Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 202673 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rika Nurhayati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prakondisi yang menyebabkan unsafe act pada operator tambang dalam kejadian insiden yang terjadi di area tambang PT BUMA PIK selama periode 2010. Metode yang digunakan dengan menelaah data sekunder berupa data laporan investigasi kecelakaan tahun 2010 dan diklasifikasikan berdasarkan precondition for unsafe dengan menggunakan Human Factors Analysis Classification System-Mining Industry (HFACS-MI) Model, selain itu juga dilakukan wawancara dan observasi lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa condition of operators, environment factors, dan personnel factors merupakan prakondisi yang menyebabkan unsafe act dan kontribusi prakondisi yang paling besar menyebabkan unsafe act adalah condition of operators. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa distribusi kejadian unsafe act yang paling banyak terjadi selama tahun 2010 yaitu Decision Errors, Skill based Errors dan Routine Violation.

The objective of this study is to identify preconditions that can cause unsafe acts in PT Buma PIK, mining operation, during the year 2010. This study uses Buma's incident investigation reports to analyze and to divide into precondition for unsafe act based on Human Factors Analysis Classification System-Mining Industry (HFACS-MI) model. Besides that, observation and interview are also carried out to get some information related to this study.
The result of this study reveals that condition of operators, environment factor, and personal factor are preconditions that can lead to unsafe act. The highest factor contributed to make unsafe act is condition of operators. In addition, distribution of unsafe acts that most happened during the year 2010 are decision error, skill based error, and routine violation."
Depok: Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Ciptapratama
"Unsafe Act merupakan salah satu penyebab insiden yang secara langsung terjadi, hal ini dikarenakan Unsafe Act termasuk kedalam kegagalan aktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menjelaskan kejadian unsafe act berdasarkan faktor-faktor prakondisi dan berdasarkan model HFACS-MI. Variabel yang diteliti adalah Unsafe Act meliputi Errors dan Violations. Sedangkan Precondition of unsafe act meliputi Environment Factors, Condition of Operators, dan Personnel factors. Setiap variabe diklasifikasikan berdasarkan penyebab insiden ke dalam indikator-indikator yang berkontibusi terhadap insiden. Pengklasifikasian tersebut dilakukan dengan menganalisis kronologi insiden, faktor penyebab langsung dan tidak langsung insiden yang terdapat pada laporan investigasi insiden serta membandingkan dengan model HumanFactors Analysis And Classification System-Mining Industry(HFACS-MI). Analisis Insiden Unsafe Act dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang digunakan untuk melihat persentase terjadinya insiden pada masing-masing variabel.

