Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 55494 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mubarik Ahmad
"ABSTRAK
Saat ini, perkembangan sepak bola sebagai salah satu olahraga yang paling diminati di dunia tentu tidak bisa lepas dari peran media. Peran media ini berdampak pada pemberitaan sepak bola yang semakin beragam. Salah satu ragam yang digunakan media sepak bola pada artikel mereka adalah penggunaan gaya bahasa. Simile, metonimi, dan metafora sangat umum digunakan dalam artikel sepak bola dan yang paling sering digunakan dalam sebuah artikel sepakbola adalah metafora. Artikel ini membahas metafora dalam artikel dari majalah sepak bola Prancis FranceFootball dan unsur-unsur dari sepak bola yang dialihkan oleh metafora itu. Sebagai hasil, penulis menemukan bahwa metafora digunakan untuk menggantikan unsur yang merupakan dasar dalam permainan sepak bola. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesan yang lebih mendalam pada unsur sepak bola dialihkan karena mereka dianggap sebagai unsur yang penting untuk dibahas pada artikel. Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan bahwa metafora merupakan salah satu faktor yang meningkatkan minat dalam sepak bola.


ABSTRACT
AbstractIn this era, the development of football as one of the most attractive sports in the world cannot be separated from the role of media. It has an impact on the football news which is more diverse. One of the styles that football media use in their articles is figures of speech. Simile, metonymy and metaphor are common used in the football articles the most often used in a football article is metaphor. This article analyzed metaphors in articles of a french football magazine FranceFootball and which elements of football that is diverted by that metaphors. As results, the author found that metaphors are used to replace an element that is the basis for the game of football. This gives deeper impression on the diverted football elements as they are considered as the important element to be discussed on the article. Furthermore, this study shows that metaphor is one of the factors which increase the interest in football."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Prisa Rarasati
"Metafora adalah salah satu gaya bahasa yang mengumpamakan referen satu dengan referen lain. Dalam skripsi ini, objek yang diteliti adalah metafora yang mendeskripsikan pemain sepak bola dan tim kesebelasan suatu negara. Oleh karena itu, metafora yang digunakan untuk menggambarkannya merupakan metafora nomina. Skripsi ini meneliti metafora dan ranah asal nama posisi pemain sepak bola dan tim kesebelasan dalam artikel on-line Kicker dari aspek semantik dan sintaksis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metafora apa saja yang digunakan untuk mendeskripsikan pemain sepak bola dan tim kesebelasan serta jenis metafora tersebut berdasarkan teori dari Ingendahi (1969: 44-49). Setain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ranah yang digunakan dalam memetaforakan pemain sepak bola dan tim kesebelasan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat 28 metafora yang mendeskripsikan pemain sepak bola dan tim kesebelasan di dalam data yang diteliti ini. 15 metafora di antaranya termasuk dalam metafora nomina babas dan 13 metafora termasuk metafora nomina atributif. Penelitian ini menunjukkan juga, bahwa terdapat 25 metafora yang berasal dari ranah asal perang.

This thesis aims ti research metaphor in article on-line Kicker, which use football player if fottball team as its reference from the semantics point of view. Words, which refer to fottball player and football team belong to noun. Therefore I choose the theory of Ingendahl, which describes kind of metaphor as substantive. This research also describes domain of the metaphors.
The aim of this research are to know metaphors, which describe football player or football team in the data to know kinds of the metaphors according to the theory of Ingendahl (1969: 44-49) and to know the dmain of the metaphors.
The result of the research shows, there are 28 metaphors in the data, which describe football player or football team. Fifteen metaphors belong to independent metaphor and the rest belongs to attributive metaphor. The research shows also the facts, that tere are 25 of 28 metaphors, which lexically are related to the war domain. It means, that a big pan of the metaphor, which are searched, comes from war domain."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15140
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riandra Khairina
"Skripsi ini meneliti metafora dan ranah asal metafora yang merujuk pada permainan sepak bola, pemain sepak bola, dan tim Bundesliga dalam tabloid sepak bola bahasa Indonesia, BOLA dan dalam tabloid sepak bola bahasa Jerman, kicker. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan ranah asal metafora-metafora sepak bola Indonesia dan metafora-metafora sepak bola Jerman.
Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat 29 metafora (11 bahasa Indonesia dan 18 bahasa Jerman) yang merujuk pada permainan sepak bola, pemain sepak bola, dan tim Bundesliga. Penelitian ini juga menunjukan bahwa metafora-metafora tersebut baik dari bahasa Indonesia maupun bahasa Jerman, berasal dari ranah makna perang.

