Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 56010 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fadhila Nurul Husna Zalmi
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses transfer pengetahuan dalam tradisi ldquo;kembali ke surau rdquo;, mengetahui kendala dan problematika yang terjadi di masyarakat, serta menganalisa peran perpustakaan masjid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang berfokus pada interpretasi pengetahuan yang terjadi dalam tradisi ldquo;kembali ke surau. rdquo; Penelitian ini dilakukan berdasarkan SECI Model menurut Nonaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transfer pengetahuan dapat terjadi pada kegiatan tradisi ldquo;kembali ke surau rdquo; yang dilaksanakan di masjid. Transfer pengetahuan yang terjadi lebih didominan pada proses sosialisasi. Transfer pengetahuan dalam tradisi ldquo;kembali ke surau rdquo; ini lebih memperlihatkan tradisi lisan yang terjadi mengandung nilai informasi religi, adat, dan kebiasaan masyarakat serta kearifan lokal di dalam kehidupan masyarakat minangkabau. Namun, peran perpustakaan masjid tidak terlalu mendominasi dalam tradisi ini karena kurangnya pengelolaan perpustakaan. Keterbatasan sumber daya manusia, tidak adanya ruangan khusus perpustakaan serta kurangnya koleksi.

This research aims to understand the process of knowledge transfer in tradition kembali ke surau , knowing the problems in the community, and to analyze the role of mosque library. This research uses descriptive qualitative method, which focuses on the interpretation of knowledge in kembali ke surau rdquo tradition This research is based on the SECI model by Nonaka. The results show that knowledge transfer can occur in traditional activities kembali ke surau was held at the mosque. The knowledge transfer that occurs more dominant the socialization process. Transfer of knowledge in kembali ke surau tradition shows more of an oral tradition that happens to contain informational value of religion, customs, and habits of the community and local wisdom in Minangkabau community life. However, the role of libraries in mosques not too dominating in this tradition because of the lack of library management. Limited human resources, the absence of a special room of the library as well as the lack of collection.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T47141
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nikita Kurnia
"ABSTRAK
Balai Riset dan Standardisasi Industri merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang memiliki tugas dan fungsi melakukan riset terapan yang dapat diimplementasikan dalam dunia usaha. Untuk dapat menghasilkan riset yang berkualitas dibutuhkan pengelolaan sumber daya manusia yang baik. Pengelolaan tersebut dilakukan dengan mengelola tacit knowledge sehingga menghasilkan
kinerja yang baik. Penelitian ini bertujuan mendapatkan model hubungan dari tacit knowledge terhadap kinerja individu dengan studi kasus pada peneliti Baristand Padang. Variabel yang akan di digunakan adalah tacit knowledge dan kinerja individu. Penelitian ini menggunakan metode statistik Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dan perangkat lunak SMARTPLS untuk membuktikan hubungan antar variabel penelitian. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengalaman, interaksi personal dan kondisi lingkungan kerja dalam tacit knowledge yang berpengaruh terhadap kinerja individu. Dengan memahami variabel yang berpengaruh pada individu, organisasi bisa menggunakan hasil tersebut untuk meningkatkan kinerja yang ada

ABSTRACT
Institute for Industrial Research and Standardization is one of the Technical Service Unit (UPT), which has duties and function of applied research that can be implemented. To produce high quality research have to managed human resources in older to produce good performance. One of them in tacit knowledge. This research aims to develop interrelated model between tacit knowledge and performance of individuals with a case study on researchers BARISTAND Padang. Variables that have been used was tacit knowledge and individual
performance. The processing data used Structural Equation Modeling (SEM) methods are based on Partial Least Square (PLS) and software Smart PLS edition 2 to prove the relationship between variables of the study. The results reveal that the tacit knowledge factor was effected to experience, personal interaction, community, and working conditions on individual performance."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1499
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Askaria Milindri
"Tesis ini membahas eksplorasi dan manifestasi pengetahuan tasit pada siswa SMP di Sekolah Lazuardi GIS Cinere dengan menggunakan kerangka analisa Nonaka & Takuechi (1995). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing murid telah memiliki pengetahuan tasit berdimensi teknis dan kognitif sebelum mereka menjadi murid SMP Lazuardi GIS. Pengetahuan tersebut di bawa oleh tiga agen sosialisasi dominan, yakni keluarga, agama, dan media massa. Pengetahuan tasit tersebut dieksplorasi di sekolah pada program pengayaan sekolah dan program inti sekolah. Sedangkan manifestasi pengetahuan tasitnya terdapat pada kurikulum intangible-nya (hidden curriculumatau kurikulum yang tidak kelihatan secara kasat mata tetapi dapat dirasakan dalam budaya sekolah, seperti visi-misi-filosofi sekolah dan hal-hal apa saja yang ingin dikembangkan pada murid-muridnya).

