Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177515 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tanya Fitriyani
"ABSTRAK
Fenomena kepadatan yang tinggi di dalam commuter line pada jam-jam sibuk sudah
menjadi hal yang dirasakan warga Jabodetabek sehari-hari, khususnya yang
berangkat kerja atau kuliah dari arah Bogor ke Jakarta pada pagi hari. Studi ini
meneliti tentang dampak kepadatan dalam commuter line pada fluktuasi valensi dan
arousal menggunakan experience sampling method. Studi ini juga ingin melihat
bagaimana trait neuroticism memoderasi hubungan antara periode waktu dan
valensi. Sebanyak 27 orang mahasiswa Universitas Indonesia melaporkan valensi
dan arousal mereka saat berangkat kuliah empat kali sehari selama lima hari.
Responden terbagi menjadi dua kelompok, kelompok kepadatan tinggi (yang
berangkat dari stasiun Bogor ke UI) dan kelompok kepadatan rendah (berangkat
dari stasiun Manggarai ke UI). Studi ini menggunakan smartphone dan aplikasi
sebagai media pengambilan data. Secara keseluruhan responden mengisi sebanyak
461 kali. Hasil menemukan bahwa valensi dan arousal tidak berbeda antara
kelompok kepadatan tinggi dan kelompok kepadatan rendah. Trait neuroticism juga
tidak memoderasi hubungan antara periode waktu dan valensi.

ABSTRACT
High density phenomenon in commuter line rush hour has been felt by Jabodetabek
citizens everyday, specifically people who commute to work or campus from Bogor
to Jakarta every morning. This study examines the impact of density in commuter
line on valence and arousal fluctuations using experience sampling method. This
study also examines how neuroticism trait moderates the relation between time and
valence. 27 students of University of Indonesia who are commuter line passengers
report their valence and arousal during their commutes to campus four times a day
for five days. Respondents are divided into two groups, high density (who commute
from Bogor station to UI) and low density (who commute from Manggarai station
to UI). This study use smartphone and application as data collection method. A total
of 461 responses are obtained. The results found that there are no differences
between high density and low density group. And also neuroticism does not
moderate the relation between time and valence."
2016
S65135
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, Aprian Waratorang
"ABSTRAK
Travel impedance didefinisikan sebagai hambatan dari lingkungan yang menghalangi individu dalam melakukan perjalanan dan mencapai tujuan. Dengan tingkat kepadatan jalan di Jakarta saat ini, travel impedance dalam mengendarai suatu moda transportasi berpotensi menurunkan well-being. Studi ini meneliti tentang dampak paparan travel impedance ketika mengendarai sepeda motor dan fluktuasi valensi dan arousal yang dialami sebelum dan setelah berkendara. Valensi dan arousal merupakan dimensi-dimensi core affect, yaitu konstruk psikologi yang merupakan komponen afektif dari well-being. Studi ini juga ingin melihat bagaimana trait neuroticism memoderasi dampak travel impedance terhadap valensi. Metode yang digunakan adalah experience sampling method, dengan aplikasi smartphone sebagai alat pengambilan data. Sebanyak 29 orang responden diminta untuk melaporkan kondisi valensi dan arousal mereka dua kali sehari, selama 10 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan valensi dan arousal antara kelompok yang belum terpapar travel impedance (diukur sebelum berkendara) dengan kelompok yang telah terpapar travel impedance (diukur setelah berkendara). Trait neuroticism juga tidak memoderasi hubungan antara travel impedance dan valensi.

