Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 192987 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abdul Hamid Syaputra
"ABSTRAK
Jurnal ini membahas tentang bagaimana dampak sosial dan budaya dari perkembangan pariwisata di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Metode yang digunakan berupa kualitatif seperti studi pustaka dari buku-buku, jurnal, dan observasi melalui internet. Dubai sedang menggiatkan pariwisatanya dengan mencanangkan diri menjadi kota pusat destinasi wisata dunia sebagai target utamanya. Sejarah dari Emirat Dubai yang berdiri sejak awal abad ke 19 ini tidak dapat banyak dibahas. Dubai di masa awal berdirinya bergantung pada penjualan mutiara. Meskipun begitu, Dubai menjadi daerah penting bagi perdagangan di Arab Teluk. Perubahan nasib terjadi setelah Dubai pada tahun 1950 bersama Abu Dhabi menandatangani perjanjian eksplorasi minyak untuk daerah Ra rsquo;s al-Khaimah, Umm al-Qawain, dan Ajman. Walaupun eksplorasi baru dimulai awal tahun 1950-an, efek dari eksplorasi minyak baru terasa saat ekspor minyak pertama dari Dubai tahun 1969. Hasil eksplorasi membuat taraf hidup masyarakat Dubai meningkat. Hasilnya Dubai menjadi salah satu kota modern di dunia, dan kini Dubai ingin menggapai ambisinya yang ditopang dengan penghasilan dari minyaknya yang berlimpah untuk menjadikan Dubai sebagai kota nomor satu tujuan destinasi pariwisata masyarakat dunia. Akan tetapi, disaat bersamaan Dubai sedang menghadapi permasalahan sosial budaya terkait kebudayaan barat yang diimpor ke Dubai.

ABSTRACT
This paper discusses about how the social and cultural aspects influence tourism development in the city of Dubai, United Arab Emirates. The method used is qualitative and literature study from books, journals, and observations over the internet. Dubai tourism is being intensified since it launched itself as the center of the world 39 s tourist destination. History of the Emirates of Dubai which established since the early 19th century can not be much discussed. In the early years, Dubai relied on sales of pearls. Nevertheless, Dubai is an important area for trade in the Arabian Gulf. Change of fortune occurred after Dubai in 1950 with Abu Dhabi signed an oil exploration agreement for Ra 39 s al Khaimah, Umm al Qawain, and Ajman regions. Although the new exploration began in the early 1950s, the effects of new oil exploration felt when the first oil exported from Dubai in 1969. Exploration results make living standard of the Dubai increased. The result was Dubai became into one of the modern cities in the world, and now Dubai wants his ambition which is supported by income from oil galore to make Dubai as the number one city destination tourism in the world . However, at the same time Dubai is facing a social and cultural issues related to Western culture which is being imported to Dubai."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Bintang Maulana Rafel
"Akhir ini membahas tentang Industri Pariwisata Dubai. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif analitis. Dari penelitian ini penulis mengetahui bahwa Dubai beralih menggunakan sektor Industri Pariwisata sebagai tambahan pemasukan negara selain sektor migas. Hal ini dibuktikan dari besarnya pertumbuhan wisatawan yang bermalam di Dubai sehingga mendorong GDP dari devisa yang diterima Dubai. Kemudian, pemerintah Dubai mendukung hal tersebut dengan kebijakannya membentuk Dubai Tourism and Commerce Market yang telah melakukan berbagai upaya menarik wisatawan ke Dubai serta pembangunan infrastruktur penunjang seperti hotel dan apartemen. Di samping itu, tersedianya berbagai macam objek wisata yang ada di Dubai yaitu, objek wisata religi, konvensional, budaya, dan cagar alam. Dengan demikian, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa potensi alam, kebudayaan, infrastruktur dan kebijakan pemerintah mendukung perkembangan industri pariwisata telah mempengaruhi pertumbuhan perekonomian Dubai.

