Ditemukan 176009 dokumen yang sesuai dengan query
Jessica
"Industri makanan dan minuman Indonesia semakin berkembang dan perusahaan retail yang berkecimpung dalam industri ini bersaing secara ketat. Untuk memenangkan persaingan tersebut, banyak perusahaan yang telah menerapkan green marketing sebagai salah satu strategi pemasarannya. Penelitian ini meneliti perusahaan yang telah menerapkan green marketing khususnya perusahaan yang memproduksi green product dan melakukan praktek tanggung jawab sosial yang bergerak di industri makanan dan minuman di Indonesia. Data dikumpulkan dari 150 orang responden yang berdomisili di daerah Jakarta dan sekitarnya yang belum pernah membeli produk makanan dan minuman ramah lingkungan. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari perceived quality terhadap consumer purchase intentions. Selain itu, corporate social responsibility memediasi secara penuh green product awareness terhadap consumer purchase intentions.
Food and beverage industry in Indonesia is growing and retail companies engaged in this industry compete tightly. For winning this competition, a lot of companies have implemented green marketing as their marketing strategy. This research examines the companies that have implemented green marketing, particularly the companies that produce green products and practices corporate social responsibility which is engaged in food and beverage industry in Indonesia. Data were collected from 150 respondents who live in Jakarta and surrounding areas who have never bought environmental friendly food and beverage products. The data in this study was analyzed using SEM. The result of this research shows that there are positive and significant effects between perceived quality and consumer purchase intentions. Moreover, corporate social responsibility mediated green product awareness towards consumer purchase intentions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Klareza Putri Djajadiwangsa
"Meningkatnya pencemaran lingkungan serta adanya urgensi untuk meningkatkan kepedulian lingkungan masyarakat Indonesia, menyebabkan perusahaan turut berkontribusi melalui penerapan green marketing. Sementara itu, sektor kosmetik di Indonesia saat ini sedang tumbuh signifikan. Green marketing juga turut diimplementasikan pada industri tersebut dengan munculnya berbagai merek kosmetik lokal yang mengusung konsep sustainable beauty. Gen Z menjadi salah satu faktor pendorong booming-nya industri kosmetik di Indonesia. Maka, pelaku bisnis sustainable beauty perlu mengetahui faktor-faktor yang dianggap berpengaruh terhadap green purchase behavior pada Gen Z. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor yang dianggap berpengaruh, melalui survei terhadap 335 responden yang dilakukan melalui kuesioner daring dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi green purchase behavior Gen Z terhadap produk green cosmetics merek lokal adalah eco-label, PCE, environmental attitude, dan ecological affection. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa meningkatkan ecological affection dapat dilakukan baik secara langsung melalui PCE ataupun melalui environmental attitude terlebih dahulu.
The increasing environmental pollution and the urgency to increase environmental awareness of Indonesian society, have caused companies to contribute through the implementation of green marketing. Meanwhile, the cosmetic sector in Indonesia is currently growing significantly. Green marketing is also implemented in the industry with the emergence of various local cosmetic brands that carry the concept of sustainable beauty. Gen Z is one of the driving factors for the booming cosmetic industry in Indonesia. So, sustainable beauty business players need to know the factors that are considered to have an effect on green purchase behavior in Gen Z. This study identifies several factors that are considered influential, through a survey of 335 respondents conducted through an online questionnaire and the data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The findings suggest factors that affect Gen Z's green purchase behavior towards local brand green cosmetics are eco-label, PCE, environmental attitude, and ecological affection. This research also shows that increasing ecological affection can be done either directly through PCE or through environmental attitude first."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yusuf Hakim
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility CSR terhadap corporate brand equity melalui mediasi corporate brand credibility dan reputation. Data pada penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada pengguna GO-JEK yang mengetahui tentang kegiatan CSR dari GO-JEK. Data ini diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling SEM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR memiliki pengaruh positif terhadap corporate brand equity melalui mediasi corporate brand credibility dan reputation secara berurutan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan CSR memiliki pengaruh positif terhadap kedua variabel mediasi, yaitu corporate brand credibility dan reputation.
