Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 71506 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kresno Adityowibowo
"ABSTRAK
Fokus pemasaran yang tadinya hanya sebagai suatu penunjang untuk pencapaian sales sampai menjadi aktivitas central untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, serta pertukaran nilai bagi customer, shareholder, dan masyarakat. Di era digital ini, industri yang paling mendapat manfaatnya adalah industri kreatif, di mana informasi dan teknologi adalah faktor penting dari industri tersebut. Industri kreatif berusaha untuk menyampaikan nilai ke konsumen dalam bentuk pengalaman unik sehingga membutuhkan suatu strategi komunikasi pemasaran yang dapat menyampaikan informasi terkait nilai yang berusaha diinformasikan dengan menyeluruh.Dari seluruh industri kreatif di Indonesia, industri kuliner adalah salah satu yang memiliki perkembangan paling pesat. Fenomena yang terjadi di dunia kuliner seiring dengan perkembangan teknologi adalah semakin berkembangnya trend di mana konsumen saling berbagi informasi mengenai makanan atau tempat makan di aplikasi handphone dalam bentuk gambar, video, dan ulasan, salah satunya adalah Aplikasi Zomato, yang merupakan leader dari Aplikasi Pencari Tempat makan. Electronic Word of Mouth eWOM yang ditimbulkan dari aktivitas tersebut tersebar dengan sangat cepat dan dengan jumlah yang banyak. Salah satu aplikasi yang sering dipakai oleh orang-orang terkait dengan kuliner adalah aplikasi pencari tempat makan, di mana menyediakan informasi terkait dengan baik buruknya suatu tempat makan, dan didukung oleh informasi pemberi ulasan dan jumlah ulasan untuk membantu konsumen dalam pengambilan keputusan.Pada studi terdahulu, Persepsi Manfaat eWOM memiliki tiga faktor : Persepsi terhadap Kredibilitas Sumber, Persepsi terhadap Valensi, dan Persepsi terhadap Banyak Ulasan. Namun belum dapat ditentukan faktor-faktor manakah yang merupakan faktor yang signifikan dalam kontribusi terhadap Persepsi Manfaat eWOM di aplikasi Zomato.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi terhadap kredibilitas sumber dan persepsi terhadap valensi memiliki kontribusi positif yang signifikan terhadap Persepsi Manfaat eWOM, namun persepsi terhadap banyak ulasan tidak memiliki memiliki pengaruh yang signifikan.Dari hasil penelitian tersebut, dapat diambil suatu tindakan dari manajemen, yaitu Zomato sebaiknya dorongan pada pengguna Zomato untuk banyak melakukan aktivitas Like dan Share, dan dapat melakukan pengurutan dan pembagian ulasan-ulasan yang bersifat merekomendasikan sesuatu.

ABSTRACT
The focus of marketing that previously being used only as a support for sales achievement until become central activity for creating, communicating, delivering, and as an exchange value for customer, shareholder, and society. In this digital era, benefits of marketing focus are mostly received by creative industries, which information and technology is the most important factor for the industri itself. Creative industri strives to deliver the value to their customers in the form of unique experience that requires a marketing communication strategy to convey information related to the value that they want to inform thoroughly.One of the Creative industries in Indonesia, culinary industri, is one that has the most rapid development. A phenomenon that occurs in culinary world in line with technology development is th
e growth of trend where consumers share information about food or restaurant in mobile application in the form of pictures, videos, and reviews, one of which is Zomato. Zomato is the leader of Restaurant Search and Discovery Application. While Electronic Word of Mouth eWOM is the result of such activities that spread rapidly and in large numbers. One of the application that often being used by the society in terms of culinary is restaurant search and discovery application, it provides information related to the bad or good of a restaurant, it is also supported by the information from the reviewer and the number of reviews to help consumers in decision making.If we compare with previous study, Zomato utilizes characteristic of Perceived WOM Usefulness. Perceived eWOM Usefulness has several factors which are source credibility, information valence in the form of content review and ratings , and the total number of reviews that the restaurant has. However, which factor is the most significantly contribute to Perceived eWOM Usefulness in Zomato cannot be determined yet.The result of this study indicate that valence and source credibility has a significant positive contribution to the perceived eWOM usefulness, while total number of reviews does not have a significant contribution.From these result, the Zomato management should give a promotional event or reward system to encourage Zomato user using the like and share feature and Zomato need to improve the sorting for th review, that focused on review that recommend something."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meutia Athaya
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis repurchase intention konsumen terhadap Airbnb dilihat dari perceived authenticity, eWoM dan price sensitivity. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pengambilan data melalui kuesioner yang disebar secara online dan berhasil memperoleh 150 responden. Responden tersebut merupakan mereka yang pernah melakukan pemesanan akomodasi melalui Airbnb. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis berupa Structural Equation Model (SEM) dengan software LISREL 8.51 untuk menguji hipotesis penelitian. Pada penelitian ini ditemukan bahwa perceived authenticity dan eWoM mempengaruhi perceived value secara positif, sedangkan perceived risk mempengaruhi perceived value secara negatif. Selain itu, dalam penelitian ini terbukti repurchase intention secara positif dipengaruhi oleh perceived value dan eWoM.

