Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 111824 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mustafa Husni Sahid
"Laporan magang ini membahas analisis pengendalian internal pada siklus pengeluaran kas untuk pembayaran gas di PT Pupuk Kalimantan Timur. Perusahaan berada di industri pupuk dimana gas adalah bahan baku dan pengeluaran utama perusahaan. Metode penulisan laporan magang ini dilakukan melalui wawancara dan pengamatan penulis selama program magang berlangsung. Hasil dari laporan ini yaitu penilaian dan usulan atas pengendalian internal pada siklus pengeluaran kas untuk pembayaran gas di PT Pupuk Kalimantan Timur. Penerapan pengendalian internal di PT PT Pupuk Kalimantan Timur telah terlaksana dengan baik, walaupun masih ditemukan beberapa aktivitas yang masih perlu diperbaiki.

This report discusses about the analysis of internal control of the cash disbursement cycle for the payment of gas in PT Pupuk Kalimantan Timur. As a fertilizer producing company, gas is the main and most important materials, thus become the main expenditure of the company. Internship report writing method is done trough interviews and observation of the author during ongoing internship program. This report is the result of the proposed assesment on the internal control of the cash disbursement Cycle for the payment of gas in PT Pupuk Kalimantan Timur. Implementation of internal control at PT Pupuk Kalimantan Timur has done well, although there are some activities need to be improved."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kristiawan Hendro Nugroho
"Laporan magang ini bertujuan mengevaluasi proses penilaian risiko salah potong PPh 21 PT Sugi yang dilakukan oleh auditor internal PT Frans Tbk. PT Sugi adalah perusahaan yang terafiliasi secara non finansial dengan PT Frans Tbk yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Jony International Tbk. Manajemen PT Sugi kebanyakan diisi oleh karyawan aktif atau non aktif dari PT Frans Tbk. PT Sugi bergerak dalam usaha penyediaan tenaga alihdaya. Dalam audit internal tahun 2022, direktur keuangan PT Sugi meminta auditor untuk mengaudit proses perhitungan PPh 21 dan kemudian ditemukan kesalahan hitung. SNI ISO 31000 digunakan sebagai dasar evaluasi penilaian risiko. Dari hasil evaluasi, proses penilaian risiko masih perlu diperbaiki oleh internal auditor.

This internship report aims to evaluate risk assessment process of  PT Sugi witholding tax art 21 miscalculation risk conducted by PT Frans Tbk ‘s internal auditors. PT Sugi is an affiliated company in non financial term with PT Frans Tbk which is one of PT Jony International Tbk subsidiaries. PT Sugi management is composed of active and former employees of PT Frans Tbk. PT Sugi operate in employee outsourcing business. On 2022 internal audit, CFO of PT Sugi ask the auditor to audit witholding tax art 21 calculation’s process and miscalculation was found. SNI ISO 31000 is used to evaluate the risk assessment process. Based on the evaluation, several improvement need to be done by the internal auditor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Palwoto
"PT. Bank A telah menerapkan Kebijakan Strategi Anti Fraud, dalam kurun waktu yang cukup lama, namun fraud pada perusahaan tersebut masih tetap terjadi. PT.Bank A belum melakukan pemetaan risiko fraud secara komprehensif, salah satunya karena PT. Bank A belum memiliki rancangan penilaian risiko fraud Fraud Risk Assesment/FRA.
Penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah dalam perancangan penilaian risiko fraud dan penerapan FRA dalam pelaksanaan audit internal dan strategi anti fraud serta memetakan risiko fraud berdasarkan unit-unit dan proses bisnis pada PT.Bank.A.
Metode yang digunakan dengan menggunakan pendekatan matrik, yang dimulai dengan mengidentifikasi indikator faktor risiko dan kasus-kasus fraud yang pernah dilakukan audit internal guna menyusun inherent risk berdasarkan atas Dampak dan Kecenderungan. Selanjutnya melakukan asesmen terhadap internal control masing masing cabang guna mendapatkan residual fraud risk.
Berdasarkan penelitian dari 16 kantor cabang diperoleh hasil residual risk sebanyak 2 kantor cabang memiliki risiko fraud dengan kategori moderate to high, 3 kantor cabang memiliki kategori risiko moderate, 5 kantor cabang dengan kategori low to moderate, 6 kantor cabang dengan kategori low dan tidak terdapat kantor cabang dengan kategori high.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa rancangan fraud risk assessment ini dapat dijadikan model bagi PT. Bank A atau lembaga keuangan atau non keuangan lainnya sebagai dasar menetapkan unit dan proses bisnis yang perlu perhatian lebih dibanding lainnya terutama untuk auditor saat melakukan audit umum dan dalam penerapan Strategi Anti Fraud.

