Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 162107 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Seger Handoyo
"Kepemimpinan sampai saat ini masih dipandang sebagai faktor yang sangat penting untuk efektivitas organisasi, bahkan
juga mempengaruhi hampir semua kehidupan manusia. Pendidikan tinggi mempunyai karakteristik yang khas sehingga
membutuhkan kepemimpinan tertentu. Pendidikan tinggi di Indonesia saat ini sedang aktif melakukan perubahan,
sehingga pemimpinnya harus mampu membuat perubahan yang berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat
penting perilaku yang menunjukkan moral tinggi (virtue) dalam servant leadership dengan metode Delphi Survey dan
menguji multidimensionalitas servant leadership. Hasil penelitian menemukan bahwa servant leadership dapat menjadi
alternatif kepemimpinan di pendidikan tinggi untuk melakukan perubahan organisasi dengan berhasil. Penelitian juga
membuktikan bahwa servant leadership merupakan konstruk yang unidimensional.
Leadership is a critical factor for organizational effectiveness and also has great influence to almost all human life.
Higher education has a distinctive characteristics, so it needs a particular leadership. Recently, higher education in
Indonesia is actively making organizational change, so higher education’s leaders continually make efforts to
accomplish successful and significant change. The purposes of research are to examine how important is virtues of
servant leadership and to examine multidimensionality of servant leadership. Result shows that servant leadership is an
alternative of leadership to accomplish successful organizational change in higher education. Result also finds that
servant leadership is a unidimensional construct."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Firman Bayu Ramadhani
"Perubahan merupakan suatu keharusan bagi organisasi agar dapat terus bertahan di tengah persaingan yang semakin meningkat sehigga organiasi harus memiliki kapasitas untuk melakukan perubahan. Dalam proses perubahan organisasi, diperlukan sosok pemimpin yang menginisiasi dan mengarahkan perubahan tersebut. Selain pemimpin, Rasa percaya terhadap pemimpin juga diperlukan untuk memudahkan proses perubahan yang dilakukan oleh organiasi. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan merupakan salah satu organisasi yang sedang mengalami perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya kepemimpinan melayani terhadap Kapasitas organisasi untuk melakukan perubahan dengan Rasa percaya terhadap pemimpin sebagai mediasi. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner di kantor pusat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Pengolahan data dilakukan dengan metode structural equation modelling SEM menggunakan software Lisrel. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa Gaya kepemimpinan melayani memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kapasitas organisasi untuk melakukan perubahan. Selain itu, Gaya kepemimpinan melayani juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Rasa percaya terhadap pemimpin. Di sisi lain, Rasa percaya terhadap pemimpin tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kapasitas organisasi untuk melakukan perubahan. Rasa percaya terhadap pemimpin juga tidak memediasi pengaruh Gaya kepemimpinan melayani terhadap Kapasitas organisasi untuk melakukan perubahan.

Organization needs to change and needs to have organizational capacity for change in order to survive in increasing business competition. In organizational change, Leader is needed to drive the change and show others how to do the change. Besides, Trust in leader is also substantial to ease the organizational change proses. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan is currently changing. The purpose of this study is to analyse the effect of Servant leadership towards Organizational capacity for change mediated by Trust in leader. Primary Data in this study is collected in Head office of Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan by using questionnaire. Primary data is processed by using structural equation modelling SEM and Lisrel Software. Results of this study showed that Servant leadership has positive effect towards Organizational capacity for change. In addition, Servant leadership also has positive effect towards Trust in leader. Meanwhile, Trust in leader does not have positive effect on organizational capacity for change. Trust in leader also does not mediate the effect of Servant leader towards organizational capacity for change.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seger Handoyo
"ABSTRAK
Kepemimpinan sampai saat ini masih dipandang sebagai faktor yang sangat penting untuk efektivitas organisasi, bahkan juga mempengaruhi hampir semua kehidupan manusia. Pendidikan tinggi mempunyai karakteristik yang khas sehingga membutuhkan kepemimpinan tertentu. Pendidikan tinggi di Indonesia saat ini sedang aktif melakukan perubahan, sehingga pemimpinnya harus mampu membuat perubahan yang berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat penting perilaku yang menunjukkan moral tinggi (virtue) dalam servant leadership dengan metode Delphi Survey dan menguji multidimensionalitas servant leadership. Hasil penelitian menemukan bahwa servant leadership dapat menjadi alternatif kepemimpinan di pendidikan tinggi untuk melakukan perubahan organisasi dengan berhasil. Penelitian juga membuktikan bahwa servant leadership merupakan konstruk yang unidimensional.