This Final Project discusses the Dubai tourism industry. This research is a qualitative research with analytical descriptive design. From this research, the author learns about Dubai using the Tourism Industry sector as an additional state income besides the oil and gas sector. This is evidenced from the increased growth of tourists who spend the night in Dubai so that it encourages GDP from foreign exchange received by Dubai. Then, the Dubai government supported this by making its policy to form the Dubai Tourism and Commerce Market which has made various efforts to attract tourists to Dubai as well as the construction of supporting infrastructure such as hotels and apartments. In addition, the availability of various kinds of tourist objects in Dubai, namely, religious, conventional, cultural, and nature reserve. Thus, the results of this study discuss the natural potential, development, infrastructure, and policy. Dubai's economic growth."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Asri Ariati
"Pemanfaatan kebudayaan untuk parieisata memicu terjadinya komerseialisasi budaya yang dianggap dapat mengubah esensi kebudayaan itu sendiri. Skripsi ini membahas praktik komersial yang dilakukan oleh inddustri pariwisata melalui Kyoto Gion Matsuri, festival budaya Jepangyang telah memiliki nilai sebagai atraksi wisata. Penelitian ini merupakan kajian pustaka dengan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri pariwisata, berupa barang dan jasa, menggunakan Kyoto Gion Matsuri sebagai sarana praktik komersial karena potensi komersialnya. Esensi budaya Kyoto Gion Matsuri itu sendiri tidak banyak mengalami perubahan.

Utilization of culture to attract tourism has triggered cultural commercialization, which is believed to change the meaning of the culture itself. This script discussed about tourism industry's commercial practice through Kyoto Gion Matsuri, a Japanese Cultural Festival which recently has gained tourism value. This research was a literature study whit descriptive-analysis method. The result showed that tourism industry (ies) , such as goods and services, utilized Kyoto Gion Matsuri as a mean of commercial practice for its commercial potency. Cultural essentiality of Kyoto Gion Matsuri itself does not undergo many change."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1302
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siburian, Mordahai
"ABSTRACT
Godong Ijo is a visitors attraction offering educational tourism programs with quite strong interaction with nature. The program are designed as a means of learning, hence they are often participated by students. The purpose of this study is to describe the application of experiential marketing in Godong Ijo's program from visitors perspective and to develop development strategy for Godong Ijo based on experiential marketing. The method used is qualitative research method using survey, interview, and observation as the data collection techniques. Further, data collected were analyzed using swot analysis. The result of the research reveals that Godong Ijo has tourism potential in terms of attraction, accessibility, amenity, and ancillary. In terms of experiential marketing, most respondents agree that all experiential marketing have been delivered to the visitors. Recommendations for development strategy include more extensive promotion, service improvement, product innovation and more product development."
Jakarta: Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila, 2017
910 JTDA 4:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press , 1996
R 306 TOU
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
"Tourism has positive influence for the community and nation, because it provides economic benefits to achieve the social welfare, besides that the negative impacts should be aware of In the cultural tourism development that uses culture as a potential tourist attraction has been perceived benefits for the community. However, if the management of tourism industry uncontrolled, it can be a very dangerous threat to the preservation of cultural values. Tourism development from a social cultural perspective has focus on the regulation and the management of tourism implementation, with the aim to achieve balance and harmony of the relationship between the goal to achieve people's welfare and the preservation of natural environment and social culture. Thus, tourism development can fulfill the needs of life for future generations because the natural environment and social culture in development dynamically developing harmonious and balanced. Sustainable tourism development will run smoothly on the natural environment and social culture that lives in a safe atmosphere."
JUKIN 5:2 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ramzi Rinaldhi
"Diantara jenis pariwisata, heritage tourism dianggap sebagai salah satu trend yang akan berkembang. Potensi dari heritage tourism adalah bahwa sumber daya budaya termasuk didalamnya heritage tidak hanya memberikan pengalaman berupa rekreasi, tetapi juga pendidikan, pengetahuan serta manfaat sosial. Salah satu situs heritage yang ada di Indonesia adalah Kawasan Kota Tua Jakarta. Dengan sejarahnya yang panjang, Kawasan Kota Tua Jakarta menjadi salah satu ikon pariwisata kota Jakarta. Seiring dengan pertumbuhan pengunjung situs bersejarah dan warisan budaya lain di Indonesia, pada tahun 2012 tingkat kunjungan wisawatan ke Kawasan Kota Tua Jakarta menurun drastis. Untuk itu penelitian dilakukan guna mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dalam meningkatkan heritage tourism di Kawasan Kota Tua Jakarta. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 202 pengunjung Kawasan Kota Tua Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan authenticity untuk melihat persepsi pengunjung Kawasan Kota Tua Jakarta. Dalam penelitian ini digunakan lima buah variabel, yaitu motivasi, object based authenticity, Existential Authenticity, Satisfaction dan Loyalty.

