Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 214482 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mariska Ariesthia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari employer branding dan efektivitas penggunaan situs karir terhadap intention to apply dengan daya tarik organisasi sebagai variabel mediasi yang dilihat pada PT. Unilever Indonesia. Penelitian ini juga memasukan karakteristik generasi Y yang diindikasikan memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi lainnya. Responden penelitian berjumlah 160 orang yang merupakan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Structural Equation Model (SEM). Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Employer Branding oleh Alniacik dan Alniacik (2008) yang sudah diterjemahkan. Selanjutnya, alat ukur untuk sikap terhadap situs karir beserta daya tarik organisasi dan intention to apply diadaptasi dari alat ukur yang tercantum dalam jurnal mengenai efektivitas penggunaan situs karir perusahaan oleh Birgelen, Wetzels, Dolen (2008). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh employer branding dan overall attitude toward corporate employment website terhadap intention to apply yang dimediasi penuh oleh variabel daya tarik organisasi.

This study aims to determine the effects of employer branding and the effectiveness of career employment websites toward intention to apply with attraction to organization as a mediating variable that is seen in PT. Unilever Indonesia. This study also includes the characteristics of Generation Y which are indicated as having different characteristics from other generations. The respondents numbered 160 people who are final year students of the Faculty of Economics and Business, University of Indonesia. The research method uses quantitative methods to the analysis of Structural Equation Model (SEM) using Lisrel application. Measurement instrument used in this study is the Employer Branding by Alniacik and Alniacik (2008) which has been translated, then the measuring instrument's attitudes towards career website along with the attraction to organization and intention to apply adapted from measurement instrument that listed in the journal regarding the effectiveness of using career websites by Birgelen, Wetzels, Dolen (2008). Results from this study showed that the attraction to organization mediate the full effect of employer branding and overall attitude toward corporate employment website towards the intention to apply.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sesilia Dhea Ajeng Arsanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dengan menggunakan reputasi organisasi sebagai variabel mediasi. Variabel employer brand attractiveness diukur dengan beberapa indikator dari Berthon, untuk variabel reputasi organisasi diukur menggunakan indikator dari Bergammi dan Bagozzi, dan yang terakhir untuk variabel intensi untuk melamar pekerjaan diukur menggunakan beberapa indikator dari Lievens et al. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden terkumpul sebanyak 425 responden. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, analisis mediasi (causal step), dan analisis sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik merek perusahaan mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara signifikan; employer brand attractiveness mempengaruhi reputasi organisasi secara signifikan; dan reputasi organisasi mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara positif. Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa reputasi organisasi tidak memediasi pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dalam penelitian ini.
This study aims to examine of Employer Brand Attractiveness on Intention to Apply by considering organizational reputation as a mediating variable. Employer Brand Attractiveness variable is measured by several indicators from Berthon, for organizational reputation measured by several indicators by Bergammi and Bagozzi, and the last for intention to apply variable measures by several indicators from Lievens et al. The study uses quatitative approach, collecting data by distributing questionnaires with 425 respondents collected. Data analysis was done by descriptive analysis, regression analysis, mediation analysis (causal step) and sobel test analysis. The results showed that employer brand attractiveness affect intention to apply significantly; employer brand attractiveness affects organizational reputation significantly; and organizational reputation affects intention to apply significantly. Based on mediation analysis, organizational reputation does not mediate the effect of employer brand attractiveness on intention to apply."
Depok: Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sesilia Dhea Ajeng Arsanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dengan menggunakan reputasi organisasi sebagai variabel mediasi. Variabel employer brand attractiveness diukur dengan beberapa indikator dari Berthon, untuk variabel reputasi organisasi diukur menggunakan indikator dari Bergammi dan Bagozzi, dan yang terakhir untuk variabel intensi untuk melamar pekerjaan diukur menggunakan beberapa indikator dari Lievens et al. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden terkumpul sebanyak 425 responden. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, analisis mediasi (causal step), dan analisis sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik merek perusahaan mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara signifikan; employer brand attractiveness mempengaruhi reputasi organisasi secara signifikan; dan reputasi organisasi mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara positif. Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa reputasi organisasi tidak memediasi pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dalam penelitian ini.

