Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 94045 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Randy Dharmawan
"Karakteristik dinamik merupakan parameter alami yang dimiliki struktur untuk menghasilkan respons akibat pembebanan dinamik yang bekerja. Nilai karakteristik dinamik dapat merepresentasikan kondisi dari suatu struktur. Melalui penelitian ini, analisa karakteristik dinamik dilakukan pada struktur model berdasarkan hasil simulasi pengujian modal. Adapun pengolahan data dilakukan dengan mengekstrak hasil Frequency Response Function (FRF) struktur dengan metode Rational Fraction Polynomial. Pengolahan data tersebut diintegrasikan kedalam bentuk program, sehingga terbentuk program untuk menganalisa data pengujian modal menjadi karakteristik dinamik secara tepat dan akurat. Dalam penelitian ini, karakteristik dinamik yang didapatkan dari program dibandingkan dengan hasil software SAP2000 dengan persentase error rataan sebesar 0.8583%.

Dynamic characteristics are some natural parameter of structure or materials to give a response or reaction for the dynamic loading that works on the structure. The dynamic characteristic value can represent the condition of the structure as its on service life. By this research, the dynamic analysis will be performed by utilizing the data of modal testing simulation on the object of bridge model. The global Rational Fraction Polynomial (RFP) method will be performed to extract the structure frequency response function to its dynamic characteristic. The data processing step are all be integrated in a program, then a program which can performed a dynamic analysis of vibration testing data with highly accurate and precise result. And by this research, the dynamic characteristic obtained by the program was compared to the result from SAP2000 software and have the average error percentage of 0.8583%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S65708
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York: IEE Press, 1979
629.831 FRE
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hendy Heryanto Surya
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perubahan frekuensi pada transformator arus instrumen yang digunakan untuk tagihan pengukuran energi listrik. Seiring perkembangan teknologi, penggunaan beban non-linear meningkat. Hal ini menimbulkan suatu permasalahan kualitas daya dari system kelistrikan. Salah satu hal kualitas daya yang terpengaruh adalah frekuensi kerja dari system kelistrikan. Transformator arus sebagai salah satu peralatan yang terdapat pada system, maka ketika arus primer dari transformator mengalami distorsi atau gangguan, maka dapat mempengaruhi sisi sekunder transformator tersebut. Hasil pengujian menunjukan bahwa perubahan frekuensi memiliki pengaruh terhadap persentase kesalahan dan pergeseran fasa dari transformator arus kelas 0.5s, dimana ketika frekuensi meningkat maka persentase kesalahan dan pergeseran fasa menurun, namun penurunan nilai ini masih dalam batas standar yang telah ditetapkan. Perubahan frekuensi juga memiliki pengaruh terhadap faktor keamanan peralatan, nilai keamanan peralatan tersebut akan meningkat seiring meningkatnya frekuensi. Sehingga, sangatlah penting untuk menjaga frekuensi tetap bekerja pada frekuensi dasar.

