Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 121995 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Friska Evelyn Riatur
"ABSTRAK
Pada era informasi, teknologi informasi memiliki peran krusial untuk
meningkatkan kapabilitas dan strategi supply chain. Sistem informasi supply
chain harus dapat diterima oleh organisasi. Sistem informasi yang dapat diterima
di organisasi adalah sistem informasi yang dapat diterima secara psikologi
pengguna, rancangan proses sesuai kebutuhan pengguna, dan kualitas sistem
informasi memenuhi ekspektasi pengguna. Sebuah sistem informasi
membutuhkan pengujian untuk mengantisipasi permasalahan yang muncul dalam
proses penerapan. Pengujian dengan menggunakan pendekatan Technology
Acceptance Model (TAM) yang disusun dalam bentuk kuesioner. Kuesioner ini
kemudian disebarkan kepada 25 orang ahli dan diolah dengan metode Partial
Least Square (PLS). Penelitian ini berhasil menghasilkan sebuah framework yang
dapat menjadi panduan bagi organisasi yang menerapkan supply chain untuk
menguji penerimaan organisasi terhadap sistem informasi

ABSTRACT
In the information age, information technology has a crucial role to increase the
capabilities and supply chain strategy. Supply chain information system must be
accepted by the organization. The information system that can be accepted in the
organization is an information system that is acceptable for user psychology,
process design according to user needs, and the quality of information systems
that meet user expectations. An information system requires testing to anticipate
problems that arose during the implementation process. Test is conducted by
using the Technology Acceptance Model (TAM) approach which is arranged in
the form of a questionnaire. The questionnaires were then distributed to 25 experts
and processed by the method of Partial Least Square (PLS). This study is
managed to produce a framework that can serve as a guide for organizations that
implement supply chain to test the acceptance of the organization's information
systems."
2016
T45722
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Kusumaningrum
"ABSTRAK
Peluang pasar yang cukup besar membuat kondisi persaingan industri kosmetik di Indonesia semakin meningkat. Ketatnya persaingan dalam industri kosmetik memaksa perusahaan harus mampu merespon lebih cepat atas kebutuhan konsumen. Dalam lingkungan bisnis modern, persaingan tidak lagi antar perusahaan, tapi antar rantai pasok. Rantai pasok bersifat kompleks dan melibatkan beragam alur kerja antar mitra bisnis. Dua masalah utama yang muncul dalam upaya peningkatan kinerja rantai pasok adalah praktek berbagi informasi dan kolaborasi.
Penelitian ini mempertimbangkan empat nilai-nilai dalam pertukaran sosial yaitu hubungan timbal balik, kepercayaan, komitmen, dan kekuasaan sebagai variabel anteseden terhadap praktek berbagi informasi dan kolaborasi dalam konteks rantai pasok pada saluran distribusi produk kosmetik. Penelitian ini mengusulkan model penelitian untuk mengukur hubungan antara variabel nilai pertukaran sosial, berbagi informasi, kolaborasi, dan kinerja rantai pasok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif, dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, menggunakan alat analisis partial least squares-path modeling (PLS-PM).
Hasil penelitian menemukan bahwa komitmen berpengaruh signifikan terhadap praktek berbagi informasi dan hubungan timbal balik berpengaruh signifikan terhadap kolaborasi. Berbagi informasi berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja perusahaan melalui kolaborasi rantai pasok yang terbukti berpengaruh terhadap kinerja perusahaan secara signifikan. Hubungan antar mitra dagang pada demand side sangat didasarkan pada besaran keuntungan yang didapatkan dari sebuah hubungan kerjasama. Ketika hubungan tidak terlalu memberikan keuntungan, sekalipun mitra saling percaya dan mau berkomitmen, praktek berbagi informasi dan kolaborasi sulit untuk terbentuk. Selain itu, dukungan teknologi informasi menjadi hal yang sangat krusial dalam praktek berbagi informasi dan kolaborasi rantai pasok.

