Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 102591 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengukur nilai resistan tanah di Gedung Jurusan Fisika FM1PA UGM. Hasil pengukuran nilai resistan tanah di gedung Jurusan Fisika FMIPA UGM Yogyakarta, sebagai berikut. Nilai resistan tanah: 1.Untuk sambungan tanah pada panel : (1,10 + 0,07) C2 2.Untuk penangkal petir (20,3 ± 0,6) n Dari hasil pengukuran yang dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan: 1.istem pentanahan (grounding system) gedung terscbut cukup baik karena batas atas dari nilai resistan tanah pada panel adalah 5 S2 sedangkan hasil ukurnya (1,10 + 0,07) O. 2. Sistem sambungan penangkal petir gedung tersebut juga cukup baik karena batas atas dari nilai resistan tanah untuk penangkal petir adalah 25 C2 sedangkan hasil ukurnya (20,3 + 0,6)"
JURFIN 2:5 (1998)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sarwadi
Solo: Azka Pressindo, 2017
530 SAR p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: FMIPA UI, 1989
R 378.19 Uni b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Yusuf Suyono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36017
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Niken Lestari
"Banyak dari fisikawan perempuan tidak dikenal oleh masyarakat umum sehingga perempuan yang memilih jurusan fisika di perguruan tinggi dilihat sebagai pengecualian. Hal itu kemudian memberi citra maskulin pada ilmu fisika. Studi kasus ini menggunakan wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan perspektif perempuan, mencoba memahami pengalaman dan pola pemelajaran mereka di jurusan fisika, FMIPA-UI.
Penelitian ini menemukan bahwa cara pandang dominan yang diadopsi ilmu fisika telah menempatkan pola pemelajaran perempuan pada posisi yang rendah sehingga otoritas intelektual mereka tidak diakui setara. Albasil, sedikit sekali permmpuan yang memercayai intuisi dan perasaan mereka untuk menghasilkan solusi. Intuisi dan perasaan, dipakai dalam pemelajaran berbasis pengalaman, dinilai bagian dari subyektivitas yang hares diminimalisasi demi mencapai obyektivitas yang tinggi_ Perempuan juga mengalami tekanan untuk mengadopsi strategi fragmentasi untuk bertahan dalam komunitas yang mayontas adalah lakilaki. Selama proses itu, yang tadinya dianggap sebagai strategi menjadi identitas din. Seluruh pengorbanan yang tidak sepadan dengan hasil yang akan diperoleh membuat perempuan kurang tertarik menjadi pemelajar fisika.
Menjadi panting untuk membawa sejarah penemuan dalam pengajaran di kelas serta merekrut beberapa pendidik perempuan dalam fisika. Strategi ini diharapkan dapat mengubah cara pandang dominan untuk mengakui kesetaraan pemelajaran berbasis pengalaman dalam menghasilkan pengetahuan.

Many of women physicists were unknown to public therefore some women who chose physics in higher education were considered as exception. This eventually created the image of physics as male-domain. This case study, using in-depth interview and was analyzed with women perspective, tried to explore women experience and way of knowing at physics department in UI.
This research found that the dominant epistemology adopted in physics has put women's way of knowing no place to gain intellectual authority equal to men. Therefore only few of the women have trusted their intuition and feeling to produce solution. Intuition and feeling, important in experiential learning, were seen as part of subjectivity that should be proscribed for the sake of objectivity. Women also were pressured to adopting' fragmentation strategy to survive in the male-majority community. During the process, what was strategy has become self-identity. With all the agony and only little gain in the end of it, women were not enthusiast in becoming physics knower.