ABSTRACT
This paper is aiming the frequency changing effect to an instrument current transformer, which is used in a measurement of an energy billing. As a technology is developing, the usage of non-linear load is increase. This will cause a problem in a power quality of an electrical system. This disturbance of power quality effected the working frequency on electrical system. As current transformer is one of the equipment in the system, when the primary of a current transformer is disturbed, it could also affected the secondary side. The result shows that the frequency changing has an effect to error ratio and phase displacement on a current transformer class 0.5s which will decrease while the frequency is increase but still within the standard limit. Frequency changing also has an effect on Security Factor on an instrument, which will increase when the frequency is increase. So, it is important to keep frequency within the fundamental frequency."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Krisandi Yonathan
"Gangguan yang biasa terjadi pada sistem tenaga listrik seperti pelepasan pasokan dapat memengaruhi stabilitas frekuensi suatu sistem. Frekuensi suatu sistem dapat digunakan sebagai parameter untuk melakukan Load Shedding untuk menjaga stabilitas sistem. Tesis ini membahas metode Load Shedding selama operasi islanding menggunakan relay frekuensi (Under Frequency Relay) pada sistem tenaga listrik Senayan-Sambas yang menggunakan generator sebagai mesin pembangkit listrik. Pemisahan beban dilakukan dengan melepaskan beban yang mengkonsumsi daya reaktif (Var) dalam jumlah besar terlebih dahulu, tetapi ada beban penting yang perlu dipertahankan.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa sistem stabil pada skenario 1, 2 dan 3 yang berarti sistem dapat mempertahankan kondisi frekuensinya agar tetap stabil setelah pelepasan beban. Dalam skenario 1, suplai yang dilepaskan adalah 17,13 MW dan beban total padam sebesar 18 MW, frekuensi pulih setelah 28,38 detik. Dalam skenario 2 pasokan dilepaskan dalam jumlah 34,26 MW dan beban dilepaskan pada 35,76 MW, frekuensi pulih setelah 24,04 detik. Dalam skenario 3 jumlah pasokan dan beban yang dipadamkan sama dengan skenario 2, hanya waktu pasokan yang berbeda. Dan dalam skenario 4, sistem tidak lagi mampu menahan penurunan frekuensi yang tajam, sehingga dalam skenario 4 sistem mengalami pemadaman.

Disturbances that commonly occur in electric power systems such as supply discharges can affect the frequency stability of a system. The frequency of a system can be used as a parameter to perform load shedding to maintain system stability. This thesis discusses the Load Shedding method during islanding operations using a frequency relay (Under Frequency Relay) on the Senayan-Sambas electric power system that uses a generator as a power generation engine. Load separation is done by releasing loads that consume large amounts of reactive power (Var) first, but there are important loads that need to be maintained.
The simulation results show that the system is stable in scenarios 1, 2 and 3 which means the system can maintain its frequency condition so that it remains stable after releasing the load. In scenario 1, the supply released is 17.13 MW and the total load goes out to 18 MW, the frequency recovers after 28.38 seconds. In scenario 2 the supply is released in the amount of 34.26 MW and the load is released at 35.76 MW, the frequency recovers after 24.04 seconds. In scenario 3 the amount of supply and load that is extinguished is the same as scenario 2, only the time of supply is different. And in scenario 4, the system is no longer able to withstand a sharp decrease in frequency, so in scenario 4 the system experiences a blackout.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Riana Aryani
"Konstruksi fisik transformator terdiri atas elemen-elemen bersifat resistif, induktif, dan kapasitif, yang susunannya memiliki respon frekuensi yang khas.Dengan mengamati respon frekuensi suatu transformator, dapat dideteksi kerusakan mekanik yang terjadi pada inti dan belitan transformator tersebut. Metode yang sedang dikembangkan untuk mendeteksi kerusakan mekanik dikenal dengan Sweep Frequeency Response Analysis (SFRA). Proses pengukuran dilakukan dengan menginjeksikan sinyal tegangan rendah dengan menyapu nilai frekuensi mulai dari 20 Hz hingga 2 MHz. Dasar dari pengukuran ini merupakan analisis fungsi alih yang mana hasil pengukuran perlu diinterpretasikan lebih lanjut, salah satu caranya yaitu dengan perhitungan statistik. Indikator statistik yang digunakan yaitu koefisien korelasi, simpangan baku, dan absolute sum of logarithmic error (ASLE).
Skripsi ini membahas proses interpretasi hasil pengukuran SFRA pada transformator 4 MVA, 11,8/6,3 kV di PT ABC dan transformator 12 MVA, 70/6,3 kV di PT XYZ menggunakan perhitungan statistik. Hasil yang didapat yaitu tidak ada indikasi kerusakan pada transformator 4 MVA, 11,8/6,3 kV di PT ABC pada kedua sisi kumparan. Sedangkan pada transformator 12 MVA di PT XYZ ditemukan indikasi kerusakan di bagian ujung (lead) kumparan utama dan tap kumparan pada kumparan tegangan 70 kV, dan di bagian inti, kumparan utama, tap kumparan, ujung (lead) kumparan utama, dan ujung (lead) tap kumparan pada kumparan tegangan 6,3 kV.

