Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145977 dokumen yang sesuai dengan query
cover
F. Yudi Limpraptono
"Tesis ini menyajikan sistem pemrogram dan papan evaluasi mikrokontroler (ATMEL AT89C51, AT89C2051) dengan program yang berbasis ActiveX untuk sistim belajar mandiri via internet. Sistem pemrogram c papan evaluasi mikrokontroler adalah peralatan yang dirancang untuk mengembangkan mikrokontroler ATMEL AT89C51 dan ATS9C2OS1 yang mudah dioperasikan khususnya untuk proses belajar mengajar bidang mikrokontroler di lingkungan akademisi.
Sistem ini dapat juga digunakan untuk pengembangan sistem mikrokontroler di lingkungan industri. Sistem ini memiliki dua fungsi utarma yaitu dapat dipakai untuk proses download program ke dalam flash memori mikrokontroler dan sistem dapat pula dipakai sebagai papan evaluasi atau papan eksperimen. Alat terhubung dengan personal komputer melalui port paralel (LPT1) menggunakan sistem multiplex.
Perangkat lunak untuk menjalankan sistem berbasis program ActiveX sehingga dapat diakses pada web browser. Jika program diletakkan pada suatu server yang terhubung ke Internet maka program dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan melalui internet. Adapun fasilitas perangkat lunak terdiri dari menu editor text, compiler, program download, verifikasi, hapus chip, baca file BIN, dan write lock. Dilengkapi pula program simulasi INPUT/OUTPUT dan logic analyser.
Fasilitas perangkat keras yaitu sistem dilengkapi pin-pin dan port mikrokorntroler yang dapat dihubungkan dengan peralatan luar (interface) untuk proses eksperimen dan pengembangan. Proses hapus tulis flash memori chip mikrokontroler ATMEL dapat dilakukan lebih kurang 1000 kali. Mode RUN/PROGRAM sistem hanya dengan menekan tombol task switch. Unjuk kerja sistem diuji dengan menjalankan program pada web browser Internet Explorer dan hasilnya semua program yang berbasiskan ActiveX dapat berjalan dengan baik. Sistem ini sangat membantu untuk belajar sistem dasar dan pemrograman mikrokontroler dan dapat digunakan untuk proses belajar mikrokontroler Secara mandiri via internet."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
T3908
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
F. Yudi Limpraptono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
TA2473
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Abdurahman Setiawan
"Dengan berbagai kemajuan teknologi, transportasi tetap bertanggung jawab sebagai penyumbang polusi udara terbesar khususnya emisi CO2. Dampak emisi CO2 ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sudah ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengurangi dampak yang dihasilkan emisi CO2 pada kendaraan roda empat. Salah satunya dengan melakukan tes emisi. Prosedur tes emisi ini dilakukan dengan perilaku berkendara tetap yang menyebabkan tes ini tidak representative terhadap keadaan nyata di jalan, oleh karena itu dibutuhkan monitoring langsung pada perilaku berkendara yang berbeda-beda. Dengan memanfaatkan teknologi OBD II dan konsep IoT (Internet of Things), peneliti dapat melakukan pengembangan ke arah monitoring. Pengembangan dilakukan dengan cara menghubungkan OBD II dan Raspberry Pi ke kendaraan roda empat. Perhitungan emisi CO2 dilakukan dengan memanfaatkan data MAF yang diperoleh dari OBD II. Hasil perhitugan tersebut dikirim ke aplikasi Android melalui Cloud Server agar dapat dibaca oleh pengguna aplikasi Android tersebut. Untuk memverifikasi model perhitungan, pengetesan dilakukan pada Nissan Juke tahun 2015 dengan melakukan uji jalan sejauh 300km pada tiga perilaku berkendara yang berbeda. Emisi CO2 yang dihasilkan diukur menggunakan Portable CO2 Meters Detector Tvoc Hcho AQI Monitor dan dibandingkan dengan hasil uji pada aplikasi. Nilai error verifikasi pengukuran pada masing-masing perilaku berkendara yaitu 11,65 % untuk eco, 7,38% untuk Normal, dan 49,56% untuk Sport. pengetesan yang dilakukan juga menunjukkan bahwa model perilaku berkendara Eco memiliki tingkat emisi terendah dibanding dua perilaku berkendara lainnya dengan jumlah emisi CO2 yang dihasilkan sebesar 33.401,25 g sedangkan untuk Normal dan Sport masing-masing secara berurutan menghasilkan emisi CO2 sebesar 56.250,26 g dan 123.122,99 g. Kemudian apabila dihubungkan dengan parameter perilaku berkendara, perilaku berkendara Eco dengan interval nilai Accelerator Position 4,63% – 10,99% menghasilkan CO2 per detiknya sebesar 0,57 g/s – 1,93 g/s, perilaku berkendara Normal dengan interval nilai Accelerator Position 16,23% – 24,15% menghasilkan CO2 per detiknya sebesar 3,37 g/s – 5,09 g/s, dan perilaku berkendara Sport dengan interval nilai Accelerator Position 71,89% – 78,39% menghasilkan CO2 per detiknya sebesar 13,00 g/s – 14,24 g/s.

