Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 18670 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Firmanzah
"Information is an important resource for new product development (NPD) process in subsidiary. However, we still lack of research to analyze NPD process from information perspective in subsidiary context. This research is an exploratory research and it exploited 8 cases of NPD process in consumer goods subsidiaries operating in Indonesian market. Three types of information have been identified and analyzed NPD process; global, regional and local information.
The result of this research reveals that new product will be resulted is determined by the type of information used. This research reveals four new product typology using information types. The semi-structured interview and archive studies generate global, regional, integrated and local NPD process. Each process has its own characteristics such as type of information used and interaction pattern among subsidiary-regional office-headquarter.
"
Depok: University of Indonesia. Faculty of Economics, 2008
J-pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Assimakopoulos, Dimitris G., editor
"New Product Development (NPD) is about the ideation, formulation, and implementation of new and superior solutions in the market. Beyond the obvious need for organizations to innovate in order to compete, embedded in any NPD program are knowledge, technological expertise, and the social networks that convert these capabilities into offerings that create value at every level, for customers, industries, communities, and regions.
This volume provides an array of knowledge perspective in NPD across multiple levels of analysis and geographic regions, including Europe, the United States, China, Japan, and India, to explore the dynamics of NPD in today’s global environment. Presenting case studies from such industries as ICT services, semiconductors, software development, bio-technology, higher education, and even safety for children’s toys, and drawing from a variety of theoretical perspectives, including technology and knowledge management, sociology, economic geography, and organizational behavior, the authors highlight critical success and failure factors in NPD.
Among the topics covered, new product development teams, including multi-functional and multi-site teams, de-localization and off-shoring of tasks and processes, individual competencies and organizational capabilities, university-industry interactions, high-tech clusters, and technology transfer, and technology policy."
New York : Springer, 2012
e20425848
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Sudjaswin E.
"Inovasi merupakan keniscayaan yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk
mempertahankan eksistensinya dalam lingkungan persaingan global, yang diwarnai oleh
dinamika persaingan berbasis knowledge-networked innovation (Davenport et at., 2006).
Dalam konteks tersebut, perusahaan otomotif makin mengandalkan strategi inovasi untuk
mencapai keunggulan daya saing berkelanjutan. Namun demikian, keterbatasan sumber
daya spesifik yang diperlukan untuk inovasi, memotivasi perusahaan melakukan kerja
sama dengan pihak eksternal untuk mempercepat proses inovasi (Best, 2001).
Studi mengenai strategi inovasi telah banyak dilakukan dari segi produk akhir
(Takeishi, 2001). Namun masih sedikit studi mengenai strategi inovasi dari sudut proses
pengembangan produk baru (new product development, NPD), yang ditunjang oleh sistem
kemitraan yang interaktif antara perusahaan dan para pemasok (Hart, 1995; Sage, 2000).
Penelitian yang dilakukan terhadap lean production system yang sudah dilakukan
sebelumnya telah membuktikan adanya pengaruh cross-functional team dan peran
pemasok terhadap kinerja NPD, namun' belum mempertimbangkan aspek perilaku
individu yang melaksanakan proses NPD. Perilaku individu tersebut diatur melalui
kerangka yang disebut budaya perusahaan (company culture). Untuk mengisi kelangkaan
penelitian yang melihat hubungan perilaku dengan NPD, maka penelitian ini mencoba
melihat peran company culture terhadap interaksi individu dalam cross-functional team
yang melakukan proses NPD.
Penelitian ini bertujuan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi proses
penciptaan produk baru, fokus pada perusahaan otomotif dan pemanfaatan team
production system (Fujimoto dan Takeishi, 2001). Berbagai faktor yang mempengaruhi
proses NPD, yaitu peran kemitraan dari pemasok dalam inovasi perusahaan (Penrose,
1959), peran tim pengembangan produk baru (NPD team) yang bersifat cross-functional
untuk merealisir NPD (Takeishi, 2001); pengaruh company culture terhadap kerja sama
antara pemasok dan NPD team (Dess dan Lumpkin, 2003), dan akhirnya pengaruh NPD
team terhadap kinerja proses dan produk baru untuk menciptakan keunggulan daya saing
(Hoegl dan Parboteeah, 2003), menjadi vadabel dalam penelitian.
Pengujian model yang dikemukakan dilakukan secara empiris terhadap 202
responden dari sub-industri mobil dan komponennya serta sub-industri motor dan
komponennya, yang tersebar di Jabotabek, Bandung, Surabaya, Sidoarjo dan Gresik,
dengan ditunjang oleh in depth interview antara pimpinan perusahaan otomotif serta
menguji model tersebut dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Model
(SEM).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa baik pemasok maupun company culture
memiliki peran yang positif dan signifikan terhadap NPD team, dimana proses yang
berlangsung dalam NPD team akan mempengaruhi kinerja NPD. Hasil uji hipotesis yang
menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh company culture terhadap NPD
team pada sub-industri mobil dan sub-industri motor, menggambarkan pentingnya
company culture dalam mendukung proses NPD yang berdampak pada kinerja NPD
team. Hal ini diperkuat dengan tidak adanya perbedaan pengaruh NPD team terhadap
kinerja NPD, sekalipun terdapat perbedaan peran pemasok di antara kedua industri
tersebut.
