Ditemukan 170200 dokumen yang sesuai dengan query
Rautsan Fikri Ray Farandy
"
ABSTRAKPenelitian ini secara umum menjelaskan tentang teks iklan penginapan dalam bahasa Jerman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kontrastif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan persamaan dan perbedaan antara teks iklan penginapan di Alpen dan di pulau Bali. Iklan penginapan di pegunungan Alpen dan di pulau Bali memiliki kesamaan, seperti kesamaan semiotik yang menggunakan ikon yang mereprentasikan penginapan. Pemilihan kata didominasi oleh kata yang memiliki makna referensial, afektif, dan asosiatif. Perbedaan yang ditemukan yaitu iklan di Bali menggunakan daya tarik stereotipe Jerman dalam menyajikan iklan, sedangkan iklan di Alpen ditujukan pada semua wisatawan tanpa stereotipe bangsa tertentu. Oleh karena itu, saya tidak bisa menemukan stereotipe khas dari suatu bangsa.
ABSTRACTThe present research explains about hotel text advertisements in German language. The method applied in the present research is contrastive-descriptive. The purpose of this research is to expose the similarities and differences between hotel text advertisements in Alps and Bali. The similarities found in hotel advertisements in Alps and Bali among others is semiotic similarity, using icons which represent the hotel itself. The choice of words mainly consists of words with referential meanings, affective meanings, and associative meanings. The differences, on the other hand, is that Bali?s hotels use stereotypes of German to advertise their accommodation, while text advertisements for Alps? hotels are directed to all tourists without a certain nation?s stereotype. Therefore, a distinct stereotype of a nation is not found in the present research."
2016
S64815
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ollyanda Assabel
"
ABSTRAKDalam skripsi ini, saya meneliti unsur verbal dan visual dalam enam iklan cetak berbahasa Jerman yang dinominasikan oleh Zeitungs Marketing Gesellschaft sebagai Anzeige des Jahres tahun 2011, 2012, dan 2013. Analisis terhadap iklan dan unsur-unsur iklan secara umum menggunakan teori iklan menurut Nina Janich. Analisis terhadap unsur verbal didasarkan pada aspek semantis dengan bantuan aspek sintaksis, sedangkan analisis unsur visual menggunakan konsep semiotika. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan saling mendukung antara makna kata, alat retorika, jenis kalimat dan gambar dan warna dalam menyampaikan pesan iklan dan membuat iklan menjadi menarik
ABSTRACTThe focus of this research is the analysis of verbal and visual elements in six German print advertisements nominated by Zeitungs Marketing Gesellschaft as Anzeige des Jahres in the years 2011, 2012, and 2013. The analysis of advertisement as a whole and the elements of it are based on the concept of advertisement according to Nina Janich. Verbal elements are analysed using semantic approach assisted by syntactic approach, while the visual elements using semiotic approach. The research shows a mutual relation between meanings of words, rhetorical devices, types of sentences and image and colors in conveying the message of the advertisement and to make the advertisement itself more compelling.
"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56915
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Adiguna Zulkarnaen
"Skripsi ini membahas tentang citra pria yang ditampilkan pada iklan Nivea Men di Jerman dan Indonesia, yaitu iklan Nivea Men Active Age, Nivea Men Shave Balsam, Nivea Men versi Jogi Löw, Nivea Men Facial Foam, Nivea Men Total Recharge, dan Nivea Men Acne Clear. Dalam menganalisis iklan-iklan tersebut, saya menggunakan teori iklan Nina Janich (2005), teori makna semantik Gustav Blanke (1973), dan teori pendukung lainnya. Kesimpulan yang didapat dari analisis unsur-unsur verbal dan non-verbal adalah iklan Nivea Men Jerman dan Indonesia menampilkan citra yang berbeda dalam menawarkan produknya.
Diese Abschluβarbeit beschäftigt sich mit dem Image von Männern in den Werbungen von Nivea Men in Indonesien und Deutschland, nämlich Nivea Men Active Age, Nivea Men Shave Balsam, Nivea Men Jogi Löw’s Version, Nivea Men Facial Foam, Nivea Men Total Recharge, und Nivea Men Acne Clear. Als theoritische Grundlagen wurden die Werbungstheorie von Nina Janich (2005), die Semantik Theorie von Gustav Blanke (1973) benutzt, um die verbale und nonverbale Elemente in der Werbung zu analysieren. Die Ergebnisse dieser Untersuchung weisen darauf hin, dass das Unternehmen von Nivea Men in Deutschland und Indonesien unterschiedliche Image von Männern präsentiert haben, um ihre Produkte zu werben."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57555
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ira Indah Permata Sari
"Dalam skripsi ini penulis menganalisis sembilan iklan dari empat produk makanan dan minuman organik di Jerman, yaitu Adelholzener Bioschorle, Ökoland, Hipp, dan Bionade. Teks dan gambar dianalisis dari aspek semantis, dan semiotic, khususnya aspek makna pada unsur verbal dan nonverbal. Analisis pada penelitian ini menggunakan dasar pemikiran Nina Janich.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra hidup sehat dibentuk melalui permainan kata, alat retorika, penggunaan kata bermakna asosiasi dan afektif positif serta penggunaan warna-warna alam dan gambar yang mencirikan kesegaran, alami, kemurnian, kesehatan, kebaikan, dan kualitas dari alam.
