Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 208615 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tuti Indah Sari
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kopolimer cangkok DPNR-g-PAN/PS yang tahan terhadap DME dengan melakukan uji perendaman terhadap DME berdasarkan pengaruh rasio monomer akrilonitril dan stirena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa monomer akrilonitril AN dapat dicangkokkan pada karet alam dengan stirena ST sebagai ko-monomer. Dari karakteristik analisis spektrum dengan FTIR didapatkan gugus C N dan gugus benzena yang merupakan gugus dari poliakrilonitril PAN dan polistirena PS . Karakterisasi temperatur transisi gelas Tg dengan DSC menunjukkan bahwa nilai Tg kopolimer DPNR-g-PAN/PS lebih tinggi dari Tg DPNR. Dari karakteristik Efisiensi Cangkok EC didapatkan nilai tertinggi adalah 73,21 . Berdasarkan karakteristik cure didapatkan bahwa semakin kecil rasio AN/ST, nilai optimum cure semakin tinggi dan scorch time yang semakin rendah. Hasil dari sifat-sifat fisik tensile strength, elongation at break dan hardness menunjukkan keberhasilan kopolimerisasi. Pengujian DPNR dan DPNR-g-PAN/PS dilakukan dalam DME. Semakin besar komposisi monomer M dan AN, semakin kecil persentase swelling massa dan volume. Komposisi AN untuk swelling terendah adalah 92 . Komposisi ST optimal untuk memperkecil shrinkage adalah 20 . Swelling massa dan volume terrendah dicapai pada 23,14 dan 31,90 . Shrinkage massa dan volume terrendah dicapai pada masing-masing -3,64 dan -3,86 . Pada analisis spektrum FTIR karet vulkanisat, kemungkinan putusnya ikatan rangkap C=C hanya karena interaksi DME pada DPNR bebas. Hal ini yang menimbulkan terjadinya shrinkage. Kehadiran PAN sebagai polimer bebas dapat berfungsi sebagai penahan difusi, sehingga total PAN yang tergrafting dan PAN bebas dapat memperkecil swelling dan shrinkage. Pada perubahan sifat fisik, interaksi karet DPNR ataupun DPNR-g-PAN/PS dengan DME menyebabkan menurunnya nilai tensile strength, elongation at break dan hardness. Pada analisis SEM terlihat perbedaan yang terjadi akibat swelling dan shrinkage massa dan volume setelah perendaman. Pada pengujian perbandingan dengan Nitrile Butadiene Rubber NBR hasil menunjukkan bahwa daya tahan terhadap DME adalah NBR-1 < DPNR-g-PAN/PS < NBR-2. Dari hasil pengujian-pengujian dapat disimpulkan bahwa proses kopolimerisasi cangkok dapat meningkatkan daya tahan karet alam terhadap DME.