This research objective is to analyze the repurchase intention of Airbnb consumers' through perceived authenticity, eWoM and price sensitivity. In this research, researcher used online questionnaire to collect respondents' data and managed to get 150 datas. The respondents are those have booked accommodation through Airbnb. They were then analyzed using Sructural Equation Model (SEM) method. This research found that perceived authenticity and eWoM significantly influenced perceived value in positive way, while perceived risk has negative effect to perceived value. Furthermore, this research also found that repurchase intention positively influenced by perceived value and eWoM."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lucky Herpionita
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang dapat mendorong konsumen untuk menyampaikan electronic word of mouth pada restoran Union, Loewy, dan Skye. Variabel yang di uji pada penelitian ini di antaranya self-relevant value reflected appraisal of self, conspicuous value dan self-image congruence dan restaurant relevant value restaurant quality dan price fairness dengan variabel moderasi opinion leadership. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 445 responden, pria dan wanita dengan rentang usia 17 ndash; 35 tahun, yang pernah mengunjungi restoran tersebut. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Statistical Package for the Social Sciences SPSS 22 , dengan metode regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif secara langsung pada variabel self-relevant value reflected appraisal of self, conspicuous value dan self-image congruence terhadap electronic word of mouth sedangkan, pada variabel restaurant relevant value restaurant quality dan price fairness terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap electronic word of mouth. Hasil penelitian ini membuktikan variabel opinion leadership tidak memoderasi kelima variabel independen terhadap electronic word of mouth.

ABSTRACT
The purpose of this is to examine the factors wich drive consumer to spread Ewom on Union, Loewy, and Skye. The variables tested in this study are selfrelevant value reflected appraisal of self, conspicuous value and self image congruence and restaurant relevant value restaurant quality and price fairness also opinion leadership as moderating variable. The data is collected using questionnaire to 445 respondents, man and woman from 17 to 35 years old. Who have visited the restaurant mentioned. The data in this research is run by Statistical Package for the Social Sciences SPSS 22 with multiple regression method. The result shows that there is a direct positive influence on self relevant value reflected appraisal of self, conspicuous value and self image congruence towards electronic word of mouth meanwhile restaurant relevant value restaurant quality and price fairness is proven having no influence on electronic word of mouth. This research is also proven that opinion leadership has no moderating effect on all independent variable toward electronic word of mouth."
2017
S65914
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinta Bela Damayanti
"TikTok telah mengalami peningkatan pengguna selama pandemi, dengan total sebesar 1,2 miliar pengguna aktif pada tahun 2021. Dengan peningkatan pengguna, TikTok juga perlu mempertahankan penggunanya dengan terus berinovasi. Salah satu upaya yang dilakukan TikTok adalah dengan menjawab kebutuhan edukasi melalui media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang memengaruhi keberlanjutan pengguna dalam menggunakan aplikasi TikTok untuk memperoleh konten edukatif. Penelitian ini memodifikasi Expectation-Confirmation Model dengan menambahkan variabel system quality dan information quality dari Information System Success Model, serta menganalisis faktor enjoyment dan interactivity yang berkaitan erat dengan pengalaman menggunakan media sosial. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner secara daring dengan total 629 responden. Kemudian data responden diolah dengan CB-SEM dengan menggunakan AMOS 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor confirmation memengaruhi perceived usefulness dan satisfaction; faktor information quality, system quality, dan enjoyment memengaruhi satisfaction faktor interactivity memengaruhi perceived usefulness; faktor perceived usefulness tidak memengaruhi satisfaction, serta faktor perceived usefulness dan faktor satisfaction memengaruhi continuance intention penggunaan aplikasi TikTok untuk edukasi. Penelitian ini menyarankan agar TikTok mengembangkan fungsionalitas serta fitur yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna seperti fitur subtitle, speed adjustment, playlist, perpanjangan durasi konten, serta evaluasi algoritma yang lebih sesuai dengan preferensi konten edukatif pengguna. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan aplikasi TikTok untuk melakukan sosialisasi terkait fitur-fitur yang ada di TikTok agar dapat lebih berguna bagi proses pembelajaran pengguna.

