Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125133 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wiji Suwarno
Bantul, Yogyakarta : Ladang kata, 2016
025.31 WIJ l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Yulnelly
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap perpustakaan Fakultas Ekonomi dan untuk mengetahui informasi pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa serta hubungannya dengan prestasi akademik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan teknik korelasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang terlebih dahulu diujicobakan kepada 34 responden diluar sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Manajemen. dan S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dengan pengambilan sampel dilakukan secara proporsional bertingkat yang dipilih secara acak.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap koleksi perpustakaan dalam mendukung kegiatan belajar mahasiswa adalah cukup baik, kecuali persepsi mahasiswa terhadap keragaman, kemutakhiran dan jumlah buku teks; jumlah laporan penelitian; keragaman ensiklopedi; kesesuaian dan jumlah kamus adalah kurang baik. Persepsi mahasiswa terhadap kualitas layanan, waktu layanan dan kemudahan mendapatkan layanan perpustakaan adalah cukup baik, sedangkan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan teknologi informasi, kesesuaian layanan, kemudahan mengakses informasi dan kecepatan memperoleh informasi adalah kurang baik. Persepsi mahasiswa terhadap petugas dan fasilitas perpustakaan cukup baik kecuali sarana meja Baca adalah kurang baik.
Sebagian besar mahasiswa membutuhkan waktu maksimal 2 (dua) jam setiap kali berkunjung ke perpustakaan. Tujuan utama mengunjungi perpustakaan untuk meminjam bahan pustaka. Koleksi yang sering dimanfaatkan adalah buku teks dan skripsi. Mahasiswa memanfaatkan koleksi perpustakaan karena tugas - tugas kuliah dan sedang menyusun sknpsi.
Hubungan persepsi mahasiswa terhadap koleksi dengan pemanfaatan perpustakaan sebagai berikut : ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap kualitas koleksi majalah dengan lama kunjungan. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap keragaman, kesesuaian dan kegunaan koleksi laporan penelitian dengan lama kunjungan. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap kegunaan koleksi skripsi dengan lama kunjungan. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap kemutakhiran buku teks dengan peminjaman buku teks. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap kegunaan koleksi majalah dengan peminjaman majalah.
Hubungan pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi akademik yaitu : ada hubungan yang signifikan antara frekuensi kunjungan dan lama kunjungan dengan indek prestasi kumulatif mahasiswa.
Study on Correlation Between Perception to Library and Use of Library with Academics Achievement of Students Faculty of Economics University of Pembangunan Nasional Veteran JakartaThe research is purposed to know students perception to library of Faculty of Economic and to know information on students' use of the library and correlation of the both with academic achievement.
Type of the research is quantitative with a survey approach. Data analysis is conducted using a descriptive analysis method and correlation technique. Data is collected using a questionnaire tried out before to 30 out-of-sample respondents. Population of the research is students' of S-1 Management and S-1 Accounting, Faculty of Economics, University of Pembangunan Nasional Veteran Jakarta by taking a proportionally stratified random sampling.
Result of the research has shown that students' perception to library book collection in supporting students' activity of learning is good enough. Students' perception to variety, recency, and amount of textbooks, amount of research reports, variety of encyclopedias, and suitability and amount of dictionaries is not good enough. Students' perception to services quality, services timeliness and ease to get library services is good enough. Students' perception to use of information technology, service suitability, easy access to information and promptness to get information is not good enough Students' perception to library facilities and staff is good enough. However, their perception to the reading desk is not good enough.
Most students spend 2 hours maximally anytime they visit the library. Special target of visiting the library is to borrow bibliography. Book collection utilized frequently is textbooks and final work. Reason for students to use the library book collection is to perform lecture task and complete final work.
Correlation between students' perception to book collection with use of library are as follow. There is a significant correlation between students' perception to quality of magazine collection with period of visit. There is a significant correlation between students' perception to variety, suitability and usefulness of research report collection with period of visit. There is a significant correlation between students' perception to usefulness of final work collection with period of visit. There is a significant correlation between students' to recency of textbooks with textbook lending. There is a significant correlation between students' perception to usefulness of magazine collection with magazine lending.
Correlation between use of library with cumulative achievement index is as follow: There is a significant correlation between period of visit and frequency of visit with cumulative achievement index of the students.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11817
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Pratiwi
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi dan strategi kerjasama di Perpustakaan Bank Merah Putih. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan persepsi pustakawan Perpustakaan Bank Merah Putih terhadap kerjasama perpustakaan, memahami strategi kerjasama, serta mengidentifikasi dan memahami kendala dalam kerjasama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Studi Kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kerjasama di Perpustakaan Bank Merah Putih adalah kerjasama satu arah, dimana anggota kerjasama aktif dalam permintaan e-journal namun tidak ada permintaan apapun dari pihak Perpustakaan Bank Merah Putih ke anggota kerjasama perpustakaan. Penelitian ini memberikan beberapa saran untuk Perpustakaan Bank Merah Putih, yaitu mengadakan pertemuan rutin, membuat katalog induk, serta mengadakan acara yang melibatkan seluruh pihak dalam kerjasama perpustakaan tersebut.