PT. Bank A has implemented the Anti Fraud Strategy Policy, for a considerable period of time, but the fraud on the company still persists. PT.Bank A has not conducted comprehensive fraud risk mapping, one of them is because PT. Bank A does not yet have a Fraud Risk Assessment FRA design.
This research was to determine the steps in planning a fraud risk assessment and application of fraud risk assessment in the implementation of internal audit anti fraud strategy and mapping fraud risk based on units and business process at PT. Bank A.
Method used by using matrix approach, which starts by identifying indicators of risk factors and fraud cases of internal audited to establish inherent risk based on impact and likelihood. Then, conduct the assessment of internal control of each branch office to obtain residual fraud risk.
Based on research from 16 sixteen branch offices, the result of residual risk is 2 two branch offices have fraud risk with moderate to high category, 3 three branch offices have moderate risk category, 5 five branch offices with low category to moderate, 6 six branch offices with low category and no branch office with high category.
The conclusion of this research is that the design of fraud risk assessment can be used as a model for PT. Bank A or other financial or non financial institution as the basis for establishing units and business processes that need more attention than others especially for auditors when conducting internal audits and in applying Anti Fraud Strategy.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rendy Rizki Primazon
"Laporan ini memaparkan proses-proses yang diterapkan pada siklus pengeluaran kas di PT FGH. Proses-proses yang akan dibahas mencakup pemesanan, penerimaan barang, Persetujuan Invoice dari Pemasok, serta pengeluaran kas. Selain itu laporan ini juga menjelaskan bagaimana cara melakukan proses input atas tagihan kedalam sistem yang digunakan oleh PT FGH dan juga akan membahas analisis atas pengendalian internal yang terjadi selama proses tersebut. Laporan ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal dari PT FGH dapat dinilai baik karena unsur-unsur pengendalian internal telah dijalankan.

This report describes the processes in Expenditure Cycle. These processes consist of Ordering, Receiving, Approving Invoice from Supplier, and Cash Disbursements. In addition, this report also describes how to do the input process for the invoices to the system and also describes the analysis of internal control that occurred during the process. This report concludes that internal control at PT FGH can be determined as good, because every aspects of internal control have been done correctly."
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Royhan Faqihuddin
"Laporan magang ini menganalisis pengendalian internal pada siklus pengeluaran perusahaan PT ZXC yang bergerak di bidang penjualan susu formula bayi. Penjualan susu formula bayi tidak dapat diperjualbelikan secara bebas karena terdapat peraturan-peraturan dari para pemangku kepentingan. Aktivitas bisnis yang tidak taat peraturan akan membebani pengeluaran perusahaan. Cakupan analisis berfokus pada siklus pembayaran jasa medis dan reimbursement pegawai menggunakan COSO Framework 2013, berikut solusi perbaikan kekurangan yang ada sesuai dengan cakupan kerja penulis saat melakukan program magang. Hasil analisis menunjukkan hampir semua komponen COSO Framework 2013 terpenuhi kecuali beberapa prinsip dari komponen COSO Framework 2013 yang kurang teraplikasikan.