ABSTRACT
Travel impedance is defined as behavioral constraint on movement and goal attainment. With the level of congestion in Jakarta today, travel impedance in riding a transportation modes potentially reduce well-being. This study examined the impact of exposure to travel impedance related to riding motorcycle and fluctuations of valence and arousal before and after riding. Valence and arousal are dimensions of core affect, a psychological construct which is the affective component of well-being. This study also examined how neuroticism trait moderate the impact of travel impedance on valence. Method used in this research is the experience sampling method, with a smartphone application being used for data collecting. A total of 29 respondents were asked to report the condition of the valence and arousal them twice a day, for 10 days. The results indicated that there is no difference in valence and arousal between before travel impedance group (measured before riding) and after travel impedance group (measured after riding). Trait neuroticism also does not moderate the relationship between the travel impedance and valence."
2016
S64860
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annas Jiwa Pratama
"ABSTRAK
Studi ini merupakan sebuah eksplorasi metode experience sampling (ESM) dengan menggunakan smartphone app. Di dalam studi ini diteliti dampak ibadah salat kepada valensi dan arousal. Salat adalah ibadah wajib yang dilakukan umat Islam lima kali sehari. Walaupun ibadah ini adalah perilaku yang amat penting bagi umat Islam, penelitian mengenai dampak dari ibadah ini sangat minim. Studi ini juga melihat bagaimana konten doa, spesifiknya doa untuk bersyukur, berdampak kepada valensi. Sebanyak 60 orang mahasiswa Fakultas Psikologi melaporkan kondisi afektif mereka lima kali sehari selama tujuh hari. Partisipan dibagi ke dalam dua kelompok; satu kelompok melaporkan setelah salat, dan kelompok yang kedua sebelum salat. Sebuah smartphone app dikembangkan khusus untuk penelitian. Secara keseluruhan partisipan mengisi sebanyak 1.316 kali. Sesuai dengan prediksi, valensi yang dilaporkan setelah salat lebih tinggi daripada yang dilaporkan sebelumnya. Doa bersyukur juga memprediksi meningkatnya valensi. Arousal tidak berbeda setelah atau sebelum salat.

ABSTRACT
This study is an exploration of the use of smartphone app in experience sampling method. In this study the effects of salat on valence and arousal is examined. Salat is a mandatory prayer ritual for Muslims, conducted five times a day. Despite the significance of this act for Muslims, only a handful of studies on the psychological effects of this ritual has been conducted. This study also examines the impact of the contents of prayer, in particular how prayer is used to give thanks to the divine, affects valence. In this study 60 first-year Psychology students report their affective state five times a day for seven days. Participants are divided into two groups; one reports after they conducted salat, another reports before salat. A smartphone app is developed for the purpose of the study. A total of 1.316 responses are procured. As predicted, valence reported after salat is higher than the ones reported before. Thanksgiving prayers also significantly predict an increase in valence. Arousal does not differ before and after salat.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S62290
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zahrina Basyarah
"Commuter line sebagai ruang yang bergerak dan berpindah dalam rel penggunanya bersifat sementara dan beragam. Dari hasil pengamatan langsung terhadap lapangan, pengguna yang beragam ini menyebabkan perilakunya juga beragam dalam menilai ruang commuter line. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fisik dari ruangan itu sendiri dan faktor non fisik dari pemikiran manusia terhadap faktor fisik yang ada. Perilaku manusia yang beragam ini termasuk ke dalam affordances dan affordances yang dilakukan berkali-kali dengan melalui pertimbangan serta prediksi dari penggunanya sehingga sampai kepada tahap beradaptasi. Adaptasi penting untuk dilakukan agar dapat bertahan pada gerbong KRL commuter line yang berbeda dari ruang-ruang pada umumnya, bergerak (dalam rel), tetap, terbatas, dan keberagaman penumpangnya tiap kurun waktu.
Commuter line as a moving space in its tracks is temporary and diversed. From the results of direct observation of the field, this diverse user behavior cause variousity in commuter line space assessment. It is influenced by the physical factors of the room itself and the non-physical factors of the human mind to the physical factors that exist. This diverse human behavior belong to the affordances and affordances that done many times with the consideration and prediction of users that come to the stage of adaptation. Adaptation is important to do in order to survive in KRL commuter line car, which are different from other spaces in general, moves (in rails), fixed, finite, and the diversity of passengers of each period."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55260
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Zubair
"ABSTRAK

