Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118719 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nathan
"ABSTRAK
Tujuan dari laporan tertulis akhir ini adalah untuk mengembangkan metodologi dalam hal penyelidikan kinerja dan karakteristik geotekstil dalam kondisi substrat yang berbeda. Selama proses instalasi, bahan konstruksi tajam dan lingkungan yang keras dapat menyebabkan kerusakan pada geotekstil, sehingga geotekstil menjadi tidak berguna. Untuk memenuhi itu, pengujian terhadap material geotekstil dengan metode menjatuhkan batu di lapangan dilakukan di fasilitas pengujian Geofabrics Australasia dan sebagai topik utama dalam penelitian ini, semua sampel geotekstil disediakan dari Geofabrics Australasia, sebuah perusahaan geotekstil terkemuka.Dalam percobaan ini, ada 4 jenis jenis geotekstil yang dibutuhkan untuk menjadi tes, 400R, 600R, 900R dan 1200R dari geotekstil staple fibre non-woven. Geotekstil ini akan diuji dengan ketinggian 4 yang berbeda, 0.5m, 1.0m, 1.5m, dan 2.0m. Setiap geotextile akan diuji 3 kali dengan tinggi penurunannya berbeda. Menghasilkan total 48 tes untuk setiap kondisi tanah dasar.Selanjutnya, hasil dari penelitian ini akan dilakukan dengan mempertimbangkan ukuran daerah tusukan, drop energi, dan kadar air untuk setiap kondisi tanah dasar. Selain itu, layak kajian literatur dan penelitian rekomendasi untuk kedua percobaan dan penelitian sendiri akan disediakan.

ABSTRACT
The purpose of this final written report is to develop a methodology in regards to the investigation of the performance and the characteristics of the geotextile in different substratum conditions. During installation process, sharp construction materials and harsh environment may contribute to the damage on the geotextile, resulting a damage and useless geotextile. To fulfil that, field drop rock test is conducted at Geofabrics Australasia testing facility and as the main topic in this research, all of the geotextile samples are provided from Geofabrics Australasia, a leading geotextile company.In this experiment, there are 4 types of geotextile types that needed to be test, 400R, 600R, 900R and 1200R of staple fibre non woven geotextiles. These geotextiles will be tested with 4 different drop heights, 0.5m, 1.0m, 1.5m, and 2.0m. Each geotextile will be tested 3 times with its different drop height. Resulting a total of 48 tests for each subgrade condition.Furthermore, the results of this experiment will be conducted by considering the size of the puncture areas, drop energy, and the moisture content for each subgrade condition. In addition, decent literature review and research recommendations for both the experiment and the research itself will be provided. "
2016
S66724
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mirza Rio Endrayana
"Indonesia sebagai negara yang berkembang terus melakukan pembangunan fisik terutama di bidang infrastruktur. Namun Indonesia memiliki berbagai macam jenis tanah yang tidak selamanya dapat digunakan untuk bangunan konstruksi diantaranya adalah tanah lempung lunak yang memiliki nilai kuat geser tanah sangat rendah. Untuk itu perlu suatu perbaikan tanah salah satunya dengan perkuatan geotekstil-woven. Dalam perkembangannya pemberian lapisan geotekstil ini telah terbukti keberhasilannya di lapangan. Namun secara laboratorium sedikit sekali penelitian yang telah dilakukan yaitu dengan uji triaksial CU.
Penelitian yang dilakukan adalah mempelajari perilaku kuat geser contoh uji terhadap penambahan geotekstil-woven baik satu lapis maupun dua lapis pada rentang kadar air optimum. Contoh uji menggunakan tanah lempung lunak yang berasal dari daerah Ujung Harapan, Jakarta Utara. Teknik pemberian lapisan geotekstil pada contoh uji juga menjadi perhatian khusus pada penelitian ini dimana proses pencetakannya tidak melalui proses pemadatan melainkan proses penekanan langsung pada cetakan contoh uji dengan menjaga γdry yang sama antar contoh uji. Sebagai pembanding terhadap hasil dari triaksial CU dibuat juga pengujian unconfined.
Dari hasil penelitian diketahui terjadi peningkatan nilai kohesi dan sudut geser yang mengakibatkan peningkatan nilai kuat geser pada contoh uji akibat pemberian satu lapis geotekstil. Sedangkan dengan dua lapis geotekstil tidak berhasil memberikan kontribusi terhadap nilai kuat geser. Peningkatan nilai kuat geser yang dilakukan di laboratorium diharapkan dapat mendukung keberhasilan penggunaan geotekstil di lapangan.

