Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 96215 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Onne Aswin Alamsyah
"ABSTRAK
Struktur pasar gas bumi di Indonesia pada saat ini sedang dalam fase peralihan dari non-kompetitif menuju kompetisi penuh. Pada fase itu, konsep pasar hybrid market yang didalamnya terdapat segmen pasar regulated dan segmen pasar market based dapat diterapkan. Untuk dapat menentukan kategori segmen pada pasar hybrid market perlu dilakukan optimasi nilai harga hub pada pasar gas bumi tersebut yang merupakan trade off antara nilai netback produsen dan social welfare pengguna. Apabila hasil optimasi nilai netback dan social welfare gas bumi terjadi trade off, maka pasar gas bumi di kategorikan sebagai pasar market based, namun apabila tidak maka pasar gas bumi dikategorikan sebagai pasar regulated. Untuk segmen market based, pada titik hub ditentukan ceiling price yang melindungi keekonomian pengguna dan floor price untuk memastikan keekonomian produsen tercapai. Produsen yang masuk kategori regulated umumnya adalah berbasis LNG, sedangkan sektor pengguna yang masuk kategori regulated umumnya adalah pupuk dan listrik. Formula harga gas bumi pada pasar market based ditetapkan menggunakan mekanisme oil price escalation (OPE) yang dikaitkan dengan dinamika harga minyak bumi dimana slope (B1) berada pada rentang 0,08 ? 0,1 untuk semua region pada semua periode.

ABSTRACT
Nowadays, Indonesia?s natural gas market structure has been changing from non-competitive into fully competition market. In this phase, the hybrid market concept which constitute regulated segment and market based segment together in the market is applicable. In order to determine the segment category, it is necessary to find the optimal hub price which is the trade off beetween producer netback value and end user social welfare. If the results of the optimization resulting trade off, then the market is categorized as market based, if not then the market is categorized as a regulated market. In the market based segment, on the hub the ceiling price for protecting the end user economic and floor price for ensure producer economic can be determined. Producers within regulated category generally are LNG based, while the user which is regulated generally are fertilizer and electricity. Gas prices formula on the market are set using a market based mechanism of oil price escalation (OPE), which is associated with the dynamics of oil prices where the slope (B1) is in the range of 0,08 ? 0,1 for all regions in all periods."
2016
T47166
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Onne Aswin Alamsyah
"ABSTRAK
Struktur pasar gas bumi di Indonesia pada saat ini sedang dalam fase peralihan dari non-kompetitif menuju kompetisi penuh. Pada fase itu, konsep pasar hybrid market yang didalamnya terdapat segmen pasar regulated dan segmen pasar market based dapat diterapkan. Untuk dapat menentukan kategori segmen pada pasar hybrid market perlu dilakukan optimasi nilai harga hub pada pasar gas bumi tersebut yang merupakan trade off antara nilai netback produsen dan social welfare pengguna. Apabila hasil optimasi nilai netback dan social welfare gas bumi terjadi trade off, maka pasar gas bumi di kategorikan sebagai pasar market based, namun apabila tidak maka pasar gas bumi dikategorikan sebagai pasar regulated. Untuk segmen market based, pada titik hub ditentukan ceiling price yang melindungi keekonomian pengguna dan floor price untuk memastikan keekonomian produsen tercapai. Produsen yang masuk kategori regulated umumnya adalah berbasis LNG, sedangkan sektor pengguna yang masuk kategori regulated umumnya adalah pupuk dan listrik. Formula harga gas bumi pada pasar market based ditetapkan menggunakan mekanisme oil price escalation (OPE) yang dikaitkan dengan dinamika harga minyak bumi dimana slope (B1) berada pada rentang 0,08 ? 0,1 untuk semua region pada semua periode