This thesis explains about exploration and manifestation tacit knowledge of Junior High School Student in Lazuardi GIS Cinere with Nonaka and Takeuchi (1995) frame analysis. This thesis is a qualitative research with descriptive analysis design. The result showed that each student had their own tacit knowledge either in tecnical dimension or kognitif dimension before they became a Junior High School student in Lazuardi GIS Cinere. That knowledge was brought by three dominant socialization agents, namely family, religion, and mass media. That tacit knowledge was explored by the school on school enrichment programs and school core programs. While the tacit knowledge manifestation could be found in its tangible curriculum (hidden curriculum or a curriculum that is invisible but can only be felt within its school culture, such as school vision and mission and things that the school wants to be flourished).
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35420
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Fahlevi
"[Tacit knowledge merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk terus bertahan dalam arus kompetisi yang terus meningkat. Namun sangat disayangkan belum banyak dari perusahaan yang mengerti mengenai peran penting dari tacit knowledge, bahkan untuk sekedar tau apa itu tacit knowledge. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran dari tacit knowledge exchange pada lingkup perusahaan, khususnya yang terjadi diantara fungsi penjualan dan fungsi pemasaran. Responden dari penelitian ini adalah salespeople yang mewakili fungsi penjualan dan staff pemasaran yang mewakili fungsi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa top management support menjadi faktor yang paling signifikan dari tacit knowledge exchange.

Tacit knoweldege is transforming into something very important for company to survive in tough competition. But unfortunately just a few of companies does understand the important role of tacit knowledge, even to know what tacit knowledge is. This study aims to look at the effect of the role of tacit knowledge exchange in the scope of the company, especially those that occur between sales and marketing. Respondents of this study are salespeople who represent sales divison and marketing staff that represent marketing division. These results indicate that the top management support becomes the most significant factor of tacit knowledge exchange., Tacit knoweldege is transforming into something very important for company to survive in tough competition. But unfortunately just a few of companies does understand the important role of tacit knowledge, even to know what tacit knowledge is. This study aims to look at the effect of the role of tacit knowledge exchange in the scope of the company, especially those that occur between sales and marketing. Respondents of this study are salespeople who represent sales divison and marketing staff that represent marketing division. These results indicate that the top management support becomes the most significant factor of tacit knowledge exchange.]"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61860
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yayan Mardianah
"ABSTRAK
Transfer pengetahuan adalah komunikasi pengetahuan dari sumber sehingga dipelajari dan diterapkan oleh penerima. Transfer pengetahuan tersebut dapat dilakukan melalui percakapan secara tatap muka alami dan interaksi sosial umum. Transfer pengetahuan dapat diterapkan pada berbagai bidang pengajaran, termasuk didalamnya pengajaran literasi informasi berupa orientasi perpustakaan. Literasi informasi merupakan faktor kunci dalam pembelajaran seumur hidup dan langkah pertama dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini membahas transfer pengetahuan pada kegiatan literasi informasi di perpustakaan Universitas Prasetiya Mulya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis transfer pengetahuan dalam Introductory Program di Perpustakaan Universitas Prasetiya Mulya dan menganalisis hambatan-hambatan yang terjadi pada penerapan transfer pengetahuan. Proses transfer pengetahuan dapat tergambar melalui rangkaian kegiatan dalam program tersebut menggunakan model konversi pengetahuan SECI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi partisipan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya secara umum mahasiswa merasa ldquo;mereka tidak mengetahui bahwa mereka tidak tahu rdquo;, artinya dalam hal memiliki keterampilan literasi informasi sebagai pembelajaran sepanjang hayat, mereka tidak menganggap ketrampilan tersebut penting untuk dimiliki. Hambatan dalam transfer pengetahuan di perpustakaan berkaitan dengan budaya dan struktur organisasi.

