Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 251655 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wulan Prihatiningsih
"Aktivitas CSR perusahaan menjadi salah satu strategi untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satunya adalah manajemen sumber daya manusia, yaitu sebagai alat untuk meningkatkan job pursuit intention pencari kerja. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari economic citizenship, legal citizenship, ethical citizenship, dan philanthropic citizenship terhadap job pursuit intention dengan dimoderasi oleh variabel socio-environmental consciousness. Penelitian ini melibatkan 203 mahasiswa jurusan akuntansi, manajemen, dan ilmu ekonomi, FEB UI angkatan 2012. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa job pursuit intention individu secara signifikan dipengaruhi oleh keempat dimensi CSR, dan socioenvironmental consciousness tidak memoderasi pengaruh dari keempat dimensi CSR terhadap job pursuit intention individu terhadap perusahaan rokok.

Aktivitas CSR perusahaan menjadi salah satu strategi untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satunya adalah manajemen sumber daya manusia, yaitu sebagai alat untuk meningkatkan job pursuit intention pencari kerja. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari economic citizenship, legal citizenship, ethical citizenship, dan philanthropic citizenship terhadap job pursuit intention dengan dimoderasi oleh variabel socio-environmental consciousness. Penelitian ini melibatkan 203 mahasiswa jurusan akuntansi, manajemen, dan ilmu ekonomi, FEB UI angkatan 2012. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa job pursuit intention individu secara signifikan dipengaruhi oleh keempat dimensi CSR, dan socioenvironmental consciousness tidak memoderasi pengaruh dari keempat dimensi CSR terhadap job pursuit intention individu terhadap perusahaan rokok.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64038
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Batubara, Rotcir Peralihan
"Corporate social responsibility dapat mempengaruhi tingkat job pursuit intention dan recommendation intention mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Job pursuit intention dan recommendation intention merupakan aspek yang penting untuk diperhatikan agar dapat mempermudah perusahaan dalam merekrut karyawan unggul. Banyak atribut yang menjadi pertimbangan pencari kerja dalam memilih tempat kerja. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir FEB UI dan diolah menggunakan Structural Equation Modeling SEM . Penelitian ini membuktikan bahwa corporate social responsibility adalah salah satu atribut yang penting bagi mahasiswa tingkat akhir FEB UI untuk melamar atau mendapatkan pekerjaan dari suatu perusahaan dan merekomendasikannya kepada orang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan jika corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap job pursuit intention dan recommendation intention.

Corporate Social Responsibility can affect the last year student rsquo s job pursuit intention and recommendation intention. Job pursuit intention and recommendation intention is a crucial thing to consider in order to make a company easier in recruiting potential worker. There are many attributes that might be consideration for job seeker to choose the workplace, one of its are corporate social responsibility. The samples of this research are the FEB UI last year students and be analyzed with Structural Equation Modeling SEM. The result of this research shows that corporate social responsibility have positive effect on job pursuit intention and recommendation intention in FEB UI last year students.EB UI Last Year Students.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68561
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gyandra Sekar Ahyinaa
"Adanya kebutuhan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang kompeten menyebabkan terjadinya talent war antar perusahaan. Dengan begitu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan job pursuit intention calon pelamar kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran mediasi corporate reputation terhadap pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan job pursuit intention pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Variabel yang diuji adalah lima dimensi CSR, yaitu workplace economic responsibility, legal responsibility, ethical responsibility, philanthropic responsibility, dan environmental responsibility. Serta corporate reputation yang berperan sebagai variabel mediasi antara dimensi CSR dan job pursuit intention. Terdapat 270 responden yang menjadi data pada penelitian ini dikumpulkan dari kuesioner yang disebarkan secara online dan dianalisis menggunakan model Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software Lisrel 8.8. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa CSR berpengaruh positif signifikan terhadap corporate reputation. Selain itu, corporate reputation juga berpengaruh positif signifikan pada job pursuit intention dan memediasi hubungan antara CSR dan job pursuit intention. Namun, CSR memiliki hubungan negatif signifikan terhadap job pursuit intention. Untuk itu, penting bagi BSI membangun corporate reputation agar job pursuit intention dapat meningkat.

