Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 117904 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewangga Respati
"Pada tahun 2010 terjadi peningkatan level organisasi SI/TI di SKK Migas menjadi Divisi MSI. Dengan keragaman arsitektur dan teknologi yang dimiliki oleh tiap SI di SKK Migas, maka Service Oriented Architecture SOA dipilih menjadi konsep integrasi. Salah satu permasalahan yang menjadi penyebabnya adalah belum adanya standar pengembangan SI berbasis SOA di SKK Migas. Penelitian ini akan membuat strandard pengembangan SI berbasis SOA di SKK Migas untuk membantu mengatasi permasalahan ini di SKK Migas. Penelitian ini menggunakan scrum sebagai acuan dalam membuat rekomendasi standar pengembangan SI di SKK Migas. Rekomendasi standar pengembangan SOA dibuat dengan mengacu ke model yang dibuat oleh Thomas Erl. Untuk integrasi antara standar pengembangan SI dan SOA di SKK Migas, digunakan penelitian dari Vamshi Kiran Gireddy dan Andrew P. Ciganek dengan judul ldquo;Implementing A SOA Using Scrum: Achieving Improved Productivity Using Service Trees rdquo;. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi standar pengembangan SI di SKK Migas. Hasil kedua dari penelitian ini adalah standar pengembangan SOA di SKK Migas. Standar integrasi antara pengembangan SI dan SOA diatur melalui 3 prosedur yaitu pendefinisian user stories service tree, pendefinisian jadwal sprint user stories dan service, dan review user stories service tree dan jadwal sprint.

In 2010, there is an increment of IS IT organization level at SKK Migas become centralized in MSI Division. Based on the heterogeneity of architecture and technology of IS in SKK Migas, service oriented architecture SOA have been chosen as the integration concept. Main cause of problem in SKK Migas is that there is no standard in SKK Migas for IS development based on SOA. This research will use scrum as a reference of IS development standard in SKK Migas. SOA development standard will use model from Thomas Erl as the reference. Research from Vamshi Kiran Gireddy and Andrew P. Ciganek named ldquo Implementing A SOA Using Scrum Achieving Improved Productivity Using Service Trees rdquo will be used as reference for integration of development standard of IS and SOA in SKK Migas. This research produce recommendation for IS development standard in SKK Migas. Other result of this research is SOA development standard in SKK Migas. Integration of IS and SOA development standard in SKK Migas consist of 3 process, definition of user stories service tree, schedule definition of user stories and service sprint, and review of user stories service tree and sprint schedule."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hery Hermawanto
"Sistem Informasi Pendidikan Tenaga Kesehatan (Man Power of Health Education Information System) telah dikembangkan lebih dari 5 (lima) tahun yang lalu. Sistem informasi tersebut diimpiementasikan di 3 (tiga) tingkatan yaitu tingkat pusat, tingkat propinsi, dan tingkat institusi. Pada awalnya sistem tersebut dimulai dari laporan secara manual hingga pada 5 (lima) tahun yang lalu telah dibangun dalam basis komputer. Program aplikasi (software) yang dikembangkan diletakkan di Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Dinas Kesehatan Propinsi dan Institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan.
Hasil penelitian yang dilakukan di DKI Jakarta (1998) dan di Padang, Sumatera Barat (2000) menunjukkan bahwa 34% institusi output software tidak sesuai dengan kebutuhan institusinya, dan setiap periode laporan (Maret-September) masih terjadi keterlambatan dan ketidaklengkapan laporan dari sejumlah institusi. Selain itu sering terjadi kegagalan dalam proses installing software dan kegagalan fungsi-fungsi yang ada dalam software dimaksud. Masih terdapat kelemahan software yang lain yaitu sulit untuk melakukan editing dan tampilan antar muka (interface) yang kurang menarik.
