Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 239 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Inerransi Alkitab atau ketidaksalahan Alkitab merupakan doktrin yang sangat penting dan sangat menentukan dalam kehidupan orang percaya, yang harus tetap dipegang dan diyakini, sekalipun sudah banyak teolog dan teologia yang mempercayai bahwa Alkitab bisa salah. Hal ini merupakan masalah yang serius dalam kehidupan Kristen. Para Tokoh Reformasi, seperti Marthin Luther dan Yohanis Calvin, sangat memegang teguh ketidaksalahan Alkitab (Inneransi Alkitab). The International Conference on Biblical Inerrancy (ICBl) yang membuat pernyataan dan pengakuan akan ketidaksalahan Alkitab. Demikian juga, Asia Theological Association (ATA) mengakui pandangan akan ketidaksalahan Alkitab. Konsep pengilhaman dan pernyataan, menjamin ketidaksalahan Alkitab. Demikian juga, pengajaran Yesus Kristus yang mengakui bahwa Alkitab adalah Firman Allah, sehingga tidak mungkin salah. Paulus dan Petrus memberi penegasan yang sama, yang mendukung ketidaksalahan Alkitab. Hal ini menunjukkan bahwa baik secara internal maupun eksternal, Alkitab sungguh-sungguh Firman Allah sehingga tidak mungkin salah dalam tulisan aslinya."
Lengkap +
300 JIS 2:1 (2007)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Keene, Michael
Yogyakarta: Kanisius, 2006
220 Kee a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas
"Arsitektur muncul seiring dengan kehadiran manusia atau bahkan Iebih dulu dari manusia. Manusia mulai mempelajari arsitektur karena kbutuhannya untuk bertahan hidup dari kerasnya alam. Secara sederhana arsitektur berarti ilmu atau seni yang memfokuskan diri pada pembuatan bangunan. Namun pengertian ini tentunya tidak cukup bagi orang-orang yang Ingin mempelajari arsitektur secara mendalam. Hal yang perlu disadari ketika mempelajari arsitektur adalah hubungan antara arsitektur dan manusia, karena arsitektur selalu berada dalam konteks rnanusia. Mempelajari arsitektur dapat dikatakan mempelajari manusia itu sendiri.
Manusia dalam hidupnya tidak dapat memisahkan dirinya dengan alam semesta. Bentuk keterikatan tersebul dapat dilihat pada arsitektur yang merupakan hasil dari mengamati, memahami, dan meniru segala sesuatu yang ada di alam.
Manusia dalam perkembangannya "membuat" suatu hubungan antara dirinya dengan alam semesta, yaitu dengan Sang Pencipta yang telah menjadikan alam semesta. Manusia tunduk terhadap kekuasaan alam (Sang Pencipta) dan berusaha "membuat" balas antara dirinya dengan Sang Pencipta berupa aturan-aturan yang harus ditaati oleh manusia sendiri. Aturan-aluran tersebut terbaku dalam Iiteratur yang disebut sebagai Kitab Suci.
Alkilab sebagaimana Kitab Suci Iainnya menjelaskan hubungan manusia dengan sesamanya dan dengan Sang Pencipta yang di dalamnya misi aturan tentang bagaimana manusia hidup dan berperiIaku. Dengan berdasar bahwa arsilektur adalah ilmu atau seni yang berhubungan dengan manusia dan merujuk pada cara kerja alam, maka tentunya memunculkan pemikiran akan adanya hubungan antara Alkilab dan arsitektur. Logika tersebut menjadi dasar pencarian hubungan antara Alkitab dan arsitektur.
Titik temu antara Alkitab dan arsitektur adalah interpretasi dan ilmu yang mempelajari tentang interpretasi adalah hermeneutik. Dengan mengacu bahwa hermeneutik adalah pemahaman, maka hubungan tersebut baru dapat diungkapkan setelah adanya pemahaman terhadap Alkitab dan arsitektur secara terpisah maupun dalam sebuah formula.
