Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4068 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rooi, de Martijn
"Engelstalig, op buitenlanders gericht boek, met informatie in woord en beeld over Nederland, de Nederlandse cultuur en de Nederlanders."
Alphen aan den Rijn: Dutch publishers, 2012
BLD 949.2 ROO d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gouda, Frances
Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2007
909.82 Gou d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Turow, Scott
New York: Warenr Books , 1988
813.54 TUR p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Farwel, Byron
New York: Henry Holt, 1957
920.71 FAR m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Chairunnisa Syafira
"Bahasa Indonesia dan bahasa Belanda memiliki khazanah bunyi yang berbeda, seperti bunyi diftong yang berbeda. Di dalam bahasa Indonesia terdapat empat diftong, yaitu: [ɑi], [ɑu], [εi], dan [ɔi], sedangkan bahasa Belanda memiliki vokal diftong [œy], [εi], dan[ɑu]. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan perbedaan ciri akustik bunyi vokal diftong bahasa Belanda oleh mahasiswa/i Program Studi Belanda dengan penutur jati sebagai subjek pembanding dan menjelaskan kemungkinan faktor yang melatarbelakangi terjadinya perbedaan pelafalan itu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan kuantitatif yakni pengukuran nilai forman F1 dan F2 yang digunakan untuk mendeskripsikan perbedaan pelafalan di setiap bunyi diftong Belanda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa/i merealisasikan bunyi diftong Belanda dengan cara yang beragam. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti perbedaan diftong dan posisi bunyi pada bahasa Belanda dan Indonesia, dan juga pengaruh penulisan terhadap cara baca mahasiswa.

Indonesian and Dutch have a different sound inventory, such as different diphthong. In Indonesian, there are four diphthong vowels, namely: [ɑi], [ɑu], [εi], dan [ɔi]. Meanwhile the Dutch language has diphthong vowels [œy], [εi], and [ɑu]. The aim of this study is to describe the differences in the acoustic characteristics of the Dutch diphthong spoken by students of the Dutch Study Program and by native speakers as comparison and to explain the possible factors behind the occurrence of these differences. Based on the purpose of this study, descriptive qualitative method is used to describe the pronunciation of the students in each Dutch diphthong sound. Quantitative approach is applied by measuring the formant values of the dipthongs. The conclusion of this study is that students realize the sound of Dutch diphthong in various ways. These occur due to several factors, such as differences in diphthongs and letter positions in Dutch and Indonesian, as well as the influence of writing on students' reading methods."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rina La Distia Nora
"Latar belakang: Penegakan diagnosis tuberkulosis (TB) okular sulit dilakukan karena mikroorganisme tidak mudah diisolasi langsung dari mata, namun di sisi lain pemberian anti tuberkulosis berperan penting. Penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi tanda-tanda klinis di mata yang berhubungan dengan TB okular dan menilai keberhasilan terapi serta hubungannya dengan status HIV.
Metode: Data retrospektif diambil dari 56 rekam medis pasien dengan diagnosis presumed ocular TB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo antara Januari 2006 sampai Desember 2011. Data demografi dan karakteristik klinis serta status HIV dicatat selama pengobatan berlangsung.
Hasil: Terdapat 39 pasien yang masuk kriteria inklusi dengan usia rerata 35,38 ± 13,1 tahun dan rasio laki-laki terhadap perempuan 2:1. Kelainan mata unilateral didapatkan pada 26 (66,7%) pasien. Dari seluruh pasien; 4 (10,3%) uveitis anterior, 14 (35,9%) uveitis posterior, 21 (66,7%) panuveitis dan tidak ada yang menderita uveitis intermediet. Sebagian besar pasien (32/82,1%) memiliki tuberkulosis di organ tubuh lain. Lima dari 8 (62,5%) pasien dengan HIV positif memiliki tipe inflamasi granulomatosa dan 3 (37,5%) tipe non-granulomatosa serta seluruh pasien dengan HIV positif memiliki tuberkulosis di organ lain. Tujuh pasien non-HIV, enam (85,7%) diantaranya memiliki tipe inflamasi non-granulomatosa. Terapi dengan anti tuberculosis (ATT), kombinasi ATT dan steroid atau steroid saja bisa meningkatkan tajam penglihatan. Namun terapi steroid saja memiliki angka rekurensi yang sedikit lebih tinggi (1,4 ± 0,89 episode inflamasi).
Kesimpulan: TB ocular pada penelitian ini memiliki manifestasi klinis yang sangat bervariasi. Tipe inflamasi non-granulomatosa lebih banyak pada pasien HIV negatif dan tipe inflamasi granulomatosa pada pasien HIV positif. Pasien HIV positif selalu disertai manifestasi TB di organ lain. Terapi dengan steroid saja dapat meningkatkan tajam penglihatan tapi diikuti dengan angka rekurensi yang sedikit lebih tinggi.

