Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 99568 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sofyeni
"In this global area , government should develop the quality of education beside formal school,there is nonformal need to be developed."
Padang panjang: Dinas pendidikan Kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11: 1 ( 2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Moh. Alifuddin
Jakarta: Magnasript Publishing, 2011
371.04 MOH k (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ais Irmawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) masyarakat Kabupaten Karimun berdasarkan pekerjaan; 2) persepsi masyarakat terhadap pendidikan; dan 3) peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam mengurangi buta aksara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap warga belajar, tokoh masyarakat, dan Pegawai Dinas Pendidikan serta Diskusi Kelompok Terpimpin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pekerjaan masyarakat Kabupaten Karimun adalah buruh, nelayan, penyelam, pedagang, menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan menggunakan paspor wisatawan yang tidak mensyaratkan pendidikan, dan sebagai Pegawai Negeri Sipil, 2) Masyarakat mempunyai kesadaran yang rendah terhadap pentingnya pendidikan, mengingat tanpa bersekolah pun mereka dapat memperoleh penghasilan yang besar, dan 3) Peran PKBM di Karimun sangat penting dalam mengurangi buta aksara ditandai dengan banyaknya peserta dewasa yang mengikuti Program Keaksaraan Paket A, B, dan C, serta Keaksaraan Usaha Mandiri dan Keaksaraan. Selain itu, anak-anak juga mengikuti Kelompok Bermain dan Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini menyimpulkan Peran PKBM sangat penting dalam mengurangi buta aksara di Kabupaten Karimun, karena waktu belajar di PKBM lebih fleksibel dibandingkan dengan sekolah formal. Hambatan pelaksanaan PKBM di Karimun, antara lain jam kerja warga belajar, jauh dan sulitnya jarak tempuh, keterbatasan jumlah tutor dan besar honor tutor."
Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017
370 JPK 2:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Maman Oman Saepudin
"Skripsi ini membahas tentang proses pelaksanaan program pendidikan paket C pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insan Mandiri Depok. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan program pendidikan paket C dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor kesuksesan dan hambatan dalam proses pelaksanaan program pendidikan paket C di PKBM Bina Insan Mandiri. Hasil dari penelitian ini adalah proses pelaksanaannya PKBM ini menggunakan Metode, Media, Materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan warga belajarnya. Adapun faktor kesuksesan dan hambatan adalah kemampuan lembaga dalam membangun kerjasama dengan berbagai instansi sedangkan hambatannya adalah faktor-faktor eksternal.

This thesis discuss about the implementation process of education program called with “Paket C” at Community Learning Center (CLC) Bina Insan Mandiri Depok. The research of this thesis use case study method with descrivtif research. The objective of the research are to describe the implementation process of education program called with “Paket C” and the success factors and obstacles in implementation the process of “Paket C’ education program at Community Learning Center (CLC) Bina Insan Mandiri Depok. The output of the research is we know that the implementation of “Paket C’ education program use learning method, material and media that appropriate with the needs of the students. The success factors are the abilities of the institution to build cooperation with many other institution while the obstacles is external factors."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Maulidiansyah
"Penelitian ini mencoba mendeskripsikan upaya pemberdayaan masyarakat melalui sebuah program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang merupakan pendidikan yang berbasis masyarakat (community-based education). Pendidikan regular yang dilaksanakan pemerintah sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi ternyata bukan jaminan akan juga memberikan kesejahteraan secara sosial dan ekonomi kepada warganya. Kurikulum yang kaku dan tidak berorientasi pada pengembangan kreatifitas siswanya agar menjadi orang yang mandiri dan bisa berdaya di masa mendatang, membuat jalur pendidikan sekolah kurang diminati oleh rakyat yang lebih membutuhkan beras dari pada ceramah.
Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah program pemerintah untuk menyatukan dan memadukan seluruh jalur pendidikan luar sekolah yang ada di masyarakat untuk dibina dan diarahkan agar benar-benar dapat melayani kebutuhan dan minat belajar masyarakat yang real, dan benar-benar bisa memberdayakannya. PKBM berupaya memadukan kebutuhan masyarakat akan pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill), bahkan mereka bukan hanya sekedar belajar untuk menguasai pengetahuan baru tetapi juga diarahkan untuk mendapatkan lapangan kerja atau mata pencaharian baru termasuk akses kepada pasar. PKBM adalah media mempertemukan strategi pembangunan dari pemerintah (top down planning) dengan kebutuhan dan permasalahan rakyat (bottom up planning).
Penelitian yang dilaksanakan pada dua buah PKBM, "At-Taqwa" Desa Dewasari dan "17 Agustus" Desa Parnalayan di Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualititatif.
Setelah dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, serta studi kepustakaan dan dokumentasi dilakukan analisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, organisasi data, dan interpretasi data untuk mendapatkan jawaban atas tiga permasalahan dalam tesis ini, yaitu; bagaimanakah proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui kegiatan-kegiatan belajar yang ada di PKBM, apakah kegiatan-kegiatan tersebut benar-benar sesuai dengan aspirasi masyarakat, dan apa sajakah kendala-kendala yang dihadapi untuk mengembangkan PKBM.
Dari analisis hasil temuan lapangan, dapat disimpulkan bahwa upaya pemberdayaan masyarakat belum terwujud dengan baik, program pendidikan yang disusun belum berdasarkan pada proses assessment dan identifikasi yang benar. Di pihak masyarakat masih menaruh ketergantungan yang cukup besar pada bantuan pemerintah, sementara di pihak pemerintah masih belum serius memperhatikan pengembangan PKBM. Semangat masyarakat untuk membekali dirinya dengan pengetahuan dan keterampilan yang bisa membuat dirinya sejahtera sudah cukup tinggi, namun terhalang oleh sulitnya mendapatkan modal atau investasi.
