Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145212 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Husein Shahab
"Kebutuhan Indonesia akan bahan bakar diesel semakin meningkat setiap tahunnya sehingga tidak dapat dipenuhi dengan produksi dalam negeri, oleh karena itu pemerintah melakukan kebijakan import untuk memenuhinya. Biofuel merupakan salah satu alternatif bahan bakar yang sangat potensial untuk menjawab pemasalahan tersebut, salah satu jenis biofuel ialah renewable diesel, yang merupakan senyawa turunan hidrokarbon yang dihasilkan dari reaksi hidrodeoksigenasi terhadap minyak nabati. Salah satu sumber minyak nabati tersebut ialah minyak biji nyamplung. Minyak nyamplung dipilih karena kandungan trigliserida yang tinggi, tidak digunakan sebagai bahan pangan, dan juga karena produktivitasnya yang tinggi di Indonesia. Minyak tersebut kemudian digunakan sebagai bahan baku dalam mensintesis renewable diesel melalui rangkaian reaksi hidrodeoksigenasi dengan katalis NiMo/Zeolit dan NiMo/Karbon. Sebagai hasil dari reaksi yang terjadi pada kondisi tekanan 10 dan 12 bar serta temperatur 375⁰C renewable diesel yang dihasilkan memiliki spesifikasi melebihi solar komersial, dengan hasil terbaik didapatkan dengan rekasi meggunakan katalis NiMo/Karbon teraktifasi dengan indeks setana sebesar 81,83 , konveri 81,99%, yield sebesar 68,08% dan selektifitas sebesar 84,54%.

Indoneisa's need of diesel fuel are increasing every year and getting urge, thus the need can?t be fulfilled by domestic production. Therefore the government applied the import regulation to overcome the demand.. Biofuel is very potential to answer such a problem, one type of biofuel is renewable diesel, which is hydrocarbon derivative from hydrodeoxygenation reaction from vegetable oil. One of the source of the vegetable oil is Calophyllum Inophyllum oil. This oil was chosen because of its high content in triglyceride, inedible, and it?s high productivity rate in Indonesia. This oil then used as the raw material to synthesize renewable diesel through hidrodeoxygenation reaction catalyzed by NiMo/Zeolite and NiMo/Carbon. As the result of the reaction in controlled condition with 10 and 12 bar pressure and constant temperature at 375⁰C, the obtained renewable diesel exceeding the specification of commercial petroleum diesel. The best result obtained with NiMo/Carbon activated catalyzed reaction, with cetane index."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64071
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[Green diesel merupakan bahan bakar generasi kedua dari biofuel yang menggunakan minyak nabati. Bahan baku yang dipilih adalah minyak nyamplung yang memiliki kadar minyak 50 hingga 70%. Green diesel ini diharapkan dapat menyamai bahakan melebihi petroleum diesel dengan keunggulan angka setana dan impurities yang lebih rendah, juga memiliki spesifikasi yang minimal sama dengan petroleum diesel yang ada saat ini. Adapun metode yang digunakan untuk mensintesis green diesel yaitu metode hidrodeoksigenasi dengan menggunakan katalis NiMo/Zeolit dengan bahan baku minyak nyamplung. Kondisi operasi yang digunakan yaitu pada tekanan 12 bar dan variasi suhu operasi yang digunakan yaitu 350oC, 375oC dan 385oC. Hasilnya didapat bahwa Kondisi operasi optimal dicapai pada suhu 375oC dan tekanan 12 bar dengan spesifikasi green diesel yang didapatkan memiliki densitas 0,829 g/cm3, viskositas 0,344 Cp, dan indeks setana 63. Selanjutnya penelitian ini dapat lebih disempurnakan lagi untuk mendapatkan konversi yang lebih tinggi., Green diesel is a second generation biofuel that being converge from 100% vegetable oil. The raw material that chosen is an oil that being produced from Calophyllum inophyllum seed that have oil content between 50 and 70%. Green diesel hypothised to be in par with petroleum diesel and have higher cetane number and fewer impurities. Moreover, at least, have a minimum specification as same as petroleum diesel. The method that being used to synthesize green diesel is hydrodeoxygenation method using NiMo/Zeoilt as catalyst. In this research, the operation condition that being applied is the pressure at 12 bar and temperature at 350oC, 375oC dan 385oC. the result shows that the optimum Operaton condition is temperature at 375oC and pressure at 12 bar. the specification of green diesel density at 0,829 g/cm3, viscosity at 0,344 cSt, dan cetane number 63. In the future this research can be perfected in order to get a higher conversion, yield and selectivity of product.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58837
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Kartini
"Renewable diesel merupakan biofuel generasi kedua setara solar yang memiliki sifat dan struktur kimia yang mirip dengan solar minyak bumi. Penelitian ini menganalisis potensi minyak dedak padi (rice bran oil) sebagai bahan baku dalam produksi renewable diesel melalui reaksi dekarboksilasi menggunakan katalis NiMo/Zeolit. Renewable diesel disintesis pada tekanan 12 bar, 9 bar dan 6 bar pada suhu operasi 375°C.