This research aims to analyzes the effect of Corporate Social Responsibility CSR toward corporate brand equity mediated through corporate brand credibility and reputation. Data for this research were collected through direct questionnaire to GO JEK user who knew about CSR activities conducted by GO JEK. They were analyzed using Structural Equation Modeling SEM method. The result of this research shows that CSR have a positive effect to corporate brand equity mediated through corporate brand credibility and reputation sequentially. The result of this research also shows that CSR have positive effect to both mediation variables, corporate brand credibility and reputation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dyah Rusty Indriani
"Pandangan manusia telah bergeser seiring dengan meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan, sehingga menimbulkan tuntutan bagi pelaku bisnis untuk memberikan solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan lingkungan melalui pengembangan green product. Eco-label sebagai jaminan mutu green product merupakan isu di dunia bisnis dan perdagangan global saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eco-label terhadap kesadaran mahasiswa untuk membeli green product. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah eco-label awareness, attitude towards the environment, belief in environment-friendly buying, eco-label knowledge, eco-label availability, attention towards eco-label, dan purchase intention. Dengan menggunakan Structural Equation Modeling, diperoleh bahwa variabel belief in environmentfriendly buying, eco-label knowledge, dan attention towards eco-label memiliki pengaruh langsung terhadap purchase intention, sementara variabel eco-label awareness dan eco-label availability hanya menunjukkan pengaruh tidak langsung terhadap purchase intention.
The society's viewpoint has shifted along with the increasing concern for the environment, causing the rise of demand for the businessman to provide a concrete solution to deal with the current environmental problems through the development of green products. Eco-label, as a quality assurance of green products, has been a global trade-related issue for years. This research aims to determine the effect of eco-labels on students? awareness to purchase green products. The variables used in this research consist of eco-label awareness, attitude towards the environment, belief in buying environment-friendly, eco-label knowledge, eco-label availability, attention towards eco-label, and purchase intention. Using Structural Equation Modeling, some of key findings from the data analysis are highlighted: belief in environment-friendly buying, eco-label knowledge, and attention towards eco-label show a direct influence on purchase intention, while eco-label awareness and eco-label availability only show the indirect effect on purchase intention."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54601
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Cecilia Nike Dewi Anggraeni
"Fast fashion menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan anak muda: cepat, murah, dan trendi. Namun, metode manufaktur mereka yang terkenal merugikan bumi menyebabkan konsumen muda meninggalkan fast fashion sebagai sumber pakaian utama mereka.Oleh karena itu, H&M menerapkan kampanye ramah lingkungan yang disebut Conscious untuk menyediakan produk etis yang sesuai dengan perspektif kaum muda. Penelitian ini menggunakan teori penggunaan dan pemenuhan kepuasaan dari Katz dan kolega (1973) dandiikuti oleh dua konsep lain: pemasaran ramah lingkungan dan perilaku konsumen, untuk membuktikan bahwa konsumen muda secaraselektif memenuhi kebutuhan mereka berdasarkan ideologi untuk melestarikan lingkungan. Studi kasus dan analisis tekstual digunakan sebagai pendekatan metodologi dalam mengumpulkan informasi yang kredibel mengenai topik terkait. Temuan dari studi ini menggambarkan bahwa sebagian besar generasi muda terdorong untuk melakukan konsumsi berkelanjutan, namun pada saat yang sama,hanya sebagian kecil dari mereka yang mengetahui kampanye ramah lingkungan dari H&M. Terlihat dari akun sosial media H&M, kalangan muda lebih menyukai menggunakan Instagram sebagai aplikasi pilihan mereka untuk terlibat dalam kampanye H&M Conscious.
Fast fashion produces a product that matches the youth's needs: quick, inexpensive, and trendy. However, their infamous manufacturing method that harms the planet causes young consumers to eliminate fast fashion as their go-to clothing source. Therefore, H&M employs a green campaign called Conscious to provide ethical products that correspond to the ideals of youth. This study employs Katz et al.'s (1973) uses and gratifications theory following two other concepts: green marketing and consumer behaviour, to prove that youngconsumers selectively choose their needs based on their ideology to preserve the environment, as seen from H&M's Conscious campaigns. Case studies and textual analysis are used as the methodology approach in collecting credible information about related topics. The findings illustrate that most young audiences are encouraged to have sustainable consumption, but at the same time, only a small portionof them are familiar with the campaign. Seeing through H&M's social media accounts, young people prefer to use Instagram as their chosen platform to engage with the H&M Conscious campaign."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Reyhan Prasidya Kusumawardhana
"
ABSTRAKFokus dari penelitian ini adalah untuk menguji efek dari Corporate Social Responsibility (CSR), Persepsi Kualitas, dan Citra Perusahaan terhadap Niat Pembelian di Indonesia. Penelitian ini dilengkapi dengan contoh studi kasus Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar ketiga di Indonesia. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur mana dari tiga konstruk yang mempengaruhi niat pembelian lebih dari yang lain dan untuk mensimulasikan langkah strategis yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Convenience sampling digunakan untuk penelitian ini dan sampel terdiri sekitar wilayah Jabodetabek. Hipotesis diuji dengan menggunakan software Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memang CSR, Persepsi Kualitas, dan Corporate Image niat beli masing-masing pengaruh pelanggan.
