Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145834 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diaz Pradista Diandra
"ABSTRAK
Lahirnya internet memberikan dampak tumbuhnya berbagai macam sosial media untuk berhubungan dengan satu sama lain Sosial media tersebut hadir dalam berbagai bentuk mulai dari berbentuk percakapan halaman web hingga layanan media streaming Media streaming memiliki berbagai karakteristiknya sendiri Semua video dapat kita saksikan secara langsung namun hanya beberapa yang menawarkan siaran langsung secara real time Periscope hadir sebagai sosial media yang memiliki fitur menyiarkan siaran pengguna secara langsung dan real time dan juga memiliki fitur fitur yang dapat membantu pengguna berhubungan dengan penontonnya Televisi sebagai media konvensional mulai menggunakan ketimbang melawan media baru tersebut NET menjadi salah satu stasiun televisi yang memulai menggunakan Periscope secara tetap Berbagai konten siaran disiarkan melalui akun Periscopenya yang terlihat mulai menarik penonton untuk menyaksikan konten tambahan yang ditawarkan Banyak jenis konten siaran lain yang masih dapat dicoba oleh NET untuk menarik lebih banyak penonton dan makin mendekatkannya dengan penonton.

ABSTRACT
The Development of Internet gives us a wide variety of social media to connect to others Those social media have different kind of use and also characteristic it comes in website format chatting and also media streaming format Social media based on media streaming also has its own characteristics All of them provided us with live video streaming but only a few of them gives us a real time live streaming Periscope offers us the real time live streaming in form of social media app In addition Periscope also provided user a real time commentary from audience and also audience can interact with user with likes Television as a conventional media starts to use Periscope instead of strive against that new kind of social media NET became one of Indonesian Televisions who started using Periscope regularly Variety of contents has already broadcasted through its own Periscope account which begin to look succeeded to gain some interest from its conventional audiences NET provides the audience with its value added content on its Periscope account There are lot of broadcast type need to be explored by NET to gain more audiences and make NET rsquo s Audiences feel more close to its television.
"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Sabar Bungauli S.
"Karya-karya musisi independen di Indonesia kini bersinar dan dinikmati masyarakat. Semakin banyak musisi-musisi lokal yang memilih menjalani karirnya secara mandiri tanpa bantuan major label. Salah satu kendala yang ditemukan oleh musisi independen lokal di industri musik adalah mempertahankan karyanya dalam jangka panjang dengan keterbatasan dalam aspek finansial dan SDM. Tugas karya akhir ini bertujuan untuk membuat rancangan kampanye media sosial untuk Gusti Irwan Wibowo, musisi independen asal Bekasi, dalam merilis album perdananya. Kampanye dirancang secara khusus untuk dapat memperpanjang umur (longevity) album “Komedi Putar Kehidupan”. Tujuan ini dituju dengan membangun hubungan intim dengan audiens melalui peningkatan interaksi di media sosial dan mengajak mereka untuk terus mendengarkan album “Komedi Putar Kehidupan” secara lengkap di Spotify. Program-program dirancang mengacu pada teori "music life cycle" milik Han (2020). Strategi yang digunakan dalam rancangan kampanye ini adalah "content marketing" dan "live streaming"

