Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 173202 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Syaiful Aliim
"ABSTRAK
Perkembangan industri retail di Indenesia saat ini sangat pesat. Dengan melihat perkembangan tersebut ada peluang yang dapat dimanfaatkan oleh operator maupun vendor hardware. Internet of Thing adalah konsep memanfaatkan objek yang ada dilingkungan sekitar untuk melakukan hal-hal yang bisa memberikan manfaat dengan menggunakan koneksi internet. Kunci utama dari IoT adalah sensor dimana perkembangan teknologi saat ini ukuran sensor semakin kecil dan daya tahan terhadap lingkungan maupun pemakaian energi yang semakin kecil. IoT sendiri memiliki 4 layer yaitu Application, Service Support, Network dan Device dimana masing-masing memiliki peluang tersendiri
Pada tesis ini sebuah model implementasi IoT dikembangkan dengan menggunakan salah satu pendekatan System Engineering yaitu V-Model. Dengan melakukan perhitungan kelayakan ekonomi dari model implementasi IoT tersebut dengan membuat tiga skenario untuk 3G, 4G dan menggunakan fixed line. Hasil yang diperoleh adalah Fixed line dengan nilai NPV : Rp 26.004.323.111 dan IRR : 14%, 3G dengan nilai NPV : Rp 35.514.751.788 dan IRR : 17%, dan 4G dengan nilai NPV : Rp 35.960.553.132 dan IRR : 17% sehingga layak untuk diimplementasikan karena NPV bernilai positif dan IRR > MARR yaitu 6.75 %. Kemudian berdasarkan justifikasi biaya CAPEX disimpulkan bahwa layer IoT application memiliki peluang paling baik untuk dikembangkan oleh pada developer aplikasi lokal di Indonesia. Sementara itu nilai tambah dari implementasi smart retail adalah mengurangi beban kerja karyawan, pengurangan kemungkinan barang hilang dan mempersingkat proses stock opname

ABSTRACT
The Development of retail industry in Indonesia is growing very fast. This development create the chance to telecom operator or hardware vendor to utilize such business opportunity. Internet of Thing is concept that utilize any object around us to do something smart by using internet connection. The main key of IoT is sensor, in which such technology development is becoming smaller, stand with any environment and using less energy. IoT consist of four i.e. layer, application, service support, network and device which has own opportunities
This thesis proposed the implementation model of IoT on retail industry in Indonesia. We develop model by using system engineering approach V-model. By doing a calculation of economic feasibility using three scenarios (3G, 4G and fixed line). There are results that : fixed line scenario value of NPV is Rp. 26.004.323.111 and IRR 14 %, 3G scenario results value of NPV is Rp 35.514.751.788 and IRR 17 %, and 4G scenario results NPV value at Rp. 35.960.553.132 and IRR 17 %. This result proves that model implemenatation of IoT is feasible. Based on CAPEX factor, it is conclude that layer Application has more opportunity for local developer in Indonesia. Meanwhile added value from implementation smart retail may reduce human working load, decreasing lost of goods and shortening stock opname process."
2016
T45817
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrianto Adi Wibowo
"AEC (Asean Economic Community) 2015 menimbulkan beberapa tantangan dalam industri logistik. Oleh karenanya diperlukan peranan dan penerapan layanan IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan daya saing, yaitu berupa implementasi layanan smart logistic transport. Tesis ini mengusulkan model implementasi smart logistic transport di Indonesia yang berfokus pada sistem cold supply chain.
Tesis ini bertujuan melakukan analisis ekonomi teknik dalam bentuk analisis komparatif layanan smart logistic transport terkait pemilihan teknologi jaringan 2G/3G/4G dan fitur MDVR yang dibedakan menjadi Skenario 1-2-3. Sedangkan pengembangan model implementasi didapatkan setelah melakukan wawancara dengan application customers,technological vendors,regulator & network provider.
Berdasarkan trial implementasi smart logistic transport bulan September – Oktober 2015 dengan analisis ekonomi teknik, didapatkan layanan not feasible hanya pada skenario 3 untuk unit "CD6", di jaringan 4G. Hal ini terkait masih mahal dan belum banyak tersedianya modul m2m gateway dan MDVR teknologi jaringan 4G. Sehingga diperlukan jumlah minimum truk "CD6" dan "Fuso" pada tiap skenario agar implementasi menjadi feasible. Untuk model implementasi layanan terdiri atas 11 fitur, yaitu 2 fitur basic dan 9 fitur advanced. Dikarenakan bisnis proses yang dinamis maka konsumen membutuhkan fitur advanced yang lebih spesifik di masa akan datang. Dengan melihat peluang tersebut maka local content developer dapat menciptakan dan mengembangkan fitur yang relevan.