ABSTRACT
Nowadays, Indonesia?s natural gas market structure has been changing from non-competitive into fully competition market. In this phase, the hybrid market concept which constitute regulated segment and market based segment together in the market is applicable. In order to determine the segment category, it is necessary to find the optimal hub price which is the trade off beetween producer netback value and end user social welfare. If the results of the optimization resulting trade off, then the market is categorized as market based, if not then the market is categorized as a regulated market. In the market based segment, on the hub the ceiling price for protecting the end user economic and floor price for ensure producer economic can be determined. Producers within regulated category generally are LNG based, while the user which is regulated generally are fertilizer and electricity. Gas prices formula on the market are set using a market based mechanism of oil price escalation (OPE), which is associated with the dynamics of oil prices where the slope (B1) is in the range of 0,08 ? 0,1 for all regions in all periods"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Studi ini menganalisis dinamika perdagangan gas bumi di kawasan ASEAN + 3 berdasarkan pasar kompetitif. Kawasan tersebit meliputi negara-negara seperti : Indonesia , Malaysia. Thailand, Singapura, Myanmar, Australia, Cina, Jepang, Korea Selatan dan negara Timur Tengah seperti Oman, Qatar dan Uni Emirat Arab."
UI-JURTEK 23:1 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Manuhutu, Chassty T.
"Studi ini menganalisis dinamika perdagangan gas bumi di kawasan ASEAN + 3 berdasarkan pasar kompetitif. Kawasan tersebut meliputi negara-negara seperti: Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Mianmar, Australia, Cina, Jepang, Korea Selatan, dan negara Timur Tengah seperti Oman, Qatar dan UniEmirat Arab. Aparametric static equilibrium model yang diadaptasi dari Beltramo and Manne [14] telah digunakan untuk mensimulasikan pengaruh penambahan kapasitas kilang LNG, terminal regasifikasi, dan pipa transmisi pada perdagangan sejumlah volume dan harga tertentu gas bumi di kawasan ASEAN +3 pada tahun 2011. Perhatian khusus diberikan pada pengembangan proyek infrastruktur gas di Indonesia.
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pembeli LNG tradisional akan mendapatkan keuntungan dari penurunan harga gas dan sejumlah negara seperti : Singapura, Thailand dan Malaysia akan senang dengan pasokan gas yang stabil dan harga terjangkau dalam pasar kompetitif. Namun demikian konsumen gas besar seperti Cina dan Jawa akan menghadapi kendala yang serius yaitu terjadinya kelangkaan pasokan gas sebagai kosekuensi dari harga gas yang rendah disisi konsumen. Hasil simulasi juga menunjukkan bahwa ke depan pembangunan infrastruktur gas yang menghubungkan Jawa dan pulau lain sebagai sumber gas bumi selain Sumatra harus menjadi prioritas utama.

This study examines the dynamics of natural gas trade in the ASEAN + 3 region under competitive market framework. It includes countries like Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapore, Myanmar, Australia, China, Japan, South Korea and Middle Eastern countries such as Oman, Qatar and U.E.A. A parametric static equilibrium model adapted from Beltramo and Manne [14] is constructed to analyse the effects of introducing additional liquefaction capacity, regasification terminal or transmission pipeline to traded volume and prices of natural gas in 2 011. Emphasis is given to infrastructure projects in Indonesia.
The results indicate that LNG traditional buyers will profit from reduced price and certain countries like Singapore, Thailand and Malaysia will enjoy stable and affordable gas supply in a competitive market. However, major gas consumers like China and Java can face serious threats of gas shortage as consequence of their low demand price. It al so appears that construction of another gas infrastructure to connect Java with other Indonesian islands besides Sumatra should be made priority.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Usa Abiyasa Sidemen
"ABSTRACT
Despite of having second largest proven natural gas reserve in Asia Pacific Region after China, consumption of natural gas in Indonesia are keep increasing, while the production of natural gas in Indonesia are at declining rate. On the other hand, the government of Indonesia are planning to use natural gas as a tool to reduce the emission and transition of energy  to renewable environmental friendly energy as a commitment to Paris Climate Agreement. However, Past literature focusing on forecast of natural gas production suggest that there will be decline after peak production of natural gas. The peak production of natural gas in Indonesia are expected to happen in 2018. The result of this study have conclude if it is not possible for the industry to fulfil the government utilization target of natural gas by 2025.