Physical construction of transformerconsists of resistive, inductive, and capacitive elements,the structurehas a typical frequency response. By observing the frequency response of a transformer, we can detect mechanical damage that oK Kurs in the transformer core and windings. Method sare being developed to detect mechanical damage known as Sweep Frequeency Response Analysis (SFRA). Measurement processis done by injecting a low voltage signal with the sweep frequency values ranging from 20Hz to 2MHz. The basis of this measurement is transfer function analysis that the measurement results need to be interpreted further, one way is by statistical calculations. Statistical indicator that used is correlation coefficient, standard deviation, and sum of absolute logarith micerror (ASLE).
This thesis discusses the process of interpreting SFRA measurements result on PT ABC transformer, 4 MVA, 11,8/6,3 kV and PT XYZ transformer, 12 MVA, 70/6,3 kV using statistical calculations. The results are no indication of damage to PT ABC transformer, 4 MVA, 11,8/6,3 kV on both sides of the windings. While in PT XYZ transformer, 12 MVA found indications of damage at main and tap winding leads on 70 kV windings, and indications of damage at the core, main and tap windings, main and tap winding leads on 6,3 kV windings.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47791
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danu Nuryanto
"Salah satu komponen utama dari keamanan sistem tenaga listrik adalah pengendalian frekuensi. Pengendalian frekuensi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu : pengendalian primer, pengendalian sekunder, pengendalian tersier. Pengendalian frekuensi primer dikenal free governor wajib dipenuhi Pembangkit Listrik yang interkonesi ke sistem. Sistem governor merupakan fitur kontrol yang ada pada mesin pembangkit. Sistem governor pada setiap gas turbin PLTGU Priok dipasang pada nilai 4 persen speed droop, serta deadband ±200 mHz pada gas turbin blok 1-2 dan tidak ada deadband pada blok 3-4. Nilai seting tersebut sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan pada aturan jaringan. Hasil pengujian peran sistem governor PLTGU Priok dalam membantu sistem tenaga pada saat terjadi gangguan adalah sebesar maksimum 321 MW, yaitu 15 persen dari beban peak atau 32% dari beban offpeak sub-sistem Priok Bekasi. Respon tercepat dalam menaikan daya turbin ke titik maksimum didapat pada blok 1-2 yang mampu menaikan daya dalam waktu 20 detik. Sedangkan pada blok 3-4 dibutuhkan waktu 2 menit. Hal ini dikarenakan perbedaan kontrol pengendalian frekuensi pada kedua jenis mesin gas turbin. Sistem governor turbin merupakan salah satu mitigasi untuk menjaga keandalan sistem tenaga listrik. Maka selayaknya pembangkit yang interkoneksi ke sistem tenaga listrik mengaktivasi sistem governor, serta memenuhi kriteria pengaturan pada aturan jaringan.

Frequency control is one protection of the electrical power system. Frequency control is divided into three parts: primary control, secondary control, tertiary control. The primary frequency control, known as free governor, must be carried out by a power plant that interconnects to the network. The governor device is the control mechanism of engine generator. The governor device Priok gas turbine is installed at 4 percent speed droop and ± 200 mHz deadband on gas turbine block 1-2 and there is no deadband on the block 3-4. The results of testing the role of Priok PLTGU governor system in assisting the power system in the event of interruption are up to maximum of 321 MW, which is 15% peak load or 32% off-peak load subsystem. The fastest response to increase the turbine power to the maximum point is achieved in block 1-2, which can increase power in 20 seconds. Whereas it takes 2 minutes in block 3-4. It is due to different in the frequency control of the two types of gas turbine engines. The turbine governor system is one of the mitigation steps intended to improve the reliability of the electrical power network. The generator that interconnects to the electrical power system will must be activate the governor system and comply with the regulatory requirements set out in the network rules.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Osphanie Mentari Primadianti
"Long Term Evolution (LTE) merupakan evolusi dari teknologi Global System for Mobile Communications (GSM) menuju Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA) kemudian High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) dengan peningkatan kecepatan dari Kbps menuju Mbps. Kebutuhan akan kecepatan tinggi dan sifat konsumtif akan paket data yang terus meningkat, sehingga diperlukanlah kesiapan regulasi. Dalam memperbesar kapasitas diperlukan teknologi LTE dengan frekuensi yang lebih tinggi seperti frekuensi 5GHz.