Abstract
Leadership is a critical factor for organizational effectiveness and also has great influence to almost all human life. Higher education has a distinctive characteristics, so it needs a particular leadership. Recently, higher education in Indonesia is actively making organizational change, so higher educations leaders continually make efforts to accomplish successful and significant change. The purposes of research are to examine how important is virtues of servant leadership and to examine multidimensionality of
servant leadership. Result shows that servant leadership is an alternative of leadership to accomplish successful organizational change in higher education. Result also finds that servant leadership is a unidimensional construct."
[Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI;Fakultas Psikologi Universitas Indonesia;Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia], 2010
J-pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Delly Mawarni Gumay
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari Servant Leadership terhadap Organizational Performance yang dimediasi oleh Organizational Learning pada Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee sebagai penyelenggara Asian Games2018 di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden yang merupakan karyawan yang bergabung dalam Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee atau INASGOC. Model penelitian menggunakan 4 hipotesis dan diuji dengan analis data menggunakan metodi uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dari gaya kepemimpinan ServantLeadership terhadap Organizational Performance dari INASGOC dengan peran full mediation dari Organizational Learning. Hal ini menunjukan bahwa Organizational Learning memiliki peran yang signifikan untuk keberhasilan penyelenggaraan even Asian Games 2018.

ABSTRACT
This study aims to examine the influence of servant leadership on organizational performance with organizational learning as mediator in Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee as the organizer Asian Games 2018 in Indonesia. Data were collected by using survey method with questionnaire distributed to 150 respondens employees who joined Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee or INASGOC. The model has 4 hypotheses and had tested using simple regression and multiple regression. The result shows that Servant Leadership has a positive impact on Organizational Performance wich is fully mediated by Organizational Learning. This study proves that Organizational Learning has a significant role to succefully held Asian Games 2018 event. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anugrah Bhuwana Arganata
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh employee engagement dan servant leadership terhadap organizational citizenship behavior dengan mediasi organizational commitment. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling. Sejumlah 353 (tiga ratus lima puluh tiga) pegawai Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan berpartisipasi menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa employee engagement, servant leadership, dan organizational commitment berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior. Selanjutnya, employee engagement memiliki pengaruh positif terhadap organizational commitment sedangkan servant leadership tidak memiliki pengaruh terhadap organizational commitment. Diperoleh hasil pula bahwa organizational commitment memediasi antara employee engagement terhadap organizational citizenship behavior dengan sifat mediasi parsial, namun organizational commitment tidak memediasi antara servant leadership terhadap organizational citizenship behavior. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar dalam memberikan implikasi manajerial untuk praktik manajemen yang dapat dijalankan organisasi dalam mengidentifikasi permasalahan dan menerapkan solusi yang berkaitan dengan variabel-variabel dalam penelitian serta mengelaborasi faktor yang dapat meningkatkan organizational citizenship behavior yang secara paralel juga dapat meningkatkan kinerja dari organisasi.

This research aims to determine the influence of employee engagement and servant leadership on organizational citizenship behavior with the mediation of organizational commitment. Data was collected through questionnaires and analyzed using Structural Equation Modeling. A total of 353 (three hundred and fifty three) employees of the Secretariat General of the Ministry of Finance participated as research samples. The results of this research show that employee engagement, servant leadership, and organizational commitment have a positive effect on organizational citizenship behavior. Furthermore, employee engagement has a positive influence on organizational commitment, while servant leadership has no influence on organizational commitment. The results also obtained that organizational commitment mediates between employee engagement and organizational citizenship behavior with partial mediation properties, but organizational commitment does not mediate between servant leadership and organizational citizenship behavior. The results of this research can be used as a basis for providing managerial implications for management practices that organizations can carry out in identifying problems and implementing solutions related to the variables in the research as well as elaborating on factors that can improve organizational citizenship behavior which in parallel can also improve organizational performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adityawarman
"One solution for organization to adapt to current rapid change is to innovate. Having employees with high innovative work behavior (IWB) is a way for organization to be more innovative. This study focus on how Servant Leadership and Learning Goal Organization influence Innovative Work Behavior through Psychological Capital as mediating variable. Respondent is 448 employees of Badan Meteorologi Klimatologi and Geofisika, based in several areas in Indonesia. The short version of Servant Leadership Survey (SLS) used to measure Servant Leadership,  LGO measure with items developed by VandeWalle (1997), short version of Psychological Capital Questionnaire (PCQ) for PsyCap and Jannsens (2000) 9 items questionnaire is used to measured IWB. The result shows that Servant Leadership only significantly influence IWB indirectly through PsyCap, but LGO significantly influence IWB both directly and inderectly.