This study aims to obtain graft copolymer DPNR g PAN PS which is resistant to immersion DME. The immersion test of the DME based on the ratio acrylonitrile and styrene monomer. The results showed that the monomer acrylonitrile AN can be grafted on natural rubber with styrene ST as co monomer. From the characteristics of the FTIR spectrum analysis obtained C N groups and clusters of benzene which is a group of polyacrylonitrile PAN and polystyrene PS . Characterization of the glass transition temperature Tg by DSC shows that Tg values copolymer DPNR g PAN PS higher than Tg DPNR. The characteristics of the Grafting Efficiency GE obtained the highest value is 73.21 . Based on the cure characteristics, it was found that the smaller the ratio AN ST, the higher of the optimum cure and the lower scorch time. The results of the physical properties of tensile strength, elongation at break and hardness show success copolymerization. The immersion test DPNR and DPNR g PAN PS performed in DME. The larger the monomer composition M and AN, the smaller the percentage of swelling mass and volume. The composition of AN to the lowest swelling is 92 . ST optimal composition to minimize the shrinkage is 20 . The lowest of the swelling mass and volume reached at 23.14 and 31.90 respectively. Mass and volume shrinkage achieved at the lowest 3.64 and 3.86 respectively. In the FTIR spectrum analysis of vulcanized rubber, the possibility of the outbreak of the C C double bond simply because of the interaction of the DPNR free and DME. This has led to an shrinkage. The presence of PAN as a free polymer can serve as a diffusion barrier, so that the total PAN grafted and PAN free can reduce swelling and shrinkage. On the change of physical properties, interaction DPNR rubber or DPNR g PAN PS with DME caused a decline in the value of tensile strength, elongation at break and hardness. In the SEM analysis of visible differences that occur due to swelling and shrinkage of mass and volume after immersion. In comparative testing with a Nitrile Butadiene Rubber NBR results indicate that resistance to DME is NBR 1 DPNR g PAN PS NBR 2. From the results of the tests can be concluded that the graft copolymerization process can improve the resistance of natural rubber to the DME."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tuti Indah Sari
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kopolimer cangkok DPNR-g-PAN/PS yang tahan terhadap DME dengan melakukan uji perendaman terhadap DME berdasarkan pengaruh rasio monomer akrilonitril dan stirena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa monomer akrilonitril (AN) dapat dicangkokkan pada karet alam dengan stirena (ST) sebagai ko-monomer. Dari karakteristik analisis spektrum dengan FTIR didapatkan gugus CN dan gugus benzena yang merupakan gugus dari poliakrilonitril (PAN) dan polistirena (PS). Karakterisasi temperatur transisi gelas (Tg) dengan DSC menunjukkan bahwa nilai Tg kopolimer DPNR-g-PAN/PS lebih tinggi dari Tg DPNR. Dari karakteristik Efisiensi Cangkok (EC) didapatkan nilai tertinggi adalah 73,21%. Berdasarkan karakteristik cure didapatkan bahwa semakin kecil rasio AN/ST, nilai optimum cure semakin tinggi dan scorch time yang semakin rendah. Hasil dari sifat-sifat fisik tensile strength, elongation at break dan hardness menunjukkan keberhasilan kopolimerisasi. Pengujian DPNR dan DPNR-g-PAN/PS dilakukan dalam DME. Semakin besar komposisi monomer (M) dan AN, semakin kecil persentase swelling massa dan volume. Komposisi AN untuk swelling terendah adalah 92%. Komposisi ST optimal untuk memperkecil shrinkage adalah 20%. Swelling massa dan volume terrendah dicapai pada 23,14% dan 31,90%. Shrinkage massa dan volume terrendah dicapai pada masing-masing -3,64% dan -3,86%. Pada analisis spektrum FTIR karet vulkanisat, kemungkinan putusnya ikatan rangkap C=C hanya karena interaksi DME pada DPNR bebas. Hal ini yang menimbulkan terjadinya shrinkage. Kehadiran PAN sebagai polimer bebas dapat berfungsi sebagai penahan difusi, sehingga total PAN yang tergrafting dan PAN bebas dapat memperkecil swelling dan shrinkage. Pada perubahan sifat fisik, interaksi karet DPNR ataupun DPNR-g-PAN/PS dengan DME menyebabkan menurunnya nilai tensile strength, elongation at break dan hardness. Pada analisis SEM terlihat perbedaan yang terjadi akibat swelling dan shrinkage massa dan volume setelah perendaman. Pada pengujian perbandingan dengan Nitrile Butadiene Rubber (NBR) hasil menunjukkan bahwa daya tahan terhadap DME adalah NBR-1 < DPNR-g-PAN/PS < NBR-2. Dari hasil pengujian-pengujian dapat disimpulkan bahwa proses kopolimerisasi cangkok dapat meningkatkan daya tahan karet alam terhadap DME.