Salah satu moda transportasi yang sedang berkembang pesat di wilayah Jabodetabek adalah Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line. Saat ini, Commuter Line menjadi best choice for urban transport. Tren peningkatan jumlah penumpang setiap tahun membuat PT. KCI selaku pengelola KRL Commuter Line kerap memperbaiki pelayanan yang diberikan. Sayangnya, proses peningkatan pelayanan yang dilakukan tidak diiringi dengan perubahan perilaku penumpang. Observasi menunjukkan bahwa masih banyak ditemukan perilaku menyimpang penumpang di dalam ruangruang stasiun dan gerbong kereta. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan faktor-faktor perilaku menyimpang penumpang Commuter Line serta untuk mengkaji pola ruang perilaku melalui pendekatan sosiologi perkotaan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan mixed methods baik secara kuantiatif maupun kualitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis triangluasi yang dilengkapi oleh analisis keruangan serta regresi linier berganda. Hasil penelitian ini berupa kajian mendalam mengenai bentuk dan faktor perilaku penumpang serta visualisasi pola penyebaran ruang perilaku tersebut dalam ruang stasiun dan gerbong kereta.


ABSTRACT


One of the fastest growing modes of transportation in the Jabodetabek area is the Commuter Line Electric Rail (KRL). At present, Commuter Line is the best choice for urban transport. The trend of increasing passengers number every year makes PT. KCI as the manager of the Commuter Line often improves the services provided. Unfortunately, the service improvement process carried out is not accompanied by changes in passenger behavior. Observations indicate that there are still many deviant behaviors found in station spaces and train cars. Therefore, the purpose of this study is to determine the processes and factors of commuter line passenger deviant behavior and to examine patterns of behavior through urban sociology approaches. This research was carried out with a mixed methods approach both quantitatively and qualitatively. The analysis used in this study is a triangulation analysis technique that is complemented by spatial analysis and multiple linear regression. The results of this study are in the form of an in-depth study of the shape and factors of passenger behavior and visualization of the patterns of behavior distribution in the station space and train cars.

"
2019
T54117
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nada Salsabilla
"Parameter umum untuk melihat apakah suatu masyarakat sudah terpenuhi kondisi kesejahteraannya menurut konsep kesejahteraan sosial adalah di mana suatu masalah sosial dapat dikelola, sejauh mana kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi, dan tingkatan di mana kesempatan untuk mengembangkan diri difasilitasi oleh pemerintah. Namun faktanya, kondisi KRL Commuter Line sering dikeluhkan karena tidak lagi memberikan kenyamanan sebagai bentuk kesejahteraan kepada penggunanya. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk memberi gambaran mengenai kondisi pengguna KRL Commuter Line yang transit di Stasiun Manggarai. Terdapat dua variabel yang diuji dalam penelitian ini, yakni resiliensi dan stres perjalanan (commuting stress). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah accidental sampling dan online sampling menggunakan metode survei dengan instrumen kuesioner dalam ukuran skala Likert. Pengumpulan data dilakukan pada April–Mei 2024 dengan jumlah responden 331 pekerja pengguna KRL Commuter Line yang transit di Stasiun Manggarai. Hasil penelitian ini menunjukkan kondisi hubungan antara variabel resiliensi dengan variabel stres perjalanan (commuting stress) pada sebagian besar pekerja pengguna KRL Commuter Line transit Stasiun Manggarai termasuk signifikan dengan kekuatan hubungan masuk ke dalam kategori cukup berdasarkan hasil uji korelasi Kendall’s Tau-b sebesar 0,353. Arah hubungan yang terbentuk bersifat positif menunjukkan semakin tinggi tingkat stres perjalanan (commuting stress) pengguna maka semakin tinggi pula tingkat resiliensi diri.