Di Indonesia, PM no 35/2015 dan PM no 28/ 2015 mengenai aturan untuk teknologi Short Range Distance di frekuensi 5 GHz dan batasan band. Di Indonesia, LTE memerlukan penyusunan skema baru di frekuensi tidak berlisensi dan lisensi di frekuensi 5 GHz. Dengan menggunakan metode Regulator Impact Analysis yaitu analisis hasil ujicoba pada frekuensi 5GHz, indepth interview stakeholder dan tekno ekonomi untuk mengukur kelayakan implementasi teknologi ini.
Tesis ini merumuskan skema baru pada frekuensi 5-5,3 GHz dengan bandwidth 40 Mhz, teknik time division duplexing (TDD), modulasi 256 QAM, antenna 4T4R berdasarkan hasil uji coba yang menggunakan teknologi Listen Before Talk dan indepth interview stakeholder, dan teknologi ini layak dilanjutkan dengan nilai NPV 247 Milyar, IRR sebesar 48% dan payback period selama 2.69 tahun.

Long Term Evolution (LTE) is an evolution from technology Global System for Mobile Communications (GSM) then Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA) and then High Speed Downlink Packet Access (HSDPA), which is enhancement of speed from just a few Kbps to Mbps. Necessity of the high speed and consumption of the data packets always continue increasing, so it requires readiness of regulation. Enlarge capacity requires new LTE with higher frequency such as frequency at 5 GHz.
In Indonesia, PM no. 35/2015 and PM no. 28/2015 is regulated technology Short Range Distance in frequency 5 GHz and limitation band. In Indonesia, LTE need new scheme Unlisenced and licensed at Frequency 5 GHz. New scheme with Regulatory Impact Analysis method is analysis result of trial at frequency 5Ghz, indepth interview of stakeholders and techno economy for measuring the feasibility of this implementation.
This thesis formulates a new scheme at frequencies from 5-5.3 GHz with bandwidth of 40 MHz, TDD duplexing technique, 256 QAM modulation, antenna 4T4R based on performance of the trial, which is use Listen Before Talk technology and indepth interview stakeholders, and the new scheme feasible for implementating with 247 billion NPV, IRR of 48% and the payback period being 2.69 years.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48915
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Riduan Akbar
"[ABSTRAK
Dalam penelitian ini objek yang dikaji adalah model baru bogie monorel tipe UTM 125 dengan menggunakan sistem suspensi tipe suspended, hasil rancangan dan produk nasional. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk menganalisa karakteristik gaya dinamik dari tiap komponen poros dalam struktur bogie monorel dan secara khusus adalah untuk mengevaluasi tingkat kenyamanan gerak kendaraan monorel. Analisis dan simulasi numerik gerak kereta monorel dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Simwise® dan NumXL®. Penentuan tingkat kenyamanan kendaraan monorel berdasarkan pada standar ISO 2631 dan standar EN 12299:2009. Dari hasil analisa diketahui bahwa gaya dinamik pada arah lateral memberikan pengaruh terjadinya gerak rolling pada struktur carbody dan dari hasil evaluasi kenyamanan diketahui bahwa percepatan arah lateral paling besar terjadi pada struktur carbody yang berada di atas bogie. Secara umum dapat disimpulkan bahwa tingkat kenyamanan kendaraan monorel masih dalam kategori tidak nyaman, sehingga diperlukan penyempurnaan lebih lanjut terhadap sistem dan struktur bogie monorel.