ABSTRACT
Large market opportunities created high competition in cosmetics industry in Indonesia. Intense competition in cosmetics industry forces companies to be able responding the needs of consumers quickly. In modern business, competition is no longer between organizations, but among supply chains. Supply chain is complex in nature, involving various work flows across trading partners. Two major concerns arise in improving supply chain performance, information sharing and collaborative effort. However, it is necessary to further identify the fundamentals for their implementation in terms of partners' exchange beliefs.
This study considers four key social exchange issues; reciprocity, trust, commitment, and power as antecedents of information sharing and supply chain collaboration in distribution channel of cosmetic products. This study thus proposes a research model to examine the relationships among SET-based variables, information sharing and collaboration, and supply chain performance. The method used in this research is associative research method, with a quantitative and qualitative approach and using partial least square-path modeling (PLS-PM).
The results of the study reveal that commitment has significant effect in information sharing and reciprocity has significant effect in supply chain collaboration. Information sharing has indirect effect on the firm's performance through supply chain collaboration that has been proved improving firm?s performance. Relations between trading partners on demand side is strongly based on the magnitude of mutual benefits. When the relationship is not very profitable, even though partners trust and commit to each other, the practice of information sharing and collaboration is difficult to form. In addition, information technology support becomes very crucial in the implementation of information sharing practice and collaborative supply chain behaviors.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Supply Chain Management, Enterprise Resources Planning (ERP), and Advanced Planning Systems (APS) are important concepts in order to organize and optimize the flow of materials, information and financial funds. This book, already in its fifth edition, gives a broad and up-to-date overview of the concepts underlying APS. Special emphasis is given to modeling supply chains and implementing APS successfully in industry. Understanding is enhanced by several case studies covering APS from various software vendors. The fifth edition contains updated material, rewritten chapters and an additional case study."
Berlin: Springer-Verlag, 2015
e20510035
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Atasya Yasmine Fakhira
"Laporan ini memberikan analisis mendalam tentang praktik manajemen rantai pasokan (SCM) IKEA, menyoroti bagaimana perusahaan tersebut telah memanfaatkan strategi SCM-nya untuk mencapai ekspansi global dan efisiensi operasional. Laporan ini membahas elemen penting dari SCM IKEA, termasuk low-cost pricing dan pemanfaatan strategi pengadaan, outsourcing, serta manajemen inventory untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga meningkatkan efisiensi rantai pasokan serta customer satisfaction. Analisis ini menyimpulkan bahwa praktik SCM IKEA sangat penting untuk keunggulan kompetitif dan jangkauan globalnya. Kemitraan strategis perusahaan, inisiatif keberlanjutan, dan adopsi teknologi baru menegaskan komitmennya terhadap inovasi dan keunggulan operasional di lanskap ritel yang terus berkembang.
This report provides an in-depth analysis of IKEA's supply chain management (SCM) practices, highlighting how the company has leveraged its SCM strategies to achieve global expansion and operational efficiency. Discussing key elements of IKEA's SCM including its low-cost strategy and utilization of procurement, outsourcing strategies, and inventory management to enhance customer satisfaction and also to improve supply chain efficiency and customer engagement. The analysis concludes that IKEA's SCM practices are pivotal to its competitive edge and global reach. The company’s strategic partnerships, sustainability initiatives, and adoption of emerging technologies underscore its commitment to innovation and operational excellence in the evolving retail landscape."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Christopher Moses Nathanael
"Meningkatnya populasi dunia mempengaruhi permintaan global, sehingga berbagai sistem produksi berdampak signifikan pada lingkungan. Efisiensi pengelolaan supply chain dapat mengurangi emisi karbon dan mempertahankan keberlanjutan. Penelitian ini mengimplementasikan teknologi blockchain menggunakan Hyperledger Fabric untuk mengelola salah satu komponen supply chain, yaitu perjalanan produk. Dengan blockchain, sistem yang bersifat terdistribusi mengurangi risiko single point of failure dan serangan siber, transaksi irreversible memastikan integritas data, dan transparansi meningkat tanpa memerlukan pihak ketiga. Hyperledger Fabric dipilih karena mekanisme konsensus yang efisien, tidak menggunakan cryptocurrency, open source, dan partisipan yang dikenal dalam jaringan. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana blockchain memberikan traceability, security, dan reliability dalam sistem transportasi supply chain dan pencatatan emisi karbon, serta mengevaluasi hasil implementasinya. Sistem yang dihasilkan memanfaatkan hash block sebagai identifier dari invois perjalanan dan invois transaksi karbon yang digunakan untuk memverifikasi keabsahan invois terkait. Hasil menunjukkan sistem memenuhi fungsionalitas yang diharapkan, meskipun terdapat beberapa skenario dengan waktu respons lambat ketika lebih dari dua puluh user mengakses skenario tersebut secara bersamaan. Pengujian kegunaan yang melibatkan sejumlah responden menunjukkan bahwa sistem CarbonChain cukup user-friendly. Beberapa tanggapan responden menyoroti keamanan data dan transparansi sebagai kelebihan utama teknologi blockchain dalam konteks supply chain dan pencatatan emisi karbon. Penelitian ini terbatas pada pengembangan prototipe tanpa integrasi dengan sistem informasi industri supply chain.