Untuk mempelajari sistem tersebut dilakukan wawancara mendalam yang dilakukan di salah satu institusi pendidikan tenaga kesehatan tertua di Indonesia yaitu Akademi Kesehatan Lingkungan Jakarta. Hasil wawancara tersebut menunjukkan bahwa secara umum software yang dikembangkan selama ini tidak banyak membantu dalam hal pengelolaan data di institusi. Hal tersebut terbukti bahwa di akaderni tersebut data yang ada belum terorganisir dengan baik, belum terintegrasi dan masih banyak duplikasi. Data input software tersebut belum memuat nilai per mata kuliah sehingga untuk menyiapkan daftar prestasi akademik diperlukan waktu 2 - 3 bulan. Untuk mencetak output software tersebut diperlukan printer khusus yaitu printer besar. Selain itu untuk melakukan penyiapan data maupun pencarian data dibutuhkan langkah yang panjang dan waktu yang relatif lama. Kelemahan lain yang dirasakan adalah tidak menariknya tampilan antar muka, installing program yang tidak selalu berhasil dengan baik, serta langkah editing data yang tidak praktis.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dua hal yang perlu disempurnakan yaitu software pengelola data dan rancangan basis data yang ada di tingkat institusi. Untuk penyempurnaan tersebut makna software harus mampu mengintergrasikan data yang ada dan memuat nilai per mata kuliah, memiliki langkah operasional yang sederhana, mampu memproduksi output dalam waktu yang relatif singkat. Kelebihan (feature) lain yang diperlukan antara lain adalah mampu mencari data dengan cepat, output dapat dicetak di berbagai jenis printer, memiliki tampilan interface yang menarik, memiliki langkah editing data yang praktis dan memiliki tingkat kegagalan install yang rendah. Software yang menjadi solusi perrnasalahan tersebut adalah Program Aplikasi Basis Data yang dibangun dengan menggunakan Paradox 7.0 dan bahasa pemorgraman Borland Delphi 6.0. Dengan program aplikasi tersebut diharapkan dapat menunjang sistem informasi akademi kesehatan (Health Academy Information System).

Information System Design of 2001 Database Based Health AcademyManpower of Health Education Information System has 'been developed since 5 years ago. The information system has been implemented in 3 levels, namely central, provincial and institution levels. At first, such system was initiated from report manually until 5 years ago and since then a computer based system was developed. Application program (software) that was developed is resided at the Center for Manpower of Health Education, Health Agent of Provinces and Educational Institution of Manpower of Health.
The result of research conducted in Special Capital City of Jakarta (1998) and Padang, West Sumatera (2000) indicated that 34% of output software institution did not meet the needs of the institutions. And every report period (-March - September) still undertakes late and report incompleteness from a number of institutions. Besides, failure often occurred in installing software process and functions in concerned software. There were still many software weaknesses, difficulty in carrying out editing and less interesting interface performance.
To study such system, an in-depth interview was carried out in one of the oldest education institutions of manpower of health in Indonesia, the Academy of Environmental Health of Jakarta. The result of the interview indicated that in general the software developed up to now has not helped managing data in institution. It was proofed that in that institution the existing data have not yet been organized and integrated well and much duplication still could be found. The data input software has not covered the grades of subject of course so that to prepare academic achievement lists needs time of 2 - 3 months. To print the output software needs special printer, a large printer. In addition, to carry out data preparing or data searching needs long step and relatively long time. Other weaknesses found were the less interesting interface performance, installing program that did not always succeed well, and editing data that was unpractical.
From the results above, it can be concluded that two matter need to be perfected, namely software of data processing and database plan existing in the institutional levels. To solve these weaknesses the software should be able to integrate the existing data and cover grades for each course subject; have simple operational steps; able to produce output in relatively short time. Other necessary features are ability to search data fast, output can be printed in any types of printers, which possess an interesting interface performance; has practical editing steps and low level of installation failure. The software that can become the solution is Database Application Program developed by using Paradox 7.0 and the language programof Borland Delphi 6.0.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2001
T10681
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iis Afriyanti
"Pada saat ini telah dibangun Portal Open Data UI, yang merupakan portal berbasis Semantic Web untuk mengintegrasikan berbagai sistem administrasi akademik di UI. Penelitian ini ditujukan untuk membuat ontologi evaluasi akademik yang akan diimplementasikan pada portal tersebut. Ontologi evaluasi akademik adalah pemodelan representasi pengetahuan pada domain akademik yang sesuai dengan kebutuhan evaluasi akademik. Ontologi evaluasi akademik mencakup keterhubungan antar dosen, mahasiswa, perguruan tinggi beserta aktivitas-aktivitasnya di setiap tahun akademik. Ontologi ini dibuat dengan metode Ontology Development 101 dengan langkah-langkah (1) menentukan domain dan cakupan ontologi yaitu dengan cara membuat competency questions, (2) analisis menggunakan ontologi yang tersedia, (3) enumerasi kosakata, (4) mendefinisikan class dan hierarki antar class, (5) mendefinisikan property, dan (5) mendefinisikan slot. Penelitian ini menghasilkan ontologi evaluasi akademik yang mengacu pada proses evaluasi internal semester jenjang S1, S2 dan S3 di Universitas Indonesia. Ontologi yang dihasilkan telah dipublikasikan, agar tidak hanya dapat diterapkan pada Universitas Indonesia, namun juga dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi lain di Indonesia.