TikTok has seen an increase in users during the pandemic, with a total of 1,2 billion active users in 2021. With the increase of users, TikTok also needs to maintain their user’s retention. One of the efforts made by TikTok is to answer educational needs through social media. The purpose of this study is to identify and analyze the factors affecting the continuance intention of TikTok users in obtaining educational content. Data from this study were collected through online questionnaires with a total of 629 respondents. Then the respondent's data was processed by CB-SEM using AMOS 26. This study indicates that the perceived usefulness and the satisfaction affects TikTok user’s continuance intention for educational content. Satisfaction is affected by confirmation, enjoyment, system quality, information quality. Perceived usefulness is affected by confirmation and interactivity. Originality/value: This study suggests TikTok to develop functionality and features that are more aligned with user needs such as subtitle features, speed adjustments, playlists, content duration extensions, and algorithm evaluations that are more aligned with user preferences for educational content. In addition, this study also recommends TikTok to do socialization regarding the features available on TikTok so that it can be more useful for the user's learning process. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Lazfika Rizki
"Kementerian pariwisata menggunakan media sosial instagram untuk mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia. Namun, terdapat tantangan dalam memilih atau menciptakan konten media sosial untuk berhasil menarik perhatian konsumen, merangsang keterlibatan konsumen dengan konten tersebut, dan memotivasi perilaku eWOM mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menguji faktor-faktor langsung dan tidak langsung yang memiliki pengaruh dengan nilai gambar media sosial destinasi pariwisata yang dapat memprediksi eWOM. Dengan menggunakan Stimulus-Organism-Response (S-O-R) sebagai kerangka utama, peneliti mengintegrasikan model Ducoffe dan Elaboration Likelihood Model (ELM) untuk mempelajari pengaruh nilai gambar destinasi media sosial (hiburan, informativitas, irritation, kredibilitas, personalisasi, dan insentif) terhadap nilai yang dirasakan oleh konsumen dan eWOM melalui consumer engagement dan consumer involvement. Menggunakan metode penelitian survei, peneliti mengumpulkan data dari 213 individu dan mengolah data berbasis PLS-SEM dan mendapatkan hasil bahwa hiburan, informativitas, kredibiltas, personalisasi berdampak pada persepsi nilai gambar destinasi wisata sementara irritation dan insentif tidak memiliki pengaruh. Penelitian juga menunjukan bahwa persepsi nilai gambar destinasi wisata di media sosial tanpa adanya mediasi consumer engagement dan consumer involvement tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap eWOM.

