Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 199207 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rinaldhi Banu Ristyan
"ABSTRAK
Promosi pada produk digunakan untuk memberikan informasi, mempengaruhi, membujuk, dan meningkatkan perhatian konsumen. Promosi yang dilakukan secara online merupakan tantangan tersendiri bagi pengiklan. Media iklan pada internet mendorong berkembangnya jenis iklan yang ditawarkan. Salah satu perkembangan jenis iklan online merupakan Owned Media, dimana Owned Media merupakan media iklan yang dimiliki perusahaan untuk mengoptimalkan promosi perusahaan itu sendiri. Klasifikasi Owned Media ini yang dimanfaatkan oleh Spotify Indonesia. Sebagai aplikasi streaming musik bermodelkan freemium, dimana konsumen bisa mendapatkan layanan akses penuh tanpa dikenai biaya, namun konsumen akan mendapatkan iklan sebagai pengganti biaya subscription. Iklan tersebut digunakan Spotify untuk mempromosikan keuntungan Spotify Premium agar konsumen mendapatkan kognisi, sikap, juga perilaku konsumen, sejalan dengan hierarchial response theory hingga konsumen dapat menentukan keputusan ingin berpindah dari layanan gratis ke layanan berbayar. Hasilnya, iklan Owned Media Spotify tersebut cenderung tidak disukai konsumen dan berpengaruh terhadap kognisi, sikap, nilai yang dirasakan, dan juga intensi pembelian. Kata kunci: Periklanan Online, Owned Media, Freemium, Intensi Pembelian.

ABSTRACT
Promotion in product is used to giving the information, influence, persuading, and increasing the awareness of the consumer. The online promotion is challenging for the advertiser. Advertising media based on internet motivates the development of advertisement type itself. One of the development in online type advertising is Owned Media, which is the company owned advertising media and used for optimizing the company rsquo s promotion itself. This classification of online advertising media was executed by Spotify Indonesia. As a music streaming application with a freemium business model, where the consumer does not have to pay subscription cost to get the full access, but consumer is obtained an advertising material which can interrupted their service as a substitution for a subscription cost. This advertising section used by Spotify Indonesia for promoting their Premium Access. Consumer can get the information about the benefits and features which is cognitive process, attitude, behavior, similar to Hierarchial Response Model so they can decide whether they want to pay the premium version or stay in free service. The result, Owned Media advertising is lead to be dislike by consumer and its impacted with cognitive system, attitude, intention to pay, also the perceived value. "
2017
S66549
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosafat Narotama
"

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perceived Ease of Use dan Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Purchase Decision dengan Brand Image sebagai variabel mediasi pada pengguna TikTok Shop di daerah Jabodetabek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 120 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok Shop di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Ease of Use memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision. Selain itu, eWOM juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision. Brand Image sebagai variabel mediasi terbukti memperkuat pengaruh antara Perceived Ease of Use dan eWOM terhadap Purchase Decision. Temuan ini mengindikasikan bahwa kemudahan penggunaan platform dan ulasan positif dari pengguna lain dapat meningkatkan keputusan pembelian, yang selanjutnya diperkuat oleh citra merek yang baik. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi para pemasar dan pengembang aplikasi e-commerce, khususnya TikTok Shop, untuk terus meningkatkan kemudahan penggunaan platform dan mendorong ulasan positif pengguna sebagai strategi untuk memperkuat citra merek dan meningkatkan keputusan pembelian.