Indonesia as a developing country continuously performs physical development particularly in the infrastructure sector. Nevertheless, Indonesia has various kind of soil that not always good for foundation of construction such as soft clay soil which has very low soil shear strength value. Consequently, soil reinforcement is needed; one of the methods is by using geotextile-woven strengthening. During its development, the application of this geotextile layer was successfully proven. However, still few researches done by using triaxial CU testing.
The research was performed by studying shear strength behavior of the sample to the addition of geotextile-woven either one layer or two at optimum water content range. The sample was soft clay soil, taken from Ujung Harapan region, North Jakarta. The technique of adding geotextile layer towards the sample was also emphasized in this research, in which the forming was not through compaction process but direct pressing process to the sample by keeping equal &gmma;dry among the samples. As a comparison to the CU triaxial result, unconfined testing was performed as well.
From the result of this research can be identified that there is an increase of cohesion value and shear angle, resulting on higher shear strength value of the sample, as a consequence of addition of one layer geotextile. Meanwhile, addition of two layers geotextile gives no contribution towards shear strength value. The increase of shear strength value as a result from this experimental works will support the implementation of using geotextile in the field.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S35283
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sianturi, Josua Martua Nugraha
"ABSTRAK
Penggunaan geotekstil sebagai perkuatan tanah diharapkan dapat meningkatkan daya dukung dan kuat geser tanah. Tujuan penelitian ini adalah melihat tingkat efisiensi dari penggunaan geotekstil nonwoven pada tanah merah dan melihat seberapa jauh perubahan nilai kohesi dan sudut geser sebelum diberikan dan setelah diberikan perkuatan dengan menggunakan uji triaxial UU Uncosolidated Undrained . Selain itu dilakukan juga pengujian California Bearing Ratio untuk melihat pengaruh penggunaan geotekstil nonwoven terhadap daya dukung tanah.Pengujian dilakukan juga pada kepadatan yang berbeda, yaitu pada keadaan optimum dan 95 dari keadaan optimum baik untuk di atas optimum maupun di bawah optimum. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa adanya peningkatan nilai kohesi tanah pada keadaan kepadatan optimum, sedangkan ketika kepadatannya tidak optimum, cenderung tidak berpengaruh. Nilai sudut geser cenderung turun ketika diberikan perkuatan. Namun, dalam uji CBR terjadi kenaikan nilai CBR pada tanah uji yang diberikan perkuatan

ABSTRAK
The use of geotextiles as soil reinforcement is to increase the bearing capacity and the shear strength of the soil. The purpose of this study is to look at the efficiency level of the use of nonwoven geotextiles on the tropical red clay soil and to see how far the cohesion and shear values change before they are given and after the reinforcement using the Uncosolidated Undrained Triaxials. In addition, the California Bearing Ratio test is also conducted to see the effect of nonwoven geotextile utilization on soil bearing capacity. The test is also carried out at different densities, at the optimum state and 95 of the optimum state for both optimum and below optimum. The results of this study show that there is an increase in soil cohesion values in optimum density conditions, whereas when the density is not optimum, it tends to have no effect. The shear angle value tends to fall when given reinforcement. However, in the CBR test there was an increase in the value of CBR on the given assayed test ground."
2017
S66795
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bennett, David
"This publication, the third in the "Concrete Elegance" series, explores the various colours and surface consistencies of concrete."
London : [RIBA , ], 2007
e20440101
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"This work intertwines the intuitive chareography of the hand that forms matter and the logical mind that constructs, assembles and imagines structural complexity. The work described in this book is the product of collaboration of ideas, attitudes and philosophy."
London : [RIBA , ], 2007
e20440090
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
New Delhi: Oxford & IBH, 1988
624.151 36 IND f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Herly Firma
"Pembangunan konstruksi bangunan di atas lereng timbunan akan memiliki risiko untuk terjadinya kelongsoran pada lereng tersebut pada saat naiknya permukaan air tanah. Kondisi ini terkait dengan berkurangnya nilai safety factor lereng timbunan. Untuk mengatasi naiknya permukaan air tanah pada saat dan setelah penimbunan terjadi, maka dipasang unit tambahan pada kaki lereng timbunan yang dikenal dengan nama subsurface drains.
Pemasangan subsurface drains dengan pembungkus dari bahan geotekstil akan dapat mempertahankan nilai safety factor. Efisiensi interface antara subsurface drains-tanah < 1.0 karena friksi dan adhesi yang terjadi antara bahan geotekstil-tanah lebih kecil daripada friksi dan kohesi yang terjadi antara tanah-tanah.
Peneliti akan menganalisa penurunan safety factor akibat pemasangan subsurface drains pada lereng timbunan untuk kondisi efisiensi interface 1, 0.8, dan 0.6. Nilai safety factor mengalami penurunan dari efisiensi interface 1 hingga 0.6. Untuk itu, diperlukan pemilihan material timbunan dan bahan geotekstil sebagai bahan subsurface drains untuk lereng timbunan.