.The works of independent musicians in Indonesia are now shining and being enjoyed by the public. More and more local musicians are choosing to pursue their careers independently without the help of major labels. One of the obstacles encountered by local independent musicians in the music industry is maintaining the life of their work in the long term while facing difficulties in financial and human resource aspects. This final project aims to create a social media campaign plan for Gusti Irwan Wibowo, an independent musician from Bekasi, in releasing his debut album. The campaign was specifically designed to extend the longevity of his debut album “Komedi Putar Kehidupan”. This goal is pursued by building an intimate relationship with the audience through increasing interaction on social media and inviting them to continue listening to the full-version of the album on Spotify. The programs are designed referring to Han's (2020) "music life cycle" theory. The strategies used in this campaign plan are "content marketing" and "live streaming"."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sebayang, Keshia Angely Devi
"Live streaming commerce di seluruh dunia terus berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir, tak terkecuali di Indonesia. Live streaming merupakan model bisnis yang berkembang dari social commerce, di mana penjual di pasar online dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana live streaming dapat mempengaruhi niat beli konsumen terhadap produk kosmetik di pasar online. Berdasarkan signaling theory dan uncertainty literature, penelitian ini berfokus pada dua sinyal yang disampaikan oleh broadcaster (penyiar) live streaming kepada konsumen yaitu physical characteristic similarity melalui vicarious product trials dan value similarity melalui instant interaction yang mampu mengurangi product uncertainty dan meningkatkan trust bagi konsumen yang merasa memiliki kemiripan karakteristik fisik dan nilai-nilai dengan broadcaster (penyiar). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wanita yang merupakan pengguna aktif media sosial TikTok, berusia 18-34 tahun, berdomisili di Jabodetabek, dan pernah menonton sesi live streaming official account brand kosmetik di TikTok dalam kurun waktu 3 hari terakhir. Terdapat sebanyak 243 responden kuesioner yang berhasil dikumpulkan yang selanjutnya data diolah dengan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) dan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Physical Characteristic Similarity memiliki pengaruh negatif terhadap Perceived Product Fit Uncertainty dan Perceived Value Similarity memiliki pengaruh positif terhadap Perceived Trust. Selanjutnya, Perceived Trust memiliki pengaruh negatif terhadap Perceived Product Fit Uncertainty dan Perceived Product Quality Uncertainty. Kemudian, ditemukan bahwa Perceived Product Fit Uncertainty dan Perceived Product Quality Uncertainty masing-masing memiliki pengaruh negatif terhadap Purchase Intention serta Perceived Trust memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Intention.

Live streaming commerce around the world has continued to grow rapidly over the last few years, and Indonesia is no exception. Live streaming is a new business model that evolved from social commerce, where it enables online sellers face and interact directly with its consumers. allows vendors to directly face and interact with consumers in online market. This study aims to examine how live streaming can affect female’s purchase intention for cosmetic products in online market. On the basis of signaling theory and uncertainty literature, this study focuses on two signals that live streaming broadcasters convey to consumers, namely broadcasters’ physical characteristics conveyed through vicarious product trials and value similarity via instant interaction which can reduce product uncertainty and increase trust for consumers with similar physical traits and values. The sample used in this study are women who are active users of TikTok, aged between 18-34 years, domiciled in Jabodetabek area, and have watched live streaming sessions of cosmetic brand official accounts on TikTok within the last 3 days. A total of 243 questionnaire respondents were collected, which were then processed using the Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) method and using the SmartPLS software. The results of this study indicate that Perceived Physical Characteristic Similarity has a negative effect on Perceived Product Fit Uncertainty and Perceived Value Similarity has a positive influence on Perceived Trust. Furthermore, Perceived Trust has a negative influence on Perceived Product Fit Uncertainty and Perceived Product Quality Uncertainty. Then, it was found that Perceived Product Fit Uncertainty and Perceived Product Quality Uncertainty each had a negative effect on Purchase Intention and Perceived Trust had a positive influence on Purchase Intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putra Ramadhani
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari interactivity, humor appeal dan sex appeal terhadap continuous watching intention penonton live streaming commerce platform Shopee. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pengambilan data secara cross-sectional melalui penyebaran kuesioner kepada responden menggunakan Google Form. Target responden dalam penelitian ini adalah penonton live streaming commerce platform shopee dengan usia 16-34 tahun dan pernah menonton live streaming commerce platform shopee setidaknya 5 kali dalam tiga bulan terakhir. Jumlah responden yang didapatkan dalam penelitian ini adalah 200 responden. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Smart PLS 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interactivity, humor appeal dan sex appeal secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap continuous watching intention.