This internship report analyzes internal controls in company namely PT ZXC rsquo s payment cycle company engaged in the sale of infant formula product. The sales can not be traded freely as there are regulations of the stakeholders. Non compliance business activities will burden corporate spending. Analysis focus on the payment cycle of medical services and reimbursement of employees using the COSO Framework 2013, following solutions of existing deficiencies in accordance with the author 39 s scope of work while doing the internship program. The analysis results show that almost all COSO Framework 2013 components are met except for some of principles that are less implemented."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nindya Farah Dwi P.
"Situasi sesungguhnya pada perusahaan jasa konstruksi PT XYZ berdasarkan laporan pemeriksaan internal memperlihatkan bahwa terdapat beberapa transaksi terkait siklus pengeluaran kas perusahaan yang kurang lazim. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memerlukan suatu Sistem Pengendalian Internal yang memadai untuk memberikan keyakinan atas transaksi-transaksi pengeluaran kas sehingga laporan atas pengeluaran kas dapat disajikan secara wajar.Selain itu, pengendalian internal jika dirancang dan diterapkan secara tepat, dapat mencegah dan mendeteksi fraudyang dapat merugikan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan usulan perbaikan sistem pengendalian internal atas siklus pengeluaran kas pada PT XYZ dengan menggunakan prinsip-prinsip COSO framework 2013. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi objek penelitian dan wawancara kepada pimpinan dan personil PT XYZ.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kelemahan pada sistem pengendalian internal pada siklus pengeluaran kas perusahaan, seperti belum terdapat pakta integritas, SOP belum update dan belum menjelaskan peran teknologi dan sistem informasi, belum terdapat dokumen tertulis mengenai identifikasi dan penilaian risiko, metode untuk melakukan penilaian risiko, identifikasi risiko kecurangan,dan identifikasi risiko perubahan, aktivitas pengendalian belum mempertimbangkan mitigasi risiko, sosialisasi terkait pengendalian internal masih perlu ditingkatkan, belum terdapat saluran komunikasi terpisah untuk komunikasi anonim/rahasia, belum terdapat strategi pemantauan, dan belum terdapat dokumen tertulis mengenai rencana cakupan dan frekuensi evaluasi berdasarkan pada risiko. Selain itu penelitian ini juga melakukan penilaian risiko dan analisis fraud sehingga dapat diketahui sistem pengendalian yang tepat dan efektif dalam siklus pengeluaran kas. Lebih lanjut, usulan perbaikan diberikan berdasarkan kelemahan yang teridentifikasi dalam penelitian.

The real situation of construction company PT XYZ based on the internal audit report shows that there are some unusual transactions related to cash disbursement cycle. This indicates that the company needs an adequate Internal Control System to provide assurance in cash disbursement transactions so that reports on cash disbursements can be fairly presented. Furthermore, if internal control is properly designed and implemented, it can prevent and detect fraud which may harm the company. This research aims to evaluate and propose improvement of internal control system over the cash disbursement cycle of PT XYZ by using the principles of COSO framework 2013. This research is a case study research using descriptive qualitative approach by observing the object of research and interviewing to the senior personnel of PT XYZ.
The results show that there are still some weaknesses in the internal control system in cash disbursement cycle, such as there is no integrity pact yet, SOP has not been updated and has not explained the role of technology and information system, there is no written document on risk identification and assessment, risk assessment method, fraud risk identification, and identification risk changes, control activities have not considered risk mitigation yet, socialization related to internal controls needs to be improved, there is no separate communication line for anonymous confidential communication, there is no monitoring strategy, and there is no written document on the coverage and frequency of evaluation plan based on the risk. In addition, this research also conducts self control assessment and fraud analysis so that it can be known the appropriate and effective internal control in the cash disbursement cycle. Furthermore, the proposed improvement is based on the weaknesses identified in the study.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Fatharini
"Laporan magang ini membahas tentang siklus pengeluaran yang dijalankan oleh PT ABC dalam melakukan pembelian barang atau jasa. Analisis yang dilakukan untuk menilai siklus pengeluaran tersebut dilakukan berdasarkan dua komponen dari kerangka COSO, yakni penilaian risiko dan aktivitas pengendalian. Hasil dari laporan ini menunjukkan bahwa standar operasional dan prosedur yang dimiliki oleh PT ABC pada siklus pengeluaran sudah baik dan sesuai dengan teori yang terkait. Terlebih lagi, hasil penilaian menyimpulkan bahwa aktivitas pengendalian yang dilakukan oleh PT ABC dalam setiap tahap siklus pengeluaran sudah baik sehingga risiko yang dimiliki perusahaan adalah kecil.

