Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 140406 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Hilmy Iskandar
"ABSTRAK
Global Flight Tracking (GFT) merupakan suatu sistem yang berdasarkan target konsep dari Global Aeronautical Distress and Safety System (GADSS) dimana sistem ini dapat melacak posisi pesawat komersil yang sedang beroperasi diseluruh dunia. Automatic dependent surveillance broadcast (ADS-B) adalah teknologi broadcast pesawat yang sedang beroperasi untuk menyiarkan informasi seperti latitude, longitude, altitude, velocity, dan juga identitas pesawat. Pada saat ini penerimaan pesan ADS-B hanya dapat dicakup pada wilayah terrestiral saja. ADS-B penerimaan via satelit dimaksudkan untuk memperluas cakupan dari ADS-B terrestrial. Skripsi ini mensimulasikan satelit Iridium dan Globalstar dengan ketinggian 800 km dan 1400 km yang digunakan untuk komparasi unjuk kerja dengan melihat pengaruh durasi pulsa ADS-B terhadap probabilitas non-collided penerimaan pesan. Ketinggian dari satelit mempengaruhi radius yang akan digunakan untuk menghitung kepadatan dari pesawat yang dapat dicakup oleh satelit. Hasil simulasi menunjukan radius footpirint dari satelit Iridium dan Globalstar adalah 836.6144 NM (Nautical Miles) dan 1083 NM dengan hasil cakupan pesawat untuk masing-masing satelit adalah 9525 pesawat dan 15291 pesawat. Hal ini berarti dengan ketinggian yang lebih tinggi maka cakupan pesawat juga akan meningkat. Namun, durasi pulsa optimum untuk satelit Globalstar 50 μs dan Iridium 120 μs berdasarkan rata-rata probabilitas non-collided penerimaan pesan. Dengan durasi pulsa ADS-B yang lebih pendek maka pesan yang dapat ditransmisikan menjadi lebih sedikit.

ABSTRACT
Global Flight Tracking (GFT) is a system that is based on target concept of Global Aeronautical Distress and Safety System (GADSS) which is the capability to locate civil aviation that operates around the world. Automatic dependent surveillance broadcast (ADS-B) is a broadcast based technology which an aircraft broadcasts messages that contains information including latitude, longitude, altitude, velocity and aircraft identity. Up until now ADS-B message reception can only be achieved via terrestrial station. Hence, ADS-B reception via satellite is intended to expand the coverage of ADS-B terrestrial. This undergraduate thesis simulate the affect of pulse duration of ADS-B to the probability of non-collided message reception using, Iridium and Globalstar satelittes with the altitudes of 800 km and 1400 km respectively is utilized for performance comparisons. Altitude of the satellite affect the radius that is used to calculate the density of the aircraft that the satellite can coverage. The simulation results show that the footprint radius of Iridium satellite and Globalstar is 836.6144 NM (Nautical Miles) which able to cover 9525 aircrafts and 1083 NM which able to cover 15291 aircrafts respectively which means the higher the altitude, the coverage also increase. On the other hand the optimum pulse duration of the ADS-B signal is 50 μs for Globalstar satellite and 120 μs for Iridium satellite based on average probability of non-collided message reception. Consequently shorter pulse duration of ADS-B signal results in less message that can be transmitted.
;"
2016
S64685
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farros Mufid
"FAA beralih dari teknologi radar ke teknologi ADS-B. Teknologi ADS-B menggunakkan satelit dan tidak lagi menggunakkan radar. ADS-B menyediakan lebih banyak keamanan, lebih banyak cakupan dan lebih murah untuk diterapkan. Teknologi ADS-B memungkinkan pilot untuk melihat pesawat lain di udara langsung dari kokpit mereka. Teknologi ini juga menampilkan cuaca berbahaya, dan area dengan restriksi penerbangan. Teknologi ini mengurangi kecelakaan yang sering terjadi di landasan karena menampilkan pesawat lain di landasan. Karena stasiun bumi lebih mudah ditempatkan daripada radar, itu berarti memungkinkan lebih banyak pesawat dapat dideteksi di daerah terpencil tanpa jangkauan radar. Sinyal satelit juga dikenal lebih tepat dari radar, dan memiliki jangkauan yang lebih jauh. Hal ini memungkinkan untuk pesawat dapat dipisahkan lebih jauh, sehingga lebih banyak pesawat bisa terbang di langit. Selain itu, kita dapat menghemat uang dengan bahan bakar karena pesawat dapat menempuh jarak yang jauh tanpa perlu mendarat (Administration, 2019). Dengan demikian, metode untuk memecahkan kode sinyal ADS-B sangat penting untuk melacak pesawat.