The general parameters for seeing whether a society's welfare conditions have been met according to the concept of social welfare are the extent to which a social problem can be managed, the extent to which society's needs can be met, and the level to which the government facilitates opportunities for self-development. However, the condition of the KRL Commuter Line is often complained about because it no longer provides comfort as a form of welfare to its users. Therefore, this research was conducted to provide an overview of the conditions of KRL Commuter Line users who transit at Manggarai Station. Two variables were tested in this research: resilience and commuting stress. This study uses a quantitative approach. The data collection techniques used were accidental sampling and online sampling using a survey method with a questionnaire instrument on a Likert scale. Data was collected in April–May 2024 with 331 respondents who used the KRL Commuter Line and transited at Manggarai Station. The results of this research show that the condition of the relationship between the resilience variable and the commuting stress variable for the majority of workers using the KRL Commuter Line transit at Manggarai Station is significant, with the strength of the relationship being in the sufficient category based on the results of the Kendall's Tau-b correlation test of 0.353. The direction of the relationship formed is positive, indicating that the higher the user's level of commuting stress, the higher the self-resilience. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Juliesca Wisnumoerti
"Kelelahan merupakan masalah kesehatan yang tak terhindarkan dan kerap kali dialami oleh pekerja. Salah satu faktor risiko kelelahan yaitu perjalanan menuju tempat kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat kelelahan pekerja pengguna KRL commuter line rute Bogor – Jakarta Kota. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan melibatkan 107 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Tingkat kelelahan diukur dengan kuesioner Skala Pengukuran Kelelahan (SPK). Hasil analisis univariat menunjukkan sebesar 29,9% pekerja tidak kelelahan, 58,9% pekerja mengalami kelelahan sedang, dan 11,2% pekerja mengalami kelelahan parah. Hasil penelitian ini merekomendasikan untuk mengoptimalkan peran perawat kesehatan kerja yang terkait dengan kelelahan yang dirasakan oleh pekerja.

Fatigue is an inevitable health problem that is often experienced by workers. One of the risk factors for fatigue is commuting to work. This study was conducted to identify the level of fatigue of workers using the KRL commuter line on the Bogor - Jakarta Kota route. This study used a cross sectional research design involving 107 respondents selected by purposive sampling technique. The level of fatigue was measured by the Skala Pengukuran Kelelahan (SPK) questionnaire. The results of univariate analysis showed that 29.9% of workers were not fatigued, 58.9% of workers experienced moderate fatigue, and 11.2% of workers experienced severe fatigue. The results of this study recommend optimizing the role of occupational health nurses related to fatigue felt by workers."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desy Widya Astuti
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai pola perjalanan calon penumpang commuter line menuju stasiun di Kota Depok, dengan latar belakang sebagai salah satu kota satelit telah mengalami perkembangan yang kompleks baik dari sisi penduduk, sosial, ekonomi, dan lingkungan. Salah satu konsekuensinya adalah meningkatnya pergerakan masyarakat melalui titik simpul transportasi yaitu Stasiun Universitas Indonesia, Stasiun Pondok Cina, Stasiun Depok Baru, Stasiun Depok Lama dan Stasiun Citayam. Tingginya mobilitas calon penumpang commuter line dipengaruhi oleh lokasi stasiun yang dekat dengan kawasan permukiman, kondisi sosial ekonomi dan pola perjalanan penumpang.
Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, penyebaran kuesioner, serta tinjauan pustaka. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan mixed methods baik secara kualitatif maupun kuantiatif.  Analisis yang digunakan adalah dengan metode multinomial logistic regression. Hasil dari penelitian mengemukakan bahwa perilaku penumpang menuju stasiun (access mode) dipengaruhi oleh nilai waktu, jarak dan biaya transport. Temuan dari penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang prilaku calon penumpang dalam memilih stasiun dan moda transportasi menuju stasiun. Sehingga stasiun di Kota Depok perlu dilakukan perbaikan sarana dan prasarana penunjang seperti penataan tempat naik turun angkutan umum, parkir kendaraan pribadi, drop off angkutan online, parkir kendaraan tidak bermotor maupun penataan fasilitas pejalan kaki.