This internship report provides an explanation on the expenditure cycle of PT ABC in the procurement of goods and services. The analysis that is done to assess the expenditure cycle is based on two of the components of the COSO framework, which are risk assessment and controlling activities. The result of this report shows that PT ABC has adequate Standard Operating Procedures in the expenditure cycle and are aligned with the related theory. Furthermore, the result of this assessment concludes that PT ABC has adequate controlling activities in the expenditure cycle which results in the company?s low risk."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sanders, Ivan
"Laporan ini membahas proses audit yang dilakukan Kantor Akuntan AMF atas fraud risk yang berasal dari risk of management override of control untuk tahun 2016 pada KKK Group dan menganalisa kesesuaian proses audit tersebut dengan standar audit yang relevan, PCAOB AS Public Company Accounting Oversight Board Auditing Standards . Laporan ini membahas proses audit yang dimulai dari menentukan adanya fraud risk dari management override of control, hingga respons terhadap risiko tersebut dengan melakukan prosedur audit yang diminta sesuai PCAOB AS, dalam kasus ini, Journal Entry Review.

This report discusses the audit procedure performed by AMF Public Accountant on fraud risk originating from the risk of management override of controls for the year of 2016 on KKK Group, and analyzes the compliance of the audit process to the auditing standard relevant to the audit, PCAOB AS Public Company Accounting Oversight Board Auditing Standards . This report discusses the process starting from establishing the existence of fraud risk from management override of control, to the risk response by doing the appropriate audit procedure as stated in PCAOB AS, in this report, the Journal Entry Review.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Abidah
"Laporan magang ini membahas pengendalian internal atas siklus penerimaan kas pada PT AB yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti. Siklus penerimaan kas pada PT AB berawal dari kegiatan inisiasi penyewaan, pembuatan faktur, penagihan, hingga penerimaan pendapatan yang dapat dibayarkan melalui transfer bank atau menggunakan cek atau giro. Secara lebih rinci, laporan magang ini membahas pengendalian internal yang dikaitkan dengan kerangka pengendalian internal terintegrasi yang diperkenalkan oleh COSO yang terdiri dari lima komponen, yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pengawasan. Laporan magang ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal pada siklus penerimaan kas pada PT AB sudah sesuai dengan teori yang ada.

This internship report discusses internal control over cash receipts cycle at PT AB which is a company engaged in property. Cash receipt cycle at PT AB begins with activities leasing initiation, invoicing, billing, until receipt of revenue that can be paid by bank transfer or by check or giro. In more detail, this internship report discusses internal controls associated with an integrated internal control framework introduced by COSO consists of five components, namely the control environment, risk assessment, control activities, information and communication, and monitoring. This internship report concluded that the internal controls over cash receipts cycle at PT AB is in conformity with the existing theory."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Silaban, Jefri Jumadi
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengendalian internal siklus pengeluaran PT. AT yang dimulai dari tahap pemesanan barang dan/atau jasa, tahap penerimaan barang dan/atau jasa, tahap persetujuan invoice, dan tahap pencairan tunai. Proses evaluasi dilakukan dengan membandingkan pola kerangka analisis Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission Internal Control Integrated Framework 2013 (COSO IC IF 2013) dengan praktik pekerjaan yang berlangsung. Hasil evaluasi menunjukan bahwa terdapat empat prinsip pengendalian internal yang belum diimplementasikan oleh perusahaan, yaitu: prinsip penentuan tujuan laporan non-keuangan eksternal, prinsip kontrol umum atas teknologi, prinsip rincian kebijakan dan prosedur, dan prinsip komunikasi internal. Keempat prinsip ini dapat diimplementasikan perusahaan untuk mencegah potensi kerugian di masa depan pada siklus pengeluaran PT. AT.

The internship report aims to evaluate PT. AT’s internal control system on its expenditure cycle that will start from the process of ordering goods/services process, receiving the goods/services, approving supplier invoices, and the cash disbursement process. The evaluation process is carried out by comparing the Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission Internal Control Integrated Framework 2013 (COSO IC IF 2013) with ongoing work practices. The evaluation results show that there are four principles that have not been implemented by the company, such as the principal of determining the objectives of external non-financial reports, the principal of general control over technology, the principal of detailed policies and procedures, and the principal of internal communication. These four principles of internal control should be implemented to prevent potential future losses in the expenditure cycle of PT. AT."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>