This study aims to analyze the influence of Perceived Ease of Use and Electronic Word of Mouth (eWOM) on Purchase Decision with Brand Image as a mediating variable among TikTok Shop users in the Jabodetabek area. The research method used is quantitative with a survey approach. Data was collected through questionnaires distributed to 120 respondents who are active users of TikTok Shop in the Jabodetabek area. The results of the study show that Perceived Ease of Use has a positive and significant effect on Purchase Decision. Additionally, eWOM also proved to have a positive and significant effect on Purchase Decision. Brand Image as a mediating variable was found to strengthen the influence of Perceived Ease of Use and eWOM on Purchase Decision. These findings indicate that the ease of use of the platform and positive reviews from other users can enhance purchase decisions, which is further reinforced by a good brand image. This study provides practical implications for marketers and e-commerce application developers, especially TikTok Shop, to continuously improve the ease of use of the platform and encourage positive user reviews as a strategy to strengthen brand image and increase purchase decisions."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Veronica
"

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dan sektor fashion menjadi salah satu kategori terbesar dalam penjualan online. Intensi repurchase dan WOM adalah dua faktor penting yang menentukan keberhasilan jangka panjang dan profitabilitas platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi repurchase dan WOM pada e-commerce fashion, khususnya Zalora. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif konklusif dengan metode non-probability purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 235 responden yang merupakan pengguna aktif Zalora dari generasi Y dan Z. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cash on Delivery, Reputation, dan Information memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Trust tetapi Return Policy Leniency tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Reputation berserta Product Availability dan Timely Product Delivery juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Satisfaction tetapi Information dan Shipment Condition tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sementara Customer Trust dan Customer Satisfaction memiliki hubungan yang signifikan terhadap Repurchase dan WOM Intention.


The growth of e-commerce in Indonesia has shown a significant increase, and the fashion sector has become one of the largest categories in online sales. Repurchase intention and WOM are two important factors that determine the long-term success and profitability of e-commerce platforms. This study aims to analyze the factors that influence repurchase intention and WOM in fashion e-commerce, specifically Zalora. The research method used is a quantitative approach with a descriptive conclusive design and a non-probability purposive sampling method. Data were collected through questionnaires distributed to 235 respondents who are active Zalora users from generations Y and Z. Data analysis was conducted using Structural Equation Modeling (SEM) with the Partial Least Squares (PLS) method. The results of the study indicate that Cash on Delivery, Reputation, and Information have a significant influence on Customer Trust, but Return Policy Leniency does not have a significant influence. Reputation, along with Product Availability and Timely Product Delivery, also have a significant influence on Customer Satisfaction, but Information and Shipment Condition do not have a significant influence. Meanwhile, Customer Trust and Customer Satisfaction have a significant relationship with Repurchase and WOM Intention.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Timotius Alfin
"Pasar online shop di Indonesia sedang berkembang sangat pesat. Dengan semakin berkembangnya pasar online shop, menyebabkan semakin banyaknya online shop yang masuk dan beroperasi di Indonesia. Untuk mendapatkan pasarnya, maka online shop yang ada melakukan kegiatan pemasaran melalui berbagai macam cara, salah satunya adalah melalui akun Youtube. Penggunaan akun Youtube sebagai media pemasaran menggunakan video sebagai sarana penyampaiannya. Dalam menggunakan video sebagai sarana penyampaian, perlu diketahui karakteristik iklan online shop yang menarik secara kognitif dan emosional.
Dalam penelitian ini, dilakukan evaluasi iklan online shop berdasarkan pada respon kognitif dan emosional penonton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Frontal Alpha Asymmetry Analysis FAA dan kuesioner Positive and Negative Affect Scale PANAS . Metode FAA dilakukan dengan menggunakan data electroencephalogram responden selama dilakukan pemutaran video. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa karakteristik video iklan online shop yang berpengaruh dan maupun tidak berpengaruh terhadap ketertarikan penonton.