This Thesis analyses metaphor and the word of origin that refers to football, football player, and Bundesliga's team features from Indonesia football's tabloid, BOLA and from Germany football's tabloid, kicker. The aim of this research is to determine and to compare the original domain of football metaphor in Indonesian and in German.
The outcomes of this research establish that there are 29 related metaphors (11 Indonesian and 18 German) which refers to the reference aspects. This research also reveals that both metaphors that come from Indonesian or German are derived from the realm meaning of war."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1295
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Astuti
"Penelitian ini membahas jenis-jenis metafora yang lazim digunakan untuk berita ekonomi dalam artikel ekonomi dalam majalah Der Spiegel dengan rentang waktu 2011-2012. Tujuan penelitian ini untuk menunjukkan jenis-jenis metafora menurut konsep Johnson dan Lakoff, jenis-jenis metafora dilihat dari aspek produktivitas dan kestabilan metafora menurut Kurz, serta ranah sumbernya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis metafora yang lazim digunakan dalam artikel ekonomi adalah jenis metafora struktural, sedangkan jika dilihat dari aspek produktivitas dan kestabilan metafora, adalah metafora leksikal. Ranah sumber yang umum dipakai adalah ranah sumber peperangan.

This essay discusses metaphor that are commonly used in the article of economy of Der Spiegel magazine between 2011-2012. The aim of this research is to show the varieties of metaphors in economy article according to the metaphor's concept of Johnson and Lakoff and from the aspect of its productivity and stability according to Kurz, and also the domain source of those metaphors.This research is qualitative and library research.
The result of the research shows that metaphor that is commonly used in the article of economy is the structural metaphor; while according to productivity and stability is the lexical metaphor. The source domain that is commonly used is the war domain.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1921
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Syavira Retty Radiyanti
"Skripsi ini meneliti tentang jenis-jenis metafora yang biasa digunakan untuk artikel
musik majalah Rolling Stone Jerman edisi 227 bulan September 2013. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis metafora ditinjau dari segi semantik
dan menunjukkan fungsi pembentukan metafora yang digunakan dalam artikel
tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis metafora yang
sering digunakan dalam artikel musik majalah Rolling Stone Jerman adalah metafora
kreatif dan terdapat banyak personifikasi. Fungsi metafora yang terlihat jelas adalah
untuk menggambarkan berbagai situasi dan menjelaskan suatu hal.

This Thesis analyzes the varieties of metaphor, which are frequently used in the one
of the music article in the Rolling Stone magazine Germany, edition of 227 on
September 2013. The aim of this research is to describe the varieties of metaphor in
the chosen music article observed from the semantic aspects and to show what those
metaphors function as. This is a library-based research and is qualitative. The result
of this research shows that creative metaphor and personification are frequently used
in the music article in the Rolling Stone magazine Germany. The functions of
metaphor are obviously to explain and describe something and situations."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55855
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Nyoman Satrya Widarta
"Penelitian ini membahas mengenai penggunaan metafora di dalam artikel berita sepakbola online berbahasa Rusia. Analisis dengan menggunakan teori metafora dan metode penelitian deskriptif analitis dilakukan untuk membuktikan argumen utama yaitu penulis berita menggunakan metafora agar isi berita menjadi lebih menarik. Berdasarkan analisis, hasil penelitian membuktikan bahwa metafora digunakan di dalam penulisan artikel berita sehingga isi berita menjadi lebih menarik.