The Ministry of Tourism uses Instagram as a social media platform to promote tourist destinations in Indonesia. However, there are challenges in selecting or creating social media content that effectively captures consumers' attention, stimulates consumer engagement with the content, and motivates their eWOM behavior. This research aims to identify and test direct and indirect factors that influence the perceived value of social media images of tourist destinations, predicting eWOM. Using the Stimulus-Organism-Response (S-O-R) framework as the primary structure, the researchers integrated Ducoffe's model and the Elaboration Likelihood Model (ELM) to examine the impact of the perceived value of social media destination images (entertainment, informativeness, irritation, credibility, personalization, and incentives) on consumer-perceived value and eWOM through consumer engagement and involvement. Employing a survey research method, the researchers collected data from 213 individuals and processed the data using the PLS-SEM approach. The results indicated that entertainment, informativeness, credibility, and personalization have an impact on the perceived value of tourism destination images, while irritation and incentives do not. The study also showed that the perceived value of tourism destination images on social media, without the mediation of consumer engagement and consumer involvement, does not have a significant influence on eWOM.

The Ministry of Tourism utilizes the Instagram social media platform to promote tourist destinations in Indonesia. However, there are challenges in selecting or creating social media content that successfully captures consumers' attention, stimulates consumer engagement with the content, and motivates their electronic Word-of-Mouth (eWOM) behavior. This research aims to identify and test direct and indirect factors influencing the perceived value of social media images of tourist destinations, which can predict eWOM. Using the Stimulus-Organism-Response (S-O-R) as the primary framework, researchers integrate the Ducoffe model and the Elaboration Likelihood Model (ELM) to examine the impact of the perceived value of social media destination images (entertainment, informativeness, irritation, credibility, personalization, and incentives) on consumer-perceived value and eWOM through consumer engagement and involvement. The research employs a conclusive descriptive research method with purposive sampling through online questionnaires with structured self-administered questions. The survey involves 213 respondents residing in Indonesia within the last year, following the Instagram social media account Pesona Indonesia, and having visited tourist destinations after seeing posted images on Pesona Indonesia Instagram from January 2020 to the time of the study. Using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) for data analysis, the researchers find that entertainment, informativeness, credibility, and personalization impact the perceived value of tourist destination images, while irritation and incentives do not have an effect. The study also indicates that the perceived value of tourist destination images on social media, without the mediation of consumer engagement and involvement, does not significantly influence eWOM."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Praditya Adhi Wibowo
"Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh persepsi masyarakat atas manfaat, nilai ekonomi dan nilai sosial yang diterima terhadap keinginan untuk terlibat dalam tanggung jawab sosial perusahaan di media sosial. Penelitian menggunakan sampel 'masyarakat pengguna media sosial di Indonesia' yang dibagi menjadi tiga kriteria, yaitu komunitas, investor dan customer. Data dari sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode survey secara online pada bulan Mei 2016, dan terkumpul 75 kuesioner yang diisi sempurna. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis statistik deskriptif, korelasi, dan regresi linier berganda.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa hanya persepsi atas nilai sosial yang diterima yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keinginan masyarakat untuk terlibat dalam tanggung jawab sosial perusahaan di media sosial. Selain itu, uji tambahan dilakukan dengan menggabungkan ketiga variabel penelitian ke dalam variabel gabungan: overall perceived value.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa overall perceived value dapat mempengaruhi keingingan masyarakat untuk terlibat dalam tanggung jawab sosial perusahaan di media sosial secara signifikan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah: untuk mendapatkan competitive advantage dalam mengkomunikasikan CSR kepada pemangku kepentingan di media sosial, masyarakat perlu memandang media sosial sebagai alat komunikasi dengan value yang bersifat positif.

