Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 84537 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indi Galih Handana
"ABSTRAK
Indonesia adalah salah satu pasar otomotif di wilayah ASEAN. Pasar otomotif Di Indonesia juga dapat dikatakan masih sangat potensial.. Ketatnya persaingan mendorong produsen untuk terus berinovasi untuk menjaga ketertarikan pelanggan. Salah satu cara untuk menjaga ketertarikan pelanggan adalah melakukan perubahan desain (facelift). Yang diwujudkan melalui penyempurnaan produk, fitur baru, desain yang lebih atraktif dan peningkatan kualitas. Suatu perubahan desain membutuhkan keputusan tentang apa yang akan harus diubah dan dipertahankan. Salah satu cara untuk mencapai keputusan tersebut adalah melalui analisa dampak perubahan desain terhadap Purchase intention costumer. Analisa terhadap hubungan antara perubahan desain produk otomotif (facelift) dengan Purchase intention akan dilakukan menggunakan metode PLS-SEM, dengan objek penelitian Toyota Kijang Innova tahun 2011. Hasil analisis menunjukan bahwa elemen perubahan desain, yaitu perubahan tampilan eksterior, perubahan tampilah interior, fitur baru, dan teknologi baru berpengaruh positif terhadap penilaian pelanggan (Perceived Value). Diantara keempat perubahan tersebut, perubahan tampilan eksterior adalah perubahan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap penilaian pelanggan (Perceived Value). Dalam hubungan ini, Perceived Value berlaku sebagai perantara antara elemen perubahan dan Purchase intention

ABSTRACT
Indonesia is one of the most promising automotive markets in South East Asia. Indonesian automotive market is still very potential, due to large number of population and it continuous growth. The strictness of Indonesian automotive market, urge every brand to keep innovating, in order to maintain customer attractiveness. One way to maintain costumer attractiveness is through product redesign (facelift), which manifested by product enhancement, more attractive design, and quality enhancement. Product design requires a decision on which part should be improved, and which part should be kept. To help reach that decision we analyze the product redesign relation and impact on Purchase intention. This research will analyze relationship between product redesign in automotive (facelift) and Purchase intention, using PLS-SEM method, with Toyota Kijang Innova 2011 version as research object. The result show that product redesign element, new look and feel exterior, new look and feel interior, new feature and New Technology positively related to customer Perceived Value. Between those four product innovation element, new look and feel exterior has the most significant relation with costumer Perceived Value. From the result on the relationship, it can be found that product innovations are not directly influencing Purchase intention, but using Perceived Value as an intermediate construct
"
2016
S63912
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Nugraha Salim
"Dalam penelitian ini, penerapan teknologi virtual reality yang diamati adalah pada industri real estate. Beberapa perusahaan real estate di Indonesia mulai menggunakan teknologi ini sebagai media untuk mendukung kegiatan promosi produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi immersive, presence dan authenticity virtual reality sebagai media promosi produk real estate. Peneliti menggunakan metode empiris dengan pengumpulan data dengan metode accidential sampling. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan structural equation modeling partial least square SEM-PLS sebagai metode analisis data.
Hasil pengukuran menunjukan bahwa media virtual reality memiliki potensi mempengaruhi persepsi konsumen sebagai media promosi yang baru dalam industri real estate, dimana dengan menggunakan virtual reality, faktor dari immersive, personal presence, environment presence dan authenticity dapat memberikan gambaran yang jelas terhadap produk real estate yang ditawarkan sehingga membuat mereka seperti mengunjungi secara langsung sehingga dapat membentuk eskpektasi konsumen yang akan membawa mereka pada pengambilan keputusan.