The focus of this thesis is about perception and strategy of library cooperation in the Library of Bank Merah Putih. The purpose of this research is to explain the perception of librarians in Bank Merah Putih’s Library about library cooperation, to understanding the strategy of library cooperation, as well as to identifying and understanding the problems in library cooperation. This research uses qualitative research with case study as the method and used interview, observation, and document analysis.
The result of this research reveals that cooperation in the Library of Bank Merah Putih is one-way cooperation, in which members of the library cooperation actively in demand for e-journal but there is no request from Library of Bank Merah Putih to the members of library cooperation. This research give some suggests for Bank Merah Putih’s Library, which organize regular meetings, union catalog, and organize the events that involve all parties in the library cooperation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46814
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasser Ihsan
"Skripsi ini membahas pandangan pemustaka dari beberapa lokasi layanan perpustakaan keliling kantor perpustakaan dan arsip Jakarta timur. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan supaya kedepannya bisa dikembangkan kembali layanan yang sudah diberikan kepada pemustaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi partisipan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam pelayanan yang diberikan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Timur diperlukan pengembangan lebih lanjut sesuai dengan permasalahan yang ada. Termasuk pada layanan koleksi, sikap pustakawan, pendaftaran kartu anggota, fasilitas yang ada, jadwal kunjungan, penentuan pos layanan dam promosi layanan.

This thesis discusses about the view of users from some locations bookmobile services office library and archives east Jakarta. This study aims to provide a view of the future could be developed in order to return the services already provided to user. The research is a qualitative study using participant observation method.
Results of this study stated that the services provided by the Office of East Jakarta Library and Archives needed further development in accordance with the existing problems. Including the collection service, the attitude of librarians, registration of membership cards, available facilities, schedule of visits, the determination of the postal services promotional services dam.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S62273
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novia Dwi Haerani
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana peran lokasi suatu perpustakaan terhadap minat berkunjung pelajar SMA. Penelitian ini dilakukan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus pembahasan penelitian ini yaitu menganalisis faktor lokasi perpustakaan terhadap minat berkunjung pelajar SMA di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan peran dan fungsi lokasi perpustakaan terhadap minat berkunjung pelajar SMA serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Peneliti menyimpulkan bahwa lokasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi minat berkunjung pelajar SMA

ABSTRACT
This research is focused on how library location determines senior high school students library visit intention. The place which chosen for this research is Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang. Qualitative research method with case studies is used in this study. This study is aimed to analyze the library location factor that influences senior high school students visit intention in Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang. This study is also aimed to describe the role and function of library location towards senior high school students visit intention. The result of this study shows that library location is one of important things which influences senior high school students visit intention. "
2016
S69869
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Ayu Puspita
"Penelitian ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan di Peprustakaan Ali Alatas Kementerian Luar Negeri RI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Dimensi kuesioner untuk mengetahui persepsi pemustaka adalah dengan mengukur persepsi terhadap layanan perpustakaan, persepsi terhadap koleksi perpustakaan, persepsi terhadap sumber daya manusia perpustakaan,dan persepsi terhadap gedung dan fasilitas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa 30 responden berpersespi baik, dengan nilai 2,94, terhadap keseluruhan layanan perpustakaan di Perpustakaan Ali Alatas berdasarkan pada penghitungan yang dilakukan. Persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,79, persepsi pemustaka terhadap koleksi perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,78, persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia adalah sangat baik dengan nilai 3,28, dan persepsi pemustaka terhadap gedung dan fasilitas perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,9.