Komunitas Software-Defined Radio baru-baru ini menemukan cara untuk memecahkan kode dan mengekstrak informasi dari sinyal ADS-B. Saat ini, informasi ini terus-menerus dimasukkan ke situs web yang disebut Flight Radar 24. Pengguna yang memiliki Software-Defined Radio dapat berkontribusi ke jaringan ini dan memberikan informasi tentang lokasi pesawat di area lokal mereka. Dengan demikian, semakin banyak pengguna, semakin akurat jalur penerbangannya.
Penelitian ini akan membahas secara mendalam algoritma dan mengusulkan metode untuk mendekode sinyal ADS-B dengan DF 17 secara efisien menggunakan MATLAB, Software-Defined Radio seharga Rp. 350.000 dan antena. Selain itu, penelitian ini juga membahas, menganalisis, dan mengusulkan penerapan teknologi pelacakan penerbangan untuk melakukan investigasi insiden penerbangan, keselamatan drones, dan kemungkinan penggunaan untuk sensor atmosfir.

The FAA is transitioning from radar technology to ADS-B technology. The ADS-B technology relies on satellites rather than radars. ADS-B provides more safety, more coverage and cheaper to implement. The ADS-B technology allows pilots to see other airplanes in the sky directly from their cockpit. It also displays dangerous weather, and areas with flight restrictions. It reduces accidents that happens in the runway, since it displays other planes on the ground. Since ground station is easier to place than radar, it means it allows more planes can be detected in remote areas without radar coverage. Satellites signals are also known to be more precise that radars, and able to cover at greater distance. This allows aircraft to be separated more far, thus more airplanes can fly in the sky. Also, we can save money with fuels since airplanes can cover great distance without the need of landing (Administration, 2019). Thus, a method to decode the ADS-B signal are important to track airplanes.
The software defined radio community had recently discovered a way to decode and extract information from the ADS-B signal. Nowadays, this information is constantly fed to a website called Flight Radar 24. Users that owned a software defined radio can contribute to this network and provide information about plane locations in their local area. Thus, more users result a more accurate flight path.
This project will discuss in depth the algorithm and propose a method to decode the ADS-B signal with DF 17 more efficiently using MATLAB, a cheap $35 software defined radio and an antenna. Furthermore, this project also discusses, analyse and propose the application of the flight tracking technology to do flight incident investigations, drone safety and the possible use for atmospheric sensing."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Filbert Hilman Juwono
"Sekarang televisi berlangganan via satelit telah menjadi salah satu tren gaya hidup masyarakat perkotaan. Tetapi permasalahan yang muncul adalah ketika antena penerima berubah-ubah posisinya terhadap satelit seperti ketika antena dipasang pada kapal laut. Pembuatan sistem penjejakan pada antena penerima adalah solusi untuk permasalahan di atas, dimana antena dapat bergerak mengikuti arah kuat sinyal sehingga dapat terjadi sinkronisasi antara antena penerima dan satelit. Namun satelit Cakrawarta-1 yang digunakan tidak mempunyai sinyal penjejak, sehingga dilakukan percobaan menggunakan sinyal siaran satelit tersebut sebagai sinyal penjejak. Komponen-komponen yang akan digunakan adalah suatu sensor kuat sinyal yaitu satfinder, motor penggerak yaitu digunakan motor stepper, penggerak motor stepper, dan mikrokontroler untuk mengendalikan pergerakan antena tersebut.

