Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 117340 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tania Noviarini Hamdani
"Tesis ini membahas mengenai pengaruh unsur dalam SMS iklan berbasis lokasi (entertainment, credibility, intrusiveness, informativeness, permission, dan customization) pada sikap konsumen sehingga berpengaruh terhadap intensi pembelian mereka. Penelitian ini merupakan penelitian konklusif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui survey secara online dan mendapat respon dari 330 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur entertainment, credibility, informativeness dan intrusiveness mempengaruhi sikap konsumen secara signifikan terhadap SMS iklan berbasis lokasi. Semakin positif sikap yang ditunjukkan konsumen terhadap SMS iklan berbasis lokasi, maka konsumen semakin besar kecenderungan, kemungkinan, maupun kesediaannya untuk membeli produk yang ditawarkan.

This study discusses the effects that features of SMS location-based advertising (entertainment, credibility, intrusiveness, informativeness, permission, and customization) have on consumer attitudes and their purchase intentions. This study is a conclusive research with descriptive design. An online survey was used for data collection. Responses were received from 330 consumers.
The result of this study shows that entertainment, credibility, informativeness dan intrusiveness features have significant effects on creating attitude towards SMS location-based advertising. In addition, when consumers shows positive attitude towards SMS location-based advertising, it is also significantly influence their intention to purchase.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Avitasya Febryani Syahrial
"SMS location-based advertising LBA atau iklan berbentuk promosi melalui SMS yang memanfaatkan informasi lokasi telefon seluler diketahui dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh extrinsic dan intrinsic motivation terhadap pembentukan attitude toward SMS LBA yang selanjutnya melihat pengaruhnya terhadap purchase intention dalam konteks foodservice. Pada penelitian ini terdapat uji variabel moderasi yaitu brand familiarity untuk mengetahui apakah tingkat familiaritas terhadap merek mempengaruhi sikap konsumen terhadap niat pembelian produk yang diiklankan melalui SMS LBA.
Penelitian ini melibatkan 229 responden dari seluruh Indonesia yang pernah mendapatkan SMS LBA dari Krispy Kreme. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa extrinsic dan intrinsic motivation dapat meningkatkan attitude toward SMS LBA yang selanjutnya dapat mendorong purchase intention. Selain itu ditemukan pula bahwa pengaruh ini di moderasi oleh brand familiarity.

SMS LBA is a promotion advertising through SMS that uses information of mobile phone rsquo s location in order to increase sales. This study aims to analyze the effect of extrinsic and intrinsic motivation on the establishment of attitude toward SMS location based advertising and its impacts on purchase intention in foodservice area. There is a test of brand familiarity as a moderating variable to find out whether the level of consumer rsquo s brand familiarity affect attitude toward SMS LBA on intention to purchase a product that advertised through SMS LBA.
The data for this research were collected from 229 respondents from all over Indonesia who had received SMS LBA from Krispy Kreme. They were then analyzed using Structural Equation Modelling SEM. The result of this research shows that extrinsic and intrinsic motivation increases attitude toward SMS LBA that further leads to increase in purchase intention. Furthermore, the result shows that brand familiarity does moderate attitude toward SMS LBA on purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S70002
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sophia Laily Ramadhani
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai efektivitas iklan SMS berbasis lokasi dengan mengkaji hubungan antara hiburan, keinformatifan, kredibilitas, personalisasi, gangguan dan gender dengan sikap terhadap iklan SMS. Selanjutnya, sikap terhadap iklan SMS mempengaruhi niat untuk menggunakan iklan SMS, dan niat untuk menggunakan iklan SMS mempengaruhi pembelian produk yang diiklankan melalui iklan SMS. Sebanyak 15 partisipan berusia 18-25 tahun yang pernah menggunakan iklan SMS, khususnya yang berbasis lokasi, serta 106 responden dalam rentang usia yang sama dan pernah menerima iklan SMS serupa berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif berupa focus group discussion dan kuantitatif berupa Uji Korelasi Pearson, Analisis Regresi Berganda dan Independent Sample T-Test yang diolah menggunakan program SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hiburan, keinformatifan, personalisasi dan gangguan berhubungan secara signifikan dengan sikap terhadap iklan SMS. Sedangkan kredibilitas dan gender tidak berhubungan. Selain itu, sikap terhadap iklan SMS juga berhubungan secara signifikan dengan niat untuk menggunakan iklan SMS, dan niat untuk menggunakan iklan SMS berhubungan secara signifikan dengan membeli produk yang diiklankan melalui iklan SMS. Hubungan yang ada seluruhnya berada dalam kekuatan sedang, sehingga dapat dikatakan bahwa iklan SMS cukup efektif dalam memicu pembelian produk yang diiklankan.