The increasing global population affects global demand, causing various production systems to significantly impact the environment. Efficient supply chain management can reduce carbon emissions and maintain sustainability. This research implements blockchain technology using Hyperledger Fabric to manage product shipment as one of the supply chain components. With blockchain, the distributed system reduces the risk of single points of failure and cyberattacks, irreversible transactions ensure data integrity, and transparency increases without requiring third parties. Hyperledger Fabric was chosen because of its efficient consensus mechanism, lack of cryptocurrency use, open-source nature, and known participants within the network. This research explores how blockchain provides traceability, security, and reliability in supply chain transportation systems and carbon emission tracking, and evaluates the implementation results. The resulting system uses block hashes as identifiers for shipment invoices and carbon transaction invoices used to verify the validity of the related invoices. The results show that the system meets the expected functionality, although some scenarios experienced slow response times when more than twenty users accessed the scenario simultaneously. Usability testing involving several respondents indicated that the CarbonChain system is quite user-friendly. Some of the surveyees’ feedback highlighted data security and transparency as the main advantages of blockchain technology in the context of supply chain and carbon emission tracking. This research is limited to the development of a prototype without integration with the supply chain industry’s information systems."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Made Dimas Agung Perwira
"Perusahaan Engineering Procurement Construction (EPC) memiliki ruang lingkup pekerjaan yang luas sehingga proyek-proyeknya membutuhkan dukungan dari rekanan terutama dalam bidang penyediaan jasa atau yang dikenal dengan Subkontraktor. Dengan mengalihkan lingkup mayoritas kepada Subkontraktor, hal ini menyebabkan Subkontraktor mempengaruhi kinerja keberhasilan proyek. Namun dalam prakteknya subkontraktor yang dipilih belum efektif dalam mendukung peningkatan kinerja perusahaan karena banyak subkontraktor yang gagal dalam melaksanakan pekerjaannya. Masalah ini juga dihadapi oleh salah satu perusahaan EPC terkemuka di Indonesia yang dipilih sebagai studi kasus. Dalam menghadapi permasalahan tersebut, penelitian ini memandang perlu adanya pengembangan proses pengambilan keputusan terutama pada kriteria yang digunakan dalam proses pemilihan subkontraktor agar tujuan pemilihan subkontraktor yang lebih baik dapat tercapai. Multi Criteria Decision Making (MCDM) dipilih dalam penelitian ini karena kompleksitas kriteria dalam proses pengambilan keputusan dan teknik Analitycal Hierarchy Process (AHP) diusulkan. AHP menerapkan struktur hirarkis dalam mencapai tujuan dan mampu mengkonsolidasikan expert judgment pada multikriteria yang tidak berkaitan satu sama lain. Berikut adalah kriteria dan subkriteria yang diperoleh melalui tahapan literature review dan pengolahan data. Kriteria yang penting adalah kriteria kemampuan, keselamatan, dan teknis. Sedangkan ringkasan subkriteria penting adalah kekuatan finansial untuk kriteria kapabilitas, dan program keselamatan kerja untuk kriteria keselamatan, serta jadwal pelaksanaan dan daftar personil untuk kriteria teknis.