This study discusses library users’ perception of library services at Ali Alatas Library of Ministry of Foreign Affairs of Republic of Indonesia. This research is quantitative research by using survey method. The dimension of questionnaire is to know library users perception by measuring perception of library services, library collection,human sources at library, and perception of its building and facilities.
The result of this research states that 30 respondens have good perception, with score 2,94, to overall library services at Ali Alatas Library based on calculation done. Users perception of library services is good with score 2,79, users perception of library collection is good with score 2,78, users perception of human sources at library is very good with score 3,28, and users perception of its’ building and facilities is good with score 2,9.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46298
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosnaiti
"Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta (Perpumda) merupakan unsur penunjang Pemerintah DKI Jakarta di bidang pelayanan informasi, pengembangan dan pembinaan perpustakaan, telah berusaha memberikan peiayanan yang berkualitas dan memuaskan pelanggannya (pengunjung perpustakaan umum). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kualitas pelayanan pada Perpustakaan Umum DKI Jakarta, dan untuk mengetahui pola Seven S dari MC Kinsey terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta sebagai institusi pengelola perpustakaan umum.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori yang dikembangkan oleh Zeitaml, Parasuraman dan Leonard L. Berry dengan lima dimensinya yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan teori yang dikemukakan oleh MC Kinsey melalui model Seven S (Strategy, Structure, System, Style, Staff, Skill, dan Shared Value).
Penelitian ini ada dua macam yaitu pertama, penelitian mengenai kualitas pelayanan yang jenis penelitiannya kuantitatif yang bersifat deskriptif menggunakan metode survey dengan pendekatan cross-sectional survey, pengumpulan data primer dan sekunder, serta pengambilan sampel sebanyak 335 responden dari 4264 orang pelanggan/pengunjung perpustakaan umum melalui kuesioner berskala Likert, Pengolahan data melalui teknik statistik yang hasilnya digunakan untuk mengukur servqual pada Gap-5. Kedua penelitian mengenai pola Seven S terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta (Perpumda) dianalisis secara kualitatif, pengumpulan data primer dan sekunder, serta sampel yaitu semua pegawai bidang layanan dan informasi perpustakaan (sampel jenuh) sebanyak 18 orang, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara, penyebaran kuesioner dan teknik observasi non partisan.
Berdasarkan hasil pengolahan data maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan :
a. Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Perpustakaan Umum di Tingkat Provinsi) belum memuaskan pelanggan/pengguna jasa, karena masih terdapat kesenjangan antara harapan dengan pelayanan yang diterima (tingkat kinerja pelayanan);
b. Pemanfaatan Perpustakaan Umum DKI Jakarta oleh masyarakat belum maksimal karena masih sangat kurang pelaksanakan sosialisasi, publikasi dan promosi yang dilakukan Perpustakaan Umum DKI Jakarta;
c. Kepemilikan Peralatan yang modern dan mutakhir masih sangat kurang seperti fasilitas komputer untuk intemet;
d. Komponen Seven S dari Mc Kinsey yang ada pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta belum memadai dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan;
e. Status dan kedudukan institusi Perpustakaan Umum DKI Jakarta sebagai Kantor, sudah tidak sesuai dengan volume dan beban kerja yang diembannya.
Selanjutnya berdasarkan kesimpulan di atas, dapat dipertimbangkan beberapa saran sebagai berikut:
a. Membenahi kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan disiplin dan loyalitas pegawai dalam melaksanakan tugas terutama saat menjalankan tugas pelayanan pada Perpustakaan Umum;
b. Meningkatkan pelaksanaan sosialisasi, publikasi dan promosi agar masyarakat tahu, kenal dan tertarik kepada perpustakaan umum;
c. Menambah fasilitas peralatan yang modem dan mutakhir, antara lain; menambah fasilitas komputer untuk internet;
d. Untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Khu sus Ibukota Jakarta (Perpustakaan Umum di Tingkat Provinsi) perlu dibenahi komponen 7 S dari Mc. Kinsey pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai institusi pengelola Perpustakaan Umum Daerah Khusus Ibukota Jakarta antara lain :
- Memberi kesempatan kepada Pegawai untuk meningkatkan pendidikannya, terutama mengusahakan pegawai untuk mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan pada bidang studi ilmu perpustakaan;
- Mengupayakan agar status dan kedudukan Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta ditingkatkan menjadi Badan atau Dinas."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
T22578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutia Rinanda
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pemanafaatan perpustakaan oleh siswa dengan menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pemanfaatan perpustakaan SMAN 77 Jakarta Pusat yang ditinjau dari segi koleksi, layanan, dan fasilitas. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang didapat adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah SMAN 77 Jakarta Pusat masih rendah, maka dari itu perpustakaan seharusnya dapat meningkatkan kualitasnya dari segi koleksi, layanan, sikap pustakawan, dan fasilitas serta mengadakan kegiatan yang mendukung pemanfaatan perpustakaan SMAN 77 Jakarta Pusat.