Asean Economic Community 2015 has been creating more challenges in logistics industries in Indonesia. The implementation of IoT in logistic services is needed for increasing competitiveness leading to the establishment of so-called "smart logistic transport". We propose the implementation model of the Indonesian Smart Logistic Transport, by focusing on cold supply chain system.
We have conducted an engineering economic analysis of the smart logistics transport, in relation with the mobile network platform of 2G, 3G, 4G. Development of the implementation model is completed by conducting in-depth interviews with the application customers, technological vendors, regulator and network provider.
Based on implementation trial in September-October 2015 and engineering economic analysis, we have found that Smart Logistic Transport is not feasible only on scenario 3 for "CD6" at 4G network. Such condition is caused by the expensive price of 4G’s M2M gateway module and MDVR. Therefore, it requires the minimum amount of implemented truck to make implementation feasible. Our proposed model has signified 11 features, i.e. 2 basic feature and 9 advanced features, formulating the Indonesian smart logistics transport system. Due to the dynamic business process, customers may need specific advanced features in the future. By taking such opportunity, Indonesian local content developer can work to develop any relevant application features, which is needed by the logistic companies in the near future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45150
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrianto Adi Wibowo
"AEC (Asean Economic Community) 2015 menimbulkan beberapa tantangan dalam industri logistik. Oleh karenanya diperlukan peranan dan penerapan layanan IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan daya saing, yaitu berupa implementasi layanan smart logistic transport. Tesis ini mengusulkan model implementasi smart logistic transport di Indonesia yang berfokus pada sistem cold supply chain.
Tesis ini bertujuan melakukan analisis ekonomi teknik dalam bentuk analisis komparatif layanan smart logistic transport terkait pemilihan teknologi jaringan 2G/3G/4G dan fitur MDVR yang dibedakan menjadi Skenario 1-2-3. Sedangkan pengembangan model implementasi didapatkan setelah melakukan wawancara dengan application customers,technological vendors,regulator & network provider.
Berdasarkan trial implementasi smart logistic transport bulan September-Oktober 2015 dengan analisis ekonomi teknik, didapatkan layanan not feasible hanya pada skenario 3 untuk unit "CD6", di jaringan 4G. Hal ini terkait masih mahal dan belum banyak tersedianya modul m2m gateway dan MDVR teknologi jaringan 4G. Sehingga diperlukan jumlah minimum truk "CD6" dan "Fuso" pada tiap skenario agar implementasi menjadi feasible. Untuk model implementasi layanan terdiri atas 11 fitur, yaitu 2 fitur basic dan 9 fitur ad.