This thesis analyses the application of metaphor in Russian football online articles. With metaphor theory and descriptive analytical method for the analysis of the main argument to prove that news writers use metaphors in order to make the news content being more interesting. Based on the analyzes, this thesis prove that metaphors used in the writing of news articles so that the news content becomes more interesting.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
M. Ali Maksum
"Bagian 1
Analisis Situasi
Remaja belum mempunyai acuan untuk mendapatkan informasi mengenai sepak bola yang tepat. Untuk itu prototype majalah elektronik dibuat untuk remaja yang ingin mengembangkan diri dibidang persepakbolaan.
Bagian 2
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype
Menyediakan informasi untuk pembaca memahami teknik dasar sepakbola yang tepat. Mendorong pembaca mengerti pendidikan sepakbola harus dimulai dari usia remaja.
Bagian 3
Prototype yang Dikembangkan
Kick On merupakan majalah elektronik sepakbola mingguan berformat Portable Document Format atau PDF. Majalah ini dapat diakses dan diunduh secara gratis. Sasarannya adalah remaja laki-laki berumur 12-18 tahun, berpendidikan SMP dan SLTA, dengan SSE B.
Bagian 4
Evaluasi
Evaluasi meliputi proses input, output, dan outcome dilakukan dengan survei, rapat, dan observasi.
Bagian 5
Anggaran
Total pengeluaran tahun pertama: Rp 1.113.500.000
Prakiraan pendapatan tahun pertama: Rp Rp 1.044.000.000
Prakiraan rugi tahun pertama: Rp 174.100.000
Break Even Point akan terpenuhi pada tahun kedua bulan keempat."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S54196
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Aprilia Maharani
"Penelitian ini membahas metafora dalam artikel pada surat kabar. Data yang digunakan adalah 13 artikel bulutangkis pada harian Kompas periode 1994-2002 dalam ajang Piala Thomas. Periode tersebut dipilih karena pada saat itu, Indonesia memenangkan Piala Thomas selama 5 tahun berturut-turut sehingga pembahasan mengenai Piala Thomas semakin banyak diberitakan. Pembahasan difokuskan pada jenis-jenis metafora dalam artikel menurut pendapat Lakoff dan Johnson. Selain itu, aspek semantis dalam hal ranah makna metafora bulutangkis juga dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam artikel bulutangkis pada harian Kompas ditemukan 82 metafora yang akan dikelompokkan dalam metafora struktural, metafora orientasional, metafora ontologis personifikasi, dan metafora ontologis kontainer. Dari seluruh data tersebut, metafora yang paling banyak ditemukan adalah metafora jenis struktural berbentuk kata. Dalam aspek semantis, ditemukan 6 makna ranah metafora, yaitu 1 ranah makna proses pertandingan, 2 ranah makna hasil pertandingan yang terbagi menjadi dua makna: makna menang dan makna kalah, 3 ranah makna peristiwa, 4 ranah makna tokoh, 5 ranah makna harapan, dan 6 ranah makna spasial. Berdasarkan keenam ranah makna tersebut, ranah makna proses pertandingan paling banyak ditemukan. Seluruh metafora yang terdapat dalam artikel bulutangkis pada harian Kompas periode 1994-2002 tidak menunjukkan ciri khas metafora olahraga bulutangkis.