This study aims to obtain graft copolymer DPNR-g-PAN/PS which is resistant to immersion DME. The immersion test of the DME based on the ratio acrylonitrile and styrene monomer. The results showed that the monomer acrylonitrile (AN) can be grafted on natural rubber with styrene (ST) as co-monomer. From the characteristics of the FTIR spectrum analysis obtained CN groups and clusters of benzene which is a group of polyacrylonitrile (PAN) and polystyrene (PS). Characterization of the glass transition temperature (Tg) by DSC shows that Tg values copolymer DPNR-g-PAN/PS higher than Tg DPNR. The characteristics of the Grafting Efficiency (GE) obtained the highest value is 73.21%. Based on the cure characteristics, it was found that the smaller the ratio AN/ST, the higher of the optimum cure and the lower scorch time. The results of the physical properties of tensile strength, elongation at break and hardness show success copolymerization. The immersion test DPNR and DPNR-g-PAN/PS performed in DME. The larger the monomer composition (M) and AN, the smaller the percentage of swelling mass and volume. The composition of AN to the lowest swelling is 92%. ST optimal composition to minimize the shrinkage is 20%. The lowest of the swelling mass and volume reached at 23.14% and 31.90% respectively. Mass and volume shrinkage achieved at the lowest -3.64% and -3.86% respectively. In the FTIR spectrum analysis of vulcanized rubber, the possibility of the outbreak of the C=C double bond simply because of the interaction of the DPNR free and DME. This has led to an shrinkage. The presence of PAN as a free polymer can serve as a diffusion barrier, so that the total PAN grafted and PAN free can reduce swelling and shrinkage. On the change of physical properties, interaction DPNR rubber or DPNR-g-PAN/PS with DME caused a decline in the value of tensile strength, elongation at break and hardness. In the SEM analysis of visible differences that occur due to swelling and shrinkage of mass and volume after immersion. In comparative testing with a Nitrile Butadiene Rubber (NBR) results indicate that resistance to DME is NBR-1 < DPNR-g-PAN/PS < NBR-2. From the results of the tests can be concluded that the graft copolymerization process can improve the resistance of natural rubber to the DME."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
D1714
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tuti Indah Sari
"Graft copolymerization of an acrylonitrile monomer onto Deproteinized Natural Rubber (DPNR) is an important process in the modification of Natural Rubber (NR) to increase its oil resistance. However, coagulation at the beginning of the process was a problem causing a copolymerization foil to occur. The presence of a styrene monomer is therefore expected to improve the emulsion condition so that coagulation can be prevented in the early reaction step. For comparison purposes, the processes with and without styrene were investigated. The influence of the concentration of styrene as well as the ratio of the DPNR:monomer on the stabilization process were also observed. The results showed that the addition of styrene could improve the stabilization process as proven by Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR). The presence of the functional group of CºN at FTIR proved the production of the polyacrylonitrile in the mixture. The investigation showed that the concentration of styrene monomer, which led to the emulsion stability, is up to 1.5 wt% concentration of styrene at the ratio of DPNR:monomer (M) of 70:30 wt%."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2015
UI-IJTECH 6:7 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ferry Catur Andryanto
"Pada penelitian ini dilakukan pembuatan aditif peningkat indeks viskositas berbasis lateks karet alam (Deproteinized Natural Rubber) melalui reaksi kopolimerisasi lateks karet alam-stirena (LKA-Stirena) dengan menggunakan inisiator benzoil peroksida. Selanjutnya, LKA-Stirena yang terbentuk dilarutkan ke dalam xylena setelah dipisahkan dari homopolimer. Produk yang diperoleh diuji kemampuannya dalam meningkatkan indeks viskositas pada minyak lumas dasar HVI 160. Produk dilarutkan ke dalam pelarut untuk memperoleh aditif peningkat indeks viskositas. Sebanyak 5% aditif ditambahkan ke dalam minyak lumas HVI 160 untuk diukur indeks viskositasnya dengan menggunakan metode ASTM D2270. Penambahan aditif dapat meningkatkan indeks viskositas minyak lumas HVI 160 dari 98 menjadi 129,05.