This study aims to examine the effect of interactivity, humor appeal and sex appeal towards continuous watching intention viewer live streaming commerce of Shopee platform. This study uses a descriptive research design with cross-sectional data collection through distributing questionnaires to respondents using Google Form. The target respondents in this study are the audience live streaming commerce of shopee platform with ages 16-34 and have watchedlive streaming commerce the shopee platform at least 5 times in the last three months. The number of respondents obtained in this study was 200 respondents. The data obtained is then processed using the method Structural Equation Modeling (SEM) with the help software Smart PLS 2.0. The results of this study indicate that interactivity, humor appeal and sex appeal significantly has a positive influence on continuous watching intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ihsan Ranamukti
"Penelitian ini bertujuan untuk megetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi penonton untuk terus menonton layanan live streaming menggunakan pendekatan dual-identification framework. Penelitian ini mengatakan bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi continuous watching intention yaitu broadcaster identification dan groupidentification. Penelitian ini juga membuktikan bahwa genre dari layanan live streaming tersebut dapatmempengaruhi faktor-faktor continuous watching intention. Penelitian ini menggunakan sampel masyarakat yang pernah menonton layanan live streaming yang digunakan menggunakan metode purposive sampling dandidapatkan sebanyak 346 responden. Penelitian ini menggunakan teknik PLS-SEM untuk mengolah data yang didapatkan. Data yang didapat lalu di bagi menjadi kelompok sub sampel genre gaming dan genre talent show. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara kedua genre yang digunakan dimana pada genre talent show faktor ideal self- congruity tidak berpengaruh terhadap broadcaster identification dan variabel resonant contagion tidak berpengaruh signifikan terhadap group identification, berbeda dengan sub sampel genregaming dimana kedua variabel tersebut dianggap signifikan dan semua hipotesis lainnya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa genre siaran live streaming berpengaruh besar dan dapat memberikan perbedaan antara faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian.

This study aims to determine the factors that influence the audience's intention to continue watching livestreaming services using a dual-identification framework approach. This study says that there are two factors thatinfluence continuous watching intention, namely broadcaster identification and group identification. This study also proves that the genre of the live streaming service can affect the factors of continuous watching intention. Thisstudy uses a sample of people who have watched live streaming services using a purposive sampling method and obtained as many as 346 respondents. This study uses the PLS-SEM technique to process the data obtained. The data obtained is divided into sub-samples of the gaming genre and talent show genre. The results of this study proved that there is a difference between the two genres used, where in the talent show genre the ideal self-congruity factor has no effect on broadcaster identification and the resonant contagion variable has no significanteffect on group identification, in contrast to the sub- sample of the gaming genre where the two variables areconsidered significant and also the whole hypotheses. It can be concluded that the live streaming genre has a partially moderate effect and can provide differences between the factors used in the study.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatimah Azmi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas preferensi khalayak mengenai konten video di aplikasi live streaming. Saat ini, khalayak memiliki banyak pilihan untuk menonton video, di antara pilihan yang telah banyak digunakan oleh banyak orang, live streaming menjadi pilihan alternatif untuk khalayak. Penelitian ini berfokus pada aplikasi siaran V LIVE dengan lebih fokus membahas kanal K-Pop, yang menjadi kanal utam di aplikasi V LIVE. Penelitian ini bertujuan mengetahui preferensi khalayak dan pengelompokkan karakter khalayak berdasarkan preferensi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 96 responden sebagai sampel untuk mengetahui preferensi khalayak dalam menonton video siaran live streaming. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi khalayak dalam memilih jenis siaran dipengaruhi oleh jenis konten dan kualitas tayangan. Preferensi khalayak dalam memilih jenis siaran video tidak dipengaruhi oleh profil geodemografis. Pengelompokkan karakteristik khalayak dalam pemilihan konten video aplikasi V LIVE didasari oleh aktivitas khalayak saat menonton video siaran live streaming dan preferensi khalayak dalam memilih jenis siaran video. Berdasarkan hasil analisis cluster, pengelompokkan karakteristik khalayak menjadi tiga kelompok yaitu Kelompok Penikmat Setia, Kelompok Pengguna Biasa, dan Kelompok Pengguna Sambil Lalu.