This essay discusses the metaphor in an article of a newspaper. There are 13 badminton articles from harian Kompas period 1994-2002 in Thomas Cup events. The period was chosen because at that time, Indonesia won the Thomas Cup events for 5 years in a row, so that the news about Thomas Cup got more recognition on the news. The discussion focused on the types of metaphors in the article with the opinion of Lakoff and Johsnon. Besides, the semantics aspect in the realm of metaphorical meaning is also discussed. The results showed that in the article badminton on harian Kompas found 82 metaphors to be grouped into structural metaphors, orientational metaphors, ontological metaphors of personification, and ontological metaphors of containers. From the data, the most common metaphor is a structural type in the form of the words. In the semantic aspect, there are six realm of meaning of metaphors 1 realm meaning of process of the game, 2 realm meaning of the results game win and defeat, 3 realm meaning of the event, 4 realm meaning of character, 5 realm meaning of hope, and 6 realm meaning of spatial. Based on the meaning of the sixth realms, the process of the game realm is most prevalent. All of metaphors from harian Kompas period 1994-2002 is not shows the characteristic of badminton sport."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Kurnia Irawan
"Skripsi ini membahas metafora dalam perpindahan pemain sepak bola yang terdapat di dalam berita olahraga. Data yang digunakan dalam skripsi ini diambil dari tabloid BOLA edisi Agustus 2010. Tujuan penelitian ini adalah mencari metafora dalam prosedur perpindahan pemain sepak bola kemudian mengklasifikasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kata yang digunakan dalam perpindahan pemain sepak bola tidak seluruhnya mengandung makna metafora. Beberapa kata dalam perpindahan pemain sepak bola mengandung makna konotatif.

This study discuss about metaphor in football player transfer issue in sport news. This study used data from tabloid BOLA August 2010 edition. Purposes of this study were to find metaphor in procedure of football player transfer issue and then classified them. The result of this study showed that not all words used in football player transfer issue contain metaphor. Some words in football player transfer issue were containing connotative meaning."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S10964
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Faiz Yajri
"Bahasa kita sehari-hari dipenuhi dengan taburan metafora. Tidak heran jika setiap menit, 5-6 metafora akan muncul dari setiap percakapan. Meruahnya metafora menimbulkan istilah politik metafora sebagai bentuk penerapan metafora dalam berbagai aspek kehidupan manusia beserta aspek-aspek ideologis dari penerapan metafora tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metafora, dalam hal ini surface metaphors, yang digunakan Majalah Trubus dalam mengkonstruksi branding komoditas agribinis jabon serta menelisik ideologi yang tersembul. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Untuk menganalisis metafora dan bagaimana sistem pertandaan metafora bekerja menghasilkan suatu pemaknaan digunakan metode semiotika dari Roland Barthes. Dalam kesimpulannya, Peneliti menemukan bahwa terdapat politik metafora dalam branding komoditas agribisnis dalam teks berita Majalah Trubus pada saat artikel awal atau "pemanasan" yang membahas pengenalan objek (PO) dan saat menjadi topik utama ataupun laporan khusus. Pada artikel awal, bentuk-bentuk metafora jabon digambarkan sebagai komoditas agribisnis agribisnis bernilai ekonomis tinggi, pasar terbuka lebar dan siap menampung berapapun hasil produksi. Sementara pada saat topik, digambarkan bentuk investasi usaha yang menghasilkan keuntungan besar, melebihi produk perbankan seperti deposito, di kemudian hari.

Our everyday language filled with metaphors. Every minute, 5-6 metaphors emerged from every human conversation. The abundance of metaphors created a term called politics of metaphor as a form of ideological aspects for metaphors applications in various aspects of human life. The purpose of this research to find out surface metaphors used in Trubus agricultural magazine branding strategy of agribusiness commodities with the object focused on jabon. The research used qualitative methods with constructivism approach. Meanwhile, semiotic of Roland Barthes used to analyze the metaphors of the text. The finding showed politics of metaphor used in the text. At the beginning articles or "warming reports (PO)," surface metaphors described jabon as an agribusiness commodity with high economic value while wood market described run out of supply of jabon. Whereas at the topic and special report articles, jabon showed as a business investment that generated huge profits, even compared with banking products such as bank deposits.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30762
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>