Indonesia has a very strong growth as an online Shop market. Big market growth at Indonesia makes there are many online shops join and operate at Indonesia. To gain the market, online shop in Indonesia was doing so many marketing activities one of them is through Youtube channel. Using Youtube channel as marketing channel means using video as the content. Before using video as marketing content, developer needs to know characteristics of online shop advertisement which can attract the viewer.
In this research, writer evaluates online shop advertisement based on cognitive and emotional response of viewer. The methods of this research are Frontal Alpha Asymmetry Analysis FAA and Positive and Negative Affect Scale PANAS questionnaire. Frontal Alpha Asymmetry Analysis using data from electroencephalogram of response of respondent while watching advertising video. Based on result of this research, there are several characteristics of online shop advertising video that affect and did not attract viewers significantly.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S66598
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syapira
"ABSTRAK
Maskapai penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carriers (LCC) saat ini tengah menjadi primadona ditambah di dengan penetrasi internet dan e-commerce yang terus mengalami perkembangan signifikan, konsumen digital Indonesia pun sangat menikmati belanja online terutama jika menyangkut tentang berpergian travelling. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sekaliguas membandingkan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi intensi penggunaan Website Low Cost Carrier dalam pembelian tiket secara online dengan mengaplikasikan the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT 2) yang menggunakan variabel dasar seperti performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, habit, consumers? innovativeness, trust (information qualiy, perceived security, perceived privacy), dan price value. Penelitian ini menggunakan dua studi kasus yakni Air Asia dan Lion Air Indonesia. Responden merupakan orang-orang yang pernah melakukan pembelian secara online melalui kedua website tersebut dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir. Metode pengolahan data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kedua website sama-sama memiliki pengaruh yang signifikan pada variabel performance expectancy, trust (information quality dan perceived security) serta habit untuk website Air Asia dan price saving untuk website Lion Air.

ABSTRACT
Low budget airlines or low cost carriers (LCC) has now become a new sensation plus the significant development of internet penetration & e-commerce, digital consumers in Indonesia are really enjoying to purchase online espescially to purchase travelling things. The aim of this research is to analyzing and also comparing factors which affect the use intention of low cost carrier website on online ticket purchasing by applying the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT 2) which use primary variables such as performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, habit, consumers? innovativeness, trust (information qualiy, perceived security, perceived privacy), and price value.This research use two study cases, Air Asia and Lion Air Indonesia. The respondents are people who had been using Air Asia or/and Lion Air website for purcahsing ticket during the last six months. Structural Equation Modelling (SEM) is used to process the data. The results of this research shows that both Air Asia and Lion Air website has positive effects on performance expectancy, trust (information quality dan perceived security) also habit for Air Asia website only and price saving for Lion Air website only;"
2016
S65652
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Nur Aliman Karim
"Teknologi saat ini sangat berkembang pesat, khususnya di bidang teknologi informasi. Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan teknologi internet untuk membantu meningkatkan bisnisnya. Dari hanya sebatas media untuk meningkatkan brand awareness sampai dengan menjual produknya melalui internet. Salah satunya adalah PT XYZ yang memiliki situs e-commerce xyz.com. Banyaknya pesaing menuntut para PT XYZ untuk meningkatkan kinerja mereka yang salah satunya diperoleh dengan cara meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan lama. Pada tulisan ini akan dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi repurchase intention pelanggan XYZ.com.
Model penelitian ini diadaptasi dari model DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model, dan beberapa penelitian sejenis. Pengambilan data untuk penelitian ini menggunakan survei kepada para pelanggan XYZ.com melalui media online. Dari data isian kuesioner yang terkumpul didapatkan sebanyak 374 data valid. Setelah data survey terkumpul kemudian akan dianalisa menggunakan metode structural equation modeling (SEM) berbasis variance yaitu partial least square (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa customer satisfaction dan customer trust berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention.