ABSTRACT
This research discussed people preference about video content of a live streaming application. Nowadays, people have a lot of choice to watch videos, one of those is live streaming that was chosen as alternative. This research focused on broadcast application V LIVE with more focused on K pop, which the main channels of V LIVE application. The purpose of this research is to understand people 39 s preference and categorized their character based on their reference. This research using the quantitative approach and 96 respondent as a sample to understand people preference on watching video of live streaming. The result of this research showed that people preference on choosing type of broadcast affected by type of content and quality of broadcast. People 39 s preference on choosing type of broadcast video is not affected by geodemografis profile. Cateogrizing people 39 s character on choosing video content of V LIVE application is based on what actvities they were doing while they are watching and people 39 s preference on choosing type of broadcast video. Based on the result of cluster analysis, categorizing people 39 s preference into three groups, Loyal Lovers Group, Usual Users Group, and Casual Users Group."
2017
S67348
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Azka Husani Lavail
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik Mythia Batford terhadap niat pembelian produk kolaborasi dalam konteks live-streaming commerce di YouTube. Karakteristik yang diteliti meliputi likeability, animacy, dan responsiveness, yang dimediasi oleh social presence dan telepresence untuk memengaruhi niat beli penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang disebarkan secara daring kepada 133 responden berusia kurang dari 18-45 tahun yang aktif menonton konten Mythia Batford. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS4 untuk menguji hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animacy dan responsiveness memiliki pengaruh signifikan terhadap social presence dan telepresence, yang pada akhirnya meningkatkan niat pembelian. Sebaliknya, likeability hanya berpengaruh signifikan melalui social presence tetapi tidak secara langsung terhadap niat beli. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran berbasis VTuber di era digital serta memberikan panduan bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan VTuber sebagai media promosi yang efektif.

This study aims to analyze the influence of Mythia Batford's characteristics on the purchase intention of collaboration products in the context of live-streaming commerce on YouTube. The characteristics studied include likeability, animacy, and responsiveness, which are mediated by social presence and telepresence to influence viewers' purchase intention. This study uses a quantitative approach with a survey method distributed online to 133 respondents aged less than 18-45 years who actively watch Mythia Batford content. Data analysis was conducted using SmartPLS4 to test the relationship between variables. The results showed that animacy and responsiveness had a significant influence on social presence and telepresence, which in turn increased purchase intention. In contrast, likeability only has a significant effect through social presence but not directly on purchase intention. The findings contribute to the development of VTuber-based marketing strategies in the digital era as well as provide guidance for companies looking to utilize VTuber as an effective promotional medium."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Azka Husani Lavail
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik Mythia Batford terhadap niat pembelian produk kolaborasi dalam konteks live-streaming commerce di YouTube. Karakteristik yang diteliti meliputi likeability, animacy, dan responsiveness, yang dimediasi oleh social presence dan telepresence untuk memengaruhi niat beli penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang disebarkan secara daring kepada 133 responden berusia kurang dari 18-45 tahun yang aktif menonton konten Mythia Batford. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS4 untuk menguji hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animacy dan responsiveness memiliki pengaruh signifikan terhadap social presence dan telepresence, yang pada akhirnya meningkatkan niat pembelian. Sebaliknya, likeability hanya berpengaruh signifikan melalui social presence tetapi tidak secara langsung terhadap niat beli. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran berbasis VTuber di era digital serta memberikan panduan bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan VTuber sebagai media promosi yang efektif.

This study aims to analyze the influence of Mythia Batford's characteristics on the purchase intention of collaboration products in the context of live-streaming commerce on YouTube. The characteristics studied include likeability, animacy, and responsiveness, which are mediated by social presence and telepresence to influence viewers' purchase intention. This study uses a quantitative approach with a survey method distributed online to 133 respondents aged less than 18-45 years who actively watch Mythia Batford content. Data analysis was conducted using SmartPLS4 to test the relationship between variables. The results showed that animacy and responsiveness had a significant influence on social presence and telepresence, which in turn increased purchase intention. In contrast, likeability only has a significant effect through social presence but not directly on purchase intention. The findings contribute to the development of VTuber-based marketing strategies in the digital era as well as provide guidance for companies looking to utilize VTuber as an effective promotional medium."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Paranita
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan penerapan strategi content marketingyang dilakukan oleh Shopee Indonesia melalui fitur live streamingShopee Live. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tiga pendekatan yang digunakan Shopee Live dalam mengembangkan strategi content maretingmereka, yaitu pendekatan konten yang menghibur, mengedukasi, dan melibatkan khalayak. Konten entertaimentmerupakan pendekatan utama yang menjadi key selling pointbagi Shopee Live dan membedakan dengan konten pada platformlainnya. Strategi content marketingyang dikembangkan Shopee Live memiliki keterkaitan dengan ekpektasi khalayak terhadap konten hiburan pada platformbelanja daring. Penerapan strategi content marketingShopee Live juga berimplikasi pada peningkatan leadsdi platform utama.