In this study, the application of virtual reality technology observed is in the real estate industry. Some real estate companies in Indonesia are beginning to use this technology as a medium to support their product promotion activities. This study aims to analyze the perception of immersive, presence and authenticity of virtual reality as a media promotion of real estate products. Researchers use empirical method by collecting data with accidential sampling method. In analyzing the data, researchers used structural equation modeling partial least square SEM PLS as a method of data analysis.
The measurement results show that virtual reality media has the potential to influence consumer perception as a new promotional media in the real estate industry, where by using virtual reality, the factors of immersive, personal presence, environment presence and authenticity can provide a clear picture of the real estate product on offer thereby making them like visiting directly so as to shape consumer expectations that will lead them to decision making.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50512
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriele Faustine Hartawidjaja
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trustworthiness, customer citizenship behaviour, customer participation behaviour, dan expected brand value terhadap purchase intention dalam high involvement product. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan pendekatan kuantitatif dan metode SEM-PLS yang menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4. Hasilnya adalah semua pengaruh langsung signifikan kecuali customer participation behaviour. Semua pengaruh mediasi dan moderasi tidak signifikan. Penelitian ini memiliki kebaruan dalam segi influencer untuk high involvement product dengan variabel independen trustworthiness karena menggunakan influencer mobil sebagai objek penelitian serta penelitian dilakukan di negara yang berbeda dengan penelitian sebelumnya. Implikasi dari penelitian ini yaitu brand juga dapat meningkatkan perannya dalam mengeksplorasi media sosial dengan melakukan kampanye untuk menampung komunikasi dan interaksi seperti diskusi, ulasan, dan komentar Brand juga dapat mempertimbangkan apakah Fitra Eri merupakan influencer otomotif yang tepat untuk mempromosikan brand sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh brand.

Determine the effect of trustworthiness, customer citizenship behaviour, customer citizenship behaviour, and expected brand value towards purchase intention in high involvement product. This research uses purposive sampling, quantitative approach and SEM-PLS method with the Smart-PLS version 4 software. All direct effects are proven as significant, except for customer participation behaviour. There is no mediation effect and no moderation effect. Novelty of this research can be found in the research object itself, which is influencer's influence on products' high involvement with independent trustworthiness as variable, where automotive influencer is used as research object. Moreover, this research is conducted in a different country than previous research. Building trust is one of the most important things in ensuring the success of customer citizenship behavior, by giving key updates via various social media or brand influencer. Brand owners could also increase their own involvement in exploring social media, one of the examples is by doing campaign to communicate and interact with customers, reviews, comments, and votes. Brand owners could also consider whether Fitra Eri is the most suitable automotive influencer to promote their brand, in accordance with their objectives."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wina Wijayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer-to-customer electronic word of mouth melalui TikTok terhadap purchase intention skincare product pada generasi Z di Indonesia. Media sosial merupakan media penyebaran electronic word of mouth. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menginvestigasi faktor apa yang memengaruhi eWOM usefulness dan credibility dan mengapa konsumen mengadopsi eWOM sebelum melakukan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dengan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa aperceived persuasiveness, perceived informativeness, source expertise, dan source trustworthiness memiliki efek positif terhadap eWOM usefulness dan credibility dan pada akhirnya mempengaruhi purchase intention melalui mediasi.

This study aims to analyze the influence of customer-to-customer electronic word of mouth via TikTok on the purchase intention of generation Z’s skincare products in Indonesia. Social media is a medium to spread electronic word of mouth. This research wants to investigate factors that affect eWOM’s usefulness and credibility and why consumers adopt eWOM before they make a purchase. The quantitative research was conducted using Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). According to the results, perceived persuasiveness, perceived informativeness, source expertise, and source trustworthiness have positive effects on eWOM's usefulness and credibility, then, through mediation, affect the purchase intention."
Depok: 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seruni Kusuma Ningrum
"Pesatnya pertumbuhan industri e-money di Indonesia menghadapi persaingan yang ketat, terutama dalam industri dompet digital berbasis aplikasi. Mulai dari perusahaan swasta hingga BUMN, berbagai aplikasi dengan spesifikasi kompetitif ditawarkan kepada pengguna. Salah satu cara untuk mempertahankan eksistensi merek dalam industri yang intens adalah dengan meningkatkan ekuitas merek. Penelitian ini menggunakan model ekuitas merek berbasis konsumen dan pengaruhnya terhadap preferensi merek dan intensi pembelian pengguna DANA. Data didistribusikan kepada 682 pengguna DANA dan dianalisis sebagai jenis penelitian Partial Least Square SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dimensi ekuitas merek berbasis konsumen, terutama loyalitas merek, memiliki efek positif pada preferensi merek dan intensi pembelian.

The rapid growth of the e-money industry in Indonesia is facing intense competition, especially in the application-based digital wallet industry. Ranging from private companies to SOEs, different applications with competitive specifications are offered to users. One way to maintain brand presence in an intense industry is by increasing brand equity. This study uses a customer-based brand equity model and its influences to brand preference and purchase intention of DANA users. Data was distributed to 682 DANA users and analyzed as a Partial Least Square SEM with SmartPLS 3.0 software. Based on the results, it was concluded that the dimensions of consumer-based brand equity, especially brand loyalty, have a positive effect on brand preferences and purchase intentions.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meysha Almaya
"Penelitian ini didesain untuk mengetahui bagaimana pengaruh elektronik word of mouth terhadap minat beli konsumen terhadap produk kosmetik.
Dari hasil analisis di peroleh bahwa kredibilitas isi dari pesan yang disampaikan melalui online review sangat berpengaruh terhadap niat beli konsumen, khususnya dengan konsumen yang memiliki kesamaan dengan orang yang memberikan review akan lebih tinggi menilai kredibilitas isi pesan.