ABSTRACT
This research examines the effectiveness of location-based SMS advertising by examining the relationship between entertainment, informativeness, credibility, personalization, irritation, gender and attitude towards SMS advertising. Furthermore, this research also examines the relationship between attitude toward SMS advertising and intention to use SMS advertising; and the relationship between intention to use SMS advertising and buying products advertised through SMS advertising as well. 15 participants who use SMS advertising, especially the location-based one, and 106 respondents who receive it participated in this study. Both of them aged between 18-25 years old. Researcher used qualitative method by using focus group discussion and quantitative method by using Pearson Correlation Product Moment, Multiple Regression Analysis and Independent Sample T-Test. To analyze the data, researcher used SPSS 22.
This research finds that entertainment, informativeness, personalization and irritation have significant relationship with attitude toward SMS advertising. However, credibility and gender do not. Moreover, attitude toward SMS advertising has significant relationship with intention toward SMS advertising; and intention toward SMS advertising also has significant relationship with buying products advertised through SMS advertising. All relationships are moderate which show that SMS advertising, especially the location-based one, is quite effective to drive purchase of advertised products.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62019
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Putriaji
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh daya tarik rasa takut dan humor pada iklan terhadap intensi membeli helm pada pengendara sepeda motor. Penelitian ini merupakan eksperimen daring dengan 2 daya tarik rasa takut vs netral x 2 daya tarik humor vs netral between subjects factorial design, yang dilakukan kepada 306 orang partisipan pengendara sepeda motor berusia 18-29 tahun. Pada penelitian ini, partisipan dibagi secara acak menjadi empat kelompok dan ditunjukkan sebuah gambar iklan yang berkonten netral, daya tarik rasa takut, humor, dan/atau kombinasi antara daya tarik rasa takut dan humor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik rasa takut tidak mempengaruhi intensi membeli helm. Sementara itu, daya tarik humor serta interaksi antara daya tarik rasa takut dan humor terbukti dapat mempengaruhi intensi membeli helm. Dengan demikian, para pelaku industri helm yang hendak mempromosikan produknya melalui iklan dengan daya tarik rasa takut dapat mempertimbangkan penambahan elemen humor pada iklan untuk membantu meningkatkan efektivitas iklan.

ABSTRACT
This study aims to investigate whether the influence of fear and humor appeal on advertising to the intention of buying a helmet on a motorcycle rider. An online experiment with 2 fear appeal vs neutral x 2 humor appeal vs neutral between subjects factorial design was conducted to 306 participants, aged between 18 and 29 years old. A single ad image that contained neutral, fear, humor, or a combination of both fear and humor were given randomly for each participant. The results showed that the appeal of fear does not affect the intention of buying a helmet. However, humor appeal as well as the interaction between the fear and humor appeal influenced to affect the intention of buying a helmet. Thus, the helmet industry players who will promote their products through advertising with fear appeal can consider adding humor elements to increase the effectiveness of the ads."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Endatetha
"Penggunaan selebriti sebagai juru bicara bagi perusahaan menjadi metode periklanan yang umum Alasan mengapa iklan yang dibintangi oleh selebriti menjadi terkenal adalah karena pengiklan percaya bahwa pesan yang disampaikan oleh individu yang dikenal konsumen akan lebih mendapatkan perhatian bagi beberapa konsumen Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dimensi kredibilitas endorser terhadap sikap konsumen pada iklan merek dan minat beli Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non probability sampling bagi responden yang berada di wilayah Jabodetabek Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kredibilitas endorser attractiveness dan trustworthiness mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan merek dan minat beli.

The use of celebrity endorser as a spokespeople to be a prominent method of advertising. The reason of using the popularity of celebrity in advertising isis advertiser rsquo s belief that messages delivered by well -known figure attract more attention for some consumer. This research is conducted to analyze influence of endorser credibility to consumer attitude towards advertisement, brand and purchase intention. The research uses quantitative approach with non-probability sampling method for respondent live in Jabodetabek area. The result shows that dimension of credibility endorser (attractiveness and trustworthiness) are affecting attitude towards advertisement, brand and purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44365
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Diba Ariyanti
"Perkembangan modest fashion di Indonesia meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sejak pandemi, pada tahun 2020, beberapa modest fashion brand ternama di Indonesia mulai mengalihkan strategi penjualan mereka ke ranah online, salah satunya melalui media sosial Instagram. Oleh karena itu, pemasaran produk modest fashion brand dengan menggunakan jasa social media influencer (SMI) sedang berkembang dengan pesat. Penelitian ini ingin mengetahui peran mediasi dari perceived credibility dan perceived religiosity SMI terhadap brand attitude dan purchase intention pada modest fashion brand di Indonesia, serta peran moderasi dari hedonic value pada produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif single cross-sectional dengan jumlah responden sebanyak 246 orang wanita pengguna aktif Instagram. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan AMOS 24 dengan metode SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perceived expertise, goowill, dan trustworthiness, serta perceived religiosity yang dimiliki oleh SMI mampu memediasi hubungan antara SMI power dan brand attitude. Kemudian, hedonic value dari produk modest fashion brand juga mampu mempengaruhi purhcase intention. 