Unsafe act is one of the direct causes of incident, because it included into active failure. Therefore, the purpose of this research is to explain unsafe act incident based on precondition factors and using HFACS-MI model. Variables studied include Environment Factors, Condition of Operators, and Personnel Factors. Each variables is classified based on causes of incident into indicators that contributed to the incident. Classification is conducted by analyzing chronology of the incident, direct and indirect causes of incident reported on investigation report and comparing it with Human Factors Analysis and Classification System-Mining Industry (HFACS-MI). Analysis of unsafe act incident is conducted with quantitative method to observe the incident percentage in each variable."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Miranthy Miristha
"PT. Bukit Makmur Mandiri Utama merupakan salah satu kontraktor yang bergerak di bidang pertambangan batu bara.Sebagai pemenuhan standar audit sertifikasi OHSAS 18001, PT. Bukit Makmur Mandiri Utama, melakukan pengukuran akan potensi bahaya fisik yang tercantum dalam standar yang dijadikan acuan. Disebabkan belum dilakukannya pengukuran terhadap bahaya tersebut di Job Site Gunung Bayan Pratama Coal (GBPC), Muara Tae, Kalimantan Timur maka oleh itu saya tertarik dengan topik tersebut sebagai topik penelitian skripsi ini.
Penulis melakukan penelitian di PT. Bukit Makmur Mandiri Utama bertujuan untuk menganalisis hasil pengukuran gambaran dosis pajanan bahaya bising disertai keluhan pendengaran pada operator alat berat. Metode yang digunakan oleh penulis menggunakan metode pengukuran, studi literature, wawancara (kuesioner) dengan pihak terkait serta melakukan pengamatan langsung di lokasi tempat kerja.
Hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara usia dan penggunaan alat pelindung telinga dengan penurunan persepsi subjektif daya dengar. Dengan banyaknya kekurangan yang terjadi pada penelitian ini sebaiknya dilakukan penelitian lanjutan guna mengetahui keluhan operator sesuai dengan dosis pajanan harian yang diterima. "
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Elvira Damayanti
"Industri pertambangan menerapkan sistem shift kerja untuk meningkatkan produktivitasnya. Salah satu masalah yang tidak dapat dihindari dari shift kerja adalah kelelahan. Kelelahan merupakan perasaan subjektif dari aktivitas secara mental maupun fisik yang mengarah pada penurunan konsentrasi, meningkatkan kesalahan hingga kecelakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelelahan pada operator tambang di PT Harmoni Panca Utama dan PT Hasta Panca Mandiri Utama tahun 2021. Penelitian dilakukan terhadap 101 responden dan menggunakan data sekunder penelitian Dr. Hendra S.K.M., M.K.K.K. Variabel penelitian meliputi kelelahan dan faktor risiko yang terdiri dari faktor terkait pekerjaan (masa kerja, shift kerja, tingkat stres kerja, lingkungan kabin), faktor tidak terkait pekerjaan (usia, status gizi, status kesehatan, tempat tinggal, kuantitas dan kualitas tidur). Analisis hubungan faktor risiko kelelahan dengan kelelahan operator menggunakan uji chi-square. Analisis faktor yang dominan berhubungan dengan kelelahan didapatkan melalui uji regresi logistik berganda. Hasil analisis diperoleh 13,9% operator mengalami kelelahan. Faktor risiko yang berhubungan secara signifikan dengan kelelahan pada operator adalah shift kerja (p=0,01; OR=7,38; CI 95%: 1,55-7,38) dan tingkat stres kerja (p=0,02; OR=10,08; CI 95%: 1,26-80,5). Faktor dominan yang berhubungan dengan kelelahan adalah tingkat stres kerja. Operator yang memiliki tingkat stres sedang-berat berisiko 8,7 kali mengalami kelelahan dibandingkan operator dengan tingkat stres ringan.

The mining industry applies a work shift system to increase its productivity. One of the unavoidable issue of shift work is fatigue. Fatigue is a subjective feeling of mental and physical activity that leads to decreased concentration, alertness, increased errors, and accidents. The purpose of this study is to analyze fatigue on mining operators at PT Harmoni Panca Utama dan PT Hasta Panca Mandiri Utama in 2021. This research is quantitative using secondary data from Dr. Hendra S.K.M., M.K.K.K. The sample in this study are 101 respondents. Research variables include fatigue and risk factors consisting of work-related factors (work period, work shifts, work stress levels, cabin environment) and non-work-related factors (age, nutritional status, health status, place of residence, sleep quantity and quality). Analysis of the relationship between fatigue risk factors and operator fatigue using the chi-square test. The analysis of the dominant risk factors associated with fatigue is obtained through multiple logistic regression tests. The results of the analysis showed that 13.9% of operators experienced fatigue. The only risk factors associated with operator fatigue were work-related factors, namely work shifts (p=0.01; OR=7.38; 95% CI: 1.55-7.38) and work stress levels (p= 0.02; OR=10.08; 95% CI: 1.26-80.5). The dominant factor related to fatigue is the level of work stress. Operators who have moderate-to-severe stress have 8.7 times the risk of experiencing fatigue compared to operators who have low stress levels."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sepriyanto
"Implementasi teknologi pada kegiatan operasional perusahaan adalah sebuah keniscayaan, jika perusahaan ingin tetap exist dan bergerak maju seiring dengan kebutuhan zaman. Termasuk dalam kegiatan operasional penambangan batubara yang ada di PT. ABC, saat ini berusaha untuk mengimplementasikan teknologi sebagai tools untuk kendali bahaya yang muncul. Salah satunya adalah penggunaan DMS (Driving Monitoring System) yang bertujuan untuk melakukan pengawasan langsung terhadap prilaku pengopersian unit/kendaraan (aktifitas operator di dalam kabin dan kondisi di luar kabin) untuk mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh un safe act dari operator saat mengoperasikan unit. Dalam tahap awal, implementasi DMS diterapkan batu hanya pada kegiatan hauling coal, karena selain tingkat incident pada kegiatan pengoperasian unit di lokasi ini cukup tinggi, lokasi ini juga dari segi infrastruktur lebih menudukung, yaitu berupa keberadaan jaringan cellular sebagai salah satu elemn untuk dapat menjalankan DMS secara ideal dan maksimal. Fokus kendali DMS pada tiga Tindakan Tidak Aman yang diketahui sebagai penyebab terbesar kecelakaan pada kegiatan pengoperasian unit di jalan hauling, yaitu: 1. Prilaku berkendara operator (distraction, smoking, phoning, coalision), 2. Fatigue (yawning, head down, closed eyes), 3. Kecepatan Berkendara.Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan beberapa variable yang berpengaruh terhadap tindakan tidak aman oprator saat saat berkendara dalam hubungan dengan implementasi system DMS, yaitu: Intervensi Speeding dengan nilai α sebesar 0.047dan Intervensi Collision dengan nilai α sebesar 0.036. sedangkan intervensi fatigue, intervensi distraction tidak berpengaruh terhadap TTA operator, Untuk Laporan post event tidak ada satupun variable yang berpengaruh terhadap munculnya TTA operator saat mengoperasikan unit coal hauler di jalan hauling PT. ABC