With various technological advances, transportation remains responsible as the biggest contributor to air pollution, especially CO2 emissions. The impact of CO2 emissions is very dangerous for health and the environment. There have been several ways to reduce the impact of CO2 emissions on four-wheeled vehicles. One of them is by conducting emission tests. This emission test procedure is carried out with a fixed driving behavior which causes this test not to be representative of the actual situation on the road, because of that we require direct monitoring of different driving behaviors. By utilizing OBD II technology and collaborating with the concept of IoT (Internet of Things) Researchers can make development towards monitoring. Development is carried out by connecting the OBD II and Raspberry Pi that has been programmed to calculate CO2 emissions. The calculation of CO2 emissions is done by calculating the MAF data that can be obtained from OBD II. The results of these calculations are sent to the Android application via Cloud Server so that they can be read by the application's users. To verify the calculation model, testing was done on the 2015 Nissan Juke by conducting a road test on three different driving behaviors. The resulting CO2 emissions are measured using Portable CO2 Meters Detector Tvoc Hcho AQI Monitor and compared with test results on the application. The verification error measurement value on each driving behavior is 11,65% for Eco, 7,38% for Normal, and 49,56% for Sport. The testing also shows that the Eco-driving behavior model has the lowest emission level compared to the other two driving behaviors with the amount of CO2 emissions produced of 33.401,25 g while for Normal and sport respectively produced CO2 emissions of 56.250,26 g and 123.122,99 g. Then when connected with driving behavior parameters, Eco-driving behavior with an interval value of Accelerator Position 4.63% - 10.99% produces CO2 per second of 0.57 g/s - 1.93 g/s, Normal driving behavior with an interval value Accelerator Position 16.23% - 24.15% produces CO2 per second of 3.37 g/s - 5.09 g/s and Sport driving behavior with an interval of Accelerator Position 71.89% - 78.39% produces CO2 per second of 13.00 g/s - 14.24 g/s."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Nugroho
"Perkembangan teknologi komputer telah berkembang sedemikian cepatnya sehingga berbagai persoalan dalam berbagai bidang sangat dibantu dengan keunggulan keunggulan yang dimiliki komputer. Beberapa contoh perangkat lunak seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Harvard Graphic, dan lain-lain termasuk program aplikasi yang lebih khusus pada bidang-bidang tertentuseperti Matlab, MathCAD, AutoCad, juga relatif akrab dalam lingkungan perguruan tinggi. Ruang lingkup riset dan pengembangan ilmu dan teknologi telah lama menggunaan komputer sebagai alat bantu, khususnya dalam memecahkan masalah-masalah yang berkaitan erat dengan matematika. Kehadiran suatu perangkat lunak yang telah didukung dengan munculnya perangkat keras Home PC (Personal Computer) atau komputer desktop yang telah dikenal dalam kehidupan sehari-hari menjadi cukup mendesak untuk demi membantu perkembangan ilmu dan teknologi. Perancangan perangkat lunak untuk memanipulasi data hasil pengujian tarik ini merupakan salah satu langkah awal untuk tujuan tersebut di atas dimana dalam lingkup Jurusan Metalurgi Fakultas Teknik Universitas Indonesia khususnya, pemanfaatan teknologi komputer masih relatif kurang. Perancangan perangkat lunak ini menggunakan metode Holomon, Ludwik dan Swift. Metode Holomon merumuskan persamaan tegangan dan regangan sesungguhnya untuk material yang tidak mengalami deformasi atau perlakuan apapun. Metode Ludwik membuat perumusan untuk menyempurnakan persamaan Holomon dimana pengaruh tegangan luluh diperhitungkan dalam tinjauan matematisnya. Metode Swift membuat perumusan yang mirip dengan metode Ludwik, yaitu dengan memperhitungkan regangan awal yang menunjukkan material telah mengalami perlakuan sebelumnya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S41953
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Achmad Rivai
"Dalam proses perancangan, pemrograman dan konsep arsitektur merupakan dua unsur yang berbeda, dimana keduanya harus dipadukan oleh seorang arsitek. Pemrograman sebagai unsur objektif dan konsep arsitektural sebagai unsur subjektif dalam diri perancang, harus dapat menunjukan hubungan yang saling mengisi / memperkuat satu sama lainnya.