In this research, preparation of viscosity index improver additive base of natural rubber latex (Deproteinized Natural Rubber) is done through copolymerization reaction to natural rubber latex-styrene (LKA-styrene) using benzoyl peroxide initiator. Furthermore, LKA-formed styrene dissolved into xylena after being separated from Homopolymers. Products obtained tested for its ability in improving the viscosity index lubricating oil base in HVI 160. Product was dissolved into the solvent to obtain a viscosity index improver additive. As many as 5% additives added to HVI 160 lubrication base oil for viscosity index measurement using ASTM method D2270. Additive derived can increase the viscosity index of lubricating oil HVI 160 from 98 to 129.05."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51680
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Seva Juneva R.
"Dewasa ini, telah hadir beragam energi terbarukan untuk mensubtitusi energi fosil sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, salah satunya ialah dimetil eter. Dimetil eter merupakan bahan bakar langsung maupun campuran untuk bahan bakar khususnya pada mesin diesel. Seperti halnya gasoline, dimetil eter dapat menyebabkan degradasi swelling material seal pada bagian mesin diesel. Material seal yang umum digunakan ialah karet nitril NBR yang tahan terhadap kontak dengan hidrokarbon dan juga unggul sifat fisiknya. Dalam rangka memanfaatkan penggunaan karet alam didalam industri otomotif, peneliti melakukan campuran karet alam NR dan karet nitril 33 acrylonitrile NBR33 untuk menghasilkan karet yang memenuhi standar aplikasi material seal.. Penelitian ini akan meneliti mekanisme yang terjadi pada degradasi campuran karet alam dan karet nitril NR/NBR33 oleh dimetil eter. Variasi campuran vulkanisat karet NR/NBR33 yang digunakan secara berurutan yaitu 1:3, 1:2, 1:1, 2:1, 3:1 Metode untuk mengetahui mekanisme tersebut meliputi karakterisasi mekanis mencangkup: perubahan massa, kekuatan tensile, elongasi maksimum, kekerasan dan karakterisasi morfologis dengan pengamatan morfologis menggunakan Scanning Electron Microscopi SEM . Data penelitian menunjukkan bahwa setiap variasi sampel campuran vulkanisat mengalami peristiwa degradasi swelling dan dissolution. Peningkatan rasio karet nitril NBR33 pada vulkanisasi campuran karet dapat mengurangi penurunan tensile strength dan elongation hingga melampaui sifat fisik sebelum perendaman oleh dimetil eter. Dengan demikian, variasi elastomer terbaik diperoleh setelah membandingkan dengan standar kelayakan material seal yakni campuran vulkanisat karet NR/NBR33 dengan rasio 40 : 60 NR : NBR.