The implementation of technology in the company's operational activities is a necessity, if the company wants to continue to exist and move forward in line with the needs of the times. Included in the operational activities of coal mining at PT Beraucoal, currently trying to implement technology as a tool to control emerging hazards. One of them is the use of DMS (Driving Monitoring System) which aims to carry out direct supervision of the operating behavior of the unit/vehicle (operator activities inside the cabin and conditions outside the cabin) to prevent accidents caused by unsafe acts from the operator when operating the unit. In the early stages, the implementation of DMS was applied only to hauling coal activities, because in addition to the high incident rate in unit operating activities at this location, this location is also more supportive in terms of infrastructure, namely the presence of a cellular network as one of the elements to be able to run DMS. ideally and optimally. DMS control focuses on three Unsafe Actions which are known to be the biggest causes of accidents in unit operating activities on hauling roads, namely: 1. Operator's driving behavior (distraction, smoking, phoning, collision), 2. Fatigue (yawning, head down, closed eyes) ), 3. Driving Speed."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mukodas
"Skripsi ini membahas tentang analisis penyebab traffic accident yang terjadi sepanjang tahun 2012 di PT Pamapersada Nusantara Jobsite Kideco, Batu Kajang, Kalimantan Timur dengan menggunakan metode telaah data sekunder dan diklasifikasikan ke dalam Human Factor Analysis and Classification System for Mining Industry (HFACS-MI) untuk melihat faktor penyebab berkaitan dengan unsafe act, precondition of unsafe act, dan unsafe leadership. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar traffic accident terjadi karena unsafe act dan terdapat manifestasi juga dari precondition of unsafe act dan unsafe leadership. Faktor yang berpengaruh paling besar dalam traffic accident adalah skill-based error. Skill-based error ini sendiri merupakan manifestasi dari overconfidence para operator.