Among the kinds of tourism, heritage is considered as one of the trends that will be growing in the future. Heritage tourism has very strong potential with its cultural resource heritage not only deliver a recreational experience, but also education, knowledge and social benefits. One of the heritage sites in Indonesia is Jakarta Old Town Area. With its long history, Jakarta Old Town Area became an icon of the city tourism. Along with the growth of the historical site visitors and other cultural heritage in Indonesia, in 2012 the number of tourist visits to Jakarta Old Town Area dropped dramatically. The study was conducted to determine what need to be done in increasing heritage tourism in Jakarta Old Town Area. The study was involving 202 visitors in Jakarta Old Town Area. This research looked at the perception of authenticity visitors Jakarta Old Town Area as main approach. At a wholem the research used five variables, namely motivation, object-based authenticity, Existential Authenticity, Satisfaction and Loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edria Nadilla Althoofani
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hasil analisis semiotika pada kedua iklan pariwisata di Youtube “Visit Qatar” dan representasi kebudayaan Qatar dalam kedua iklan tersebut. - Kedua iklan tersebut berjudul berjudul “ قطر عيش عالم استثنائي ” dan “هنا قطر.. أغنية اليوم الوطني ”. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes dan teori kebudayaan Koentjaraningrat. Penelitian ini menunjukkan adanya makna denotasi, makna konotasi, dan mitos dalam dua iklan tersebut. Makna denotasinya adalah realitas kebudayaan Qatar yang terdiri dari berbagai macam wujud kebudayaan. Makna konotasinya adalah setiap kebudayaan memiliki maknanya masing-masing dan menjadi refleksi di kehidupan yang akan datang. Mitosnya adalah wujud kebudayaan Qatar menjadi sesuatu yang merepresentasikan kebudayaan Qatar yang dapat dilihat sebagai kebiasaaan masyarakat Qatar dan sebagai bagian dari warisan budaya Qatar.

This study aims to explain the results of a semiotic analysis of the two tourism advertisements on the Youtube Channel "Visit Qatar," and the representation of Qatari culture in the two advertisements. The two ads are titled “ قطر عيش عالم استثنائي - ” and “ هنا قطر.. أغنية اليوم الوطني ”. This research is conducted qualitatively descriptively using Roland Barthes' semiotic theory and Koentjaraningrat's cultural theory. The finding of this research shows the two advertisements' denotative meanings, connotative meanings, and myths. The denotative meaning is the reality of Qatari culture, which consists of various forms of culture. The connotative meaning is that every culture has its meaning and becomes a reflection in the life to come. The myth is that Qatari culture represents Qatari culture which can be seen as a habit of Qatari people and as part of Qatar's cultural heritage."
Depok: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi, 1998
R 910.2 IND i
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Monica Lovenia A.P
"Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melakukan aktivitas media relations yang dilaksanakan oleh Humas yang tergabung dalam Pusat Komunikasi Publik untuk mencapai publisitas yang dapat digunakan untuk penyebarluasan informasi mengenai pariwisata dalam negeri kepada masyarakat khususnya calon wisatawan nusantara.
Penelitian ini mencoba menganalisis secara deksriptif mengenai aktivitas media relations untuk mencapai publisitas yang dapat mendukung promosi pariwisata dalam negeri dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara wawancara mendalam serta melakukan studi pustaka seperti data yang didapatkan dari sumber literatur kepustakaan berupa buku-buku, surat kabar, artikel/tulisan pada media massa dan internet, foto, dokumen dan website Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Kesimpulan penelitian ini memperlihatkan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyadari bahwa media merupakan hal yang sangat penting untuk dapat menyebarluaskan informasi mengenai promosi pariwisata dalam negeri, dan hubungan dengan media tersebut dapat diupayakan melalui aktivitas media relations yang dilakukan oleh Humas secara konvensional dan special treatement walaupun dalam prakteknya terdapat banyak hambatan. Humas juga telah melakukan peran, fungsi serta tugasnya dalam upaya pencapaian publisitas pendukung promosi pariwisata dalam negeri melalui aktivitas media relations tersebut.

Ministry of Tourism and Creative Economy, Republic of Indonesia holds media relations activities that is implemented by Public Relations which is incorporated in Centre of Public Communication in efforts to achieve publicity which can be used to dissemination of information about domestic tourism promotion especially candidate of domestic tourism.
This thesis try to analize in descriptive way about media relations activity to achieve publicity for supporting domestic tourism promotion by using qualitative approach through in depth interviews, and also doing literature study such as data obtained from literature sources in form books, newspaper, article/posts on mass media and internet, photos, document and website of Ministry of Tourism and Creative Economy.
Conclusion of this thesis shows that Ministry of Tourism and Creative Economy realize that media is a very important thing to dissemination information about promotion of domestic tourism, and media relations can be pursued through media relations activities conducted by the Public Relations in conventional and special treatment although in practice there are many obstacles. Public Relation also has done the role, functions and duties well in supporting efforts to achieve publicity for tourism promotion activities in the country through the media relations."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>