Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 94095 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wike Handini
"ABSTRAK
Penelitian ini didasarkan pada terjadinya distorsi torsi pada generator magnet permanen saat generator tersebut berputar yang menimbulkan getaran dan derau dan dapat menyebabkan berkurangnya usia mesin, terutama pada penggunaan penggerak langsung. Salah satu cara untuk mengurangi distorsi torsi berupa riak torsi adalah dengan mengubah rancangan konvensional dari struktur stator dan rotor mesin tersebut. Dengan demikian, metode untuk mengurangi riak torsi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan memotong ujung/tepi magnet berbentuk busur yang dinamakan magnet bertepi busur atau edge-rounded magnet ERM . Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model torsi elektromagnetik dari generator magnet permanen inset dengan ERM sehingga didapatkan riak torsi minimal. Maka diterapkanlah metode tersebut pada generator magnet permanen inset 24 alur 16 kutub dan dibandingkan dengan model dasar tanpa ERM untuk mendapatkan model dengan riak minimal. Perhitungan riak torsi dengan metode torsi rata-rata mendapatkan bahwa riak terendah dicapai oleh generator magnet permanen dengan ERM 2,2 mm yaitu sebesar 2,59 , jauh lebih rendah dibandingkan model dasar 29,87 . Metode least square juga mendapatkan hasil yang sama, model ERM 2,2 mm mempunyai riak terendah sebesar 0,18 dibandingkan model dasar 46,28 . Dengan demikian, modifikasi edge-rounded magnet berhasil memperkecil riak torsi pada generator magnet permanen inset. Dengan riak torsi yang jauh lebih kecil, maka getaran pada generator tersebut juga akan ikut berkurang, walaupun hasil perhitungan mendapatkan bahwa daya keluaran dan efisiensi ERM 2,2 mm hanya sedikit lebih tinggi dibandingkan model dasar. Daya keluaran generator magnet permanen inset dengan ERM 2,2 adalah 1881,487 W, lebih tinggi 8,54 W dari model dasar 1872,948 W , sedangkan efisiensi ERM 2,2 mm adalah 94,07 hanya naik 1,42 dari model dasar 93,65 .

ABSTRACT
This study is based on the distortion of torque on a permanent magnet generator when the generator is rotating which causes vibration and noise, and can be responsible to reduce the engine life, particularly in the use of direct drive. One alternative to reduce torque distortion in the form of torque ripple is to change the established design of the stator and the rotor structure of the machine. Therefore, the method for reducing the torque ripple carried out in this study is by cutting off an arc shaped magnetic edge called edge rounded magnet ERM . The objective of this study is to develop the model of electromagnetic torque from inset permanent magnet generator with ERM, to obtain the minimum torque ripple. Then applied the method to a permanent magnet generator inset 24 slots 16 poles and compared with the basic model without ERM to get the model with minimal ripple. The computation of torque ripple with the average torque method found that the lowest ripple was carried out by a inset permanent magnet generator with ERM 2.2 mm of 2.59 , much lower than the base model 29.87 . The least square method also got the same result, the ERM 2.2 mm model takes the lowest ripple of 0.18 being comparable to the basic model 46.28 . Therefore, edge rounded magnetic modification strongly minimizes the torque ripple on the inset permanent magnet generator. With a substantial less torque ripple, the vibrations on the generator will similarly decrease, although the calculation results show that the output power and efficiency of ERM 2.2 mm are merely slightly higher than the base model. The output power of permanent magnet generator with ERM 2.2 mm is 1881.487 W, 8.54 W higher than the base model 1872.948 W , while the efficiency of ERM 2.2 mm is 94.07 only up 1.42 from the base model 93.65 ."
2017
D2320
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wike Handini
"This study reports a novel strategy for minimizing torque ripple in a radial flux inset permanent magnet (RFIPM) generator by using a geometric modification of the magnet poles. We simulate the design of three different types of edge-rounded magnet (ERM) poles using finite element method magnetics (FEMM) software for a 16 poles and 24 slots RFIPM generator. We found that the edge-rounding of magnet poles significantly lowered the torque ripple of the generator with a reduction of about 74% (torque ripple of 7.76%). In addition, the modified RFIPM generator exhibited enhanced flux density uniformity in the air-gap of the generator (up to ~ 48.8%), leading to a smoother line of flux density."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2018
UI-IJTECH 9:3 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Mujahid Satrio Negoro
"ABSTRAK
Torsi cogging yang semakin besar akan meningkatkan kecepatan start-up dari sebuah turbin angin dan menghambat momen inersia. Pada akhirnya, akan mempengaruhi banyaknya energi yang dikonversi menjadi listrik. Oleh karena itu, skripsi ini menjabarkan sebuah metode untuk mereduksi torsi cogging pada GSMP dengan modifikasi pada permukaan inti gigi statornya. Modifikasi berupa pemberian cekukan dengan jumlah dan dimensi yang divariasikan untuk mendapatkan konfigurasi yang terbaik. Kemudian, setelah analisis berdasarkan torsi cogging tambahan yang tercipta dengan pemberian cekukan, dilakukan modifikasi lanjutan berupa pemberian tonjolan pada kedua pinggiran setiap inti gigi stator. Pada penelitian ini, digunakan perangkat lunak berbasis FEM (Finite Element Method) untuk mensimulasikan. Hasil simulasi menunjukkan, dengan hanya pemberian cekukan, reduksi torsi cogging mencapai 46.3% dengan efek samping berupa penurunan tegangan induksi sebesar 4.00%, dan penurunan THD (Total Harmonic Distortion) menjadi 11.97% dari sebelumnya 12.61%. Sedangkan, setelah penambahan tonjolan pada pinggiran setiap gigi inti stator, reduksi mencapai 66.1% dengan efek samping berupa penurunan tegangan induksi sebesar 1.16% dan peningkatan THD menjadi 12.68%.

