Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 104312 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fatni Yanti
"English is one of means of International communication. it is compulsory suject in Senior High School.There arefour skills, listening , speaking , reading , writing in learning English. "
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11 : 2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Johanes Anggara Mustika Putra
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus kepada peningkatan pemahaman membaca pelajar SMP dengan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif. Selain itu, penelitian ingin mengetahui sikap mereka terhadap pembelajaran kolaboratif. Menurut Barkley, Cross, Major 2005 , metode pembelajaran kolaboratif mampu meningkatkan pemahaman membaca pelajar. Penelitian ini dilakukan di sebuah lembaga kursus bahasa Inggris di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Penelitian ini dilakukan di dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pelajar di kelas eksperimen berjumlah 15 orang dan pelajar yang belajar di kelas control berjumlah 12 orang. Peneliti merupakan pengajar di kedua kelas tersebut. Kedua kelas diberi tes awal dan tes akhir yang menguji pemahaman membaca mereka. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif selama satu bulan. Pelajar di kelas eksperimen juga mencatat kegiatan mereka dalam lembar evaluasi diri dan lembar evaluasi teman sejawat. Di kelas kontrol, kegiatan belajar berjalan seperti biasa dengan materi pelajaran yang disamakan dengan materi yang digunakan di kelas eksperimen. Setelah perlakuan selesai, kelas eksperimen dan kontrol diberikan tes akhir. Di kelas eksperimen, peneliti juga membagikan kuesioner untuk mengukur sikap mereka terhadap metode pembelajaran kolaboratif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa metode pembelajaran kolaboratif cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca pelajar SMP. Selain itu, sikap pelajar, yang secara keseluruhan bersikap positif, berkolerasi terhadap keberhasilan metode pembelajaran kolaboratif.

ABSTRACT
This research focuses on improving the reading comprehension of junior high school students by using collaborative learning method. In addition, this study also aims to observe their attitudes toward collaborative learning. The research was conducted at an English language institution in Jakarta. This research applied an experimental research approach with 15 students in the experimental class and 12 students in the control class. The researcher was the teacher in both classes. Both classes were given the pre test and post test to assess their reading comprehension. The experimental class was taught using the collaborative learning method for one month. Students in the experimental class also recorded their activities. Meanwhile in the control class, the learning activities applied the regular learning approach. After the program was completed, the experimental and control classes were given a post test. In the experimental class, the researcher also distributed a questionnaire to assess students rsquo attitudes towards the collaborative learning method. The results of this study have revealed that the collaborative learning method is quite effective in improving the reading comprehension of junior high school students. In addition, the attitudes of junior high schools were mostly positive and have contributed to the success of implementing the collaborative learning method. "
2017
T49654
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester kedua pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sriwijaya pada tahun akademik 2003-2004. Data didapatkan melalui tes, observasi, kuesioner, wawancara, rekaman audio-visual, catatan lapangan, dan peneliti sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan interaktif dalam pengajaran membaca dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan membaca mahasiswa. Berdasarkan cloze test procedure, tingkat membaca mahasiswa pada tingkat independen dapat ditingkatkan, tingkat instruksional dapat dikurangi, dan tingkat frustasi dapat dihilangkan. Berdasarkan hasil multi tes, kemampuan membaca literasi, inferensi, reorganisasi, evaluasi, dan apresiasi dapat dikembangkan."
FKP 30:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Article described the code sound reading system applied in I Can Read(ICR) Greenville language center. The research was done qualitatively through the observation of teaching and learning process in three different classes of ICR I level at the center. A pre-test and post-test for reading were taken from Book 2 of ICR 1. Participants were three classes with three different teachers having different working experiences. The results of the research were: (l) the use of code sounds in reading was useful to improve students' reading skill which was shown by the increasing of correctly pronounced code sounds, (2) the students' reading skill and reading comprehension had improved, regardless the teachers' teaching style. In conclusion, a code sound reading system is successful in helping students to improve their reading skill and reading comprehension regardless the teachers teaching style."
LINCUL 8:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
London: Falmer Press, 1995
372.4 EME
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sylvana Uli Basa Evi Dame Manaloe
"ABSTRAK
Pada penelitian ini intervensi yang dilakukan untuk meningkatkan reading comprehension dan reading self efficacy adalah dengan memberikan pelatihan pemahaman bacaan melalui self expalanation reading training (SERT) sehingga diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam menjelaskan isi bacaan dengan menggunakan berbagai strategi memahami bacaan yang terdapat di SERT. Selain itu, memberikan pelatihan memahami bacaan dengan SERT dapat membuat siswa mengembangkan kemampuan untuk meregulasi proses memahami bacaannya secara mandiri sehingga siswa merasakan pengalaman keberhasilan dalam memahami bacaan ekspositori. Penelitian ini menggunakan single subject design pada siswa dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Setelah dilakukan analisis perbandingan hasil pre-test dan post-test, diketahui bahwa melatih pemahaman bacaan melalui self explanation reading training yang diberikan efektif dalam meningkatkan reading comprehension dan reading self efficacy pada siswa kelas 4 SD.

ABSTRACT
This research using intervention in order to improve reading comprehension and reading self-efficacy by providing training through self explanation reading training (SERT) so that student is expected to improve its ability to explain the content of the reading materials using a variety of reading comprehension strategies contained in SERT. In addition, providing a training activity to understand the reading materials using SERT can make the student develop the ability to regulate the process of reading on their own understanding, so that student experienced success in expository reading comprehension. This research uses a single subject design with the selection of the student sample using purposive sampling. After analyzing the results between pre-test and post-test results, it is understood that the given reading comprehension through self-explanation reading training proved as effective in improving reading comprehension and reading self-efficacy on fourth grade elementary student."
2013
T36741
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aniq Zuhri
"Kegiatan membaca terutama di kalangan siswa di Indonesia masih mendapat perhatian dari pelbagai kalangan khususnya institusi pendidikan, terlihat dari upaya pihak sekolah dalam meningkatkan
minat baca siswa melalui program yang dijalankan di masing-
masing sekolah. Beberapa sekolah di Indonesiaditemui telah menerapakan program kegiatan membaca yang dikaitkan dengan kegiatan akademik (Traditional Instruction) dan ada yang menerapkan
program kegiatan membaca yang tidak dikaitkan dengan kegiatan akademik (Free Voluntary Reading). Perbedaan program kegiatan membaca tentunya akan berdampak pada perilaku membaca siswa. Penelitian ini dilakukanuntuk mengetahui gambaran perilaku membaca siswa dan dampak program FVR maupun TI terhadap minat baca siswa, dengan menggunakan metode kuantitaif deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di SMAN 5 Surabaya dengan program FVR dan SMAN 17 Surabaya dengan program TI. Metode pengambilan sampel menggunakan Systematic Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku membaca siswa program FVR cenderung mengalokasikan waktu membaca buku yang tergolong tipe pembaca agak rutin (Moderate Readers). Motivasi membaca siswa program FVR tergolong Aesthetic Reading karena motif membaca untuk memanfaatkan waktu luang dan mendapat kesenangan. Sedangkan siswa program TI tergolong Efferent Reading karena motif membaca untuk memenuhi tugas dari guru dan pemahaman materi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa program FVR LEBIH MENBERIKAN DUKUNGAN terhadap kegiatan membaca siswa dan berpeluang untuk memunculkan perilaku gemar membaca pada siswa."
Universitas Airlangga. FISIP, 2016
020 PAL 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>