This study aims to examine of Employer Brand Attractiveness on Intention to Apply by considering organizational reputation as a mediating variable. Employer Brand Attractiveness variable is measured by several indicators from Berthon, for organizational reputation measured by several indicators by Bergammi and Bagozzi, and the last for intention to apply variable measures by several indicators from Lievens et al. The study uses quatitative approach, collecting data by distributing questionnaires with 425 respondents collected. Data analysis was done by descriptive analysis, regression analysis, mediation analysis (causal step) and sobel test analysis. The results showed that employer brand attractiveness affect intention to apply significantly; employer brand attractiveness affects organizational reputation significantly; and organizational reputation affects intention to apply significantly. Based on mediation analysis, organizational reputation does not mediate the effect of employer brand attractiveness on intention to apply."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Emir Prawira
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari Corporate Image terhadap intention to apply dengan di mediasi oleh Employer Attractiveness. Responden dalam penelitian ini adalah generasi Y yang tinggal di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 153 responden yang dikumpulkan dengan metode non-probability sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diolah dengan aplikasi SPSS versi 25 menggunakan metode Multyple Regression Analysis dan menggunakan teknik causal step, Hasil penelitian menemukan bahwa intention to apply dipengaruhi secara positif oleh Corporate Image dan Employer Attractiveness dan didapat kesimpulan bahwa Employer Attractiveness memediasi secara parsial antara pengaruh Corporate Image terhadap intention to apply.

The purpose of this study is to determine the effect of corporate image on the intention to apply and mediated by employer attractiveness. Respondent of this studys is the generation of Y who live in DKI Jakarta. This research was conducted with a total sample of 153 respondents collected by non-probability sampling methods. The data was collected in this study were processed using the SPSS version 25 application using the Multyple Regression Analysis method and using the causal step technique. The results Shows that intention to apply positively influenced by corporate image and employer attractiveness and concluded that employer attractiveness partially mediates the influence of corporate image on the intention to apply.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ersyadean Arrassy
"Perusahaan dengan nama besar tidak lagi menjadi satu-satunya hal yang menjadi penentu seseorang dalam mencari pekerjaan. Employer branding merupakan salah satu kunci penting bagi sebuah perusahaan dalam membuat citra untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam banyak hal. Salah satunya adalah mendapatkan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten untuk memajukan perusahaan. Prioritas para pelamar pekerjaan terutama anak muda mulai bergeser dalam memilih pekerjaan. Para pelamar memilih sebuah perusahaan yang memiliki citra yang baik untuk menunjukkan bahwa sebuah perusahaan layak untuk dijadikan tempat bekerja. Sehingga menjadikan employer branding salah satu faktor terbesar dari intention to applyseseorang dalam melamar pekerjaan. Selain itu, reputasi perusahaan juga berperan penting yang menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan intention to applybagi para pelamar pekerja. Pelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh employer branding terhadap intention to applypada PT Wijaya Karya dengan corporate reputation sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik purposive sampling yang disebarkan ke 238 mahasiswa tingkat terakhir yang sedang menjalankan studi di Universitas Indonesia. Data pada penelitian ini diolah menggunakan software IBM SPSS 26 dan SmartPLS 4, dimana Analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square). Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa corporate reputation memberikan efek mediasi yang positif dan signifikan terhadap employer branding dan intention to apply. Hubungan antara ketiga variabel juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap satu sama lainnya.

Big name companies are no longer the only thing that determines someone intention for a job. Employer branding is one of the important keys for a company in creating an image to gain competitive advantage in many ways. One of them is getting superior and competent human resources to advance the company. The priorities of job applicants, especially young people, are starting to shift in choosing jobs. Applicants choose a company that has a good image to show that a company is a worthy place to work. So that makes employer branding one of the biggest factors of a  person intention when applying for a job. Apart from that, the company's reputation also plays an important role which is one of the determining factors of intention to apply for job applicants. This research aims to see the influence of employer branding on intention to apply in Wijaya Karya Corp with corporate reputation as a mediating variable. This research uses a quantitative approach carried out by distributing questionnaires using purposive sampling technique which was distributed to 238 final year students who were studying at the University of Indonesia. The data in this study was processed using IBM SPSS 26 and SmartPLS 4 software, where data analysis in this research was carried out using SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square). The results of this research show that corporate reputation provide a positive and significant mediation effect on employer branding and intention to apply for a job. The relationship between the three variables also has a positive and significant influence on each other."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Mahdi Fatahilah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari aktivitas employer branding perusahaan yang terdiri dari tiga dimensi (publicity, word of mouth endorsement, dan advertising) dan perceived job attributes of employer image yang terdiri dari tiga dimensi (working atmosphere, career opportunities, work-life comfort, task attractiveness, dan payment attractiveness) terhadap niat untuk melamar kerja pada Unilever Indonesia. Data penelitian ini diambil dari 222 sampel mahasiswa aktif S1 FEUI tingkat akhir dengan menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa publicity berpengaruh signifikan terhadap tiga dimensi perceived job attributes yaitu career opportunities, task attractiveness, dan payment attractiveness, word of mouth endorsement tidak berpengaruh terhadap satupun dimensi perceived job attributes, advertising berpengaruh terhadap seluruh dimensi perceived job attributes. Sementara itu diantara kelima aspek perceived job attributes, yang menunjukan pengaruh signifikan terhadap niat untuk melamar kerja hanya task attrativeness dan payment attractiveness, sedangkan working atmosphere, career opportunities, dan work-life comfort tidak memberikan pengaruh signifikan.