The construction of the buildings on the slopes of the embankment will have a risk for the occurrence of landslide on the slopes when the ground water level rises. This condition is associated with a reduced value of the embankment slope's safety factor. To solve the ground water level rises during and after the embankment occurs, then additional units installed at the foot of the embankment slope known as subsurface drains.
Installation of subsurface drains with using of geotextile material will be able to maintain the value of safety factor. Efficiency interface between subsurface-soil drains < 1.0 because of friction and adhesion between the soil-geotextile material is smaller than the friction and cohesion between the soils.
Researchers will analyze the safety factor decreased due to the installation of subsurface drains on embankment slopes to condition the efficiency of the interface 1, 0.8, and 0.6. Safety factor values decreased from 1 to 0.6 interface efficiency. For that, we need choose of material selection and geotextile materials as materials for subsurface drains the slopes of the embankment.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S50658
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jordy Marcius
"Permasalahan yang sering kali ditemui pada saat memilih sebuah kendaraan adalah tidak adanya indikator berupa skor yang dapat membedakan performa antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya. Strategi penilaian untuk menentukan skor kinerja kendaraan dapat dilakukan dengan menganalisis data berkendara yang diperoleh secara langsung (data monitoring) dari sistem internal (On Board Diagnostics) atau sensor eksternal yang dipasang pada kendaraan. Umumnya, performa kendara dipengaruhi oleh spesifikasi komponen penyusunnya. Namun, berdasarkan penelitian sebelumnya, perilaku mengemudi juga dapat mempengaruhi performa dari sebuah kendaraan. Sebagai contoh, perilaku mengemudi dapat mempengaruhi sampai 15% dari total konsumsi bahan bakar pada kendaraan bermotor berjenis mobil penumpang. Dalam rangka meningkatkan performa ekonomi, digunakan metode penilaian terhadap agresivitas pengemudi dalam mengatur kecepatan kendaraan. Di sisi lain, analisis terhadap agresivitas mengemudi pada kondisi akselerasi, deselerasi, dan berputar juga dapat meningkatkan performa kenyamanan penghuni kendaraan. Penilaian terhadap agresivitas akselerasi dan deselerasi dilakukan dengan melihat gradien dari titik lokal minimum dan maksimum dari grafik kecepatan pada berbagai kondisi berkendara, dan agresivitas perubahan sudut kendaraan dilakukan dengan meninjau kondisi berputar. Selanjutnya, nilai rata-rata terbobot gradien akan diolah pada sistem fuzzy Mamdani untuk menghasilkan skor akhir dari performa ekonomi dan kenyamanan kendaraan. Hasil pengolahan menunjukkan bahwa kualitas konsumsi bahan bakar kendaraan pada kondisi lalu lintas macet dan ramai lancar cenderung buruk, dan pada kondisi ramai lancar cenderung baik pada tren kecepatan menurun. Hasil kualitas berputar bervariasi pada tiap kondisi lalu lintas dan kualitas akselerasi serta deselerasi cenderung bernilai menengah.