Dan hasil penelitian ini, diperoleh konfirmasi mengenai peran pemasok terhadap
NPD team dimana pemanfaatan kapabilitas eksternal bukan hanya untuk meningkatkan
efektivitas dan efisiensi, tetapi dapat menjadi sumber pembelajaran perusahaan. Secara
teoritik, hasil penelitian ini mendukung pandangan Eisenhardt dan Martin yang
menyatakan "...dynamic capabilities thus are the organizational and straregic routines
by which firm achieve new resources coryigiiration as market emerge, collide, split,
evolve and die.
Penelitian ini bersifat cross section sehingga tidak dapat melihat pengaruh
company culture terhadap NPD team yang bersifat path dependence dan idiosyncratic
Secara lebih akurat. Perlu dilakukan penelitian yang bersifat longitudinal untuk mengukur
peran company culture dalam NPD leam sebagai manifestasi dari rekonfigurasi internal
dan eksternal."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
D876
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Brethauer, Dale
""Nine in ten new products undergo a rigorous research and development procedure, require new manufacturing processes -- and still never earn a dime! A major reason for this staggering new product failure rate is the inability of companies to internally transfer products-in-development from one department to the next. This book explains how to remove the barriers from that transfer process and consistently get new products to market one step ahead of the competition. How are today's most successful new product development programs using familiar tools and techniques in new and innovative ways? This timely guide features eye-opening case studies and examples, then helps decision makers visualize a restructured transfer process and quickly develop and implement that process. New Product Development and Delivery will allow managers of any company, regardless of size, to improve profitability, increase competitiveness, and promote teamwork and cooperation throughout the entire organization.""
New York: [American Management Association, ], 2002
e20438129
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Vanya Cendana
"New product development menjadi pendorong pertumbuhan perusahaan, terutama pada startup berbasis teknologi di era digital saat ini. Namun, produk baru dari startup masih sering gagal karena faktor-faktor yang berkaitan dengan pasar dan konsumen. Berdasarkan faktor-faktor kegagalan tersebut, penelitian ini mengkaji variabel yang berpengaruh terhadap new product development performance di perusahaan startup berbasis teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online. Didapatkan responden sejumlah 193 manajer yang merupakan pengambil keputusan terkait produk baru, dari 95 startup berbasis teknologi. Kemudian, melalui pengolahan data menggunakan metode PLS, didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara dynamic marketing capability dan dynamic network capability terhadap NPD performance. Dynamic marketing capability dipengaruhi oleh customer involvement in information provision dan strategic orientation perusahaan, sementara dynamic network capability hanya dipengaruhi oleh strategic orientation perusahaan. Orientasi perusahaan yang mempengaruhi kapabilitas yaitu market orientation dan entrepreneurial orientation, dimana market orientation ditemukan memiliki pengaruh yang jauh lebih signifikan dibandingkan entrepreneurial orientation.

Company growth is driven by new product development, especially in technology-based startup in today's digital era. However, new product from startup often fail due to factors related to market and consumer. Based on the failure factors, this study examines variables which influence performance of new product development in technology-based startup. This research is a quantitative research and data collection was carried out by distributing online questionnaire. There were 193 managers as respondents who are decision makers regarding new products, who come from 95 technology-based startups. Then, through data processing using PLS method, the results obtained showed that there was a positive and significant effect between dynamic marketing capability and dynamic network capability on NPD performance. Dynamic marketing capability is influenced by customer involvement in information provision and the firm's strategic orientation, while dynamic network capability is only influenced by the firm's strategic orientation. The dimensions of strategic orientation which affect capabilities are market orientation and entrepreneurial orientation, in which market orientation is found to have a much more significant influence than entrepreneurial orientation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kiki Oktora
"Tesis ini membahas mengenai kegiatan business coaching pada PT. Duta Karya Mandiri yang merupakan UMKM bergerak dibidang manufaktur komponen otomotif dan produk berbahan dasar besi yang berlokasi di Cibubur. Produk utama PT. Duta Karya Mandiri yaitu besi komponen bars-stay headrest untuk produk Xenia dan Avanza produksi PT. Astra International. Tbk. Produk lainnya yang saat ini tidak dibuat yaitu job-order. pesanan dari perusahaan lain yang tidak rutin.
