Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22933 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tella, Adeyinka, 1972-
Hershey, PA: Information Science Reference, 2015
020.285 TEL s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rininta Indiani
"ABSTRAK
Media sosial kini tengah menjadi wadah promosi yang paling efektif. Melalui media sosial, organisasi dan customers dapat saling berinteraksi. Perpustakaan kini juga memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi dan diseminasi informasi. Akan tetapi, belum tersedia media sosial yang khusus mewadahi promosi seluruh perpustakaan dalam satu platform. Oleh karena itu, penulis mengembangkan sebuah prototipe aplikasi mobile yang menggabungkan konsep media sosial dan direktori khusus perpustakaan. Penelitian ini disusun dengan metode eksperimental dan system development life cycle(SDLC)model prototyping.Tahapan dari SDLC model prototypingadalah penetapan tujuan, penentuan fungsi, pembangunan prototipe, dan evaluasi prototipe. Hasil dari penelitian berupa prototipe aplikasi yangberupa mockup serta evaluasi pengguna melalui uji coba usability. Evaluasi usabilitypada prototipe aplikasi mobileini menguji aspek learnability, efficiency, serta erroryang diuji coba pada 20 responden yang terdiri dari 10 user dan 10 librarian. Hasil dari evaluasi prototype aplikasi mobileini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, tampilan antarmuka pada prototype aplikasi mobile ini dapat dipahami oleh pengguna.

ABSTRACT
Social media has now become the most effective promotion platform. Through social media, organization and customers can interact to each other. Libraries nowadays use the social media as a promotion canal and also to disseminate information. However, there hasnt any social media purposed for accommodating promotion of all librariesin one platform. Therefore, writer developed a mobile application prototype which combines the concepts of social media and directory for libraries. This research is composed with experimental method mixed with system development life cycle (SDLC) withprototyping model. This research results the mobile application prototype in a mockup form and also the evaluation of users through the usability trial.The evaluation of the usability test on this mobile application prototype tests the learnability, efficiency, and error aspects which are tested to 20 respondents, consisting 10 users and 10 librarians. The result of the usability evaluation on this mobile application prototype shows that comprehensively, the user interface of this mobile application prototype could be understood by users"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Garczynski, Joyce
Cambridge, Massachusetts: Chandos Publishing, 2018
025.11 GAR f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Vanka Adyannisa
"Penelitian ini membahas mengenai modal sosial yang terbentuk dalam layanan Perpustakaan Umum Kota Depok berdasarkan pada unsur kepercayaan, jaringan dan norma. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan proses pembentukan modal sosial dalam layanan Perpustakaan Umum Kota Depok dan memahami interaksi yang terjadi antara pustakawan dan pemustaka pada aktivitas layanan Perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Informan penelitian ini adalah pustakawan yang terlibat interaksi dalam layanan perpustakaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian, dari ketiga unsur modal sosial, jaringan sosial menjadi unsur paling dominan karena interaksi pustakawan dan pemustaka dalam layanan perpustakaan mampu membentuk kerjasama antara perpustakaan dengan sekolah, menjadi tempat untuk berdiskusi, dan melakukan kerja kelompok bagi pemustaka pelajar, serta menjadi tempat untuk hiburan keluarga yang mengedukasi. Sementara norma sosial berada di posisi terakhir, terlihat bagaimana pemustaka kurang mempedulikan aturan dan patuh kepada pustakawan, sehingga pustakawan memberikan teguran kepada pemustaka dan melakukan kerjasama agar pemustaka mematuhi norma sosial di perpustakaan. Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian yang lebih terhadap norma sosial agar tercipta rasa saling menghargai antara pemustaka dengan pustakawan sehingga hubungan antara kedua pihak dapat terjalin dengan baik dan peraturan yang ada dapat dipatuhi dan dipahami bersama.