Today, there is present a variety of renewable energy to substitute fossil energy as a fuel for motor vehicles, one of which is dimethyl ether. Dimetl ether is a direct fuel or a mixture of fuel, especially diesel engines. In addition, dimethyl ether also has met the standard criteria for renewable energy. Semelsberger et.al., 2005 . As with gasoline, dimethyl ether can cause swelling degradation of the material seal on the diesel engine. Seal material that is commonly used is a nitrile rubber NBR that is resistant to contact with hydrocarbons and also superior physical properties. In order to make use of natural rubber in the automotive industry, researchers conducted a blending of natural rubber NR and nitrile rubber NBR to produce rubber meets the standard seal material application .. This study will examine the mechanisms that occur in the relegation blending natural rubber and nitrile rubber NR NBR by dimethyl ether. Nitrile rubber types used medium quality nitrile rubber with acrylonitrile content of 33 NBR33 . Methods to determine the mechanism includes mechanical characterization covers change in mass, tensile strength and maximum elongation, hardness and morphological characterization with morphological observations using Scanning Electron Microscopic. Observations of this study is limited which is to see the effect of variation vulcanized blending ratio NR NBR33 against degradation swelling. Variations blending vulcanized NR NBR33 are used in a sequence that is 1 3, 1 2, 1 1, 2 1, 3 1. The results of this research is to determine the most optimal value ratio elastomer that is resistant to swelling degradation depend on physical and structural changes. The increase nitrile rubber NBR33 ratio of blending rubber vulcanized can reduce the decrease of tensile strength and elongation until exceed physical properties before immersion with dimethyl ether. Thus, the best elastomer variation was obtained after comparing with the standard feasibility material of seal is rubber vulcanized blending NR NBR33 with ratio 40 60 NR NBR."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S68900
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitriani An Nisa As Salamah
"Aditif peningkat indeks viskositas minyak lumas berbahan dasar kopolimer Lateks Karet Alam-Stirena (LKA-Stirena) berbobot molekul rendah telah disintesis pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aditif peningkat indeks viskositas yang mudah larut dalam minyak lumas, efektif dalam meningkatkan indeks viskositas serta memiliki stabilitas oksidasi yang baik. Kopolimer berbobot molekul rendah dibuat melalui kopolimerisasi tempel LKA depolimerisasi dengan stirena menggunakan inisiator hidrogen peroksida selama 5 jam pada suhu 60°C. Kopolimer lalu diuji bobot molekul, derajat grafting, kelarutan dalam minyak lumas, indeks viskositas dan stabilitas oksidasinya.
Hasil yang diperoleh menunjukkan semakin rendah bobot molekul LKA depolimerisasi yang digunakan semakin rendah bobot molekul kopolimer dan semakin besar derajat grafting yaitu dengan derajat grafting terbesar 10,1%. Kopolimer dengan bobot molekul 40,98 x103 dan 51,9 x 103 memiliki kelarutan terbesar yaitu 15% dalam minyak lumas. Kopolimer LKA-Stirena dengan bobot molekul 51,9 x 103, kelarutan 15%, serta derajat grafting 9,82% mampu meningkatkan indeks viskoistas minyak lumas dari 95 menjadi 150,02 dengan stabilitas oksidasi yang dinyatakan dalam waktu induksi lebih dari 20 jam pada 110 °C dan 0,54 jam pada suhu 160°C.

Viscosity index improver additive based on low molecular weight Natural Rubber Latex-Styrene (NRL-Styrene) copolymer was produced in this research. This research has purposes to produce viscosity index improver that soluble in lube oil, efective in increasing viscosity index, and good in oxidation stability. The copolymer was made from depolymerized latex through graft copolymerization with styrene using hydrogen peroxide as initiator for 5 hours at 60°C. The molecular weight (MW), grafting degree, solubility in lube oil,viscosity index and oxidation stability of the copolymer was determined.