Engineering Procurement Construction (EPC) companies have a wide scope of work so that their projects require support from partners, especially in the field of service supply or known as Subcontractors. By transferring the majority scope to Subcontractors, this causes Subcontractors to affect the performance of project success. However, in practice the selected subcontractors have not been effective in supporting increased company performance because many subcontractors have failed in carrying out their work. This problem is also faced by a leading EPC company in Indonesia, which is selected as a case study. In dealing with this problem, this study considers that it is necessary to develop the decision-making process, especially on the criteria used in the subcontractor selection process so that the goal of choosing a better subcontractor can be achieved. Multi Criteria Decision Making (MCDM) is selected in this study due to complex criteria in the decision-making process and Analytical Hierarchy Process (AHP) technique is proposed. AHP applies hierarchical structure in achieving goals and can consolidate expert judgments on multi-criteria that are not related to one another. The following are the criteria and sub-criteria obtained through the literature review and data processing stages. The important criteria are Kapabilitas, safety, and technical criteria. While the summary of the important sub-criteria is financial strength for Kapabilitas criteria, and work safety program for safety criteria, and implementation schedule and personnel list for the technical criteria."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sumardi
"ABSTRAK
Pemenuhan pangan merupakan hak asasi setiap rakyat Indonesia yang harus senantiasa tersedia setiap waktu, aman, bermutu, bergizi, dan beragam dengan harga yang terjangkau oleh daya beli masyarakat. Tetapi pada kenyataannya, stabilisasi harga bahan pokok di Indonesia belum sepenuhnya tercapai, dimana rata-rata koefisien variasi (KV) harga pada beberapa komoditas bahan pokok misalnya daging ayam, bawang merah, dan cabai masih melewati KV wajar. Salah satu faktor penyebab fluktuasi harga bahan pokok di Indonesia adalah faktor distribusi barang, misalnya infrastruktur distribusi yang belum memadai, rantai distribusi yang panjang, biaya distribusi tinggi, serta data pasokan dan permintaan barang yang belum terpantau.
Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah membuat kebijakan pengembangan sistem logistik nasional berdasarkan konsep supply chain management (SCM), dengan membangun fasilitas Pusat Distribusi di daerah. Untuk mendukung penerapan program tersebut, diperlukan strategi penerapan dan dukungan sistem informasi yang handal agar mampu mencapai tujuan program tersebut yaitu menjamin stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok, serta mengurangi disparitas harga antar daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan soft system methodology (SSM) dalam menyusun model dan strategi penerapan sistem informasi Pusat Distribusi. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan model kebutuhan fungsional sistem informasi Pusat Distribusi yang digambarkan dalam use case diagram serta 18 strategi penerapan sistem informasi logistik.

ABSTRACT
The right to food is a fundamental right of every people that should be available every time, safe, have certain quality, nutritious and various with affordable price. But in fact, the price stabilization of staple food in Indonesia have not been fully achieved, where the average of coefficient of variation (CV) of some staple food items, exceed the reasonable CV (more than 9 percents). Distribution of goods is one of the main factors which cause price fluctuations on the staple food in Indonesia, such as inadequate distribution infrastructure, long distribution channel, high distribution costs, and also unmonitored data of supply and demand.