In recent years, modest fashion has grown significantly in Indonesia. Since the pandemic in 2020, some well-known modest fashion companies in Indonesia have started to change their focus from offline to online sales, using Instagram as one of the strategies. As a result, social media influencers (SMI) in marketing strategies are expanding. This study wants to analyze the mediating role of perceived credibility and religiosity of SMI on brand attitude and purchase intention of modest fashion brands in Indonesia, as well as the effects of hedonic value on the product. This study included 246 respondents who are active female Instagram users and used a single cross-sectional quantitative methodology. The data was processed using AMOS 24 with the SEM method. This research offers empirical evidence on the mediating effect of expertise, goodwill, trustworthiness, and religiosity between SMI power and brand attitude. Furthermore, the result of this study also shows that moderating effect of the hedonic value on the product from modest fashion brands impacts the purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ita Paramita Said
"Penelitian ini ingin menguji peranan kelas sosial dari konsumen lain terhadap teori consumer contamination, power distance konsumen sebagai variabel moderator dan rasa jijik terhadap produk yang telah dicoba oleh konsumen lain sebagai variabel mediator. Power distance diukur dengan skala power distance (Hofstede & Hofstede, 2005; Meirina, 2006). Partisipan diberi skenario mengenai berbelanja produk yang telah dicoba oleh konsumen lain dari kelas sosial tinggi dan rendah. Kemudian partisipan diminta untuk memberikan evaluasi terhadap produk tersebut, seberapa besar intensi membeli, serta menyatakan ada atau tidaknya rasa jijik pada produk tersebut.
Penelitian pada 170 partisipan membuktikan bahwa sikap terhadap produk (evaluasi dan intensi membeli) menjadi lebih negatif pada produk yang telah dicoba oleh konsumen lain dari kelas sosial rendah daripada kelas sosial tinggi. Pada power distance tinggi dan rendah, tidak terdapat perbedaan pada evaluasi produk dan intensi membeli produk yang telah dicoba oleh konsumen lain dari kelas sosial rendah maupun tinggi. Rasa jijik ternyata tidak ditimbulkan oleh perbedaan kelas sosial konsumen lain yang telah mencoba produk. Dengan demikian, rasa jijik tidak memperantarai pengaruh antara konsumen lain dari kelas sosial rendah terhadap evaluasi produk dan intensi membeli.

The objective of this study was to examine the role of others' social class toward theory of consumer contamination, power distance as moderator variable and disgust on product tried by others as mediator variable. Power distance was measured by power distance scale (Hofstede & Hofstede, 2005; Meirina, 2006). Participants were asked to read scenario about shopping on product tried by others from high social class and low social class. After that, participants were expected to give evaluation, how likely to buy, and the salience of disgust on that product.
The result from 170 participants shows that attitude toward product (product evaluation and purchase intention) become more negative if the product had tried by others from low social class than high social class. There is no difference on product evaluation and purchase intention between participants with high and low power distance. Disgust is not elicited by others' social class who had tried on that product. Hence, disgust does not mediate the influence between low social class consumers toward product evaluation and purchase intention.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
658.834 2 SAI p
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ridzky Arya Pradana
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pesan kelangkaan yang diterapkan pada iklan terhadap keinginan membeli konsumen yang dimoderasi oleh brand concept (fungsional dan simbolis). Dalam penelitian ini juga menganalisis pengaruh kompetisi konsumen sebagai faktor mediasi dari pesan kelangkaan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 180 partisipan diperoleh bahwa pesan kelangkaan mampu meningkatkan keinginan membeli konsumen yang semakin kuat pengaruhnya pada pesan limited-quantity dan produk simbolis. Kompetisi konsumen merupakan faktor mediasi pada pesan kelangkaan.