The result of this research showed that the lower MW of NRL depolymerisation resulted lower MW and higher grafting degree of the copolymer. Copolymers with MW 40,98 x 103 and 51,9 x 103 have solubility of 15%. The copolymer (MW 51,9 x 103), 15% solubility, and 9,82 % grafting degree could enhance viscosity index of lube oil from 95 to 150,02 with induction time more than 20 hours at 110°C and 0,54 hours at 160°C.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T43055
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Johan
"ABSTRAK
Dimetil eter (DME) adalah salah satu bahan bakar alternatif terbarukan yang dapat menggantikan pemakaian energi fosil di Indonesia. Penggunaan senyawa ini menghasilkan pembakaran yang efisien serta ramah lingkungan. Akan tetapi, dimetil eter diketahui menyebabkan degradasi pada material karet, yang banyak digunakan sebagai sealant ataupun selang pada tempat penyimpanan bahan bakar dari mesin pembakaran. Hingga penelitian ini, setiap jenis material karet mengalami degradasi yang berbeda-beda sehubungan dengan senyawa ini. Oleh karena itu, penelitian ini utamanya ditujukan untuk menentukan jenis degradasi material karet, khususnya karet alam vulkanisat, terhadap dimetil eter. Selain itu, penelitian ini hendak melihat pengaruh komposisi filler dan petroleum oil dari karet alam vulkanisat terhadap degradasi tersebut. Eksperimen yang dilaksanakan mencakup: sintesis, uji degradasi, karakterisasi mekanis dan morfologi. Nilai komposisi filler yang dipakai untuk sintesis yaitu: 10, 30, dan 60 phr; sedangkan nilai komposisi petroleum oil yang dipakai adalah 0, 10, dan 20 phr. Uji degradasi karet alam vulkanisat dilakukan dengan merendam seluruh sampel dalam pressure vessel yang berisi dimetil eter cair, yang diperoleh dari proses pencairan fasa gasnya. Karakterisasi mekanis yang dilakukan mencakup: % perubahan massa, kekuatan tensile, elongasi maksimum, dan kekerasan. Karakterisasi morofologinya berupa pengamatan langsung dan scanning electron microscopy (SEM). Data-data karakterisasi tersebut menunjukkan bahwa karet alam vulkanisat mengalami degradasi jenis absorpsi dan ekstraksi oleh karena dimetil eter. Adapun penambahan komposisi filler ditemukan dapat mengurangi pengaruh degradasi, sedangkan penambahan komposisi petroleum oil justru memperparah degradasi. Namun demikian, petroleum oil juga dibutuhkan karena dapat membuat distribusi filler merata pada seluruh bagian karet alam vulkanisat. Maka dari itu, dengan meninjau keseluruhan data tersebut, didapatkan bahwa komposisi filler dan petroleum oil yang memberikan perlindungan paling optimal terhadap degradasi oleh dimetil eter masing-masing bernilai 30 phr dan 10 phr.

ABSTRACT
Dimethyl ether (DME) is one of the renewable energy that could replace the usage of fossil fuel in Indonesia. The usage of this compound could produce efficient and environmental-friendly combustion. However, based on previous research, dimethyl ether is found to cause degradation on rubber-based materials, which are used as sealant or hose inside the fuel tanker of combustion engines. Until this research, it is found that each types of rubber has suffered different kinds of degradation that caused by dimethyl ether. Therefore, the main goal of this research is to determine what kind of degradation will happen on rubber, especially vulcanized natural rubber, that cause by dimethyl ether. Moreover, this research is going to see the effect of filler and petroleum oil composition contained in vulcanized natural rubber against that degradation. There are three parts of experiments will conducted: synthesis, degradation testing, mechanical and morphology characterization. The variation value of filler composition used are 10, 30, and 60 phr; while the variation value of petroleum oil composition are 0, 10, and 20 phr. Degradation testing is done by immersing all samples inside pressure vessel that have been filled with liquid dimethyl ether, which produced from its gas by liquefaction process. Mechanical characterization that observed includes: % change of mass, tensile strength, maximum elongation, and hardness. On the other side, morphology characterization is done by direct observation and scanning electron microscopy (SEM). Those datas reveals that vulcanized natural rubber suffer absorption and extraction, two types of degradation, because of dimethyl ether. Increasing of filler composition could reduce the impact of degradation, while increasing of petroleum oil composition will give the opposite results. However, it is also found that petroleum still must needed to make distribution of filler goes through all parts of rubber. Therefore, based on these datas, we get that 30 phr of filler and 10 phr of petroleum pil will give the optimal protection on vulcanized natural rubber against degradation caused by dimethyl ether.