Nowadays, satellite TV service has become a lifestyle trend for urban societies. A problem exists when the position of the dish changes to the satellite, for example when the satellite TV is operated for the ship?s cruise service. The design of the azimuth tracking system is the solution for the problem. The antenna is able to follow the signal strength thus synchronize the receiver antenna and the satellite. But, satellite Cakrawarta-1 does not have the tracking signal. Thus, it is carried out an experiment using the broadcasting signal instead of the tracking signal. Components used are signal strength meter, stepper motor, stepper motor driver, and microcontroller as the controller of antenna?s movement."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S40379
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Himawan Sidharta
"Tugas akhir ini ialah perancangan dan pembuatan perangkat lunak untuk sistem auto-tracking (arti: sistem pengontrol pergerakkan antena untuk menjejak satelit) satelit pada antena mobil. Sistem ini menggunakan microcontroller sebagai pengontrolnya, dengan GPS sebagai input lokasi dari antena, digital compass sebagai input arah pointing awal antenna, rotari enkoder sebagai sensor pergerakkan azimuth dan elevasi, serta modem untuk melihat besar Eb/No sinyal. Inputan ini menggunakan komunikasi serial untuk berhubungan dengan mikrokontroller. Sehingga pemrograman harus difokuskan dalam komunikasi serial UART dan software UART, yang digunakan untuk pengadaan komunikasi serial pada port I/O. Kontroller ini menggunakan 2 tahapan dalam proses tracking satelit.
Tahapan awal ialah metode Elevasi-Azimuth, dimana pada tahapan ini dengan menggunakan inputan dari GPS, digital compass, serta posisi satelit (baik koordinat, maupun ketinggiannya) yang tersimpan dalam mikrokontroller. Kontroller akan menghitung besar sudut azimuth dan elevasi antena terhadap satelit, kemudian mengerakkan antena sesuai dengan sudut azimuth dan elevasinya. Tahapan selanjutnya ialah koreksi modem, dimana pada tahapan ini hanya inputan modem yang digunakkan (keempat inputan lain diabaikan), dan pergerakkan antena diatur hingga didapat nilai Eb/No sinyal yang terbesar.

This final task is the design and creation software for auto-tracking system satellite antenna on the car. This system uses a microcontroller as the controller, with the GPS as the indicator location of the antenna, digital compass as the beginning of antenna pointing direction, rotary encoder as sensor azimuth and elevation, and modem to see Eb/No signal. The microcontroller use serial communication to read the input. Thus the programming should be focused on in the UART and serial communication software UART. This controller use 2 phase in the process of tracking satellites.
Early stages is the method Elevation-Azimuth, where at this stage with input from GPS, Digital Compass, and the position of satellites (both coordinates, and height) that are stored in microcontroller. Controller will calculate the elevation and azimuth angle, then move the antenna according to the antenna azimuth and elevation angle. Next stages is correction modem, where in this stage controller only use modem as the input, and antenna movement is set up to obtain the largest value of Eb / No signal.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51394
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Stephenson, D. J. (Derek John)
Oxford: Newnes, 1994
R 621.38853 STE n
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Fidia Triani
"ABSTRAK
Spektrum 1087.7-1092.3 MHz telah dialokasikan untuk global flight tracking pada
World Radiocommunication Conference (WRC-15). ADS-B adalah suatu sistem
broadcast pada pesawat terbang yang memberikan informasi mengenai posisi
pesawat (latitude dan longitude), altitude, velocity, aircraft ID, dan informasi
lainnya yang didapat dari sistem on-board. Metode implementasi ADS-B pada
pesawat adalah dengan mengirimkan pesan data yang diformat pada Mode S
transponder melalui frekuensi 1090 MHz. Terdapat kemungkinan untuk
memanfaatkan frekuensi 1090 MHz sebagai pembawa transmisi Voice Cockpit
Recording (VCR) dari pesawat ke satelit. Tesis ini membuat simulasi tentang
speech compresion untuk voice cockpit recording menggunakan Discrete Wavelet
Transform. Hasil kompresi di transmisikan ke satelit menggunakan frekuensi ADSB.
