis regresi hierarki digunakan untuk menguji efek moderasi dan hipotesis yang diajukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opportunity recognition berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausaha, tetapi entrepreneurial self-efficacy tidak berpengaruh terhadap niat berwirausaha. Di sisi lain, subjective norms memiliki pengaruh terhadap hubungan antara opportunity recognition dan intensi berwirausaha. namun tidak untuk entrepreneurial self-efficacy. Sedangkan perceived behavioral control tidak memiliki pengaruh terhadap hubungan antaraopportunity recognition, entrepreneurial self-efficacy dan intensi berwirausaha.

The importance of migrant workers to the Indonesian economy can be seen from the number of remittances given by them while working abroad. Still, when they return to Indonesia, very few use their income while working abroad to start a business in their hometown. This study will analyze the most significant influences for post migrant workers to start becoming entrepreneurs in their hometowns. To investigate the impact opportunity recognition and entrepreneurial self-efficacy on entrepreneurial intention of former Indonesian migrant worker. This paper also examines the moderating role of subjective norms and perceived behavioral control. Data were collected from 302 respondents of post Indonesian migrant worker at West Nusa Tenggara and East Nusa Tenggara in June 2020. Hierarchical regression analysis was used to test the moderating effect and the proposed hypotheses using SPSS software. The result showed that opportunity recognition show a significant positive impact on entrepreneurial intention, but entrepreneurial self-efficacy does not show a impact on entrepreneurial intention. On the other hand, subjective norms have an influence on the relationship between opportunity recognition and entrepreneurial intentions. but not for entrepreneurial self-efficacy. Meanwhile, perceived behavioral control has no effect on the relationship between opportunity recognition, entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial intentions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bernadine Trisha Leoni
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan ingin mengetahui faktor yang mempengaruhi performa keuangan UMKM, yaitu dari sisi gaya pengambilan keputusan wirausahawan, dan faktor mediasinya, yaitu entrepreneurial ecosystem. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan para wirausahawan atau pelaku UMKM di Indonesia yang berada di Jakarta, Jawa, dan Bali dan tergabung dalan komunitas IBAN (Indonesia Brand Activist Network). Terdapat 165 responden yang terkumpul dengan menggunakan metode purposive sampling. Kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan dampak gaya pengambilan keputusan pada performa keuangan UMKM dan membantu para UMKM memahami pentingnya ekosistem dan latar belakang individu dalam keberlangsungan usaha. Gaya pengambilan keputusan direpresentasikan oleh rational, intuitive, dependent, spontaneous, dan avoidant. Dimana, wirausahawan dengan gaya pengambilan keputusan rational, intuitive, dependent, dan spontan memiliki dampak yang lebih kuat pada performa keuangan UMKM yang baik, dibandingkan avoidant. Walaupun, tidak ada gaya pengambilan keputusan yang paling menonjol, karena memiliki lebih dari satu gaya bukan fenomena umum. Entrepreneurial ecosystem disini direpresentasikan oleh educational institutional support, regional entrepreneurial culture, dan business and social network, dimana terbukti menjadi mediasi antara gaya pengambilan keputusan dan performa keuangan, kecuali regional entrepreneurial culture. Penelitian ini diharapkan dapat membantu UMKM memahami penggunaan gaya pengambilan keputusan terhadap keputusan bisnisnya.

This research was conducted with the aim of knowing the factors that influence the financial performance of MSMEs, namely in terms of entrepreneurial decision-making style, and the mediating factor, namely entrepreneurial ecosystem. The sample used in this study are entrepreneurs or MSMEs in Indonesia who are in Jakarta, Java and Bali and are members of the IBAN community (Indonesia Brand Activist Network). There were 165 respondents collected using purposive sampling method. Then processed and analyzed using Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). The results of this study show the impact of decision-making style on the financial performance of MSMEs and help MSMEs understand the importance of ecosystems and individual backgrounds in business continuity. Decision making styles are represented by rational, intuitive, dependent, spontaneous, and avoidant. Where, entrepreneurs with rational, intuitive, dependent, and spontaneous decision-making styles have a stronger impact on the good financial performance of MSMEs, compared to avoidants. Although, there is no predominant decision-making style, because having more than one style is not a common phenomenon. Entrepreneurial ecosystem here is represented by educational institutional support, regional entrepreneurial culture, and business and social networks, which are proven to mediate between decision-making style and financial performance, except for regional entrepreneurial culture. This research is expected to help MSMEs understand the use of decision-making styles for their business decisions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>