ABSTRACT
Greater cogging torque result in higher start-up speed of the wind turbine and also inhibit the inertia, which are both of them will affect the amount of energy that is converted into electricity. Therefore, this thesis proposes a method to reduce the cogging torque in PMSG, which is achieved by notches on the surface of the tooth stator core. The number and dimensions of the notches are considered as parameters which are modified in order to obtain the best possible configuration. Later on, an analysis based on the additonal cogging torque that is created by the notches, result in an idea to add two bulges on the edge of the tooth stator core and considered in this thesis as an advanced modification. The change in induction voltage and THD are also analyzed as side effects of the method that is proposed. In this research, FEM (Finite Element Method) software is used for the simulation. With notches, the simulation result shows 46.3% reduction of the cogging torque with 4.00% reduction of induction voltage and reduction of THD (Total Harmonic Distortion) to 11.97% from 12.61% at the initial model. While after adding two bulges on the edge of the tooth stator core, the cogging torque reduction reach 66.1% with only 1.16% reduction of induction voltage and increase in THD to 12.68%.
"
2015
S59631
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Yudha Sasmita Putra
"Motor BLDC merupakan salah satu jenis motor listrik yang penggunaannya sudah luas di berbagai aplikasi karena keunggulannya. Namun, motor BLDC memiliki kekurangan yaitu adanya getaran dan noise pada motor akibat torsi cogging sehingga harus dihilangkan. Oleh karena itu, dilakukan reduksi torsi cogging pada motor BLDC 12 alur 8 kutub dengan menggunakan metode segmentasi kutub magnet permanen. Parameter dari metode yang diteliti ini adalah lebar magnet permanen dan jarak antar segmen magnet dari setiap kutubnya.
Diperoleh hasil bahwa metode segmentasi kutub magnet permanen dapat mereduksi torsi cogging secara signifikan bila posisi segmen magnet terhadap stator tepat. Desain modifikasi dengan torsi cogging terkecil diperoleh dari kutub yang disegmentasi dengan lebar sudut magnet permanen 33,6o dan jarak antar segmen sebesar 5,25o, menghasilkan torsi cogging sebesar 0,023 Nm dengan besar reduksi sebesar 90,83 dari nilai torsi cogging awal motor yaitu sebesar 0,251 Nm.

BLDC motor is one type of electric motor which becoming widely used in many applications because of its predominance characteristics. However, BLDC motors have drawbacks which is vibration issues and noise caused by the cogging torque, so it should be minimized. Therefore, cogging torque on motor BLDC 12 slot 8 pole had been reduced by using permanent magnet segmentation method. Parameters that had been studied are permanent magnet width and distance between magnet segment on each rotor pole.
The result is minimum cogging torque can be obtained when the position of magnet segment relative to stator is appropriate. Modified design with minimum cogging torque is achieved from pole that had been segmented with permanent magnet width 33,6o and distance between magnet segment is 5,25o, which produces cogging torque of 0,023 Nm with a reduction of 90,83 from its original design which produces cogging torque of 0,251 Nm.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69253
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Dzul Faiq Murtadlo, auhor
"Seiring perkembangan waktu, dibutuhkan motor yang memiliki sifat yang diinginkan, seperti memiliki kecepatan yang tinggi, efisiensi yang tinggi, dan biaya perawatan motor yang rendah. Hal-hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara merancang motor yang diinginkan. Dalam merancang motor, perbedaan bahan material dan bentuk dimensi motor sangat berpengaruh dalam keluaran yang dihasilkan oleh motor.
Pada skripsi ini, dibandingkan hasil keluaran motor pada setiap variasi motor yang memiliki bahan magnet permanen dan panjang motor yang berbeda. Bahan permanen magnet yang digunakan adalah Ceramic 10, Samarium Cobalt: 18/30, dan Neodymium Iron Boron: 28/23. Sedangkan variasi panjang motor adalah 50 mm, 60 mm, 70mm, dan 80 mm.
Untuk mencapai nilai torsi 5,5 Nm, motor dengan magnet permanen Neodymium Iron Boron: 28/23 adalah yang terbaik karena hanya memerlukan panjang sebesar 50 mm. Pada motor dengan panjang 80 mm, motor terbaik adalah motor dengan magnet permanen berbahan Neodymium Iron Boron: 28/23 karena memiliki nilai torsi maksimal terbesar, yakni 8,89 Nm.