Asean Economic Community 2015 has been creating more challenges in logistics industries in Indonesia. The implementation of IoT in logistic services is needed for increasing competitiveness leading to the establishment of so-called "smart logistic transport". We propose the implementation model of the Indonesian Smart Logistic Transport, by focusing on cold supply chain system.
We have conducted an engineering economic analysis of the smart logistics transport, in relation with the mobile network platform of 2G, 3G, 4G. Development of the implementation model is completed by conducting in-depth interviews with the application customers, technological vendors, regulator and network provider. Based on implementation trial in September-October 2015 and engineering economic analysis, we have found that Smart Logistic Transport is not feasible only on scenario 3 for "CD6" at 4G network. Such condition is caused by the expensive price of 4G’s M2M gateway module and MDVR.
Therefore, it requires the minimum amount of implemented truck to make implementation feasible. Our proposed model has signified 11 features, i.e. 2 basic feature and 9 advanced features, formulating the Indonesian smart logistics transport system. Due to the dynamic business process, customers may need specific advanced features in the future. By taking such opportunity, Indonesian local content developer can work to develop any relevant application features, which is needed by the logistic companies in the near future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45151
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrianto Adi Wibowo
"AEC (Asean Economic Community) 2015 menimbulkan beberapa tantangan dalam industri logistik. Oleh karenanya diperlukan peranan dan penerapan layanan IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan daya saing, yaitu berupa implementasi layanan smart logistic transport. Tesis ini mengusulkan model implementasi smart logistic transport di Indonesia yang berfokus pada sistem cold supply chain. Tesis ini bertujuan melakukan analisis ekonomi teknik dalam bentuk analisis
komparatif layanan smart logistic transport terkait pemilihan teknologi jaringan 2G/3G/4G dan fitur MDVR yang dibedakan menjadi Skenario 1-2-3. Sedangkan pengembangan model implementasi didapatkan setelah melakukan wawancara
dengan application customers,technological vendors,regulator &network provider. Berdasarkan trial implementasi smart logistic transport bulan September-Oktober 2015 dengan analisis ekonomi teknik, didapatkan layanan not feasible
hanya pada skenario 3 untuk unit-CD6, di jaringan 4G. Hal ini terkait masih mahal dan belum banyak tersedianya modul m2m gateway dan MDVR teknologi jaringan 4G. Sehingga diperlukan jumlah minimum truk CD6 dan Fuso pada tiap skenario agar implementasi menjadi feasible. Untuk model implementasi layanan terdiri atas 11 fitur, yaitu 2 fitur basic dan 9 fitur advanced. Dikarenakan bisnis proses yang dinamis maka konsumen membutuhkan fitur advanced yang lebih
spesifik di masa akan datang. Dengan melihat peluang tersebut maka local content developer dapat menciptakan dan mengembangkan fitur yang relevan.

Asean Economic Community 2015 has been creating more challenges in logistics industries in Indonesia. The implementation of IoT in logistic services is needed for increasing competitiveness leading to the establishment of so-called smart logistic transport. We propose the implementation model of the Indonesian Smart Logistic Transport, by focusing on cold supply chain system. We have conducted an engineering economic analysis of the smart logistics transport, in relation with the mobile network platform of 2G, 3G, 4G. Development of the implementation model is completed by conducting in-depth interviews with
the application customers, technological vendors, regulator and network provider. Based on implementation trial in September-October 2015 and engineering economic analysis, we have found that Smart Logistic Transport is not feasible only on scenario 3 for CD6 at 4G network. Such condition is caused by the expensive price of 4G's M2M gateway module and MDVR. Therefore, it requires the minimum amount of implemented truck to make implementation feasible. Our proposed model has signified 11 features, i.e. 2 basic feature and 9 advanced features, formulating the Indonesian smart logistics transport system. Due to the dynamic business process, customers may need specific advanced features in the future. By taking such opportunity, Indonesian local content developer can work to develop any relevant application features, which is needed by the logistic companies in the near future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arditya Prakoso Putra
"Penelitian ini ingin melihat dampak Pembangunan Jalan Tol terhadap pertumbuhan industri ritel, terutama ritel modern, dengan mengambil pembangunan jalan tol Trans Jawa di Indonesia. Menggunakan pendekatan difference-in-differences (DID), penelitian ini menganalisis pengaruh Jalan Tol Trans Jawa di 7.656 desa yang dilalui jalan tol dalam periode tahun 2006 sampai dengan tahun 2018. Hasilnya menunjukkan bahwa secara rata-rata, setelah adanya program pembangunan jalan tol Trans Jawa, tren peningkatan jumlah minimarket di desa yang dilalui oleh jalan tol Trans Jawa lebih besar 0.53 unit jika dibandingkan dengan daerah yang tidak oleh dilalui jalan tol Trans Jawa. Sementara itu, pengaruh jalan tol Trans Jawa terhadap jumlah warung/toko kelontong sebagai ritel tradisional tidak signifikan. Terlihat bahwa program pembangunan jalan tol cenderung membuka akses terhadap pertumbuhan industri ritel modern di Indonesia.