The aim of the research is to study the impact of employer branding activities which has three dimensions (publicity, word of mouth endorsement, and advertising) and perceived job attributes consist of five dimensions (working atmosphere, career opportunities, work-life comfort, task attractiveness, and payment attractiveness) to intention to apply on Unilever Indonesia. The data were collected from 222 sample of FEUI students who were on their final year of study. The result showed that publicity significantly affect three out of five dimensions of perceived job attributes, those were career opportunities, task attractivenes, and payment attractiveness. Word of mouth endorsement did not affect any of the dimensions, and advertising significantly affected all of the perceived job attribute dimensions. Among all of the perceived job attributes dimensions, only task attractiveness and payment attractiveness significantly affected intention to apply, while the other three, working atmosphere, career opportunities, and work-life comfort did not have any significant effect."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S56535
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mouline Zulfa Maharani
"Generasi Z merupakan generasi yang akan mulai masuk dan mendominasi pasar kerja. Dengan adanya fenomena ini, perusahaan harus mampu mengetahui faktor yang dibutuhkan oleh generasi Z dalam dunia kerja supaya mampu menarik generasi Z untuk bekerja di perusahaannya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan strategi employer branding. Selain itu, perusahaan juga harus mengadopsi karakteristik generasi Z dalam konteks proses rekrutmen, salah satunya adalah dengan mengadopsi e-recruitment. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran employer branding dan e-recruitment terhadap intention to apply generasi Z di DKI Jakarta. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menyebarkan kuesioner kepada 307 responden generasi Z yang merupakan mahasiswa aktif angkatan 2020 sampai dengan 2023. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa employer branding dan e-recruitment berpengaruh terhadap intention to apply. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan mampu menggunakan strategi employer branding dan e-recruitment untuk meningkatkan minat melamar pekerjaan generasi Z.