At this time there is Portal Open Data UI, which is a Semantic Web-based portal to integrate various systems of academic administration at the Universitas Indonesia. This research aimed to create academic evaluation ontology will be implemented in the portal. Academic evaluation ontology is modeling knowledge representation in the academic domain that fit the needs of academic evaluation. Academic evaluation ontology connectivity between faculty, students, colleges along its activities at every academic year. This ontology is made by the method of Ontology Development 101 with steps (1) determine the domain and scope of the ontology with competency questions, (2) consider reusing existing ontologies, (3) enumerate important terms in the ontology, (4) define the classes and the class hierarchy, (5) define property, and (5) define slot. This research has resulted ontology academic evaluation refers to the process of semester internal evaluation for undergraduate, master, and doctoral at the Universitas Indonesia. The ontology has been published, so that not only applied to Universitas Indonesia, but also can be used by other universities in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lenny Lia Ekawati
"Proses pengarsipan sediaan apus darah tepi (SADT) dan sertifikasi diagnosis mikroskopis di U.S.NAMRU-2 telah berjalan. Masalah utamanya adalah basis data yang memuat posisi penyimpanan SADT belum tersedia dan pemanfaatan kembali SADT yang telah dikumpulkan belum optimal. Penyimpanan dan pengolahan data pada proses sertifikasi belum terintegrasi dan masih dilakukan secara manual, sehingga informasi yang dihasilkan memerlukan waktu lama.
Tujuan pengembangan sistem MC4 adalah membangun manajemen basis data pengarsipan SADT dan standarisasi proses sertifikasi kompetensi diagnosis mikroskopis malaria. Untuk mendukung tujuan dan sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah, dikernbangkan juga komputerisasi basis data berupa rancang bangun (prototype) MC4.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan studi observasi. Pengembangan sistem menghasilkan rancang bangun (prototype) MC4 dengan basis data relasional. Uji cobs rancang bangun menunjukkan berhasilnya operasional sistem berdasarkan indikator input, proses dan output yang telah ditetapkan.

System Development of The Microscopy Competency Certification and Collection Center (MC4) In U.S.NAMRU-2, Jakarta Archiving process of blood smear and certification process of microscopic diagnosis of malaria in US NAMRU-2 has been running. The main problems are unavailability of database that contains blood smear archiving position and re-use of the collected blood smears. Data saving and processing in certification process is not yet integrated and has been done manually, so it takes long time to acquire the information needed.
MC4 system development is purposed to build data base management system for archiving process of malaria blood smear and standardization procedure for competency certification in microscopic diagnosis of malaria. To support these goals, the MC4 prototype as a computerized database is also developed.
This system development used in depth interview and observation study as data collection methods. Final result of this activity is MC4 prototype with relational database. Prototype trial study shows the success of system operational, based on determined indicator of input, process and output.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2003
T11249
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Rian Alpajirin
"Fokus utama penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan prototipe sistem registrasi IRS berbasis event-driven architecture serta mengevaluasi sistem tersebut dengan eksperimen chaos engineering. Implementasi sistem menggunakan Spring Boot framework, Apache Kafka sebagai event broker, dan Amazon Web Service (AWS) untuk infrastruktur. Pengujian dilakukan dengan melakukan API testing untuk menguji fungsionalitas sistem dan load testing untuk menguji reliability sistem. Terakhir, eksperimen chaos engineering dengan metode chaos monkey dilakukan untuk menguji resilience sistem. Hasil pengujian menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem sebagai layanan IRS bekerja dengan baik. Sistem dapat tetap bekerja di bawah tekanan 40.000 mahasiswa yang disimulasikan mengakses sistem bersamaan. Pada kondisi chaos di mana beberapa server dimatikan, sistem masih dapat berfungsi dengan baik dan mahasiswa masih dapat menggunakan layanan registrasi IRS tanpa masalah.