Di akhir tulisan ini disimpulkan memang adanya hubungan antara arsitektur dengan Alkilab. Makna ayat-ayat dalam Alkitab menggambarkan suatu gagasan arsitektur secara sederhana dan mendasar."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S48509
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Cover buku ini telah hilang, sehingga judul dan keterangan mengenai pengarang, penerbit, dan tahun tidak dapat diketahui. Diperkirakan buku ini merupakan bagian dari Alkitab, karena sejumlah bab yang ada di dalamnya adalah Genesis, seperti keterangan berikut: genesis 3-wiwitanipun manungsa kasandhangan dosa; genesis 4-Kain dan Abel; genesis6?9-banjir topan. Bab kaping kalih (bab dua) adalah: 1. cariyosipun Nabi Enuh (genesis 9: 18?29); 2. panggung ing nagari Babil (genesis 10, 11: 1?9); 3. Nabi Ibrahim tinimbalan (genesis 11: 10?32, 12: 1?7), dan bab-bab seterusnya."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
BKL.0287-AK 10
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
cover
S. Wismoady Wahono
Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1990
220.61 WIS d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Langgeng Prima Anggradinata
"[ABSTRAK
Tesis ini mengkaji kumpulan puisi Perempuan yang Dihapus Namanya karya
Avianti Armand. Tesis ini menggunakan teologi feminis Kristen rekonstruksionis
sebagai perspektifnya. Selain itu teori intertekstualitas dan teori citraan juga
digunakan dalam tesis ini. Dari analisis tesis ini terlihat bahwa kumpulan puisi ini
(sebagai teks transformasi) melakukan rekonstruksi terhadap kisah-kisah dalam
Alkitab (sebagai teks hipogram). Rekonstruksi itu meliputi: (1) perubahan perspektif,
(2) konversi peristiwa, (3) ekspansi peristiwa, dan (4) seleksi peristiwa. Kemudian,
rekonstruksi kisah-kisah yang dilakukan kumpulan puisi ini berpengaruh pada citra
perempuan dalam antologi puisi ini. Hasil akhir dari tesis ini menunjukkan bahwa
tokoh-tokoh perempuan dalam antologi ini (khususnya Batsyeba dan Tamar) telah
bertransformasi dari objek menjadi subjek. Mereka mampu menyatakan perasaannya,
berbicara, mengkritik, memutuskan nasibnya sendiri, dan bertindak. Selain itu,
tokoh-tokoh perempuan.

ABSTRACT
This thesis analyses Perempuan yang Dihapus Namanya by Avianti Armand. This
thesis uses the perspective theology of Christian Reconstructions feminist.
Intertextuality theory and the theory of imagery are also used in this thesis. From the
analysis of this thesis seem that this anthology (as text transformation), reconstructs
the stories in the Bible (as text hypogram). The reconstruction includes: (1) changes
in perspective, (2) events conversion, (3) events expansion, and (4) events selection.
Thus, the reconstruction of the stories in this anthology has effects on the image of
women in this poetry anthology. The final result of this analysis shows that the
figures of women in this anthology (especially Bathsheba and Tamar) have been
transformed from object into subject. They are able to express their feelings, speak
out, criticize, decide their own destiny, and act. In addition, figures of women in this
anthology have become women who have experienced God., This thesis analyses Perempuan yang Dihapus Namanya by Avianti Armand. This
thesis uses the perspective theology of Christian Reconstructions feminist.
Intertextuality theory and the theory of imagery are also used in this thesis. From the
analysis of this thesis seem that this anthology (as text transformation), reconstructs
the stories in the Bible (as text hypogram). The reconstruction includes: (1) changes
in perspective, (2) events conversion, (3) events expansion, and (4) events selection.
Thus, the reconstruction of the stories in this anthology has effects on the image of
women in this poetry anthology. The final result of this analysis shows that the
figures of women in this anthology (especially Bathsheba and Tamar) have been
transformed from object into subject. They are able to express their feelings, speak
out, criticize, decide their own destiny, and act. In addition, figures of women in this
anthology have become women who have experienced God.]"
Lengkap +
2015
T43505
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Duchet-Suchaux, Gaston
Paris: Flammarion, 1994
R 220.93 DUC b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
USA: Fundamentalist Church of Jesus Christ, 2012
220.1 JES
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hauer, Christian E.
New Jersey: Prentice-Hall, 1998
220.61 HAU i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>