To overcome these problems, the government made a policy on national logistics system development based on the concept of supply chain management (SCM). It was manifested by constructing distribution center facility in the region. The implementation strategy and reliable information system was needed to support the system implementation. It has the aim to be able to ensure the prices stability and availability of the staple foods, and also to reduce the price disparity between regions. This research uses soft system methodology (SSM) approach to develop information system models and the implementation strategy. Results from this research are design of information system model which is described in use case diagram and 18 activities for implementation strategies of logistics system.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Syahnaz Fatmadila
"Rantai pasokan atau supply chain adalah jaringan antara perusahaan dan pemasoknya untuk memproduksi dan mendistribusikan produk tertentu kepada pembeli akhir. Jaringan ini mencakup berbagai aktivitas, orang, entitas, informasi, dan sumber daya. Rantai pasokan juga mewakili langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan produk atau layanan dari keadaan semula ke pelanggan. Dengan manajemen rantai pasokan, rantai pasokan dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dilakukan dengan cara yang paling efektif dan efisien (Vallespir & Alix, 2010). Dalam industri manufaktur banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memenuhi keinginan konsumennya atau yang disebut juga dengan focus pada customer oriented, dimana fokus ini akan berdampak pada 3 poin utama yaitu harga, kualitas dan pelayanan (kecepatan, kenyamanan dan kemudahan). segera). Sebagian besar industri manufaktur merekonstruksi bagian-bagiannya sehingga dapat fokus pada customer oriented, langkah yang paling banyak dilakukan adalah memilih pihak ketiga untuk proses pengiriman barang dari pemasok bahan baku atau bahan pendukung kegiatan produksi hingga distribusi barang jadi. barang ke konsumen akhir.
Hingga saat ini bisnis logistik atau forwarding masih sangat diminati masyarakat, berdasarkan statistik dunia, pasar sektor freight forwarding untuk 4 tahun ke depan diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu dan kebutuhan akan berbagai komoditas. Third party logistics (3PL) merupakan wujud dari implementasi one stop logistics solution, dimana Third party logistics (3PL) menawarkan layanan mulai dari penerimaan barang hingga pengiriman hingga ke tujuan akhir.
Untuk analisis strategi bisnis rantai pasok di logistik pihak ketiga akan mempertimbangkan berdasarkan integrasi rantai pasok termasuk integrasi internal, integrasi pemasok dan integrasi pelanggan dan operasi rantai pasokan termasuk biaya, kualitas, pengiriman dan fleksibilitas menggunakan metode PLS-SEM yang mana hasil dari penelitian terdapat supply chain integration berdampak positif pada competitive advantage yaitu Flexibility, supply chain operation berdampak positif cost dan quality dan human resource management berdampak positif terhadap delivery dan quality.

A supply chain or supply chain is a network between a company and its suppliers to manufacture and distribute certain products to final buyers. This network includes various activities, people, entities, information, and resources. The supply chain also represents the steps required to get a product or service from its original state for the customer. With supply chain management, the supply chain is designed in such a way that it can be carried out in the most effective and efficient manner (Vallespir & Alix, 2010). In the manufacturing industry, many companies are vying to fulfill the desires of their consumers or what is also known as a focus on customer orientation, where this focus will have an impact on 3 main points, namely price, quality and service (speed, comfort and convenience). quick). most of the manufacturing industries reconstruct their parts so that they can focus on customer oriented, the most common step is choosing a third party for the process of shipping goods from suppliers of raw materials or materials supporting production activities to distribution of finished goods. goods to the final consumer.
Until now, the logistics or forwarding business is still in great demand by the public, based on world statistics, the freight forwarding sector market for the next 4 years is expected to continue to increase in line with the passage of time and the need for various commodities. Third party logistics (3PL) is a manifestation of the implementation of a one-stop logistics solution, where third party logistics (3PL) offers services from receiving goods to delivery to final destinations.