Dalam skripsi ini penulis membangun suatu pemikiran dari difinisi-difinisi dan teori-teori yang ada, mengenal 'apa', 'bagaimana' dan 'mengapa', pemrograman dan konsep arsitektural dilakukan dalam proses perancangan. Untuk membuktikan dan mengembangkan lebih lanjut pemikiran tersebut penulis melakukan analisa dari proses perancangan yang pernah dilakukan, dimana pemrograman dan konsep arsitektur selalu digunakan. Dari analisa yang dilakukan didapat suatu kesimpulan mengenai hubungan kedua unsur tersebut.
Dasar permasalahan yang harus dijawab adalah bagaimana seorang arsitek dapat memadukan kedua unsur tersebut, dalam upaya menyusun suatu program (berdasarkan data yang akurat) dan mengembangkan konsep yang baik, sehingga menghasilkan suatu karya arsitektur yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S48190
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Milhatul Hikmah
"Partisipasi siswa pada proses pembelajaran Pemrograman Dasar kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Cerme, Kabupaten Gresik sangat kurang. Hal ini karena mereka merasa kesulitan dalam memahami bahasa pemrograman yang belum pernah mereka dapatkan pada pendidikan sebelumnya. Dari hasil pre test yang dilakukan, tidak ada seorang siswa pun yang menguasai secara tuntas. Alasan lain dari kesulitan mereka adalah bahwa metode pembelajaran yang dilakukan selama ini adalah dengan metode ceramah, bukan berpusat pada siswa. Hasil akhir dari mata pelajaran ini adalah bahwa siswa dapat menghasilkan sebuah proyek berupa program. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Satu siklus berisi tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; dan (3) pengamatan dan refleksi. Menurut hasil wawancara, observasi siswa, dan refleksi siswa, ditemukan bahwa akar masalahnya adalah proses pembelajaran yang hanya menggunakan ceramah. Ada tindakan dalam upaya pemecahan masalah yaitu: (1) peningkatan partisipasi siswa dengan menghubungkan langsung materi pembelajaran dengan kehidupan nyata; dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan pemahaman melalui praktik. Melalui penerapan model Project Based Learning, pembelajaran dapat berlangsung kondusif. Siswa menunjukkan respons positif dan hasil belajarnya meningkat. Berdasarkan analisis data selama siklus I, kemampuan siswa dalam memahami algoritma dan pemrograman adalah 19,3% tuntas; 32,2% cukup; dan 48,4% belum tuntas. Oleh karena itu, dilakukan refleksi untuk menuju ke siklus II, di mana pada siklus II ini didapatkan hasil belajar siswa sebesar 51,6% tuntas; 48,4% cukup; dan 0% belum tuntas. Pembelajaran melalui model Project Based Learning ini sangat membantu peningkatan partisipasi belajar siswa, yang kemudian meningkatkan hasil belajar mereka."
Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2020
371 TEKNODIK 24:1 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Cook, Rohan
1985
001.642 COO b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aldo Setiawan
"Sistem identifikasi karakteristik motor DC berbasis mikrokontroler" merupakan sebuah instrumen untuk mengukur seluruh karakteristik dari motor DC (brushed). Dengan sistem yang embedded berbasis mikrokontroler yang terintegrasi, alat tersebut mampu mendapatkan seluruh karakteristik motor DC yang meliputi No load Current , Stall Current , Stall Torque ,Starting Voltage, Maximum Speed, Maximum Power, Maximum Efficiency, Motor Resistance, Motor Rating Voltage, Torque Constant, Back EMF Constant, Grafik kecepatan terhadap tegangan, Grafik torsi terhadap kecepatan, Grafik daya mekanik yang dihasilkan terhadap kecepatan, dan Grafik Respon Kecepatan Motor terhadap waktu. Untuk mendapatkan seluruh data karakteristik dari motor DC maka dilakukan pengambilan data dengan sensor gaya, sensor arus, dan rotary encoder, Dan disaat bersamaan memberikan variasi tegangan yang terukur pada motor DC yang diukur. Pengukuran pada saat kondisi kecepatan nol (stall) juga dilakukan untuk untuk mendapatkan seluruh karakteristik motor DC. Pengolahan, teknik pengambilan data, dan juga pemberian voltase pada motor DC diatur oleh mikrokontroler yang berisi algoritma teknik pengukuran dan perhitungan data yang didapatkan dari motor DC. Pembuktian kinerja alat dilakukan dengan cara melakukan pengukuran pada 3 sampel motor DC dan membandingkan dengan data referensi, sehingga disimpulkan bahwa alat mampu mendapatkan seluruh karakteristik motor DC dengan cara yang mudah dan simpel.