Over the years, it takes a motor that has the characteristic of being desired, such as high speed, high efficiency, and low maintenance cost. These things can be realized by designing motors. In motor design, the difference in materials and motor dimension is very influential in the output of motor.
This paper compared the output of motor at each variation of the motor which has different permanent magnet material and different stack length. Permanent magnet material that used are Ceramic 10, Samarium Cobalt: 18/30, and Neodymium Iron Boron: 28/23. While the variaton of the stack length are 50 mm, 60 mm, 70 mm, and 80 mm.
To achieve torque 5,5 Nm, motor with permanent magnet made of Neodymium Iron Boron: 28/23 is the best because just needed motor with stack length 50 mm. On motor with stack length 80 mm, motor with permanen magnet made of Neodymium Iron Boron: 28/23 also is the best because it has biggest torque, the value is 8,89 Nm.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63249
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deniza Riski Vianggi
"Motor Arus Searah Tanpa Sikat MASTS Magnet Permanen disebut juga dengan motor BLDC Brushless Direct Current Motor adalah salah satu jenis motor listrik yang mulai banyak dipergunakan pada industri. Salah satu parameter yang menentukan pengoperasian MASTS adalah torsi cogging, dalam hal ini MASTS dalam kondisi beban penuh. Metode yang digunakan untuk mengurangi nilai torsi cogging dalam studi ialah melakukan pergeseran kutub magnet pada rotor. Berdasarkan, simulasi yang dilakukan berbasis computer dengan menggunakan bantuan perangkat lunak yaitu MagNet yang berbasis FEA Finite Element Analysis, didapatkan sudut pergeseran optimum sebesar 5o. Secara grafis, terlihat bahwa torsi dengan pergeseran ini menghasilkan gelombang yang lebih halus dengan ripple yang lebih sedikit.

BLDC Brushless Direct Current Motor or in Bahasa called Motor Arus Searah Tanpa Sikat MASTS Magnet Permanen is one of electric motors that are used nowadays especially in industrial district operational because of its many superirority. One of its parameters that affects BLDC motors operation is cogging torque, which in this case will be focused on full load condition. On this thesis there will be simulated one of several ways to reducing cogging torque, that is magnetic pole shifting on motor's rotor. By computer based simulation with FEA Finite Element Analysis basic software called MagNet, minimum cogging torque and optimum output torque achieved by the shifting of magnet with 5o. In which, by graphic analysis were shown that the torques have smoother wave with less ripples detected."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tole Sutikno
"Torsi elektromagnetik pada motor sinkron magnet permanen (PMSM) adalah proporsional dengan sudut antara fluks gandeng stator dan rotor. Oleh karena itu, tanggapan dinamik tinggi dapat dicapai dengan cara kendali torsi langsung (DTC). Keunggulan utama dari DTC adalah strukturnya yang sederhana, karena tak memerlukan transformasi koordinat dan pembangkitan sinyal modulasi lebar pulsa. Namun demikian, riak torsi dan arus yang tinggi menjadi masalah utama dari kendali torsi langsung (DTC) untuk kemudi motor sinkron magnet permanen (PMSM).
Paper ini menghadirkan skema DTC baru dengan pengendali torsi frekuensi switching konstan (CSFT) untuk mereduksi riak torsi. Perbandingan unjuk kerja riak torsi pada skema- skema DTC dasar dan skema DTC- CSFT akan dievaluasi. Paper ini juga akan menjelaskan konstruksi skema -skema DTC yang diimplementasikan menggunakan blok-blok MATLAB-Simulink. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi switching konstan dan reduksi riak torsi dapat dicapai dengan skema DTC-CSFT. Skema DTC yang diusulkan ini dapat mereduksi riak torsi hingga 90%.