ABSTRACT
This research examines how students utilize library school, using survey method. The data gathered by spreading questionaires to students at SMAN 77 Jakarta. This research to describe the utilization of SMAN 77 library school from various aspects: books collection, service, and facilities. The result shows that the utilization of SMAN 77 library school is still low, thus the library need to improve its quality in collection, service and facilities as well as create an activity which can support the utilization of SMAN 77 library school."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57006
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Junita
"Skripsi ini membahas mengenai bagaimana persepsi siswa terhadap layanan Perpustakaan SMA Sejahtera 1 Depok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap koleksi, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, layanan dan harapan siswa untuk kemajuan layanan Perpustakaan SMA Sejahtera 1 Depok. Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan desain deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 91 siswa dari populasi 1015 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Peneliti menggunakan rentang nilai untuk kategori baik yaitu 2,52-3,37.
Hasil penelitian secara keseluruhan dimensi menunjukkan bahwa persepsi siswa adalah baik terhadap layanan perpustakaan dengan skor 2,93. Sedangkan untuk hasil tiap dimensi diantaranya persepsi siswa terhadap koleksi adalah baik dengan skor 2,94, persepsi siswa terhadap sumber daya manusia adalah baik dengan skor 3,20, persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana adalah baik dengan skor 2,76, dan persepsi siswa terhadap layanan adalah baik dengan skor 2,81. Harapan siswa terhadap layanan perpustakaan yang tertinggi dari tiap dimensi adalah sebesar 38,5% siswa mengharapkan untuk menambahkan jangka waktu peminjaman buku. 30% siswa mengharapkan untuk menambahkan kelengkapan (keragaman) koleksi, dan 22,8% siswa mengharapkan untuk memaksimalkan penyediaan fasilitas internet.

This thesis is a result of my research about students’s perception concerning to library service in SMA Sejahtera 1 Depok. The purpose of this study is to understand student’s perception about the collections, librarians, facilities and infrastructures, service in order to fulfil student’s expectations and upgrade library services in SMA Sejahtera 1 Depok’s library. This research is quantitative research with a survey method that uses descriptive design. The samples are 91 of 1015 students in SMA Sejahtera 1 Depok. Sampling technique is accidental sampling. Researchers using the range for good categories is 2,52–3,37.
The result of this research is showed that the overall dimensions of students perceptions of the library service is good with a score of 2,93. As for the result of which each dimension is student perceptions of collection is good with a score 2,94, student perception of human resources is good with score of 3,20, student perceptions of the facilities and infrastructure is good with a score of 2,76, and score of student perceptions of service is 2,81 that means service in the library is good. Student expectations for library services of the highest of each dimension are 38,5% of students expect to add term borrowing book, 30% of students expect to add completeness (variety) collection, and 22,8% of students expect to maximum the provision of internet facilities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47179
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ita Shylvia
"Penelitian ini membahas sikap pemustaka terhadap layanan perpustakaan keliling Pustaka Bersama di kecamatan Bayung Lencir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui sikap pemustaka terhadap layanan perpustakaan keliling Pustaka Bersama di kecamatan Bayung Lencir yang meliputi pelayanan, koleksi, petugas perpustakaan dan sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pendekatan survey. Sampel yang diambil sebanyak 92 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap yang mempunyai aspek kognitif, afektif dan konatif pemustaka terhadap layanan perpustakaan keliling Pustaka Bersama di kecamatan Bayung Lencir berada dalam kategori positif yaitu memiliki bobot sebesar 3,19 yang mencakup: pelayanan sebesar 3,17, koleksi sebesar 3,23, petugas perpustakaan sebesar 3,24, dan sarana prasarana sebesar 3,12. Rentang untuk kategori positif adalah 2,51-3,25.

The research discusses about user's attitude toward mobile library service Pustaka Bersama in Bayung Lencir district. This research has some purposes in descriptive and to know user’s attitude toward mobile library service Pustaka Bersama in Bayung Lencir district include: service, collection, human resource and facility. This research use quantitative and survey method to collect the data.samples has been taken 92 user. Technique of withdrawing sample for this research is accsidental sampling.
The results indicates that users’ attitude of cognitive, affective and connative through the mobile library service Pustaka Bersama in Bayung Lencir district in a cathegory that has a positive value of 3,19 which includes: service in 3,17, collection in 3,23, library staff in 3,24, and facilities in 3,12. Range for positif cathegory is 2,51-3,25.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46792
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>