Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 71003 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Polimpung, Hizkia Yosias
"Ontoteologi adalah musuh tradisional dari filsafat modern. Setiap filsafat muncul sebagai respon atasnya. Dalam disertasi ini, pemikiran Quentin Meillassoux yang adalah pelopor aliran realisme spekulatif menjadi obyek studi untuk direfleksikan kapasitasnya dalam menghalau metafisika ontoteologis. Ditunjukkan bahwa dalam seluruh prosedur pemikirannya mdash;postulasi problem, perumusan prinsip ontologis dan formulasi prosedur filsafat mdash;Meillassoux justru melakukan pengulangan ontoteologi ini dalam bentuknya yang disebut di sini sebagai ontoantropologi. Manusia anthropos , dalam filsafat Meillassoux, menjadi jangkar bagi ontologi itu sendiri. Dengan menggunakan psikoanalisis Jacques Lacan, disertasi ini memberikan kritik terhadap ontoantropologi Meillassoux. Pembahasan terbagi dalam tiga bagian besar. Pertama adalah pemaparan kondisi-kondisi institusional, sosial dan historis yang mana filsafat Meillassoux mengambil tempat. Bagian kedua merefleksikan postulasi ranah realitas obyektif, yang keberadaannya absolut dari pikiran manusia. Bagian ketiga mengevaluasi prinsip ontologis yang diformulasikan Meillassoux untuk memikirkan tentang realitas obyektif dan absolut ini. Selain refleksi kritis, penulis juga menawarkan sketsa kemungkinan solusi terhadap setiap manifestasi problem ontoantropologis Meillassoux. Akhirnya, disertasi ini berargumen bahwa problem ontoantropologis hanya bisa dipecahkan saat manusia-filsafat mengafirmasi kemungkinan bahwa kemanusiaannya berpotensi membatasi kapasitas filsafat dalam mengakses yang absolut, ketimbang mengabaikannya begitu saja sebagaimana yang dilakukan Meillassoux.

Ontotheology is a traditional adversary of modern philosophy. Every brand new philosophy rises up as a response against it. In this dissertation, the thought of Quentin Meillassoux, a pioneer of recent new speculative realist, becomes the object of study to be reflected upon its capacity in overcoming ontotheological metaphysics. It is shown that in every of his thought procedure mdash postulation of problem, formulation of ontological principle, designation of philosophical procedure mdash Meillassoux is precisely repeating ontotheology in the guise of what to be called as ontoanthropology. Human anthropos , in Meillassoux philosophy, becomes the anchor for the ontology itself. By employing Jacques Lacan rsquo s psychoanaysis, this dissertation offers a critique of Meillassoux rsquo s ontoanthropology. The discussion is divided into three. The first describes institutional, social, and historical conditions under which Meillassoux rsquo s philosophy is taking place. The second part reflects on the postulation of the realm of objective reality, whose presence is absolute to human rsquo s mind. The third part evaluates the ontological principle formulated by Meillassoux to think about the objective and absolute reality. Besides a critical reflection, the author also offer a sketch of possibility of solution for every manifestation of Meillassoux rsquo s ontoanthropological problem. Finally, the dissertation argues that the problem of ontoanthropology can only be solved when the man of philosophy affirm the possibility that his humanity has the potential to limit philosophy rsquo s capacity in accessing the absolute, instead of just foreclosing it as Meillassoux does."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
D2243
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Rachman
"Skripsi ini merupakan upaya penyingkapan permasalahan yang terjadi di dunia terkait penggunaan teknologi di era kontemporer sekaligus kritik terhadap penggunaan teknologi yang dilakukan. Kehidupan manusia tentunya tidak terlepas dari peredaran dan pengaruh teknologi. Teknologi di era kontemporer menunjukkan wujudnya yang lain dengan menjadi nature dalam kehidupan manusia. Nature tersebut bermanifestasi menjadi sebuah sistem sosial dimana manusia hidup dan berkembang. Proses kehidupan inilah yang menjadi persoalan ketika manusia tidak dapat lepas dari teknologi karena berada dalam jaringan yang tercipta. Faktor-faktor yang mendukung terjadinya keadaan ini adalah karakter dari teknologi, yakni, otomatisme, totalisasi, kesatuan, dan universalitas, dan karakter tersebut tidak disadari oleh manusia dengan menganggap teknologi hanya sekedar alat (korelasinisme), tidak memiliki being, sehingga menciptakan berbagai fenomena seperti, ekosistem digital, komputasi sosial yang berujung pada dinamika kemanusiaan. Berdasarkan hal tersebut, penulis berupaya menganalisis faktor substantif dari teknologi dan sudut pandang yang digunakan manusia dalam melihat teknologi. Melalui analisis tersebut, penulis bertujuan untuk menghindari degradasi rasionalitas pada manusia akibat pengaruh penggunaan teknologi dan sudut pandang yang digunakan. Bahwasanya, sebagai jawaban dari persoalan tersebut manusia perlu menggunakan sudut pandang baru dalam menggunakan teknologi, yakni sudut pandang Realisme Spekulatif.