Hasil analisis produk renewable diesel yang dihasilkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa renewable diesel yang dihasilkan memiliki spesifikasi seperti densitas, viskositas dan indeks setana yang lebih baik dari biodiesel dan sesuai dengan standar solar komersial (ASTM D-975). Selektivitas dan yield tertinggi diperoleh pada tekanan 12 bar dengan selektivitas 28,12% dan yield 19,99%.

Renewable diesel is a second generation of biofuel with the same characteristic and chemical structure as petroleum diesel. This research analized potentiality of rice bran oil as raw material for renewable diesel production through decarboxylation reaction using NiMo/Zeolit catalyst. Renewable diesel is synthesized at 12 bar, 9 bar and 6 bar pressure at the same temperature, 375°C.
The result of the test obtained specification of renewable diesel such as density, viscosity and cetane index better than biodiesel and suitable to commercial diesel standard (ASTM D-975). The highest selectivity and yield obtained at pressure 12 bar there are 28.12% and 19.99%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58894
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Kurniawan
"Bahan bakar nabati memiliki potensi yang sangat besar untuk menjawab kebutuhan energi dalam negeri maupun dunia salah satunya renewable diesel. Proses yang digunakan untuk memproduksi renewable diesel yaitu reaksi hidrolisis dan hidrodeoksigenasi dengan menggunakan katalis NiMo/Zeolit. Tujuan dilakukan hidrolisis sebagai pretreatment akan mengubah trigliserida pada minyak jarak pagar menjadi free fatty acid (FFA) untuk kemudian dikonversi menjadi renewable diesel melalui hidrodeoksigenasi. Hidrolisis minyak jarak dilakukan pada kondisi suhu 200C dan tekanan 1 bar selama 7 jam dengan rasio volume air dan minyak sebesar 60:40 mampu menghasilkan %FFA sebanyak 68,197%. Untuk hidrodeoksigenasi, variasi suhu operasi yang digunakan yaitu 350C, 375C, dan 400C. Pretreatment minyak jarak dengan reaksi hidrolisis mampu meningkatkan konversi, selektiftas, yield, dan indeks setana dari produk renewable diesel dimana produk dengan minyak jarak non hidrolisis menghasilkan konversi 74,83%, selektivitas 30,88 %, yield 20,25% dan indeks setana 49,89. Sementara produk dengan minyak jarak dihidrolisis konversi mencapai 86,95%, selektivitas 50,70%, yield 26,43% dan indeks setana 60,43.