Dengan kepemilikan dua pabrik namun hanya satu yang beroperasi. UMKM ini mengalami masalah dalam hal maksimalisasi asetnya. Tujuan dari penulisan tesis ini yaitu untuk memberikan gambaran strategi yang digunakan PT. Duta Karya Mandiri untuk maksimisasi manfaat pabriknya dengan mengembangkan produk baru berbahan dasar sisa besi scrap.

This thesis discusses the business coaching process in PT. Duta Karya Mandiri which is a MSME in manufacturing of automotive parts component and any product of iron based. located in Cibubur. The main product of PT. Duta Karya Mandiri is a component of bars stay headrest supplied for brand of Avanza and Xenia. produced by PT. Astra International. Tbk. Another product that is not in production line is job order. a non routine product ordered by other company.
With ownership of 2 workshops but only one is in operation. this MSME is experiencing problem in maximizing the benefits of his assets. The purpose of this thesis is to provide a strategic overview that can be used by PT. Duta Karya Mandiri for maximizing their workshop asset through a new product development based from scrap.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Boston : Division of Research, Graduate School of Business Administration, Harvard University, 1972
382 PRO
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Faisal Suhaeli
"Dinamika di dunia bisnis selalu menarik untuk dibicarakan, ada banyak perubahan yang terjadi selama dekade terakhir, dari konsep baru ke dalam cara baru pemasaran produk, manusia selalu menemukan cara untuk mendapatkan kembali kesejahteraan dan mencapai tujuan tertentu mereka. Dalam proses melakukan hal itu ada beberapa penelitian harus dilakukan dalam mencari kebenaran dalam rangka untuk membuat strategi yang baik dan terlihat dalam bisnis, aliansi bisnis adalah salah satu strategi yang efektif untuk berbagi risiko dan teknologi, khususnya di produk baru pembangunan. Dengan demikian, efek dari aliansi dapat bervariasi dalam setiap pendirian; itu bisa sangat rentan jika tidak ada rencana dalam menghadapi mitra baru dalam aliansi. Proposal ini akan membahas lebih dalam variabel yang dapat mempengaruhi pengembangan produk baru melalui aliansi bisnis dan juga pembahasan melakukan penelitian dari variabel yang ada di ranah methodology.It statistik akan membangun survei untuk mengetahui perilaku aliansi dan kecenderungan variabel yang termasuk dalam pembentukan, dan kemudian memprosesnya dengan alat statistik untuk menginterpretasikan data ke rekomendasi dibaca bagi manajer eksekutif dalam menghadapi pengembangan produk baru.

The dynamics in business world are always interesting to talk about, there are many changes that happened for the past decades, from the new concept into new way of marketing a product, human always find a way to regain their welfare and reaching certain goal. In the process of doing that there are some research should be conducted in finding the rightness in order to make good and visible strategy in the business, business alliance is the one of the effective strategy to share the risk and technology, especially in the new product development. Thus, the effect of alliance may vary in every establishment; it could be very vulnerable if there is no plan in facing the new partner in the alliance. This proposal will discuss more deeply the variable that could predispose the new product development through business alliance and also the deliberation of conducting research from those variable in realm of statistic methodology. It will construct a survey to know the behavior of the alliance and the tendency of variable that include within the establishment, and then process it with statistical tools to interpret the data into readable recommendation for the executive manager in facing the new product development."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
St. Louis: Facts & Comparisons, 2002
338.020 29 REV
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Putri Adinda
"Studi ini berangkat dari munculnya modivikasi produk dan jasa baru yang sukses memasuki pasar lama dengan berbasis pada media online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media online yang sesuai untuk mengkomunikasikan new product development agar dapat diadopsi konsumen; serta bagaimana loyalitas konsumen dapat terbangun pada new product development.
Analisis dalam penelitian menggunakan Innovation-Decision Process yang digagas Everett M. Rogers. Melalui studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, diketahui bahwa media online (khsusunya portal berita online, media sosial dan aplikasi pesan singkat) berperan aktif dalam setiap proses adopsi yang dilakukan konsumen. Sedangkan loyalitas konsumen dibangun di dalam tahap adopsi new product development yaitu tahap konfirmasi.

The study is constructed based on the arising new product and service modifications that have successfully made an entrance into the existing online-based market. This particular research is objected to figure out which type of online-media that is suitable to communicate the new product development, in order to make the product adoptable by the consumer in the best possible way; also finding the best way of how consumer loyalty can be built for the new product development.
The analysis method used in the research is the Innovation-Decision Process, initiated by Everett M. Rogers. Through the study case and collected data in form of direct interview, it can be learned that online media (especially online news portal, general social media, and instant-messaging applications) have a huge impact in every adoption process mentioned before, whereas consumer loyalty is built on confirmation stage, where the adoption process occurs.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T46236
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>