Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 33446 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ellobody, Ehab
"In recent years, bridge engineers and researchers are increasingly turning to the finite element method for the design of steel and steel-concrete composite bridges. However, the complexity of the method has made the transition slow. Based on twenty years of experience, Finite element analysis and design of steel and steel-concrete composite bridges provides structural engineers and researchers with detailed modeling techniques for creating robust design models. The book?s seven chapters begin with an overview of the various forms of modern steel and steel?concrete composite bridges as well as current design codes. This is followed by self-contained chapters concerning: nonlinear material behavior of the bridge components, applied loads and stability of steel and steel?concrete composite bridges, and design of steel and steel?concrete composite bridge components."
Waltham, MA: Butterworth-Heinemann, 2014
e20427073
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Viest, Ivan M.
New York: McGraw-Hill, 1958
620.136 VIE c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Taranath, Bungale S.
Boston: McGraw-Hill, 1997
693.71 TAR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Affandi
"ABSTRAK
Sistem struktur flat plate telah berkembang dan banyak digunakan dalam konstruksi suatu bangunan. Khusus untuk wilayah gempa tinggi, struktur ini masih jarang untuk digunakan, karena memang sifat dari struktur ini sangat lemah terhadap geser. Dalam skripsi ini, penulis akan melakukan analisa perilaku sistem struktur flat plate dengan diberikan dua lapis plat baja (sisi atas dan sisi bawah) sebagai material pendetilan khusus pada daerah sekitar kolom sehingga menjadi struktur composite flat plate steel-concrete-steel dan diharapkan dapat menambah kekakuan flat plate dalam menahan beban lateral. Struktur tersebut dianalisa statik non linier (pushover analysis) akibat beban lateral gempa dengan program komputer SAP2000 v14. Pada analisa tersebut yang akan ditinjau yaitu daktilitas struktur tersebut dan lokasi sendi plastis.
Dari hasil studi ini variasi pemasangan lebar pelat baja sejarak ½y dan sepanjang y dari muka kolom memberikan pengaruh peningkatan daktilitas aktual yang cukup signifikan dibandingkan dengan sistem struktur flat plate tanpa pendetailan khusus.

ABSTRACT
Flat plate has been developed and widely used structural systems in the construction of buildings. Especially, in zone of high seismic, this structure is rarely used because the behavior of its under lateral loads is very weak. In this paper, the author analyzed the behavior of flat plate structural system with given two layers of steel plates (the upper and the lower side of concrete) as special detailing materials in the area of plates around the column, so that a composite flat plate steel-concrete-steel structure and its expected to increase the stiffness of flat slab structural system due to lateral loads. This structure was analyzed using static non-linier analysis (pushover analysis) due to earthquake lateral loads on structural analysis computer program, SAP2000v14. In the analysis, the ductility of the structure and the locations of plastic hinges were reviewed.
From the result of this study, variations installation of steel plate from ½y and along y from face of columns gives the significant impact that increase actual ductility than flat plate structure without special detailing materials."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42606
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gebriel Huda
"ABSTRAK
Sistem struktur flat slab telah berkembang dan banyak digunakan dalam konstruksi bangunan. Khusus untuk wilayah gempa tinggi, struktur ini masih jarang untuk digunakan, karena memang sifat dari struktur ini sangat lemah terhadap beban lateral. Dalam skripsi ini, penulis melakukan analisa perilaku sistem struktur flat slab dengan diberikan dua lapis plat baja (sisi atas dan sisi bawah) sebagai material pendetailan khusus pada daerah sekitar kolom sehingga menjadi struktur composite flat slab steel-concrete-steel dan diharapkan dapat menambah kekakuan flat slab dalam menahan beban lateral. Struktur tersebut dianalisa statik non linier (pushover analysis) akibat beban lateral gempa dengan program komputer SAP2000 v14. Pada analisa tersebut yang ditinjau yaitu daktilitas struktur dan lokasi sendi plastis.
Dari hasil studi didapat daktilitas aktual struktur pada masing-masing gedung flat slab tanpa pendetailan khusus, baik pada jalur kolom ekterior maupun jalur kolom interior, memiliki nilai yang bervariasi antara 3,0 sampai dengan 3,4 dengan daktilitas rencana sebesar 3,3 dan terjadi peningkatan daktilitas aktual pada masing-masing gedung yang dilakukan simulasi, baik lebar pemasangan penampang sandwich steel-concrete-steel sejarak ½y maupun lebar pemasangan sejarak y dari muka kolom bila dibandingkan dengan gedung tanpa pendetailan khusus. Lokasi sendi plastis banyak terjadi pada penampang slab (t = 250 mm) yang ujungnya berhubungan langsung dengan slab+drop panel (t = 400 mm) untuk penampang slab+drop panel beton dan untuk penampang slab+drop panel dengan sandwich steel-concrete-steel (t = 412 mm). Hal ini disebabkan kapasitas momen nominal penampang slab (t = 250 mm) lebih kecil dibandingkan penampang slab+drop panel beton dan untuk penampang slab+drop panel dengan sandwich steel-concrete-steel.