The need to obtain competent human resources causes talent wars to occur between companies. Thus, it is important for companies to know the factors that can increase the job pursuit intention of prospective job applicants. The purpose of this study was to determine the mediating role of corporate reputation on the influence of Corporate Social Responsibility (CSR) and job pursuit intention in final-year students of the Faculty of Economics and Business, University of Indonesia. The variables tested are the five dimensions of CSR, namely workplace economic responsibility, legal responsibility, ethical responsibility, philanthropic responsibility, and environmental responsibility. As well as corporate reputation which acts as a mediating variable between the dimensions of CSR and job pursuit intention. There were 270 respondents who became the data in this study were collected from questionnaires that were distributed online and analyzed using the Structural Equation Model (SEM) using Lisrel 8.8 software. The results of this study prove that CSR has a significant positive effect on corporate reputation. In addition, corporate reputation also has a significant positive effect on job pursuit intention and mediates the relationship between CSR and job pursuit intention. However, CSR has a significant negative relationship with job pursuit intention. For this reason, it is important for BSI to build a corporate reputation so that job pursuit intentions can increase."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alifia Sekarlita
"
Generational paradigm shifts, technological developments, and global competition have led to competition between companies for talented employees. For this reason, it is important for companies to understand the factors that can increase the interest in pursuing work from workers. Therefore, this study aims to examine the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) on job pursuit intentions of Generation Z. This study uses a quantitative approach with the type of explanatory research. Data was collected by distributing questionnaires to final year students and fresh graduates using non-probability sampling techniques in the form of purposive sampling and snowball sampling with a total of 360 respondents collected. Data analysis was done by descriptive analysis, simple regression analysis and multiple regression analysis using SPSS. The results show that there is an influence between Corporate Social Responsibility (CSR) on job pursuit intention among Generation Z in the automotive and component sectors. The results also show that workplace economic responsibility is the strongest factor influencing job pursuit intention from the five dimensions of Corporate Social Responsibility (CSR).

Perubahan paradigma generasi, perkembangan teknologi, dan persaingan secara global, menyebabkan terjadinya persaingan antar perusahaan untuk mendapatkan karyawan bertalenta. Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang dapat meningkatkan minat mengejar pekerjaan dari para pekerja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap niat mengejar pekerjaan (job pursuit intention) pada Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 360 mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisis data dengan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap job pursuit intention di kalangan Generasi Z pada sektor otomotif dan komponen. Hasil juga menunjukkan workplace economic responsibility menjadi faktor terkuat yang mempengaruhi job pursuit intention dari kelima dimensi Corporate Social Responsibility (CSR)."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fachrur Rozi
"Pengelolaan sumber daya manusia saat ini menjadi hal yang penting bagi suatu perusahaan, terkhusus untuk mendapatkan calon karyawan yang unggul dan berkualitas. Dengan demikian, penting bagi perusahaan untuk dapat memahami faktor-faktor yang dapat meningkatkan niat mengejar pekerjaan dari para pencari kerja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari masing-masing dimensi yang ada pada Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Job Pursuit Intention di kalangan Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 300 mahasiswa aktif tingkat akhir yang memiliki minat melamar di perusahaan Startup Unicorn dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif serta analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada empat dari lima dimensi Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap job pursuit intention di kalangan Generasi Z pada perusahaan Startup Unicorn. Hasil juga menunjukkan dimensi workplace economic responsibility menjadi faktor paling kuat yang mempengaruhi job pursuit intention dari kelima dimensi yang ada pada Corporate Social Responsibility (CSR).

Human resource management is now an important thing for a company, especially to get superior and quality prospective employees. Thus, it is important for companies to be able to understand the factors that can increase job seekers' intentions to pursue work. Therefore, this study aims to analyze the effect of each dimension on Corporate Social Responsibility (CSR) on Job Pursuit Intention among Generation Z. This study uses a quantitative approach with an explanatory type of research. Data was collected by distributing questionnaires to 300 final year active students who had an interest in applying for a company Unicorn Startup using purposive sampling techniques. Data analysis was carried out by descriptive analysis and multiple linear regression analysis using SPSS. The results showed that there was a significant effect on four of the five dimensions of Corporate Social Responsibility (CSR) on job pursuit intention among Generation Z in companies Unicorn Startup. The results also show that the dimension of workplace economic responsibility is the strongest factor influencing job pursuit intention of the five dimensions in Corporate Social Responsibility (CSR)."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Franky Kesuma
"Skripsi ini meneliti tentang pengaruh dari pelaporan corporate social responsibility terhadap tingkat cash holding perusahaan dan apakah leverage sebagai variabel moderasi dapat memperlemah pengaruh dari kualitas pelaporan CSR terhadap tingkat cash holding perusahaan. Dengan menggunakan sampel sebanyak 120 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016, ditemukan hasil bahwa kualitas pelaporan CSR berpengaruh positif terhadap tingkat cash holding perusahaan dan pengaruh positif tersebut akan melemah pada perusahaan yang memiliki tingkat leverage yang tinggi sesuai dengan agency view of CSR.

