Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 235019 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Teguh Juniarto
"Tesis ini membahas tentang hubungan electronic word-of-mouth (e-WOM) di social media & brand image terhadap keputusan pembelian (Studi pada restoran Sumoboo). Desain penelitian ini adalah penelitian quasi experimental. Responden adalah pegawai swasta yang bekerja di Kompas Gramedia Divisi Corporate Comptroller yang berjumlah 32 orang. Peneliti mendapatkan data primer melalui suvei kepada para responden. Kemudian, peneliti mendapatkan data sekunder melalui konten di media sosial, seperti Twitter & Instagram, kemudian dari literatur-literatur pendukung. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word-of-mouth di social media berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga menunjukkan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian, dari hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa electronic word-of-mouth di social media & brand image secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Ketiga hasil penelitian tersebut terdapat baik di dalam kelompok eksperimen maupun di dalam kelompok kontrol.
Hasil penelitian terakhir menunjukkan electronic word-of-mouth di social media berpengaruh terhadap brand image, khusus untuk kelompok eksperimen, tidak dalam kelompok kontrol. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peneliti lainnya untuk mengembangkan variabel saluran komunikasi pemasaran lainnya yang turut berkontribusi dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Implikasi berikutnya adalah untuk memberi manfaat untuk penelitian selanjutnya dalam menentukan variabel-variabel lain yang turut mempengaruhi keputusan pembelian. Implikasi bagi para praktisi di dunia pemasaran agar menggunakan e-wom dan brand image sebagai alat untuk melakukan pemasaran suatu produk.

This thesis discusses the relationship of electronic word-of-mouth (e-WOM) in social media & brand image towards Purchase Decision (Study at Sumoboo Cafe).This research use quasi-experimental approach. Respondents are employees who work at Kompas Gramedia Corporate Comptroller Division, 32 persons. Researchers obtain primary data through a survey to respondents. Then, the secondary data was taken from contents in social media, particularly Twitter & Instagram, and also literature support. Data is analyzed with multivariate linear regression.
The result of this research shows electronic word-of-mouth (e-WOM) in social media gives influence to purchase decision. The results of this research also results brand image influences to purchase decision. Next, the result of this research shows electronic word-of-mouth (e-WOM) in social media and brand image simultaneously affects to purchase decision. Three results of this research can be seen both in experiment respondent and control respondents.
The last result of this research shows electronic word-of-mouth (e-WOM) in social media influences to brand image, particularly in experiment respondents, not in control respondents. This study is expected to give a contribution for other researchers to develop other marketing communication tool variables who give a contribution to increase a consumer purchase decision. Next implication is to give a benefit for the next research in determining other variables which influence to consumer purchase decision. The implication for marketing communication practices is to use e-wom and brand image as tools to promote a product
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T45944
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rica Sharma
"Tesis ini membahas hubungan electronic word-of-mouth di social media dan brand image terhadap keputusan pembelian, studi dalam memilih preschool Highscope. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatori, responden adalah orang tua yang diwakili oleh ibu dari murid yang terdaftar di preschool Highscope, berjumlah 97 orang. Metode analisa data dilakukan dengan analisa statistik deskriptif dan analisa jalur untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word-of-mouth (e-WOM) di social media dan brand image memiliki pengaruh signifikan baik secara terpisah maupun secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.