Despite of having second largest proven natural gas reserve in Asia Pacific Region after China, consumption of natural gas in Indonesia are keep increasing, while the production of natural gas in Indonesia are at declining rate. On the other hand, the government of Indonesia are planning to use natural gas as a tool to reduce the emission and transition of energy  to renewable environmental friendly energy as a commitment to Paris Climate Agreement. However, Past literature focusing on forecast of natural gas production suggest that there will be decline after peak production of natural gas. The peak production of natural gas in Indonesia are expected to happen in 2018. The result of this study have conclude if it is not possible for the industry to fulfil the government utilization target of natural gas by 2025.


ABSTRACT
Meskipun memiliki cadangan gas alam terbukti terbesar kedua di Wilayah Asia Pasifik setelah Cina, konsumsi gas alam di Indonesia terus meningkat, sementara produksi gas alam di Indonesia berada pada tingkat yang menurun. Di sisi lain, pemerintah Indonesia berencana untuk menggunakan gas alam sebagai alat untuk mengurangi emisi dan transisi energi menjadi energi ramah lingkungan yang terbarukan sebagai komitmen terhadap Paris Climate Agreement. Namun, literatur masa lalu yang berfokus pada perkiraan produksi gas bumi menunjukkan bahwa akan ada penurunan setelah produksi puncak gas alam. Puncak produksi gas alam di Indonesia diperkirakan akan terjadi pada tahun 2018. Hasil dari penelitian ini telah menyimpulkan jika industri tidak dapat memenuhi target pemanfaatan gas bumi oleh pemerintah pada tahun 2025."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, Jannes Pandapotan
"PT AMZ merupakan suatu badan usaha yang bergerak pada industri niaga gas bumi. Pengurangan subsidi bahan bakar minyak bumi menciptakan pilihan yang kuat terhadap peningkatan pemanfaatan gas bumi. Terlebih lagi penerbitan dan pelaksanaan beberapa peraturan dan kebijakan oleh Pemerintah Indonesia telah menyebabkan banyak badan usaha baru memasuki industri niaga gas bumi yang menaikkan tingkat persaingan terhadap AMZ sebagai trader gas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lingkungan eksternal dan internal AMZ di dalam melakukan usaha niaga gas bumi; menentukan keunggulan kompetitif berkelanjutan yang dimiliki AMZ dan memberikan rekomendasi terkait strategi bagi AMZ pada periode 5 tahun kedepan untuk memenangkan kompetisi dan mempertahankan posisi AMZ sebagai market leader. Data primer penelitian ini diperoleh melalui semi structured in-depth interview terhadap stakeholders AMZ kecuali pelanggan, sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa sumber seperti website perusahaan, press release dan atau laporan perusahaan (misal : laporan tahunan), surat kabar, majalah, buletin, artikel, website terkait industri gas bumi. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisa : analisa PESTEL, analisa Porter?s Five Forces, analisa Resource Based View (RBV), analisa SWOT; yang selanjutnya dijadikan sebagai acuan oleh Penulis dalam memformulasikan strategi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa telah banyak badan usaha baru memasuki industri niaga gas bumi; dan peraturan/kebijakan pemerintah menimbulkan pengaruh terhadap bisnis AMZ di dalam industri niaga gas bumi. Penelitian ini juga menyatakan keunggulan kompetitif berkelanjutan yang dimiliki oleh AMZ seperti : (i) kekuatan kinerja keuangan; (ii) infrastruktur gas yang tersebar dan saling berhubungan; (iii) model bisnis yang menggabungkan usaha distribusi dan niaga gas bumi; (iv) pengetahuan dan pengalaman sebagai badan usaha niaga gas bumi yang efisien dan efektif. Selain itu, penelitian ini mengajukan beberapa rekomendasi strategi bagi AMZ pada periode 5 tahun kedepan untuk memenangkan persaingan dan mempertahankan posisi sebagai market leader.