Inovasi merupakan solusi bagi organisasi dalam beradaptasi dengan kecepatan perubahan yang terjadi. Salah satu cara organisasi menjadi lebih inovatif adalah dengan mendorong pegawainya untuk berperilaku inovatif. Penelitian ini membahas tentang pengaruh Servant Leadership dan Learning Goal Orientation (LGO) terhadap Innovatif Work Behavior (IWB) yang dimediasi oleh Psychological Capital (PsyCap). Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah pegawai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dari berbagai daerah di Indonesia yang berjumlah 448 orang. Servant Leadership diukur dengan menggunakan versi singkat dari Servant Leadership Survey (SLS), LGO diukur dengan alat ukur yang dikembangkan oleh VandeWalle (1997), PsyCap diukur dengan Psychological Capital Questionnaire (PCQ) versi singkat dan IWB diukur dengan alat ukur yang dikembangkan oleh Jannsen (2000). Hasilnya didapatkan bahwa Servant Leadership memiliki pengaruh yang signifikan terhadap IWB secara tidak langsung melalui PsyCap, sedangkan LGO berpengaruh signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap IWB."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54628
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faneza Raga Galdana
"Industri manufaktur merupakan industri padat karya yang membutuhkan tenaga kerja besar. Industri ini membutuhkan pekerja yang memiliki perilaku kewargaan-organisasi, seperti mampu bekerja secara ekstra untuk mencapai produktivitas. Untuk dapat membangun perilaku kewargaan-organisasi dapat ditentukan dari beberapa faktor seperti kepemimpinan, & kepribadian yang dimiliki oleh para pekerja. Dari segi kepribadian, para pekerja sebaiknya dapat ramah dan mampu mengontrol emosinya. Pekerja yang tidak ramah dan memiliki emosi negatif dapat masuk dalam kategori machiavellianism. Disisi lain dalam faktor kepemimpinan, pekerja membutuhkan sosok seorang yang rendah hati, adil, bijaksana, dapat memotivasi mereka dalam bekerja, dapat memimpin mereka tanpa memikirkan kekuasaan, hingga dapat melayani kebutuhan para pekerja. Sosok ini dikenal sebagai kepemimpinan melayani. Penelitian ini akan meneliti peran kepemimpinan melayani sebagai moderasi dalam hubungan negatif antara machiavellianism dan perilaku kewargaan-organisasi pada pekerja industri manufaktur. Sebanyak 175 partisipan direkrut secara online untuk mengikuti penelitian ini. Adapun desain penelitian ini termasuk dalam kategori non-eksperimen dan sebuah studi korelasi. Teknik sampling yang digunakan yakni convenience sampling. Untuk mengukur machiavellianism digunakan skala Machiavellianism Personality Scale, kemudian untuk mengukur perilaku kewargaan-organisasi digunakan skala Organizational Citizenship Behavior Scale, dan untuk mengukur kepemimpinan melayani digunakan skala Servant Leadership Scale. Data diolah menggunakan software SPSS versi 25 dan dianalisis dengan analisis moderasi process macro hayes model 1. Hasil penelitian menunjukkan, kepemimpinan melayani tidak dapat memoderasi hubungan negatif antara machiavellianism dan perilaku kewargaan-organisasi pada pekerja industri manufaktur. Apabila pekerja mempersepsikan dirinya untuk memiliki seorang pemimpin yang melayani, maka hal tersebut tidak dapat memiliki efek moderasi terhadap machiavellianism dan perilaku kewargaan-organisasi (p = 0.38 > -0.05).

