Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 173826 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahmat Fitriadi Herman
"ABSTRAK
Tesis ini membahas pengaruh rasa saling percaya antar anggota (Trust),
kepemimpinan dalam komunitas (community leadership), keterikatan antar anggota
(member connectedness), komitmen anggota (member commitment), dan
dukungan manajemen (management support) terhadap efektifitas community of
practice (community of practice effectiveness) untuk efektifitas pemecahan
masalah (problem solving effectiveness) di PLN Unit Distribusi Jakarta Raya dan
Tangerang (PLN Disjaya). Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan melalui
survey kuesioner untuk uji hipotesis terhadap anggota community of practice yang
ada di PLN Disjaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan dalam komunitas, rasa
keterikatan anggota, dan dukungan manajemen memainkan peranan penting dalam
efektifitas community of practice yang juga berperan dalam menentukan efektifitas
pemecahan masalah. Namun, tidak ditemukan adanya pengaruh yang signifikan
dari rasa saling percaya anggota dan komitmen komunitas terhadap efektifitas
community of practice dan efektifitas pemecahan masalah. Penelitian ini dapat
menjadi masukan dalam mempertimbangkan cara pengukuran dampak COP
terhadap kinerja perusahaan.

ABSTRACT
This study analyze the effect of trust, community leadership, member
connectedness, member commitment, and management support on community of
practice effectiveness for problem solving effectiveness in PLN Jakarta Raya and
Tangerang Distribution Unit (PLN Disjaya). The study employs quantitative
method and questionnaire survey of community of practice member in PLN Disjaya
in order to conduct hypotheses testing.
The results show that community leadership, member connectedness, and
management support have significant effect on community of practice effectiveness,
which in turn affect problem solving effectiveness. However, this study cannot
found the effect of trust and member commitment on community of practice
effectiveness for problem solving effectiveness. This study suggest insights in
measuring the impact of community of practice on organizational performance."
2016
T46266
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winson Widjaja
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh dari brand community Honda Brio yang terdiri dari brand kripsi ini membahas tentang pengaruh dari brand community Honda Brio yang terdiri dari brand community identification dan brand community commitment terhadap brand identification dan brand commitment Honda Brio dengan melihat peran mediasi dari brand attachment dan peran moderasi dari perceived community-brand similliarity. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis path dalam program Smartpls 2.0.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa brand community secara signifikan mempengaruhi brand identification dan brand commitment, brand attachment memiliki peran mediasi yang penting sedangkan efek moderasi perceived community-brand similiariy hanya ada pada satu hubungan sedangkan efek moderasi perceived community-brand similiariy hanya ada pada satu hubungan.

This research discusses about the This research discusses about the effect of Honda Brio’s brand community which consists of brand community identification and brand community commitment on brand identification and brand commitment toward Honda Brio with the mediation role of brand attachment and moderation role of perceived community-brand similarity. Smartpls 2.0 was used to process the data.
The result of this research indicates that brand community has a significant effect on brand identification and brand commitment. Brand attachment play a full mediatin role but perceived community-brand similiarity only moderates one relation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55626
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andre Satrya Utama
"Nasionalisme dapat tumbuh melalui beragam cara dan media, salah satunya melalui media olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara rinci bahwa identitas nasional dan identitas kelompok dapat terbentuk melalui aspek olahraga, khususnya olahraga sepakbola. Unit analisis dalam penelitian ini adalah para pemerhati sepakbola di tingkat nasional dan komunitas Bobotoh serta Viking sebagai pendukung setia Persib Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data utama.
Hasil penelitian memperlihatkan tiga hal, pertama bahwa sepakbola di tingkat lokal dapat menumbuhkan perasaan in-group yang didasari kearifan lokal seperti bahasa, ritual dan simbol-simbol yang didukung pembentukannya oleh media sosial. Kedua kehadiran tim nasional sepakbola Indonesia di sisi lain dapat membentuk komunitas imajiner serta identitas nasional dengan persepsi akan sejarah, simbol, ritual, bahasa, serta media massa dan ketiga, nasionalisme yang terbentuk cenderung bersifat banal sebagai platform utama yang menyambungkan rasa kekerabatan dan nasionalisme.