The problem often encountered when choosing a vehicle is the absence of an indicator in the form of a score that can differentiate the performance between one vehicle and another. The assessment strategy to determine the performance score of a vehicle can be done by analyzing driving data obtained directly (data monitoring) from the internal system (On-Board Diagnostics) or external sensors installed on the vehicle. Generally, the performance of a vehicle is influenced by the specifications of its constituent components. However, based on previous research, driving behavior can also affect the performance of a vehicle. For example, driving behavior can affect up to 15% of the total fuel consumption in passenger cars. To improve economic performance, an evaluation method is used to assess the aggressiveness of the driver in controlling the vehicle's speed. On the other hand, analyzing driving aggressiveness in acceleration, deceleration, and turning conditions can also improve the comfort performance of vehicle occupants. The assessment of acceleration and deceleration aggressiveness is done by examining the gradient of the local minimum and maximum points of the speed graph under various driving conditions, and the aggressiveness of changes in the vehicle's angle is assessed by considering the turning conditions. Furthermore, the weighted average gradient values will be processed in the Mamdani fuzzy system to generate the final scores for the economic performance and comfort of the vehicle. The results indicate that the fuel consumption quality of vehicles tends to be poor in congested and heavy traffic conditions, and tends to be good in smooth-flowing conditions with decreasing speed trends. The quality results vary for each traffic condition, and the acceleration and deceleration qualities tend to be average."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Andrew Samuelson
"Pengeboran minyak dan gas merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membuat lubang ke dalam inti bumi untuk mendapatkan sumber daya minyak dan gas dengan menggunakan rig pengeboran pada suatu sumur. Salah satu karakteristik dari sumur pengeboran adalah sumur dengan kondisi HPHT (High Pressure High Temperature) dimana pada sumur jenis ini suhu dapat mencapai 150°C dan tekanan yang mencapai 15000 psi. Sistem sirkulasi pengeboran merupakan salah satu sistem dari rig pengeboran yang memiliki fungsi untuk mengangkat serpihan formasi dari dasar sumur ke permukaan. mud pump dan solid control merupakan dua aspek dalam sistem sirkulasi pengeboran yang berkaitan langsung satu sama lain. Pengaruh sumur dengan kondisi HPHT (High Pressure High Temperature) sangat signifikan terhadap performa kedua aspek sistem sirkulasi tersebut sehingga memengaruhi proses pengeboran secara keseluruhan.

Oil and gas drilling is an activity intended to make holes into the earth to obtain oil and gas resources using a drilling rig. One of the characteristics of drilling wells is the condition of HPHT (High-Temperature High Pressure) where this type of well can reach 150 ° C and the pressure reaches 15000 psi. The drilling circulation system is one of the systems of the drilling rig that has the function to lift the formation of debris from the bottom of the well to the surface. Mud pump and solid control are two aspects in the drilling circulation system that are directly related to each other. The influence of HPHT (High-Pressure High Temperature) conditions on well is very significant for the performance of both aspects of the circulation system thus affecting the overall drilling process.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
SP-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Farras
"Energi fosil yang ada dibumi merupakan sumber daya alam yang sering digunakan oleh masyarakat hal itu mengakibatkan menipisnya sumber daya alam yang kita miliki hal ini membuat para peneliti melakukan penelitian untuk mendapatkan sumber energi alternatif yang lebih bersih dan aman bagi lingkungan. Salah satu energi terbarukan yang banyak diminati oleh para peneliti ialah energi radiasi matahari. Instrumen yang dapat mengkonversikan energi radiasi matahari menjadi energi panas ialah Solar collector. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan memvariasikan tilt angle dari solar collector yang ada di sistem sesuai dengan Standar ASHRAE 93-2003. Solar collector yang digunakan ialah pabrikan Jiangsu sunrain dengan rekomendasi flowrate-nya sebesar 3.6 lpm. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Efisiensi thermal dari solar kolektor pada sudut kemiringan solar collector 15° menghasilkan efisiensi thermal maksimum sebesar 94% dan energi matahari yang dapat dimanfaatkan oleh solar kolektor yang paling besar ialah menggunakan sudut kemiringan solar collector sebesar 15° sebesar 2.36 kW.

Fossil energy on earth is a natural resource that is often used by the community, this results in the depletion of our natural resources, this makes researchers research to obtain alternative energy sources that are cleaner and safer for the environment. One of the renewable energy that is in great demand by researchers is solar radiation energy. Instruments that can convert solar radiation energy into heat energy are solar collectors. Therefore, the researchers researched by varying the tilt angle of the solar collector in the system following ASHRAE Standard 93-2003. The solar collector used is the Jiangsu sunrain manufacturer with a recommended flowrate of 3.6 lpm. The results obtained from this study are the thermal efficiency of the solar collector at a tilt angle of 15° solar collector produces a maximum thermal efficiency of 94% and the solar energy that can be utilized by the largest solar collector is to use the solar collector tilt angle of 15° at 2.36 kW."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>