ASBTRACT
In this research the object being studied is a new type model of monorail bogie UTM 125 by using the suspended type of suspension system, which is designed as national product. The objective of this study in general is to analyze dynamic force characteristics for shaft components in monorail bogie structure and in particular is to evaluate the comfort level of monorail vehicle. Analysis and numerical simulation of monorail train movement is conducted by Simwise® and NumXL® softwares. The determination of the level of monorail car comfort is based on ISO 2631 standards and EN 12299:2009 the standards. From the analysis result has known that the dynamic force in lateral direction give significant effect to rolling motion in carbody structure and also from the comfort evaluation result has known that most of large lateral acceleration occurs on the part of carbody which located above the bogie structures. In general it can be concluded that the comfort level of the monorail vehicle still in the discomfort category, therefore need further refinement to system and structures of the monorail bogie.;In this research the object being studied is a new type model of monorail bogie UTM 125 by using the suspended type of suspension system, which is designed as national product. The objective of this study in general is to analyze dynamic force characteristics for shaft components in monorail bogie structure and in particular is to evaluate the comfort level of monorail vehicle. Analysis and numerical simulation of monorail train movement is conducted by Simwise® and NumXL® softwares. The determination of the level of monorail car comfort is based on ISO 2631 standards and EN 12299:2009 the standards. From the analysis result has known that the dynamic force in lateral direction give significant effect to rolling motion in carbody structure and also from the comfort evaluation result has known that most of large lateral acceleration occurs on the part of carbody which located above the bogie structures. In general it can be concluded that the comfort level of the monorail vehicle still in the discomfort category, therefore need further refinement to system and structures of the monorail bogie., In this research the object being studied is a new type model of monorail bogie UTM 125 by using the suspended type of suspension system, which is designed as national product. The objective of this study in general is to analyze dynamic force characteristics for shaft components in monorail bogie structure and in particular is to evaluate the comfort level of monorail vehicle. Analysis and numerical simulation of monorail train movement is conducted by Simwise® and NumXL® softwares. The determination of the level of monorail car comfort is based on ISO 2631 standards and EN 12299:2009 the standards. From the analysis result has known that the dynamic force in lateral direction give significant effect to rolling motion in carbody structure and also from the comfort evaluation result has known that most of large lateral acceleration occurs on the part of carbody which located above the bogie structures. In general it can be concluded that the comfort level of the monorail vehicle still in the discomfort category, therefore need further refinement to system and structures of the monorail bogie.]"
2015
T43465
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dina Widyasanti
"PT. Indosat memerlukan langkah strategis dalam melakukan proses migrasi frekuensi CDMA StarOne agar dalam pelaksanaannya tidak mengganggu performansi jaringan GSM eksisting, hal tersebut diperlukan karena keputusan Menkominfo KM. Nomor 181 Tahun 2006 per tanggal 12 Desember 2006 tentang alokasi frekuensi yang diberikan untuk CDMA StarOne yang ternyata berhimpit dengan frekuensi eksisting GSM PT. Indosat terutama pada frekuensi CDMA downlink 889.515 MHz. Frekuensi yang berhimpit tersebut akan menimbulkan resiko disisi internal antara jaringan GSM eksisting dan CDMA, seperti akan munculnya interferensi dimana-mana, meningkatnya drop call, penurunan daya jangkauan/coverage, timbulnya blank spot baru, yang pada akhirnya akan mengurangi performasi jaringan GSM yang sekarang ini masih menjadi bisnis paling dominan. Untuk mengantisipasi resiko paska dimigrasikannya frekuensi CDMA StarOne ini, maka langkah re-engginering pada jaringan GSM PT. Indosat mau tidak mau harus dilakukan.
Ada beberapa opsi yang akan dipilih dan dianalisa baik dari sisi performansinya maupun dari sisi keefektifan biaya yang dikeluarkan. Opsi-opsinya adalah dengan/tanpa pemasangan filter pada kedua jaringan, berapa kanal yang akan dibebaskan, dan metode hopping yang bagaimana yang akan digunakan. Bagaimana pengaruh hasil implementasi global frequency planning ini pada jaringan GSM PT. Indosat, akan dianalisa lebih lanjut hasil performansinya sebelum dan sesudah implementasi, kendala-kendala dilapangan, efektifitas penggunaannya dengan dan tanpa filter, perolehan nilai KPI, dan tentunya implikasi implementasi ini pada revenue perusahaan.