Biofuels have great potential to address the energy needs of the country and the world especially renewable diesel. The process used to produce renewable diesel are hydrolysis and hydrodeoxygenation reaction by using NiMo / Zeolite catalyst. The purpose of hydrolysis as pretreatment will change the jatropha oil’s triglycerides into free fatty acid (FFA) and then converted into renewable diesel through hydrodeoxygenation reaction. Hydrolysis of jatropha oil carried out under temperature 200C and pressure of 1 bar for 7 hours with ration of water and oil volume is 60:40 are able to produce as much as 68.197% FFA. For hydrodeoxygenation, variations in operating temperature used is 350C, 375C, and 400C. Pretreatment of jatropha oil with hydrolysis reaction can increase the conversion, selectivity, yield, and the cetane index of renewable diesel product where products with jatropha oil non hydrolysis have 74.83% conversion, 30.88% selectivity, 20.25% yield and cetane index 49,89. While products with hydrolyzed jatropha oil reached 86.95% conversion, 50.70% selectivity, 26.43% yield and 60.43 cetane index."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58896
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Faisal
"Bahan bakar nabati memiliki potensi yang sangat besar untuk menjawab kebutuhan energi dalam negeri maupun dunia. Proses yang digunakan ialah reaksi hidrodeoksigenasi yang produknya dikenal dengan renewable diesel. Penelitian ini berfokus pada preparasi katalis NiMo/Zeolit dengan modifikasi metode konvensional yaitu metode microwave polyol process untuk sintesis renewable diesel. Dari hasil uji karakterisasi BET dan XRD diketahui katalis memiliki luas permukaan 5,45 m2/g dan memiliki ukuran kristal rata-rata 62,98 nm. Katalis digunakan untuk mensintesis renewable diesel dengan kondisi operasi suhu 375°C, tekanan 12 bar, loading katalis 1% massa minyak jarak dan kecepetan pengaduk 800 rpm. Berdasarkan hasil uji GC-MS menunjukan katalis NiMo/Zeolit mampu mengkonversi minyak jarak sebesar 88,61% dengan selektivitas produk renewable diesel sebesar 35,26 serta yield 21,5%. Berdasarkan hasil Uji FTIR dan Uji sifat fisik produk, renewable diesel hasil reaksi menggunakan katalis NiMo/Zeolit memiliki spesifikasi yang lebih baik dari solar komersial dengan nilai densitas: 0,833 gr/cm3, viskositas: 3,02 cst, Indek setana: 61,01.

Biofuels have great potential to fulfill the energy needs of Indonesia. The process used is hydrodeoxygenation reaction (HDO) whose products are known as renewable diesel. This study focuses on preparation NiMo/Z catalyst for sintesizing renewable diesel from jatropha oil. Preparation of NiMo/zeolit catalyst is done by using microwave polyol process method which gives the surface area of 5.45m2/g and has an average crystal size of 62.98nm. NiMo/Zeolit catalyst used to synthesize renewable diesel at 375oC, pressure 12 bar, catalyst loading 1% mass of Jathropa Oil and stirer speed of 800 rpm. Based on the test results of GCMS showed the catalyst NiMo/Zeolit has the conversion of jatropha oil 88,61% with renewable diesel product selectivity of 35.26 and 21.5% yield. According to result of FTIR and product physical properties, renewable diesel products has better specifications than commercial diesel with density values: 0.833 gr/cm3, viscosity: 3.02 cst, cetane index: 61.01."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54863
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Irfan
"Semakin tingginya kebutuhan BBM, dan semakin menurunnya cadangan minyak bumi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka para peneliti akan berusaha untuk mencari alternatif bahan bakar lain. Salah satu solusi tersebut yaitu bahan bakar yang diproses dari minyak nabati yang merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Pada penelitian ini, akan dibuat bahan bakar dari minyak nabati yang disebut dengan renewable diesel. Renewable diesel merupakan generasi kedua dari biofuel yang menggunakan minyak nabati. Bahan baku yang dipilih dalam penelitian ini yaitu minyak sawit. Renewable diesel ini diharapkan memiliki komposisi yang menyamai petroleum diesel, dan juga memiliki spesifikasi yang minimal sama dari petroleum diesel, tetapi di sisi lain juga memiliki keunggulan yaitu seperti angka setana yang lebih tinggi dan kandungan impurities yang lebih rendah. Adapun metode yang digunakan untuk mensintesis renewable diesel yaitu metode hidrodeoksigenasi dengan menggunakan katalis Pd/Zeolit dengan bahan baku minyak sawit. Pada reaksi hidrodeoksigenasi ini, kondisi operasi yang diberlakukan yaitu tekanan 9 bar, 12 bar, dan 15 bar dan variasi suhu operasi yang digunakan yaitu 375oC dan 400oC. Harapan yang ingin dicapai dari proses ini yaitu konversi setinggi-tingginya, angka setana yang lebih tinggi dari solar komersial, dan kandungan impurities serendah-rendahnya.