Kualitas suara yang diterimakan pada receiver diuji menggunakan Mean
Operation Score. Simulasi menghasilkan bahwa Daubechies12, Coiflet5, Symlet10
dan Biorthogonal2.6 mempunyai nilai Ratio Compression and PSNR yang terbaik.
Hasil MOS rata-rata menunjukkan bahwa file hasil transmisi memiliki derau dan
sedikit menggangu. Dari hasil simulasi BER dan pengujian MOS maka kompresi
dengan mother-wavelet Daubechies12 mempunyai hasil yang terbaik. Disimpulkan
bahwa kompresi dengan teknik Discrete Wavelet Transform dapat digunakan untuk
mengirim voice cockpit recording dengan frekuensi ADS-B ke satelit

ABSTRACT
Spectrum 1087.7-1092.3 MHz had been allocated to global flight tracking civil
aviation. Automatic Dependent Surveillance Broadcast (ADS-B) is an aircraft
technology to broadcast information such as latitude, longitude, altitude, velocity,
and also the aircraft identity to the satellite using mode S transponder with 1090
MHz center frequency. There?s an opportunity to utilize 1090 MHz as the
transmission carrier of Voice Cockpit Recording (VCR) from aircraft to satellite.
This paper investigates voice cockpit recording simulation using Discrete Wavelet
Transform based compression technique. The compressed voice was transmitted to
the satellite using ADS-B frequency. The received sound was also tested by Mean
Operation Score. The simulation found that Daubechies12, Coiflet5, Symlet10 and
Biorthogonal2.6 has the best result of Ratio Compression and PSNR. From the
BER simulation result and average MOS results have indicated that Daubechies12
has the best results. It concluded that speech compression with Discrete Wavelet
Transform can be used for sending the voice cockpit recording over ADS-B via
satellite reception."
2016
T46205
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seifert, Howard S.
New York: Holt, Rinehart and Winston, 1964
629.434 SEI o
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Melissa Audry Rampen
"[Latar belakang: Stres kerja pada pramugari dapat menyebabkan gangguan durasi
haid yang menimbulkan dampak psikologis sehingga performa kerja terganggu.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor risiko yang berhubungan
terhadap gangguan durasi haid pada pramugari.
Metode: Penelitian potong lintang dengan metode convenient sampling dilakukan
pada pramugari yang melakukan pemeriksaan kesehatan berkala di Balai
Kesehatan Penerbangan dan Garuda Sentra Medika tanggal 18?29 Mei 2015. Data
gangguan durasi haid dikumpulkan melalui kuesioner. Stres diidentifikasi dengan
National Institute for Occupational Safety and Health Generic Job Stress
Questionnaire Mental Demands Form Number 11. Analisis dilakukan dengan
regresi Cox.
Hasil: Sebanyak 393 dari 521 pramugari berusia 19?50 tahun setuju berpartisipasi,
19 dieksklusi karena menderita gangguan durasi haid sebelum bekerja sehingga
jumlah total 374 subyek dan 35,8% di antaranya menderita gangguan durasi haid.
Stres kerja, jenis penerbangan dan usia merupakan faktor risiko yang
berhubungan dengan gangguan durasi haid. Pramugari dengan stres kerja
memiliki risiko menderita gangguan durasi haid 58% lebih tinggi [risiko relatif
suaian (RRa)=1,58; confidence interval (CI)= 0.96-2.62; p=0,071]. Pramugari
dengan jenis penerbangan jarak jauh dalam tiga bulan terakhir memiliki risiko
gangguan durasi haid 69% lebih tinggi (RRa=1,69; CI=1.17-2.43; p=0,004).
Pramugari berumur 30?39 tahun memiliki risiko gangguan durasi haid 50% lebih
rendah (RRa=0,50; CI=0.22-1.02; p=0,057).
Kesimpulan: Pramugari dengan stres kerja, jenis penerbangan jarak jauh dalam tiga bulan terakhir dan berusia 19?24 tahun dibandingkan dengan usia 30?39 tahun memiliki risiko lebih tinggi terhadap gangguan durasi haid.;Background: Job stress on female flight attendants can lead to menstrual
duration disorder and cause psychological effects that impaired work
performance. The research objective was to identify risk factors related to
menstrual duration disorder in female flight attendants.