PT Indosat needs strategic steps in doing the migration process of CDMA StarOne, so that it does not conflict the existing GSM network performance. It is in accordance with the regulation of Menkominfo KM No.181Year 2006 dated of December 12, 2006 stating that frequency allocation given to CDMA StarOne is crashed againts the existing PT. Indosat GSM frequency especially in CDMA frequency downlink 889,515 Mhz. The crash will lead into internal risk between GSM network and CDMA network, such as interference, the significant increasing of drop call, decrease the coverage area, additional blank spot, conclusively it will decrease GSM Network performance that currently is the main business. To antisipate the risk of post CDMA StarOne frequency migration, re-engineering steps must be done by PT. Indosat.
There're some options that should be done and analyzed from performance side and revenue improvement. Those options are with or without filter implementation at both network, how many channels should be released, what hopping methode should be implemented. How these methode effect in GFP implementation in GSM Network of PT. Indosat will be analyzed further, before and after time implementations, the real constraint, the effectiveness with or without filter implementation, KPI score, and the total revenue of the company.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24642
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dwinita Apritasari
"ABSTRAK
Dalam sistem EBF, jarak link memiliki fungsi untuk memberikan
penampang yang lemah pada frame sehingga akan memberikan kapasitas deformasi plastis dan mendisipasi energi yang muncul akibat gempa. Link yang cukup panjang maka disipasi energi diperoleh dari flexural yielding, sementara link tidak terlalu panjang, maka link akan mengalami shear yielding. Shear yielding memungkinkan untuk terjadinya pengembangan deformasi plastis yang besar tanpa adanya
pengembangan strain lokal berlebihan yang muncul pada flexural yielding. Oleh karena itu, sistem EBF dengan shear yielding link lebih stabil dan menunjukkan daktilitas yang lebih baik dibandingkan dengan flexural yielding link.
Dalam perkembangan dunia arsitektur, bangunan tidak hanya dilihat
berdasarkan fungsi dan kekuatannya, namun juga estetika dan seninya. Jika dinilai berdasarkan fungsi dan estetika, frame tanpa bracing lebih baik digunakan untuk penggunaan ruang seperti jendela dan bukaan pada dinding lainnya. Namun, jika dibandingkan dengan sistem bangunan tanpa bracing, sistem bangunan dengan bracing akan menunjukkan kekuatan yang lebih baik terhadap beban lateral.
Sehingga untuk dapat mengimbangi kebutuhan kekuatan dan estetika bangunan, flexural yielding link dapat dijadikan sebagai aternatif solusi karena mampu memberikan ruang yang lebih luas dibandingkan dengan shear yielding link.
Pada penelitian ini, dilakukan eksperimen pada portal baja dengan sistem struktur Eccentrically Braced Frames (EBF) dengan menggunakan flexural link dan menggunakan analisa dinamik dengan menggunakan eccentric mass shaker. Dilakukan juga pemodelan numerik pada portal tersebut dengan software OpenSEES.

ABSTRACT
In an EBF system, the length of a link functions to give a frame a weak section that provides a plastic deformation capacity and dissipates energy that emerges from earthquakes. Longer links dissipate energy through flexural yielding while shorter links dissipate energy through shear yielding. Shear yielding allows for larger development of plastic deformation without experiencing excessive local strain, as is what happens when links experience flexural yielding. For that reason,
shear link EBFs tend to be more stable and more ductile than flexural link EBFs.
A look from the perspective of the world of architecture denotes that a
structure is not only seen from its function and strength, but also its aesthetic and artistry. Functionally and aesthetically speaking, unbraced frames are better utilized for windows and other wall openings. However, braced frames have been known to show better resistances to lateral loading when compared with unbraced frames. To resolve this issue between strength and aesthetics, flexural link EBFs proves to
be a viable alternative because of its ability to provide larger clearance space than shear link EBFs.
In this research, an experiment will be conducted on a steel frame utilizing the flexural link Eccentrically Braced Frame (EBF) system. A dynamic analysis using an eccentric mass shaker will be conducted. The frame will also be numerically modelled on OpenSEES."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>