For supply chain business strategy analysis in third party logistics will consider based on supply chain integration including internal integration, integration and integration and supply chain operations including cost, quality, delivery and flexibility using the PLS-SEM method where the results of the research show that supply chain integration has an impact positive impact on competitive advantage i.e. Flexibility, supply chain operations have a positive impact on cost and quality and human resource management has a positive impact on delivery and quality.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adisty Lirasha Adharini
"

Supply chain financing (SCF) merupakan bagian dari layanan trade facility yang diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan likuiditas sambil mengoptimalkan modal kerja. Saat ini, perbankan membangun solusi SCF berbasis layanan digital yang dikenal sebagai digital platform Financial Supply Chain Management (FSCM). Studi kasus pada penelitian ini akan menggunakan Bank X sebagai objek studi kasus, dimana Bank X merupakan salah satu Bank BUMN Indonesia. Digital platform FSCM telah dibangun oleh Bank X sejak tahun 2014, yang mana pengembangan platform tersebut dilakukan melalui kerjasama fee sharing dengan pihak ketiga. Seiring dengan peningkatan penggunaan platform FSCM, terdapat permasalahan peningkatan biaya yang besar sebagai akibat meningkatnya financing bank. Hal tersebut dikarenakan melalui mekanisme fee sharing, maka besarnya cost ditentukan dari besarnya financing yang terjadi melalui platform. Untuk itu, perlu dilakukan kajian lebih lanjut mengenai metode yang seharusnya digunakan oleh perbankan dalam mengembangkan digital platform-nya, dalam hal ini digital platform FSCM. Berbagai hal yang harus dianalisis antara lain dilihat dari sisi biaya, manfaat, dan risiko, dengan menggunakan analisis cost dan benefit melalui perhitungan cash flow projection, mengukur besarnya Return on investment (ROI), Payback period (PP), Net present value (NPV), dan Profitability index (PI). Perbandingan cost and benefit akan dilakukan atas tiga alternatif metode pengembangan digital platform, yaitu metode fee sharing, metode out sourcing, dan in sourcing.


Supply chain financing (SCF) is part of the trade facility service which is expected to help companies to obtain liquidity while optimizing working capital. Currently, banks are building a digital services-based of SCF solution, known as the Financial Supply Chain Management (FSCM) digital platform. The purpose of this research is to know the costs and benefits comparison of FSCM digital platform development on 3 (three) different platform development methods : Software as a System (SaaS), Purchasing System (Out-Sourcing), and In house development (In-Sourcing). This research combines literature study and company observations. The literature study is obtained through books, journals, thesis, and also several websites related to cost and benefit analysis studies. The company observation will use one of the biggest BUMN Bank in Indonesia as the case study object. This findings can be used as reference for banking to determine which digital platform development method is more suitable with their preferences.

"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Michelle
"Penelitian ini bertujuan untuk mendalami bagaimana proses supply chain management dijalankan di Wal-Mart dan IKEA, sebagaimana keduanya dikenal karena praktik supply chain yang dirancang dengan baik. Penelitian ini juga mengungkapkan tentang teknologi yang digunakan Wal-Mart dan IKEA dalam praktik supply chain-nya, strategi pengadaan logistik, serta strategi lingkungan dan Corporate Social Responsibility yang dimiliki keduanya. Wal-Mart menggunakan sistem cross-docking untuk mencapai strategi "Everyday Low Prices" mereka, di mana IKEA menggabungkan Vendor Managed Inventory dan Consignment Stock untuk mencapai efisiensi tinggi dan skema cost-sharing.
Namun, kami menemukan beberapa masalah yang terjadi dalam usaha mereka untuk memperluas perusahaan masing – masing secara global, contohnya seperti masalah birokrasi dan masalah perpajakan, serta masalah dengan supplier. Wal-Mart dan IKEA telah berhasil mengatasi beberapa masalah tersebut melalui praktik - praktik supply chain dan strategi logistik yang inovatif dan fleksibel.

The purpose of this study is to identify how the supply chain management practices performed in Wal-Mart and IKEA, as both of them is known for their well-designed supply chain practices. It also reveals Wal-Mart and IKEA’s usage in technology, their procurement strategy, as well as their environmental strategy and Corporate Social Responsibility. Wal-Mart emphasizes on their cross-docking technology to achieve their "Everyday Low Prices" strategy, meanwhile IKEA combines Vendor Managed Inventory and Consignment Stock to attain higher efficiency and cost sharing scheme.
However, we found several problems occurred in their attempt to expand globally, such as bureaucracy and taxation problem, as well as problems with the suppliers. It is revealed that they have managed to overcome these challenges through innovative and flexible supply chain management practices and logistic strategies.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>