The purpose of this research is to analyze the influence of scarcity message against consumer purchase intention that moderated by the brand concept (functional and symbolic). The influence of consumer competition as mediating factor of scarcity message is also examined. Based on the result from 180 participant indicated that scarcity message have significant effect on increasing consumer purchase intention and this effect getting stonger for limited quantity message and symbolic product. Consumer competition is found as mediating factor for the effect of scarcity message on purchase intention.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2012
T30031
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Farhanah Hidayati
"Sektor Perdagangan merupakan salah satu sektor yang maju dan meghasilkan pemasukan yang tinggi ke kas daerah. Salah satu kegiatan perdagangan adalah kegiatan pengumpul di lokasi agen. Kabupaten Tegal dengan banyak homeindustry makanan, mendorong aktivitas perdagangan di lokasi pengumpul makanan yaitu agen makanan. Agen makanan ini tersebar di beberapa desa di Kabupaten Tegal dengan karakteristik konsumen yang bervariasi. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana karakteristik konsumen berdasarkan lokasi agen makanan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis komparasi keruangan dan analisis deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik konsumen berdasarkan lokasi agen makanan. Hasil penelitian menunjukkan lokasi agen makanan terbagi menjadi dua yaitu agen makanan area permukiman dan agen makanan kawasan perdagangan. Terdapat perbedaan karakteristik konsumen berdasarkan pemilihan lokasi agen makanan. Pada agen makanan kawasan perdagangan mempunyai karakteristik konsumen sebagian besar berasal dari daerah yang berjarak 0-14 Km. Sementara pada area permukiman lebih bervariasi karakteristik daerah asal konsumen. Hal ini disebabkan karena agen makanan area permukiman satu desa dengan produsen-produsen penyedia produk makanan sebagai penyuplai agen makanan.

Trade sector is one sector of advanced and high-income region contribute to the local treasury. One of the trading activity is activity at the site collection agency. Homeindustry Tegal regency with plenty of food, encouraging trading activity at the site that is collecting food dietary agents. Dietary agents are scattered in several villages in Tegal regency varies with consumer characteristics. This study wanted to find out how consumer characteristics based food agency locations. The method of analysis used in this study is the comparative analysis of spatial and descriptive analysis. The purpose of this study to determine the characteristics of consumers based on location of the food agency. The results indicate the location of the food agency is divided into two dietary agents residential areas and commercial areas of food agents. There are differences in the characteristics of the consumer based food agency site selection. At the agency's food trade has mostly consumer characteristics of the area within 0-14 Km. While the residential area of origin more varied characteristics of consumers. This is because the food agency residential area of the village with providers producers of food products as a supplier of dietary agents."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013
S44379
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ellysa Utin Apandi
"ABSTRAK
Salah satu fenomena dari adanya perkembangan teknologi adalah adanya industri start-up dengan produk teknologi berupa aplikasi. Salah satu dari aplikasi yang popular saat ini adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana penunjang transportasi masyarakat atau dikenal dengan transportasi berbasis aplikasi online. Munculnya tiga perusahaan start-up yang menawarkan layanan transportasi online berbasis aplikasi, seperti Go-Jek, Grab, dan Uber, mewarnai persaingan bisnis di dalam industri jasa transportasi tersebut. Fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi consumer switchover intention pada industri jasa transportasi berbasis aplikasi online. Structural equation modeling dan pendekatan multi sampel digunakan sebagai teknik untuk menganalisis model penelitian yang diajukan di dalam penelitian. Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor TPB, yaitu attitude dan propensity to anthropomorphise memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand love, baik pada pengguna dengan keterlibatan tinggi maupun pengguna dengan keterlibatan rendah. Faktor TPB lainnya seperti subjective norm dan affordability memiliki peran minor, di mana subjective norm berpengaruh terhadap brand love pada pengguna dengan keterlibatan rendah, sedangkan affordability tidak berpengaruh pada keduanya. Forgiveness memainkan peran penting dalam menjaga kelangsungan hubungan konsumen-provider. Di mana brand love, agreeableness, dan service failure severity memiliki pengaruh signifikan terhadap switchover intention ketika dimediasi oleh forgiveness di mana adanya skenario terjadinya kegagalan layanan.

ABSTRACT
One of the phenomena of the development of technology is the existence of start up industry with technology products in the form of applications. One of the most popular applications today is an application that is used as a means of supporting public transport, known as an online application based transport. The emergence of three start up companies Go Jek, Grab, and Uber that offer application based online transportation services, coloring the business competition within the transport service industry. The focus of this research is to analyze the factors influencing consumer switchover intention in online application based transport services. Structural equation modeling and multi sample approach were used as a technique to analyze the research models proposed in the study. From the results TPB factors, namely attitude and propensity to anthropomorphize has a significant influence on brand love, both on high involved users and low involved users. While subjective norms and affordability have a minor role, in which subjective norm affects brand love on low involved users, while affordability does not affect both of them. Forgiveness plays an important role in maintaining customer provider relationships. Where brand love, agreeableness, and service failure severity have significant influence on switchover intention when mediated by forgiveness in the scenario of service failure occurs."
2018
T49981
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>