The manufacturing industry is a labor-intensive sector that requires a substantial workforce. This industry demands workers with citizenship-organization behavior, such as the ability to work extra to achieve productivity. The development of citizenship-organization behavior can be influenced by factors such as leadership and the personalities of the workers. Regarding personality, workers should be friendly and capable of controlling their emotions. Unfriendly and negatively emotional workers may fall into the category of Machiavellianism. On the other hand, concerning leadership, workers require someone who is humble, fair, wise, and capable of motivating them at work, leading without a focus on power, and catering to the needs of the workers. This figure is known as servant leadership. This study aims to examine the role of servant leadership as a moderator in the negative relationship between Machiavellianism and citizenship-organization behavior among manufacturing industry workers. A total of 175 participants were recruited online for this study. The research design falls into the non-experimental category and is a correlational study. The sampling technique used is convenience sampling. Machiavellianism was measured using the Machiavellianism Personality Scale, citizenship-organization behavior was measured using the Organizational Citizenship Behavior Scale, and servant leadership was measured using the Servant Leadership Scale. Data were processed using SPSS version 25 software and analyzed with moderation analysis using the Hayes Process Macro Model 1. The study results indicate that servant leadership cannot moderate the negative relationship between Machiavellianism and citizenship-organization behavior in manufacturing industry workers. When workers perceive themselves to have a servant leader, it does not have a moderating effect on Machiavellianism and citizenship-organization behavior (p = 0.38 > -0.05)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manurung, Septina Fergina Isabella
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi penerapan komunikasi transformasional oleh pemimpin induk organisasi pada salah satu anak organisasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi transformasional diterapkan oleh pemimpin induk organisasi melalui tiga fase komunikasi transformasi internal; menetapkan agen perubahan, penyampaian serta pemantauan pesan perubahan. Pemimpin transformasional juga mengkomunikasikan kekuasaan, nilai-nilai bersama, serta gaya komunikasi kepada seluruh anggota. Keberhasilan transformasi pada anak perusahaan tercapai atas koordinasi yang kuat antara pemimpin induk dan anak organisasi, yang mampu mengikutsertakan seluruh anggota dalam perubahan. Transformasi organisasi mengubah pola pikir, perilaku dan kultur anggota organisasi.

ABSTRACT
This research's aims is to evaluate the implementation of transformational communication of parent organization leader in one of its subsidiaries. This is a descriptive qualitative research with case study design. The results show that transformational communication applied by the leader of the parent organization through three phases of internal transformation communication; to establish the agent of change, to deliver and to monitor the message of change. Transformational leader also communicates his power, shared values, and leadership style to all members. The success of the transformation of the subsidiary achieved through strong coordination between the parent and subsidiary leaders of the organization, which able to involve all members. The transformation of the organization changes the mindset, behavior and the culture of the organization's members.
"
2015
T44387
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariyanti Puspa Pratiwi
"Komitmen perubahan diperlukan untuk mencapai efektivitas organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh kepemimpinan transformasional dan keadilan organisasi terhadap komitmen perubahan. Selain itu, penelitian ini juga melihat pengaruh kepemimpinan transformasional dan keadilan organisasi terhadap ketiga dimensi komitmen perubahan, yaitu komitmen afektif, komitmen kontinuan, dan komitmen normatif. Pengukuran kepemimpinan transformasional menggunakan Multifactor Leadership Questionnaire, keadilan organisasi menggunakan Organizational Justice Scale, dan komitmen perubahan menggunakan Commitment to Change Inventory.
Hasil perhitungan dari 275 responden, menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan keadilan organisasi memberikan pengaruh signifikan terhadap komitmen perubahan (R2=0,175, p<0,005) dan pada masing-masing dimensi komitmen perubahan (afektif, kontinuan, dan normatif). Meskipun demikian, berdasarkan analisis setiap variabel, ternyata hanya keadilan organisasi yang memberikan pengaruh signifikan terhadap komitmen perubahan (R2=0,0412, p<0,005).