This study would like to see the impact of toll road development toward retail industry growth especially modern retail by taking the construction of the Trans Java toll road in Indonesia. Using a difference-in-differences (DID) approach, this study analyzes the effect of Trans Java Toll Road in 7.656 villages crossed by toll road from 2006 to 2018. The result shows that, on average, after Trans Java toll road program, the trend of increasing the number of minimarkets in villages crossed by the Trans Java toll road is 0.53 units larger compared to The villages that doesn't crossed by Trans Java toll road. But the results show that there is no significant effect of the Trans Java toll road on the number of traditional stores, namely the grocery store as traditional retail. It can be seen that toll road development programs tend to open up access to the growth of the modern retail industry in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Washington, D.C.: ULI-the Urban Land Institute, 2008
658.87 RET
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Farrel Hakim Indraputra
"Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi industri fesyen Australia dengan penurunan penjualan dan mempercepat pergeseran perilaku belanja ke pengecer online. Hal ini mendorong perusahaan di industri ritel fesyen untuk berinovasi dalam hal teknologi dan penawaran produk untuk mendapatkan keunggulan diferensiasi di era ritel pasca-Covid. Lovisa adalah merek perhiasan fesyen terbesar di Australia, spesialis dalam ritel perhiasan dan aksesori fesyen wanita. Lovisa Holdings Limited memiliki operasi ritel yang diperluas di Asia-Pasifik, Eropa, dan Afrika Selatan. Dipasarkan untuk menyediakan perhiasan yang terjangkau dan sedang tren dengan pengalaman pelanggan yang sangat diakui. Proses bisnis dapat ditingkatkan dengan pengenalan Augmented Reality dan perluasan produk ke pasar perhiasan pria yang belum dimanfaatkan. Dinilai dengan memanfaatkan Pohon Masalah, Analisis SWOT, Segmentasi dan Positioning, Evaluasi, dan Rencana Bisnis.

The Covid-19 pandemic has affected the Australian fashion industry with decreasing sales and has accelerated the shift in shopping behaviour towards online retailers. This encourages brands to innovate in terms of retail technology and product offerings to gain a differentiation advantage in the era of post-Covid retail. Lovisa is the largest fashion jewellery brand in Australia, specialising in the retail of women’s fast-fashion jewellery and accessories. Lovisa Holdings Limited has an extended retail operation across Asia-Pacific, Europe, and South Africa. Marketed to provide affordable, on-trend jewellery with a highly acclaimed customer experience. Business processes can be improved with the introduction of Augmented Reality and product expansion into the untapped men’s jewellery market. Assessed by utilising the Issue Tree, SWOT Analysis, Segmentation and Positioning, Evaluation, and Business Plan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Kurnia
"PT. Indonesia Comnets Plus sedang mencoba untuk berkecimpung di bisnis retail FTTH. Bisnis yang berjalan saat ini hanya fokus pada penjualan pelanggan segmen korporat. Dengan PT. Indonesia Comnets Plus terjun ke bisnis retail, diyakini dapat menjadi salah satu sumber pendapatan baru. Kabel fiber optik digelar melalui RoW tiang tumpu PLN menggunakan teknologi konvensional, dan banyak digunakan untuk pelanggan korporat. Sebagai alternatif dilakukan uji coba penggunaan teknologi GPON untuk pelanggan retail. Setelah dilakukan simulasi terhadap beberapa skenario model, diperoleh bahwa bisnis retail layak digunakan apabila dilakukan investasi pembangunan POP dan jaringan distribusi hingga tahun ke-4. Margin profit diperoleh pada tahun ke-5, dan NPV positif sebesar Rp 658,289,416,564. Dengan skenario instalasi dan material CPE dilakukan oleh operator lain dan set top box berasal dari subsidi pemerintah.