ABSTRACT
Knowledge transfer is knowledge communication from source so as to be learned and applied by recipient. Knowledge transfer can be performed through natural face to face conversation and general social interaction. Knowledge transfer can be applied on various teaching fields, including information literacy teaching in the form of library orientation. Information literacy is a key factor in life long learning and the first step in achieving education objectives. This research discusses knowledge transfer in information literacy activity at Universitas Prasetiya Mulya Library. The purpose of this research is to analyze knowledge transfer in Introductory Program at Universitas Prasetiya Mulya Library and obstacles in knowledge transfer implementation. Knowledge transfer process can be depicted through a series of activities in the program using SECI knowledge conversion model. The approach used in this research is qualitative with case study method. Data in this research were collected through participant observation and interview. The result of this research shows that Universitas Prasetiya Mulya students feel ldquo they do not know that they do not know rdquo , meaning that in terms of possessing information literacy skill as life long learning, they do not consider it important to have such skill. Obstacles in knowledge transfer at the library are related to culture and organization structure.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T49681
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yupi Royani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kepala satuan kerja serta parapeneliti LIPI tentang keberadaan dan keberlanjutan perpustakaan di lingkungan LIPI kawasan Puspiptek Serpong. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara. Informasi lebih mendalam di gali dari para pastisipan yaitu kepala pusat serta para peneliti, terkait keberlanjutan perpustakaan di LIPI kawasan Puspiptek Serpong. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa perpustakaan di LIPI kawasan Puspiptek Serpong tetap di perlukan baik dalam bentuk konvensional maupun digital karena fungsinya sebagai gudang ilmu pengetahuan dan sumber informasi. Serta manfaatnya bagi masyarakat sebagai tempat untuk mendapatkan informasi, dan bagi peneliti guna mendukung penelitiannya. Perpustakaan tetap diperlukan karena sebagaitempat menyimpan koleksi buku yang bernilai historis, manajemen untuk tacit knowledge(pengetahuan tentang operasional penelitian)yang tidak tertransfer ke dalam bentuk jadi seperti: buku, tesis, paper,dan sebagai tempat pembelajaran bagi publik. Harapan terhadap perpustakaan LIPI Serpong yaitu terwujudnya perpustakaan terintegrasi,yang mana koleksi di setiap satuan kerja terkumpul menjadi satu tempat di lokasi yang strategis. Perpustakaan LIPI Serpong harus bisa memberikan kenyamanan bagi pemustaka"
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2020
020 VIS 22:2 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Mutri Batul Aini
"Dalam teori knowledge management (KM) disebutkan bahwa perpustakaan menjadi salah satu komponen pendukung berhasilnya penerapan KM. Penelitian ini membahas mengenai peran perpustakaan dalam mendukung penerapan knowledge management di suatu organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah benar bahwa peran perpustakaan hanya berperan sebagai pengelola pengetahuan eksplisit. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deksriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan objek penelitian Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Manajemen (PPM Manajemen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perpustakaan dalam mendukung penerapan KM ternyata sangat penting, yaitu bukan hanya sebagai pengelola pengetahuan eksplisit melainkan juga sebagai pengelola pengetahuan implisit.