This study was conducted to examine the effect of public's perceived usefulness, perceived monetary value and perceived social value on intention to engage with the social responsibility of companies in social media. The study used a sample of "social media users in Indonesia" which divided into three criteria: community, investor, and customer. Data from samples collected using an online survey in May 2016, and collected 75 perfectly filled questionnaires. The design of this study is a quantitative research method with descriptive statistic, correlation and multiple linear regression analysis.
The results showed that only perceived social value has significant influence on the public's intention to engage with the social responsibility of companies in social media. Moreover, an additional test is done by combining the three research's variables into composite variable: overall perceived value.
The results show that overall perceived value can influence the public's intention to engage with corporate social responsibility in social media significantly. The implications of the results is: to gain competitive advantage in communicating CSR to stakeholders in social media, people need to look at social media as a communication tool with a positive value.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65256
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mareta Maulidiyanti
"Tesis ini membahas tentang bagaimana publik menanggapi hadirnya suatu sistem transportasi baru yaitu MRT Jakarta yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Penilitian ini berupaya melihat minat publik untuk menggunakan MRT ketika sudah beroperasi kelak. Penelitian ini berpijak pada Technology Acceptance Model (TAM) dalam membangun model peneltian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TAM dapat digunanakan untuk membuktikan minat menggunakan layanan transportasi baru yang masih dalam proses perencanaan. Hanya saja Technology Accepatance Model (TAM) dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap minat menggunakan/intention to use dan tidak sampai tahap penggunaan secara nyata (actual use) karena layanan dalam penelitian belum berwujud secara nyata. Perceived Ease of Use terbukti memiki pengaruh positif terhadap Perceived Usefulness dimana keduanya juga memiliki pengaruh positif terhadap sikap. Perceived usefulness memiliki pengaruh positif terhadap minat menggunakan. Pada akhirnya model penelitian ini menunjukkan bahwa sikap memiliki pengaruh positif pada minat menggunakan layanan transportasi baru. Dari sisi demografi, perbedaan usia dan pengeluaran membedakan perceived ease of use, perceived usefulness, sikap dan minat menggunakan sementara pendidikan tidak.

This thesis discusses how the public respond to the presence of a new transportation system, MRT Jakarta which has never existed before in Indonesia. This research exemined the public interest to use the MRT in the future. This study based on the Technology Acceptance Model (TAM). Results of this study indicate that the overall TAM can be used to prove the acceptance of new transportation services that are still in the development process. Technology Acceptance Model (TAM) in this study is limited until exemine the intention to use and not exemine the actual use because the product is still in development phase. Perceive Ease of Use has a positive influence toward Perceived Usefulness. Perceive usefulness and Perceive ease of use has a positive influence toward attitude. Perceived usefulness show the positive influence towards intention to use. Attitudes shown a significant influence on the intention to use of new transportation services. In terms of demographics, the study results show that differences in age and social class affect perceives usefulness, perceived ease of use, attitude and intention to use new transportation services. But this study show that educational differences do not distinguish the intention to use.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuriyah Syakiela
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis efektivitas informasi electronic word of mouth eWOM dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Kami menguji tiga konstruksi jaringan sosial online, yaitu Tie Strength, Homophily, dan Source Credibility. Konstruksi diukur menggunakan pernyataan kuesioner dan analisis regresi berganda pada ukuran sampel 516 responden. Kami menemukan bahwa Tie Strength dan Homophily mempengaruhi Source Credibility, yang pada kemudian mempengaruhi persepsi konsumen tentang informasi eWOM, sehingga menambah efektivitas eWOM. Tie Strength, Homophily, dan Source Credibility juga memengaruhi persepsi konsumen di situs web, yang memengaruhi adopsi eWOM konsumen dalam keputusan pembelian mereka.

ABSTRACT
This study analyses the effectiveness of electronic word of mouth eWOM information to influence consumer purchase decisions. We test three online social network constructs, namely Tie Strength, Homophily, and Source Credibility. The constructs are measured using questionnaire statements and a multiple regression analysis on a sample size of 516 respondents. We found that Tie Strength and Homophily influence Source Credibility, which in turn influences consumer perceptions of eWOM information, thereby adding to eWOM 39 s effectiveness. Tie Strength, Homophily, and Source Credibility also influence consumer perceptions on a website, influencing the consumers rsquo adoption of eWOM in their purchase decisions.
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juniana Francisca
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penentu penting dari intensi berkelanjutan terhadap Mobile Shopping melalui Blackberry Messenger (BBM). Ada 138 kuesioner efektif yang diperoleh untuk analisis survei. Dua langkah pemodelan persamaan structural (SEM) digunakan untuk memvalidasi model pengukuran dan menguji hipotesis. Responden penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki pengalaman dengan M-Shopping BBM. Model penelitian ini dikembangkan oleh Hung, Yang & Tsieh (2012) dan menggunakan lima variabel yaitu konfirmasi, manfaat yang dirasakan, kepuasan, kepercayaan, dan intensi berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan dan kepuasan adalah faktor utama niat kelanjutan konsumen terhadap M-Belanja BBM.