ABSTRACTThe focus of this study is to examine the effects of Corporate Social Responsibility (CSR), Perceived Quality, and Corporate image towards the Purchase Intention in Indonesia. This research is was completed with a case study example of Indosat as the third largest telecommunication company in Indonesia. Moreover, this research aims to measure which of the three construct that affect purchase intention more than the others and to simulate the strategic move that may be implemented to improve the company?s performance. Convenience sampling was used for this research and the samples consists around Jabodetabek area. The hypotheses are tested using Statistical Package for Social Science (SPSS) version 22. The results shows that indeed CSR, Perceived Quality, and Corporate Image each influences customer?s purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Indonesia, 2016
S64555
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nabila Deananda
"The purpose-driven strategy telah menjadi salah satu keunggulan kompetitif yang digunakan oleh bisnis untuk menarik pasar. Meningkatnya minat terhadap produk yang berkelanjutan dan ramah lingkungan terlihat dalam perilaku konsumen, menunjukkan kesadaran mereka yang semakin meningkat terhadap fenomena terkini. Studi saat ini meneliti pengaruh green marketing awareness, perceived innovation, dan perceived price terhadap niat beli pelanggan dengan mempertimbangkan perceived value dari produk sebagai mediator di industri peralatan rumah tangga. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan pendekatan structural equation modeling (PLS-SEM) terhadap total 282 responden yang dikumpulkan menggunakan teknik purposive sampling dan convenience sampling. Temuan menunjukkan bahwa green marketing awareness dan perceived innovation memiliki hubungan positif dengan niat beli konsumen melalui nilai yang dirasakan. Namun, hasilnya juga menyiratkan bahwa persepsi konsumen tentang harga produk peralatan rumah tangga hijau tidak memiliki hubungan dengan niat beli konsumen. Studi ini menawarkan wawasan praktis bisnis dalam mengembangkan strategi pemasaran hijau sebagai langkah strategis.
The purpose-driven strategy has become one of the competitive advantages employed by businesses to attract the market. The increasing interest in sustainability and eco-friendly products is perceptible in the behavior of consumers, indicating their growing awareness of recent phenomena. The current study examined the effect of green marketing awareness, perceived innovation, and perceived price towards customer's purchase intention by considering consumers' perceived value of a product as the mediator in the home appliances industry. The proposed hypothesis was tested using the structural equation modelling (PLS-SEM) approach on a total of 282 respondents who were collected using both purposive and convenience sampling techniques. The findings indicated that the green marketing awareness and perceived innovation have a positive relationship with consumers purchase intention through perceived value. However, the result also implies that consumer's perception of green home appliances products' pricing has no relation to consumers purchase intention. This study offers businesses practical insights in developing a green marketing strategy as a strategic move."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Helmi Fauzan
"Fokus dari penelitian ini adalah untuk menguji efek dari Corporate Social Responsibility CSR terhadap Citra Perusahaan dan Ekuitas Merek di Indonesia. Penelitian ini dilengkapi dengan contoh studi kasus Bank BRI sebagai perusahaan bank terbesar di Indonesia. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur mana konstruk yang mempengaruhi citra perusahaan dan ekuitas merek dan untuk mensimulasikan langkah strategis yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Convenience sampling digunakan untuk penelitian ini dan sampel terdiri sekitar wilayah Jabodetabek. Hipotesis diuji dengan menggunakan software Statistical Package for Social Science SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memang CSR dan kepuasan pelanggan mempengaruhi citra perusahaan dan ekuitas merek.
The focus of this study is to examine the effects of Corporate Social Responsibility CSR on Corporate Reputation and Brand Equity Role of BRI Peduli in Indonesia. This research is completed with a case study example of BRI as the largest banking in Indonesia. Moreover, this research aims to measure a construct that affect corporate reputation and brand equity and to simulate the strategic move that may be implemented to improve the company rsquo s performance. Convenience sampling was used for this research and the samples consist around Jabodetabek area. The hypotheses are tested using Statistical Package for Social Science SPSS version 23. The results show that indeed CSR and customer satisfaction influences corporate reputation and brand equity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S65872
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Syerin
"
ABSTRAKPenelitian ini fokus untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap intensi pembelian produk baik secara langsung maupun tidak langsung. Faktor yang mempengaruhi secara langsung diantaranya adalah kesadaran dan persepsi atas inisiatif CSR, sedangkan faktor yang mempengaruhi secara tidak langsung diantaranya adalah kepercayaan atas CSR, religiositas kepercayaan, religiositas komitmen dan praktik, serta belas kasih. Penelitian ini dilengkapi dengan studi kasus pada perusahaan XL Axiata yang telah berhasil memenangkan 2 penghargaan atas program CSR yang dilakukannya. Penelitian ini mengumpulkan 318 responden Muslim berusia 20-49 tahun yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan
software SPSS dan Lisrel, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran dan persepsi atas inisiatif CSR yang dilakukan perusahaan XL Axiata tidak berpengaruh secara signifikan pada intensi pembelian produk layanan XL Axiata. Namun, kepercayaan atas CSR, religiositas komtimen dan praktik, serta belas kasih berhasil memediasi pengaruh dari persepsi CSR terhadap intensi pembelian produk layanan XL Axiata. Di sisi lain, religiositas kepercayaan tidak berhasil meningkatkan pengaruh dari persepsi CSR terhadap intensi pembelian produk layanan XL Axiata.