This research designed to discover how the effects of electronic word of mouth on consumers interest in buying cosmetic product.
From the results of analyzes obatined that the credibility of the content of the messages conveyed through an online review influence on consumer purchase intention, especially with consumers who hava in common with the person who gabe the review would assess the credibility of the higher content of the message.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53979
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ifty Andara Setyoesaputri
"Instagram merupakan salah satu media sosial foto online dengan perkembangan paling pesat Sheldon dan Bryant, 2016 . Di Indonesia sendiri Instagram menduduki peringkat kedua sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak APJII, 2015 . Selain menggunakan Instagram untuk berbagi foto ke sesama teman, mayoritas pengguna di Indonesia juga menggunakan Instagram untuk melakukan perdagangan online khususnya produk fashion wanita Jakpat, 2016 . Cara menggunakan Instagram oleh pengguna dapat mempengaruhi niat pembelian mereka Amornpashara, Rompho, Phadoongsitthi, 2015.
Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap niat pembelian dari produk fashion wanita. Selain itu hasil dari penelitian ini juga dapat dijadikan pedoman untuk menjadikan Instagram sebagai media pemasaran yang efektif bagi para local brand yang menjual produk fashion wanita. Penelitian kuantitatif ini dilakukan berdasarkan data yang diperoleh melalui kuesioner dari 201 pengguna Instagram yang merupakan seorang wanita. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan metode regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi niat pembelian pengguna Instagram terhadap produk fashion wanita yang dipasarkan oleh local brand, antara lain aspirational group, commercial advertising, perceived ease of use, serta recreational message. Utilitarian message juga memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap niat pembelian dengan dimediasi oleh utilitarian involvement.

Instagram is one of the fastest growing social media to share online photos Sheldon and Bryant, 2016 . In Indonesia, Instagram in second place as a social media with the largest number of users APJII, 2015. In addition to using Instagram for sharing photos with friends, the majority of users in Indonesia also use Instagram to do online shopping, especially women's fashion products Jakpat, 2016. How to use Instagram by users can affect their purchase intention Amornpashara, Rompho, Phadoongsitthi, 2015.
The aim of this study is to investigate the effect of using social media Instagram on the purchase intention of women's fashion products. In addition, the results of this study can also be used as a guide to make Instagram as an effective marketing tool for local brands that sell women's fashion products. This quantitative study was conducted based on data collected via questionnaire from 201 Instagram users who are women. Data were statistically analyzed by using linear regression method.
The result of the research shows that there are several factors that can influence the intention of Instagram user's purchase of women's fashion product by local brand, such as aspirational group, commercial advertising, perceived ease of use, and recreational message. Utilitarian messages also have an indirect influence on purchase intentions mediated by utilitarian involvement.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67322
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadavia Zahra Al Mahira
"Industri kosmetik terus mengalami perkembangan signifikan setiap tahunnya. Product packaging telah menjadi salah satu media pemasaran dari industri kosmetik di Indonesia. Fenomena ini akhirnya menimbulkan adanya pengaruh Brand Semiotics dan Brand Experience terhadap Product Packaging pada industri kosmetik di Indonesia. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang disebar melalui sosial media dengan batasan umur minimal 16 tahun dan berdomisili di wilayah Indonesia. Penelitian ini mendapatkan 402 dengan 372 responden yang lolos pada tahap screening. Peneliti menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan aplikasi SPSS 29 dan Smart PLS 3 untuk menganalisis adanya pengaruh secara positif antar variable penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand semiotics memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap Sensory dan Affective Brand Experience. Sensory, Affective, dan Cognitive Brand Experience memiliki arah positif dan berpengaruh signifikan terhadap Brand Trust. Brand Trust memiliki arah positif dan signifikan terhadap purchase intention. Sedangkan, brand semiotics memiliki arah positif namun tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap cognitive brand experience. Penelitian ini dapat digunakan oleh perusahaan industri kosmetik dalam pengambilan keputusan pada pembuatan kemasan pada produk mereka di wilayah Indonesia.