PT AMZ is an enterprise doing its business in natural gas trading industry. The diminishing of oil subsidy has created strong preference toward enhancement of natural gas utilization. Moreover the issuance and implementation of several regulations and policies by Government of Indonesia have changed the industry inducing many new enterprises entering the industry which increases competition level against AMZ as a gas trader.
This research is aiming to analyze the external environment and internal of AMZ in doing natural gas trading business; to define AMZ?s sustainable competitive advantage and to provide recommendation on what should AMZ strategy be within the next 5 years to win competition and maintain its position as market leader. The primary data for this research is taken from semi structured in-depth interview to AMZ stakeholders, while secondary data is gathered from many references such as company website, company's press release and/or reports (i.e: annual reports), newspaper, magazines, bulletin, articles, websites related to natural gas industry. There are several analysis conducted in this research : PESTEL analysis, Porter's Five Forces analysis, Resource Based View (RBV) analysis, SWOT analysis; by which later used by the Author to formulate the strategy.
This research concludes that there are many new enterprises entering the industry; and government regulations/policies create impact on AMZ business in the natural gas trading industry. It also reveals AMZ sustainable competitive advantage such as : (i) AMZ financial strength; (ii) its widely interconnected gas infrastructures; (iii) its business model bundling natural gas distribution and natural gas trading activities; (iv) its knowledge and experience as efficient and effective natural gas trading enterprise. Moreover, this research provides recommendation of strategy for AMZ within the next 5 years so that AMZ can win competition and maintain its position as market leader.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rezna Pasa Revuludin
"Pengelolaan gas bumi di Indonesia telah memasuki era baru dengan diundangkannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas Bumi. Undang-undang ini telah membuka persaingan usaha dan investasi yang seluas-luasnya kepada swasta dan koperasi untuk terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap pengusahaan di sektor minyak dan gas bumi nasional. Namun, hal ini bukan berarti pemerintah telah mendorong pengelolaan gas bumi di Indonesia menuju persaingan usaha pada pasar bebas, Pemerintah tetap berkuasa untuk menjalankan kebijakan yang dibuat dalam rangka mencapai tujuan negara, yaitu mendatangkan kemakmuran dan mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Salah satu kebijakan tersebut dibuat dalam rangka efisiensi pengelolaan gas bumi di Indonesia dengan menyusun kebijakan pemisahan rangkaian usaha unbundling pada pengelolaan gas bumi.
Tujuan dilakukan unbundling tersebut adalah untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat dalam penyediaan gas bumi nasional, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan kualitas pelayanan dan pendistribusian gas bumi kepada masyarakat yang membutuhkan. Efisiensi dapat dilakukan tidak hanya melalui kompetisi yang sehat, tetapi juga berdasarkan kegiatan monopoli yang diawasi pemerintah, khususnya terhadap kegiatan pengangkutan transmisi dan/atau distribusi gas bumi melalui pipa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Yuridis-Normatif berdasarkan pengumpulan data sekunder, dibuat dalam rangka memberikan gambaran menyeluruh mengenai pelaksanaan kebijakan unbundling berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 dan peraturan pelaksanaannya dengan mengambil studi terhadap pelaksanaan kegiatan usaha pengangkutan gas bumi yang dilakukan oleh PT. Trasnportasi Gas Indonesia TGI.
Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa unbundling pengelolaan gas bumi di Indonesia dilakukan berdasarkan pemisahan entitas hukum antara pelaku i Kegiatan Usaha Hulu dengan Kegiatan Usaha Hilir dan ii Kegiatan Usaha Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa pada Ruas Transmisi dan/atau Jaringan Distribusi dengan Kegiatan Usaha Niaga Gas Bumi Melalui Pipa. Namun tidak diatur batasan untuk penguasaan vertikal terhadap badan usaha yang melakukan kegiatan pengangkutan gas bumi melalui pipa, sehingga masih memungkinkan untuk dilakukan penguasaan monopoli antara kegiatan penyediaan dan pengangkutan gas bumi. Untuk itu Pemerintah dituntut untuk melakukan pengawasan dengan ketat agar pengusahaan pengangkutan gas bumi dapat berjalan seefisien mungkin dengan prinsip pemanfaatan bersama yang berkeadilan sosial.