ABSTRACT
This thesis discusses the commuting line of prospective commuter line passengers to the station in Depok, with a background as one of the satellite cities that has experienced complex developments both in terms of population, social, economic, and environmental. One consequence is the increased movement of people through the station node points, namely Universitas Indonesia Station, Pondok Cina Station, Depok Baru Station, Depok Lama Station and Citayam Station. The high mobility of prospective commuter line passengers is influenced by the location of the station which is close to residential areas, socioeconomic conditions and passenger travel patterns.
Data collection techniques by interview, observation, questionnaire distribution, and literature review. This research was conducted with a mixed methods approach both qualitatively and quantitatively. The analysis used is the multinomial logistic regression method. The results of the study suggest that the behavior of passengers to the station (access mode) is influenced by the value of time, distance and transportation costs. The findings of this study contribute to understanding the behavior of prospective passengers in choosing stations and modes of transportation to the station. So that stations in the city of Depok need to be improved facilities and supporting infrastructure such as the arrangement of places of ups and downs of public transport, parking of private vehicles, drop off of online transportation, parking of non-motorized vehicles and arrangement of pedestrian facilities."
2020
T55364
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Orchita Pratiwi
"Salah satu faktor yang menjadi penyebab kemacetan lalu lintas di Jakarta adalah semakin meningkatnya penggunaan kendaraaan bermotor yang memadati jalan di Jakarta seiring dengan padatnya jumlah penduduk akibat urbanisasi ke Ibukota yang bertujuan untuk mengadu nasib juga meningkatkan taraf hidup dan perekonomianvrumah tangga. Salah satu moda transportasi yang dapat mendukung mobilitas masyarakat untuk mengatasi permasalahan kemacetan yang dihadapi di ibukota adalah kereta yang mana saat ini penggunaan commuter line mendominasi penggunaan transportasi publik di Jabodetabek. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitianvini membahas mengenai tingkat kepuasan pengguna terhadap pelayanan KRL commuter line rute Tanah Abang-Bogor. Pembahasan penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan oleh A.vParasuraman, Valarie A. Zeithaml, dan Leonard L. Berry yang terdiri dari lima dimensi yakni, bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, serta empati. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa survei dan wawancara mendalam dengan pengguna jasa dan juga petugasvcommuter line rute Tanah Abang-Bogor. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya kesenjangan antara kualitas pelayanan yang diberikan dengan yang diharapkan oleh pengguna. Kesenjangan ini menunjukkan bahwa harapan pengguna akan ke lima dimensi lebih tinggi dibandingkan dengan kenyataan yang diterima di lapangan. Semakin kecil nilai kesenjangannya, maka dapat dikatakan pelayanannya semakin baik. Nilai kesenjangan rata-rata terendah berada pada dimensi responsiveness (ketanggapan), yaitu sebesar -1.45, maka dimensi responsiveness (ketanggapan) ini merupakan dimensi yang paling baik. Sedangkan nilai kesenjangan rata-rata tertinggi berada pada dimensi assurance (jaminan), yaitu sebesar -v1.74, maka dimensi assurance (jaminan) dapat dikatakan kurang baik dan perlu diperbaiki. Tingkat kesesuaian dari hasil analisis antara harapan pengguna dengan kenyataan secara keseluruhan sebesar 60.60%. Berdasakan penilaian tersebut, dapat dikatakan kepuasan responden mengenai pelayanan commuter line rute Tanah Abang-Bogor secara keseluruhan sudah cukup memuaskan. Hasil dari penelitian menyarankan bahwa pelayanan commuter line perlu
ditingkatkan dari segi ketersediaan kursi tunggu, kemudahan menggunakan e-ticket, vending machine, dan gate electronic, serta keamanan dan kenyamanan saat berada di dalam stasiun maupun dalam gerbong kereta, dan keamanan pada saat naik turun kereta guna memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna.