This study discusses the impact of corporate social responsibility reporting on the company 39s cash holding and if leverage as a moderating variable could weaken the impact of csr reporting on the companies cash holding. By using a data sample of 120 companies listed on Indonesian Stock Exchange, it was found that CSR reporting positively affect the company 39s cash holding and this positive impact will be weakened on companies that have high leverage levels this result is in line with the agency view of CSR.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Topandy Saputra
"Berbeda dengan penelitian atas CSR Corporate Social Responsibility sebelumnya di Indonesia, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tingkat pengaruh kinerja CSR perusahaan dalam tiga dimensi yaitu Environment, Product Quality dan Community Relations dalam melakukan praktek Earning Management. Penelitian ini juga melihat bagaimana tahapan siklus hidup perusahaan. Berdasarkan hal tersebut sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008 - 2012, yaitu sebanyak 130 perusahaan dengan 650 observasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh negatif kinerja CSR perusahaan dalam melakukan manajemen laba, selain itu tahapan hidup mature perusahaan akan berpengaruh negatif atas kinerja CSR perusahaan terhadap manajemen laba.

In contrast to previous research on CSR Corporate Social Responsibility in Indonesia, the purpose of this study was to describe the level of influence the performance of the company's CSR in three dimensions, namely Environment, Product Quality and Community Relations in practice earnings management. This study also looked at how the stages of the life cycle of the company. Based on the sample in this study is a listed company on the Indonesian Stock Exchange in the year 2008 2012, as many as 130 companies with 650 observation research. The results of this study indicate that the presence of negative influence CSR performance management company in profit, in addition the life cycle of mature companies will negative affect of the performance CSR on earnings management.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marentina Puspitasari
"Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena yang sudah cukup lama berkembang di area manajemen, namun sampai dengan saat ini masih menjadi suatu perdebatan pengaruhnya terhadap corporate financial performance (CFP). Berbagai literatur menyatakan bahwa CSR sebagai wujud implementasi keberlangsungan perusahaan jangka panjang berpengaruh positif pada CFP yang diukur dengan rasio profitabilitas, nilai pasar, maupun return saham. Pengukuran CSR menjadi salah satu isu yang menyebabkan beragamnya hasil penelitian CSR. Standar pengukuran CSR yang diterbitkan oleh Global Reporting Initiatives (GRI) merupakan salah satu alternatif pengukuran yang banyak digunakan pada penelitian CSR di dunia untuk mengatasi permasalahan beragamnya hasil penelitian tersebut. Dalam perkembangannya, muncul fenomena bahwa CSR digunakan sebagai pengalihan perhatian investor terhadap tindakan manajemen laba melalui discretionary accrual. CSR yang dilakukan tidak murni lagi sebagai tindakan yang beretika dan bertanggung jawab, namun diduga sebagai strategi perlindungan dari dampak negatif yang ditimbulkan atas tindakan manajemen laba yang dilakukan oleh manajer. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ulang apakah CSR berpengaruh positif terhadap return saham yang diukur dengan menggunakan abnormal return dan actual return, dan apakah manajemen laba memperlemah pengaruh CSR terhadap return saham. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa CSR secara signifikan berpengaruh positif terhadap return saham yang diukur dengan abnormal return dengan periode peristiwa selama 12 hari, namun tidak ditemukan pengaruh CSR terhadap actual return selama 1 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba yang diukur dengan discretionary accrual berpengaruh negatif terhadap actual return selama 1 tahun setelah publikasi laporan tahunan, dan berpengaruh positif terhadap abnormal return. Tidak ditemukan pengaruh dari interaksi antara CSR dan manajemen laba terhadap return saham baik yang diukur dengan abnormal return dan actual return.