This thesis discusses about the relationship electronic word-of-mouth in social media and brand image on purchase decisions, in choosing a preschool Highscope study. This research is a quantitative study with explanatory design; respondents are parents who are represented by the mother of a student enrolled in preschool Highscope, totaling 97 people. Data analysis method are descriptive statistical analysis and path analysis to prove this research hypothesis. The results showed that the electronic word-of-mouth (e-WOM) in social media and brand image has a significant effect, either separately or jointly to the purchasing decision."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41659
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bahak Husaeyni
"Fenomena layanan streaming sebagai hiburan alternatif dari televisi konvensional semakin diminati oleh masyarakat, akses yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja, menjadikannya populer sebagai platform hiburan. Tulisan ini bertujuan menjelaskan pengaruh iklan di media sosial dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan beli layanan streaming Vidio. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan terdapat dua peta studi mengenai hal tersebut. Pertama adalah iklan di media sosial mempengaruhi masyarakat selaku konsumen untuk melakukan keputusan beli karena media sosial sebagai new media menjangkau banyak khalayak. Penulis kurang setuju dengan studi-studi ini karena variabel sosial seperti electronic word of mouth (e-WOM) juga dapat mempengaruhi masyarakat dalam melakukan keputusan beli. Hal ini karena konsumen bisa mendapatkan referensi mengenai suatu produk melalui teman maupun komunitas yang memiliki kesamaan minat. Peta studi kedua, electronic word of mouth (e-WOM) juga dapat mempengaruhi keputusan beli. Hal ini bisa dilihat dari studi sebelumnya yang mengungkap bahwa electronic word of mouth (e-WOM) seperti ulasan atau review yang didapat dari sesama pengguna media sosial berpengaruh terhadap keputusan beli. Akan tetapi penulis melihat studi-studi terdahulu hanya berfokus pada electronic word of mouth (e-WOM) dalam Social Media Commerce dan layanan streaming Netflix serta kurang melihat pengaruhnya pada konteks pembelian layanan streaming Vidio. Dengan analisis pada layanan streaming Vidio, penulis berargumen jika iklan di media sosial dan electronic word of mouth (e-WOM) berdampak pada keputusan beli layanan streaming Vidio, apalagi salah satu konten yang disediakan Vidio adalah pertandingan olahraga seperti sepak bola yang diketahui memiliki komunitas masif di media sosial. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Secara khusus penulis pada konseptualisasi menjadikan variabel iklan di media sosial menjadi daya tarik iklan di media sosial agar dapat dikuantifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan iklan di media sosial dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan beli layanan  streaming Vidio.

The phenomenon of streaming services as alternative entertainment to conventional television is increasingly in demand by the public, access can be done anytime and anywhere, making it popular as an entertainment platform. This article aims to explain the influence of advertising on social media and electronic word of mouth (e-WOM) on purchasing decisions for Vidio streaming services. Based on the literature study carried out, there are two study maps regarding this matter. First, advertising on social media influences people as consumers to make purchasing decisions because social media as new media reaches many audiences. The author does not agree with these studies because social variables such as electronic word of mouth (e-WOM) can also influence people in making purchasing decisions. This is because consumers can get references about a product through friends or communities who have similar interests. The second study map, electronic word of mouth (e-WOM) can also influence purchasing decisions. This can be seen from previous studies which reveal that electronic word of mouth (e-WOM), such as reviews obtained from fellow social media users, influences purchasing decisions. However, the author sees that previous studies only focused on electronic word of mouth (e-WOM) in Social Media Commerce and Netflix streaming services and did not look at their influence in the context of purchasing Vidio streaming services. By analyzing the Vidio streaming service, the author argues that advertising on social media and electronic word of mouth (e-WOM) has an impact on the decision to purchase Vidio's paid streaming service, especially since one of the content provided by Vidio is sports matches such as football which is known to have a massive community. on social media. This research method uses a quantitative approach with data collection techniques through questionnaires. Specifically, the author in the conceptualization makes the advertising variable on social media into the attractiveness of advertising on social media so that it can be quantified. The results of this research show that there is a positive and significant influence of advertising on social media and electronic word of mouth (e-WOM) on purchasing decisions for Vidio streaming services. Key Words: advertising on social media, attractiveness of advertising on social media, communities, electronic word of mouth (e-WOM), online networks, purchase decisions."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novia Nuraini
"Perkembangan teknologi internet dan penggunaan media sosial membuat electronic word of mouth menjadi salah satu bentuk penyebaran pesan yang digunakan oleh konsumen untuk mencari informasi terkait sebuah produk. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth di social media Youtube terhadap keputusan pembelian produk lipstik Wardah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan terdiri dari dua variabel yaitu variabel electronic word of mouth dan variabel keputusan pembelian. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini berjumlah 96 responden yang pernah terpapar pesan electronic word of mouth di social media Youtube mengenai produk lipstik Wardah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth di social media Youtube memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.