PT. Indonesia Comnets Plus is trying to engage in retail business FTTH. Businesses that run this time are only focus on selling at corporate customer segmen. With PT. Indonesia Comnets Plus plunge into the retail business, it is believed that it will be another source of new revenue. Fiber optic cable deployed through electrical pole Row PLN using conventional technology, and is widely used for corporate customers. GPON will be tested as an alternative technology and used for retail customers. After the simulation of several model scenarios, the result for the retail business fit for use if it worth for POP construction and distribution networks investment until the 4th year. Profit margin obtained in the 5th year and positive NPV amount Rp 658,289,416,564. With the installation scenarios and CPE material carried by other operators and set top box comes from government subsidies."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T46737
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Kurnia
"PT. Indonesia Comnets Plus sedang mencoba untuk berkecimpung di bisnis retail FTTH. Bisnis yang berjalan saat ini hanya fokus pada penjualan pelanggan segmen korporat. Dengan PT. Indonesia Comnets Plus terjun ke bisnis retail, diyakini dapat menjadi salah satu sumber pendapatan baru. Kabel fiber optik digelar melalui RoW tiang tumpu PLN menggunakan teknologi konvensional, dan banyak digunakan untuk pelanggan korporat. Sebagai alternatif dilakukan uji coba penggunaan teknologi GPON untuk pelanggan retail. Setelah dilakukan simulasi terhadap beberapa skenario model, diperoleh bahwa bisnis retail layak digunakan apabila dilakukan investasi pembangunan POP dan jaringan distribusi hingga tahun ke-4. Margin profit diperoleh pada tahun ke-5, dan NPV positif sebesar Rp 658,289,416,564. Dengan skenario instalasi dan material CPE dilakukan oleh operator lain dan set top box berasal dari subsidi pemerintah.

PT. Indonesia Comnets Plus is trying to engage in retail business FTTH. Businesses that run this time are only focus on selling at corporate customer segmen. With PT. Indonesia Comnets Plus plunge into the retail business, it is believed that it will be another source of new revenue. Fiber optic cable deployed through electrical pole Row PLN using conventional technology, and is widely used for corporate customers. GPON will be tested as an alternative technology and used for retail customers. After the simulation of several model scenarios, the result for the retail business fit for use if it worth for POP construction and distribution networks investment until the 4th year. Profit margin obtained in the 5th year and positive NPV amount Rp 658,289,416,564. With the installation scenarios and CPE material carried by other operators and set top box comes from government subsidies"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzia Hafida Rahmah
"Pertumbuhan pasar jasa Smart Home IoT secara global akan semakin meningkat, dengan pertumbuhan paling besar diprediksikan di Asia, seperti di Indonesia. Diprediksikan nilai pasar Smart Home IoT di Indonesia pada tahun 2019 akan mencapai USD 112 juta, dan diperkirakan akan tumbuh menjadi USD 244 juta pada tahun 2023. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai faktor pendorong adopsi Smart Home IoT di pasar Indonesia untuk memaksimalkan tingkat kegunaan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model konseptual berbasis TAM untuk mengidentifikasi faktor utama konsumen dalam menggunakan smart home berbasis IoT melalui pendekatan statistik PLS-SEM. Analisis dilakukan melalui pengujian hipotesis mengenai pengaruh faktor menggunakan metode multivariat PLS-SEM. Didapatkan data dari 449 responden kuesioner. Demografi responden paling banyak memiliki jenis kelamin laki-laki (55.5%). Mayoritas berumur 20-29 tahun (32.5%), dilanjutkan dengan rentang umur 30-39 tahun (29.8%), rentang umur 40-49 tahun (25.6%), dan berumur >50 tahun (12%). Dari segi pendapatan, mayoritas memiliki pendapatan bulanan >Rp 8 Jt (45.9%), dilanjutkan dengan Rp4jt-Rp8jt (32.7%) dan

The growth of the Smart Home IoT service market globally will increase, with the greatest growth predicted in Asia, such as in Indonesia. It is predicted that the market value of Smart Home IoT in Indonesia in 2019 will reach USD 112 million, and is expected to grow to USD 244 million in 2023. Further research is needed on the factors driving the adoption of Smart Home IoT in the Indonesian market to maximize the level of usability in Indonesia. The purpose of this research is to develop a TAM-based conceptual model to identify the main factors of consumers in using an IoT-based smart home through the PLS-SEM statistical approach. The analysis was carried out by testing the hypothesis regarding the influence of factors using the PLS-SEM multivariate method. Obtained data from 449 respondents to the questionnaire. The demographics of the respondents are mostly male (55.5%). The majority are 20-29 years old (32.5%), followed by an age range of 30-39 years (29.8%), an age range of 40-49 years (25.6%), and >50 years old (12%). In terms of income, the majority had a monthly income of >Rp. 8 million (45.9%), followed by Rp.4 million-Rp.8 million (32.7%) and "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>