"
[, ], 2014
S58944
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Belle Kristaura
"Karet merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat berlimpah dan memiliki potensi yang besar di negara Indonesia. Konsumsi karet di Indonesia sendiri kebanyakan diserap oleh industri-industri manufaktur yang sebagian besar dikonsumsi oleh industri ban kendaraan. Karet alam memiliki modulus kekakuan yang rendah, sedangkan pada ban, dibutuhkan karet yang memiliki kekakuan dan kekuatan yang baik. Untuk memperbaiki sifat tersebut dibutuhkan penguat sebagai pengisi pada karet. Penguat yang digunakan pada penelitian ini adalah serat Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) karena karbon hitam dan silika yang biasanya digunakan sebagai penguat memiliki harga yang sangat mahal dan sulit ditemukan di Indonesia. Namun, diperlukan coupling agent hibrida lateks-pati untuk meningkatkan kompatibilitas antarmuka karet alam dengan serat TKKS dikarenakan perbedaan kedua sifat permukaan antara karet dan serat. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penambahan coupling agent terhadap kompatibilitas karet alam dengan serat TKKS serta sifat mekanik sehingga menghasilkan komposit dengan kekuatan dan kekakuan yang terbaik. Hal tersebut dapat dilihat dari pengujian Fourier Transform Infrared (FTIR) Spectroscopy dan UTM. Variasi komposisi yang divariasikan adalah coupling agent sebesar 0, 1, 2 dan 3 phr coupling agent dengan 10 phr serat TKKS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penambahan coupling agent dapat meningkatkan kompatibilitas karet alam dengan serat TKKS serta dengan kekuatan dan kekakuan tinggi adalah pada variasi coupling agent 3 phr.

Natural rubber is one of the most abundant resources and have a great potential in Indonesia. Rubber consumption in Indonesia itself is mostly by manufacturing industry, such as the wheels industry. Natural rubber has a low stiffness modulus, whereas in wheels, rubber with high strength and stiffness is needed. To enchance those properties, we need reinforcement as a filler within the rubber. Reinforcement that are used in this research is Hybrid Oil Palm Empty Fruit Bunch (OPEFB) Fiber because of the carbon black and silica that are usually used as reinforcements that have very expensive price and are hard to found in Indonesia. But, latex-starch hybrid coupling agent is required to increase the compatibility of the interface between the natural rubber and the OPEFB Fiber because of the differences in surface properties of the two compounds. The purpose of this research is to observe the influence of adding coupling agent into the compatibility between natural rubber and OPEFB fiber and also into the mechanical properties, so that it resulted in the best strength and stiffness of the composite. The result can be observed with several tests, such as Fourier Transform Infrared (FTIR) Spectroscopy and UTM. The coupling agent’s variation of the composition were 0, 1, 2 and 3 phr coupling agent, with 10 phr of OPEFB Fiber. The result showed that coupling agent addition can increase the compatibility between natural rubber and OPEFB Fiber, and also the best composition for a high strength and high stiffness is in the 3 phr coupling agent variation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Janti Octavia
"Pembuatan homopolimer polistirena dilakukan dengan metoda polimerisasi emulsi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh variasi konsentrasi monomer, surfaktan dan inisiator terhadap ukuran partikel pada polimerisasi stirena sehingga bisa didapatkan kondisi optimum dari monomer stirena yang nantinya dapat digunakan untuk sintesis core-shell. Inisiator yang digunakan adalah ammonium persulfat (APS), surfaktan yang digunakan adalah sodium lauril sulfat (SLS) sedangkan teknik polimerisasi yang digunakan adalah seeding. Homopolimer yang dihasilkan ditentukan kandungan padatan, viskositas, ukuran dan distribusi ukuran partikel, temperatur glass, IR dan berat molekulnya. Telah diperoleh kondisi optimum pada formula 35% monomer, APS 1%, SLS 2 CMC dengan nilai persen konversi 99,54%, indeks polidispersitas 0,005 dengan ukuran partikel yang dihasilkan sebesar 133,5 nm dan bersifat monodispers. Proses terjadinya polimerisasi dari monomer stirena menjadi homopolimer polistirena didukung oleh data spektrum IR dan temperatur transisi gelas (Tg)."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2008
KIM.026/08 Oct p
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>