Indonesian gas market has entered a new era with the enactment of Law No. 22 of 2001 regarding Oil and Natural Gas. This law has create competition and opportunities for direct or indirect investment of private own company or cooperatives in oil and gas sector. But, that doesn't mean the government has promoted competition in oil and gas sector based on a free market competition, the government still has the power to execute a policy for achieving state's purpose, which is to bring prosperity and promoting welfare among the people of Indonesia.One of the policy to create an efficient natural gas market is by stipulating unbundling policy in natural gas industry.
The purpose of unbundling is to create a healthy competition, so it will promote competitiveness and enhances quality services for distribution of natural gas to the people. Efficiency can be made not only from creating a competition in the market, but it could also be made by regulated monopoly, especially in transportation activity transmission and or distribution of natural gas through pipelines.
This research will be carried out using the methodology of Juridical Normative approach based on collected secondary data, the purpose is to describe the implementation of unbundling policy based on Law No. 22 of 2001 and the derivative regulations in the study of PT. Transportasi Gas Indonesia TGI's Transmission Pipelines.
From this research, we shall know there are legal unbundling between i upstream oil and gas activity and downstream oil and gas activity, and also between ii trading and transporting activities of natural gas through transmission and or distribution pipelines. But there are no limitation to vertically control a gas transportation company, so there are plenty of opportunities to monopolize the supply and distribution of natural gas market through pipelines. Therefore the government have to regulate the market tightly so the natural gas industry can be managed in the most efficient way and shared by the principal of social justice.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2015
T47204
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faris Arianto Aji
"Pengelolaan gas bumi merupakan isu yang penting terkait permintaan dan harga bagi kepentingan negara maupun konsumen. Penelitian ini bertujuan melakukan optimisasi terhadap fungsi social welfare mewakili kepentingan konsumen dan fungsi netback produsen mewakili kepentingan negara. Obyek penelitian ini adalah pasar gas bumi Jawa Bagian Barat dengan permintaan terbesar di Indonesia dan infrastruktur terintegrasi. Optimisasi multi obyektif digunakan untuk memperoleh titik optimum kedua fungsi. Formula harga wholesale gas bumi pada titik optimum disusun sebagai fungsi linier terhadap harga minyak bumi dengan slope α dan konstanta k. Nilai α diperoleh dengan rentang 0,1079 - 0,1589 dengan k pada rentang 3,7 - 5,38.

Natural gas utilization is an important issue related to the demand and prices for the benefit of country and consumers. This study aims to optimize social welfare represents the interests of consumer and producer netback representing the interests of country. The scope of this research is the natural gas market in Western Java area having the biggest demand and integrated infrastructure. Multi-objective optimization is used to obtain the optimum value of both functions. Wholesale price formula of natural gas at the optimum value is structured as a linear function of the price of crude oil with slope α and constant k. The values of α obtained in the range of 0.1079 to 0.1589 with k in the range of 3.7 to 5.38.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T43815
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanus Dody Kristianto Wicaksono
"ABSTRAK
Dalam perkembangannya benih hibrida dimulai pada tahun 1989 yaitu ditandai dengan munculnya jenis varietas jagung hibrida, dan pasar benih hibrida terus mengalami perkembangan dalam hal teknologi dimana pada tahnn 2005 muncul varietas terbaru yaitu varietas benih padi hibrida Dalam beherapa tahnn terakhir jnmlah penggunaan benih hibrida terus meningkat sehingga dapat menarik minat perusahaar lain untuk masuk ke pasar benih hibrida sehingga dapat dipastikan ke depannya persaingan dalam industri benih hibrida akan sernakin ketat Dengau semakin ketatnya persaingan dalam industri benih hibrida, maka PT. Sang Hyang Seri memerlukan suatu strategi keunggulan bersaing yang tepat agar dapat memenangkan persaingan dalam pasar benih hibrida. Berdasarkan basil analisis faktor EFE menunjukkan bahwa perusahaar mampu melakukan respon yang balk di dalam memanfaatkan pelnang dan juga mengurangi tingkat ancaman dari lingkangan eksternal perusahaan, berdasarkan analisis fak-tor !FE menunjukkan perusahaan mcmiliki kekuatan internal rata-rata yang balk, berdasarkan analisis IE Matriks didapatkan hasil bahwa perusahaan sedang dalam tahap pertumbuhan dan pembangunan sehingga strategi yang disarankan yang dapet diambil oleh perusahaar adalah strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar, dan strategi pengembangan produk. Berdasarkan hasil analisis GE Matriks menunjukkan produk benih padi hibrida dan produk benih jagung hibrida berada pacta posisi memiliki daya tarik industri yang tinggi dan perusahaan memiliki kekuatan nntuk bersaing yang sedang maka strategi yang disarankan yang dapat diambil oleh perusahaan dalarn menetapkan strategi unit bisnis adalah strategi pengembangan pasar dan stratcgi pengembangan produk. Dari besil analisis CPM menunjukkan produk benih padi hibrida merupakan pemimpin pasar maka strategi yang disarankan yang dapat diambil oleh perusahaan adalah strategi perluasan kcselunihan pasar dan strategi mempertahankan pangsa pasar, produk bcnih jagung hibrida merupakan penantang pasar maka strategi yang disarankan yang dapat diambil oleh perusahaan adalah strategi frontal attack, strategi flank attack, dan strategi bypass attack Dari basil penetapan strategi pemasaran tersebut, maka perusahaan dapat menentukan strategi ftmgsional dengan mcnggunakan strategi bauran pemasaran melalui strategi 4P yaitu strategi produk (product), strategi harga (price), strategi distribusi (place) dan strategi promosi (promotion).