The growth of internet and the use of social media has made electronic word of mouth become one of the dissemination form of a message that is used by consumer to seek for a product's information. The purpose of this research is to analyze the influence of electronic word of mouth on social media Youtube towards Wardah lipstick product purchase decision. This research uses quantitative approach and consist of two variables which are electronic word of mouth and purchase decision. The data were collected through questionnaire with purposive sampling technique. The sample of this research are 96 respondents who have been exposed to an electronic word of mouth on social media Youtube about Wardah's lipstick product. The result of this research shows that electronic word of mouth on social media Youtube have a strong influence towards purchase decision."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzia Nashiha
"[ABSTRAK
Kemajuan teknologi internet dan media sosial memberikan Electronic Word of Mouth (e-WOM) kemampuan untuk mencapai lebih banyak orang dan memiliki pengaruh yang lebih besar dalam memengaruhi sikap dan perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh e-WOM yang tercipta di media sosial terhadap reputasi PT GO-JEK Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sifat eksplanatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa e-WOM berpengaruh secara signifikan terhadap reputasi perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa intensitas dan e-WOM positif berpengaruh signifikan dalam membangun reputasi perusahaan. Sedangkan e-WOM negatif berpengaruh signifikan dalam merusak reputasi perusahaan.
ABSTRACT
The growth of internet technology and social media giving Electronic Word of Mouth (e-WOM) the ability to reach more people and greater influence in consumer?s attitudes and behaviour. The purpose of this research is to reveal the influence of e-WOM created in social media on the reputation of PT GO-JEK Indonesia. The research method is quantitative research with explanative approach. The results of this study found that e-WOM significantly effect the corporate reputation. In addition, the study also found that the intensity and positive e-WOM effect is significant in building the corporate reputation. While negative e-WOM effect is significant in damaging the corporate reputation., The growth of internet technology and social media giving Electronic Word of Mouth (e-WOM) the ability to reach more people and greater influence in consumer’s attitudes and behaviour. The purpose of this research is to reveal the influence of e-WOM created in social media on the reputation of PT GO-JEK Indonesia. The research method is quantitative research with explanative approach. The results of this study found that e-WOM significantly effect the corporate reputation. In addition, the study also found that the intensity and positive e-WOM effect is significant in building the corporate reputation. While negative e-WOM effect is significant in damaging the corporate reputation.]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S62668
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Zharah Ayuningtyas
"Pemanfaatan media sosial kini telah menjadi salah satu dari gaya hidup konsumen Jakarta saat ini. Media sosial kini telah menajdi salah satu alat pemasaran yang efektif bagi suatu produk.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh electronic word of mouth e-WOM melalui Instagram terhadap minat beli konsumen pada Ojju K Food. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive, dan melibatkan 100 responden yang merupakan pengguna Instagram aktif yang telah terpapar e-WOM namun belum pernah membeli produk Ojju K Food. Dimensi penelitian ini terdiri dari 6 dimensi yang mempengaruhi minat beli konsumen, yaitu relevance, accuracy, comperehensiveness, timeliness, source expertice dan source trustworthiness. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang terbentuk antara e-WOM dengan minat beli dan dimensi e-WOM yang paling berpengaruh adalah adalah dimensi relevance.