Corporate Social Responsibility (CSR) is a phenomena that has been developed for a long time in the management area, but until now the influence of CSR on corporate financial performance (CFP) is still being debating. Various literature states that CSR as the implementation of long-term company sustainability has a positive effect on CFP as measured by profitability ratios, market values, and stock return. CSR measurement is one of the biggest issues that causes a variety of CSR research result. The CSR measurement standards issued by the Global Reporting Initiatives (GRI) are one of the alternative measurements that are widely used in CSR research in the world to address that problems. In the recent years, there is an issue that CSR is used as a diversion of investor attention to earnings management actions through discretionary accruals. CSR is not pure anymore as an ethical and responsible action, but it is suspected as a shield strategy from the negative impact caused by earnings management actions carried out by managers. This study aims to reexamine whether CSR has a positive effect on stock return measured with abnormal return and actual return, and whether earnings management weakens the effect of CSR on stock returns. The results of hypothesis testing indicate that CSR significantly has a positive effect on stock returns measured by abnormal returns with an event period of 12 days, but there is no effect of CSR on actual returns for 1 year after the publication of CSR disclosure. The results of this study show that earnings management as measured by discretionary accruals has a negative effect on actual return for 1 year after the publication of the annual report, and has a positive effect on abnormal returns. In addition, there is no effect of the interaction between CSR and earnings management on stock returns measured by abnormal returns and actual returns."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T52826
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Choiridiningsih Hariyadi Putri
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh stres kerja terhadap kinerja dengan kecerdasan emosi sebagai variabel moderasinya pada tenaga kependidikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitiatif dengan metode regresi berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa tenaga kependidikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia terbukti bahwa terdapat pengaruh positif stres kerja terhadap kinerja, pengaruh positif kecerdasan emosi terhadap kinerja, dan kecerdasan emosi tidak memoderasi pengaruh stres kerja terhadap kinerja.

The focus of this study is to examine the effect of job stress to job performance with emotional intelligence as a moderatian s variable. Method of analysis is quantitative using multiple linear regression. This study finds that, employee of Dentistry s Faculty at University of Indonesia proven that job stres positivelly effect to job performance, emotional intelligence positivelly effect to job performance, and emotional intelligence doesn t moderated on the effect job stress to job performance.
"
2016
S62525
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fazah Zikri Soleha
"Menciptakan keunggulan kompetitif penting bagi perusahaan sebagai kegunaan untuk menarik para pencari kerja kompeten yang diperlukan untuk keberlanjutan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran langsung employer brand attractiveness dan corporate social responsibility sebagai variabel dependen dalam memengaruhi intention to apply, serta pengaruh tidak langsung organizational reputation memediasi hubungan antara employer brand attractiveness dan corporate social responsibility terhadap intention to apply,sebagai variabel independen. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada total 315 responden. Responden adalah mahasiswa tahun terakhir dan lulusan baru yang belum memasuki dunia kerja dan merupakan bagian dari Generasi Z di Indonesia. Kuesioner menggunakan skala Likert 7 poin, dan Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh antara variabel yang digunakan dalam studi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employer brand attractiveness dan corporate social responsibility perusahaan secara signifikan memengaruhi intention to apply. Sementara itu, organizational reputation mempengaruhi hubungan antara employer brand attractiveness dan corporate social responsibility perusahaan dengan intention to apply melalui mediasi positif. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti tidak adanya detail tentang jenis perusahaan yang dituju oleh responden, penggunaan metode cross-sectional, dan pengukuran self-assessment yang dapat menyebabkan bias subjektif. Berdasarkan penelitian ini, perusahaan dapat belajar bagaimana membentuk organizational reputation yang berfungsi sebagai keunggulan kompetitif dalam meningkatkan employer brand attractiveness dan corporate social responsibility di kalangan Generasi Z sebagai calon tenaga kerja baru yang memasuki pasar kerja.

Creating a competitive advantage is crucial for companies to attract competent job seekers necessary for business sustainability. This study aims to examine the direct role of employer brand attractiveness and CSR as dependent variables influencing the intention to apply, as well as the indirect influence of organizational reputation mediating the relationship between employer brand attractiveness and CSR on the intention to apply, as independent variables. Data were collected through questionnaires given to a total of 315 respondents, consisting of final-year students and fresh graduates who have not yet entered the workforce and are part of Generation Z in Indonesia. The questionnaire used a 7-point Likert scale, and Structural Equation Modeling (SEM) was employed to analyze and explain the relationships between the variables in this study. The results showed that employer brand attractiveness and CSR significantly affect the intention to apply. Meanwhile, organizational reputation positively mediates the relationship between employer brand attractiveness and CSR with the intention to apply. This study has several limitations, such as the lack of detail about the type of companies targeted by respondents, the use of cross-sectional methods, and self-assessment measurements that can cause subjective bias. These limitations necessitate careful interpretation of the results due to potential response variation, inability to explain post-study changes, and possible bias in the findings. Based on this research, companies can learn how to shape organizational reputation as a competitive advantage in enhancing employer brand attractiveness and CSR among Generation Z as new job market entrants."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>