It is then important to bring history of discovery and recruit more women lecturer into the class. The strategy hopefully could change the dominant epistemology in recognizing experiential learning authority in producing knowledge.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006
T18359
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Muhammad Afif Fachri
"Keberadaan sumber cahaya yang sesuai adalah salah satu faktor terpenting dalam mendukung kegiatan belajar mengajar yang nyaman di ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengaudit sistem pencahayaan eksisting pada ruang kelas gedung EC FTUI, kemudian dilakukan penggantian lampu eksisting dengan lampu LED yang dapat memenuhi kebutuhan standar pencahayaan pada ruang kelas, sesuai pada SNI 03-6575-2001 yaitu 250 lux. Berdasarkan hasil pengukuran, dapat diketahui bahwa pencahayaan alami dan buatan sudah memenuhi standar pencahayaan dengan kesesuaian 334,66%. Akan tetapi, pencahayaan dari sumber buatan saja masih belum memenuhi standar pencahayaan, di mana kesesuaian pencahayaan buatan dengan standar adalah 56,7%. Penggantian lampu akan dilakukan dengan dua skenario. Skenario pertama adalah skenario penggantian lampu tanpa mengubah titik lampu aktual, sedangkan skenario kedua adalah skenario penggantian lampu bersamaan dengan pengubahan titik lampu yang disesuaikan dengan dimensi ruangan. Hasil analisis menunjukkan rata-rata pencahayaan lampu pengganti skenario 1 sebesar 298,5 lux dan skenario 2 sebesar 309,4 lux. Penggantian lampu kedua skenario juga berdampak kepada konsumsi energi listrik per hari masing-masing sebesar 10,4192 kWh dan 10,8384 kWh. Berdasarkan analisis biaya, biaya penggantian lampu yang dibutuhkan pada skenario 1 dan skenario 2 masing-masing sebesar Rp60.953.114,08 dan Rp58.231.375,92. Selain itu, biaya operasional lampu penggantian skenario 1 dan skenario 2 masing-masing sebesar Rp2.408.416,03 dan Rp2.505.312,06 setiap tahunnya.

The existence of an appropriate light source is one of the most important factors in supporting comfortable teaching and learning activities in the classroom. This study aims to audit the existing lighting system in the classrooms of the EC FTUI building, then replace the existing lamps with LED lamps that can meet the needs of lighting standards in classrooms, according to the SNI 03-6575-2001, which is 250 lux. Based on the measurement results, it can be seen that natural and artificial lighting has met the lighting standards with 334.66% suitability. However, lighting from artificial sources alone still does not meet lighting standards, where the suitability of artificial lighting with standards is 56,7%. Lamp replacement will be carried out in two scenarios. The first scenario is a lamp replacement scenario without changing the actual lamp point, while the second scenario is a lamp replacement scenario along with changing the lamp point according to the dimensions of the room. The results of the analysis show that the average replacement lamp lighting for scenario 1 is 298.5 lux and scenario 2 is 309.4 lux. The replacement of lamps in both scenarios also has an impact on electricity consumption per day by 10.4192 kWh and 10.8384 kWh, respectively. Based on the cost analysis, the cost of replacing the lamps required in scenario 1 and scenario 2 is Rp60,953,114.08 and Rp58,231,375.92, respectively. In addition, the operational costs for replacement lamps in scenario 1 and scenario 2 are Rp2,408,416.03 and Rp2,505,312.06, respectively."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudi Satria
"ABSTRAK
Keberhasilan pengelolaan PTN dapat dilihat dari kualitas lulusannya berupa IPK dan lama masa studi mahasiswanya. Keduanya bisa diperoleh jika sistem pendidikan yang diterapkan cukup menunjang, dan kualitas calon mahasiswanya baik. Untuk dapat menilai apakah seorang calon mahasiswa memiliki kualitas intelektual yang baik dapat dilihat diantaranya dari nilai ujian masuk, dalam hal ini adalah nilai ujian Fisika dan Bahasa Inggris.
Pembahasan dalam penelitian ini adalah melihat apakah ada pengaruh nilai ujian masuk Fisika dan Bahasa Inggris terhadap IPK atau lama studi mahasiswa Program Studi D3 Instrumentasi Jurusan Fisika FMIPA UI. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah regresi linier berganda dengan dua variabel bebas dan satu varibel terikat serta regresi linier sederhana dengan satu variabel bebas dan satu variabel terikat."
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2001
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Universitas Indonesia, 1974
R 378.16 Uni l
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>