The focus of this study is the analysis of nine advertisements from four products of Germany's organic foods and beverages, which are Adelholzener Bioschorle, Ökoland, Hipp, and Bionade. The analysis of advertisement based on Nina Janich's theorie and from the perpectives of semantics and semiotic studies. This research shows that the healthy life concept in both text and pictures of advertisement are built through words play, rhetoric tools, the meaning of positive affective and associative words, and also the use of colors that characterize sanity, natural things, purity, health, and quality of nature."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1649
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Eka Puteri Widiyaningsih
"Kata dan gambar memiliki peran penting bagi suatu iklan. Beberapa komponen iklan, seperti tajuk iklan dan elemen gambar, menjadi alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan dapat memunculkan citra terhadap merek. Dalam skripsi ini, penulis meneliti lima iklan mobil Ford yang menjadi bagian umbrella branding merek Ford bertajuk 'Typisch Deutschland. Typisch Ford.' dengan memfokuskan penelitian pada penggunaan makna referensial, asosiatif, afektif, dan stilistis pada tajuk iklan dan hubungan tajuk iklan dan elemen gambar pada iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna tajuk iklan berelasi dengan elemen gambar memunculkan citra terhadap merek Ford.
Words and pictures have an important role for advertisements. Some of advertisement's component, such as headline and picture elements, are used for delivering messages and can emerge images of a brand. This undergraduate thesis focuses on semantic analysis, which is the use of referential, associative, affective, aesthetic meaning and relations between headline and picture elements on five car advertisements of Ford that are part of Ford umbrella branding 'Typisch Deutschland. Typisch Ford.'. The result of this research shows that meanings as depicted on headline relate with element of picture to bring images of Ford brand. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61089
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rani Apriana
"ABSTRAK: Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu topik dan indikator penting yang tidak hanya menjadi tolak ukur kemajuan dan perkembangan ekonomi suatu negara, tetapi juga menjadi topik yang masih kerap digali dan dipaparkan oleh para ekonom dalam berbagai studinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat mengidentifikasi efisiensi investasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa-Bali dan Luar Jawa-Bali menggunakan data panel tingkat provinsi tahun 2008-2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa investasi di provinsi-provinsi di kawasan Jawa-Bali lebih efisien dibandingkan provinsi-provinsi di kawasan Luar Jawa-Bali.
ABSTRACT: Economic growth is one of the important topics and indicators that is not only a measurement tool of economic development of a country, but also topic that is oftenly explored and described by economists in any related studies. This study aims to identify the efficiency of investment to economic growth in Java-Bali and Non Java-Bali using panel data 2008 - 2012. The result of this study indicates that the investment in the provinces in Java - Bali are more efficient than the provinces in Non Java - Bali."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S65834
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Reuter, Thomas A.
Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2005
305.8 REU c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Nabilla Mei Larasati
"Skripsi ini membahas metafora dalam iklan daring pariwisata Pulau Lombok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis metafora yang terdapat dalam teks iklan berdasarkan pemahaman metafora menurut Lakoff dan Johnson dan proses pembentukan metafora menurut Gerhard Kurz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis metafora yang paling sering digunakan berdasarkan pemahaman metafora menurut Lakoff dan Johnson adalah metafora ontologis. Sementara itu, jenis metafora yang paling banyak digunakan berdasarkan proses pembentukannya adalah metafora leksikal. Ranah sumber yang paling banyak digunakan adalah ranah agama atau kepercayaan.