The cosmetic industry continues to experience significant growth each year. Product packaging has become one of the marketing mediums for the cosmetic industry in Indonesia. This phenomenon has ultimately led to the influence of Brand Semiotics and Brand Experience on Product Packaging in the Indonesian cosmetic industry. Data was collected through questionnaires distributed via social media, with an age restriction of at least 16 years and domiciled in Indonesia. This study obtained 402 responses, with 372 respondents passing the screening stage. The researchers used Structural Equation Modelling (SEM) with SPSS 29 and Smart PLS 3 applications to analyze the positive influence among the research variables. The results showed that brand semiotics positively and significantly influenced Sensory and Affective Brand Experience. Sensory, Affective, and Cognitive Brand Experience positively and significantly influenced Brand Trust. Brand Trust had a positive and significant impact on purchase intention. Meanwhile, brand semiotics had a positive direction but did not significantly influence cognitive brand experience. This research can be used by cosmetic industry companies in making decisions regarding their product packaging in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Finadya Rienetta
"Fokus dari laporan ini adalah untuk membahas pengaruh dari pemasaran melalui media sosial yang dilakukan oleh luxury brands terhadap ekuitas nilai, ekuitas merek, ekuitas hubungan, ekuitas konsumen, dan intensi membeli. Hasil penemuan ini mengungkapkan bahwa pemasaran melalui media sosial memiliki pengaruh positif terhadap ekuitas nilai, ekuitas merek, dan ekuitas hubungan. Ekuitas nilai, ekuitas merek, dan ekuitas hubungan juga memiliki pengaruh positif terhadap intensi membeli. Untuk ekuitas konsumen, ekuitas nilai, ekuitas hubungan, dan intensi membeli menghasilkan pengaruh positif, sedangkan ekuitas merek tidak memiliki pengaruh terhadap ekuitas konsumen. Hasil dari penelitian ini dapat membantu luxury brands untuk memprediksi tindakan konsumen untuk membeli di masa depan sekaligus memberikan wawasan untuk strategi pemasaran luxury brands.

The focus of this study is to examine the effect of social media marketing carried out by luxury brands on value equity, brand equity, relationship equity, customer equity and purchase intention. This study finds that social media marketing has positive effect on value equity, brand equity, and relationship equity. The value equity, brand equity, and relationship equity also have positive effect on purchase intention. As for customer equity, value equity, relationship equity, and purchase intention are proven to have positive effects, while brand equity shows no effect on customer equity. The findings can enable luxury brands to forecast future purchasing behaviour and provide useful insights for marketing strategies.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63332
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raissa Amanda Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan game atau gamifikasi di e-commerce terhadap purchase intention melalui sudut pandang Gen Z dan Milenial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif berupa single cross-sectional survey melalui kuesioner daring untuk menguji 11 hipotesis. Dengan menggunakan teknik judgment sampling. Peneliti mengumpulkan 303 responden yang memenuhi kriteria berupa masyarakat berdomisili di Indonesia yang tergolong dalam generasi milenial atau generasi Z, dan pernah menggunakan gamifikasi di e-commerce. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software SmartPLS. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa 11 hipotesis yang disusun telah terbukti secara signifikan, yaitu brand familiarity, hedonic value, utilitarian value, social value, dan less time/effort memiliki efek positif terhadap game use intention dan pada akhirnya mempengaruhi purchase intention melalui mediasi. Penemuan dari penelitian memberikan wawasan bagi manajemen perusahaan e-commerce di Indonesia untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dengan memanfaatkan faktor brand familiarity, hedonic value, utilitarian value, social value, dan less time/effort dalam gamifikasi untuk meningkatkan purchase intention konsumen.

This study aims to analyze the influence of game usage or gamification in e-commerce on purchase intention from the perspective of Gen Z and Millennials in Indonesia. The study uses a quantitative method approach in the form of a single cross-sectional survey using an online questionnaire to test 11 hypotheses. Using judgment sampling, researchers collected 303 respondents who met the criteria of being Indonesian citizens who belong to the millennial or Gen Z generation and have used gamification in e-commerce. The collected data was processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method using SmartPLS software. The results of the data processing show that the 11 hypotheses that have been formulated have been proven to be significant, namely brand familiarity, hedonic value, utilitarian value, social value, and less time/effort have a positive effect on game use intention and ultimately influence purchase intention through mediation. The findings of this study provide insights for e-commerce company management in Indonesia to develop more effective marketing strategies by utilizing the factors of brand familiarity, hedonic value, utilitarian value, social value, and less time/effort in gamification to increase consumer purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>