Nationalism is a concept that can be developed through any media. This study aims to explain in detail that national identity and group identity can be formed through aspects of sport, such as football. This study uses a qualitative approach with observation and in depth interviews as the main data retrieval technique with the fans of Persib Bandung Viking and Indonesia men's national football team as the unit of analysis.
The results of this study show that football at the local level can establish in group feelings based on local wisdom such as language, rituals and symbols that supported by using social media as the basic. The presence of Indonesia's national football team on the other hand can form an imagined community and national identity with perceptions of history, symbols, rituals, languages, and mass media and other things that tend to be banal as the main platform that connects the sense of kinship And nationalism.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ibrahim Isa
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara servant leadership dengan Leader-Member Exchange (LMX) pada komunitas berdasarkan kesamaan minat di Indonesia, dalam hal ini komunitas mobil retro JRF, dan seberapa besar sumbangan masing-masing dimensi servant leadership terhadap LMX. Pengukuran servant leadership menggunakan alat ukur Servant Leadership Scale (SLS) (Barbuto & Wheleer, 2006) dan pengukuran LMX menggunakan alat ukur Indonesian Quality of Work Life Questionnaire (Radikun, 2010). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 35 anggota komunitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara servant leadership dan LMX pada komunitas “JRF” (r = 0,798, p < 0.01). Selain itu, dimensi servant leadership yang memberikan kontribusi besar dan signifikan terhadap LMX adalah panggilan altruistis dan pemulihan emosional.

This research was conducted to find the relationship between servant leadership and leader-member exchange (LMX) among interest based community on Indonesia, in this case on “JRF” retro car community, and how much quality of each servant leadership dimension contributes to quality of LMX. Servant leadership was measured using a modification instrument named Servant Leadership Scale (SLS) (Barbuto & Wheeler, 2006) and LMX was measured using a modification instrument named Indonesian Quality of Work Life Questionnaire (Radikun, 2010). The participants of this research are 35 community members. The main results of this research showed that servant leadership positively and correlated significantly with LMX among “JRF” community (r = 0,798, p < 0,01). Furthermore, the big contribution from dimensions of servant leadership toward LMX was altruistic calling and emotional healing."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S47699
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yoga Aji Nugraha
"Salah satu kunci dari efektivitas kepemimpinan adalah bagaimana seorang pemimpin diterima dan didukung oleh bawahannya (leader endorsement). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi dukungan bawahan terhadap pemimpim berdasarkan teori identitas sosial. Studi kuantitatif dengan desain non-eksperimental ini dilakukan pada 135 karyawan dari berbagai perusahaan swasta di Indonesia. Reliabilitas masing-masing alat ukur yang digunakan berkisar antara 0.80-0.90. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) leader prototypicality tidak signifikan memengaruhi leader endorsement (β = .124; p > .05); (2) leaders expert power (β = .767; p < .01) dan leaders referent power (β = .363; p < .01) signifikan memengaruhi leader endorsement. Faktor tersebut memprediksi varian leader endorsement sebesar 78,3% F(3.94) = 56.706, p < .01.
Dengan demikian, temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan teori identitas sosial bahwa pada konteks perusahaan swasta, faktor yang menentukan terbentuknya dukungan terhadap pemimpin tidak hanya dilihat dari seberapa prototipikal pemimpin tersebut, namun lebih pada kemampuan dan keahlian serta keteladanan yang dimilikinya (leaders expert power dan leaders referent power).

One of the key to leadership effectiveness is how a leader is accepted and supported by his subordinates (leader endorsement). This study aims to identify the factors that influence subordinate support for leaders based on social identity theory. This quantitative study with a non-experimental design was conducted on 135 employees from various private companies in Indonesia. The reliability of each measuring instrument used is between 0.80 to 0.90. The analysis showed that: (1) leader prototypicality did not significantly affect leader endorsement (β = .124; p > .05); (2) leaders expert power (β = .767; p < .01) and leaders referent power (β = .363; p < .01) significantly influence the leader endorsement. These variables can predict leader endorsement variants of 78,3%, F(3.94) = 56.706, p < .01.
The findings of this study can contribute to the development of social identity theory that in the context of private companies, the factors that determine the formation of leader endorsement are not only seen from how prototypical leader, but rather the ability and expertise and exemplary that they have (leaders expert power and leaders' referent power)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cheryl Arshiefa Krisdanu
"Kurangnya kesadaran dan pengetahuan konsumen menjadi hambatan dalam memobilisasi fashion berkelanjutan. Komunitas yang memiliki visi bersama dalam aksi global untuk meningkatkan kesadaran mengenai fashion berkelanjutan seperti Slow Fashion Indonesia memerlukan komitmen yang berkelanjutan dari anggotanya. Dalam mempertahankan komitmen secara berkelanjutan, dibutuhkan identitas kolektif dari komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identitas kolektif dalam komunitas Slow Fashion Indonesia menggunakan strategi penelitian etnografi digital. Hasil penelitian menemukan bahwa komunitas Slow Fashion Indonesia telah mengembangkan identitas kolektif melalui kesamaan persepsi serta pengetahuan terhadap slow fashion dan komunitas, hubungan kedekatan dan keakraban akibat diskusi dan interaksi antar anggota komunitas, serta investasi emosional terhadap komunitas. Identitas kolektif yang telah terbentuk kemudian menumbuhkan kesamaan persepsi dan nilai bersama yang mengikat anggota untuk terus menjalankan dan mengembangkan komunitas.