One of the factors that causes traffic congestion in Jakarta is the increasing use of motorized vehicles that crowd the roads in Jakarta along with the dense population due to urbanization to the capital city which aims to try their luck as well as improve the standard of living and the economy.vhousehold. One of the modes of transportation that can support community mobility to overcome congestion problems faced in the capital is the train, which currently uses the commuter line to dominate the use of public transportation in Jabodetabek. Based on these problems, the researchvThis article discusses the level of user satisfaction with the KRL commuter line service on the Tanah Abang-Bogor route. The discussion of this research uses the theory of service quality by A. Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry which consists of five dimensions namely, physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. This research approach uses a quantitative approach with data collection techniques in the form of surveys and in-depth interviews with service users and officers commuter line for the Tanah Abang-Bogor route. The results of the study indicate that there is a gap between the quality of services provided by the user's expectations. This gap shows that user expectations for the five dimensions are higher than the reality received in the field. The smaller the value of the gap, it can be said that the service is getting better. Lowest average gap score is in the responsiveness dimension, which is -1.45, then this responsiveness dimension is the best dimension. Meanwhile, the highest average gap value is in the assurance dimension, which is - 1.74, then the dimension of assurance (guarantee) can be said to be not good and needs to be improved. The level of suitability of the results of the analysis between user expectations and reality as a whole is 60.60%. Based on this assessment, it can be said that respondents' satisfaction regarding the commuter line service for the Tanah Abang-Bogor route as a whole is quite satisfactory. The results of the study suggest that commuter line services need to be improved in terms of the availability of waiting seats, ease of use of e-tickets, vending machines, and electronic gates, as well as security and comfort when inside the station or in train carriages, and security when getting on and off the train in order to provide maximum service to users."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhian Kunmartoyo
"ABSTRAK
Bantuan Hidup Dasar (BHD) merupakan pertolongan pertama yang diberikan
pada korban dengan kegawatdaruratan medis yang dapat terjadi dimana saja dan
kapan saja, termasuk di area layanan kereta commuter line. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui hubungan persepsi dan motivasi dengan efikasi diri BHD
petugas kereta commuter line, khususnya Petugas Keamanan Dalam (PKD) tahun
2016. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi
penelitian ini adalah PKD di area sarana layanan kereta commuter line. Sampel
yang diambil adalah PKD lintas Jakarta ? Bogor. Hasil penelitian menunjukan
mayoritas (52,8%) persepsi responden buruk dan mayoritas motivasi (54,4%)
rendah, serta mayoritas (55,2%) efikasi diri BHD rendah. Analisis bivariat
menunjukan terdapat hubungan antara persepsi dan motivasi dengan efikasi diri
responden, sehingga harus dilakukan intervensi guna meningkatkan persepsi,
motivasi dan efikasi diri BHD responden.

ABSTRACT
Basic Life Support (BLS) is first aid that given on the victim with a medical
emergency that can happen anywhere and anytime, including in a service area
commuter line train. The purpose of this study to determine the relationship of
perception and motivation to self-efficacy BLS officer commuter line train, in
particular Internal Security Officer (PKD) in 2016. This study used cross sectional
design. The population of this research is PKD in the area of services commuter
line train. Samples taken are PKD across Jakarta - Bogor. The results showed the
majority (52.8%) of respondents have bad perception and majority motivation
(54.4%) is low, and the majority (55.2%) BLS self-efficacy is low. The bivariate
analysis showed an association between the perception and motivation with selfefficacy
of respondents, so that intervention is a must to improve the BLS
perception, motivation and self-efficacy respondents."
2016
S63239
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>