The main focus of this research is to design and develop a prototype of an event-driven architecture based course registration service, and to evaluate the system with chaos engineering. The system was implemented using Spring Boot as its framework, Apache Kafka as the event broker, and Amazon Web Service (AWS) for infrastructure. The testing was done by implementing API testing for evaluating the system’s functionality and load testing to evaluate system’s reliability. Finally, a chaos engineering experiment was carried out to evaluate the resilience of the system. The result shows that the system can deliver its functionality as a course plan registry pretty well. The system was able to work under the pressure of 40.000 student simulated to access the system simultaneously. In the chaos condition where several server were taken down, the system still performs well and able to provide the service without any problem for the students."
Depok: Fakultas Ilmu Kompuer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanrichie
"Sistem informasi penugasan pengajaran dosen (Sirando) adalah salah satu sistem informasi manajemen sumber daya manusia berkaitan dengan penugasan pengajaran dosen Fasilkom UI. Sistem ini dibutuhkan oleh manajemen Fasilkom UI untuk mengelola tugas pengajaran dosen sesuai dengan beban yang dimiliki setiap dosen. Namun, selama penggunaan sistem tersebut terdapat beberapa masalah pada aplikasi seperti pemeliharaan aplikasi yang sulit untuk dikembangkan lebih lanjut dikarenakan pengembangan kode tanpa standar dan desain antarmuka aplikasi Sirando yang kurang user-friendly dan inkonsisten. Kedua permasalahan berhubungan erat dengan maintainability dan usability sehingga kedua aspek tersebut menjadi fokus pada penelitian ini. Peningkatan usability dilakukan dengan penerapan user-centered design (UCD) pada aplikasi. Sementara itu, aspek maintainability ditingkatkan melalui evaluasi dan implementasi ulang aplikasi. Model waterfall digunakan sebagai basis proses pengembangan arsitektur aplikasi. Hasil penerapan kedua pendekatan penelitian tersebut diuji menggunakan metode evaluasi kualitatif seperti group usability testing serta metode evaluasi kuantitatif seperti system usability scale (SUS), static code analysis, dan mean time to repair (MTTR). Group usability testing dan SUS diikuti oleh manajemen akademik Fasilkom UI, sedangkan MTTR diikuti oleh mahasiswa Fasilkom UI. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa skor SUS dari aplikasi Sirando versi baru adalah 69,15 untuk tampilan desktop dan 66,68 untuk tampilan mobile yang termasuk dalam adjective rating “OK”. Hasil static code analysis dan pengujian MTTR juga menunjukkan maintainability aplikasi yang lebih baik pada versi baru aplikasi, yaitu berhasil mencapai 98% line coverage, penurunan signifikan terhadap technical debt, dan nilai MTTR yang lebih baik.

Information system for teaching assignments of lecturers (Sirando) is one of the management information system related to teaching assignments of lecturers in Fasilkom UI. The system helps the management of Fasilkom UI manage the teaching assignments of lecturers according to the teaching load of each lecturer. However, during the use of the system there were several problems in the application such as difficulty in maintaining the web application to develop further because of unstandardized code development and interface design that is not user-friendly and inconsistent. Both problems are closely related to maintainability and usability of web applications so these two aspects are the focus of this research. The usability of the application is improved by applying user- centered design (UCD), whereas the maintainability aspect is improved through re- evaluation of Sirando’s architecture and implementation. The waterfall model is used as the basis for the application architecture development process. Both results of the research approaches are tested using qualitative evaluation methods such as group usability testing as well as quantitative evaluation methods such as system usability scale (SUS), static code analysis, and mean time to repair (MTTR). Group usability testing and SUS are followed by academic management of Fasilkom UI, while MTTR is followed by student of Fasilkom UI. The evaluation shows that the SUS score of the newly developed version of Sirando is 69,15 for the desktop display and 66,68 for the mobile display which has the adjective rating “OK”. The evaluation using a static code analysis tool and MTTR shows that the maintainability aspect of the newly developed version of Sirando is better than the past version, achieving 98% line coverage, a significant reduction in technical debt, and a better MTTR value."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1996
S26944
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ostrowski, Christopher
New York: McGraw-HIll, 2005
005.756 5 OST o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Korth, Henry F.
New York: McGraw-Hill, 1991
005.74 KOR d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S39047
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>