Technology has been expand so fast for now, specially for information technology. Many company use internet to improve their business. From simply use internet just for increasing brand awareness to selling their product through internet as their main channel. One of those company is PT XYZ with their e-commerce website XYZ.com. Because of business competition forced PT XYZ want to improve transaction from their existing customer to boost their performance. This research will explain factors that impacting repurchase intention customers on XYZ.com.
The resarch model was adapted from DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model and other similar research. Data was collected using survey to XYZ.com customers through online survey. There is 374 valid data was collected from survey. Data was analysed using structural equation modeling (SEM) variance based that called partial least sqare (PLS) by using SmartPLS 3.0. This research resulting customer satisfaction and customer trust affect significantly to repurchase intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zura Akhmad Fakhrurrozi
"ABSTRAK
Perkembangan transaksi online e-commerce yang kian marak membuat para pelaku bisnis perlu untuk melaksanakan berbagai strategi untuk bertahan dalam persaingan melalui peningkatan customer engagement. Dalam tulisan ini membahas tentang pengaruh pembedaan jenis platform terhadap strategi peningkatan customer engagement dan implikasi tingkat customer engagement yang terbentuk pada salah satu jenis e-commerce yang tengah berkembang yaitu social commerce. Penulis berfokus pada penelitian platform Instagram dan Shopee Gynda Hijab Store untuk melihat perbedaan antara keduanya. Kedua platform tersebut merupakan media yang digunakan dalam bisnis social commerce namun dalam jenis media yang berbeda, dimana Instagram merupakan sebuah media sosial dan Shopee sebagai sebuah online marketplace C2C. Perbedaan fleksibilitas media berdasarkan regulasi yang diterapkan pada kedua platform tersebut telah membuat Gynda Hijab Store perlu menurunkan strategi yang berbeda untuk memengaruhi cutomer stimuli melalui empat aspek, yaitu sales related information, personalization, interactivity, dan user generated content. Hasilnya tingkat customer engagement pada Gynda Hijab Store menunjukan suatu perbedaan, adapun tingkat pengukuran customer engagement merujuk pada konsep yang dicetuskan oleh Dave Evans yaitu mulai dari tahap consumption, curation, creation, hingga collaboration.

ABSTRACT
he development of e commerce these days resulted in urgency for businessman to implement various strategies to stand out in competition through the enhacement of customer engagement. This paper discuss about the effect occured by different type of platform on implementation strategies and its implication to the level of customer engagement in social commerce. The author focus on research of Instagram and Shopee account ldquo Gynda Hijab Store rdquo to see the differentiation between these two platforms. Both of the platforms are the media used for social commerce business in two different type, in which Instagram as social media and Shopee as online marketplace C2C. The difference of media flexibility based on its regulation applied in these two platforms resulted Gynda Hijab Store needs to determine different strategies to influence customer stimuli through four aspects sales related information, personalization, interactivity, and user generated content. This results in the different of customer engagement level, the measurement refers to Dave Evan rsquo s concept consumption, curation, creation, and collaboration."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Winggar Pastian Pramulina
"Penjualan mobil di Indonesia dari tahun ke tahun semakin tinggi. Namun hal ini diikuti juga dengan meningkatnya persaingan usaha dalam penjualan sehingga PT Astra International Tbk, yang memiliki merek Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot, mengalami penurunan penjualan pada tahun 2014. Untuk dapat memenangkan persaingan tersebut di masa depan, PT Astra International Tbk - AstraWorld sebagai anak perusahaan ditunjuk sebagai penanggung jawab untuk mendukung kegiatan penjualan Sales Operation PT Astra International Tbk ingin berkontribusi dalam meningkatkan penjualan dengan merancang strategi e-commerce untuk dapat memperluas area penjualan dan mendapatkan penjualan dan pangsa pasar yang sesuai dengan target yang diharapkan. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan strategi e-business Chen dipadukan dengan strategi marketing untuk mendapatkan strategi e-commerce. Hasil penelitian berupa rekomendasi strategi e-commerce dan rencana tindakannya yang dapat diterapkan oleh PT Astra International Tbk - AstraWorld.