Generation Z is the generation that is beginning to enter and dominate the job market. With this phenomenon, companies must be able to understand the factors needed by Generation Z in the workplace to attract them to work for the company. This can be achieved by employing employer branding strategies. Additionally, companies should also adopt the characteristics of Generation Z in the context of the recruitment process, one of which is adopting e-recruitment. This research aims to examine the roles of employer branding and e-recruitment in the intention to apply among Generation Z in Jakarta, Indonesia. Using a quantitative approach, the study distributed questionnaires to 307 Generation Z respondents who are active students from the years 2020 to 2023. Data analysis was conducted using multiple linear regression analysis. The results of this study prove that employer branding and e-recruitment influence the intention to apply. Based on these findings, companies can use employer branding and e-recruitment strategies to enhance Generation Z's interest in applying for jobs."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syanindita Namara Anindya
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh employer branding attribute terhadap retensi dengan kepuasan kerja dan affective commitment sebagai variabel mediasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan PT Unilever Indonesia dengan total responden sebanyak 180 orang. Jenis penelitian yang digunakan
adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data penelitian ini menggunakan metode structural equation modeling dengan aplikasi WarpPLS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa employer branding attributes berpengaruh signifikan terhadap retensi melalui kepuasan kerja dan affective commitment, selanjutnya employer branding attributes berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan affective commitment, dan kepuasan kerja dan affective commitment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap retensi. Dari hasil penelitian yang menunjukkan employer branding attributes berpengaruh secara signifikan terhadap retensi melalui kepuasan kerja dan affective commitment, dapat dikatakan untuk meningkatkan retensi karyawan perusahaan dapat melakukan strategi employer branding.
The aim of this research is to analyze the impact of employer branding attributes on retention with job satisfaction and affective commitment as a mediating variable. This type of research is explanative with a quantitative approach. Data was collected by using a questionnaire. This research was conducted to employees who work at PT Unilever Indonesia with a total respondent of 180 employees. Data analysis is conducted using structural equation modeling with the WarpPLS application. The results of this research indicates that the employer branding attribute have a significant impact on retention through job satisfaction and affective commitment, also employer branding attribute have a significant impact on job satisfaction and affective
commitment, and job satisfaction and affective commitment have a significant impact on retention. The findings shows that employer branding attribute significantly affect retention through job satisfaction and affective commitment, therefore it can be agreed that companies
should implement employer branding strategies to improve employee retention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pearly Syifa Maharani
"Rendahnya kualitas aparatur sipil negara (ASN) dalam menyelenggarakan pemerintahan masih menjadi tantangan yang dihadapi saat ini. Untuk itu, Reformasi birokrasi dilakukan sebagai upaya pemerintah mewujudkan dynamic and world class government dengan salah satu reformasi dilakukan melalui perbaikan sistem rekrutmen dalam mendapatkan sumber daya manusia aparatur (SDMA) berkualitas. Employer branding ASN dilakukan sebagai salah satu strategi untuk menarik generasi muda dapat bergabung menjadi ASN di tengah lapangan pekerjaan yang semakin beragam. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh employer branding terhadap intensi Generasi Z di UI, UGM, dan Unpad sebagai generasi muda berkualitas untuk melamar sebagai ASN. Pada penelitian ini, variabel employer branding diukur dengan beberapa dimensi menurut Dabirian, Kietzmann, & Diba (2017) yang telah disesuaikan. Variabel intention to apply, diukur dengan menggabungkan indikator menurut Birgelen, Wetzels, & Dolen (2008) dan Gomes & Neves (2011). Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 106 responden sesuai kriteria penelitian, dan melakukan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employer branding memiliki pengaruh terhadap intention to apply dengan dimensi interest value, economic value, dan work-life balance menjadi dimensi yang berpengaruh signifikan terhadap intensi Gen Z untuk melamar sebagai ASN.

The low quality of civil servant apparatus (ASN) in organizing governance remains a challenge faced today. Therefore, bureaucratic reform is undertaken as a government effort to realize a dynamic and world-class government, with one of the reforms being implemented through the improvement of the recruitment system in obtaining qualified human resources for the apparatus (SDMA). Employer branding for ASN is carried out as one strategy to attract the younger generation to join as civil servants amidst an increasingly diverse job market. This research is conducted to analyze the influence of employer branding on the intention of Generation Z at UI, UGM, and Unpad as quality young generations to apply as civil servants. In this study, the employer branding variable is measured with several dimensions according to Dabirian, Kietzmann, & Diba (2017) that have been adjusted. The intention to apply variable is measured by combining indicators according to Birgelen, Wetzels, & Dolen (2008) and Gomes & Neves (2011). This research uses a mixed-method approach by distributing questionnaires to 106 respondents based on the research criteria and conducting in-depth interviews. The results show that employer branding has an influence on the intention to apply, with the dimensions of interest value, economic value, and work-life balance being significant factors influencing the intention of Gen Z to apply as civil servants."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khairunnisa Della Egaputri
"Penelitian in bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari perceived credibility of online job advertisement dan employer branding terhadap intention to apply dengan daya tarik organisasi sebagai variabel mediasi yang dilihat pada perusahaan tech start-up di Indonesia. Penelitian in juga memasukan karakteristik generasi Z yang diindikasikan memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi lainnya. Responden penelitian berjumlah 260 orang yang merupakan para pencari kerja generasi Z yang berdomisili di Jabodetabek. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perceived credibility of online job advertisement dan employer branding terhadap intention to applyyang dimediasi secara parsial oleh variabel daya tarik organisasi.

The study aims to determine the influence of perceived credibility of online job advertisements and employer branding on intention to apply, with organizational attractiveness as a mediating variable, in tech start-up companies in Indonesia. The study also incorporates the characteristics of Generation Z, who are indicated to have distinct characteristics compared to other generations. The research respondents consist of 260 individuals who are job seekers from Generation Z residing in the Greater Jakarta area. The research method employed is quantitative using Structural Equation Model (SEM) analysis. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence of perceived credibility of online job advertisements and employer branding on intention to apply, partially mediated by the organizational attractiveness variable."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>