The utilization of social media has now become one of the lifestyles of Jakarta 39 s consumers today. Social media has now become one of the most effective marketing tools for a product. The purpose of this research is to know the existence of electronic word of mouth e WOM influence through Instagram to consumer buying interest in Ojju K Food. The method used in this research is by non probability sampling method with purposive technique, and involving 100 respondents who are active Instagram users who have been exposed to e WOM but have never bought Ojju K Food product. Dimensions of this research consists of 6 dimensions that affect consumer buying interest, namely relevance, accuracy, comperehensiveness, timeliness, source expertice and source trustworthiness. The results of this study indicate the influence formed between e WOM with consumer purchase intention and the most influential e WOM dimension is the relevance."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S68579
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Nurrohman
"Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media usage terhadap purchase decision involvement, brand awareness, dan brand image dengan dimediasi oleh EWOM dan trust pada industri rumah subsidi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 orang responden. Responden penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang memiliki gaji dibawah delapan juta rupiah perbulan dalam enam bulan terakhir, pernah mengulas atau melihat ulasan mengenai sosial media rumah subsidi dalam enam bulan terakhir, dan tidak sedang bekerja pada agensi pemasaran rumah subsidi. Data dianalisis dengan metode Structural Equation Model (SEM) atau model persamaan struktural dengan menggunakan aplikasi AMOS versi 24. Hasil studi menunjukkan bahwa social media usage memiliki pengaruh terhadap brand image dan brand awareness dengan dimediasi EWOM dan trust. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa social media usage tidak mempengaruhi purchase decision involvement baik secara langsung maupun dengan dimediasi oleh EWOM dan trust. Penelitian ini berkontribusi dengan membahas industri rumah subsidi sebagai objek penelitian serta mengembangkan model penelitian terdahulu dengan menambahkan brand image, brand awareness, dan pengaruh social media usage pada EWOM. Selain itu penelitian ini juga berkontribusi sebagai alat bantu mengambil keputusan pada komunikasi pemasaran di industri rumah subsidi.

This study aims to analyze the effect of social media usage on purchase decision involvement, brand awareness, and brand image mediated by EWOM and trust in the subsidized house industry. This research uses quantitative methods by distributing questionnaires to 200 respondents. The respondents of the research are Indonesian people who have a salary of under eight million rupiah per month in the last six months, have reviewed or seen reviews on subsidized housing social media in the last six months, and are not currently working at a subsidized housing marketing agency. Data were analyzed using the Structural Equation Model (SEM) method or structural equation modeling using the AMOS version 24. The study results show that social media usage has an influence on brand image and brand awareness mediated by EWOM and trust. In addition, the research results also indicate that social media usage does not affect purchase decision involvement either directly or mediated by EWOM and trust. This research contributes by discussing the subsidized house industry as a research object and developing previous research model by adding brand image, brand awareness, and the influence of social media usage on EWOM. In addition, this research also contributes as a decision-making tool on marketing communication in the subsidized house industry."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatimah Jasmine
"Baru-baru ini, penelitian tentang Word of Mouth Elektronik (Sarana promosi dari mulut ke mulut melalui media elektronik) dan niat beli konsumen semakin menarik perhatian. Namun, perbandingan lintas negara antara dua negara dengan latar belakang budaya yang berbeda belum diteliti, khususnya dalam industri pariwisata. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan literatur di bidang ini dan memberikan wawasan lebih bagi para manajer dan direktur bisnis di bidang pariwisata dengan menguji dampak kepercayaan Word of mouth elektronik pada niat beli konsumen dari dua pandangan budaya yang sangat berbeda. Penelitian kuantitatif dilakukan terhadap 119 responden dari dua negara yaitu warga negara Belanda dan warga negara Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan konsumen terhadap Word of mouth elektronik berpengaruh besar dan positif terhadap niat beli konsumen. Semakin tinggi kepercayaan konsumen terhadap Word of mouth elektronik semakin tinggi niat mereka untuk membeli produk tersebut. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa budaya sebagai variabel moderasi tidak mempengaruhi hubungan tersebut. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara responden dari Indonesia yang memiliki latar belakang budaya kolektivisme dan Belanda yang memiliki latar belakang budaya individualisme.