The number of car sales in Indonesia shows the growth trends.It is followed by the rapid competition among the sales operation of many car brands, includin PT Astra International Tbk which has 5 brands, they are Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot. Unfortunately, in 2014 Astra lost the number of car sales. To be able for winning back the competition in the future, PT Astra International Tbk ndash AstraWorld is appointed to support the activity using e commerce initiative to expand selling area and grab more customers as expected. This research using Chen framework strategy combined with marketing strategy. The result would be the e commerce strategy recommendation and action plans that could be implemented by PT Astra International Tbk ndash AstraWorld to support Astra sales operation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eryadi Sukandar
"Dari sekian banyak cara untuk membangun brand image di dunia maya, penempatan iklan online pada suatu website telah menjadi suatu cara yang paling jitu dan paling banyak digunakan oleh para pengiklan. Meskipun penggunaannya telah sangat sering dan meluas, belum diketahui dengan jelas bahaya dan kerugian yang diakibatkan terhadap website yang menjadi host suatu iklan, khususnya dari sudut pandang pengakses situs yang dapat mempengaruhi sikap mereka atas website tersebut. Penelitian ini berusaha untuk menelaah isu tersebut dengan mengkaji lebih dalam pada aspek kongruitas iklan online terhadap sikap kinsmen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penggunaan regresi sederhana sebagai metode analisisnya. Data primer dikumpulkan melalui metode survey terhadap 100 responden dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa, meskipun terdapat pengaruh kongruitas iklan online terhadap sikap konsumen, pengaruh yang ditimbulkan sangatlah sedikit atau dengan kata lain tidak begitu signifikan.

Of the many approaches to build a brand image on the internet, the placement of online advertising on the website has become one of the best way to enhance it. While the usage of online advertisement has been high and widespread, it is unclear whether the placement will cause harm or disadvantage for it's host website, especially from the way of visitor look at it in the way it could resulted in the change of their attitude towards the host website. This study addresses this issue by investigating the impact of online advertising placement and it?s congruity with the host website towards consumer attitude. This research used quantitative approach. As for the research analysis, simple regressions method was used. The primary data were collected through survey method with purposive sampling method using questionnaire given to 100 respondents. The result of this research indicate that online advertising congruity has such an insignificant impact towards consumer attitude. In addition of that, online advertising congruity indeed has some effect towards consumer attitude."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Avitasya Febryani Syahrial
"SMS location-based advertising LBA atau iklan berbentuk promosi melalui SMS yang memanfaatkan informasi lokasi telefon seluler diketahui dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh extrinsic dan intrinsic motivation terhadap pembentukan attitude toward SMS LBA yang selanjutnya melihat pengaruhnya terhadap purchase intention dalam konteks foodservice. Pada penelitian ini terdapat uji variabel moderasi yaitu brand familiarity untuk mengetahui apakah tingkat familiaritas terhadap merek mempengaruhi sikap konsumen terhadap niat pembelian produk yang diiklankan melalui SMS LBA.
Penelitian ini melibatkan 229 responden dari seluruh Indonesia yang pernah mendapatkan SMS LBA dari Krispy Kreme. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa extrinsic dan intrinsic motivation dapat meningkatkan attitude toward SMS LBA yang selanjutnya dapat mendorong purchase intention. Selain itu ditemukan pula bahwa pengaruh ini di moderasi oleh brand familiarity.

SMS LBA is a promotion advertising through SMS that uses information of mobile phone rsquo s location in order to increase sales. This study aims to analyze the effect of extrinsic and intrinsic motivation on the establishment of attitude toward SMS location based advertising and its impacts on purchase intention in foodservice area. There is a test of brand familiarity as a moderating variable to find out whether the level of consumer rsquo s brand familiarity affect attitude toward SMS LBA on intention to purchase a product that advertised through SMS LBA.
The data for this research were collected from 229 respondents from all over Indonesia who had received SMS LBA from Krispy Kreme. They were then analyzed using Structural Equation Modelling SEM. The result of this research shows that extrinsic and intrinsic motivation increases attitude toward SMS LBA that further leads to increase in purchase intention. Furthermore, the result shows that brand familiarity does moderate attitude toward SMS LBA on purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S70002
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>