This study discusses social capital of library service at of Depok Public Library based on elements of trust, networks and norms. The purpose of the research is to describe the process of forming social capital at Depok Public Library services and understand the interactions that occur between librarians and users in library service activities. This research uses qualitative approach with ethnography method. Data collection techniques that are used involving observation, interviews, and document analysis. The informants of this research are librarians who are involved in interaction in library services using purposive sampling technique. The results of the study, of the three elements of social capital, social networks become the most dominant element because from the interaction of librarians and users in library services, they are able to form collaboration between libraries and schools, a place for discussion, and group work for student users, as well as a place for family entertainment that educates. Meanwhile, social norms are placed in the last position, therefore it can be seen how users ignore the rules and obey librarians, so librarians give warnings to users and collaborate so that users comply with social norms in the library. Therefore, more attention is needed to social norms in order to create mutual respect between librarians and uso that the relationship between the two parties can be well established and the existing regulations can be adhered to and understood together."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adisurya Aulia Rahman
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pembentukan modal sosial di dalam
layanan Perpustakaan Universitas Paramadina. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan metode studi etnografi. Temuan yang diperoleh dalam
penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas yang terjadi antara pustakawan dan
pengguna pada layanan perpustakaan dapat membangun modal sosial di
perpustakaan. Kedekatan yang terjalin, tingginya frekuensi kegiatan bersama serta
adanya norma untuk tidak saling mengganggu merupakan contoh aktivitas yang
menonjol dalam layanan perpustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
proses pembentukan modal sosial dalam layanan di Perpustakaan Universitas
Paramadina dibangun berdasarkan rasa saling percaya, saling menghargai serta
adanya jaringan sosial yang terjalin antara pustakawan dan pengguna.

ABSTRACT
This study discusses about process of social capital formation in library service at
Library of Paramadina University. This study is a qualitative research with
ethnographic method. The findings obtained in this study indicate that the activity
that occurs between librarians and users in library services could build social
capital in the library. The closeness between librarians and users, the high
frequency of joint activities as well as the norm to not interfere with each other are
example of a prominent activity in the library service. The conclusion of this
study is that the process of social capital formation in library service at Library of
University Paramadina built based on mutual trust, mutual respect and the
existence of social networks that exist between librarians and users."
2014
S54546
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Giesecke, Joan
"What does it take to succeed as a library manager? Librarian, author, and management expert Joan Giesecke builds from years of experience and research to answer this question with practical and innovative strategies geared toward helping you to set goals for your department and deliver first-rate library services."
Chicago: [American Library association, American Library association], 2001
e20436326
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Avila Nadia Putri
"Penelitian ini berupa business coaching yang dilakukan pada UMKM Pecel Madiun Bu Pardi. Studi ini dilakukan dengan metode case study dan menggunakan beragam metode internal dan eksternal yang bertujuan untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah yang dihadapi oleh UMKM. Dalam proses penelitian, terdapat masalah pada turunnya penjualan yang diakibatkan oleh pandemi yang sedang berlangsung dan minimnya dalam mempromosikan produknya. Penggunaan dan promosi melalui sosial media belum dikembangkan secara optimal. Selain itu terdapat ulasan beberapa ulasan buruk mengenai pelayanan yang ada di UMKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, terdapat beberapa solusi yang diberikan kepada UMKM untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Untuk menaikkan penjualan dan memperluas pasar dengen segmentasi baru, maka akan dilakukan pengembangan aktivitas promosi melalui media sosial. Selanjutnya, untuk memperbaiki pelayanan dan yang ada, maka akan dilakukan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam segi customer service-nya. Dengan proses business coaching ini diharapkan dapat membantu Pecel Madiun Bu Pardi dan UMKM lainnya untuk dapat meningkatkan produktivitas. Dari hasil kegiatan business coaching, Pecel Madiun Bu Pardi memperoleh kenaikan penjualan dan terjadi perubahan pada pelayanan yang dilakukan oleh karyawan.

This research is in the form of business coaching conducted on MSME Pecel Madiun Bu Pardi. This study was conducted using a case study method and using a variety of internal and external methods that aim to find a solution to a problem faced by MSMEs. In the research process, there were problems with the lack of promotion of their products and a significant decline in sales due to COVID-19. The use and promotion through social media have not been developed optimally. In addition, there are reviews of some bad reviews about the services that exist in MSMEs. To overcome these problems, there are several solutions given to MSMEs to solve problems they face. Promotion activities will be developed through social media to increase sales and expand the market with new segmentation. Furthermore, to improve existing and existing services, a Standard Operating Procedure (SOP) will be made in terms of customer service. With this business coaching process, it is hoped to help Pecel Madiun Bu Pardi and other MSMEs increase productivity. From the results of business coaching activities, Pecel Madiun Bu Pardi received an increase in sales and there was a change in the services provided by employees.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Utami
"National development which culminates in the welfare of society must be supported by activities that can accelerate the socio-economic development. Socio-economic development and education and literacy development are, in fact"
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2019
020 VIS 21:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>