ABSTRACT
This study aims to find out and explain the implementation of content marketing strategy by Shopee Indonesia through live streaming feature, Shopee Live. This research uses post-positivism paradigm and qualitative approach withcase study strategy. The results of this study indicate three approaches used by Shopee Live in developing their content marketing strategy, such as entertaining, educative, and engaging content. Entertainment content is the main approach and the key selling point that differentiates Shopee Live content with other platforms. Content marketing strategy developed by Shopee Live correlates to customer expectation towards entertainment content in mobile shopping application. The application of content marketing strategy through Shopee Live feature also has implications for increasing leads on the main paltform."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sophie Andira Cindani Gardian
"Dalam era digital yang semakin berkembang, khususnya setelah pandemi, penggunaan platform e-commerce untuk berbelanja online meningkat pesat di Indonesia, dengan tren live streaming shopping menjadi salah satu inovasi terbaru yang menarik perhatian konsumen. Namun, meskipun popularitasnya meningkat, kegiatan berbelanja melalui live streaming di e-commerce Indonesia sering menghadapi berbagai masalah yang mengganggu kepercayaan konsumen yang merupakan salah satu elemen kunci dalam membentuk niat pembelian dan keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepercayaan konsumen dan perilaku pembelian aktual di live streaming ecommerce. Teori socio-technical dan teori trust transfer digunakan untuk mengidentifikasi hubungan faktor social enabler dan technical enabler terhadap kepercayaan konsumen dan perilaku pembelian aktual. Penelitian ini dilakukan dengan 785 responden yang dianalisis menggunakan PLS-SEM, dan dilanjutkan dengan wawancara kualitatif dengan 30 responden yang dianalisis melalui content analysis untuk mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor social enabler, yaitu active control, two-way communication, dan synchronicity, serta faktor technical enabler seperti visibility affordance dan guidance shopping affordance, terbukti meningkatkan kepercayaan terhadap platform, streamer, dan produk. Aspek technical enabler lainnya, yaitu metavoicing affordance, tidak berpengaruh signifikan terhadap trust in streamer. Kepercayaan pada streamer juga terbukti mempengaruhi kepercayaan pada produk, sesuai dengan teori trust transfer. Niat pembelian dalam live streaming juga terbukti dipengaruhi oleh consumer trust dan kemudian berpengaruh terhadap actual purchase. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi penyedia layanan live streaming, terkhusus pihak pengembangnya, mengenai aspek live streaming apa saja yang berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan dan perilaku pembelian konsumen.

In the rapidly evolving digital era, particularly following the pandemic, the use of ecommerce
platforms for online shopping has increased in Indonesia, with the trend of live
streaming shopping emerging as one of the latest innovations capturing consumer attention.
However, despite its growing popularity, live streaming shopping in Indonesian e-commerce
frequently encounters various issues that undermine consumer trust—one of the key elements
in shaping purchase intentions and consumer engagement. This study aims to identify the
factors influencing consumer trust and actual purchasing behavior in live streaming ecommerce.
Socio-technical theory and trust transfer theory are employed to identify the
relationships between social enablers and technical enablers and their impact on consumer
trust and actual purchasing behavior. The research involved 785 respondents analyzed using
PLS-SEM, followed by qualitative interviews with 30 respondents analyzed through content
analysis to support the findings. The results indicate that social enablers, such as active
control, two-way communication, and synchronicity, as well as technical enablers like
visibility affordance and guidance shopping affordance, significantly enhance trust in the
platform, streamer, and product. Another technical enabler aspect, metavoicing affordance,
does not have a significant effect on trust in streamer. Trust in the streamer also influences
trust in the product, in line with trust transfer theory. Purchase intentions in live streaming
are shown to be affected by consumer trust, which subsequently impacts actual purchases.
These findings are expected to provide valuable insights for live streaming service providers
and developers regarding the aspects of live streaming that influence consumer trust and
purchasing behavior.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>