This thesis is an effort to disclosure issues raised in the world related to the use of technology in the contemporary era as well as criticism of its use. Human life must not be separated from the circulation and influence of technology. Technology in the contemporary era showed his form to another by being in the nature of human life. This Nature is manifest as a social system in which people live and thrive. Process of life that is the problem when people can not be separated from the technology because it is in the network are created. Factors that contribute to this situation is the character of technology, namely, automatism, totalization, unity, and universality, and these characters are not recognized by humans with regard technology just a tool (Correlationism), does not have being, thus creating a variety of phenomena such as , digital ecosystem, social computation in the dynamics that led to humanity. Based on this, the author attempts to analyze the factors of substantive technological and human point of view used in viewing technology. Through this analysis, the author aims to avoid degradation due to the influence of human rationality in the use of technology and use points of view. Behold, as the answer to the problems of human need to use a new perspective in the use of technology, namely Speculative Realism.;This thesis is an effort to disclosure issues raised in the world related to the use of technology in the contemporary era as well as criticism of its use. Human life must not be separated from the circulation and influence of technology. Technology in the contemporary era showed his form to another by being in the nature of human life. This Nature is manifest as a social system in which people live and thrive. Process of life that is the problem when people can not be separated from the technology because it is in the network are created. Factors that contribute to this situation is the character of technology, namely, automatism, totalization, unity, and universality, and these characters are not recognized by humans with regard technology just a tool (Correlationism), does not have being, thus creating a variety of phenomena such as , digital ecosystem, social computation in the dynamics that led to humanity. Based on this, the author attempts to analyze the factors of substantive technological and human point of view used in viewing technology. Through this analysis, the author aims to avoid degradation due to the influence of human rationality in the use of technology and use points of view. Behold, as the answer to the problems of human need to use a new perspective in the use of technology, namely Speculative Realism."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47565
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bracher, Mark
Yogyakarta: Jalasutra, 2009
303.4 BRA j
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Andira Munifatul Basyori
"Artikel ini membahas perdebatan dalam pemberian nama depan (le prénom) seorang anak yang dapat mempengaruhi pembentukan subjektivitas seorang individu dalam film Le Prénom karya Mathieu Delaporte dan Alexandre de la Patellière tahun 2012. Film ini mengangkat isu sosial mengenai perselisihan dalam menentukan nama depan (le prénom) seorang anak di Prancis yang menjadi fenomena sosial yang diperdebatkan. Film Le Prénom menceritakan sebuah reuni keluarga yang memanas ketika membicarakan mengenai pemberian nama depan (le prénom) seorang anak yang akan lahir. Berfokus pada tokoh Vincent, tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bagaimana proses pembentukan subjektivitas Vincent melalui tatanan the imaginary (yang imajiner) dan the symbolic (yang simbolik) dan menganalisis bagaimana peran bahasa dalam menunjukkan proses terbentuknya subjektivitas Vincent. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teori struktur naratif milik A. J Greimas dan teori psikoanalisis Jacques Lacan yaitu the stade du miroir (1966) dan objet petit a (1973). Data penelitian yang digunakan berupa foto atau gambar, kata, ungkapan, dan kutipan atau cuplikan dialog yang diambil dari film tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa subjektivitas Vincent dibentuk oleh adanya konflik antara keinginan pribadi Vincent dengan tekanan sosial yang terjadi. Penggunaan bahasa berperan penting dalam pembentukan subjektivitas Vincent pada saat perdebatan le prénom (Adolphe) hingga di akhir cerita terdapat perubahan nama menjadi Françoise. Maka dari itu, dalam proses pembentukan subjektivitas Vincent, bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi melainkan berperan sebagai sistem simbolik, alat ekspresi diri, alat konflik dan sebagai proses transformasi dalam membentuk identitas serta menjadi faktor penting dalam perjalanan emosional pada diri Vincent.