Dc Motor Characteristic Identification System Based on Microcontroller" is an instrument for measuring the characteristics of the DC motor (brushed). With a microcontroller-based embedded systems that are integrated, it is able to obtain all the characteristics of a DC motor which includes No load Current, Current Stall, Stall Torque, Starting Voltage, Maximum Speed, Maximum Power, Maximum Efficiency, Motor Resistance, Motor Rating Voltage, Constant Torque , Back EMF Constant, Speed vs Voltage Graph, Torque vs Speed graph, Power Output vs Speed Graph, Speed vs Time graph (Motor Respons). To get all the data characteristic of the DC motor data collection is performed using the force sensor, current sensor, and a rotary encoder, where at the same time give measurable voltage variations measured in a DC motor. Measurements at zero speed when condition (stall) are also performed to obtain all the characteristics of DC motor. Processing, data collection techniques, and also the provision of a regulated DC voltage to the motor, are controlled by a microcontroller that contains the algorithms of the measurement techniques and the calculation of data obtained from the DC motors, so that as one instrument that is able to identify the characteristics of the DC motor. Performance verification of the system is done by measuring the characteristic of 3 samples of DC Motor, and by comparing the results with reference data provided by vendor. So it can be concluded that the system that has been developed by the author is able to obtain all the characteristics of a DC motor with an easy and simple way."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S55223
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Busono
Jakarta: Dinastindo, 1992
R 005.2 BUS m
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Firdaus Arya
"Pemilik akun login umumnya sering mengalami kesulitan dalam mengatasi ketika akunnya dibobol oleh orang lain, bahkan untuk orang awam mereka tidak tahu kalau akun logi yang dia miliki telah dibobol orang lain. Kurangnya pengetahuan
terhadap keamanan jaringan menimbulkan permasalahan yang banyak dialami oleh pemilik akun login yang minim pengetahuannya terhadap keamanan jaringan mulai dari aktifitas sehari-hari sampai masalah pendidikan. Salah satu solusi untuk membantu permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan teknik keamanan jaringan dan menerapkan teknologi SMS gateway. Dalam implemenentasi system bantuan tersebut, penelitian ini difokuskan pada perancangan pengguna system bantuan pemilik akun login dan pengembangan sistem akun login berbasis SMS gateway. Perancangan pengguna sistem bantuan pemilik akun login serta pembuatan system tertanam. Perancangan pengguna system bantuan pemilik akun login berbasis SMS gateway diimplementasikan menggunakan GAMMU . Pengujian dilakukan berbasis web yang menggunakan PHP. Analisis pengujian system ini membuktikan bahwa penerapan metode berbasis SMS gateway untuk system pemilik akun login memberikan hasil akurasi tinggi dengan persentase 100% dari 10 kali pengujian. Metode pelumpuhan akses login memberikan hasil yang optimal untuk menolak akses login illegal.

Login account owner generally often have difficulty in overcoming compromised when their account by others, even to the layman they do not know if the account logy that he had been broken into someone else. lack of knowledge cause network security problems experienced by owners login account minimal knowledge of network security ranging from everyday activities to educational problems. One solution to help this problem is to use network security techniques and technologies apply the SMS gateway. In implemenentasi aid system, this research focused on designing user login account owner of the aid system and the development of systems-based SMS gateway account login. The design of the system user login account owner assistance and manufacture of embedded systems. Design aid system users login account owner based SMS gateway is implemented using Gammu. Web-based testing is done using PHP. Analysis of system testing is to prove that the application of methods based SMS gateway for system login account owner provide high accuracy results with the percentage of 100% of the test 10 times. Disabling login access method to provide optimal results to deny access to illegal logging."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S57448
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>