ABSTRACT
Flat slab has been developed and widely used structural systems in the construction of buildings. Especially, in zone of high seismic, this structure is rarely used because the behavior of its under lateral loads is very weak. In this paper, the author analyzed the behavior of flat slab structural system with given a two layers of steel plates (the upper and the lower side of concrete) as special detailing materials in the area of plates around the column, so that a composite flat slab steel-concrete-steel structure and its expected to increase the stiffness of flat slab structural system due to lateral loads. This structure was analyzed using static non-linier analysis (pushover analysis) due to earthquake lateral loads on structural analysis computer program, SAP2000v14. In the analysis, the ductility of the structure and the locations of plastic hinges were reviewed.
From the result of this study, the actual ductility of each flat slab buildings without special detailing materials, both on the exterior column strips and the interior column strips, has a varies value between 3,0 to 3,4 with the plan ductility of 3,3 and increasing value of the actual ductility of each flat slab buildings was occurred, both the interval width of installation of cross-sectional steel-concrete-steel sandwich is ½y and y from the face of column if those structure compared to the flat slab buildings without special detailing materials."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42912
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gallagher, Richard H.
Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, 1975
624.171 GAL f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Segerlind, Larry J.
New York: John Wiley & Sons, 1984
620.001 515 SEG a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Burnett, David S.
Reading: Addison-Wesley, 1987
620.0015 BUR f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abdel-Sayed, George
New York: McGraw-Hill, 1994
624.217 ABD s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Ari Wandono
"Pesawat terbang tanpa awak (PTTA) telah banyak digunakan pada hampir seluruh negara di dunia baik untuk kebutuhan sipil maupun militer. LSU-02 NGLD (LAPAN Surveillance Unmanned Aerial Vehicle-02 Next Generation Low Drag) adalah contoh PTTA yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN berdasarkan permintaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). LSU-02 NGLD akan digunakan untuk kebutuhan sipil, yaitu untuk melakukan pemantauan di wilayah perairan laut Indonesia. Desain LSU-02 NGLD mengambil sebagian geometri dari LSU-02 yang sudah dikembangkan terlebih dahulu. LSU-02 dimodifikasi pada beberapa aspek terutama bagian sayap dan ekor. Tujuan tesis ini adalah untuk melakukan desain dan analisis struktur komposit sayap LSU-02 NGLD akibat beban operasional di wilayah perairan laut untuk memenuhi regulasi yang berlaku menggunakan model elemen hingga. Beban sayap diasumsikan merupakan beban statik yang terdistribusi sepanjang setengah sayap menggunakan metode Schrenk. Pada model elemen hingga, sayap dimodelkan menggunakan elemen quad4 dengan kondisi batas berbentuk pin pada lokasi dimana baut akan digunakan untuk menggabungkan sayap dengan fuselage. Verifikasi, validasi dan tes konvergensi diikutsertakan untuk mendapatkan hasil yang baik dari penggunaan model elemen hingga. Analisis kekuatan dilakukan dengan menggunakan tiga subkasus yaitu menggunakan load factor 6.29, load factor 3.8 dan load factor -2.65. Hasil dari margin of safety, displacement dan buckling factor pada load factor 6.29 berturut-turut adalah 0.00562, 161 mm dan 0.88. Hasil dari margin of safety, displacement dan buckling factor pada load factor 3.8 berturut-turut adalah 0.66, 97.1 mm 1.46. Sedangkan hasil dari margin of safety, displacement dan buckling factor pada load factor -2.65 berturut-turut adalah 0.92, -67.7 mm dan 1.18. Dari hasil-hasil tersebut dapat diketahui bahwa kekuatan struktur komposit sayap LSU-02 NGLD memenuhi regulasi yang berlaku.

The unmanned aerial vehicle (UAV) has been widely utilized all over the world for either civil or military purposes. LSU-02 NGLD (LAPAN Surveillance Unmanned Aerial Vehicle-02 Next Generation Low Drag) is a UAV developed by Aeronautics Technology Center (known as Pustekbang) LAPAN which is based on demand from Ministry of Marine Affairs and Fishery. LSU-02 NGLD will be used for sea monitoring in Indonesia. Design of LSU-02 NGLD took some geometries from LSU-02 which has been developed before. LSU-02 is modified in some aspects to support sea monitoring especially in wing and tail. The aim of this thesis is to design and analyze the composite wing structure of LSU-02 NGLD due to operational load around sea to meet the regulation using finite element model.  The load is assumed as static and distributed along semispan using Schrenk method. In finite element model, the wing is modeled using quad4 element and boundary condition uses pin in the locations where bolts will be applied to combine wing and fuselage. Verification, validation and convergence test take into account to obtain good results from finite element model application. The strength analysis was conducted with three subcases i.e. load factor 6.29, load factor 3.8 and load factor -2.65. The results about margin of safety, displacement and buckling factor at load factor 6.29 are 0.00562, 161 mm and 0.88 respectively. The results about margin of safety, displacement and buckling factor at load factor 3.8 are 0.66, 97.1 mm 1.46 respectively. The results about margin of safety, maximum and buckling factor at load factor -2.65 are 0.92, -67.7 mm and 1.18 respectively. Based on those results, the composite wing structure of LSU-02 NGLD meets the regulation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53335
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>