This article discusses the debate over giving a child's first name (le prénom) which can affect the formation of an individual's subjectivity in the 2012 film Le Prénom by Mathieu Delaporte and Alexandre de la Patellière. The movie raises the social issue of the dispute over a child's first name (le prénom) in France, which has become a contentious social phenomenon. Le Prénom tells the story of a family reunion that gets heated when discussing the first name (le prénom) of a child who will be born. Focusing on the character Vincent, the purpose of this study is to identify how the process of forming Vincent's subjectivity through the order of the imaginary and the symbolic and analyze how the role of language in showing the process of forming Vincent's subjectivity. The research method used is qualitative method with A. J Greimas' narrative structure theory and Jacques Lacan's psychoanalysis theory, namely the stade du miroir (1966) and objet petit a (1973). The research data used are photos or images, words, expressions, quotes or snippets of dialog taken from the film. The results of the research show that Vincent's subjectivity is formed by the conflict between Vincent's personal desires and the social pressures that occur. The use of language plays an important role in the formation of Vincent's subjectivity during the debate over le prénom (Adolphe), so that at the end of the story there is a name change to Françoise. Therefore, in the process of forming Vincent's subjectivity, language is not only a means of communication but plays a role as a symbolic system, a means of self-expression, a means of conflict and as a transformation process in forming identity and an important factor in Vincent's emotional journey."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nining Juliantis
"Skripsi ini membahas novel Мёртвые Души/Myortvie Dusi/Jiwa-Jiwa Mati karya Nikolai Vasilievich Gogol. Di dalam skripsi ini, pembahasan difokuskan pada hasrat menjadi (narsisistik) dan hasrat memiliki (anaklitik) dari Gogol selaku pengarang yang termanifestasikan dalam novel ini. Kedua bentuk hasrat tersebut dianalisis dengan menggunakan teori tokoh-penokohan, sosiologi sastra, dan Psikoanalisis Jacques Lacan. Adapun metode yang digunakan yaitu deskriptif analitis dengan mekanisme penanda utama dan rangkaian penanda untuk menelusuri hasrat Gogol dalam novel Мёртвые Души/Myortvie Dusi/Jiwa-Jiwa Mati. Analisis dari novel ini menemukan bahwa hasrat menjadi juru tulis dan moralis agama seolah membuat Gogol dapat diakui eksistensinya oleh otoritas simbolik dan dapat terhindar dari ketakutannya. Adapun hasrat memiliki pasangan hidup dan mendapatkan kesejahteraan melalui materi merupakan pemenuhan kepuasan internal Gogol dan mendapat kemakmuran atas tuntutan sosial yang mengagungkan materi sebagai indikator kesejahteraan.

This thesis dicusses the novel Мёртвые Души/Myortvie Dusi/Dead Souls, written by Nikolai Vasilievich Gogol. Within this thesis, the discussion focused on Gogol's being desire (narcissistic) and having desire (Anaclitic) which manifested in this novel. Those two form of desires was analyzed by using theory of characters, sociology of literature, and Psychoanalysis Jacques Lacan. The method used is known as the 'descriptive analytical method' and using the mechanism of master signifiers and also signifying chains to unravel Gogol's desire in the novel Мёртвые Души/Myortvie Dusi/Dead Souls. The analysis of this novel reveals that being desire as a clerk and religious moralist would make Gogol's existence avowed by the authority of symbolic and could stay away from his anxiety. Having desire for a soulmate and gaining materialistic properous life was a fulfillment of Gogol's internal satisfaction together with gaining prosperity from social demand which glorify materialistic thing as a indicator of prosperous life."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S66644
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Linna Dwi Jayanti
"Penulisan ini bertujun untuk menganalisis proses identifikasi tokoh Nina Slayers yang berhubungan dengan fenomea psychosis dalam film Black Swan. Nina yang terobsesi dengan karakter Black Swan berusaha untuk menguasai karakter tersebut melalui proses identifikasinya terhadap Lily yang merupakan personifikasi dari Black Swan. Namun demikian, untuk mendapatkan untuk mendapatkan citra Black Swan, Nina harus membuang citra dirinya sebagai White Swan. Hal itu dilakukannya dengan memberontak terhadap kekuasaan ibu. Tekanan psikologis yang dialami Nina kemudian memperparah kondisi psikologis Nina. Kajian mengenai karakter Nina akan dilakukan menggunakan teori psikoanalisis Lacan dengan fokus terhadap mirror stage dan psychosis.