Time by time, the demand for fuel is getting higher, while petroleum reserves is decreasing significantly, then the researchers will try to look for other alternative fuels. One best solution is processed fuel from vegetable oil which is a natural resource that can be renewed. In this study, the solution will be made from vegetable oil fuel called renewable diesel. Renewable diesel is a second generation of biofuels that use vegetable oil. Raw materials that are selected in this study, namely palm oil. Renewable diesel is expected to have an equal composition of petroleum diesel, and also have the same minimum specifications of petroleum diesel, but on the other hand also has the advantage of such a higher cetane number and lower content of impurities. The method used to synthesize the renewable diesel is hydrodeoxygenation method using the Pd/Zeolite catalyst with palm oil feedstock. In this hydrodeoxygenation reaction, the operating conditions are pressure of 9 bar, 12 bar, and 15 bar and operating temperature variations used are 375oC and 400oC. Hopefully the ressult achieved from this process is the conversion as high as possible, higher cetane number than commercial diesel, and the content of impurities as low as possible."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54842
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Michaelle Flavin Carli
"Saat ini, sumber bahan bakar utama masih berasal dari bahan bakar fosil, salah satunya adalah avtur, yang ketersediannya masih terbatas dan meningkatkan emisi gas rumah kaca. Kondisi ini mendorong penggantian avtur menjadi bioavtur, yang merupakan salah satu energi berkelanjutan yang ramah lingkungan. Pada penelitian ini, bioavtur disintesis melalui reaksi hidrodeoksigenasi dan perengkahan katalitik dari senyawa model asam oleat menggunakan katalis NiMo/Zeolit. Hidrodeoksigenasi dilakukan pada kondisi operasi yang seragam yaitu pada suhu 375°C, pada tekanan hidrogen 15 bar selama 2,5 jam. Rantai hidrokarbon pada hasil hidrodeoksigenasi yang dianggap masih panjang direngkah kembali melalui reaksi perengkahan katalitik selama 1,5 jam. Reaksi ini dilakukan pada tiga variasi suhu, yaitu 360, 375, dan 390°C. Karakteristik produk cair dibagi menjadi dua macam, yaitu karakteristik kimia, berupa bilangan asam, FTIR, dan GC-MS dan karakteristik fisik, berupa uji densitas dan viskositas. Bioavtur yang telah tersintesis melalui perengkahan katalitik ini telah memenuhi spesifikasi avtur komersial, kecuali bilangan asam dengan suhu optimum pada 375°C. Pada kondisi ini, NiMo/Zeolit mampu melakukan sintesis bioavtur dengan yield 34,77, selektivitas 36,43 dan konversi 84,30. Nilai persentase yield dan selektivitas yang terbilang masih rendah disebabkan oleh kinerja katalis yang belum optimal. Sedangkan konversi yang tinggi, disebabkan oleh cukup tingginya suhu perengkahan katalitik.