The lack of consumer awareness and expertise poses a significant barrier to promoting sustainable fashion. Communities such as Slow Fashion Indonesia, which aim to promote sustainable fashion and create worldwide awareness, necessitate their members' solid and sustainable commitment. A collective community identity is necessary to ensure long- term dedication to sustainability. This study aimed to determine the collective identity within the Slow Fashion Indonesia community by employing the digital ethnography research strategy. The findings indicated that the Slow Fashion Indonesia community has established a collective identity based on similar perceptions and knowledge of slow fashion and the community, a sense of closeness and familiarity resulting from discussions and interactions among community members, and a strong emotional commitment to the community. Forming a collective identity encourages the development of shared values and similar perceptions, motivating members to sustain and advance the community."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puspa Mayang Sariatna
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas bagaimana pengaruh Community Identification dan Company Identification dibentuk dari aktifitas interaksi di dalam sebuah komunitas pada salah satu produk otomotif, yaitu kendaraan roda empat dengan mengambil studi kasus pengguna mobil Pajero yang tergabung di dalam komunitas Pajero Indonesia One PI1 . Dalam penelitian ini, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Multiple Regresion dengan program SPSS 26. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa interaksi dan tradisi dan peraturan di dalam community identification dan company identification memiliki efek yang signifikan dan positif dalam membentuk loyalty. Selain itu, variabel brand relation yang ada terbukti mempengaruhi hubungan positif dalam membentuk loyalty. Interpretasi, limitasi, dan implikasi manajerial akan didiskusikan lebih lanjut

ABSTRACT
This study discusses the influence of Community Identification and Company Identification formed from the activity of interaction in a community at one of the automotive products, namely the four wheeled vehicle with a case study of car users Pajero belonging in the community Pajero Indonesia One PI1 . In this study, the data processing is done by using a Multiple Regresion with SPSS 26. The results of this study show that the interaction and traditions and regulations in community identification and company identification has a significant and positive effect in shaping the loyalty. Moreover, the relations existing brand variables shown to affect a positive relationship in shaping the loyalty. Interpretations, limitations and managerial implications are discussed further."
2017
S67355
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anigusye Nawa
"Skripsi ini membahas tentang peran identitas sosial dalam kelompok relawan muda pada pemilihan umum. Tujuannya adalah untuk menggambarkan bagaimana identitas berbasis kelompok dapat terbentuk dan menjadi teraktifkan sehingga memiliki pengaruh secara psikologis terhadap persepsi dan perilaku anggotanya. Skripsi ini diharapkan dapat memberi kontribusi dalam pembahasan relawan muda, terutama yang berkaitan dengan keanggotaan kelompok serta persepsi dan tindakan, dengan menggunakan sudut pandang psiko-sosial. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan berfokus pada peran identitas kelompok Teman Ahok dan Jakarta Maju Bersama (JMB) dalam studi kasus Pilkada DKI Jakarta 2017. Sebagai identitas berbasis kelompok, hasil penelitian menemukan identitas sosial berperan dalam membentuk keseragaman sikap dan tindakan diantara anggotanya. Kedua kelompok memiliki respon berbeda terhadap politik identitas yang terjadi, namun memiliki respon yang seragam diantara sesama anggota. Situasi Pilkada DKI Jakarta 2017 yang penuh dengan politik identitas tidak banyak berpengaruh terhadap bagaimana anggota Teman Ahok dan JMB melihat calon yang didukungnya. Keanggotaannya dalam kelompok relawan justru memperkuat dimensi positif calon gubernur pilihannya sehingga menghasilkan sikap dan tindakan yang seragam diantara sesama anggota.

This thesis discusses the role of social identity in young volunteer groups in election. The aim is to describe the forming process of group-based identity and how it could be activated to result a psychological influence on the perceptions and actions of its members. This thesis is expected to contribute to the discussion of young volunteers, especially those relating to group membership as well as their perceptions and actions, using a psycho-social perspective. This thesis uses qualitative research methods and focuses on the role of Teman Ahok and Jakarta Maju Bersama (JMB) group identities in 2017 DKI Jakarta Gubernatorial Election case study. As group-based identity, the results of the study find social identity plays a role in forming uniform attitudes and actions among its members. Both groups have different responses to identity politics that occur, but have a uniform response among fellow members. The situation of the 2017 DKI Jakarta Gubernatorial Election which is dominated by identity politics has little effect on how Teman Ahok and JMB members see the candidates they support. Its membership in volunteer groups that actually strengthens the positive dimensions of its chosen governor candidates so as to produce uniform attitudes and actions among fellow members.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nainggolan, Togar
Medan : Bina Media, 2006, 2006
306.092 NAI ct
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Tustiantina
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
907 PJKB 7:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>