Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10645 dokumen yang sesuai dengan query
cover
semarang: LPM EDUKASI ,
370 JEDU
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Selangor: Universiti Kebangsaan Malaysia,
370 JPUKM
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
"ABSTRAK
The article considered the procedure to develop the performance assessment instruments for assessing students' science pratical works, in the topic of photosynthesis. The procedure consisted of reviewing relevant theories, formulating the assessed aspects, developing blueprint and instruments, colsulting the instruments to the selected experts, analyzing the results of consultation, and revising the instruments."
Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, {s.a}
370 JPE
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
"ABSTRAK
Pendidikan berorientasi dunia kerja sangat relevan dengan kebutuhan akan sumber daya manusia di Indonesia saat ini dan juga yang akan datang. Jika pendidikan berjalan begitu saja tanpa mengorientasikan dirinya pada dunia kerja, pengangguran terdidik akan semakin membengkak. "
Yogyakarta: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNY, {s.a}
370 PJIP
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, {s.a.}
370 JPK
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FPbS IKIP YOGYAKARTA dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar, khususnya dalam bidang studi bahasa Jerman, antara mahasiswa input yang diterima lewat jalur UMPTN dengan jalur PBU. Subjek penelitian meliputi semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FPBS IKIP Yogyakarta yang terdaftar pada tahun akademik 1992/1993 yang telah menyelesaikan perkuliahannya semester I dan data-data nilainya lengkap. Jumlahnya ada 69 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah census sampling. Teknik pengambilan sampel terdiri dari kuisioner sederhana dan kartu data. Kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data kategori/ klasifikasi berupa indeks prestasi (IP) sudah ada di BAAK fakultas dan USIM IKIP YOGYAKARTA sehingga tidak diperlukan instrumen khusus, kecuali kartu data sebagai instrumen perekam data, deskriptif untuk mendeskripsikan prestasi belajar dan (2) statistik uji-t untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kedua kelompok mahasiswa responden. "
Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta, {s.a}
370 JKP
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Rosa Tosaini
"Indonesia merupakan negara terbesar yang mempunyai jumlah anak jalanan atau anak terlantar, di mana umumnya mereka tidak bersekolah atau putus sekolah. Krisis ekonomi yang terjadi diyakini berpengaruh besar terhadap peningkatan jumlah anak ini. Pada tahun 1998, Menteri Sosial menyatakan bahwa terjadi peningkatan jumlah anak jalanan sekitar 400%. Pengaruh globalisasi yang berkembang dengan pesat, serta teknologi yang berkembang pesat, transfer ilmu pengetahuan dapat berkembang dan berpengaruh pada sistem pendidikan yang ada, baik antar negara maupun antar bangsa. Hal ini dapat dilihat dari realitas masalah pendidikan anak di Indonesia.
Berdasarkan Iatar belakang tersebut, pokok pemasalahan dalam tesis ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana mengaitkan konsep pedagogi pengharapan Paulo Freire dengan solusi pemecahan masalah pendidikan anak jalanan? Permasalahan pokok tersebut akan diuraikan menjadi dua masalah, yaitu: Pertama, apa konsep pendidikan Paulo Freire tentang pedagogi kaum tertindas itu? Kedua, kenapa pedagogi pengharapan Paulo Freire dapat digunakan sebagai transformasi sosial anak jalanan?
Kerangka teori yang digunakan, yaitu konsep pendidikan Paulo Freire didasarkan pada pandangan mengenai manusia dan dunia Menurutnya, kodrat manusia itu tidak hanya "berada-dalamm-dunia", melainkan juga "berada-bersama-dengan-dunia" (being in and with the world) (Paulo Freire, 1972: 71). Di samping itu, bahwa pengharapan sebagai kebutuhan ontologis, menurut Paulo Freire, memerlukan praktik supaya dapat menjadi sesuatu yang konkret historis (Paulo Freire, 1999: 8).
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pertama, berdasarkan filsafat pendidikan kontemporer dan paradigma pendidikan kritis Paulo Freire, konsep pendidikan Paulo Freire tentang kaum tertindas dapat dijelaskan dengan memahami empat unsur, yaitu dengan memahami budaya bisu kaum tertindas, konsientisasi pedagogi kaum tertindas, pendidikan hadap-masalah sebagai pembebasan kaum tertindas, dan pendidikan pengkodean sebagai praksis kaum tertindas.
Kedua, pedagogi pengharapan, menurut Paulo Freire, mempunyai dua unsur. Pertama, sikap kritis, atau tidak puas, dengan kenyataan yang sudah ada Kalau kita tidak kritis dan sudah puas, pengharapan tidak dibutuhkan, hanya menyesuaikan diri dengan status quo. 2) Kepercayaan. Dalam pendidikan kaum tertindas, kepercayaan dipahami sebagai dunia yang penuh dengan penderitaan orang tertindas yang dapat berubah. Karena itu, konsep pedagogi pengharapan Paulo Freire dapat menjadi altematif pemecahan masalah pendidikan anak jalanan melalui munculnya kesadaran dan pengharapan yang didasarkan pada transformasi sosial dari struktur-struktur yang tidak adil kepada dunia yang lebih adil dan baik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T15373
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"tertiary education has a goal which consists mainly of learning to live and learning to acquire knowledge. different nation may have its own emphasis and priority in accordance to the heritage and characteristic of the nation. recently university also receives clear messages from the United Nation concerning human rights and environment which have to be included in the goal of the tertiary, education, learning in the university has a system, prerequisites, and programmes which have to be comprehended by students."
Jakarta: UPT Pusat Sumberdaya Belajar Universitas Tarumanagara,
607 AKD
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Depdiknas, 2006
TEKNODIK 8(14-15) 2004
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
"metodologi penelitian dapat dibedakan antara metodologi penelitian kuantitatif (penelitian ilmiah) dan metodologi penelitian kualitatif (penelitian alamiah). Penelitian ilmiah pada umumnya menggunakan proses logika-hipotetiko-verivikatif, sedangkan penelitian alamiah pada umumnya menggunakan proses sirkuler. Kadangkala karena ketidaktahuan kita, kemudian kita mengidentifikasi diri sebagai penganut metode tertentu, dan dengan latah mengecam metode lainnya. Walaupun terdapat perbedaan antara kedua metode tersebut, tak ada faedahnya untuk mempertentangnya bahkan memandangnya sebagai dua aliran yang bermusuhan. Yang perlu diperhatikan ialah bahwa ada masalah yang lebih sesuai diteliti dengan menggunakan penelitian ilmiah, ada pula masalah yang lebih sesuai diteliti dengan menggunakan penelitian ilmiah ada pula alamiah. Penelitian ilmiah lebih menekankan pada pengukuran produk, sedangkan penelitian alamiah lebih menekankan pada pengukuran proses. "
Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas,
370 JPK
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>