Currently, fossil fuels are still the primary source of fuel. As has been known, fossil fuel especially aviation fuel is limited resources and can increase greenhouse gas emissions. This condition encourages avture replacement efforts into bioavtures fuel. In this research, bioavture is synthesized through hydrodeoxygenation and catalytic cracking from oleic acid as model compound using NiMo Zeolite catalyst. Hydrodeoxygenation carried out under operating conditions at temperature of 375°C, under 15 bar pressure and for 2.5 hours. The chain of hydrocarbons from the result of hydrodeoxygenation has been cracked by catalytic cracking reaction for 1.5 hours. Variation operating condition used are 360, 375, and 390°C. The liquid product is tested its chemical characteristic, ie acid number, FTIR and GC MS and its physical characteristics, ie density test and viscosity. Bioavtur that synthesized by catalytic cracking have met the specifications of bioavtur, except the acid number with optimum temperature at 375oC. These conditions with NiMo Zeolite activated led to dominant yield of 34.77 , selectivity of 36.43, and conversion of 84.30. Percentage of yield and selectivity of bioavtur are still low caused by performance of catalyst that is still can not optimum. Whereas, high percentage conversion caused by high temperature used for catalytic cracking."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risya Utaviani Putri
"ABSTRAK
Green diesel merupakan bahan bakar nabati generasi kedua yang memiliki potensi untuk menjawab kebutuhan energi baik dalam negeri maupun dunia. Proses yang digunakan untuk memproduksi green diesel adalah hidrolisis sebagai pre-treatment dan hidrodeoksigenasi menggunakan katalis NiMo/Al2O3. Hidrolisis akan mengubah trigliserida pada bahan baku, yaitu minyak jelantah menjadi free fatty acid FFA yang selanjutnya dikonversi menjadi green diesel melalui hidrodeoksigenasi. Hidrolisis minyak jelantah dilakukan pada suhu 200oC dan tekanan 16 bar dengan rasio volume air dan minyak sebesar 1:1. Waktu reaksi divariasikan dari 1 hingga 3 jam. Kondisi operasi optimum hidrolisis, yaitu pada waktu 3 jam mampu menghasilkan FFA sebanyak 73,89 . Untuk proses hidrodeoksigenasi dilakukan variasi kondisi operasi, yaitu pada suhu 375oC dan tekanan 12 bar yang dapat menghasilkan green diesel dengan konversi 80,24 , selektivitas 53,37 , dan yield 19,26 , serta pada suhu 400oC dan 15 bar yang dapat menghasilkan green diesel dengan konversi 82,15 selektivitas 69,58 , dan yield 68,87 .

ABSTRACT
Green diesel is a second generation of biofuel that has a potential to answer the energy needs either in Indonesia or in the world. The process used to produce green diesel are hydrolysis as a pre treatment and hydrodeoxygenation by using NiMo Al2O3 catalyst. Hydrolysis will change the triglycerides in the raw material, which is waste cooking oil into free fatty acid FFA and then converted into green diesel through hydrodeoxygenation. Hydrolysis of waste cooking oil carried out at temperature of 200oC and pressure of 16 with water and oil volume ratio of 1 1. Time is varied from 1 to 3 hours. The optimum condition of hydrolysis, which is at 3 hours can produce FFA as much as 73.89 . For hydrodeoxygenation, variations in operating condition used are 375oC with pressure of 12 bar that can produce green diesel with conversion of 80.24 , selectivity of 53.37 , and yield of 19.26 , also 400oC with pressure of 15 bar that can produce green diesel with conversion of 82.15 , selectivity of 69.58 , and yield of 68.87 . "
2017
S67176
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farisa Nurizky
"Sejak tahun 2005, konsumsi avtur di Indonesia selalu lebih besar dari produksi kilang nasional. Kebutuhan avtur yang tidak terpenuhi jika hanya menggunakan energi fosil mendorong upaya pencarian bahan bakar pesawat alternatif, salah satunya adalah bioavtur. Bioavtur merupakan bahan bakar nabati generasi kedua yang dapat dijadikan alternatif bagi bahan bakar jet avtur untuk memenuhi kebutuhan nasional Indonesia serta mendukung Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca. Sintesis bioavtur pada penelitian ini menggunakan biodiesel/metil ester untuk memanfaatkan lebihan produksi biodiesel di Indonesia. Untuk memudahkan karakterisasi produk, digunakan senyawa model dari metil ester biodiesel yaitu metil oleat. Sintesis dilakukan melalui proses hidrodeoksigenasi dan perengkahan katalitik dengan katalis NiMo/zeolit. Proses hidrodeoksigenasi dilakukan pada kondisi tekanan 24 bar dan suhu 375 C selama 4 jam, dan reaksi perengkahan katalitik dilakukan pada suhu 375 C selama 2 jam. Perengkahan katalitik dilakukan dengan 2 variasi loading katalis, yaitu 1 dan 5. Produk bioavtur yang dihasilkan telah memenuhi SNI avtur untuk viskositas dan densitas, yaitu sebesar 3,34 cSt dan 0,839 g/mL. Dengan kondisi perengkahan katalitik pada suhu 375 C dan loading katalis sebesar 5, katalis NiMo/zeolit mampu melakukan sintesis bioavtur dengan yield sebesar 34,27, selektivitas 26,25, dan konversi sebesar 91,27. Hasil tersebut belum optimum namun dapat dijadikan referensi untuk penelitian lebih lanjut.