The electromagnetic torque in a Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) is proportional to the angle between the stator and rotor flux linkages. Therefore, high dynamic response can be achieved by means of Direct Torque Control (DTC). The main urgent of DTC is its structure simplicity, since no coordinate transformations, and no pulse Width Modulation (PWM) generation are required. However, high torque and current ripple is produced when making use of full voltage vectors in basic Direct Torque Control (DTC) for Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) drive.
This paper presents Constant Switching Frequency Torque Controller (CSFT) of a new DTC scheme of PMSM drives to reduce torque ripple. The comparison of torque ripple performance obtained in basic DTC schemes and DTC-CSFT scheme will be evaluated. This paper also will explain the construction of DTC schemes implemented using MATLAB-Simulink blocks. Simulation result has been shown that a constant switching frequency and reduction of torque ripple can be achieved through the DTC-CSFT scheme. This proposed DTC scheme has been reduced torque ripple until 90%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Maria Vianey Iwan Santoso
"Untuk sebuah City Car, diperlukan motor dengan desain yang optimal guna menghasilkan keluaran yang mempunyai efisiensi tinggi. Interior Permanent Magnet (IPM) menjadi sebuah pilihan yang cocok karena mempunyai efisiensi yang tinggi dan tahan lama. Tidak hanya itu, inovasi terhadap rancangan rotor menggunakan barrier juga dirancang dan diuji untuk melihat performa pada torsi yang dihasilkan. Dalam skripsi ini, membahas rancang bangun, pemodelan, dan karakterisasi motor IPM dan analisis mendalam terhadap barrier untuk kebutuhan City Car. Penelitian ini mencakup proses perancangan motor IPM dan barriernya, seperti desain rotor dan stator dan winding. Motor IPM ini mempunyai daya 60 kW sesuai kebutuhan City Car pada umumnya, torsi yang diharapkan sekitar 200 Nm. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan motor dengan daya 30 kW. Rancang bangun dan analisis performa dilakukan dengan software Motor-Cad dan Magnet. Dengan data yang didapat, dilakukan kembali perubahan parameter atau optimasi untuk mencapai hasil yang diinginkan sehingga dapat dilakukan manufaktur pada desain yang telah dibuat.

For a City Car, a motor with an optimal design is needed to produce high efficiency output. Interior Permanent Magnet (IPM) is a suitable choice because it has high efficiency and is long lasting. Not only that, innovations in rotor design using barriers were also designed and tested to see the performance of the torque produced. In this thesis, we discuss the design, modeling and characterization of IPM motorbikes and in-depth analysis of barriers for City Car needs. This research covers the design process of IPM motors and their barriers, such as rotor and stator and winding designs. This IPM motor has a power of 60 kW according to the needs of a city car in general, the expected torque is around 200 Nm. Meanwhile, for the analysis, a motor with a power of 30 kW is used. Design and performance analysis were carried out using Motor-Cad and Magnet software. With the data obtained, parameter changes or optimization are carried out again to achieve the desired results so that manufacturing can be carried out on the design that has been created."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mukhdil Azka
"Skripsi ini membahas mengenai analisis perancangan dan simulasi generator sinkron magnet permanet (PMSG) fluks radial yang berbasis pada dimensi stator yang sudah ada, namun terdapat penambahan lubang udara pada rotor yang berfungsi sebagai pendingin atau cooling system. Simulasi dilakukan dengan menggunakan software FEMM 4.2. Fluks magnet yang dianalisis pada celah udara, gigi dan alur stator untuk mengetahui pola distribusi dan fluktuasi dari fluks magnet.
Hasil simulasi FEMM menunjukkan bahwa fluks magnet terdistribusi secara merata dan tidak terjadi konsentrasi fluks pada area tertentu yang dapat mengakibatkan panas serta sebaran fluks magnet tidak bocor kebagian inti poros. Tegangan induksi yang dihasilkan pada putaran 250 rpm dan frekuensi sumber tegangan 50 Hz sebesar 264.23 volt dengan efisiensi generator 62,37% untuk PMSG 24 kutub 12 lubang. Sedangkan tegangan induksi yang dihasilkan pada kondisi tidak berlubang sebesar 226,48 volt dengan efisiensi generator sebesar 55,04%.

This skripsi deals with the analysis of the design dan simulation of permanent magnet synchronous generator (PMSG) radial flux based on stator dimension that already exist, but the addition of air holes on the rotor serves as a cooling system. The simulation performed using software FEMM 4.2. The magnetic flux which analyzed the air gap and stator teeth, to know the pattern of distribution and fluctuation of magnetic flux.
FEMM Simulation results indicate that the magnetic flux distributed evenly and does not occur of flux concentration in a particular area which may lead to heat as well as the distribution of magnetic flux not leak into the core of shaft. Induction voltage generate on lap 250 rpm and vlotagesource frequency 50Hz of 264.23 volt with efficiency of the generator 62,37% for 24 pole 12 hole PMSG. While the induction voltage generated on condition not hollow of 257.15 volt with the efficiency of generator 61.63%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47069
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>