Methods: A cross-sectional study with convenient sampling was conducted on
female flight attendants age 19?50 years who underwent routine medical
examination at Civil Aviation Medical Center and Garuda Sentra Medika,
Jakarta on May 18-29 2015. Menstrual duration disorder data collected with
questionnaire. Stress was identified by using National Institute for Occupational
Safety and Health Generic Job Stress Questionnaire Mental Demands Form
Number 11. Relative risk was analyzed by Cox regression.
Results: Among 521 female flight attendants age of 19-50 years old, 393 were
willing to participate in this study with 19 subjects were excluded and 35.8% from
total of 374 subjects had menstrual duration disorder. Job stress, flight type and
age were the risk factors related to menstrual duration disorder. Subjects with job
stress and long haul flight within three months had higher risk for having
menstrual duration disorder by 58% [adjusted relative risk (RRa)=1.58;
confidence interval (CI)= 0.96-2.62; p=0.071] and 69% (RRa=1.69; CI=1.172.43;
p=0.004) respectively. Those between age 30-39 years old had 50% less
risk of having menstrual duration disorder (RRa=0.50; CI=0.22-1.02; p=0.057).
Conclusion: Female flight attendants with job stress, long haul flight within three months and younger age had higher risk to be menstrual duration disorder. , Background: Job stress on female flight attendants can lead to menstrual
duration disorder and cause psychological effects that impaired work
performance. The research objective was to identify risk factors related to
menstrual duration disorder in female flight attendants.
Methods: A cross-sectional study with convenient sampling was conducted on
female flight attendants age 19–50 years who underwent routine medical
examination at Civil Aviation Medical Center and Garuda Sentra Medika,
Jakarta on May 18-29 2015. Menstrual duration disorder data collected with
questionnaire. Stress was identified by using National Institute for Occupational
Safety and Health Generic Job Stress Questionnaire Mental Demands Form
Number 11. Relative risk was analyzed by Cox regression.
Results: Among 521 female flight attendants age of 19-50 years old, 393 were
willing to participate in this study with 19 subjects were excluded and 35.8% from
total of 374 subjects had menstrual duration disorder. Job stress, flight type and
age were the risk factors related to menstrual duration disorder. Subjects with job
stress and long haul flight within three months had higher risk for having
menstrual duration disorder by 58% [adjusted relative risk (RRa)=1.58;
confidence interval (CI)= 0.96-2.62; p=0.071] and 69% (RRa=1.69; CI=1.172.43;
p=0.004) respectively. Those between age 30-39 years old had 50% less
risk of having menstrual duration disorder (RRa=0.50; CI=0.22-1.02; p=0.057).
Conclusion: Female flight attendants with job stress, long haul flight within three months and younger age had higher risk to be menstrual duration disorder. ]"
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2015
SP-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Djamhari Sirat
"Keakuratan pointing merupakan hal penting dalam komunikasi satelit. Akibat jarak satelit dengan permukaan bumi yang sedemikian jauh, maka selisih pointing 1 derajat dapat menyebabkan antena tidak dapat mengirimkan data ke satelit. Untuk mengatasi hal ini dibuatlah kontroler auto-tracking satelit. Sistem ini menggunakan mikrokontroler sebagai pengontrol, GPS sebagai input lokasi dari antena, digital compass sebagai input arah pointing awal antena, rotari encoder sebagai sensor pergerakkan azimut dan elevasi, serta modem untuk melihat besar Eb/No sinyal. Kontroler ini menggunakan dua tahapan dalam proses tracking satelit. Tahapan awal ialah metode Elevasi-Azimut dengan menggunakan masukkan dari GPS, digital compass, serta posisi satelit (baik koordinat, maupun ketinggiannya) yang tersimpan dalam mikrokontroler. Kontroler menghitung besar sudut azimut dan elevasi antena terhadap satelit, kemudian mengerakkan antena sesuai dengan sudut azimut dan elevasinya. Tahapan selanjutnya ialah koreksi modem dimana pada tahapan ini hanya masukan modem yang digunakan (keempat masukan lain diabaikan), dan pergerakkan antena diatur hingga didapat nilai Eb/No sinyal yang terbesar. Berdasarkan hasil pengoperasian kontroler, terjadi perubahan nilai pada input level dari semula -81,7 dB menjadi -30,2 dB dengan nilai Eb/No akhir sebesar 5,7 dB.