Since 2005, aviation fuel consumption in Indonesia has always been greater than the production of national refineries. Aviation fuel needs that are not fulfilled if using only fossil energy encourages the search effort of alternative fuels, one of which is bioavtur. Bioavtur is a second generation biofuel that can be used as an alternative to jet fuel aviation fuel to meet Indonesia 39s national needs and support the National Action Plan for Greenhouse Gas Emission Reduction. The bioavtur synthesis in this study used biodiesel methyl esters to utilize excess biodiesel production in Indonesia. To facilitate product characterization, methyl oleate is used as a model compound of methyl ester biodiesel. Synthesis is done through hydrodeoxigenation process and catalytic cracking with NiMo zeolite catalyst. The hydrodeoxigenation process was carried out under the condition of 24 bar and 375 C for 4 hours, and the catalytic cracking reaction was carried out at 375 C. for 2 hours. Catalytic cracking was performed with 2 variations of catalyst feed ratio, i.e. 1 and 5. The resulting bioavtur product has fulfilled the SNI of avtur for viscosity and density, that is equal to 3,34 cSt and 0,839 g mL respectively. Under catalytic cracking conditions at 375 C and 5 catalyst loading, NiMo zeolite catalysts were able to synthesize bioavtur with yields of 34.27, selectivity of 26.25, and conversion of 91.27. The results are not yet optimum but can be used as a reference for further research."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gita Agitia Fransisca
"Menipisnya cadangan minyak bumi membuat banyak orang berusaha mencari alternatif bahan bakar yang ramah lingkungan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan bakar yang berasal dari minyak nabati. Pada penelitian ini akan dibuat suatu bahan bakar alternatif generasi kedua biofuel yang dikenal dengan nama renewable diesel. Sintesis renewable diesel ini dilakukan dengan metode deoksigenasi menggunakan katalis Pd/C dan NiMo/C dengan bahan baku yang digunakan adalah asam oleat. Pada reaksi deoksigenasi ini dilakukan variasi tekanan 9 bar dan 15 bar, dengan temperatur 400°C, kecepatan pengaduk 800 rpm dan lamanya reaksi 2 jam. Uji densitas dan viskositas produk ini menunjukkan hasil yang mendekati sifat fisik solar komersial. Dari hasil uji densitas, viskositas, FTIR dan GC-FID dapat disimpulkan bahwa produk optimum reaksi terjadi pada sampel yang menggunakan katalis Pd/C dengan tekanan 9 bar dalam waktu 2 jam. Berdasarkan hasil uji tersebut, produksi renewable diesel pada penelitian ini memiliki konversi 76,01%, selektivitas 50,14% dan yield 24,86%.

Depletion of petroleum make a lot of people trying to find alternative fuels that are environmentally friendly, one of which is derived from vegetable oils. This research will be a second generation biofuels known as renewable diesel. Synthesis renewable diesel is done by deoxygenation method using catalysts Pd/C and NiMo/C with the raw material used is oleic acid. Deoxygenation reaction was conducted on the variation of pressure 9 bar and 15 bar, with a temperature of 400°C, stirrer speed of 800 rpm and duration reaction of 2 hours. Physical property test result such as density and viscosity of this product and commercial solar shows closed similarity. According the test results density, viscosity, FTIR and GC-FID can be concluded that the optimum reaction product occurred in the sample using the catalyst Pd/C with a pressure of 9 bar in 2 hours. Based on these test results, the production of renewable diesel in this study has a 76.01% convertion, 50.14% selectivity and 24.86% yield of renewable diesel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42893
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>