Information Resource Center PPM Manajemen In knowledge management (KM) theory, it is stated that library is one of the key to support a succesful KM implementation. This research explains about the role of library in supporting KM implementation in an organization. The objective of this research is to prove whether library only deals with explicit knowledge or not. This research is qualitative descriptive interpretative. Method used is case study with the object Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Manajemen (PPM Manajemen). Data were collected by means of deep interview. The researcher inferred that the role of a library in KM implementation is very significant due to its role both as an explicit and tacit knowledge manager."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15510
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hadi Sucahyono
"Kinerja perusahaan sangat dipengaruhi oleh kinerja karyawan di perusahaan, salah satu metode yang digunakan dalam rangka peningkatan kinerja karyawan adalah melalui pendekatan manajemen pengetahuan, best practice sharing dikenal sebagai inti dari manajemen pengetahuan, dalam studi yang telah dilakukan sebelumnya terbukti efektif dalam peningkatan kinerja karyawan yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan. Penelitian ini berfokus pada peran best practice sharing dengan faktor antesenden dari penerapan manajemen pengetahuan: tacit knowledge, explicit knowledge, teknologi informasi, replikasi dan reward and punishment, yang diduga kuat berpengaruh dalam pelaksanaan sharing best practice di CNA Bank. Penelitian ini juga meneliti pengaruh dari best practice sharing di CNA Bank terhadap peningkatan kinerja karyawan. Hipotesa yang diajukan adalah tacit knowledge, explicit knowledge, teknologi informasi, replikasi serta reward and punishment memiliki pengaruh terhadap best practices sharing di CNA Bank, dan best practices sharing memiliki pengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan di CNA Bank. Model penelitian yang menggambarkan hubungan antara faktor antesenden, best practice sharing dan peningkatan kinerja karyawan melalui pendekatan manajemen pengetahuan diuji melalui penyebaran kuesioner kepada 178 karyawan yang bekerja di divisi sales and distribution di seluruh kantor cabang CNA Bank di Indonesia, dengan respone rate 74,16%. Analisa data menggunakan Confirmating Factor Analysis (CFA), pengujian hipotesis menggunakan SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa tacit knowledge, explicit knowledge, replikasi serta reward and punishment memiliki pengaruh signifikan terhadap best practices sharing di CNA Bank, sedangkan teknologi informasi tidakmemiliki pengaruh signifikan terhadap best practices sharing di CNA Bank. Dari hasil pengujian juga ditemukan bahwa best practices sharing memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan di CNA Bank.
Company performance is strongly influenced by the performance of employees in the company, one of the methods used in order to improve the performance of employees is through a knowledge management approach, sharing best practices known as the core of knowledge management, the studies that have been done previously shown effective inimproving the performance of employees and company performance at the end. This study focuses on the role of sharing best practices with antesenden factors of knowledge management implementation: tacit knowledge, explicit knowledge, information technology, replication, and reward and punishment, which allegedly influential in the implementation of best practices sharing in CNA Bank. This study also examined the effects of sharing best practices in CNA Bank towards improving employee performance. Hypothesis is tacit knowledge, explicit knowledge, information technology, replication as well as reward and punishment has an influence on sharing best practices in CNA Bank, and sharing best practices have an influence on employee performance improvement in CNA Bank. A research model that describes the relationship between antesendenfactors, sharing best practices and employee performanceimprovement through knowledge management approach is tested through questionnaires to the 178 employees who work in the sales and distribution division in all branches CNA Bank in Indonesia, with respone rate of 74,16 %. Analysis of the data using Confirmating Factor Analysis ( CFA ), testing the hypothesis using SEM. The results showed that tacit knowledge, explicit knowledge, replication as well as reward and punishment has a significant influence on sharing best practices in CNA Bank, while information technology has no significant effect on the sharing of best practices in CNA Bank. From the test results also found that the sharing of best practices has a significant influence on employee performance improvement in CNA Bank."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T38908
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yawani Alloh
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang strategi Perpustakaan Nasional RI dalam melaksanakan pengembangan koleksi tradisi lisan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metodologi fenomenologi untuk menggambarkan fenomena yang terjadi di bidang akuisisi dalam menjalankan pengembangan koleksi tradisi lisan. Penelitian ini menggunakan teori dari Evans dan Saponaro 2005 sebagai acuan dalam mengambarkan pengembangan koleksi di Perpustakaan Nasional RI dan teori World Bank 1998 yang digunakan untuk menggambarkan tahapan preservasi pengetahuan tradisi lisan yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Bidang Koleksi Perpustakaan Nasional RI dengan menerapkan metode bola salju dalam mencari narasumber untuk wawancara serta menggunakan menggunakan metode wawancara tidak terstruktur agar diperoleh informasi sebanyak-banyaknya untuk kepentingan penelitian. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan tentang strategi pengembangan koleksi dan presevasi pengetahuan tradisi lisan.

ABSTRACT
This research aims to provide an overview of the strategies of the National Library of Indonesia in carrying out the collection development of oral tradition. This research uses qualitative research methodology with phenomenology method to describe phenomena that occur in the field of acquisition in the running of the collection development of oral tradition. This research uses theories from Evans and Saponaro 2005 describe the development as a collection at the National Library of Indonesia and the theory of the World Bank 1998 used to describe the stages of a preservation of knowledge of oral tradition that has been carried out. This research was conducted in the fields Collection of the National Library of Indonesia by applying the snowball method in looking for informan for the interview as well as using unstructured interview method is not so much information obtained for the purposes of research. With this research is expected to enrich the knowledge of the collection and development strategy of knowledge presevation of oral tradition."
2016
T47294
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Yani
Jakarta: DEA Press, 2003
297.351 AHM p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>