The purpose of this study is to examine critical determinants of consumers? continuance intentions toward mobile shopping Blackberry Messenger. There were 138 effective questionnaires obtained for survey analysis. Two steps of structural equation modeling were used to validate the measurement model and test the hypothesized relationships. Survey respondents were university students who were had experience in Blackberry Messenger mobile shopping. The model of this study was developed by Hung, Yang & Tsieh (2012). In particular, this study identified five factors of consumer?s continuance intentions, confirmation, perceived usefulness, satisfaction, trust, and continuance intention. The results showed that trust and satisfaction were the main factors of consumer's continuance intentions toward M-Shopping BBM."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44558
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhyayi Warapsari
"Internet merupakan salah satu sumber informasi yang penting bagi turis yang hendak mengambil keputusan wisata. Komunikasi electronic word-of-mouth dari para turis yang pernah berwisata di suatu destinasi dapat menjadi sarana promosi bagi destinasi wisata tersebut. Hal itu pun berlaku dalam konteks pariwisata halal. Pariwisata halal dibangun atas dasar nilai-nilai Islami. Turis muslim yang menjadi sasaran dalam pasar tersebut adalah turis yang mempertimbangkan nilai-nilai agama dalam perilaku dan kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini menganalisis pengaruh religiositas, persepsi nilai, dan kepuasan destinasi turis muslim terhadap electronic word-of-mouth. Persepsi nilai turis muslim terhadap destinasi wisata halal diukur dengan beberapa variabel turunan, yaitu kualitas dan harga dari dimensi nilai kognitif, emosional dan sosial dari dimensi nilai afektif, pengalaman baru dan pengalaman berbeda dari dimensi nilai epistemik, keamanan dan lokasi dari dimensi nilai kondisional, atribut fisik dan atribut nonfisik dari dimensi nilai Islami. Data dikumpulkan dari turis muslim Indonesia yang pernah berkunjung ke destinasi wisata halal Lombok melalui survei online dan dianalisis dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan hanya nilai sosial dari persepsi nilai afektif yang memiliki pengaruh signifikan terhadap electronic word-of-mouth. Hal tersebut menandakan turis muslim melakukan komunikasi electronic-word-mouth jika mereka merasa lingkungan sosial mereka memiliki persepsi yang baik terhadap destinasi wisata halal dan terhadap turis yang berkunjung ke destinasi tersebut

The Internet is one of the important information sources for tourists when they are making travel decisions. Electronic word-of-mouth communication from tourists that have visited a destination can be used as a promotional media for that destination. It can also be applied in the context of halal tourism. Halal tourism is built based on Islamic values. Muslim tourists who are the target of that market are tourists who considering Islamic values in their daily life and behaviors. This study analyzes the effect of Muslim tourists’ religiosity, perceived value, and destination satisfaction on electronic word-of-mouth. Muslim tourists’ perceived value towards halal tourism destination is measured using several variables, i.e., quality and price from cognitive value dimension, emotional and social from affective value dimension, different experience and novelty from epistemic value dimension, safety and location from conditional value dimension, and physical attributes and nonphysical attributes from Islamic value dimension. The data for this study were collected from Indonesian Muslim tourists that have visited halal tourism destination in Lombok via online survey and analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. The result shows that only social value from perceived affective value dimension has a significant effect on electronic word-of-mouth. It means that Muslim tourists will do electronic word-of-mouth communication if they feel their social environment have good perception towards halal tourism destination and towards tourists that visited that destination"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>