Pointing accuracy is an important thing in satellite communication. Because the satellite?s distance to the surface of the earth's satellite is so huge, thus 1 degree of pointing error will make the antenna can not send data to satellites. To overcome this, the auto-tracking satellite controller is made. This system uses a microcontroller as the controller, with the GPS as the indicator location of the antenna, digital compass as the beginning of antenna pointing direction, rotary encoder as sensor azimuth and elevation, and modem to see Eb/No signal. The microcontroller use serial communication to read the input. Thus the programming should be focused on in the UART and serial communication software UART. This controller use 2 phase in the process of tracking satellites. Early stages is the method Elevation-Azimuth, where at this stage with input from GPS, Digital Compass, and the position of satellites (both coordinates, and height) that are stored in microcontroller. Controller will calculate the elevation and azimuth angle, then move the antenna according to the antenna azimuth and elevation angle. Next stages is correction modem, where in this stage controller only use modem as the input, and antenna movement is set up to obtain the largest value of Eb/No signal. From the results of the controller operation, there is a change in the value of the original input level from -81.7 dB to -30.2 dB with end of Eb/No value, reaching 5.7 dB."
Depok: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Bintang Gegas Giani
"Meningkatnya populasi lansia di Indonesia merupakan pertanda bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan populasi yang menua. Secara intrinsik, populasi lansia lebih rentan terhadap masalah kesehatan karena fungsi kognitif mereka yang menurun. Data menunjukkan 7,25 persen lansia di Indonesia tinggal sendiri baik karena pilihan maupun terpaksa. Perlu ada sistem yang dapat memantau kesehatan lansia dari jarak jauh, dapat memberikan informasi mengenai kesehatan mereka dan bertindak sebagai sistem darurat jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Sistem IoT cocok untuk pekerjaan ini karena kemampuannya untuk terhubung melalui internet secara real-time. Sistem ini terdiri dari tiga bagian: perangkat yang dapat dikenakan, unit alarm, dan aplikasi android. Perangkat yang dapat dikenakan memonitor detak jantung pengguna, suhu tubuh, pelacakan posisi, dan deteksi jatuh. Data tersebut ditangkap oleh sensor lalu dikirim melalui firebase. Aplikasi android membaca data dari firebase dan menampilkan ketidaknormalan kondisi pengguna. Saat tombol panik pada perangkat ditekan, terdeteksi jatuh, atau kondisi pengguna kritis, unit alarm akan menyala untuk memperingatkan warga sekitar, demi respon cepat yang diperlukan oleh pengguna. Sistem ini mencapai akurasi 81 persen untuk deteksi jatuh, selisih jangkauan GPS ± 20,53m dibandingkan smartphone, dan 83,75 persen dalam mendeteksi perubahan posisi (berdiri, berbaring, tengkurap).

The growing population of elderly in Indonesia is a sign of an ageing population. Intrinsically, the older populace are more susceptible to accidents due to their deteriorating cognitive functions. Data shows 7.25 percent of elderly in Indonesia lives alone either by choice or necessity. There needs to be a system in place to monitor the elderly remotely, which provides information regarding their well-being and acts as an emergency system. This system consists of three parts: wearable device, alarm unit, and an android application. The wearable device monitors the user’s heart rate, body temperature, position tracking, and fall detection. These data are captured by the sensor in the device are then sent momentarily to firebase. The android application reads the data from firebase and displays any abnormalities within the user’s condition. The moment the panic button is pressed, a fall is detected, or the user is in a critical condition, the alarm unit will turn on alerting surrounding neighbors, as a quick response might be needed by the user. The system achieved an 81 percent accuracy for fall detection, a ± 20.53m GPS range difference compared to smartphone, and 83.75 percent in detecting a position change (standing, lie down, prone)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>