Recently, research on electronic word of mouth and purchase intention has been growing in attention. However, a cross country comparison between two different cultural backgrounds have not yet been investigated, especially in the travel industry. Thus, this study aims to fill in the gap of the literature and provide valuable insights for managers and directors of travel-related business by examining the impact of trust in electronic word of mouth on purchase intention on two very different cultural view. A quantitative research were conducted on 119 respondents, both Dutch and Indonesians. The results showed that level of trust in electronic word of mouth has a big and positive influence on consumer`s purchase intention. The higher the consumers trust the eWOM, the higher their intention to purchase the product. Moreover, the results also showed that culture as a moderating variable did not affect this relationship. There are no significant difference between Indonesian respondents which have a collectivism background of culture and Dutch which have an individualism culture background."
2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jafar Fathul Haq
"Seiring dengan pertumbuhan internet, kegiatan customer engagement melalui media sosial menjadi penting untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dan customer-nya. Disamping itu, electronic word of mouth telah menjadi bentuk iklan yang paling dipercaya oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara customer engagement terhadap pembentukan electronic word of mouth positif pada Twitter XL @XL123 serta melihat dimensi customer engagement manakah yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap pembentukan electronic word of mouth positif pada Twitter XL @XL123. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan non-probability sampling. Sample dalam penelitian ini adalah 100 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan multiple regression. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa customer engagement memiliki pengaruh terhadap pembentukan electronic word of mouth positif. Dimensi customer engagement yang memiliki pengaruh terbesar pada pembentukan electronic word of mouth positif adalah Cognitive Attachement.

Following the growth of the Internet, customer engagement activities through social media have become an important activities to increase the company relationship with its customer. In addition, electronic word of mouth have become the most trusted form of advertising. This research aimed to observe the effect of customer engagement on establishing positive electronic word of mouth, and to observe which dimension of customer engagement had the greatest effect on establishing positive electronic word of mouth. This research applied quantitative approach and collected using non-probability sampling. The sample of this research was 100 respondent. This research used questionnaire as a research instrument and analyzed with multiple regression. This research proved that customer engagement had an effect on establishing positive electronic word mouth. The dimension of customer engagement which has the greatest effect on establishing positive electronic word of mouth was cognitive attachement."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S55432
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andriani Yuliasningrum
"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terutama adanya internet telah turut mengubah bagaimana konsumen berkomunikasi satu sama lain. Dengan adanya internet informasi yang disampaikan oleh konsumen yang telah menggunakan sebuah produk dapat diakses dan dibaca oleh konsumen lainnya dimanapun dan kapanpun. Informasi ini tersebar dari mulut ke mulut konsumen dengan lebih cepat dan dinilai lebih efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Bentuk komunikasi inilah yang disebut dengan electronic word-of-mouth (e-WOM). Penelitian kuantitatif ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh e-WOM terhadap Brand Image, serta terhadap Purchase Intention konsumen baik secara langsung maupun dengan dimediasi oleh Brand Image. Penelitian ini melibatkan 116 sampel yang berasal dari wilayah Jabodetabek. Dimana sampel penelitian ini merupakan mereka yang pernah membaca product review atau ulasan produk Etude House pada berbagai Beauty Blog dalam kurun waktu enam bulan terakhir serta belum pernah melakukan pembelian terhadap produk yang ulasannya dibaca oleh responden pada Beauty Blog tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-WOM memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Brand Image, serta Purchase Intention konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung dengan dimediasi oleh Brand Image pada produk kosmetik Etude House.

Advances of technology information and communication particularly availability of internet have turned the way consumer to communicated each other. Internet enable every information that consumer want to share about a product can be access and read of other consumer whenever and anywhere. This information finally spread by word of mouth faster and more effective to influent consumer purchase decision making. Sort of this communication is called electronic word-of-mouth (e-WOM). This quantitative research supposed to know the effect that e-WOM accused towards Brand Image, and also consumer Purchase Intention either directly or mediating by Brand Image. This study involved 116 sample from Jabodetabek area. The sample of this research is consumers who have read product review of any product from Etude House in any beauty blog for six month before this research conducted and never purchase product in the product review at any blog that consumer have been read before. The result of of this study showed that e-WOM have significantly and positively effect toward Brand Image and consumer Purchase Intention either directly or indirectly with mediating of Brand Image towards Etude House cosmetic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65648
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>