ABSTRACTThe main focus of this research is to
measure the factors affecting corporate social responsibility (CSR) towards purchase intention, either directly or indirectly. The direct factor is the awareness and perception of CSR, and the indirect factor is trust of CSR, religious belief, religious commitment and practice, and compassion. The research contains case study of XL Axiata in which they have won 2 awards for their CSR initiatives. This research collects 318 Muslim respondent around 20-49 years old across Indonesia to answer a questionnaire. Using SPSS and Lisrel software, the result of the research shows the awareness and perception of XL Axiatas CSR initiatives does not significantly impact the intention of a customer to acquire XL Axiata services. However, the trust of CSR, religious commitment and practice, and compassion managed play a mediation role on the effect of perceived CSR on the intention to purchase XL Axiata service products. On the other hand, religious belief does not succeed in increasing the influence of the perceived of CSR on the intention to purchase XL Axiata service products."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dinarti Zata Amani Mulia Putri
"Meningkatnya jumlah limbah plastik di Indonesia dapat dimanfaatkan oleh organisasi untuk membuat ecofurniture, yaitu perabot ramah lingkungan. Media sosial membantu mempromosikan produk ini, memberikan pengetahuan kepada masyarakat. Penelitian ini mengkaji pengaruh pengetahuan produk, efektivitas konsumen, pemasaran di media sosial, trust, attitude, subjective norms, perceived behavioral control dan perceived price terhadap purchase intention ecofurniture di Indonesia. Studi kuantitatif ini mengumpulkan data melalui metode survei kuesioner online yang digunakan untuk mengumpulkan data dari 320 responden dengan kriteria pengguna media sosial yang mengetahui produsen perabot ramah lingkungan melalui media sosial di Indonesia. Data akan diolah dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-PLS). Temuan pada penelitian ini mengungkapkan bahwa attitude, trust, product knowledge dan perceived consumer effectiveness secara signifikan berpengaruh positif terhadap purchase intention. Product knowledge ditemukan secara signifikan berpengaruh positif terhadap trust dan perceived consumer effectiveness. Perceived consumer effectiveness secara signifikan berpengaruh positif terhadap attitude. Serta variabel perceived social media marketing secara ignifikan berpengaruh positif terhadap subjective norms, perceived consumer effectiveness dan product knowledge. Sedangkan variabel price consciousness, subjective norms, perceived behavioral control ditemukan tidak secara signifikan berpengaruh terhadap purchase intention. Perceived behavioral control dan perceived social media marketing juga tidak secara signifikan berpengaruh terhadap price consciousness. Begitu juga dengan hubungan antara variabel product knowledge dengan attitude tidak secara signifikan berpengaruh.
The increasing amount of waste generated in Indonesia each year can be utilized by several organizations to process plastic waste, which then becomes eco-furniture. With the help of social media to promote their products, the public can gain knowledge about eco-furniture from the content provided by household furniture manufacturers. This research aims to examine the influence of product knowledge, perceived consumer effectiveness, perceived social media, trust, TPB, and price consciousness on purchase intention of ecofurniture in Indonesia. This quantitative study gather data through an online questionnaire survey method used to collect data to gather 321 respondents with criteria a social media users who knows ecofurniture producers through social media in Indonesia. The data will be processed and analyzed using the Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-PLS) method. The findings in this study reveal that attitude, trust, product knowledge, and perceived consumer effectiveness significantly positively influence purchase intention. Product knowledge was found to significantly positively influence trust and perceived consumer effectiveness. Perceived consumer effectiveness significantly positively influences attitude. Additionally, the perceived social media marketing variable significantly positively influences subjective norms, perceived consumer effectiveness, and product knowledge. However, the variables of price consciousness, subjective norms, and perceived behavioral control were found to have no significant influence on purchase intention. Perceived behavioral control and perceived social media marketing also do not significantly influence price consciousness. Similarly, the relationship between product knowledge and attitude is not significantly influential."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library