The focus of this study is to analyze traffic accident happened in 2012 in PT Pamapersada Nusantara Jobsite Kideco, Batu Kajang, Kalimantan Timur using secondary data analysis method and classify it into Human Factor Analysis and Classification System for Mining Industry (HFACS-MI) to overview causal factor linked to unsafe act, precondition of unsafe act, and unsafe leadership. The result of this study shows that most of traffic accident caused by unsafe act and there is manifestation from precondition of unsafe act and unsafe leadership. The most influential factor that causes traffic accident is skill-based error. This skill-based error itself is a manifestation from overconfidence of the operators."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S47588
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Lubis, Elyana Amalia
Depok: Universitas Indonesia, 2010
S26580
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sesmeri Haryani
"Faktor kelelahan merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran potensi kelelahan akut berdasarkan skala OFER dan jenis alat berat, menganalisa hubungan faktor work-related fatigue(durasi kerja, beban kerja dan shift kerja),faktor non-work-related fatigue(usia, status gizi, commuting time, jumlah jam tidur) dengan potensi kelelahan akut pada operator alat berat. Penelitian ini dilakukan bulan April hingga Juli 2016 pada operator alat berat di area 1 tambang Bukit Karang Putih. Jumlah responden penelitian 50 orang. penelitian kuantitatif observasional, metode cross-sectional. Pengukuran kelelahan menggunakan kuesioner skala Occupational Fatigue Exhaustion Recovery (OFER) dan hasilnya menunjukkan bahwa 48% responden mempunyai potensi kelelahan akut sedang, 44% potensi kelelahan akut pada operator dump truck, shift kerja mempunyai hubungan yang signifikan terhadap potensi kelelahan akut tinggi dan sedang (p value = 0.027). diharapkan PT Semen Padang memberikan edukasi tentang faktor risiko kelelahan pada operator alat berat.

Fatigue is one of the cause of accidents. The objective of this study is to examine acute fatigue potential based on a Occupational Fatigue Exhaustion Recovery (OFER) scale and types of heavy equipment, analyze the relationship between work-related fatigue (duration, workload and shift work), response to non-work-related fatigue (age, nutritional status, commuting time, the number of hours of sleep) with the occurrence of fatigue on heavy equipment operator. This research was conducted from April until July 2016 at heavy equipment operator in the mine area 1 Bukit Karang Putih. Number of study respondents 50 people. The study is observational quantitative research with cross-sectional method. Measurement of fatigue using a OFER scale and the results show that 48% of respondents experiencing moderate acute fatigue, 44% of dump truck experiencing high acute fatigue, shift has significant correlation with high and moderate acute fatigue potential (p value = 0.027). recomendation to company PT Semen Padang to provide education or training about risk factor fatigue to heavy equipment operator."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T46685
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sesmeri Haryani
"Faktor kelelahan merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran potensi kelelahan akut berdasarkan skala OFER dan jenis alat berat, menganalisa hubungan faktor work-related fatigue(durasi kerja, beban kerja dan shift kerja),faktor non-work-related fatigue(usia, status gizi, commuting time, jumlah jam tidur) dengan potensi kelelahan akut pada operator alat berat. Penelitian ini dilakukan bulan April hingga Juli 2016 pada operator alat berat di area 1 tambang Bukit Karang Putih. Jumlah responden penelitian 50 orang. penelitian kuantitatif observasional, metode cross-sectional. Pengukuran kelelahan menggunakan kuesioner skala Occupational Fatigue Exhaustion Recovery (OFER) dan hasilnya menunjukkan bahwa 48% responden mempunyai potensi kelelahan akut sedang, 44% potensi kelelahan akut pada operator dump truck, shift kerja mempunyai hubungan yang signifikan terhadap potensi kelelahan akut tinggi dan sedang (p value = 0.027). diharapkan PT Semen Padang memberikan edukasi tentang faktor risiko kelelahan pada operator alat berat.

Fatigue is one of the cause of accidents. The objective of this study is to examine acute fatigue potential based on a Occupational Fatigue Exhaustion Recovery (OFER) scale and types of heavy equipment, analyze the relationship between work-related fatigue (duration, workload and shift work), response to non-work-related fatigue (age, nutritional status, commuting time, the number of hours of sleep) with the occurrence of fatigue on heavy equipment operator. This research was conducted from April until July 2016 at heavy equipment operator in the mine area 1 Bukit Karang Putih. Number of study respondents 50 people. The study is observational quantitative research with cross-sectional method. Measurement of fatigue using a OFER scale and the results show that 48% of respondents experiencing moderate acute fatigue, 44% of dump truck experiencing high acute fatigue, shift has significant correlation with high and moderate acute fatigue potential (p value = 0.027). recomendation to company PT Semen Padang to provide education or training about risk factor fatigue to heavy equipment operator."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T45900
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>