This writing aims to analyze the identification process of the character Nina Slayers, which is related to psychotic phenomenon in Black Swan movie. Nina who is obsessed with the Black Swan, tries to embody the character through her identification with Lily who is the personification of the Black Swan. However, to embody the image of Black Swan, Nina has to dispose of her image as the White Swan. This is done by rebelling to the omniscient mother. Psychological pressure which is experienced by Nina then deteriorates her psychological condition. The analysis of Nina Slayers will be done by using Lacanian psychoanalysis which focuses on the mirror stage and psychosis."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44290
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Turtle, Quentin C.
Englewood Cliff, New Jersey: Prentice-Hall, 1994
658.5 TUR i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
London: Macmillan, 1982
155.3 FEM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Asmarandani
"Disertasi ini mengulas pemaknaan estetika keburukan topeng bondres Bali sebagai tokoh dalam dramatari topeng Bali. Pembahasan ini diawali dengan epistemologi tentang topeng (bondres) sebagai sebuah realitas dari representasi dari “ada" atau sebagai karakter manusia yang terwakili oleh topeng. Maskharah dalam bahasa Arab berarti "badut", yang berasal dari kata kerja "Sakhira" yang artinya "mengejek", sedangkan dalam bahasa Romawi Kuno topeng dapat diartikan sebagai "Persona" atau "Prosophone" yang artinya manusia. Dalam dramatari topeng Bali, topeng bondres (tokoh rakyat) ditampilkan dengan ekspresi wajah buruk sebagai makna transformasi personal dan transformasi sosial. Dengan memanfaatkan dasar kosmologi topeng (bondres) yang pembacaannya disandingkan dengan pemikiran inti Jacques Derrida, melalui dekonstruksi Derida menolak gagasan ordinat dan subordinat atau mengunggulkan yang satu dengan meminggirkan yang lain, konsep utamanya adalah menolak kebenaran tunggul. Melalui dekonstruksi Derrida dapat diperoleh teks dan makna baru melalui pembacaan ulang. Dengan differance , pembacaan perbedaan yang langsung dapat menampung 2 hal yang berbeda, pembacaan perbedaan terhadap totalitas makna dalam teks. Dengan grammatology secara garis besar merupakan ilmu "tanda dari tanda", dalam hal ini keburukan topeng Bondres merupakan tanda yang merujuk pada tanda yang lain, dan bagi Derrida, tanda adalah trace atau jejak yang berkaitan dengan "kehadiran" dan sekaligus sebagai "ketidakhadiran".
Studi ini menghasilkan, bahwa dalam sistem kosmologi Bali, nilai keburukan topeng bondres merupakan sesuatu yang berdiri sendiri , otonom dan mandiri, eksistensi nilai keburukan yang menempati ruang kesadaran masyarakat Bali sebagai sistem nilai yang tak terpisahkan dari sistem nilai kehidupan. Pembacaan makna kosmologi topeng Bondres disandingkan dengan beberapa pemikiran-pemikiran Derrida, Topeng Bondres dapat dipahami sebagai dimensi keburukan estetis yang otonom dan sama nilainya dengan kecantikan karena mampu menghasilkan sensasi estetis yang sama. Topeng bondres mempunyai penilaian bentuk (form) dan penilaian isi (content) , penilaian terbuka dan penilaian yang tersembunyi yang hadir karena peran dan fungsi bondres dalam pertunjukan topeng; penilaian ini berkenaan dengan emosi,afeksi dan apresiasi manusia yang terangkum dalam bingkai-bingkai (frame) yang terbentuk. Sehingga topeng Bondres dapat mengkonstruksi kategori-kategori baru bahwa dalam keburukan wajah terkandung dimensi kebebasan manusia yang sublim.