ABSTRACT
Hybrid seeds began to develop in 1989 and marked by the emergence of hybrid maize varieties, and hybrid seeds market continues to grow in terms of technology which in 2005 emerged the latest varieties that is hybrid rice seed varieties. In recent years the number of hybrid seed usage continues to increase so as to attract other companies to enter the hybrid seed market so most likely in the future the competition in the hybrid seed industry will be very tight. With the increase of competition in the hybrid seed industry, PT. Sang Hyang Seri requires an appropriate strategy for competitive advantage to win the competition in the hybrid seed market. Based on the results of EFE factor analysis showed that the company is able to respond well in utilizing the opportunities and also reduce the level of threat coming from the external environment company, based on !FE factor analysis shows the company has good internal strength, based on the IE Matrix analysis showed that the company is in the stage of growth and development so that the suggested strategies that can be taken by the company is a market penetration strategy, market development strategy, and product development market Based on GE Matriks analysis it shows that the hybrid rice products and hybrid com seed products has been in positioned of having high industry attractiveness while at the same time the company is in the average in terms of competition power, so then the recommended strategies to determine the unit business strategic is market development strategy and product development strategy. From the analysis of CPM showed that hybrid rice seed products is a market leader, then the suggested strategies for the company is expanding the whole market strategy and the strategy to maintain market share, hybrid com seed products is a market challenger so the suggested strategy for the company is a frontal attack strategy, flank attack strategy, and bypass attack strategy. From the results of decision of marketing strategy, the company can determine the functional strategy by using marketing mix strategy through a 4P's strategy which are product strategy, pricing strategy, place and strategy promotion. "
2011
T33695
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Claudya Frisca Susanna
"

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah petanda produk hibrida (hybrid product) dengan negara produsen atau Country of Manufacture/ Assembly (COM/A) di negara-negara berkembang mempengaruhi persepsi kualitas konsumen Indonesia dalam mempergunakan produk fast-fashion. Penelitian ini terdiri dari tinjauan pustaka diikuti dengan penelitian empiris melalui survei berbasis internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikasi produk hibrida sendiri tidak mempengaruhi persepsi kualitas menjadi lebih rendah, meskipun demikian, COM/A negara-negara berkembang mempengaruhi persepsi kualitas secara negatif yang signifikan dan perubahan pada persepsi kualitas terhadap produk fast-fashion tidak diperngaruhi pada persepsi awal produk tersebut. 


The purpose of this study is to analyze whether or not the indication of being a hybrid product with COM/A in emerging countries affect Indonesian consumer’s quality perception by using fast-fashion products. The study consist of a literature review followed by an empirical research through a web-based survey. The study revealed that hybrid product indication alone does not lead to a lower quality perception, however, emerging countries COM/A negatively affects the quality perception significantly and the change quality perception did not depend on the product’s initial perception. 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>