This thesis analyses metaphors that are commonly used in the online tourism advertisements of Lombok Island. The aim of this research is to find out the varieties and source domain of metaphors used in the advertisements, based on the understanding of metaphor by Lakoff Johnson, as well as Gerhard Kurz rsquo s theory on the formation of metaphor. This is a qualitative research that is based on literature review, and the method used in this research is descriptive analysis. The result of the analysis shows that the most frequently used metaphor according to Lakoff Johnson rsquo s theory is ontological metaphor. On the other hand, lexical metaphor becomes the most common in reference to Kurz rsquo s theory. Furthermore, the source domain of metaphor that is mostly used is from religious domain. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67871
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Shilmi Budiarti Ningsih
"Iklan merupakan salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk setiap produsen mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan. Dalam iklan pariwisata daring, pembuat iklan harus mampu untuk menggambarkan layanan wisata secara jelas dan semenarik mungkin agar dapat menarik minat dan perhatian pembaca, salah satunya melalui bahasa, seperti kalimat dan pilihan kata yang digunakan. Penggunaan kalimat yang dilihat dari sudut pandang mikrostilistik dapat menunjang fungsi informatif dan fungsi apelatif iklan. Selain itu, teks iklan pariwisata daring ini juga menggunakan kosakata tertentu yang dapat memberikan citra positif terhadap layanan wisata yang ditawarkan.
Commercial is a marketing strategy that is appropriate for producers to promote their products or services. On the online tourism commercial, the makers must describe the tour services clearly and as good as possible in order the commercial can be interesting and getting attention of the reader. One of the example is through language, such as using sentences and choice of words in tourism commercial text. Using sentences from the perspective of microstylistic can support informative function and apelatif function of commercial text. In addition, in online tourism commercial text is also using specific vocabulary that can provide a positive image of tour services."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61204
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sisilia Maria Gorety Klau
"Bermula dari penolakan terhadap masuknya taksi online dalam menyelenggarakan usaha transportasi umum dengan mengadakan demo oleh pelaku usaha angkutan sewa dan taksi konvensional. Masuknya taksi online untuk memperluas bisnis transportasi tersebut merupakan sebuah ancaman bagi pelaku usaha taksi online karena dianggap dapat mematikan usaha angkutan sewa dan taksi konvensional dengan menawarkan tarif taksi online yang dibawah tarif angkutan sewa dan taksi konvensional. Oleh sebab itu, pelaku usaha angkutan sewa dan taksi konvensional, secara bersama-sama membatasi daerah pemasaran jasa angkutan taksi online tersebut serta menghalangi taksi online tersebut untuk masuk pada dan memasarkan jasa taksi online. Adapun permasalahan yang diangkat dalam tulisan ilmiah ini adalah bagaimana hukum persaingan usaha mengatur terkait dengan tindakan pelarangan beroperasinya taksi online oleh pelaku usaha angkutan sewa dan taksi konvensional di Bali; apakah tindakan yang dilakukan oleh pelaku usaha angkutan sewa dan taksi konvensional di Bali bersama dengan bendesa adat serta pengusaha jasa pariwisata di Bali yang menghalangi beroperasinya taksi online pada wilayah wisata tersebut termasuk tindakan yang dilarang dalam Undang-Undang No.5 Tahun 1999. Untuk dapat menjawab permasalahan tersebut digunakan metode penelitian hukum yuridis-normatif dan analisa data secara deskriptifanalitis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perjanjian yang dilarang dalam hukum persaingan usaha. Dengan adanya perjanjian yang anti-persaingan ini menyebabkan terhambat tercapainya kesejahteraan rakyat. Pemerintah perlu mengatur terkait dengan penyelenggaraan usaha transportasi umum di Bali sehingga dengan terwujudnya persaingan yang bebas dan adil, maka terwujud juga kesejateraan rakyat.
It begins from the refusal of the entry of online taxis in organizing public transportation businesses by holding demonstrations by conventional rental and taxi business operators. The entry of online taxis to expand the transportation business is a threat to online taxi business players because it is considered to be able to shut down conventional rental and taxi transportation businesses by offering online taxi fares that are below conventional rental and taxi transportation rates. Therefore, conventional rental and taxi business operators jointly limit the marketing area of the online taxi transportation service and block the online taxi from entering and marketing online taxi services. The problem raised in this scientific paper is how business competition law regulates related to the prohibition of the operation of online taxis by conventional rental and taxi business operators in Bali; whether the actions taken by conventional rental and taxi transportation business operators in Bali along with traditional villages and tourism service entrepreneurs in Bali block up the online taxis in these tourist areas, this act is considered as a violation of competition law and against the principle and the purpose of Competition Law based on The Law No.5/1999. To answer these problems by using juridical-normative legal research methods and descriptive-analytical data analysis. The results of the study show that there are agreements that are prohibited in business competition law. With the existence of this anti-competitive agreement, it has hampered the achievement of public`s welfare. The government needs to regulate related to the implementation of public transportation business in Bali so that with the realization of free and fair competition, the publics welfare will also be actualize."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library