Jika dilaksanakan dengan penuh keseriusan oleh pemerintah dengan mengalokasikan anggaran pendidikan luar sekolah yang lebih besar, maka program PKBM akan mampu menjadi motor penggerak bergulirnya ekonomi kerakyatan sejak di tingkat desa hingga nasional. Ditambah dengan perhatian yang besar dan lembaga keuangan maupun investor dalam bentuk bantuan modal maupun kerja sama pemasaran dan teknologi, PKBM akan mampu mewujudkan masyarakat yang mapan secara ekonomi atau self-sufficient economy."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T4503
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Peningkatan mutu pendidikan pada hakikatnya merupakan tugas konstitusional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Untuk mewujudkan hal itu, perlu didukung dengan kebijakan dan program yang realistik...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Mauluddin
"Mutu pendidikan masih menjadi isu yang tak kunjung menemukan titik terangnya, oleh karena itu usaha peningkatan mutu pendidikan hingga saat ini terus dilakukan oleh pemerintah dengan membangun Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) yang salah satu manifestasinya melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS).
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di SDN Cilandak Timur 08 Pagi Jakarta Selatan. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa pada pelaksanaan SPMP melalui EDS di SDN Cilandak Timur 08 Pagi Jakarta Selatan belum berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan. Selain itu, pada pelaksanannya juga mengalami beberapa hambatan yang bersifat teknis maupun substantif.

The education quality still become a never ending issue, therefore there are many education quality improvement efforts that had been doing by the government until today through develop education quality assurance system which one of the program is self-evaluation of school.
This study aims to analyze the implementation of education quality assurance system through self-evaluation of school in SDN Cilandak Timur 08 Pagi, South Jakarta. This research's approach is qualitative with data collection method by depth-interviews and documentation study.
The result of the research find that the implementation of education quality assurance system through self-evaluation of school in SDN Cilandak Timur 08 Pagi, South Jakarta did not prescribed by the rules of education quality assurance. Be sides, the implementation of the program facing some serious problems from technical to substantive problems.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S45903
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Malang: Universtas Merdeka Malang, 1993
R 372 Uni p
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Waris Supaidah
"ABSTRAK
Pada era globalisasi dan persaingan bebas dalam bidang pelayanan pendidikan,
saat ini pihak pengelola pendidikan dituntut untuk meningkatkan mutu pelayanan. Salah
satu cara untuk mengetahui mutu pelayanan adalah dengan mengukur kepuasan
pelanggan I mahasiswa Kepuasan mahasiswa yang rendah menggambarkan mutu
pelayanan yang rendah pula Kepuasan mahasiswa dipengaruhi banyak faktor,
diantaranya adalah karakteristik mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tingkat kepuasan
mahasiswa terhadap mutu pendidikan, melihat hubungan antara kepuasan dengan
karakteristik mahasiswa, dan mengetahui faktor dominan yang berhubungan dengan
kepuasan mahasiswa Kepuasan mahasiswa diperoleh dari Tingkat Kesesuaian I Nilai
Puas yang merupakan rasio persepsi dengan harapan mahasiswa terhadap mutu
Pendidikan x 100%.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Cross sectional dengan total populasi
196 mahasiswa yang dilakukan pada bulan Mei - Juli 2002 di Program Studi
Keperawatan Bogor Polt.ekkes Bandung. Dimensi pelayanan yang digunakan untuk
mengukur kepuasan mahasiswa adalah Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance,
dan Empathy.
Faktor karakteristik mahasiswa yang ingin diketahui hubungannya dengan
tingkat kepuasan mahasiswa adalah faktor umur, Jems kelamin ,tingkatan, dan
pendidikan. Analisis dilakukan secara univariat, bivariat, dan multivariat. Untuk
analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi - square. Sedangkan untuk multivariat
menggunakan uji regresi logistik ganda. Analisis terhadap faktor - faktor dimensi
pelayanan pendidikan dengan Self Scale Survey menggunakan diagram Kartesius.
Hasil yang didapat menunjukkan bahwa proporsi mahasiswa yang puas 50 %,
dan yang tidak puas 50% dengan Tingkat Kesesuaian I Nilai Puas 67,12 %. variabel
yang berhubungan dan dominan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa adalah variabel
umur.
Analisis setiap faktor terhadap dimensi pelayanan diketahui, bahwa faktor -
faktor : ruang kuliah bersih, tenang, dan nyaman, kamar kecil bersih, tenang, dan
nyaman, materi perkuliahan yang disampaikan dosen sesuai dengan silabus, dosen
dalam mengajar sesuai denganjadwal yang telah di tentukan, dan dosen dalam meng~ar
tepat waktu, merupakan faktor-faktor yang penting dan prioritas bagi mahasiswa, dan
Program Studi Keperawatan Bogor Poltekkes Bandung harus segera memperbaiki dan
mengoreksi fak1or-faktor dimensi pelayanan ini.
Sedangkan faktor-faktor: perpustakaan bersih, tenang, dan nyaman, laboratorium
bersih,tenang, dan nyaman, setiap ajaran mempunyai silabus, dosen man1pu menanggapi
keluhan mahasiswa dengan cepat, dosen dapat memegang rahasia dari mahasiswa yang
dilayani, dosen mempunyai rencana pengajaran yang baik, dan komunikasi antara dosen
dan mahasiswa terjalin dengan baik, merupakan faktor-faktor dimensi pelayanan yang
harus dipertahankan karena mahasiswa merasa puas."
2002
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>