This dissertation analyze the meaning of ugliness aesthetic of Balinese topeng Bondres as a figure on Balinese topeng dance drama. This study is started by epistemological study on topeng bondres as a reality of being representation or a human character that represented by topeng. Maskharah in Arabic means "a clown" from verb "shakira" means "parodying". In ancient Roman, topeng means "persona" or "prosophone" means human being. In Balinese topeng dance drama, topeng bondres (as folk character) is shown through ugly face expression which has a meaning of personal and social transformation. With using the cosmological basic of topeng bondres and Jacques Derrida's point of views prove that Derrida's deconstruction ignores the idea between ordinate and subordinate or to prevail one over the other. His main thought is ignore the sole truth. By mean of Derrida's deconstruction may earn a new text and its meaning through a new model of reading. By differance, direct reading of differences can accommodate two difference things as a reading model of totally text meanings. By grammatology that generally as a science of sign proves the ugliness of topeng bondres as a sign that refers to the other sign. For Derrida, a sign is a trace or imprint that related to presence and absence.
This study proves that in the Balinese cosmological system, the ugliness of topeng bondres is autonomous. The existence of ugliness occupies the domain of Balinese's consciousness as unseparated value system from their collective life system. The reading of cosmological meaning of topeng bondres may compare with Derrida's mode of thoughts that topeng bondres can be understood as an autonomous dimension of the aesthetics of ugliness and has a same value with beauty because able to create the same aesthetics sensation. Topeng bondres has both form and contain assessments as well as open and hidden assessments because of its role and function in topeng performances. These assessments relate to framing of human emotion, affection, and appreciation. It means topeng bondres can construct new categories that in ugly face contains the sublime of human freedom.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
D1938
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Alfarizi
"Penelitian ini membahas dua persoalan dalam manajemen kontemporer. Pertama, penerapan realisme kritis terhadap cara kita memandang realitas organisasi. Kedua, menyelidiki bagaimana pendekatan positivisme dalam pemodelan matematika dan statistik dapat menyederhanakan isu-isu kompleks dalam penelitian manajemen. Hingga saat ini, manajemen masih dipertanyakan sebagai ilmu, sementara yang lain, menganggapnya sebagai seni. Realisme kritis menawarkan pendekatan alternatif teoritis yang memungkinkan adanya ilmu dalam ilmu sosial, khususnya manajemen melalui dimensi transitif dan intransitif. Dengan menerapkan realisme kritis, implikasinya, memungkinkan peneliti untuk memfokuskan pada konteks di mana studi organisasional dipelajari dan memungkinkan perubahan preskriptif dalam suatu penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa; pertama, pendekatan positivisme dengan pemodelan matematis dan statistik merupakan pendekatan dominan dalam penelitian manajemen. Kedua, pendekatan positivisme memiliki keterbatasan atau masalah ‘prediktabilitas’, karena melakukan peramalan dalam penelitian sosial, konsekuensinya melakukan ‘closed system’, padahal, melakukan generalisasi-universal dari partikularitas tidak dapat dilakukan pada observasi yang terbatas. Peneliti tidak dapat melalukan konjungsi konstan di antara peristiwa ‘yang sosial’ (aktivitas manusia), karena observasi dan eksperimen ‘sosial’, bagi Bhaskar, adalah manipulasi ilmiah. Konsekuensinya, kompleksitas isu-isu manajemen tereduksi, dan mempengaruhi pemahaman kita tentang manajemen sebagai ilmu secara keseluruhan.

This research explores two pivotal issues in contemporary management. Firstly, it examines the application of critical realism in conceptualizing organizational reality. Secondly, the study investigates the role of a positivist approach in simplifying complex management issues through mathematical and statistical modeling. Management, to date, oscillates between being perceived as a science and an art. Critical realism proposes an alternative theoretical framework, facilitating a scientific approach within social sciences, particularly in management. This is achieved through the integration of transitive and intransitive dimensions. The application of critical realism allows researchers to concentrate on the specific contexts of organizational studies, enabling prescriptive changes. The findings of this research are twofold. First, it identifies the dominance of a positivist approach with mathematical and statistical modeling in management research. Second, it highlights the limitations and predictability challenges inherent in positivism. This approach leads to a 'closed system' in social research, where generalizing universally from specific observations is problematic due to limited empirical evidence. According to Bhaskar, the inability to consistently link social events (human activities) arises from the nature of social observation and experimentation as a form of scientific manipulation. Consequently, this reductionist approach simplifies the complexity of management issues, impacting the understanding of management as a scientific discipline."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>