Abstract
Background: Ocular tuberculosis (TB) emerges as an important cause of intraocular inflammation, partly due to the increasing number of HIV/AIDS patients. This study attempts to identify ocular signs that are associated with ocular TB and assess the efficacy of the treatment and their relation to HIV status.
Methods: Medical records of all 56 patients diagnosed with presumed ocular TB in Cipto Mangunkusumo Hospital between January 2006 and December 2011 were reviewed. Demographic and clinical characteristics and HIV status were recorded as well as efficacy of treatments given.
Results: There were 39 patients included with mean age 35.38 ± 13.1 and male to female ratio was 2:1. Unilateral involvement was in 26 (66.7%) patients. From all, four (10.3%) had anterior uveitis, 14 (35.9%) posterior uveitis, 21 (53.8%) panuveitis, and none had intermediate uveitis. Most of them (32/82.1%) have concurrent other organ TB. Five out of 8 (62.5%) HIV positive patients had granulomatous inflammation and 3 (37.5%) had non-granulomatous inflammation and all eight of them had concurrent other organ TB. The other 7 known non-HIV patients, six (85.7%) have non-granulomatous inflammation. Treatment with anti-tubercular therapy (ATT), combination ATT and steroid or steroid alone increased visual acuity. However steroid alone was slightly have more frequent recurrences (1.4 ± 0.89 episodes of inflammation).
Conclusion: Ocular TB in our study had variable clinical manifestations and ocular inflammation was predominantly non-granulomatous in HIV negative patients and granulomatous in HIV infected patients. All HIV positive patients the ocular TB was always accompanied by manifestations in other organs. The treatment with steroids solely resulted in improved vision but was characterized by frequent recurrences."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2012
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rojek, Chris
Cambridge : Polity Press, 2016
302 ROJ p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Ade Christian
"Tulisan ini membahas keabsahan Agresi Militer Belanda I dan II (Periode 1947-1949) ke Indonesia dilihat dari sudut pandang Hukum Internasional. Aksi Militer Belanda I dan II terhadap Indonesia selalu disamarkan dengan penggunaan istilah Aksi Polisionil oleh Belanda. Pengertian Aksi Polisionil dalam hokum internasional ternyata berbeda dari Aksi Militer yang dilakukan oleh Belanda terhadap Indonesia. Melihat fakta-fakta dilapangan, Aksi Militer Belanda ternyata lebih tepat dikategorikan sebagai sebuah Agresi Militer ketimbang sebagai Aksi Polisionil. Sebagai sebuah Agresi Militer maka Aksi Militer Belanda tunduk pada rezim Hukum Humaniter Internasional. Ternyata pada beberapa peristiwa, ketentuan yang tercantum dalam Hukum Humaniter Internasional ini dilanggar oleh Belanda. Pelanggaran tersebut dapat membawa dampak pada dinyatakannya beberapa perbuatan Belanda semasa melakukan Agresi Militer sebagai sebuah kejahatan perang.

This paper discusses the legacy of the Dutch Military Agression I and II (Period 1947 to 1949) to Indonesia from the point of view of International Law. The Dutch Military Aggression against Indonesia had always been camouflaged by using the terminology of Police Action. The definition of Police Action in international law is, in fact, different than that of the Military Action which was undertaken by the Dutch against Indonesia. Given the facts in the field, the Dutch Military Action could be categorized as Military Aggression rather than Police Action. As a Military Aggression, the Dutch Military Action must obey the International Humanitarian Regime. On contrary, in some cases, the Dutch broke the principles contained in International Humanitarian Law. This law disorder has resulted in the declaration that what the Dutch had undertaken during their Military Aggression was a war crime."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2011
S237
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Ramadhanti
"Kahoot merupakan media pembelajaran berbasis permainan bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam proses belajar khususnya untuk mengingat dan mempelajari kosakata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental dengan sumber data diambil dari hasil dua kali tes terhadap 20 mahasiswa yang sedang menjalani mata kuliah BBT I. Subjek digolongkan dalam dua kelompok yakni Kelompok A dan Kelompok B. Sebelum dilakukannya tes 1, Kelompok A mendapat perlakuan dengan diberikannya kuis di Kahoot untuk membantu dalam mengingat dan mempelajari kosakata, sedangkan Kelompok B tidak diberikan perlakuan. Kemudian dilakukan pertukaran perlakuan sebelum dilakukannya tes 2. Lalu hasil tiap tes dibandingkan dan dianalisis. Hasil tes menunjukkan bahwa Kahoot membawa pengaruh yang baik terhadap pembelajaran kosakata Bahasa Belanda bagi mahasiswa BBT I.

Kahoot is a game-based learning medium that aims to facilitate students in the learning process, especially to remember and learn vocabulary. This study uses a quantitative approach and experimental methods with data sources taken from the results of two tests on 20 students who were taking BBT I courses. Subjects were divided into two groups, namely Group A and Group B. Prior to test 1, Group A received treatment by giving a quiz in Kahoot to assist in remembering and learning vocabulary, while Group B was not given any treatment. Then the treatment was exchanged before the test 2. The results of each test were compared and analyzed. The test results show that Kahoot has a good effect on learning Dutch vocabulary for BBT I students."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>