Commitment to change is required to achieve organizational effectiveness. This study was conducted to see the effect of transformational leadership and organizational justice on commitment to change. In addition, this study also tries to identify the effects of transformational leadership and organizational justice to the three dimensions of commitment to organizational change. This research used Multifactor Leadership Questionnaire for transformational leadership, Organizational Justice Scale for organizational justice, and Commitment to Change Inventory for Commitment to change.
The results from 275 respondent showed that transformational leadership and organizational justice have a significant influence on commitment to change (R2=0,175, p<0,005) and each dimension of commitment to change (affective, continuants, and normative). Furthermore, this study also shows that only organizational justice that has significant impact on commitment to change (R2=0,0412, p<0,005).
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S47757
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Waryaningsih
"[Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara Servant Leadership dan Team Effectiveness pada Kepala Seksi dan Kepala Ruangan di Rumah Sakit X Penelitian tersebut didasari pertimbangan bahwa masih ada kesenjangan Kompetensi Kepemimpinan Kelompok pada Kepala Seksi dan Kepala Ruangan di Rumah Sakit X serta belum tercapainya target kinerja pada semua unit kerja . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Servant Leadership dan Team Effectiveness ( r = 0,64 dan p lebih kecil dari 0,05). Responden dalam penelitian ini sebanyak tujuh puluh orang, mereka merupakan bawahan dari Kepala Seksi dan Kepala Ruangan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Servant Leadership Questionnare (SLQ) yang diadaptasi dari Barbuto & Wheeler (2006) dan Team Effectiveness Questionnare (TEQ) dari Larson & LaFasto (1989). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mengusulkan program intervensi untuk meningkatkan Servant Leadership melalui Pelatihan Coaching dan Servant Leadership kepada manajer sebagai atasan dari Kepala Seksi dan Kepala Ruangan di Rumah Sakit X. Hasil pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Coaching dan perilaku Servant Leadership atau kepemimpinan yang melayani bagi para manajer. Selanjutnya para manajer diharapkan mampu melakukan Coaching kepada Kepala Seksi dan Kepala Ruangan, terutama dalam menerapkan kepemimpinan yang melayani sehingga efektivitas tim akan meningkat.;The purpose of this research is to examine the relationship between Servant Leadership and Team Effectiveness on Section Heads and Heads of Nurses in Hospital X. This research is based on the fact that there is a gap in leadership competencies cluster on Section Heads and Heads of Nurses as well as unachieved performance target in all units. This research shows that Servant Leadership is significantly related to Team Effectiveness (r=0,64, p<0,05). Data collected from 70 respondents, they are subordinate of the Section Heads and Heads of Nurses. Instruments used in this research are Servant Leadership Questionnaire (SLQ), adapted from Barbuto & Wheeler (2006) and Team Effectiveness Questionnaire (TEQ), by Larson & LaFasto (1989). Based on this finding, researcher proposes an intervention program to enhance Servant Leadership through Coaching and Servant Leadership Training to the managers as the superior of the Section Heads and Heads of Nurses. These training results are expected to enhance the managers’ ability in coaching and in displaying behaviors that reflect Servant Leadership. Furthermore, managers are expected to coach the Section Heads and Heads of Nurses, especially in implementing the servant leadership which will ultimately improve the team effectiveness, The purpose of this research is to examine the relationship between Servant Leadership and Team Effectiveness on Section Heads and Heads of Nurses in Hospital X. This research is based on the fact that there is a gap in leadership competencies cluster on Section Heads and Heads of Nurses as well as unachieved performance target in all units. This research shows that Servant Leadership is significantly related to Team Effectiveness (r=0,64, p<0,05). Data collected from 70 respondents, they are subordinate of the Section Heads and Heads of Nurses. Instruments used in this research are Servant Leadership Questionnaire (SLQ), adapted from Barbuto & Wheeler (2006) and Team Effectiveness Questionnaire (TEQ), by Larson & LaFasto (1989). Based on this finding, researcher proposes an intervention program to enhance Servant Leadership through Coaching and Servant Leadership Training to the managers as the superior of the Section Heads and Heads of Nurses. These training results are expected to enhance the managers’ ability in coaching and in displaying behaviors that reflect Servant Leadership. Furthermore, managers are expected to coach the Section Heads and Heads of Nurses, especially in implementing the servant leadership which will ultimately improve the team effectiveness]"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T44005
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>